06 February 2023
06 February 2023
23 C
Malang
ad space

Pengungsi Cianjur Mengeluh Sembelit, Tagana Kota Batu Berangkat Membawa Sayur-mayur

MALANGVOICE – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu bergerak memberikan bantuan menuju Cianjur yang beberapa waktu lalu dilanda gempa bumi dan tanah longsor.

Organisasi relawan sosial itu memberangkatkan delapan personel. Mereka dilepas Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dari rumah dinasnya pada Sabtu sore (26/11).

Koordinator Tagana Kota Batu, Simon Purwo Ali menuturkan, Tagana Kota Batu bertugas selama 10 hari. Menurutnya para pengungsi membutuhkan asupan sayur mayur. Selama berada di pengungsian, banyak pengungsi yang mengalami sembelit karena sering mengonsumsi mie instan.

“Logistik sayur mayur yang kami bawa berdasarkan laporan kebutuhan Posko Bencana Jatim yang didirikan di Cugenang, Cianjur,” ujar Simon.

Baca juga:

Upgrade Lisensi Kepelatihan HAPKIDO Indonesia Persiapan PON 2024

Porwanas XIII Tahun 2022 Ditutup, PWI Jabar Juara Umum

Ringankan Beban Korban Gempa Cianjur, Polresta Malang Kota Berangkatkan Bantuan

Pemkot Malang Borong Empat Penghargaan Langsung di AMH 2022

Simon mengatakan, Tagana Kota Batu tak hanya memberangkatkan bantuan personel. Namun juga membawa kebutuhan logistik pangan. Di antaranya wortel seberat 3 ton, kentang 1,5 ton hingga kacang panjang 1 kuintal. Ditambah pula snack dan susu formula untuk anak-anak. Beragam bantuan logistik itu nantinya akan didistribusikan kepada pengungsi melalui dapur umum yang dibentuk Posko Bantuan Jatim yang terdiri dari unsur-unsur pilar sosial di tingkat Pemprov Jatim.

“Dari kabupaten/kota se Jatim, baru Kota Batu yang bergerak memberangkatkan relawan Tagana. Bencana ini membawa dampak luas sehingga perlu penanganan bersama-sama. Wilayah terdampak mencapai 130 desa tersebar di 16 kecamatan. Sehingga Kemensos turut menerbitkan instruksi untuk mengerahkan bantuan,” ujar Simon.

Baca juga:

Masa Kerja PPK-PPS Lebih Panjang, Antusias Pendaftar Cukup Tinggi

Nenek di Sukun Diduga Dibunuh, Wajah Penuh Luka dan Darah

Levi’s NextGen Store Hadir di Malang, Intip Koleksi Terbarunya

Dua Cabor Elite Digelar di Kota Batu, Porwanas XIII Bawa Efek Domino bagi Perekonomian

Simon menuturkan, aneka sayur mayur yang dibawa ke Cianjur diperoleh murni dari uluran tangan kelompok keagamaan maupun kelompok masyarakat Kota Batu. Serta dibantu pula pedagang sayur maupun didapat dari petani yang mayoritas berada di Kecamatan Bumiaji. Kelompok-kelompok tersebut, lanjut Simon, merupakan jejaring Tagana Kota Batu dalam mendukung ketersediaan logistik pangan saat penanganan bencana.

“Bukan hanya logistik, Tagana Batu juga membawa mainan dan alat gambar untuk dibagikan kepada anak-anak di pengungsian. Karena Tagana juga memiliki peran dalam layanan dukungan psikosisosial (LDP),” imbuh dia.(der)

Berita Terkini

Arikel Terkait