Habis Keramas jangan Langsung Tidur, Ini Efek Sampingnya

Ilustrasi (Foto: Alodokter.com)
Ilustrasi (Foto: Alodokter.com)

MALANGVOICE – Padatnya aktivitas terkadang banyak orang tidak punya cukup waktu untuk keramas di pagi hari. Sebagai gantinya, mereka memilih mandi di malam hari setelah pulang kerja.

Nah, karena keburu kecapekan tak jarang banyak orang memilih langsung tidur dengan rambut basah setelah keramas tadi.

Namun, perlu diketahui tidur dengan rambut dalam keadaan basah merupakan kebiasaan yang buruk. Meski banyak orang menganggap kebiasaan ini tidak berbahaya, tapi tidur dengan rambut basah dapat memengaruhi kondisi rambut dan kesehatan kita.

1. Infeksi Kulit Kepala

Bantal dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri yang berasal dari keringat, kotoran, debu, sel-sel kulit mati, bahkan air liur Anda yang terserap di dalamnya.

Nah, saat Anda tidur dalam keadaan rambut basah, ini akan menjadi tempat sempurna untuk bakteri berkembang biak sehingga akan meningkatkan risiko infeksi atau iritasi kulit kepala.

Sebab kondisi lembab ini juga sangat mungkin menimbulkan infeksi jamur yang bisa muncul di kulit kepala dan kulit di sekitarnya.

2. Sakit kepala

Merasa kepala berat atau sakit kepala setelah bangun tidur ketika Anda malamnya tidur dengan rambut basah? Jika iya, ini dapat menjadi salah satu efek sampingnya.

Hal itu dapat terjadu lantaran suhu kepala Anda yang dingin tidak dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh Anda yang masih hangat setelah beraktivitas seharian.

Apalagi jika Anda tidur dalam keadaan rambut terbungkus handuk. Hal tersebut membuat kelembaban di kepala bertahan lebih lama. Ini bisa mempengaruhi sirkulasi darah di kulit kepala.

Selain itu, saat ketegangan meningkat akan menyebabkan rasa sakit kepala sehingga mengganggu tidur Anda.

4. Rambut Mudah Patah

Rambut akan mudah patah bila tidur dengan keadaan rambut masih basah. Sebab, rambut paling rapuh saat masih basah. Apalagi ketika tidur kepala kita akan bergerak-gerak, oleh sebab itu rambut jadi semakin mudah patah.

5. Pemicu Munculnya Jerawat

Berkembang bakteri di bantal yang kita gunakan, sehingga kulit wajah pun jadi rentan terkena jerawat. Nah, jangan sampai gara-gara malas mengeringkan rambut, kulit wajah jadi ikut korban juga.

Sebab, idealnya rambut yang baru selesai dikeramasi perlu dikeringkan terlebih dahulu sebelum kita beranjak tidur.

Apalagi jika keramas dilakukan pada malam hari, maka mau tidak mau harus meluangkan waktu untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu. (Hmz/Ulm)

Deretan Film yang Dibintangi Choi Sulli

ilustrasi. (Bias Wrecker)
ilustrasi. (Bias Wrecker)

MALANGVOICE – Dunia hiburan kembali dikejutkan dengan kabar meninggalnya mantan artis cilik, Choi Sulli. Padahal, semasa hidupnya Sulli dikenal sebagai sosok yang ceria dan multitalenta.

Tak hanya terjun di industri musik, mantan member girlband f(x) ini ternyata juga banyak membintangi berbagai film loh. Berikut deretan film Sulli yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Ballad of Seo Dong

Drama tahun 2005 ini merupakan awal mula Sulli terjun ke entertainment. Drama ini mengisahkan mengenai asal-usul dari salah satu lagu rakyat Korea yang tertua, Lagu Seodong dari Jaman Tiga Kerajaan Korea.

Suh Dong/Seo Dong adalah anak haram dari Raja Baekjae, dan dengan bantuan dari Puteri Sunhwa, anak perempuan dari Raja Shilla. Seodong dapat naik tahta menjadi raja Baekjae melalui berbagai kesulitan yang menghadangnya.

2. Babo

Di film ini, Choi Sulli memerankan Ji-ho muda. Film ini bercerita seorang pianis (Ji-ho) yang telah bermain dan belajar di luar negeri selama bertahun-tahun, tetapi kariernya turun setelah Ia mengalami demam panggung.

Kemudian Ia pulang ke kampung halamannya dan bertemu kembali dengan teman semasa kecilnya, Seung-ryong. Seung-ryong adalah pemuda berusia sekitar dua puluh tahunan tetapi memiliki perilaku seperti anak enam tahun dikarenakan kecelakaan yang Ia alami waktu kecil bersama ayahnya.

3. Real

Film ini menceritakan tentang seorang pria ambisius dan berwatak dingin bernama Jang Tae Young yang bercita-cita untuk mendirikan hotel kasino. Dalam dunia kriminal, Jang Tae Young sangat terkenal karena kemampuannya dalam mengatasi masalah. Dia juga terkenal licik dan kejam. Karena itulah di usianya yang masih tergolong muda, Jang Tae Young telah menguasai banyak geng gangster di bawah kendalinya.

Kepopuleran Jang Tae Young dalam dunia kriminal ini akhirnya mengundang perhatian seorang wartawan. Untuk memuaskan rasa keingintahuannya wartawan ini membuntututi semua gerak-gerik Jang Tae Young. Namun naas, nasib mereka berdua akhirnya berada di meja operasi setelah terlibat dalam sebuah kecelakaan maut.

Dalam masa recovery pasca operasi, mereka ditangani oleh seorang terapis bernama Choi Jin Gi dan asistennya yang seksi bernama Song Yoo Hwa (Choi Sulli).

4. Hotel del Luna

Drama ini tayang 13 Juli kemarin, bahkan Hotel del Luna memecahkan rekor rating. Episode pekan lalu yang tayang pada 18 Agustus, berdasarkan Nielsen Korea, meraih rating dengan rata-rata 10,4 persen dari seluruh Korea. Perolehan itu naik 1,8 persen dari pekan sebelumnya.

Hotel del Luna merupakan drama yang dibintangi Lee Ji-eun atau lebih dikenal dengan sebutan IU. Ia berperan sebagai manajer hotel yang memiliki hati dingin, angkuh dan hanya mementingkan uang.

Dalam mengelola hotel, IU dibantu Yeo Jin-goo, seorang manajer yang takut hantu namun memiliki hati baik. Hotel del Luna juga bukan hotel sembarangan. Hotel itu hanya bisa dilihat dan ditempati oleh hantu-hantu yang ingin menyelesaikan ‘pekerjaan’ di dunia terlebih dahulu sebelum akhirnya pergi kepada kekekalan. (Hmz/Ulm)

Begini Tips Hilangkan Mual saat Gosok Gigi

Ilustrasi menggosok gigi (Foto: klikdokter)

MALANGVOICE – Menggosok gigi memang diperlukan setiap orang untuk menjaga giginya agar tetap sehat dan kuat.

Namun, sebagian orang seringkali merasa mual dan ingin muntah ketika sedang menggosok gigi.

Pada dasarnya, refleks muntah tersebut merupakan reaksi tubuh normal untuk mencegah tersedak saat benda asing atau benda berbahaya memasuki saluran pernapasan.

Meski rasa mual tersebut bukan masalah serius, tapi hal itu dapat membuat Anda kurang nyaman.

Nah, untuk mengurangi rasa mual. Melansir dari beberapa sumber berikut tips yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah.

1. Konsumsi Air Hangat di Pagi Hari

Minum air hangat di pagi hari sebelum menyikat gigi tujuannya yakni agar otot dalam rongga mulut melemas dan membuat tubuh rileks. Selain itu, Anda juga dapat berkumur dengan air hangat saat sedang gosok gigi.

2. Jaga Kebersihan Sikat Gigi

Selalu pastikan kebersihan sikat gigi yang Anda gunakan. Caranya mudah, Anda dapat membersihkannya dengan merendam sikat gigi di dalam obat kumur atau mouthwash.

3. Rajin Mengganti Sikat Gigi

Ganti sikat gigi Anda dengan kepala sikat yang lebih kecil dengan bulu sikat lebih lembut. Dianjurkan mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

4. Jangan Terlalu Kencang Menggosok Gigi

Jangan menggosok gigi terlalu kencang agar tidak menyentuh pangkal lidah atau langit-langit mulut bagian atas belakang.

Sebab area tersebut memiliki sensitifitas lebih tinggi. Sehingga memberi refleks rasa mual saat menyentuhnya.

5. Ganti Pasta Gigi Tidak Mengandung Deterjen

Jika penyebab rasa mual adalah pasta gigi, Anda dapat menggantinya dengan pasta gigi yang tidak berbusa atau mengandung deterjen. (Hmz/Ulm)

Wakili Korsel, Parasite Bakal Maju di Oscar 2020

ilustrasi. (Roger Ebert)
ilustrasi. (Roger Ebert)

MALANGVOICE – Dikabarkan film Parasite bakal maju sebagai perwakilan Korea Selatan dalam Best International Feature Film atau dikenal sebagai Best Foreign Language Film pada Oscar 2020 mendatang.

Alasan dipilihnya Parasite tak lain adalah film bergenre drama mysteri ini pernah menang dalam Palme d’Or.

Dilansir dari Variety, dengan capaian tersebut, Korea Selatan berpeluang besar menarik perhatian pihak the Academy of Motion Pictures Art and Sciences (AMPAS) untuk menjadikan film tersebut sebagai nominasi Best International Feature Film Oscar 2020.

Parasite sendiri bercerita tentang kesenjangan sosial yang terjadi di kehidupan nyata. Sutradara, Bong Joon-ho memang sukses dalam mengemas film ini.

Film ini bercerita pada keluarga Ki-taek yang terdiri dari empat orang pengangguran bermasa depan suram. Kehidupan mereka mulai berubah ketika anak sulung mereka, Ki-woo, menjadi guru les di rumah Keluarga Park. Namun, di pertengahan cerita film ini mengandung plot twis yang membuat penonton tercengang. (Der/Ulm)

Selesai Operasi Caesar, Lakukan Ini Agar Cepat Sembuh

Ilustrasi bekas operasi cesar (Foto: Klikdokter)
Ilustrasi bekas operasi cesar (Foto: Klikdokter)

MALANGVOICE – Menjadi seorang ibu memang tantangan berat. Apalagi jika tak dapat melahirkan secara normal, sehingga ia harus menjalani operasi caesar agar dapat melahirkan buah hatinya.

Seringkali rasa sakit yang diderita akibat luka jahitan operasi sangat mengganggu. Tentunya, dibutuhkan waktu lama untuk dapat sembuh total.

Oleh sebab itu, mengapa banyak orang mencari cara terbaik melakukan perawatan operasi caesar. Nah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan wanita untuk membantu proses penyembuhan tersebut. Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkumnya.

1. Penuhi Kebutuhan Mineral untuk melawan sembelit

Setelah operasi caesar, seorang ibu dapat berisiko mengalami sembelit. Lantaran adanya perubahan hormon, otot perut yang lelah atau akibat terlalu banyak berbaring.

Tak hanya menyakitkan, sembelit yang dialami usai operasi caesar dapat melukai sayatan. Sehingga, disarankan untuk minum air mineral lebih banyak dari biasanya. Jangan lupa mengonsumsi makanan berserat seperti buah.

2. Konsumsi Makanan Tepat dan Perhatikan Nutrisinya

Guna mempercepat proses pemulihan, perbanyaklah makan makanan tinggi vitamin C dan zinc.

Vitamin dan mineral ini berfungsi mencegah infeksi dan mendorong produksi kolagen. Buah-buahan segar dan biji-bijian seperti biji labu dan biji bunga matahari patut menjadi camilan sehari-hari.

Selain itu, astikan pula untuk mengonsumsi banyak protein pasca operasi caesar. Seperti kacang-kacangan, ikan, ayam, telur, yogurt, tempe dan tahu. Sebab, protein dapat memenuhi kebutuhan asam amino, membantu penutupan luka serta meningkatkan kekuatan dan kekebalan tubuh.

Setiap perempuan mengalami waktu pemulihan yang berbeda-beda. Tentunya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang sehat selama masa penyembuhan luka sangatlah penting.

3. Pastikan Bekas Operasi Caesar Tetap Kering, Bersih, dan Steril

Luka bekas operasi caesar biasanya akan ditutup dengan plester anti air. Kemudian setelah tujuh hari, plester akan dibuka dan dokter akan memastikan luka telah menutup dengan sempurna.

Setelah itu, giliran Anda untuk menjaga luka tersebut untuk tetap bersih agar terhindar dari infeksi.

Saat mandi, bersihkan luka menggunakan air sabun dengan cara meneteskannya. Jangan menggosok area tersebut, cukup dengan tepuk-tepuk dengan lembut. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih.

Selain itu, Anda dapat menggunakan antibiotik atau petroleum jelly sesuai dengan anjuran dokter untuk diusapkan sehari-hari. (Der/Ulm)

Hubungan Mulai Renggang? Coba Seks Reminder Agar Makin Lengket

ilustrasi. (LovePanky)

MALANGVOICE – Apabila Anda sudah menjalankan hubungan lama dengan pasangan Anda, kemudian di tengah-tengah mengalami kondisi di mana pasangan Anda menilai jika hubungan tak lagi sehangat dulu. Ini berarti Anda harus mencari tahu apa akar penyebab ‘dinginnya’ hubungan Anda.

Biasanya, penyebab utama hubungan renggang adalah kurangnya komunikasi hingga pertemuan. Meski terlihat sepele, namun ternyata ini juga bisa membuat masalah, seperti pasangan berselingkuh atau yang lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, untuk menghilangkan permasalahan tersebut tak lain adalah dengan melakukan hubungan seksual. Meskti terbilang cukup tabu di negara kita Indonesia, namun faktanya, hubungan seksual yang jarang bisa menjadi salah satu penyebab pasangan berselingkuh hingga memutuskan untuk berpisah.

Pentingnya menjadwalkan hubungan seksual atau sex reminder adalah cara untuk memelihara jalinan cinta. Ini menjadi hal yang penting dilakukan demi menjaga hubungan yang tetap sehat. Berikut cara sex reminder.

1. Waktu

Langkah pertama adalah tentukan waktu yang pas bagi Anda dan pasangan. Jika mood kalian sedang bagus, ini bisa menjadi momen yang pas untuk bercinta.

2. Tepati Jadwal

Anda juga perlu menepati jadwal bercinta yang telah dibuat bersama pasangan. Untuk membuat sex remider, bisa gunakan kalender ponsel dengan warna pink muda atau warna merah agar terlihat jelas. Untuk menenangkan pikiran dan mengurangi lelah fisik setelah beraktivitas, sempatkan diri untuk mandi dengan air hangat sebelum sesi bercinta.

3. Tempat Bercinta

Suasana dapat menambah kemesraan. Tak ada salahnya untuk menjadwalkan bercinta di luar rumah, seperti hotel atau villa. Dengan begitu Anda dan pasangan juga dapat menikmati liburan layaknya pada saat bulan madu.

4. Seks Spontan

Nah, jika Anda terganggu dengan pekerjaan Anda dan mengabaikan sex reminder, Anda bisa mencoba seks spontan. Seks spontan adalah tanda bahwa keintiman sudah kembali terjalin. Tetap saja, jadwal bercinta harus dibuat sebagai antisipasi hubungan yang mulai basi. (Der/Ulm)

Memakai Pantyliner Setiap Hari, Bolehkah?

ilustrasi. (TheHealthSite)
ilustrasi. (TheHealthSite)

MALANGVOICE – Saat mengalami masa keputihan atau akan berpergian jauh, bisanya pantyliner menjadi andalan bagi para wanita. Namun apakah baik jika pantyliner digunakan setiap hari?

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata menggunakan pantyliner setiap hari kurang baik untuk kesehatan organ intim wanita. Berikut bahaya pantyliner.

1. Kulit Sulit Bernapas

Pertama adalah kulit vagina jadi susah bernapas. Strip perekat di bagian bawah pantyliner terbuat dari plastik inilah yang membuat kulit tidak bisa bernapas dengan bebas. Menggunakan pantyliner dalam jangka waktu yang lama berisiko menyebabkan iritasi pada vagina.

2. Berkembangnya Bakteri

Bakteri akan lebih mudah berkembang biak. Saat keputihan bakteri justru dapat berkembang biak dengan cepat saat menggunakan pantyliner. Ini akan berisiko menyebabkan penyakit seperti iritasi, jamur bahkan infeksi.

3. Menyebabkan Jamur

Menurut Mary Peterson, MD, direktur Midlife Health Center di University of Pittsburgh Medical Center’s Magee-Women’s Hospital, penggunaan pantyliner yang sama dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan bakteri bahkan infeksi jamur. Ini karena sirkulasi udara yang nggak baik di daerah tersebut.

4. Terpapar Bahan Kimia

Saat ini banyak produk pantyliner yang dapat menyerap cepat sehingga permukaan pantyliner menjadi kering dan nggak menyebabkan vagina menjadi lembab. Namun, semakin cepat pantyliner dapat menyerap cairan, berarti semakin banyak juga bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Nggak bagus juga kalau vagina terpapar bahan kimia setiap harinya.

Nah, jika Anda ingin menggunakan pantyliner setiap hari, maka gantilah setiap empat jam sekali. Ini guna mencegah bahaya-bahaya yang akan ditimbulkan.(Der/Aka)

Pekan Pertama Penayangan “Abominable” Duduki Box Office

ilustrasi. (National Post)
ilustrasi. (National Post)

MALANGVOICE – Film animasi yang menceritakan Yeti, hewan berbulu putih berpetualang menuju Himalaya, ini sukses menjuarai box office AS dengan penghasilan sekitar 20,9 juta dolar Amerika pada pekan pertama penayangannya.

Ya, film Abominable ini mampu menggeser Downton Abbey yang memperoleh 14,5 juta dolar Amerika. Disusul dengan Hustlers dengan perolehan 11,5 juta dolar Amerika, seperti yang dilansir dari laman Variety.

Abominable diproduksi bersama oleh DreamWorks Universal di AS dan Pearl Studios China, maka pemutaran di China akan menentukan.

Film ini berkisah tentang Yi (Chloe Bennet) yang awalnya menjalani hidup dengan normal. Saat bertengkar dengan keluarganya kadang membuat Yi sedih dan ingin menyendiri. Dia punya semacam tempat rahasia di atas bangunan apartemen yang dia tinggali di daerah Beijing.

Kemudian Yi bertemu dengan Yeti secara tak sengaja. Bersama dengan teman-temannya, Jin (Tenzing Norgay Trainor) dan Peng (Albert Tsai), mereka menamakan Yeti muda ini Everest. Petualangan yang seru dimulai saat Yi dan kawan-kawannya berusaha mengembalikan Everest ke keluarganya.

Saat di perjalanan, mereka berhadapan dengan Burnish (Eddie Izzard), seorang pria kaya raya yang berusaha menangkap Everest. (Der/Ulm)

Pernah Lapar Tiba-Tiba? Mungkin Karena Ini

Ilustrasi orang lapar. (Foto : shutterstock)
Ilustrasi orang lapar. (Foto : shutterstock)

MALANGVOICE – Pernah merasa lapar tiba-tiba? Padahal sudah makan masih belum lama. Bisa jadi, ini ada masalah dalam tubuh Anda.

Diketahui, rasa lapar tersebut bisa jadi muncul karena tubuh kekurangan energi. Namun, tak menutup kemungkinan ada tanda lain. Misalnya akibat kurang tidur atau kurang minum air putih.

Karena, orang yang sering mengabaikan pentingnya minum air putih. Tidak disadari, rasa haus itu menyamar rasa lapar.

Sebagaimana dilansir dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Physiology & Behavior. Disebutkan, rasa haus atau tubuh dehidrasi akibat kekurangan cairan sering disalah pahami sebagai rasa lapar makanan.

Artinya, ketika tubuh membutuhkan air putih. Terkadang tubuh merasa mudah lapar. Karenanya, jika minum air putih meski tanpa kalori namun punya berat massa. Ternyata bisa memenuhi perut dan mengurangi nafsu makan

Dalam sebuah penelitian, minum dua gelas air putih lebih dulu sebelum makan. Diketahui bisa mengurangi porsi makan hingga 600 kalori dari porsi biasanya.

Karena itulah, jika sedang merasa lapar. Padahal sudah makan. Mungkin tubuh kita hanya kurang minum air putih saja. (Der/Ulm)

Animasi Inspector Gadget Bakal Dibuat Live Action

ilustrasi. (Deadline)
ilustrasi. (Deadline)

MALANGVOICE – Disney tak henti-hentinya untuk terus merilis film-film baru. Seperti yang telah dikabarkan jika pihak studio bakal me-reboot animasi dari tahun 80-an.

Ya, dilansir dari The Hollywood Reporter, Disney mulai membuat adaptasi live action baru dari kartun Inspector Gadget yang terkenal di era tahun 1980-an.

Animasi Inspector Gadget sendiri menceritakan petualangan sang protagonis yakni detektif yang tubuhnya dilengkapi dengan berbagai gadget canggih setelah dirinya mengalami kecelakaan serius. Awal cerita, ia harus berjuang untuk dapat mengendalikan peralatan tersebut sembari menuntaskan setiap kasus yang dihadapinya.

Inspector Gadget memiliki musuh utama yakni Dr. Claw yang misterius dan organisasi jahat M.A.D. Dalam petualangannya, ia selalu dibantu oleh keponakannya Penny dan anjing keluarganya, Brain.

Sebenarnya film live action Inspector Gadget pernah dirilis dan memiliki dua seri, pertama dirilis pada tahun 1999, dibintangi aktor Matthew Broderick sebagai pemeran utama dan masuk box office. Sayangnya film tersebut mendapatkan penilaian yang negatif dari para kritikus. Disney lalu mengembangkan sekuel Inspector Gadget 2, namun film ini tidak pernah tayang dilayar lebar secara massal dan lebih memilih untuk diedarkan dalam bentuk home video.(Der/Aka)

Komunitas