Empat Manfaat Mengonsumsi Jamur Merang Sangat Cocok untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

Salah satu olahan jamur tiram dengan masakan tumis. (Foto: resepjamurnusantara.web.app)

MALANGVOICE – Masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini dengan jamur merang, sementara nama latinnya adalah
Volvariella vovacea. Sulit di lidah untuk mengucapkan namun lezat saat berubah jadi masakan.

Tanaman yang tergolong jamur-jamuran ini sangat populer sebagai bahan santapan di segala musim karena biasa disuguhkan dalam bentuk sup yang hangat. Hmmm…, cocok buat sahur atau menu berbuka puasa.

Tak jarang pula olahan jamur merang ini dikombinasikan dengan saus di atas steak atau sayur kukus, hingga tumisan yang pastinya menggugah selera untuk segera dinikmati.

Untuk mendapatkan yang sudah dipetik, kita bisa menemukan di pasar tradisional atau pasar swalayan dalam bentuk segar dan kalengan karena jamur merang tidak membutuhkan cara pengolahan tertentu.

Sebelum diolah jadi masakan, jamur merang dalam bentuk kalengan cukup dibilas dengan air matang. Cuma itu, baru kemudian diolah sebagai bahan masakan.

Sebaliknya jika membeli dari petani langsung, tidak terlalu susah sebelum diolah. Dipotong saja semua area berwarna gelap dengan pisau kemudian bilas dengan air mengalir.

Kenyal saat dikunyah, lezat dan kaya nutrisi, jamur merang salah satu jenis bahan makanan yang sering diolah. Selain teksturnya yang unik, kelezatannya dianggap mampu menyaingi citarasa daging. Belum lagi manfaatnya bagi kesehatan.

Disebut dengan jamur merang karena media tanamnya berupa merang atau sekam padi. Jamur ini dapat dikenali dari bentuknya yang bulat kecil dengan tudung berwarna cokelat muda.

Selain cocok untuk berbagai masakan ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan, empat di antaranya adalah:

1. Mencegah Penyakit Jantung
Bentuknya memang mungil, tapi jangan sekali-kali meremehkan, karena jamur merang ini memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi seperti kalium dan zat tembaga.

Seperti kita ketahui, kalium berfungsi membantu menjaga pembuluh darah dalam tubuh, sedangkan zat tembaga memiliki kemampuan antibakteri. Kedua nutrisi ini dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung, terutama yang diakibatkan oleh naiknya kolesterol dalam darah.

2. Menjaga Kekuatan Tulang
Selama ini kita menganggap kalsium hanya bisa didapatkan dari susu dan produk olahannya. Lalu bagaimana dengan yang biasa mengonsumsi asupan vegetarian? Jamur meranglah jawabnya karena memiliki kadar kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi sehingga membantu memperkuat tulang dalam tubuh.

3.Mencegah Kanker
Manfaat jamur merang lainnya adalah mengandung selenium yang banyak diburu orang karena berkhasiat mencegah kanker. Beta d-glucan dan lectin yang ada dalam jamur merang disebut mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker prostat dan leukemia.

4.Tinggi Antioksidan
Bagi masyarakat di wilayah perkotaan yang dikepung radikal bebas dari polusi di sekelilingnya antioksidan menjadi istilah kesehatan yang makin populer. Untuk mendapatkan antioksidan, cukup mengonsumsi jamur merang.

Kandungan selenium di dalam jamur merang memiliki fungsi yang sama dengan flavonoid yakni mencegah radikal bebas dari asap kendaraan, makanan yang berlemak tinggi, atau radiasi elektromagnetik berisiko memicu gangguan kesehatan.(end)

Bulan Ramadan, Cincau Laris Manis Jadi Buruan Pelanggan

Cincau yang masih dalam bentuk cair didinginkan didalam blek (kaleng), (MG2).

MALANGVOICE – Cincau pada umumnya sering digunakan sebagai varian campuran es dan jenis minuman lain. Hal itu membuat cincau laris manis diburu pelanggan saat bulan Ramadan.

Menurut salah satu produsen cincau asal Kebalen, Blimbing, Mak Cao, setiap masuk bulan Ramadan permintaan cincau selau mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dalam keseharian biasa hanya memproduksi sekitar 20 sampai 30 blek (kaleng). Kini pada bulan Ramadan orderan perharinya mampu mencapai 200 hingga 250 blek.

“Harga satu bleknya itu Rp 50 ribu, Mas. Ya per hari gini kalau Ramadan kita produksi 250 an blek, itu saja kita kualahan. Kalau mau lebih sebenarnya bisa saja, cuma karyawannya yang gak mampu,” ujar Hariyati pengelola Mak Cao, Ahad (25/4).

Mak Cao yang telah berdiri sejak 1961 dan telah dijalankan selama tiga generasi ini, telah mengurangi jumlah produksi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Lantaran karyawanya belum mampu memproduksi cincau dengan skala besar.

Apalagi untuk proses pembuatan cincau sendiri memerlukan waktu yang cukup lama dari proses penyaringan hingga memasak.

“Tahun kemarin karyawan saya itu orang Wajak mas, kuat-kuat mereka. Tahun lalu sampai 400 an blek sehari pernah. Itu bikin sampai menjelang sahur. Tapi saat ini karyawan saya kan tetangga-tetangga sekitar ya, mereka juga belum terlalu kuat, jadi ya sampai 200 an blek saja sehari,” tuturnya.

Untuk mengatasi jumlah konsumen yang cukup banyak, Haryati memberikan batasan kepada setiap pembeli agar tidak mengambil terlalu banyak. Supaya konsumen lain bisa mendapatkan juga.

“Jadi ada yang pesan 50 blek, itu saya kurangi mas. Jadi saya suruh ambil 30 aja jangan banyak-banyak. Biar nanti semua bisa rata kebagian gitu mas,” terangnya.

Selain itu, Haryati menambahkan, di Mak Cao juga memproduksi beberapa macam bahan untuk keperluan pembuatan es.

“Mulai dari dawet, jelly hingga kolang kaling semuanya pun tersedia. Jadi bahan-bahan es semua yang dibutuhkan ada di sini mas,” imbuhnya.

Terkait konsumen Mak Cao sendiri tidak hanya disekitaran Kota Malang, melainkan se Malang raya. Mulai dari pengusaha minuman es, dan penjual pasar.

“Banyak mas. Rata-rata yang ambil banyak itu ya orang-orang pasar untuk dijual lagi. Mulai dari Kota Batu sampai Panjen, Kabupaten Malang itu ambil ke sini,” tandasnya.(der)

MPM Honda Jatim Beri Tips Berkendara Aman di Bulan Ramadan

Praktik berkendara aman di bulan Ramadan. (istimewa)

MALANGVOICE – Berkendara sepeda motor saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan akan terasa berbeda dengan berkendara di hari-hari biasa.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasi dan emosi saat berkendara, hal ini bisa karena perubahan jam tidur, jam makan, hingga perilaku pengguna jalan. Pengendara sepeda motor pun perlu ekstra kendali diri saat berkendara agar selamat dalam berkendara dan ibadah tetap lancar.

Untuk itu, Instruktur Safety Riding PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT memberikan pelatihan kepada PT Human Capital Global Malang di lapangan safety riding SMK Muhammadiyah 2 Kepanjen Malang, Kamis (15/04).

Edukasi dan pelatihan safety riding bulan ini mengambil tema “Berkendara Dengan Emosi” diikuti oleh 30 peserta.

Peserta diajarkan untuk mengetahui pentingnya keselamatan berkendara, kelengkapan riding gear. Edukasi terlebih dahulu diberikan materi mengenai basic skill berkendara dan safety awarenes.

Materi yang diberikan antara lain tekhnik berkendara seperti tekhnik pengereman, keseimbangan dan bermanufer, postur berkendara juga danger prediction. Setelah itu semua peserta diajak untuk mempraktikkannya.

“Mobilitas pulang perginya karyawan kebanyakan menggunakan sepeda motor, apalagi saat ini memasuki bulan puasa, sangat penting untuk selalu menjaga kondisi tubuh yang fit selama berpuasa dan selalu utamakan keselamatan dalam berkendara dan memahami berperilaku berkendara yang baik di jalan sehingga bisa selamat dan Cari_Aman sampai tujuan,” kata Mizidianto selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.(der)

Olah Limbah Kayu dan Tripleks Bekas Jadi Miniatur Eskavator hingga Mobil

Miniatur Mobil dan Eskavator yang dipajang, (MG2).

MALANGVOICE – Thomas Boyke Eko Purnomo (50) mengolah limbah Industri tripleks menjadi miniatur eskavator hingga mobil hias. Keahliannya membuat miniatur ini sangat detail dan rinci mulai kelengkapan komponen interior mobil hingga mesinnya.

Tentunya melalui tangan kreatif yang dimiliki Thomas, limbah tak berharga disulap menjadi barang dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Thomas menceritakan awal mula dirinya mulai menggeluti kerajinan miniatur ini berawal dari keinginannya memiliki mobil pribadi. Namun, karena dirasa belum mampu untuk membeli mobil, mulai lah pembuatan miniatur ini digeluti.

“Saya belajar membuat miniatur sejak 2005. Saya awalnya iseng iseng buat miniatur. Jadi saya dulu kan sopir ingin punya mobil sendiri. Dari pada tidak punya mobil sama sekali, lebih baik saya buat mobil miniatur,” ujarnya, Ahad (18/4).

Dalam proses belajar membuat miniatur kendaraan ini juga tidak berjalan mudah, Thomas mengatakan pernah menghabiskan 5 lembar triplek hanya untuk membuat satu karya di awal. Namun dengan semangat pantang menyerah dan kerja keras kini dia mulai lihai dalam membuat kerajinan tersebut.

“Prosesnya lumayan rumit. Satu buah bisa sampai 2 minggu. Kalau yang mudah sekitar seminggu lah, tapi juga ada yang hingga 2 minggu,” tuturnya.

Tak hanya sampai disitu, salah satu hasil karyanya berupa miniatur eskavator pernah masuk dalam perlombaan tingkat nasional. Dari sekitar 300 orang karyanya masuk dalam 25 besar.

“Miniatur ini adalah hobi saya, dan dari hobi ini juga menjadi rejeki saya. Dari limbah menjadi berkah,” terangnya.

Karya pria yang tinggal di Jalan Kemayoran Lama Atas, Kota Malang ini telah dibandrol dengan harga cukup bervariasi tergantung pada ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya.

“Dia menjual karya unik itu dengan harga bervariasi, mulai Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta per unitnya,” tandasnya.(der)

Kementerian PUPR Sediakan Kebutuhan Air Bersih untuk Warga Terdampak Gempa

MALANGVOICE– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bergerak cepat dengan mengerahkan seluruh personel untuk membantu penanganan darurat akibat gempa bumi pada Sabtu 10 Maret lalu.

Para personel ini terutama yang ada di balai-balai Kementerian PUPR di Provinsi Jawa Timur khususnya untuk mempercepat penanganan di lapangan, terutama wilayah Kabupaten Malang.

Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jawa Timur-Bali dan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) IV ikut bergerak melakukan langkah-langkah tanggap darurat.

Mereka menyisir wilayah kabupaten/kota menginventarisasi dampak yang ditimbulkan akibat gempa bumi.

Dari hasil pemeriksaan kondisi infrastruktur jalan dan jembatan didapat laporan tidak terdapat kerusakan pada ruas jalan Nasional seperti Turen-Kepanjen-Blitar-Tulungagung.

Begitu juga ruas Sendang Biru-Balekambang (JLS – Non Status)-Kedungsalam-Batas Blitar/Malang-Simpang 5 Purwodadi tidak ada kerusakan, bahka arus lalu lintas lancar.

Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljo, yang terpenting adalah ketersediaan prasarana serta sarana air bersih dan sanitasi.

Semua sarana dan prasarana itu seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Hallobogor.com, kata Basuki, untuk keperluan sehari-hari bagi para korban dan pengungsi.

“Kami sangat concern dengan air bersih terutama di tempat-tempat pengungsian. Kita juga manfaatkan instalasi pengolahan air minum (IPA) terdekat maupun IPA mobile untuk mensuplai air bersih, khususnya ke posko pengungsian,” jelas Basuki.

Sementara untuk penyediaan logistik dan penyediaan pos pengungsian bagi masyarakat terdampak, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) melakukan koordinasi dengan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kota/Kabupaten terdampak serta Pemerintah Daerah.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jatim M. Reva Sastrodiningrat, mengatakan, sampai saat ini sebuah unit Mobil Tangki Air (MTA) berkapasitas  2.000 liter, lima unit Hidran Umum (HU) kapasitas 1.000 liter, dan lima unit HU kapasitas 2.000 liter dimobilisasi ke lokasi terdampak.

Selanjutnya, kata Reva, hasil monitoring dan evaluasi di lapangan dibutuhkan sarana dan prasarana (sarpras) yang harus segera disalurkan berupa lima unit HU kapasitas 1.000 liter dan lima unit HU kapasitas 2.000 liter serta tenda darurat ukuran 4X6 sebanyak 2 unit.

“Rencana distribusi sarpras sementara disalurkan di Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Ampelgading sebanyak 2 unit Hidran Umum dan Kecamatan Dampit 2 unit Hidran Umum,” pungkas Reva.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan magnitudo 6,1 yang berpusat di lepas pantai selatan Kabupaten Malang mengakibatkan hampir seluruh wilayah di Jawa Timur terdampak.

Wilayah terdampak paling parah yakni di Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang, Trenggalek, Blitar, Probolinggo, Jember, Kota Batu dan Kota Malang.

Selain mengakibatkan delapan korban jiwa dan ratusan korban uka-luka, gempa  juga merusakkan rumah warga, fasiltas umum dan kesehatan, tempat peribadatan serta kantor pemerintahan.(end)

9 Manfaat Gula Merah yang Perlu Kamu Ketahui

Gula merah. (Pixabay)

MALANGVOICE – Gula merah merupakan pemanis yang berasal dari nira pohon palem atau kelapa. Pohon palem mempunyai beberapa jenis, tetapi yang digunakan dalam pembuatan gula merah adalah pohon aren (arenga pinnata), nipah (nypafruticans), siwalan (borassua flabellifera), dan kelapa (cocos nucifera).

Gula merah dianggap lebih sehat dari pada gula pasir, karena gula merah mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk tubuh. Nutrisi yang trekandung dalam gula merah adalah vitamin C, kalium, fosfor, kalium, seng, zat besi, tembaga, beberapa fitonutrien, polifenol, flavonoid, dan anthocyanidin.

Kamu dapat menambahkan gula merah ke dalam minuman seperti secangkir teh, minuman jahe, masakan dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi gula merah untuk kesehatan:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Beberapa kandungan dalam gula merah, seperti zat besi, niasin dan lain-lain ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam gula merah tersebut juga dapat mencegah anemia, melancarkan peredaran darah, dan menjaga kadar kolesterol supaya tetap stabil.

Mengurangi Nyeri Menstruasi
Kandungan potassium yang terdapat dalam gula merah mampu membantu mengurangi nyeri pada saat menstruasi. Untuk kamu yang sering mengalami nyeri saat mentruasi, kamu bisa mencoba kinsumsi gula merah saat mentruasi. Biasanya nyeri mentruasi bisa sangat mengganggu sekali untuk sebagian perempuan.

Mencegah Penuaan Dini
Antioksidan mempunyai peran yang sangat penting untuk kesehatan kulit kita. Antioksidan bersama dengan vitamin B dalam gula darah mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Dengan mengkonsumsi gula merah secara rutin, kamu dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini lho.

Membantu Meredakan Flu
Manfaat gula merah untuk kesehatan salah satunya adalah membantu meredakan flu. Ketika kamu sedang mengalami flu, kamu bisa meminum jahe merah ditambah dengan gula merah.

Menurut American Heart of Association ( AHA ), dula putih dan gula merah sebaiknya dikonsumsi tidak melebihi 100 kalori perhari untuk perempuan dan 150 kalori perhari untuk laki-laki.

Membantu Meredakan Stres
Jika kamu adalah orang yang mempunyai rutinitas harian yang begitu sibuk, terkadang membuat suasana tegang, tidak tenang dan menimbulkan stres maka kondisi ini jika tidak diatas bisa meningkatkan resiko gangguan depresi. Alternatif yang bisa kamu coba adalah dengan menyeduh secangkir minuman dengan tambahan pemanis dari gula merah.

Kandungan dalam gula merah ini mampu merangsang hormon bahagia di dalam tubuh dan efektif menurunkan ketegangan otak.

Mencegah Radikal Bebas
Mengonsumsi gula merah secara rutin mampu membantu menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi dan kandungan selenium yang terdapat dalam gula merah mampu membantu mencegah berbagai efek buruk radikal bebas.

Mengandung Antiseptik
Tidak hanya mengandunag antioksidan, ternyata di dalam gula merah juga terdapat kandungan berupa nutrisi yang berperan sebagai anti peradangan dan antimikroba. Kandunan antimikroba dan anti peradangan sangat bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan luka minor dan luka bakar, karena bersifat antiseptik. Caranya dengan menempelkan gula merah pada luka, dan diamkan selama beberapa saat.

Mengatur Kadar Kolesterol
Gula merah dapat dijadikan salah satu pengganti pemanis buatan. Tetapi kita tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan. Kandungan senyawa niacin yang terdapat dalam gula merah, berperan dalam mengatur kolesterol dalam darah sehingga kadar kolesterol dapat tetap dijaga agar normal.

Bagus Untuk Ibu Hamil
Mengonsumsi gula merah pada masa kehamilan, bermanfaat untuk memulihkan tenaga. Mengonsumsi gula merah juga dapat mengurangi resiko kekurangan zat besi, anemia dan membantu menjaga berat badan yang sehat untuk bayi.

Sekarang sudah tau kan apa saja manfaat yang terdapat didalam gula merah. Meskipun, gula merah bisa sebagai pengganti gula pasir, ada hal penting yang mesti kita tau bahwa kita harus mengkonsumsi dalam batas yang wajar, tidak boleh berlebihan.

Meski aman dikonsumi, seseorang dengan riwayat penyakit diabetes. Apalagi penderita diabetes tipe 2, tetap gula merah seperti gula pasir pada umumnya dan mengkonsumsinya dengan aturan ketat, karena gula merah juga bisa menaikan kadar glukosa darah, meskipun kandungan glikemiknya lebih rendah dari pada gula pasir biasa.

Untuk kamu yang bingung mau membeli gula merah dimana, bisa kamu dapatkan secara online.(der)

Festival KBP Penanda Kebangkitan Pariwisata Kota Malang di Masa Pandemi

Kerajinan membatik di caping, (MG2).

MALANGVOICE – Festival Kampung Budaya Polowijen (KBP) menjadi gelaran budaya pertama pada Tahun 2021 pasca pandemi Covid-19. Kegiatan ini diawali dengan penanaman pohon pule sebagai penanda dimulainya gelaran budaya di Kota Malang.

Menurut Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, kegiatan penanaman pohon pule ini digunakan sebagai simbol dan rasa syukur atas digelarnya kembali Festival KBP di masa Pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur, karena pada saat pandemi seperti saat ini masih diberi karunia kesehatan. Tidak hanya kesehatan melainkan juga bisa memberikan kekuatan untuk beraktivitas,” ujarnya, Ahad (4/4).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Edi ini memberikan apresiasi kepada warga Kelurahan Polowijen yang telah berjuang mempertahankan Kampung tematik berumur empat tahun ini.

“Kepada seluruh masyarakat yang ada di Polowijen saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi karena kesungguhan. Sekaligus selamat untuk mewujudkan dan dirgahayu Kampung Budaya Polowijen yang ke-4 tahun ini,” tuturnya.

Hiburan Gamelan yang disuguhkan di Festival Kampung Budaya Polowijen, (MG2).

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi (Forkom) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Malang, Isa Wahyudi mengatakan jika adanya Festival KBP ini menjadi penanda kebangkitan pariwisata di Kota Malang.

“Ini adalah festival pertama di tahun ini ya. Dan di kampung budaya polowijen sebagai salah satu titik awal festival yang akan digelar di setiap kampung tematik,” terangnya.

Berbagai kegiatan ditampilkan dalam Festival KBP tersebut. Mulai tari tradisional, tari kreasi topeng, gamelan, mocopat, pasar kuliner, dan kerajinan.

“Ada juga wilujengan Mahardian, jadi slametan potong tumpeng agar kemudian kita semangat lempeng untuk mengembangkan seni budaya,” kata dia.

Dalam kegiatan itu juga mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan OPD terkait. Ada sekitar 300 pengunjung yang turut memeriahkan kegiatan itu.

“Harapannya bisa diikuti kampung tematik lain, dan memberitahukan jika sudah boleh menyelenggarakan kegiatan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tandasnya.(end)

4 Kebiasaan yang Sering Dilakukan tapi Sangat Pengaruhi Kesehatan

Ilustrasi gambar, (Ist).

MALANGVOICE – Ada beberapa kebiasaan yang sering kali dilakukan namun tanpa disadari sangat berpengaruh pada kesehatan.

Nah, agar tubuh tetap sehat apalagi di masa pandemi ini, berikut 4 kebiasaan yang perlu dihindari sebanyak mungkin dilansir dari The Daily Star, Ahad (4/4).

1. Terlalu Sedikit Tidur
Tidur yang kurang dalam kurun waktu jangka panjang, bisa menjadi penyebab beberapa penyakit terjadi seperti demensia, penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Selain itu, juga bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh, depresi, kecemasan dan rasa sakit yang berkelanjutan.

2. Tidak Minum Air Dulu
Saat seseorang kurang mengkonsumsi air itu akan sangat berbahaya bagi tubuh, apalagi sudah muncul gejala mudah merasa lelah, dan pusing.

Tanda-tanda lain yang menunjukkan jika tubuh perlu tambahan air yakni Mata atau kulit kering, mulut kering, kencing gelap, atau tidak banyak kencing. Jadi sebaik mungkin perlu mengkonsumsi air sesering mungkin agar tubuh tetap fresh.

3. Menggunakan Kapas Telinga
Saat menggunakan Kapas Telinga terkadang anda tidak mengetahui jika mungkin akan mendorong kotoran lebih dalam, dan jika terlalu dalam masuk ke liang telinga dapat membahayakan gendang telinga. Itu bisa menyebabkan gangguan pada pendengaran.

Maka sebaik mungkin jangan terlalu sering dalam menggunakan Kapas Telinga, supaya tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.

4. Tidak Melihat Interaksi Obat
Beberapa hal dapat mengubah cara kerja obat yang dikonsumsi seseorang. Dipengaruhi dari makanan, suplemen dan obat-obatan lain.

Dari beberapa alasan itu dimungkinkan bisa mengurangi efektifitas obat atau dapat menyebabkan efek samping.

Sehingga perlu membaca instruksi yang ada dalam wadah obat agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diperlukan.(der)

Tujuh Step Sederhana Menciptakan Ruangan Kerja Mungil yang Cozy

Ruangan kerja. (Pixabay)

MALANGVOICE – Memiliki ruang dengan kapasitas terbatas memang memiliki tantangan tersendiri saat mendekorasinya. Pasalnya terlalu menambahkan banyak perabotan atau dekorasi akan membuatnya penuh, begitu juga sebaliknya jika terlalu sedikit maka ruangan terlihat kosong. Memang sedikit rumit dan membutuhkan beberapa trik untuk membuat ruangan area kecil terasa nyaman dan menyenangkan.

Nah, untuk mengatasinya, berikut ini step untuk menciptakan ruangan kerja mungil yang cozy

Menggunakan Warna Dinding Hangat

Untuk menambah dimensi pada ruangan, kamu bisa menggunakan warna-warna hangat seperti jingga maupun kuning. Kedua warna cerah ini dapat membantu untuk menciptakan kesan area yang nyaman dan menenangkan. Jika ingin terkesan lebih netral, maka padukan dengan warna krem, putih atau coklat yang abadi dan cocok digunakan sepanjang tahun.

Mengatur Suhu Ruangan

Selain wallpaper dengan warna hangat, langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur suhu ruangan yang sesuai yaitu tidak terlalu panas atau dingin. Sebagai saran menggunakan air conditioning dengan PK yang sesuai.

Menggunakan Dekorasi minimalis

Agar ruangan semakin indah tentunya kamu harus menambahkan aneka dekoratif yang tepat. Jika bicara lebih mendalam maka hiasan yang tepat untuk ruangan kecil digambarkan seperti penggunaan tanaman hijau, cermin, lampu meja, lukisan hingga ornamen klasik bergaya simple. Untuk menonjolkan suatu objek maka cukup manfaatkan lampu kuning yang menyorot hanya pada tempat tertentu. Ingat hindari segala sesuatu yang berlebihan.


Bermain Dengan Tekstur

Jangan ragu untuk bermain dengan material dan tekstur, misalnya dengan mencampurkan beberapa unsur yang sama seperti kayu dan logam maka akan menciptakan tampilan industri yang kental dan unik. Sebagai pelengkap ruangan tambahkan hamparan permadani mewah dan sofa dengan bantal bermotif. Dengan cara ini maka kamu bisa mendapatkan tampilan yang cozy dan memaksimalkan kenyamanan ruangan.

Meletakan Perabotan Pada Tempat Strategis

Menentukan posisi furniture yang tepat memang tidak mudah, apalagi mengingat area yang dimiliki sangat terbatas. Sehingga untuk mengatasinya kamu perlu tahu dimana meletakan perabotan yang kamu miliki. Umumnya sofa dapat berada pada sudut ruangan atau bagian dinding yang lebih panjang, kemudian tambahkan meja persegi panjang yang akan menambah keindahannya. Sementara itu untuk meja kantor dan kursi kantor letakan pada dinding lainnya yang berada pada area lebih besar. Sebelum melakukan pemasangan pastikan untuk membuat rancangan besar, dan mengukur ruang yang ada agar tidak menghambat mobilitas bagi pemilik ruangan itu tersebut.

Menambahkan Perlengkapan Tidur

Saat membacanya mungkin kamu akan sedikit kaget, tapi percaya atau tidak setiap kita membutuhkan istirahat di tengah sibuknya pekerjaan. Sehingga tidak ada salahnya untuk memiliki bantal dan selimut untuk mendukung waktu rehat yang singkat. Agar tidak mengganggu esensi ruangan kamu dapat meletakkannya pada lemari.(der)

Ngoprek Bareng HPCI Chapter Malang, Kupas Tuntas Matic Besar PCX160

Komunitas Honda PCX. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT melakukan Live di Instagram @mpmhondajatim dengan program NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) bersama Komunitas Honda PCX Chapter Indonesia (HPCI) Chapter Malang, Ahad (28/03).

Ngobrol Online yang bertemakan Kupas Tuntas All New PCX160 ini, MPM Honda Jatim mengundang salah satu anggota komunitas HPCI chapter Malang, Wendry Pradana yang berbagi pengalaman bagaimana rasanya mengendarai All New PCX160 dan juga Imron Rosyadi, Technical MPM Malang yang menyampaikan fitur terbaru Honda PCX.

Ngoprek Honda. (Adv)

Bertempat di MPM Riders Cafe Malang, sebelumnya 10 anggota komunitas HPCI chapter Malang yang hadir diberikan kesempatan untuk Riding Experience Honda PCX 160 dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam sesi bincang Ngoprek, Wendry Pradana membagikan pengalamannya saat riding menggunakan Honda PCX160 untuk kegiatan sehari hari.

“Honda PCX160 bodinya mewah, nyaman cocok buat aktivitas sehari – hari atau suka touring. Honda PCX160 lebih bertenaga, akselerasi terasa lembut,” katanya.

Program NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih terkait All New Honda PCX kepada masyarakat dari sisi Komunitas HPCI chapter Malang yang sudah mencoba All New Honda PCX.(der)