Tak Hanya Tubuh, Rambut Juga Perlu Detoksifikasi Loh

ilustrasi. (www.ndtv.com)

MALANGVOICE – Detoksifikasi seharusnya tak hanya dilakukan di tubuh. Anggota tubuh lainnya, seperti rambut juga perlu didetoks loh.

Ini dikarenakan, terutama wanita sering kali melakukan hair styling, hingga penggunaan produk-produk rambut bisa membuat rambut mengalami kerusakan. Untuk itu Anda perlu melakukan detoksifikasi pada rambut. Detoksifikasi rambut sangat dibutuhkan, terutama untuk membersihkan rambut secara keseluruhan dari sisa kotoran yang masih menempel di kulit kepala.

Jika dibiarkan, kotoran yang terdapat di rambut nisa menumpuk di kulit kepala dan dapat menyumbat folikel rambut. Hal ini yang menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi terhambat, penuuan dini pada rambut, serta masalah rambut lainnya.

Nah, berikut cara detoksifikasi rambut yang telah MVoice rangkum dari laman Womenshealth.

1. Exfoliating

Anda perlu melakukan eksfoliasi kulit kepala agar kotoran dan tumpukann residu dari produk rambut dapat dibersihkan secara sempurna. Proses eksfoliasi ini sangat penting untuk membuat kulit kepala terhindar permasalahan kulit kepala yang umum terjadi, seperti terkelupas, kering, dan gatal. Anda bisa menggunakan produk khusus yang bermanfaat untuk eksfoliasi kulit kepala, atau memilih produk hair scrub yang sesuai dengan kondisi kulit kepala.

2. Pilih Jenis Sampo

Apabila Anda terlalu sering menggunakan sampo dengan kandungan kimia, tentunya dapat menimbukan masalah baru pada rambut. Oleh karenanya, gantilah produk sampo Anda dengan menggunakan sampo berbahan alami yang memiliki formula lebih aman dan lembut.

3. Hair Mask

Selai itu, Anda juga perlu memperhatikan kelembapan rambut saat melakukan hair detox. Salah satu cara alami yang bisa Anda coba untuk membuat rambut menjadi lembap dan halus adalah menggunakan masker rambut yang terbuat dari minyak alami.

Anda bisa menggunakan olive oil yang yang berfungsi melapisi rambut dengan melembapkan dan melindungi dari kerusakan. Caranya, panaskan satu sendok makan olive oil selama 10-15 detik. Kemudian, aplikasikan minyak ke rambut yang masih kering dan tutup dengan penutup kepala yang terbuat dari plastik. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas bersih dengan menggunakan air hangat.

4. Hentikan Hair Styling

Terlalu sering mengunakan alat penata rambut bersuhu panas, seperti curling iron, hair straightener, dan hair dryer bisa membuat rambut kehilangan minyak alaminya, dan menjadikan rambut kering.

Selain itu, penggunan produk styling juga bisa menyumbat folikel yang menyebabkan tumpukan residu pada kulit kepala. Untuk itu jika ingin melakukan hair detox, Anda perlu menghentikan pemakaian alat dan produk hair styling selama menjalani detoksifikasi rambut. (Hmz/ulm)

Intip Bahaya Vape, Rokok Elektrik Penggugah Selera

Ilustrasi orang sedang menghirup vape (istimewa)

MALANGVOICE – Belakangan ini, rokok elektrik atau vape sangat populer di kalangan pria. Banyak orang beralih menggunakan vape lantaran beranggapan jika vape lebih baik dibandingkan rokok konvensional.

Vape memang tidak memakai tembakau, melainkan berisi cairan berbagai macam rasa yang menggugah selera. perlu diketahui, vape tetap mengandung nikotin, zat yang sangat adiktif.

Melansir dari laman boldsky.com, sebuah penelitian mengungkapkan baik rokok konvensional maupun elektrik sebetulnya sama-sama berbahaya untuk kesehatan.

Para peneliti di University of Waterloo, Kanada menyebutkan jika bahaya vape bahkan lebih berisiko dua kali lebih besar dari bahaya rokok konvensional.

Pasalnya, hal itu disebabkan oleh perangkat elektrik yang bertenaga baterai pemanas cairan hingga membuatnya jadi uap aerosol dan bisa dihirup.

Meski tidak memakai tembakau, bukan berarti vape tidak berbahaya bagi paru-paru. Sebuah penelitian dalam Toxicology and Applied Pharmalogy, menyatakan vape memiliki dampak yang sama pada efek jangka pendek dari rokok tembakau. Hasilnya pun menunjukkan gejala yang sama dari peradangan dan kerusakan paru-paru.

Selain memiliki dampak buruk bagi paru-paru, nikotin yang terkandung di dalam vape juga berpengaruh di organ lain seperti otak, jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Sementara, sebuah penelitian dari University of Nevada menyatakan bahwa vape mengandung zat formaldehid yang bersifat karsinogenik alias pemicu kanker.

Dalam penelitian tersebut, para ahli menyebutkan zat formaldehid dapat masuk dan langsung terserap di dalam paru-paru, sehingga menimbulkan peluang kanker paru-paru yang cukup besar. (Hmz/ulm)

Begini Tips Membangun Keintiman Bagi Pengantin Baru

Ilustrasi pengantin (istimewa)

MALANGVOICE – Menapaki jenjang pernikahan merupakan awal fase menjalani kehidupan yang baru. Tentunya akan berhadapan dengan hal-hal baru yang dijalani dan disesuaikan bersama pasangan.

Salah satunya perihal membangun keintiman. Karena, bagi sebagian pengantin baru bisa jadi adalah tantangan yang cukup rumit. Bahkan, kadangkala bisa menyebabkan tali pernikahan kandas ditengah perjalanan.

Namun, hal tersebut bisa dijalani selama ada komunikasi yang baik bersama pasangan. Sehingga, dalam membangun keintiman berjalan dengan lebih mudah.

Sebagai mana disarikan dari beberapa sumber. Berikut ini ada sejumlah tips yang bisa membantu dalam membangun keintiman untuj pengantin baru agar tidak terasa terlalu sulit.

1. Saling Membangun Kepercayaan

Kunci bahagianya sebuah pernikahan karena kuatnya rasa saling percaya. Maka dari itu, kita sebagai pasangan jangan terlebih dahulu berprasangka negatif. Karena kadang kita tidak mengerti apa yang dilakukan pasangan merupakan cara terbaik untuk membahagiakan kita.

Oleh sebab itu, rasa saling percaya perlu ditanamkan sebaik mungkin. Namun, kita juga perlu meyakinkan kepada pasangan bahwa apa yang kita lakukan merupakan usaha terbaik untuk membahagiakannya.

Meskipun, kemungkinan akan ada hal-hal yang terjadi di luar ekspektasi bisa terjadi. Akan tetapi, selama masih ada rasa saling percaya maka keintiman bisa dijalani bersama dengan baik.

2. Terbuka Perihal Kebutuhan Seksual

Terbuka saat berkomunikasi dengan pasangan setelah menikah jelas perlu dan dibutuhkan. Termasuk soal kebutuhan seksual. Komunikasi memiliki peran penting dalam pernikahan karena ini adalah satu-satunya cara bagi pasangan untuk berinteraksi satu sama lain. Jika tak ada komunikasi yang baik, akan sulit untuk membangun interaksi demi keintiman yang diinginkan.

3. Saling Memberi Ruang

Membangun keintiman tak harus dilakukan dengan menghabiskan waktu nempel terus setiap detik. Adakalnya perlu saling memberi ruang dan jarak. Tak ada salahnya untuk sengaja meluangkan waktu jalan-jalan sendiri atau hang out bersama sahabat dekat. Saling mengizinkan untuk menikmati dan menekuni hobi juga bisa tetap dilakukan. Dari sini bisa terbentuk sikap saling respek dan meningkatkan keintiman.

4. Saling Jujur soal Kontak Fisik yang Nyaman dan Tidak Nyaman

Keintiman bisa dimulai dari kontak fisik dan gestur yang sederhana. Yang perlu diingat adalah setiap orang mungkin punya preferensi sendiri soal kontak fisik seperti apa yang membuat nyaman dan tidak nyaman. Mungkin juga ada waktu-waktu tertentu kita sama sekali tak ingin diganggu karena kelelahan atau kesibukan. Coba untuk bicara dari hati ke hati mengenai hal ini supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

5. Temukan Mood yang Pas untuk Bercinta

Di sini penting sekali membangun mood yang tepat. Bila perlu ciptakan momen spesial untuk menciptakan keintiman yang bisa memuaskan kedua belah pihak.

Pasalnya pengantin baru umumnya masih harus mencari cara dan waktu yang tepat untuk bercinta yang sesuai dengan kenyamanan masing-masing. (Hmz/ulm)

Intip Kepribadian Wanita dari Warna Bra Kesukaannya saat di Atas Ranjang

Ilustrasi koleksi bra wanita (istimewa)

MALANGVOICE – Para wanita tentunya punya berbagai koleksi bra sesuai warna kesukaannya. Lantaran wanita akan merasa lebih nyaman jika mengenakan pakaian dalam sesuai dengan warna favoritnya.

Ada empat warna bra yang paling banyak dibeli oleh kaum hawa ini, di antaranya putih, biru, hitam serta merah. Masing-masing memiliki karakternya sendiri.

Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan warna bra favorit wanita bisa menggambarkan kepribadiannya di atas ranjang.

1. Putih

Bra putih banyak digunakan wanita untuk menekankan kecantikan natural. Penyuka warna ini adalah sosok pribadi yang innocent dan tetap terbuka untuk ditebak. Saat di ranjang, wanita tipe ini lebih penurut dan biasanya suka belajar hal baru dalam bercinta.

2. Biru

Penyuka bra warna biru dinilai pribadi yang sangat romantis, sensitif dan mudah jatuh cinta. Secara kepribadian ia adalah wanita mandiri yang suka jadi pusat perhatian. Namun, soal kehidupan seks, bisa jadi playful tapi di saat yang sama juga serius dan menikmati momen-momen mesra. Seperti berpelukan setelah bercinta.

3. Merah

Jika wanita suka mengenakan bra merah, mereka adalah pribadi yang bergairah, energik, dan penuh pengendalian. Mereka tidak malu-malu dan tahu betul apa yang diinginkan.

4. Hitam

Bagi mereka pecinta bra warna hitam memiliki kepribadian yang kuat, berani dan cenderung ambisius. Ia juga berpotensi lebih dominan dalam hubungan asmara maupun saat bercinta. Meski begitu, wanita penyuka bra warna hitam terkadang suka menyembunyikan emosinya. (Hmz/Ulm)

Sering Gagal Diet? Coba Diet Detoks, Buang Semua Racun di Tubuh

ilustrasi. (www.healthc4u.com)

MALANGVOICE – Jika Anda sudah mencoba berbagai macam diet, namun tetap gagal. Mungkin Anda perlu mencoba diet detoksifikasi.

Sama halnya dengan jenis diet lainnya, diet detoks adalah mengatur pola makan yang dilakukan untuk membersihkan tubuh dari racun. Seperti diet detoks 7 hari berarti Anda mengatur pola makan untuk detoksifikasi tubuh selama 7 hari.

Dilansir dari laman woman&home, tubuh secara alami memerlukan detoksifikasi setiap hari. Hal ini dilakukan untuk membuang racun yang menumpuk di dalam organ-organ tubuh, mulai dari hati, ginjal, usus, paru, hingga kulit.

Nah, berikut tips agar sukses menjalankan diet detoks.

1. Pola Makan Sehat

Saat melakukan diet detoks, Anda bisa perbanyak minum jus sayur atau buah. Anda bisa memilih jenis sayur maupun buah apa pun yang Anda suka, misalnya wortel, apel, bayam, atau sayuran hijau lainnya.

Anda juga harus merubah pola makan, yang biasanya mengonsumsi junk food, gorengan dan lainnya, sekarang Anda harus merubah pola makan.

Sarapan: Oatmeal dan smoothie buah, puding biji chia, atau salad sayuran.

Makan siang: Nasi merah, jamur panggang, dan sayur bayam.

Makan malam: Kentang panggang, tuna panggang saus madu, dan potongan mentimun atau wortel rebus.

2. Perbanyak Mineral

Anda harus minum air putih yang banyak minimal 8 gelas per hari. Bahkan, para pakar kesehatan menganjurkan Anda untuk minum air setiap 90 menit hingga 2 jam. Semakin banyak air yang Anda minum, maka tubuh akan semakin mudah membersihkan diri dari zat-zat racun yang membahayakan tubuh.

3. Hindari Kafein

Selain mengatur jenis makanan, Anda juga harus memilih minuman yang tepat saat melakukan diet detoks. Anda dianjurkan untuk menghindari minuman beralkohol atau mengandung kafein seperti teh, kopi, atau minuman bersoda.

Jenis minuman tersebut dapat menimbulkan reaksi detoksifikasi yang berlebihan, seperti sakit kepala dan mual. Jika Anda tidak siap untuk terlepas dari kafein, cobalah minum minuman yang rendah kafein seperti teh hijau atau matcha.

Nah, jika Anda telah melakukan diet detoks selama beberapa hari, reaksi awal adalah warna urine lebih keruh dan baunya lebih tajam. Reaksi ini sering terjadi pada orang yang sebelumnya sering mengonsumsi obat untuk menyembuhkan penyakit.

Kotoran (feses) juga akan lebih banyak dan disertai lendir yang cukup pekat. Biasanya kotoran berubah warna menjadi hijau atau kehitaman.

Anda juga akan sering buang angin dengan bau yang sangat busuk. Selain itu, mengalami nyeri sendi hingga batuk-batuk maupun pilek. Terkadang muncul rasa sangat lapar ketika melihat makanan. Namun, rasa lapar yang berlebihan biasanya akan hilang setelah tiga hari menjalani diet detoks. (Hmz/Ulm)

Tetap Tampil Stylish dan Nyaman dengan 4 Pakaian Ini saat Menstruasi

Ilustrasi wanita saat menstruasi (istimewa)

MALANGVOICE – Saat wanita menstruasi, hormon yang naik turun terkadang membuat mood jadi mudah berubah. Terlebih masalah kebersihan dan kenyamanan sangat berpengaruh. Oleh sebab itu, agar nyaman saat menstruasi, sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang nyaman.

Nah, agar tak mudah mood swing saat menstruasi, berikut beberapa alternatif pakaian yang bisa Anda kenakan.

1. Legging

Celana ketat dengan bahan yang nyaman ini menjadi salah satu alternatif yang paling sering digunakan sebagian besar wanita. Lantaran bahannya yang elastis membuat seseorang mudah bergerak, bernapas, namun tetap keren. Padu padannya pun mudah. Bisa dengan dress, blouse panjang, tunik, kaos sepanjang paha atau dipadu dengan rok mini.

2. Jogger Pants

Selain legging ketat, jogger pants bisa menjadi alternatif kedua jika Anda tak suka memakai legging. Jogger pants dengan bahan katun akan membuat Anda lebih leluasa bergerak saat datang bulan.

Pilih sweatpants dengan model kekinian yang simpel namun tetap keren. Meski tak keluar rumah jogger pants bisa jadi pakaian untuk bersantai di rumah atau saat berjalan-jalan di taman kompleks rumah.

3. Sweater Lembut

Kenyamanan dan kehangatan bisa menenangkan emosi dan hormon yang sedang bergejolak saat tamu bulanan datang. Tidak ada salahnya jika Anda memakai sweater berbahan kasmir yang lembut sebagai alternatif selain T-shirt atau kemeja.

4. Dress

Saat menstruasi memang disarankan untuk menghindari baju yang ketat. Oleh karenanya, dress longgar dinilai akan membuat Anda lebih nyaman bergerak saat mentruasi. (Der/Ulm)

Alasan Kenapa Pria Cenderung Lebih Suka Wanita Montok Dibanding Kurus

ilustrasi. (The Irish Times)

MALANGVOICE – Tak sedikit wanita yang terobsesi bertubuh langsing seperti barbie, namun ternyata hal ini jarang disukai oleh pria.

Kendati Pria lebih sering dan suka melihat model-model dengan badan langsing, mulus dan cantik berjalan di catwalk. Nyatanya, dalam kehidupan nyata, pria lebih suka menghabiskan waktunya bersama wanita dengan badan montok atau yang disebut sintal.

Nah, berikut alasan Pria lebih suka dengan Wanita bertubuh sintal, yang dirangkum MVoice dari berbagai sumber.

1. Fantasi

Wanita bertubuh sintal memang tidak menarik di depan layar kaca. Namun di dalam kehidupan nyata, banyak pria yang justru menyukai wanita semacam ini. Bahkan kebanyakan pria berfantasi berhubungan dengan wanita bertubuh sintal.

2. Lebih Menarik

Dari semua survei mengungkapkan hal yang sama, yakni delapan dari sepuluh pria lebih memilih wanita dengan tubuh montok dibanding langsing. Kebanyakan dari mereka mengatakan wanita dengan tubuh berisi terlihat lebih menarik. Pria yang mengikuti survei tersebut memiliki rentang usia 20-50 tahun.

3. Reproduksi Sehat

Penelitian lain menyebutkan bahwa pria secara tidak sadar menganggap bahwa wanita dengan tubuh sintal berisi juga memiliki fungsi reproduksi dan seksual yang sehat.

4. Friendly

Wanita bertubuh sintal tidak akan mempersulit para pria untuk menganjaknya kencan. Wanita sintal akan dengan senang hati untuk diajak kencan oleh pria yang menyukainya. Karena fakta unik pria adalah selalu mencari cara dan kesempatan untuk bisa sering-sering bertemu dengan pujaan hati. Hal ini dikarenakan tak sedikit wanita bertubuh sintal lebih friendly dibandingkan dengan tubuh kurus.

5. Tak Banyak Menuntut

Wanita sintap cenderung lebih menerima pria yang menyukainya dengan apa adanya. Ia tidak terlalu banyak menuntut ini dan itu kepada pria. Jadi, inilah yang membuat pria sungguh senang sehingga dia tidak perlu terlalu banyak menghamburkan uang untuk membeli pakaian dan perlengkapan wanita. Tanpa disadari, bahwa wanita sintal secara tidak langsung sudah memenuhi salah satu cara wanita berkelas dengan segala kesederhanaannya.

Jadi, Anda yang bertubuh sintal tak perlu khawatir dan diet ketat. Karena pria cenderung lebih menyukai wanita sintal. (Der/Ulm)

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Cup Menstruasi

Ilustrasi Menstruasi Cup (istimewa)

MALANGVOICE – Pembalut memang menjadi alternatif wanita ketika sedang menstruasi. Namun, pembalut dianggap sebagai sampah residu. Lantaran pembalut menggunakan bahan yang sulit diuraikan.

Diketahui, beberapa waktu belakangan ini produk kesehatan feminim yang dapat digunakan berkali-kali semakin populer. Ya, namanya cup menstruasi. Bentuknya pun menyerupai cangkir kecil dan terbuat dari silikon.

Melansir dari laman Healthline, alat ini merupakan penampung darah haid perempuan yang bisa digunakan hingga 12 jam sebelum diganti. Dan alat ini pun hadir dengan berbagai ukuran, menyesuaikan dengan ragam bentuk Miss V.

Nah, sebelum Anda mencoba berikut kenali kelebihan dan kekurangan dari cup menstruasi.

1. Kelebihan Cup Menstruasi

Begitu banyak kelebihan dari menggunakan cup menstruasi ini. Lantaran, metode ini dinilai dapat menghemat banyak uang, tidak perlu membeli pembalut atau tampon setiap kali haid.

Selain itu, cup menstruasi juga lebih ramah lingkungan, karena dapat digunakan kembali dan dapat bertahan lama. Dengan begitu, Anda membantu mengurangi limbah pada lingkungan.

2. Kekurangan Cup Menstruasi

Material dari silikon atau karet juga memiliki risiko alergi. Jadi, Anda perlu memperhatikan bahan sebelum memilih jenis cup menstruasi. Karena, alat ini merupakan produk kesehatan femini yang dapat digunakan berkali-kali. Artinya, Anda harus rutin dlmembersihkan dan menyimpannya dengan cara higenis.

Jika Anda tidak membersihkannya dengan benar alat ini bisa menyebabkan iritasi pada area kewanitaan Anda.(Hmz/Aka)

Mengenal Kanker Glioblastoma

ilustrasi. (Scientific Animations)

MALANGVOICE – Penyanyi dan aktor bertubuh kekar Agung Hercules dikabarkan tengah mengidap penyakit kanker di otak kiri, jenis glioblastoma stadium 4. Entah sejak kapan penyakit itu muncul, namun Agung Hercules kini sedang dirawat di RSUD Kota Tangerang.

Dilansir dari berbagai sumber, kanker otak adalah kondisi tumbuhnya tumor ganas di otak. Sedangkan tumor glioblastoma biasanya seringkali maligna atau ganas. Terdapat 4 stadium tumor, artinya kanker ini dapat berkembang dan menyebar dengan cepat.

Tumor glioblastoma membuat suplai darahnya sendiri untuk membantu jaringan-jaringan tumor bertumbuh. Mudah bagi jaringan kanker untuk menginvasi jaringan otak yang sehat.

Umumnya, kanker ini lebih banyak diidap pria dibandingkan wanita, dan semakin bertambahnya usia, risikonya kemungkinan semakin besar. Kanker ini biasanya tumbuh di salah satu sisi otak dan bisa menyebar melalui serat saraf penyambung (corpus callosum) ke sisi otak lainnya. Glioblastoma sangat jarang menyebar di luar otak.

Glioblastoma sangat berkembang cepat dan dapat menyebabkan:

– Sakit kepala yang konstan
– Kejang
– Muntah
– Masalah berpikir
– Perubahan suasana hati atau kepribadian
– Pandangan kabur atau ganda
– Kesulitan berbicara
(Der/Aka)

Bahaya Lain Rokok yang Wajib Diketahui

ilustrasi. (healthyfeeder.com)

MALANGVOICE – Rokok kadang menjadi ‘jajanan’ bagi para pria, namun di era modern seperti ini, tak jarang banyak wanita pun yang kecanduan merokok. Lantas apakah Anda mengetahui bahaya-bahaya dari merokok?

Asap rokok yang yang terhirup oleh non perokok sama dengan menghirup 4000 macam racun. Selain itu, bagi perokok, masalah utama ialah bau mulut yang sulit untuk dihilangkan. Bahkan, bau rokok sampai menempel pada baju, rambut, tangan dan yang lainnya.

Dilansir dari laman Medicalnewstoday, bau mulut perokok aktif cenderung berbeda dengan perokok pasif. Karena merokok dikaitkan dengan risiko tinggi mulut kering sehingga memicu penyakit pada gigi dan gusi, yang dapat menyebabkan bau mulut.

Untuk menghilangkan bau rokok, Anda dapat memperbanyak minum air putih, merubah pola makan, menjaga kesehatan terutama gigi.

Tak hanya bau mulut saja, rokok juga mempengaruhi kecantikan bagi perokok aktif maupun pasif. Beriku bahaya-bahaya rokok yang dirangkum MVoice dari laman Boldsky.

1. Penuaan

Orang yang kecanduan merokok terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Ini dikarenakan kandungan nikotin dalam rokok melemahkan aliran darah ke kulit. Sementara kulit Anda tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan, dan dengan demikian memulai proses penuaan kulit.

Orang yang sejak lama merokok akan terdapat kerutan di sekitar mulut dan di sekitar mata. Penarikan bibir secara konstan saat merokok bisa menjadi alasan timbulnya kerutan di sekitar mulut.

2. Jerawat

Pecandu rokok cenderung menderita jerawat. Merokok meningkatkan ekskresi sebum kulit dan mengurangi kadar vitamin E. Kelebihan sebum yang diproduksi di kulit akan menyumbat pori-pori kulit Anda dan akan menyebabkan berjerawat, terutama jerawat non-inflamasi.

3. Bibir Hitam

Efek utama dari merokok adalah bibir hitam cenderung gelap. Paparan nikotin yang konstan dapat menyebabkan perubahan warna bibir. Jika Anda perokok biasa, Anda akan menemukan bahwa warna perona pipi alami akan memudar setelah beberapa saat, yang mengarah ke bibir yang gelap dan bernoda.

4. Kulit Kendur

Efek berbahaya lain dari merokok terus-menerus adalah kulit kendur. Merokok memengaruhi produksi kolagen kulit. Kolagen adalah protein yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit. Pengurangan kolagen berdampak pada elastisitas kulit dan kulit Anda mulai melorot.

5. Jari Kuning

Tembakau yang ada dalam rokok memiliki kecenderungan pewarnaan kulit dan jari-jari Anda menjadi kuning. Tidak hanya jari-jari Anda, merokok juga menodai kuku Anda.

6. Rambut Rontok dan Beruban

Tidak hanya bagi kulit, merokok juga memiliki efek berbahaya pada rambut. Rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang akan Anda hadapi jika Anda kecanduan merokok. Racun dalam tembakau menyebabkan kerusakan pada folikel rambut Anda dan dengan demikian menyebabkan rambut rontok dan beruban dini.(Der/Aka)

Komunitas