Mario Aji Tampil Impresif di Sesi Latihan GP Moto 3 Misano

Pembalap Moto3 asal Magetan, Mario Aji. (Istimewa)

MALANGVOICE – Pembalap Astra Honda Racing Team, Mario Aji menampilkan performa impresif pada sesi latihan perdananya pada GP Moto3 yang berlangsung di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Jumat (22/10).

Baru pertama kali balapan di kelas GP Moto3, Mario langsung mendapat tantangan track sirkuit yang basah pada sesi latihan bebas. Namun Mario justru menikmati tantangan ini.

Turun sebagai wildcard bersama Honda Team Asia, di sesi latihan pertama Mario mampu mengisi posisi keempat dengan raihan waktu tercepat 1’53.429.

Memasuki sesi latihan kedua di sore hari, Mario berusaha untuk mendapatkan performa yang lebih cepat. Meskipun sempat mengisi posisi pertama pada beberapa lap, namun sayang pada percobaan kedua Mario harus terjatuh. Pada sesi latihan hari pertama ini, Mario berada di posisi tujuh atas kombinasi waktu yang dicapainya.

Pembalap Moto3, Mario Aji. (Istimewa)

“Saya menyukai sensasi berada di tengah pebalap top GP Moto3. Seru sekali rasanya. Saya pun dapat menikmati kondisi track yang basah. Saya sudah cukup cepat di sesi latihan pertama dan pada sesi latihan kedua saya mencoba untuk lebih cepat lagi. Tapi pada saat saya keluar pit kedua kalinya, saya melakukan kesalahan dan terjatuh, sehingga harus kehilangan kesempatan di sisa latihan. Tapi tugas hari ini sudah selesai dan tim bekerja dengan sangat baik,” kata Mario

Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim, Suhari mengatakan semoga dibalapan GPMoto3 ini Mario mendapat hasil terbaik dan bisa menjadi inspirasi bagi pembalap daerah Jatim khususnya Magetan.

Hari ini, Sabtu 23 Okt 2021, Mario akan menjalani sesi latihan ketiga pada jam 14:00 WIB dan sesi kualifikasi pada jam 17:35 WIB.(der)

Pemerintah Gencarkan Upaya Diplomatik dengan Arab Saudi, Buka Kembali Pintu Umrah Jemaah Indonesia

Dialog interaktif KPCPEN. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kabar baik datang dari Arab Saudi yang mempertimbangkan membuka kembali pintu ibadah umrah ke Tanah Suci bagi jemaah Indonesia.

Pemerintah Indonesia terus berkoordinasi dengan Arab Saudi agar jika umrah bisa dilakukan kembali, maka perjalanan, pelaksanaan ibadah, serta kepulangan, dapat berlangsung baik, sehat dan aman dari penyebaran kasus Covid-19.

“Masyarakat kami minta untuk bersabar menunggu,” ujar Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono dalam Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) – KPCPEN, Kamis (21/10).

Salah satu hal teknis tersebut adalah upaya sinkronisasi aplikasi PeduliLindungi dengan aplikasi serupa yang dimiliki Pemerintah Arab Saudi, yakni Tawakkalna. Tujuannya, agar status kesehatan khususnya sertifikat vaksinasi jemaah Indonesia dapat dibaca atau dipastikan saat melakukan
ibadah di sana. Saat ini, upaya tersebut masih dalam tahap proses.

“Tanpa status kesehatan dan sertifikat vaksin, tidak bisa melaksanakan ibadah umroh,” tegas Eko.

Terkait vaksin, menurut Eko, terdapat 4 jenis vaksin yang dipakai di Arab Saudi, yakni Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson&Johnson. Bagi jamaah asing yang memakai 4 vaksin tersebut, maka bisa menjalankan ibadah umroh. Sedangkan jemaah yang mendapatkan vaksin jenis lain, misalnya Sinovac dan Sinopharm, harus memperoleh minimal 1 kali vaksin booster dari 4 merek yang dipakai di Arab Saudi.

Eko menegaskan, hingga ada peraturan yang jelas terkait berbagai teknis termasuk kebijakan vaksin dan booster, masyarakat diimbau untuk menunggu dan tidak memaksakan diri berangkat ibadah umroh, misalnya dengan memakai visa kunjungan.

“Nanti akan terlunta-lunta, tidak bisa menjalankan ibadah umroh di sini. Ini beda dengan sebelum Covid. Sekarang harus dengan ketentuan yang berlaku, e-Visa juga harus diurus,” katanya.

Selain upaya integrasi PeduliLindungi dengan aplikasi Tawakkalna, pemerintah melalui Kementerian Agama juga menggenjot persiapan teknis lainnya. Direktur Bina Haji dan Umroh Kementerian Agama, Nur Arifin, menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai kementerian, lembaga, juga Satgas COVID-19. Misalnya terkait perlindungan kesehatan jemaah, yakni aturan karantina dan vaksin booster, pembahasan revisi biaya umroh, juga koordinasi teknis dengan asrama haji dan fasyankes terdekat.

“Kami siapkan revisi pedoman pelaksanaan umroh di era pandemi. Setelah selesai, akan dilakukan
gladi keberangkatan dan kepulangan umroh di asrama haji Pondok Gede dan Bekasi,” ujar Arifin.

Untuk memberikan kemudahan bagi jemaah, misalnya para lansia, Arifin menjelaskan bahwa pihaknya melakukan koordinasi dengan kementerian terkait dan PT Telkom. Selain
PeduliLindungi, jemaah juga akan dibekali kartu status yang dikalungkan di leher. Kartu tersebut akan memudahkan jemaah saat harus melakukan scan guna skrining kesehatan di lokasi ibadah.

Pemerintah, ujar Arifin, juga tengah mengatur kesepakatan dengan para asosiasi untuk keberangkatan umroh 1 pintu pada tahap awal.

“Rancangan umroh tahap awal 1 pintu ini dalam rangka membangun trust (kepercayaan) Arab Saudi, bahwa kita benar-benar tanggung jawab, hanya memberangkatkan jemaah yang sehat. Setelah ini berhasil, (keberangkatan atau embarkasi) akan dikembalikan ke daerah-daerah seperti
sebelumnya. Jadi mohon jangan salah pengertian,” tutur Arifin seraya menambahkan, bahwa saat ini kita perlu “berkorban” dulu dengan harapan, setelah situasi membaik maka pintu masuk akan kembali terbuka bagi jemaah Indonesia.

Sejalan dengan itu, Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umroh dan Haji, Budi Darmawan berharap, tahap awal pemberangkatan umroh dari 1 pintu ini akan dapat membuktikan pada Pemerintah Arab Saudi, bahwa jemaah Indonesia yang tiba semua sehat, nol kasus COVID-19, dan
dapat mengikuti aturan kedua negara. Budi menjelaskan, calon jemaah umroh yang tertunda keberangkatannya karena pandemi, berjumlah sekitar 62 ribu orang, terhitung sejak penutupan pada 27 Februari 2020.

Masyarakat Indonesia, menurutnya, sudah sangat rindu beribadah ke Tanah Suci. Dengan informasi yang
disampaikan dalam kesempatan ini, ia ingin masyarakat serta seluruh penyelenggara di Indonesia dapat memahami, bahwa belum ada keputusan keberangkatan. “Supaya tidak ada hoaks yang beredar tentang kondisi ini, hanya karena ingin memberangkatkan jemaah,” terangnya.

“Jemaah kami harapkan memberikan kepercayaan pada PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh), karena aturan dan regulasi di Arab Saudi sangat berbeda dan tercantum dalam 1 sistem,” ujar Budi.

Pihaknya juga berharap, embarkasi di daerah kelak dapat segera dibuka guna menekan biaya ibadah umroh. Karena diketahui, setelah pandemi biaya umroh ditetapkan menjadi Rp26 juta, kemungkinan akan meningkat sekitar 30% karena tambahan biaya karantina, tes PCR, serta asuransi.

Kesempatan yang sama, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito, meminta masyarakat betul-betul mempersiapkan diri dalam perjalanan umroh karena penularan bisa terjadi di mana saja, baik pada perjalanan maupun pelaksanaan ibadah, yang dapat
berlangsung dalam kerumunan orang dari berbagai negara.

“Pastikan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak) dan anjuran detil protokol kesehatan Indonesia serta Arab Saudi, ikuti proses karantina sebelum berangkat dan setelah kembali, di tempat-tempat yang sudah terstandarisasi. Pemberangkatan dari satu pintu penting guna memastikan semua terkendali, dan patuhi aturan skrining yang ada,” papar Wiku.

Menurutnya, jemaah perlu menyadari, bahwa pembukaan pintu umroh dilakukan sangat hati-hati oleh Pemerintah Indonesia, Arab Saudi, dan negara-negara lain.

“Jadi harus dipastikan bahwa di masa pandemi ini, orang yang melakukan perjalanan internasional dalam kondisi sehat dan aman, baik untuk kita dan negara tujuan. Umroh adalah kegiatan berkumpul dengan orang dari berbagai negara. Pada saat kembali ke tanah air, harus dipastikan juga kesehatan jemaah dengan cara karantina. Patuhi aturan tersebut agar tidak terjadi penyebaran kasus,” pungkas Wiku.(der)

Ini Cara Mencuci Jas Hujan Agar Awet

Seorang wanita menggunakan jas hujan (Pixbay).

MALANGVOICE – Jas hujan di musim penghujan ini menjadi hal wajib dibawa para pengendara motor.

Meski begitu, cukup padat-nya aktivitas seseorang terkadang membuat lupa jika jas hujan itu perlu dicuci agar tetap bersih dan terawat.

Dilansir dari Eastern Mountain Sports, berikut langkah-langkah mencuci jas hujan agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang :

1. Cuci Manual atau Gunakan Mesin Cuci

– Jas hujan bisa dicuci secara manual. Cukup dengan merendam jas hujan dalam air yang sudah diberi deterjen. Lalu, usap perlahan sampai bagian dalam jas hujan terasa bersih.

– Apabila anda ingin mencuci jas hujan menggunakan mesin cuci harus dilakukan dalam waktu singkat serta saat mencuci jangan campur dengan pakaian atau jas hujan lain untuk mencegah kerusakan.

2. Setelah mencuci, jemur atau keringkan jas hujan ditempat yang tidak terlalu panas dan jangan mengeringkan jas hujan menggunakan mesin cuci untuk menjaga supaya lapisan anti air tidak cepat rusak.

3. Selain itu, hindari frekuensi pencucian yang terlalu sering karena dapat merusak bahan jas hujan tersebut.

4. Pastikan juga jas hujan sudah benar-benar kering sebelum disimpan untuk menghindari munculnya jamur dan bau tak sedap.(der)

Ini Bau yang Tidak Disukai Kucing, Nomor 6 Perlu Diingat

Kucing (Pixbay)

MALANGVOICE – Kucing merupakan hewan dengan indra penciuman yang tajam sehingga sangat sensitif dengan bau-bau yang menyengat.

Tak terkecuali ada juga beberapa bau yang tidak disukai kucing dan lebih sering dihindari. Berikut enam bau yang tidak disukai kucing seperti dilansir dari Love To Know.

1. Lavender
Bau lavender sangat tidak disukai kucing. Jika menghirup lavender, maka kucing akan mengeluarkan air liur berlebihan, mual, hingga depresi.

2. Mint
Kucing tidak menyukai bau mint yang memang memiliki aroma cukup menyengat. Dalam keseharian bau mint sering digunakan manusia untuk pengharum ruangan dan wewangian lantai, namun bagi kucing ternyata cukup menyiksa.

3. Cabai
Bau cabai yang cukup menyengat, utamanya saat cabai masih fresh pasti akan dihindari kucing karena cabai tersebut dianggap sebagai racun.

4. Buah-Buahan Sitrus
Buah-buahan Sitrus seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, dan jeruk Bali itu juga tidak disukai kucing karena memiliki aroma yang cukup kuat.

5. Ikan Busuk
Meski ikan merupakan salah satu makanan favorit kucing, namun kucing tidak akan memakan Ikan Busuk karena aroma-nya yang tidak sedap.

6. Kotak Pasir Kucing Kotor
Kotak pasir kucing yang jarang dibersihkan tentunya akan terlihat kotor dan mengeluarkan bau tidak sedap. Jika hal itu dibiarkan terus-menerus, dikhawatirkan kucing akan mencari tempat lain untuk membuang kotoran.

Guna mengantisipasi dan menjaga kucing peliharaan tetap sehat, dianjurkan untuk menjauhkan bau-bau tersebut dari kucing serta mengutamakan kebersihan karena kucing menyukai tempat yang bersih.(end)

Tim Komunitas Honda Jatim Peringkat 4 Besar Gelaran Honda Community eSports Competition 2021

Community eSport 2021 Jatim. (Istimewa)

MALANGVOICE – Memperkuat semangat kebersamaan antar anggota komunitas Honda seluruh Indonesia di tengah pandemi, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan jaringan main dealer Honda di seluruh Indonesia kembali menyelenggarakan kompetisi eSports dengan tajuk “Honda Community eSports Competition 4th edition tahun 2021”.
 
Melalui kompetisi eSport dengan permainan virtual yang tengah digemari yaitu Mobile Legends ini, AHM mengajak seluruh komunitas Honda bersama masyarakat untuk terus aktif dan produktif berjuang bersama melawan pandemi.

Puncak kompetisi nasional ini diselenggarakan selama dua hari (16-17/10) dan disiarkan secara langsung di Youtube Honda Community. Bagi para pemenang Juara 1, 2, dan 3 serta MVP (Most Valuable Player) akan mendapatkan total hadiah jutaan rupiah.

Tim eSport Jatim. (Istimewa)

Pada kompetisi eSport ini, MPM Honda Jatim mengirimkan 4 perwakilan komunitas, yakni pada kelas umum ada tim STAR JATIM Mbois dan tim KNIGHT Mbois. Pada kelas community ada tim WARRIOR Mbois dan tim PAHAM Mbois. Setelah melewati beberapa babak penyisihan, tim PAHAM Mbois berhasil meraih peringkat ke 4 pada kompetisi ini.

“Persiapan kami lakukan bersama dengan tim. Seru sekali karena kompetisi ini tim yang menuntut strategi dan kerja sama. Dengan mengikuti kompetisi ini, kami dapat menambah pengalaman akan aktivitas e-sport,” kata Fajar selaku ketua Tim PAHAM yang juga anggota komunitas MSC (Malang Supra Club).

Kompetisi ini dibuka bukan hanya untuk komunitas Honda tetapi juga untuk masyarakat umum. Sebanyak 265 peserta yang terdiri dari anggota komunitas Honda dan masyarakat umum secara antusias telah mendaftarkan dirinya selama periode Juli-Oktober 2021. Setiap tim yang terdiri dari lima orang mengikuti seleksi tingkat regional yang dilaksanakan oleh seluruh main dealer Honda.
 
General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM Andy Wijaya mengatakan, dunia e-sports selalu memiliki daya tarik yang tinggi di tengah anak muda. Melihat hal ini, AHM berupaya terus mewadahinya dalam kompetisi e-Sports untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan semangat anggota komunitas Honda di seluruh Indonesia.
 
“Kami berharap kompetisi ini dapat menjadi ajang perwujudan semangat anak muda Indonesia yang tetap semangat, produktif, dan aktif untuk besama-sama melakukan kegiatan yang positif di masa pandemi. Semoga ajang positif ini dapat mewadahi hobi dan menjaga kebersamaan anggota komunitas Honda,” ujar Andy.
 
Sejak tahun lalu selama pandemi berlangsung, AHM telah melaksanakan 4 kali kompetisi e-sport dengan total partisipan sebanyak lebih dari 800 orang. Sebagai bentuk kontribusi pada masyarakat dengan semangat untuk Indonesia bangkit, puncak acara kompetisi juga diperkuat dengan aksi sosial untuk UMKM yang terdampak pandemi di area Puncak, Bogor. Keseluruhan kegiatan kompetisi ini dapat diikuti melalui akun Instagram Honda Community ataupun portal www.astra-honda.com/community.(der)

Pagelaran Wayang Kulit Lakon Dewi Sri Boyong di Puncak HUT ke-20 Kota Batu

Dalang Ki Eko Saputro saat memainkan wayang. (Mvoice/Humas).

MALANGVOICE – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Batu, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menggelar wayang kulit, yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Walikota Batu, Ahad (17/10) malam.

Gelaran wayang kulit Tumuruning Wahyu Sandang Pangan (Dewi Sri Boyong) dengan Dalang Ki Eko Saputro, mengambil tema Bangkit Bersama, ‘Peduli Sesama, untuk Kota Batu Berjaya’.

Pagelaran wayang kulit ini turut dihadiri Forkopimda Kota Batu, Pokja Perubahan Status Kota Batu, Sekda Kota Batu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pimpinan Instansi vertikal Kota Batu.

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi menyampaikan, momentum Hari Ulang Tahun ke 20 Kota Batu harus menjadi momentum untuk melakukan perubahan yang kompetitif.

“Melalui peringatan 20 tahun ini, kita maknai sebagai sarana menjaga keseimbangan manusia yang semakin berdaya, mampu memenangkan persaingan di berbagai kehidupan dan tampil dengan juara di berbagai bidang,” ucap Asmadi.

Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko. (Mvoice/Humas).
by

Sementara itu, Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko mengatakan, dalam Ulang Tahun ke-20 Kota Batu ini mendapat hadiah yang luar biasa, pasalnya Atlet Paralayang Kota Batu sebagai juara umum di PON Papua XX dengan menyabet 6 emas.

“Prestasi ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat Kota Batu untuk meningkatkan kemampuan di berbagai bidang,” ulasnya.

Sebab, lanjut Dewanti, masyarakat Kota Batu memiliki potensi yang hebat, dengan dukungan seluruh elemen masyarakat, Dewanti optimistis pembangunan di Kota Batu dapat terus tumbuh.

“Adanya Kota Batu tidak lepas dari perjuangan pendiri Kota Batu, mari kita mengisi Kota Batu dengan berbagai prestasi yang membanggakan” tegasnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia HUT ke 20 Kota Batu, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu, Onny Ardianto mengatakan, dalam peringatan HUT kali ini mengambil teman yang memiliki makna luar biasa.

“Tema HUT Kota Batu kali ini mempunyai makna dan harapan di usia yang ke 20 tahun ini tentunya kita semua berharap agar Kota Batu dapat Bangkit Kembali, tentunya hal tersebut harus dilakukan bersama-sama,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Drs Arief As Siddiq MH, mengatakan, gelaran wayang ini merupakan agenda wajib dalam rangkaian HUT Kota Batu.

“Ini tentu merupakan wujud aktualisasi kegiatan sektor pariwisata. Wayang kulit tentu menjadi bagian tak terpisahkan dalam kebudayaan Kota Batu,” katanya.

Arief menyatakan, ke depan Kota Batu akan meningkatkan daya tarik wisata dengan kesenian yang menggambarkan cerita perwayangan, bisa juga dalam bentuk wayang orang.

“Jadi kota batu berkeinginan besar menjadi salah satu destinasi budaya Jatim dengan penguatan potensi wayang kulit dan wayang orang. Karena Batu miki potensi wisata alam Arjuno, yag punya nama lakon wayang,” lanjutnya.

Ia berharap agenda wayang kulit setiap tahun ini mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Saya kira sangat pas agenda hut kota batu ada gelaran wayang, sehingga nanti betul berkualitas dan jadi daya tarik wisata,” harapnya.

Dalam pagelaran wayang kulit ini panitia sudah menyiapkan beberapa untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menggelar swab bagi tamu undangan dan wajib menunjukkan kartu vaksinasi serta wajib mengenakan masker.(der)

Ulang Tahun ke-15, d’Kross Siapkan Konser 7 Ruang

Band d'Kross (Dokumen diambil sebelum pandemi Covid-19), (Ist).

MALANGVOICE – Ulang Tahun ke-15 d’Kross Community jatuh pada hari ini, Ahad (17/10). Menyambut bertambahnya umur, komunitas tersebut menggelar perayaan secara sederhana.

“Pencapaian selama 15 tahun ini bisa menjadi refleksi kami untuk terus berkontribusi. Seperti yang selalu digaungkan frontman d’Kross, Sam Ade agar komunitas ini semakin berprestasi dan terus bisa bermanfaat,” ujar Yudi, salah satu pentolan d’Kross Community.

Bertepatan dengan pandemi Covid-19 ternyata tidak menyurutkan semangat d’Kross untuk terus aktif dan berkreasi. “Kegiatan kami berjalan seperti biasa, akan tetapi aktivitas dan kreativitas selama ini memang cukup terbatas karena masih pandemi,” tuturnya.

Tak tanggung-tanggung, dalam waktu dekat Band d’Kross yang berada di bawah naungan d’Kross Community akan bersiap tampil dalam konser 7 Ruang yang diselenggarakan DSS Music Jakarta.

Selain itu, band d’Kross dalam waktu dekat akan meluncurkan album baru, sekaligus karya kolaborasi dengan penyanyi Ibukota.

“Jadi selain album baru kami dan konser virtual, yang menarik adalah persiapan kolaborasi kami dengan penyanyi ibukota yang akhir-akhir ini sedang viral di pemberitaan media,” ucap Manajer band d’Kross, Yoga BM.

Terkait siapa artis yang akan berkolaborasi dengan band d’Kross, Yoga enggan menyebutkan untuk sementara waktu ini. Namun ia menjelaskan sampai saat ini pihaknya terus intens berkomunikasi untuk memberikan karya terbaik.

“Saya sudah komunikasi terus dengan manajer penyanyi tersebut untuk mematangkan karya kolaborasi ini. Dalam waktu dekat segera kami bocorkan siapa penyanyi tersebut, dan genre musik apa yang kami pilih,” tandasnya.(der)

Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Aplikasi dan Game untuk Ciptakan Lapangan Kerja

Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Malang. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terus melakukan pengembangan produk-produk kreatif diseluruh daerah.

Tidak hanya kuliner namun produk kreatif lainnya seperti kerajinan tangan atau kreasi digital juga terus dikembangkan.

Seperti yang dilakukan di Kota Malang. Di kota ini pengembangan dunia kreatif di bidang aplikasi dan gim terbilang bagus. Sudah banyak kreator aplikasi dan gim yang perlu didukung agar lebih eksis.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin uno mengatakan, pada KaTa kali ini dirinya mendatangkan narasumber dengan pelaku ekonomi kreatif subsektor Aplikasi dan Gim.
 
Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pemikiran kreatif peserta, sehingga dapat terus berkarya dengan bekal materi kreativitas, permodelan bisnis, promosi digital dan pengelolaan keuangan serta permodalan.

“Jadi dunia kreatif di Kota Malang bisa semakin berkembang,” katanya. 

Kemenparekraf/Baparekraf melaksanakan kegiatan ini dilakukan dimulai dari pemetaan dan pengusulan subsektor ekraf unggulan melalui kegiatan dengan Uji Petik terhadap 4 (empat) unsur/elemen Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PKM3I), yaitu: (1) 17 subsektor ekonomi kreatif; (2) kreator/pelaku ekraf (ABCG-M); (3) rantai nilai ekraf; dan (4) keterkaitan backward-forward linkage. Semua unsur PMK3I ini dapat didalami lebih lanjut melalui website https://kotakreatif.kemenparekraf.go.id.

Dalam rangkaian pengembangan KaTa Kreatif Indonesia ini, Kemenparekraf/Baparekraf menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia sebagai bentuk fasilitasi pengembangan potensi ekonomi kreatif, yang pada tahun 2021 ini dilaksanakan di 25 Kabupaten/Kota.(der)

Kenali 5 Gejala Kucing Akan Sakit

Kucing Peliharaan. (Mvoice/Toski D).

MALANGVOICE – Bagi seseorang yang memiliki kucing pasti ingin supaya peliharaanya terus sehat dan panjang umur.

Guna menjaga si kucing tetap sehat, pemilik perlu mengetahui beberapa gejala kucing yang akan sakit.

Dari beberapa perubahan perilaku yang ditunjukkan kucing akan diketahui kondisi kesehatannya mulai memburuk.

Berikut beberapa perubahan perilaku pada kucing yang sedang tidak sehat seperti dilansir dari Love To Know :

1. Nafsu Makan dan Minum Berkurang
Saat melihat nafsu makan kucing berkurang atau intensitas minum meningkat dibandingkan biasanya, salah satu gejala si kucing sedang mengalami masalah pada pencernaan. Tanda-tanda yang harus diperhatikan antara lain :

– Penurunan asupan makan selama lebih dari beberapa hari.

– Nafsu makan atau haus yang meningkat, yang bisa menjadi tanda diabetes atau hipertiroidisme.

– Tidak minum air apapun.

2. Waktu tidur Kucing Berubah
Beberapa kucing tidur hingga 20 jam selama 24 jam sehari, namun rata-rata kucing tidur 16 jam setiap hari.

Meskipun kucing menghabiskan begitu banyak waktu untuk tidur, perubahan pola tidur mereka mungkin merupakan tanda masalah medis.

Kucing yang sakit mungkin tampak terlalu lelah atau lemah, tidak menunjukkan minat pada apa pun, dan sering kali juga menunjukkan perubahan perilaku lain atau kurangnya minat pada makanan dan air.

3. Perubahan kebiasaan merawat tubuh
Kucing pada umumnya adalah hewan yang bersih dan suka merawat diri. Ketika kucing berhenti merawat dirinya sendiri itu menunjukkan tanda stres atau ada gangguan pada bagian tubuh.

Di sisi lain, kucing yang tak henti-hentinya menjilati satu bagian tubuhnya mungkin juga memiliki penyakit kulit.

4. Bulu Kucing Rontok
Bulu kucing yang tiba-tiba rontok berlebihan juga bisa menjadi salah satu indikasi si kucing sedang sakit.

Bulu kucing mungkin akan terasa kasar, berminyak atau sangat kering. Kulit yang mengelupas atau kerontokan bulu yang signifikan, seperti penipisan atau kebotakan yang mencolok, adalah tanda kucing tidak sehat.

5. Kucing Muntah Berlebihan
Pada kondisi normal kucing akan muntah beberapa kali untuk mengeluarkan bulu yang ada didalam tubuhnya. Serta perubahan makanan juga bisa menjadi salah satu faktor kucing Muntah.

Namun, bila intensitas muntah kucing terlalu sering atau muntah dalam waktu lama itu mungkin pertanda masalah yang serius.

Apabila kucing anda sedang mengalami beberapa perubahan perilaku tersebut, sebaiknya segera bawa ke dokter.(end)

Festival Kerontjong Nang Kajoetangan Bangkitkan Geliat Wisata Kampung Tematik

Festival Kerontjong Nang Kajoetangan. (Istimewa)

MALANGVOICE – Festival Kerontjong Nang Kajoetangan menjadi bukti geliat kebangkitan wisata kampung tematik di Kota Malang.

Digelar secara virtual pada Jumat (15/10), festival dibuka dengan tembang keroncong kemayoran, alunan nada lawas nan epik menyatu apik dengan lansekap sekitar rumah tertua di Kampung Kajoetangan yang menjadi stage utama festival kali ini. 

Wali Kota Malang, Sutiaji sangat mendukung gelaran ini.

“Aktivasi event secara kreatif di Kampung Heritage Kajoetangan inshaallaah turut membangkitkan optimisme wisata kita segera pulih”, ujar Wali Kota yang gemar menulis tersebut.

Virtual Event Festival Kerontjong nang Kajoetangan adalah bagian dari 27 event Kampung Tematik di seluruh Kota Malang sepanjang tahun 2021 yang diinisasi kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pemuda, Pariwisata dan Olahraga (Disporapar) bersama Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Forkom Pokdarwis), Pokdarwis Kajoetangan, Karang taruna, masyarakat setempat dan sejumlah komunitas.

“Jadi rangkaian kegiatan virtual ini adalah komitmen kita, insan pariwisata Kota Malang, untuk beradaptasi dan bangkit di tengah pandemi”, demikian ungkap Kepala Dinas Pemuda, Pariwisata dan Olahraga (Disporapar), Ida Ayu Made Wahyuni.

Secara terbatas, festival turut dihadiri langsung perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), termasuk meninjau kesiapan protokol kesehatan dan spot-spot unggulan di Kampung Heritage Kajoetangan.

Gelaran event kerontjong kajoetangan memang disinergikan dengan proses assesment Kota Malang sebagai salah satu peserta program Smart City dari Kementerian Kominfo yang mengambil tema pariwisata.

Tidak hanya menampilkan tembang-tembang keroncong kenangan, festival juga diperkaya dengan dialog santai terkait perkembangan keroncong di Kota Malang dan penyerahan buku Sejarah Keroncong Indonesia oleh Ketua Museum Musik Indonesia (MMI), Hengki Herwanto.

“Konsepnya memang jadul, termasuk ada kelompok keroncong sepuh” tambah Mila Kurniawati, ketua Pokdarwis Kajoetangan Heritage.

Terkait persiapan event, diakui Mila waktu persiapan relatif singkat.  Pun demikian Pokdarwis bersyukur bahwa event yang disiarkan melalui kanal youtube Inspire Media TV dapat berjalan lancar dan mampu mewarnai penguatan salah satu dari lima pilar wisata Heritage yang ditawarkan Kampung Kajoetangan.

“Kita juga sedang proses pengajuan QR Code pedulilindungi dan SOP Prokes. Harapannya tentu pandemi segera berakhir dan wisatawan kembali bisa berkunjung,” ujarnya.(der)