Musim Mangga, Yuk Intip 3 Manfaatnya bagi Kesehatan

Buah mangga (foto: alodokter.com)
Buah mangga (foto: alodokter.com)

MALANGVOICE – Mangga, buah tropis dengan kandungan nutrisi yang banyak ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Buah musiman ini diketahui tinggi akan vitamin C, pottasium dan magnesium. Tak hanya enak dimakan langsung dalam keadaan segar, tapi juga enak dijadikan jus buah hingga puding.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum manfaat buah mangga untuk kesehatan.

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat mangga salah satunya yaitu mampu membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Tingginya kadar pektin yang ada dapat membantu menurunkan lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol jahat yang menyebabkan plak di pembuluh darah. Sehingga dapat menghambat aliran darah.

2. Melancarkan Pencernaan

Mangga juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan yaitu memperlancar pencernaan. Sebagaimana dalam buku ‘Healing Foods’, disebutkan bahwa mangga mengandung enzim yang membantu pemecahan dan pencernaan protein.

Kemudian kandungan serat di dalamnya juga membuat saluran pencernaan bekerja dengan optimal. Artinya dapat membantu turunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Diketahui, mangga muda kandungan serat pektinnya lebih banyak dibandingkan yang sudah matang pohon. Sehingga manfaat bagi tubuh lebih banyak di mangga muda.

3. Berpotensi Mencegah Kanker

Mangga memiliki sejumlah besar pektin, serat makanan yang larut secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

Sebagaimana penelitian di The Institute for Food Research menemukan bahwa senyawa dalam pektin bergabung dengan galektin 3 (protein yang memainkan peran penting dalam semua tahap kanker).

Selain itu, penelitian The European Prospective Investigation of Cancer juga telah meneliti tentang hubungan yang kuat makan mangga dan menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.(Der/Aka)

Tiga Jenis Makanan Tinggi Serat Ini Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Usus

alodokter.com
alodokter.com

MALANGVOICE – Kesehatan organ tubuh bagian dalam seperti usus penting diperhatikan. Pasalnya, usus yang sehat akan memberikan pengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebagian besar masalah yang terjadi di dalam pencernaan dan perut diakibatkan oleh usus yang tidak sehat. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga kesehatan usus.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum makanan tinggi serat baik dikonsumsi untuk kesehatan usus.

1. Kacang Almond

Kacang almond, salah satu kacang yang memiliki rasa gurih dan khas ini ternyata mengandung banyak nutrisi. Di antaranya serat pangan, lemak tak jenuh, serta beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E.

Selain itu, kacang almond juga memiliki kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi dan zinc.

Sebuah penelitian menyebutkan bila mengonsumsi almond dapat mengurangi kemungkinan kanker usus besar karena kandungan lemak yang terdapat di dalamnya.

Perlu diketahui, dalam 100 gram kacang almond terkandung 12,5 gram serat. Nah, tidak ada salahnya jika Anda mengganti camilan dengan kacang almond.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakam salah satu sumber karbohidrat jenis serelia. Oat tergolong dalam biji sereal utuh karena lapisan kulit ari dan bakal bijinya tidak hilang saat pemrosesan.

Kemudian, oat juga memiliki kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga bermanfaat positif bagi kesehatan.

Perlu diketahui, oat dapat membantu menurunkan kolestrol total dan kolestrol LDL, menurunkan kadar glukosa darah, membantu tubuh merasa kenyang lebih lama

Selain itu, meningkatkan bakteri baik dalam saluran pencernaan dan membantu mencegah kanker usus.

3. Kacang polong

Sama seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang polong juga menjadi sumber serat dan protein yang baik untuk tubuh.

Selain itu, kandungan serat dari kacang polong juga menjadi sumber makanan untuk bakteri sehat dalam usus. Ketika bakteri di usus dalam kondisi sehat, maka buang air besar menjadi lebih lancar sehingga mengurangi penggunaan obat pencahar pada orang tua.

Nah, Anda dapat menikmatinya dengan cara dijadikan sup lembut, mencampurnya dalam sup ayam, atau direbus lalu dijadikan snack sehat.(Hmz/Aka)

Ingin Manjakan Buah Hati dengan Pijat Bayi? Gunakan 4 Jenis Minyak Ini

Ilustrasi bayi (foto: alodokter.com)
Ilustrasi bayi (foto: alodokter.com)

MALANGVOICE – Bukan hanya orang dewasa yang dapat merasakan manfaat terapi pijat. Pijat juga dapat diberikan pada bayi. Tapi, yang usianya sudah di atas tiga bulan.

Pijat bayi memberi segudang manfaat. Di antaranya mulai dari menstimulasi gerak motorik dan sensorik bayi, membuat si kecil lebih rileks hingga dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak.

Nah, sebaiknya orang tua lebih dulu belajar cara melakukan pijat bayi yang benar. Selain teknik pijatnya yang benar, Anda juga harus memastikan minyak yang digunakan untuk memijat bayi aman digunakan.

Melansir dari laman Boldsky.com berikut MVoice merangkum beberapa jenis minyak untuk pijat bayi.

1. Minyak Chamomile

Minyak chamomile merupakan minyak pijat yang bagus untuk bayi dengan kulit sensitif. Pasalnya, ini membantu menenangkan bayi yang menderita kolik.

Kolik merupakan kondisi ketika bayi terus menangis tanpa sebab yang jelas dan sulit dikendalikan. Kolik biasanya terjadi pada bayi sehat yang berusia di bawah lima bulan.

Bahkan parahnya, ia mampu menangis hingga lebih dari tiga jam selama kurang lebih tiga hari berturut-turut.

2. Minyak Almond

Minyak almond mempunyai kandungan vitamin E tinggi dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit bayi.

Kemudian, merupakan salah satu minyak terbaik digunakan di musim dingin untuk pijat bayi. Ini membantu bayi rileks dan tidur nyenyak saat iklim dingin.

Selain untuk pijat, Anda juga dapat menggunakan minyak almond sebagai campuran untuk mandi si kecil. Usahakan selalu menggunakan minyak almond murni. Bukan minyak almond wangi yang tersedia di pasaran.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bersifat ringan dan mudah diserap kulit. Sehingga, rutin memijat menggunakan minyak kelapa baik untuk menjaga kelembapan kulit bayi.

Selain itu, minyak kelapa memberikan efek pendinginan untuk tubuh serta memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang mampu mencegah ruam kulit. Oleh sebab itu, keunggulan ini menjadikan minyak kelapa bagus digunakan sebagai minyak pijat bayi.

4. Minyak Jarak

Minyak jarak juga efektif digunakan untuk memijat bayi. Penggunaannya pun mudah, usapkan minyak tersebut sebelum memandikan bayi. Minyak ini bersifat menghindari kulit kering dan menghidrasi tubuh bayi.(Der/Aka)

Jangan Anggap Sepele, Kekurangan Vitamin D selama Hamil Pengaruhi Gigi Anak

Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil

MALANGVOICE – Selama kehamilan, penting bagi ibu hamil (bumil) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang tidak boleh diabaikan yakni vitamin D.

Vitamin D berfungsi mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh dan membantu penyerapannya. Kalsium dan fosfat diperlukan tubuh untuk menjaga tulang dan gigi yang sehat.

Nah, vitamin D selama kehamilan diperlukan untuk memberikan bayi anda vitamin D yang cukup pada beberapa bulan pertama kehidupannya.

Melansir dari berbagai sumber, dianjurkan untuk mengkonsumsi 10 mikrogram vitamin D setiap hari ketika hamil dan menyusui.

Sebab, jika kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang anak melunak dan dapat menyebabkan rikhitis. Artinya anak akan terkena penyakit yang mempengaruhi perkembangan tulang anak.

Vitamin D dapat dijumpai secara alami pada ikan yang berminyak seperti salmon, makarel, sarden, telur, dan daging. Sementara, sumber terbaik vitamin D adalah sinar matahari pagi yang mengenai kulit anda.

Itulah penjelasan pentingnya asupan vitamin D selama masa kehamilan. Jadi, jangan abaikan asupan vitamin D selama hamil ya Bunda. (Der/Ulm)

4 Bahaya Miom saat Massa Kehamilan

Ilustrasi ibu hamil (istimewa)

MALANGVOICE – Miom dengan nama lain mioma, fibroid, fibromioma, atau leiomioma merupakan salah satu penyakit rahim yang perlu diwaspadai wanita.

Kondisi ini menandakan adanya pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar rahim (uterus) yang tidak bersifat ganas.

Selain itu, moim sendiri berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan abnormal inilah yang akhirnya membentuk tumor jinak. Dan kuran dari miom berkisar dari 1 milimeter hingga 20 sentimeter.

Perlu diketahui, jika miom ini umumnya terjadi pada saat sebelum kehamilan. Tapi, jika wanita hamil memiliki kadar hormon estrogen yang sangat tinggi, hormon inilah yang mendorong miom berkembang cepat.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum bahaya yang mengintai saat Anda mengidap miom di masa kehamilan.

1. Resiko Terjadi Keguguran

Ukuran miom akan membesar dan mendorong janin, sehingga janin tidak dapat menempel pada dinding rahim. Kondisi ini terjadi pada trimester pertama. Akibatnya, risiko terjadinya keguguran semakin besar.

2. Terjadi Pendarahan saat Persalinan

Jika miom berkembang semakin membesar, miom dapat mendesak janin hingga plasenta yang tumbuh di bawah rahim. Akibatnya, kondisi ini dapat mengakibatkan pendarahan saat persalinan.

3. Mengganggu Pertumbuhan Janin

Bila miom tumbuh menghalangi saluran janin, pertumbuhan janin akan terganggu karena kekurangan makanan dan oksigen. Akibatnya, kondisi ini dapat berujung pada kematian janin.

4. Janin Berada di Posisi Sungsang

Selain mengakibatkan keguguran dan pendarahan saat persalinan, miom juga dapat mengakibatkan janin berada pada posisi sungsang karena sulit bergerak ke posisi normal.

Itulah beberapa bahaya dari miom. Oleh sebab itu, terapkan pola hidup sehat, pertahankan berat badan ideal dengan berolahraga dan diet sehat.

Selain itu, lakukan juga medical check-up setiap tahun. Jika Anda wanita di usia produktif wajib untuk menghindari adanya penyakit pada rahim. (Der/Ulm)

Segera Periksakan ke Dokter jika Bumil Mengalami Kondisi Ini

Potret ibu hamil (foto: alodokter.com)
Potret ibu hamil (foto: alodokter.com)

MALANGVOICE – Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu setiap pasangan suami istri. Terutama mereka yang masih baru membangun kisah bahtera cintanya.

Ketika hamil, setiap perempuan harus menjaga kesehatan tubuh dan janinnya dengan sebaik mungkin.

Bagi ibu hamil (bumil) tentunya harus segera memeriksakan kehamilannya ke rumah sakit atau dokter ahlinya jika merasakan berbagai hal yang dirasa kurang wajar selama kehamilan.

Melansir dari laman prevention.com, berikut MVoice merangkum beberapa kondisi yang mengharuskan bumil segera memeriksakan kandungannya ke dokter.

1. Air Ketuban Merembes dan Pecah

Hal pertama kali yang perlu diperhatikan bumil yakni air ketuban merembes. Ketika Anda mendapati air ketuban merembes atau pecah di waktu yang tak seharusnya maka harus segera memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter atau bidan ahlinya.

Cari tahu apa yang terjadi pada kehamilanmu. Supaya ahlinya dapat melakukan penanganan terbaik untukmu serta janin yang ada di kandunganmu.

2. Kondisi Janin Pasif Bergerak

Perlu bumil ketahui bahwa janin mulai aktif bergerak saat usia kandungan mencapai 20 minggu. Nah, di usia ini janin mulai menendang-nendang atau melakukan gerakan yang bisa dirasakan.

Namun, jika Anda merasakan janin pasif bergerak, maka usahakan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan dan kehamilan pada ahlinya.

3. Kram Perut

Kram perut memang wajar dialami ibu hamil. Tapi, jika kram perut terjadi secara terus menerus dan sangat sakit. Bisa jadi terdapat indikasi adanya masalah di kehamilanmu.

Oleh sebab itu, Anda harus segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter jika mengalami kram perut. Apalagi, belum tiba waktunya kontraksi atau tanggal prediksi melahirkan.

4. Nyeri Punggung yang Hebat

Bagi bumil, jangan sepelekan nyeri punggung yang diderita. Pasalnya kondisi ini juga mengharuskan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ahlinya.

Nyeri punggung yang hebat bisa saja mengindikasi adanya risiko masalah pada kandung kemih atau ginjal.

Selain itu, nyeri punggung hebat juga bisa mengindikasi beberapa penyakit yang mengancam keselamatan ibu hamil dan janin di kandungannya.

Nah, itulah beberapa kondisi yang mengharuskan bumil segera memeriksakan kondisi kehamilan ke ahlinya. Jika mengalami kondisi tersebut dan tidak segera memeriksakan diri, dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan ibu dan janin.(Der/Aka)

Sudah Benarkah Memotong Kuku? Cek Beberapa Kesalahannya

Ilustrasi.
Ilustrasi.

MALANGVOICE – Memotong kuku dengan baik dan benar seringkali diabaikan. Padahal, aktivitas kecil itu mempengaruhi terhadap kesehatan kita.

Tidak hanya pada kesehatan kukunya saja. Melainkan juga pada kesehatan tubuh kita.

Karena itu, kita memotong kuku selama ini apakah sudah benar atau tidak? Atau masih melakukan beberapa kesalahan?

Sebagaimana melansir dari berbagai sumber kesehatan dan kecantikan, berikut ini beberapa kesalahan memotong kuku yang kerapkali dilakukan.

1. Gunting Kuku Kotor

Selain hanya memiliki 1-2 gunting kuku dan digunakan bersama, seringkali lupa untuk dibersihkan setelah pemakaian.

Padahal, ada beberapa kasus infeksi kuku atau kulit disebabkan alat gunting kuku yang kotor.

Oleh karena itu, penting membersihkan alat gunting kuku secara rutin. Caranya bisa menggunakan campuran air dan alkohol.

2. Memakai Gunting Kuku Sembarangan

Seringkali kita salah memilih gunting kuku yang digunakan. Lebih mementingkan praktis dan abai dengan kualitasnya.

Kalau misalnya alat yang digunakan paling buruk untuk menggunting kuku. Selain gunting kuku tersebut cepat tumpul, akibatnya dapat memecah kuku.

Disarankan, membeli gunting kuku yang lebih berkualitas. Misalnya yang terbuat dari carbon stainless steel. Sehingga tidak mudah tumpul dan lebih tahan lama.

3. Menggunting Kuku saat Basah

Kebiasaan menggunting kuku saat basah tidak baik untuk kesehatan kukunya. Karena berisiko untuk patah atau tersobek lebih besar.

Sehingga berpotensi menyebabkan kuku kamu tersangkut pada pakaian dan makin rusak.

4. Kikir kuku

Merapikan bentuk kuku yang kurang rapi atau kasar biasanya menggunakan alat kikir. Namun, kesalahan yang sering terjadi yaitu menggosokkan kikir kuku ke kanan dan ke kiri atau bolak-balik.

Padahal, menggosok dengan cara itu justru membuat sisi kuku menjadi kasar. Sebaiknya, gosokkkan kikir kuku ke satu arah agar sisi-sisi kuku tetap lembut dan halus. (Der/Ulm)

Trik Agar Betis Terlihat Ramping Saat Memilih Pakaian

self.com
self.com

MALANGVOICE – Memiliki tubuh ideal tentunya jadi idaman banyak orang. Tak terkecuali wanita, terutama jika mereka ingin berpakaian modis. Meski terlihat keren, ternyata ada satu penghalang yang dirasa sebagian orang, yakni betis besar.

Betis besar sangat mengganggu penampilan bukan? Terlebih saat Anda menggunakan dress atau hotpants. Nah, kali ini MVoice bakal merangkum tips agar betis terlihat ramping.

Dilansir dari berbagai sumber, langkah utama untuk mengecilkan betis adalah kurangi banyaknya lemak yang dikomsumsi setiap hari.
Makan lebih banyak protein tanpa lemak, biji-bijian dan sayuran segar.

Ukur berapa besar kalori yang terbuang. Usahakan untuk membakar 500 hingga seribu kalori per hari, karena pada tingkat itu, Moms cenderung kehilangan 400 sampai 900 gram lemak per minggu. Langkah ini dianggap sebagai tingkat penurunan berat badan yang sehat.

Kemudian, agar betis terlihat ramping adalah, pertama Anda pilih celana yang modelnya melebar mulai dari batas lutut hingga ke ujung celana.

Kedua, hindari memakai celana ketat atau leggings yang akan mempertegas bentuk betis kita. Apalagi yang berwarna cerah dan bermotif besar.

Ketiga, apabila ingin memakai rok, pilih yang berpotongan A-line sehingga tercipta ilusi betis yang lebih kecil.

Terakhir, hindari sepatu dengan ikatan pada mata kaki atau flat shoes karena membuat betis terlihat semakin besar. Sebaiknya gunakan open toe shoes dengan hak agak besar atau boots setinggi lutut. (Der/Ulm)

Payudara Sering Gatal, Jangan Dianggap Sepele

Ilustrasi Payudara Gatal. (Foto : DokterSehat.com)
Ilustrasi Payudara Gatal. (Foto : DokterSehat.com)

MALANGVOICE – Rasa gatal pada payudara seringkali dialami wanita. Penyebabnya beragam, mulai dari yang sederhana hingga serius.

Hal sederhana, biasanya karena bahan pakaian yang kasar, kulit kering atau gigitan serangga. Sedangkan untuk penyebab yang serius bisa saja menjurus ke gejala kanker payudara.

Meski begitu, penyebab utamanya lebih baik diperiksakan ke dokter dahulu. Karena, mereka yang dapat memastikan penyebab gatalnya pada payudara.

Namun, sebagai antisipasi dan langkah awal untuk mengetahuinya. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab payudara gatal.

1. Cuaca Terlalu Panas

Cuaca panas bisa memicu biang keringat dibeberapa titik di tubuh. Salah satunya di area payudara dan sekitarnya.

Rasa gatal tersebut biasanya disertai dengan timbulnya benjolan-benjolan kecil di kulit.

2. Payudara Membesar

Perubahan pada payudara seperti semakin membesar. Kulit-kulit di sekitarnya juga akan ikut meregang. Nah, saat itulah biasanya dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Diketahui, payudara tidak hanya tumbuh saat masa pubertas saja. Beberapa kondisi lain seperti kehamilan, kenaikan berat badan dan perubahan hormone seperti menstruasi.

3. Alergi

Penyebab lain seperti alergi juga bisa menjadi penyebab payudara gatal. Timbulnya akan disertai dengan perubahan warna kulit menjadi kemerahan.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penggunaan produk-produk tertentu seperti sabun produk kosmetik, dan parfum. Atau disebabkan makanan seperti alergi makan ikan dan lain sebagainya.

4. Kanker Payudara

Rasa gatal pada payudara bisa menjadi salah satu gejala yang perlu diwaspadai. Kanker payudara juga menyebabkan rasa gatal.

Misalnya jenis kanker payudara terinflamasi dan penyakit Paget. Seringkali, baru disadari saat kondisinya sudah parah.

Sementara itu, penyakit Paget cukup sering disalahartikan sebagai eksim dan iritasi kulit.

Oleh karena itu, apabila rasa gatal pada payudara tidak juga sembuh. Kemudian disertai gejala kanker payudara seperti perubahan tekstur kulit dan rasa nyeri.

Disarankan untuk diperiksakan kepada dokter. Dengan harapan bisa diketahui penyebab dan gejalanya. (Der/Ulm)

Sering Berada di Luar Ruangan? Lakukan Perawatan ini

ilustrasi. (Time Out)
ilustrasi. (Time Out)

MALANGVOICE – Sering beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari dan polusi tentunya harus ekstra merawat kulit wajah. Seperti purifying treatment yang salah satunya adalah deep cleansing.

Dilansir dari berbagai sumber, deep cleansing bisa dilakukan dengan peeling atau membersihkan kulit yang mendalam dengan hasil akhir kulit yang lebih halus.

Berikut beberapa macam peeling:

1. Scrubbing

Langkah pertama adalah scrubbing atau eksfoliasi dengan menggunakan bahan alami atau produk skincare untuk mengangkat sel-sel kulit.

2. Dermabrasi

Cara ini banyak dipilih terutama oleh pasien dewasa karena efeknya. Bercak-bercak akibat jerawat maupun pigmentasi bisa berkurang. Ada 2 kategori dermabrasi yang bisa dijadikan pertimbangan, yakni:

– Microdermabrasi
Perawatan ini menggunakan alat diamond peel maupun alumunium oxide sebagai bantuan untuk mengikis lapisan epidermis melalui sebuah tube atau tabung yang akan mengikis kulit sedikit demi sedikit. Tetapi ada yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan perawatan ini.

– HydroMicrodermabrasi
Proses dermabrasi yang menggunakan perpaduan pengamplasan dan juga spraying water bermolekul nano yang menjadikan kulit halus, lembap. Perawatan ini bisa dilakukan untuk kulit kering.

3. Aqua peel

Perawatan wajah ini menggunakan tehnik MultiPeel. Prosesnya menggunakan alat berupa sedotan kecil yang terasa seperti menyedot komedo, namun efek yang diberikan selain mengamplas kulit, juga pemberian serum yang dijalankan secara bersamaan. Sel kulit mati akan diangkat oleh tabung khusus dan alat yang serasa membelai kulit. Alat ini memberikan kelembapan sangat tinggi pada kulit. (Hmz/Ulm)

Komunitas