Ketahui Bahaya Microsleep saat Berkendara

Ngoprek MPM Honda Jatim. (Istimewa)

MALANGVOICE – Pada saat berkendara, terkadang pengemudi mengalami keadaan tidak sadar selama beberapa detik akibat kelelahan yang fatal. Keadaan tubuh yang seperti itu bisa disebut dengan microsleep. Apabila microsleep terjadi pada saat berkendara tentu akan sangat berbahaya.

Oleh karena itu pada sesi Ngoprek (Ngobrol Online Seputar Komunitas) yang diadakan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT live di instagram @mpmhondajatim mengambil tema Bahaya Microsleep Saat Berkendara Sangat Fatal Apabila Diteruskan (26/7).

Talkshow yang membahas mengenai microsleep mengundang nara sumber yakni Kepala Bidang Keselamatan dan Berlalu Lintas Angkutan Darat MTI Jatim, I Komang Fery DK IR dan Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Hari Setiawan memberikan tips berkendara untuk menghindari terjadinya microsleep.

Berikut tips berkendara untuk menghindari terjadinya microsleep.

1. Pastikan tubuh kita dalam kondisi fit dan Prima. Kondisi tidak fit akan membuat tidak konsentrasi dalam berkendara.

2. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Memakai perlengkapan berkendara bisa menghindari terjadinya kecelakaan. Selain perlengkapan berkendara juga dipersiapkan kelengkapan motornya seperti surat suratnya.

3. Buatlah road plan perjalanan terlebih dahulu

Dengan adanya road plan perjalanan membuat pengendara lebih terencana akan melewati rute perjalanan. Pilihlah rute yang menyenangkan.

“Ini penting bagi pengendara yang suka melalukan touring ataupun yang suka berkendara jarak jauh. Dengan adanya road plan, berkendara menjadi tidak membosankan,” kata Hari Setiawan.

4. Istirahat Secara Berkala.

Apabila melakukan perjalanan jauh, berhentilah sejenak kurang lebih 10 menit setelah berkendara 2 jam.

“Mengendarai motor itu membutuhkan keseimbangan dan konsentrasi lebih tinggi, karena semua anggota tubuh bergerak. Oleh karena itu ada aturan bahwa setiap 2 jam sekali harus berhenti sejenak untuk memulihkan kondisi tubuh,” kata I Komang.

Jadi, bagi Anda yang rutinitas sehari-hari harus berkendara jauh sebaiknya perlu memperhatikan tips di atas. Tujuannya tak lain adalah sebagai antisipasi keselamatan di jalan bagi diri sendiri dan orang lain.

Terpenting lagi adalah patuhi aturan berlalu-lintas dan rambu-rambu di jalan.(der)

Dihantam Pandemi, Tony Aksa & Yudek Tetap Berkarya Keluarkan Single Baru

Tony Aksa dan Yudek. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kiprah musisi Malang dalam menciptakan musik memang tak bisa dipandang sebelah mata. Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, namun musisi Malang tetap berkarya.

Seperti satu lagi single dari dua musisi asli “arek” Malang yang berisikan gambaran keadaan saat awal pandemi Covid-19 yang dampaknya adalah masyarakat dirundung rasa panik dan ketakutan.

Di kala semua orang merasa takut akan sesuatu, Tony Aksa yang juga merasakan dan mengalami dampaknya mencoba mengungkapkan perasaan terdalamnya lewat sebuah lagu yang berjudul ‘Rindu Sedia Kala’. Dalam lagu ini Tony Aksa berharap agar keadaan lekas pulih membaik seperti sediakala.

Adalah Tony Aksa, gitaris dari Taxi band yang sempat populer dengan single ‘Hujan Kemarin’ yang menjadi figur dalam single ini. Dalam single ini, Tony Aksa menggandeng vokalis bersuara khas yaitu Yudek. Suara serak dari Yudek dan alunan gitar akustik dari Tony Aksa menjadi penyempurna dalam single Rindu Sedia Kala.

Dibawah naungan LR manajemen, Tony Aksa & Yudek yang dimanajeri langsung oleh kepala desa Ngijo Karangploso yang dijuluki LR (Lurah Rocker) oleh warga setempat karena kegemarannya menyanyikan lagu-lagu Rock era 90 an, tengah sibuk melakukan rangkaian promo single Rindu Sedia Kala.

Penggarapan lagu ini juga dibantu beberapa rekan antara lain. Indra yang dulu juga tergabung dalam Band Taxi ikut membantu dalam pengisian keyboard, string, mixing mastering di studio Gio Production. Dan juga penggarapan video dibantu oleh Antonblack, Alim Anima, dan Oche. Video lengkap Rindu Sedia Kala bisa dilihat di youtube channel ‘Tony Aksa’.

“Semoga single ini bisa diterima masyarakat luas dan semoga bisa mewakili doa dan harapan seluruh lapisan masyarakat agar kita semua bisa segera pulih dari keterpurukan selama masa pandemi virus corona,” ujar Tony Aksa.(der)

Mbois! Bakal Ada Mini Orkestra di Balai Kota Malang

MALANGVOICE – Balai Kota Malang dalam waktu dekat bakal disulap menjadi panggung mini orkestra. Kegiatan yang diinisiasi Malang Musik Bersatu Indonesia (MMBI) ini juga mengusung kampanye disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Humas MMBI Isa Aprilia mengatakan, mini orkestra mengangkat tema “masker wis duwe ayo digawe” ini bakal melakukan aksi pembagian masker kepada masyarakat, melalui komunitas musik Kota Malang.

“Orkestra akan memainkan lagu – lagu perjuangan diselingi dengan bincang – bincang santai dengan Pak Sutiaji Walikota Malang perihal Covid-19 di kota Malang,” jelasnya.

Perempuan berjilbab ini melanjutkan, ada beberapa alasan mengapa memilih Balaikota Malang sebagai panggung orkestra. Paling disorot adalah, struktur bangunan balaikota sangat menarik untuk dieksplorasi serta memiliki nilai estetika.

“Ini harus diviralkan sehingga mampu menjadi nilai edukasi, nilai penguat heritage balaikota sekaligus memberi pesan bahwa balaikota dan pimpinan daerah tidaklah bersifat elite,” ujarnya.

Ketua MMBI Bagus Prakoso menambahkan, bahwa gelar kampanye “masker wis duwe ayo digawe” by mini orkestra, tidak luput dari dukungan sahabat-sahabat Generator Musik Malang diantaranya ,Muhammad Faizal Ants Studio, Wahyu kcmt, Ook ,serta rekan rekan pengurus MMBI lainnya. MMBI adalah connecting dari hampir semua komunitas musik Malang Raya, semisal Guitarissick and Magic, MDC,KUBAM,VOM,Kibordis Malang, MSC, MGC, MLC dan lain sebagainya. Rencananya, hajat dari MMBI ini akan dihelat antara akhir Juli atau awal Agustus.
“Kami sedang matangkan dengan tim Pemkot Malang, dan insyaallah akan kita live streaming kan,” kata Bagus.

Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi upaya MMBI yang ikut aktif mengampanyekan tentang Covid-19. Hal itu penting untuk terus digalakkan, mengingat sebagian masyarakat masih menganggap enteng penularan virus tersebut.

“Masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam pemakaian masker (selama pandemi Covid-19), membutuhkan dukungan dari semua komunitas untuk menggelorakan kampanye pakai masker,” ujarnya.(der)

Suguhkan Hiphop Retorika, Berry Minor Kecam Buzzer dan Penyebar Hoax

Musisi Malang Berry Minor. (Istimewa)

MALANGVOICE – Musisi Berry Minor merilis single barunya berjudul Narasi Fana, pada1 Juli 2020. Mengusung genre Hiphop Retorika, musisi Malang ini mengecam fenomena yang terjadi di media sosial, terutama ulah Buzzer dan penyebar hoax.

Ya, maraknya para pelaku penyebar berita secara terorganisir atau disebut buzzer membuat turunnya nilai-nilai fakta di era demokrasi digital ini. Berry Minor sebagai pelaku musik meresahkan beredarnya berita simpang siur yang tidak memiliki dasar koheren antara berita yang disajikan dan realitanya.

“Awalnya, para buzzer di media sosial hanya digunakan sebagai promotor barang komersial saat platform media sosial seperti Facebook dan Twitter belum ada fitur untuk menjajakan iklan,” kata Berry kepada MVoice, Senin (6/7).

Sementara itu, lanjut dia, dalam dunia politik, para pelaku bekerja untuk dua tujuan, yakni pembingkaian dan amplifikasi isu-isu politik tertentu sesuai kepentingan partai politik, tokoh politik, ataupun ideologi pribadi. Seperti maraknya para pelaku konten kreator yang membawa isu sosial dan politis namun secara praktis mereka tidak pernah terlibat dalam aktivitas tersebut atau disebut pseudo aktivisme.

“Bagi saya idealnya aktivisme di sosial media bisa selaras dengan aktivitas sosial di dunia nyata seperti aktivitas perjuangan HAM, buruh (kelas pekerja), pejuang kesetaraan gender, ekologi dan terafiliasi dengan beberapa ornamen masyarakat seperti, mahasiswa, akademisi, seniman dan para pelaku lain agar kita dapat mengerti bagaimana kondisi di lapangan ter-update dan faham detail permasalahannya,” bebernya.

Karya apik Berry Minor bisa dinikmati di
Sini
(der)

Ada Sanksi Pidananya, Jangan Asal Terbangkan Drone

Aktivis Drone Arya Dega. (Aziz Ramadani MVoice)

MALANGVOICE – Ini peringatan bagi pilot ataupun penghobi drone (pesawat nirawak) agar tak asal terbang. Sebab,
Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 37 Tahun 2020 mengatur beragam hal tentang pengoperasian drone, termasuk sanksi pidananya.

“Peraturan ini baru keluar 8 Juni 2020 kemarin. Tapi masih banyak pilot drone yang belum mengetahuinya,” kata Aktivis Drone Malang, Arya Dega, Jumat (3/7).

Arya melanjutkan, bahwa Permenhub Nomor 37 Tahun 2020 ini menggantikan peraturan yang sebelumnya, yakni Permenhub Nomor 180 Tahun 2015 serta Permenhub Nomor 47 Tahun 2016 tentang Pengendalian Pengoperasian Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak di Ruang Udara yang Dilayani Indonesia.

Pada peraturan yang ditandatangani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi itu terdapat sejumlah peraturan yang diganti. Dicontohkannya tentang pengoperasian drone pada ketinggian di atas 120 meter (400 feet) harus memiliki persetujuan dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Aturan itu yang sebelumnya dengan ketinggian 150 meter, sekarang diganti jadi 120 meter,” beber pria kelahiran Bandung ini.

Lalu, terdapat aturan yang melarang drone diterbangkan di kawasan dalam radius 5,5 kilometer (3 Nautical Mile) dari titik Helipad yang berlokasi di luar Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) suatu bandar udara.

“Kalau ini peraturan baru. Dalam peraturan yang sebelumnya hanya mengatur kawasan KKOP saja,” beber pria bersertifikat Pilot Drone FASI ini.

Selain itu, masih kata dia, peraturan baru lainnya yakni pengoperasian drone harus memerhatikan kaidah batas pandang mata atau VLOS (Visual Line of Sight) serta diluar batas pandang mata atau BVLOS (Beyond Visual Line of Sight). Bahkan, drone pun kini dilarang terbang saat malam hari tanpa izin.

“Dalam peraturan tersebut dituliskan pengoperasian drone hanya dapat dilakukan saat matahari terbit hingga matahari terbenam,” sambug dia.

Sedangkan untuk saksi bagi pelanggar, dijelaskan bahwa pengenaan sanksi dilaksanakan berdasarkan hasil pengawasan sesuai dengan kondisi sebagai berikut, yakni melanggar wilayah kedaulatan dan keamanan udara, mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan, memiliki dampak ancaman terhadap pusat pemerintah, pusat ekonomi, objek vital nasional dan keselamatan negara, tidak memiliki persetujuan beroperasi, tidak sesuai dengan persetujuan yang diberikan.

Pengenaan sanksi sebagaimana dimaksud mencakup, pengenaan sanksi pidana sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, pengenaan sanksi administratif berupa pencabutan persetujuan dan dimasukkan ke dalam daftar hitam atau blacklist.

“Saya harap para pilot drone di Indonesia sudah memahami betul peraturan yang baru ini agar tidak terjadi pelanggaran di kemudian hari,” pungkasnya.(der)

Tak Pengaruh Pandemi Covid-19, Industri Kreatif Motor Custom Tetap Diminati

Dimas Zakaria Builder dari Bold Riders Malang sekaligus pemilik bengkel kustom DJ AS Garage di Malang, saat berada di bengkelnya awal pekan lalu. (Istimewa)

MALANGVOICE – Pandemi Covid-19 yang semakin masif di Malang Raya, tidak menyurutkan semangat para penggila motor custom untuk membangun motor idamannya. Peluang inilah yang dimanfaatkan sejumlah bengkel motor custom di Malang untuk tetap produktif.

“Alhamdulillah pesanan tetap datang meski lagi ada virus corona, yang pesan banyak dari luar Malang bahkan luar Jawa,” ucap Dimas Zakaria Builder dari Bold Riders Malang sekaligus pemilik bengkel kustom DJ AS Garage di Malang, belum lama ini.

Menurut Dimas, industri kreatif seperti motor custom memiliki pasar tersendiri. Selain berbasis komunitas, biasanya pemesan motor custom adalah orang-orang yang suka berpetualang. Karena itu dampak pandemi Covid-19 tidak terlalu berpengaruh.

“Jika sebelum pandemi ini kami bisa menerima dan menggarap tiga sampai empat pesanan per bulan, saat ini jumlah pesanan juga tak jauh berbeda. Yang membedakan, sekarang ini dalam bekerja lebih memperhatikan aspek kesehatan dan protokol pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Dimas, menjelang lebaran kemarin, banyak pemesan yang datang dan meminta motornya sudah siap saat lebaran tiba, ini merupakan fenomena unik.

“Mungkin buat silaturahmi, buat tongkrongan, jadi cari tunggangan yang baru. Bisa tampil beda di hari raya tentu bikin tambah pede. Untuk motor kustom kebanyakan saya memakai mesin merek Scorpio (Yamaha) dan Binter Mercy,” bebernya.

Hal serupa juga dialami Yanto, yang merupakan pemilik bengkel kustom K09. Dia juga mendapat pesanan motor custom dari berbagai daerah seperti Bali dan tentu saja Malang.

“Dalam sebulan ada dua yang masuk” tukasnya.

Sebagai informasi, di bengkel kustom DJ AS Garage ini kebanyakan motor custom jenis chopper, scrambler yang sering dipesan. Untuk membuat satu motor ini akan merogoh kocek mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 60 juta.(der)

Kenali Cabin Fever, Bisa Serang Mental di Tengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi karantina mandiri (foto: shutterstock)
Ilustrasi karantina mandiri (foto: shutterstock)

MALANGVOICE – Di masa pandemi virus corona atau Covid-19. Pemerintah pusat maupun daerah sudah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menganjurkan masyarakat agar dirumah saja guna memutus rantai penyebarannya.

Seiring berjalannya itu, masyarakat ternyata tidak hanya mulai dipusingkan dengan kondisi perekonomiannya. Melainkan juga mulai timbul perasaan bosan, sedih, sepi, takut hingga lesu karena terlalu lama berdiam diri di rumah.

Kondisi perasaan kacau atau istilah barunya Cabin fever tersebut bisa berdampak pada kondisi mental dan psikis. Sehingga perlu adanya perhatian agar tidak menjadi timbulnya penyakit lainnya.

Menurut beberapa pengamat mengungkapkan bahwa cabin fever adalah semacam sindrom musiman atau efek dari claustrophobia (ketakutan dan serangan panik irasional karena tidak dapat melarikan diri dari situasi berbahaya).

Kondisi ini tidak dianggap sebagai gangguan psikologi. Meski begitu, kondisi ini dapat meningkatkan tingkat stres dan gejala depresi.

Sebagaimana melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum faktor-faktor gejala timbulnya cabin fever pada seseorang diantaranya:

1. Sedih, kesepian, dan merasa gelisah.
2. Keputusasaan, lekas marah, dan tidak sabar.
3. Lemas, lesu, kehilangan semangat, dan stres.
4. Bingung, ketakutan, dan perasaan kacau.
5. Mengalami gangguan tidur dan sulit konsentrasi.
6. Perubahan berat badan, mengidam makanan tertentu, dan mengalami penurunan motivasi hidup.
7. Halusinasi dan mudah tersinggung.
8. Tidak mampu mengatasi diri sendiri dan tidak percaya diri dengan orang sekitar.

Dijelaskan bahwa gejala tersebut umumnya terjadi pada kondisi ketika tidak berinteraksi sosial dalam jangka waktu tertentu.

Makanya, kepribadian dan diri sendiri yang dapat menentukan sampai kapan ini akan terjadi. Karena ada beberapa kelompok yang mungkin sulit mengatasi kesedihan tersebut.

Namun, ada salah satu kelompok yang mengatasinya dengan menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas baru. Sehingga, hal tersebut bisa dilupakan dengan adanya aktivitas tadi.(Der/Aka)

Bulan Puasa, Tiga Buah Ini Efektif Tambah Energi Tubuh

Ilustrasi Kurma (Shutterstock)
Ilustrasi Kurma (Shutterstock)

MALANGVOICE – Selama bulan Ramadan dianjurkan untuk tetap mendapat asupan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi beragam menu sehat, baik saat berbuka puasa maupun sahur.

Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga mampu menjalankan puasa dengan lancar.

Nah, dengan memperbanyak konsumsi buah, tubuh akan tetap bugar meski harus menjalankan ibadah puasa. Bila tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi sepanjang puasa, tentu masalah kesehatan seperti dehidrasi, kulit dan bibir kering, sakit kepala, sembelit, hingga kram perut akan terjadi.

Oleh sebab itu, guna menghindari persoalan tersebut MVoice merangkum beberapa buah yang baik dikonsumsi selama puasa.

1. Kurma

Kurma menjadi salah satu makanan yang identik dengan bulan Ramadan. Sebab, buah yang berwarna kecokelatan dan manis ini memiliki kandungan kadar gula dan kalori yang berkhasiat memberikan energi pada tubuh.

Sehingga buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semua orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, vitamin B1, B2, B3, B5, dan C pada kurma juga mampu melindungi tubuh. Sehingga tidak rentan diserang penyakit dan sistem organ akan selalu terjaga.

Nah, guna mengembalikan tubuh menjadi berenergi dan bugar selama puasa Anda bisa mengonsumsi kurma sebanyak tiga buah saat berbuka.

2. Stroberi

Selain kurma, stroberi juga mampu menjaga tubuh dari dehidrasi. Diperkaya kandungan vitamin C, buah ini bermanfaat membantu menjaga stamina tubuh, kesehatan kulit, mata, dan mencegah tekanan darah tinggi hingga serangan jantung.

Konsumsi stroberi saat sahur dan berbuka puasa dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan daya ingat. Karena berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalam buah tersebut.

3. Apel

Apel diketahui mengandung Vitamin A, E, C, dan K yang ampuh menangkal radikal bebas. Kandungan mineral di dalam apel juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

Selain itu, apel juga merupakan salah satu makanan yang rendah kalori atau lemak. Jadi ketika Anda mengonsumsi buah tersebut bisa memberikan efek kenyang. Sehingga dapat menahan lapar seharian.(Der/Aka)

Merayakan Satu Dekade, Fourtwnty Merilis ‘Nematomorpha’

Fourtwnty. (istimewa)
Fourtwnty. (istimewa)

MALANGVOICE – Fourtwnty merayakan satu dekade perjalan bermusiknya dengan merilis video
lirik dari karya terbaru ‘Nematomorpha’. Video lirik dari ‘Nematomorpha’ sudah bisa disaksikan di kanal
youtube ‘Fourtwnty Music’, mulai 20 April 2020.

Band yang terbentuk sejak 20 April 2010 ini digawangi oleh Ari Lesmana, Nuwi dan Roots.

Berdomisili di Jakarta, Fourtwnty mengambil genre musik Pop Alternative, yang memanjakan pendengarnya dengan nada-nada santai dan nyaman. Judul karya terbaru ni diambil dari kata Nematomorpha yaitu parasit yang hidup pada binatang belalang.

‘Nematomorpha’ menceritakan tentang sekumpulan anak muda yang mulanya memiliki mimpi yang sama,
akan tetapi ditengah jalan mimpi mereka menjadi berbeda, tidak dengan tujuan yang sama. Ari lesmana menambahkan tentang alasannya merilis karya terbaru ini.

“Fourtwnty ingin menyampaikan pesan untuk tetap berkarya apapun yang terjadi. Tujuan kami dalam
berkarya untuk menyuarakan keresahan dan menjadi teman yang bisa menghibur bagi pendengar musik
kami. Dalam perjalanannnya kami tidak pernah melihat materi sebagai yang utama, itu adalah bonus dari usaha yang kami lakukan,” ungkap Ari.

Selain merilis karya, Fourtwnty juga merilis Logogram terbaru. Logogram ini berbentuk tangan yang
punya makna memberi dan menerima. Nuwi menjelaskan ide Logogram bentuk tangan ini dipilih untuk menggambarkan segala upaya dan usaha yang dilakukan oleh Fourtwnty agar selalu bisa memberikan yang terbaik.

Fourtwnty juga menerima banyak sekali berkah yang luar biasa selama perjalanannya dari
keluarga, sahabat, teman dan terutama pendengar musik kami.

Fourtwnty pertama kali merilis album pada tahun 2015 yang berjudul “Lelaku”, disusul pada tahun 2018
album kedua berjudul “Ego & Fungsi Otak”. Album ketiga Fourtwnty dijadwalkan akan dirilis pada tahun
ini.

Bertepatan dengan perjalanan Fourtwnty yang sudah mencapai satu dekade, mereka akan merilis
album ketiga dengan membuat konser tunggal.

Konser ini dirancang secara spesial sebagai penanda
perjalanan bermusik mereka. Konser launching album dan perayaan satu dekade Fourtwnty akan
dikerjakan bersama dengan Arzillo Indonesia dan GoodWork. Selama menunggu proses album ketiga
sekaligus konsernya, Fourtwnty sudah menyiapkan banyak kejutan lain bagi pendengar setianya.(Der/Aka)

Tiga Cara Alami Putihkan Gigi selama di Rumah Saja

Ilustrasi perbedaan warna gigi (Foto: alodokter.com)
Ilustrasi perbedaan warna gigi (Foto: alodokter.com)

MALANGVOICE – Gigi putih dan bersih adalah dambaan semua orang. Sebab, memiliki barisan gigi putih bersih tentu dapat menunjang penampilan dan senyum Anda.

Nah selama #dirumahsaja, memutihkan gigi dapat menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luang. Karena, selama pandemi covid-19 ini Anda tidak bisa ke dokter gigi untuk melakukan perawatan. Sehingga, kini Anda bisa memutihkan gigi di rumah.

Berikut, beberapa cara memutihkan gigi secara alami ini dapat dicoba di rumah.

1. Soda Kue

Soda kue banyak dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Bahan ini memiliki sifat abrasif ringan untuk menghilangkan noda di permukaan gigi. Selain itu, soda kue juga dapat menciptakan lingkungan alkali di mulut untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara penggunaannya yakni dengan menggosok gigi menggunakan pasta soda kue. Kemudian bilas mulut seperti biasa.

Sementara, untuk cara membuat pasta soda kue yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh soda kue dan dua sendok teh air. Gunakan beberapa kali dalam satu minggu.

2. Cuka Apel

Cuka apel sudah dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satunya yakni sebagai disinfektan dan produk pembersih, termasuk membunuh bakteri di rongga mulut.

Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan bahan alami ini dapat digunakan sebagai pemutih gigi. Meski begitu, jangan membersihkan gigi dengan cuka apel setiap hari. Sebab, kandungan asam asetat di bahan ini dapat mengikis email gigi Anda.

Nah, Anda dapat menggunakan cuka apel untuk berkumur. Caranya larutkan cuka apel dengan air, kemudian Anda dapat berkumur dengan campuran tersebut selama beberapa menit. Pastikan untuk membilas mulut Anda dengan air putih sesudahnya.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya membuat gigi menjadi lebih putih dan bersih. Caranya oleskan minyak kelapa pada gigi lalu diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu sikat gigi seperti biasa menggunakan pasta gigi.

Selain untuk memutihkan gigi, menurut penelitian minyak kelapa juga dapat mencegah gigi keropos. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Di antaranya meningkatkan metabolisme, membantu menyerap mineral, menjaga kadar gula, dan menurunkan berat badan.(Hmz/Aka)