AHM Salurkan 990 Paket Bantuan Kesehatan

Penyerahan bantuan. (Istimewa)
Penyerahan bantuan. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Astra Honda Motor (AHM) menyalurkan bantuan kesehatan tahap pertama kepada masyarakat sebanyak 990 paket bantuan di wilayah Jakarta dan Jawa Barat (1/4). Bantuan kesehatan ini merupakan bagian dari program Satu Hati bersama Indonesia Sehat untuk meringankan warga yang sedang menghadapi kondisi kesehatan dan ekonomi kurang membaik belakangan ini.

Pada tahap pertama, AHM menyalurkan 330 paket kesehatan di sekitar Plant AHM di Sunter, Jakarta Utara (1/4) dan akan dilanjutkan 660 paket kesehatan untuk masyarakat di sekitar Pabrik AHM di Cikarang dan Karawang, Jawa Barat, Kampung Binaan Astra Honda di Cidadap – Jawa Barat, dan Kampung Labirin Bogor – Jawa Barat.

Paket kesehatan yang diberikan kepada masyarakat terdiri dari sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan, susu dan gula untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat sehari hari, serta vitamin dan sabun antiseptik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penularan penyakit di masyarakat.

Selain memberikan bantuan kepada warga yang bertempat tinggal di wilayah penyerahan bantuan, AHM juga memberikan bantuan kepada para pekerja harian yaitu pedagang untuk para pejalan kaki, petugas kebersihan, pengemudi ojek, dan pekerja harian lainnya.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan perusahaan menyadari saat ini masyarakat membutuhkan kualitas kesejahteraan dan kesehatan yang baik. Oleh karena itu, AHM berupaya berperan aktif menjadi bagian dari perjuangan masyarakat mewujudkan Indonesia Sehat.

“Kami berharap bantuan paket kesehatan tahap pertama ini dapat meringankan beban sekaligus menjaga kesehatan masyarakat. Kami akan terus berupaya Satu Hati dan menemani masyarat dalam setiap kondisi,” ujar Muhibbuddin.

Dalam pemberian bantuan ini, AHM menerapkan prosedur kesehatan yang ketat untuk tetap menjaga kesehatan masyarakat, baik secara prosedur kedatangan masyarakat penerima bantuan hingga metode pembagian bantuan. Masyarakat yang datang terlebih dahulu dilakukan pengecekan suhu tubuh dan dipersilakan untuk mengantri di marka yang sudah diberi jarak setiap 1 meter. Pembagian paket bantuan kesehatan juga dilakukan di beberapa titik lokasi dan dibagi dalam beberapa alokasi waktu yang berbeda agar pembagian bantuan berjalan efektif dan teratur.(Der/Aka/Adv)

BNN Kota Malang

Bahan Mudah dan Gampang Bikin Disinfektan Mandiri di Rumah

Ilustrasi disinfektan (shutterstock)
Ilustrasi disinfektan (shutterstock)

MALANGVOICE – Disinfektan dinilai bermanfaat untuk membersihkan peralatan atau benda yang ada di rumah terutama saat pandemi Covid-19.

Diketahui, virus Covid-19 dapat dengan mudah menyebar dari manusia ke manusia melalui interaksi secara langsung. Menurut studi ilmiah dari berbagai pihak menyatakan bila virus Covid-19 dapat hidup di permukaan benda maupun kulit manusia.

Oleh sebab itu, sebagai tindakan pencegahan untuk menekan laju penularan virus banyak pihak memaksimalkan fungsi dari disinfektan.

Namun, jangan khawatir sebagai tindakan pencegahan, Anda dapat membuat disinfektan sendiri di rumah. Sehingga, rumah terbebas dari virus berbahaya seperti Covid-19. Berikut bahan yang dapat Anda gunakan untuk membuat disinfektan sendiri di rumah.

1. Pemutih Pakaian

Salah satu produk rumah tangga yang dapat digunakan sebagai disinfektan adalah pemutih pakaian (bleach). Cara kerja pemutih pakaian sebagai disinfektan hampir sama dengan alkohol. Kandungan dalam pemutih pakaian akan mengurai protein pada bakteri sehingga mematikan bakteri tersebut.

Nah, untuk membuat disinfektan dari cairan pemutih pakaian, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

Siapkan berbagai alatnya seperti botol sebagai wadah disinfektan, gelas ukur, sarung tangan karet, dan masker N95.

Sementara untuk bahannya, persiapkan cairan pemutih sebanyak 30 ml yang dapat diproduksi menjadi 1 liter disinfektan serta air bersih.

Kemudian, cara membuatnya pertama masukkan cairan pemutih ke dalam botol bersih dan steril yang telah Anda persiapkan. Tambahkan air bersih dan aduk hingga tercampur dengan baik.

Disinfektan Anda siap untuk digunakan. Semprotkan pada benda-benda yang sering tersentuh oleh aktivitas Anda maupun orang-orang di sekitar Anda.

2. Cuka

Cuka yang umum ditemui di dapur-dapur rumah tangga rupanya dapat dimanfaatkan menjadi disinfektan untuk menjaga kebersihan demi mencegah penyebaran virus corona.

Sebab, cuka mempunyai kandungan asam asetat sehingga mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme termasuk virus.

Untuk membuat cairan disinfektan dari cuka, pertama persiapkan alat dan bahan. Alat yang digunakan meliputi botol, sarung tangan karet, dan masker.

Kemudian juga persiapkan bahan lain seperti setengah cangkir gelas cuka, air bersih, dan beberapa minyak esensial seperti kayu putih dan lain sebagainya.

Cara membuatnya yakni pertama cuci tangan dan botol sebagai wadah hingga bersih. Lalu masukkan setengah cangkir gelas cuka ke dalam botol, air secukupnya, dan minyak esensial. Kocok hingga tercampur rata. Cairan disinfektan siap digunakan.

3. Cairan Pembersih Karbol

Cairan pembersih karbol ini memiliki senyawa yang dipercaya mampu membunuh kuman dan bakteri. Bahan ini dapat dijumpai pada cairan pembersih lantai yang sering Anda gunakan.

Bahan ini dapat dengan mudah ditemui dan dijual dengan harga yang terjangkau. Oleh sebab itu, Anda dapat membuat cairan disinfektan dari bahan ini.

Nah, untuk membuat cairan disinfektan ini, pastikan jarak Anda dengan tempat Anda membuat cairan disinfektan ini tidak terlalu dekat.

Langkah pertama persiapkan alat dan bahan seperti cairan pembersih karbol, air, botol, masker, dan sarung tangan. Gunakan masker dan sarung tangan terlebih dahulu sebelum mencampurkan bahan-bahan tersebut.

Setelah itu, tuangkan dua tutup botol cairan pembersih lantai ke dalam botol atau wadah yang akan Anda gunakan untuk menyemprotkan cairan disinfektan tersebut.

Lalu tambahkan dengan satu tutup botol air bersih. Kocok hingga tercampur dengan benar. Cairan disinfektan telah siap.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Jangan Panik! Berikut Tiga Langkah Mudah Terbebas dari Virus

Ilustrasi virus
Ilustrasi virus

MALANGVOICE – Wabah pandemi Covid-19 yang tengah menjadi headline di berbagai berita memang cukup membuat panik seluruh masyarakat di dunia.

Kecemasan terhadap kesehatan diri dan keluarga tentunya menjadi prioritas utama. Tapi, Anda tak perlu panik berlebihan. Berbagai cara sederhana dapat Anda lakukan sebagai langkah pencegahan masuknya virus tersebut.

1. Rutin Mencuci Tangan

Biasakan Anda dan keluarga untuk rutin mencuci tangan. Sebab, itu merupakan salah satu langkah sederhana dan dinilai ampuh memproteksi diri dari berbagai macam penyakit.

WHO (World Health Organization) bahkan mengimbau warga dunia untuk senantiasa mencuci tangan sesering mungkin. Sebab, langkah tersebut dapat membunuh virus yang ada di tangan agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Nah, perlu diketahui mencuci tanganpun tidak asal begitu saja. Berikut cara mencuci tangan yang benar guna menangkal berbagai penyakit.

Awali dengan membasahi tangan dengan air mengalir, tuang sabun tangan secukupnya, gosok telapak tangan yang satu dengan yang lain.

Kemudian, gosok punggung tangan dan sela-sela jari, gosok ibu jari dengan gerakan memutar. Gosok ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun, bilas tangan yang bersabun dengan air mengalir. Keringkan dengan handuk sekali pakai.

2. Tetap di Rumah jika Tubuh Kurang Sehat

Di saat maraknya virus yang mengkhawatirkan seperti ini, sudah saatnya lebih meningkatkan kesehatan diri dan keluarga.

Ketika Anda merasa kurang sehat, entah itu hanya gejala ringan seperti sakit kepala atau flu biasa sebaiknya tetap tinggal di rumah.

Hal tersebut penting, sebab sistem imun yang sedang menurun saat itu daoat menjadi celah masuknya virus lain ke dalam tubuh. Sehingga, Anda rentan terpapar penyakit yang lebih parah saat kondisi tubuh kurang sehat.

3. Lindungi Diri saat Berada di Luar Rumah

Ketika Anda berada di luar rumah, tubuh akan lebih mudah terpapar bakteri dan virus. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu memberikan perlindungan yang diperlukan saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Selalu gunakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus ketika berada di luar rumah. Selain itu, selalu membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan saat tidak bisa mencuci tangan dengan air dan sabun.

Ya, wabah virus pandemi seperti saat ini memang menyeramkan. Tapi, jika Anda mampu tetap tenang dalam mengambil langkah pencegahan yang efektif. Kemudian proteksi diri dan keluarga pasti tetap terjamin.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

MPM Edukasi Safety Riding dengan Games Menarik di Gelaran Elementary School Games

Gelaran Elementary School Games. (istimewa)
Gelaran Elementary School Games. (istimewa)

MALANGVOICE – Pada gelaran KFC Elementary School Games yang diselenggarakan di Grand City Convex, Surabaya, mulai 12-15 Maret 2020 ini, PT Mitra Pinasthika Mulia ( MPM) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT mendukung kegiatan yang diselenggarakan PT DBL Indonesia.

Pada kegiatan yang diikuti oleh sekolah tingkat dasar di Kota Surabaya ini bertujuan menggali potensi dan juga kemampuan yang dimiliki oleh siswa siswi SD dan juga melatih anak untuk menjadi pribadi yang lebih positif. Seperti pada Zona Honda, di sini MPM menghadirkan edukasi keselamatan berkendara kepada peserta dengan games yang menarik.

“Sesuai dengan komitmen dalam melakukan kampanye keselamatan berkendara. Pada Zona Honda, kami sosialisasikan Cari_Aman dengan pengenalan rambu – rambu lalu lintas dan perlengkapan berkendara. Semua itu diberikan dalam bentuk permainan seperti menggunakan Honda Riding Trainer ( HRT ) dengan didampingi oleh orang tua,” kata Hilmy selaku Instruktur Safety Riding MPM.

Selain safety riding juga ada Honda BeAT Quiz Bowl yakni permainan games dengan tim yang terdiri dari 1 guru dan 1 murid.(Der/Aka/Adv)

BNN Kota Malang

Antusias Siswa Siswi Sekolah di Malang Mengikuti Edukasi Safety Riding

Safety riding di sekolah. (Istimewa)
Safety riding di sekolah. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distrubutor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT memberikan edukasi kepada siswa siswi sekolah di Malang pada 10 – 11 Maret 2020.

Dengan mengambil tema Kemanapun Perginya Selalu Cari_Aman, sebanyak 150 peserta yang berasal dari SMAN 10 Malang dan SMK Brawijaya Batu mengikuti edukasi safety riding bertujuan agar memahami pentingnya keselamatan lalu lintas, mengetahui rambu-rambu lalu lintas, serta keselamatan saat berada di sekitar jalan raya.

Selain itu juga diberikan pengetahun edukasi kelengkapan keselamatan berkendara yang wajib dipakai sebagai dasar agar mendapatkan hal hal berharga dalam hidupnya.

“Edukasi ini sangat penting untuk generasi muda terutama di tingkat pendidikan paling bawah, di mana anak anak dengan sangat mudah untuk diberikan bekal ilmu safety riding sehingga ke depan dapat memahami dan mempraktekkan hal hal baik yang berkaitan dengan keselamatan saat berada di lalu lintas,” kata Mizidianto selaku instruktur Safety Riding MPM.(Der/Aka/Adv)

BNN Kota Malang

Tiga Makanan Sehat Wajib Dikonsumsi Guna Tangkal Virus Penyakit

Sayur dan buah sehat penangkal virus
Sayur dan buah sehat penangkal virus (Discover Magazine)

MALANGVOICE – Musim pancaroba yang identik terjadi di awal tahun memang menjadi momen tepat untuk perkembangbiakan berbagai virus berbahaya.

Apalagi pergantian cuaca ekstrem di pagi dan siang hari dapat membuat kekebalan tubuh menurun. Sehingga, tubuh berisiko terserang penyakit. Termasuk virus corona yang sedang marak diperbincangkan dunia beberapa waktu belakangan ini.

Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putratanto berulang kali mengimbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh sebagai penangkal berbagai penyakit termasuk virus flu tersebut.

Nah, menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan seseorang untuk mencegah penularan coronavirus/2019-nCoV. Berikut MVoice merangkum beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi demi meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Daging Salmon

Salmon diketahui kaya protein yang dikemas dengan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Peradangan adalah respons normal tubuh terhadap jaringan yang terluka. Tapi terlalu banyak peradangan dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, ikan ini juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik. Dan ikan ini juga menyediakan selenium, antioksidan yang memengaruhi respons imun, vitamin D, dan vitamin B-12 yang membantu menghasilkan senyawa yang berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.

2. Buah Jeruk

Ketika orang setelah mengalami gejala batuk, demam atau flu biasanya langsung mengonsumsi vitamin C. Alasannya, yakni karena vitamin C dinilai mampu membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat menangkal infeksi.

3. Sup Ayam

Sup ayam merupakan salah satu masakan yang dinilai memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk tubuh. Biasanya, isian dari masakan ini terdiri dari sayur-sayuran seperti wortel, tomat, dan brokoli yang memiliki kandungan vitamin dan mineral lengkap untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nikmati dalam keadaan hangat, menu makanan ini juga dapat mengembalikan energi tubuh setelah seharian disibukkan dengan padatnya aktivitas.

Mengonsumsi sayur sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, jadi pastikan kamu tidaj melewatkannya ya.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Single Senandung Terang, Porthlash Ajak Pendengarnya Move On dari Keterpurukan

Personel band Porthlash. (Istimewa)
Personel band Porthlash. (Istimewa)

MALANGVOICE – Band alternatif rock asal Malang Porthlash merilis single pertamanya berjudul “Senandung Terang”. Dirilis dalam format video lirik, lagu perdana Porthlash ini sudah bisa dinikmati di kanal Youtube mereka mulai Kamis, 20 Februari 2020.

Vokalis Porthlash Cornelius Karuniapio Threeding (Pio) mengatakan, pembuatan single ini terinspirasi dari perjalanan hidup manusia, yang pasti pernah mengalami fase keterpurukan. Entah itu terpuruk karena masalah percintaan, karir, keluarga, pertemanan, dan lain-lain.
Senandung Terang ini berkisah tentang seseorang yang dulunya terpuruk dalam kesedihan, lalu berangsur-angsur bangkit.

“Senandung Terang” bisa saja dimaknai seperti halnya proses move on dalam hal percintaan,” katanya.

Ia melanjutkan, awal lirik mengungkapkan kesedihan dalam keterpurukan. Namun, saat memasuki reff, mulai menemui kesadaran untuk tidak terkungkung dalam keterpurukan tersebut.

“Manusia pastinya pernah berhenti sejenak pada proses keterpurukan, khususnya dalam urusan memadu kasih dengan pasangan lawan jenis. Proses bangkit dari keterpurukan tersebut benar-benar dapat membentuk jati diri seseorang yang sebelumnya hancur lebur menjadi pribadi yang tabah dan bijaksana,” urai Pio.

Gitaris sekaligus komposer dan produser, Clementinus Ken Baruna (Ken) menambahkan, bahwa single ini terinspirasi dari musik di era 90-an akhir dan 2000-an.

“Kita semua satu band seumuran. Dan sama-sama mulai menyukai musik di tahun 90-an akhir dan 2000-an. Jadi terinfluence dengan band-band di tahun itu yang sering muncul di MTV,” ujar pria berkacamata ini.

Band-band yang dimaksud, lanjut dia, di antaranya The Smashing Pumpkins, Foo Fighters, dan Snow Patrol. Maka dari itu, single ini memiliki komposisi yang simple, chord-chord yang sederhana, dan lirik-lirik yang rendah hati.

“Tone drum dan tone gitar itu khas 90-an banget. Tidak banyak efek aneh-aneh. Kita juga pilih lirik bahasa Indonesia agar lebih mudah menyampaikan pikiran,” imbuhnya.

Sementara, untuk video lirik digarap oleh Hafiyyan Nur Cholis (Hafi) selaku bassist. Ia menyampaikan, video lirik ini dibuat sesederhana mungkin dengan gear seadanya.

“Kami mencoba menyuguhkan konsep sederhana, namun masih dapat dinikmati baik secara gambar maupun sebagai video lirik. Kendalanya mungkin cuaca Kota Malang yang akhir-akhir ini cenderung hujan dan bahkan banjir. Dengan konsep riding-take, tentu hal tersebut mempengaruhi,” tandasnya.

Dilian Caesar Rura Patulak (gitaris) menyatakan, single “Senandung Terang” merupakan pembuka album pertama mereka yang rencananya akan dirilis tahun ini.

“Kita masih mempunyai 2 single lagi yang sedang melalui tahap mixing dan mastering oleh Bambang Iswanto dari The Morning After,” pungkas Octavianus Brahma (drummer).(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Lagu Corona Menuai Kecaman Netizen

Tangkapan layar video viral lagu 'Corona' yang dinyanyiian Alvi Ananta di akun Facebook Lagu Dangdut Terbaru
Tangkapan layar video viral lagu 'Corona' yang dinyanyiian Alvi Ananta di akun Facebook Lagu Dangdut Terbaru

MALANGVOICE – Merebaknya virus Corona di berbagai belahan dunia, tak luput dari kreativitas pegiat seni Banyuwangi dalam mengolah berbagai momentum menjadi sebuah karya seni.

Kemunculan sebuah single lagu berjudul ‘Corona’ yang dinyanyikan biduan Alvi Ananta baru-baru ini cukup menyita perhatian publik.

Bahkan, lagu dan videonya berhasil menghebohkan dunia hiburan tanah air sebab dianggap kontroversial. Bagaimana tidak, saat ini dunia tengah dilanda kekhawatiran terkait penyebaran virus corona atau COVID-19 di Wuhan.

Namun, tembang beraransemen dangdut koplo tersebut kurang berkenan di hati para netizen. Sehingga single tersebut menuai banjir kritikan negatif.

@Prolita, “Orang tiap negara lg berduka termasuk kami yg lg tinggal di luar negri. Ini malah dibikin lagu..
Sungguh memaku kan yang bikin lagu. Padahal itu penyakit yg sangat mengancam kesehatan km,”

@CheNuul Cunniiill, “INDONESIA kena musibah… PMI berbondong2 ngumpulin aumbangan, walau gak seberapa kadang jg gak terlihat… Eehhh ini bukannya berbondong-bondong doain para PMI… Malah berbonding2 ciptain lagu…. Anehhhh,”

@Ngk mutu. Wong dunia lg berjuang melawan corona dia malah joged”. Ngk usah di buat guyin kyk gini.ngk kucu.mala kelihatan bodohnya kita,”

Diketahui, lagu ini viral setelah diunggah akun Facebook Lagu Dangdut Terbaru pada Sabtu (29/2) kemarin sekitar pukul 00.19 WIB. Hingga berita ini diturunkan postingan tersebut sudah 2,4 ribu kali dibagikan dan dikomentari 359 netizen.(Hmz/Aka)

BNN Kota Malang

Ingin Hati Sehat? Berikut Makanan dan Minuman yang Seharusnya Dihindari

Ilustrasi organ hati manusia
Ilustrasi organ hati manusia

MALANGVOICE – Hati atau Liver merupakan salah satu organ tubuh yang paling sibuk setiap hari. Hati berfungsi menyaring racun dan membuat enzim.

Hati bekerja sepanjang hari untuk memastikan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan serta menjaganya dari racun. Selain itu juga menyaring udara ketika kita bernapas.

Sementara, ketika hati tidak bekerja dengan baik mungkin tubuh akan merasa lemah, murung, dan kembung. Dalam beberapa kasus bahkan menjadi lebih sering lapar.

Nah, untuk membantu menjaga hati tetap sehat dan bersih ada banyak cara yang dapat dilakukan. Yakni dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan fungsi hati menjadi lemah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum makanan yang sebaiknya dihindari dikarenakan menimbulkan masalah pada liver.

1. Makanan Digoreng

Diketahui, gorengan terutama dari restoran cepat saji memiliki efek negatif terhadap kesehatan hati. Khusunsnya kentang goreng atau ayam goreng renyah isi keju, memiliki efek buruk pada hati mirip dengan hepatitis.

Sebab, kentang goreng merupakan karbohidrat plus lemak. Minyak yang terkandung di dalamnya cukup banyak.

Sementara, spesialis transplantasi hati Dr. Ming V. Lin, mengatakan bila makanan ini menyebabkan naiknya glukosa darah dan dapat meningkatkan timbunan lemak di hati.

Mengonsumsi ini secara berlebihan dapat memiliki efek yang tidak baik pada hati, serta meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Selain itu, makanan yang perlu diwaspadai lainnya yakni seperti goreng-gorengan, roti sandwich, stik mozarella, dan donat.

2. Soda

Selanjutnya yakni soda, sebab di dalamnya banyak mengandung sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS). Salah satu zat terburuk yang dapat menimbulkan masalah pada hati kamu. Bahkan jika soda dibuat dengan gula tanpa menggunakan HFCS, itu juga tidak baik untuk hati kamu.

Salah satu fungsi lain yang dilakukan hati yakni mengubah gula menjadi lemak. Terlalu banyak pemanis, hati akan memproduksi lebih banyak lemak. Kelebihan lemak dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Tentunya kndisi ini dapat membahayakan kesehatan.

3. Sodium

Makanan yang mengandung sodium tinggi umumnya berasal dari makanan kalengan seperti sop instan. Dalam jumlah normal sodium membantu mengatur cairan dalam tubuh dari tekanan darah.

Namun, jika terlalu banyak sodium dapat menyebabkan kelebihan cairan dalam hati. Makanan yang mengandung banyak sodium di antaranya yakni daging, keju, pizza, dan kecap.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Tetap Sehat dan Mengenyangkan, Berikut 5 Makanan Pengganti Nasi

Semangkuk Nasi (Hellosehat.com)
Semangkuk Nasi (Hellosehat.com)

MALANGVOICE – Bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Sebab, selain mengenyangkan juga dikenal sebagai sumber karbohidrat utama. Nasi biasanya dikonsumsi bersamaan dengan makanan lainnya.

Namun, perlu diketahui mengonsumsi nasi terlalu banyak ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti kegemukan hingga diabetes.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang diet disarankan untuk tidak mengonsumsi nasi. Tapi tak perlu khawatir, melansir dari berbagai sumber berikut MVoice merangkum beberapa makanan pengganti nasi yang dapat Anda konsumsi.

1. Kale

Kale termasuk jenis sayuran sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan, karena menawarkan banyak manfaat bagi tubuh.

Kale diketahui kaya dengan serat, vitamin C dan K, serta antioksidan karoten. Sehingga dapat dijadikan makanan pengganti nasi. Dalam 100 gram kale mengandung 10 gram karbohidrat.

2. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang mengandung tinggi serat, vitamin C, folat, vitamin K, dan antioksidan karoten. Dibandingkan sayuran lainnya, asparagus memiliki kandungan protein yang tertinggi. Perlu diketahui, dalam 100 gram asparagus terdapat 2 gram karbohidrat.

3. Shirataki

Selanjutnya, shirataki juga mulai populer sebagai pengganti nasi yang rendah kalori. Shirataki berasal dari Jepang yang disebut juga ‘white waterfall’.

Terbuat dari akar konjac, banyak orang Asia yang kini mulai beralih ke shirataki. Sebab selain rendah lemak, juga mengandung banyak serat yang disebut glucomannan.

4. Daging

Selain sayur, makanan pengganti nasi berikutnya yakni daging sapi dan domba. Sebab daging sapi dapat membuat Anda kenyang dan kaya dengan nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin B12.

Kemudian, domba juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat. Domba cenderung tinggi dalam fatty acid conjugated linoleic acid (ACL). Daging sapi maupun domba tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Selain itu yakni ayam. Ayam mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik.

Jika Anda melakukan diet rendah karbohidrat, meningkatkan asupan daging mungkin merupakan solusi yang tepat.

5. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling populer untuk meningkatkan kesehatan. Sebab salmon mengandung lemak sehat yaitu omega-3 yang berguna untuk menjaga jantung tetap sehat.

Selain itu, salmon juga mengandung vitamin B12, yodium, dan vitamin D3 dalam jumlah yang cukup.(Hmz/Aka)

BNN Kota Malang