Antusias Siswa Siswi Sekolah di Malang Mengikuti Edukasi Safety Riding

Safety riding di sekolah. (Istimewa)
Safety riding di sekolah. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distrubutor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT memberikan edukasi kepada siswa siswi sekolah di Malang pada 10 – 11 Maret 2020.

Dengan mengambil tema Kemanapun Perginya Selalu Cari_Aman, sebanyak 150 peserta yang berasal dari SMAN 10 Malang dan SMK Brawijaya Batu mengikuti edukasi safety riding bertujuan agar memahami pentingnya keselamatan lalu lintas, mengetahui rambu-rambu lalu lintas, serta keselamatan saat berada di sekitar jalan raya.

Selain itu juga diberikan pengetahun edukasi kelengkapan keselamatan berkendara yang wajib dipakai sebagai dasar agar mendapatkan hal hal berharga dalam hidupnya.

“Edukasi ini sangat penting untuk generasi muda terutama di tingkat pendidikan paling bawah, di mana anak anak dengan sangat mudah untuk diberikan bekal ilmu safety riding sehingga ke depan dapat memahami dan mempraktekkan hal hal baik yang berkaitan dengan keselamatan saat berada di lalu lintas,” kata Mizidianto selaku instruktur Safety Riding MPM.(Der/Aka/Adv)

BNN Kota Malang

Tiga Makanan Sehat Wajib Dikonsumsi Guna Tangkal Virus Penyakit

Sayur dan buah sehat penangkal virus
Sayur dan buah sehat penangkal virus (Discover Magazine)

MALANGVOICE – Musim pancaroba yang identik terjadi di awal tahun memang menjadi momen tepat untuk perkembangbiakan berbagai virus berbahaya.

Apalagi pergantian cuaca ekstrem di pagi dan siang hari dapat membuat kekebalan tubuh menurun. Sehingga, tubuh berisiko terserang penyakit. Termasuk virus corona yang sedang marak diperbincangkan dunia beberapa waktu belakangan ini.

Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putratanto berulang kali mengimbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh sebagai penangkal berbagai penyakit termasuk virus flu tersebut.

Nah, menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan seseorang untuk mencegah penularan coronavirus/2019-nCoV. Berikut MVoice merangkum beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi demi meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Daging Salmon

Salmon diketahui kaya protein yang dikemas dengan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Peradangan adalah respons normal tubuh terhadap jaringan yang terluka. Tapi terlalu banyak peradangan dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, ikan ini juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik. Dan ikan ini juga menyediakan selenium, antioksidan yang memengaruhi respons imun, vitamin D, dan vitamin B-12 yang membantu menghasilkan senyawa yang berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.

2. Buah Jeruk

Ketika orang setelah mengalami gejala batuk, demam atau flu biasanya langsung mengonsumsi vitamin C. Alasannya, yakni karena vitamin C dinilai mampu membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat menangkal infeksi.

3. Sup Ayam

Sup ayam merupakan salah satu masakan yang dinilai memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk tubuh. Biasanya, isian dari masakan ini terdiri dari sayur-sayuran seperti wortel, tomat, dan brokoli yang memiliki kandungan vitamin dan mineral lengkap untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nikmati dalam keadaan hangat, menu makanan ini juga dapat mengembalikan energi tubuh setelah seharian disibukkan dengan padatnya aktivitas.

Mengonsumsi sayur sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, jadi pastikan kamu tidaj melewatkannya ya.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Single Senandung Terang, Porthlash Ajak Pendengarnya Move On dari Keterpurukan

Personel band Porthlash. (Istimewa)
Personel band Porthlash. (Istimewa)

MALANGVOICE – Band alternatif rock asal Malang Porthlash merilis single pertamanya berjudul “Senandung Terang”. Dirilis dalam format video lirik, lagu perdana Porthlash ini sudah bisa dinikmati di kanal Youtube mereka mulai Kamis, 20 Februari 2020.

Vokalis Porthlash Cornelius Karuniapio Threeding (Pio) mengatakan, pembuatan single ini terinspirasi dari perjalanan hidup manusia, yang pasti pernah mengalami fase keterpurukan. Entah itu terpuruk karena masalah percintaan, karir, keluarga, pertemanan, dan lain-lain.
Senandung Terang ini berkisah tentang seseorang yang dulunya terpuruk dalam kesedihan, lalu berangsur-angsur bangkit.

“Senandung Terang” bisa saja dimaknai seperti halnya proses move on dalam hal percintaan,” katanya.

Ia melanjutkan, awal lirik mengungkapkan kesedihan dalam keterpurukan. Namun, saat memasuki reff, mulai menemui kesadaran untuk tidak terkungkung dalam keterpurukan tersebut.

“Manusia pastinya pernah berhenti sejenak pada proses keterpurukan, khususnya dalam urusan memadu kasih dengan pasangan lawan jenis. Proses bangkit dari keterpurukan tersebut benar-benar dapat membentuk jati diri seseorang yang sebelumnya hancur lebur menjadi pribadi yang tabah dan bijaksana,” urai Pio.

Gitaris sekaligus komposer dan produser, Clementinus Ken Baruna (Ken) menambahkan, bahwa single ini terinspirasi dari musik di era 90-an akhir dan 2000-an.

“Kita semua satu band seumuran. Dan sama-sama mulai menyukai musik di tahun 90-an akhir dan 2000-an. Jadi terinfluence dengan band-band di tahun itu yang sering muncul di MTV,” ujar pria berkacamata ini.

Band-band yang dimaksud, lanjut dia, di antaranya The Smashing Pumpkins, Foo Fighters, dan Snow Patrol. Maka dari itu, single ini memiliki komposisi yang simple, chord-chord yang sederhana, dan lirik-lirik yang rendah hati.

“Tone drum dan tone gitar itu khas 90-an banget. Tidak banyak efek aneh-aneh. Kita juga pilih lirik bahasa Indonesia agar lebih mudah menyampaikan pikiran,” imbuhnya.

Sementara, untuk video lirik digarap oleh Hafiyyan Nur Cholis (Hafi) selaku bassist. Ia menyampaikan, video lirik ini dibuat sesederhana mungkin dengan gear seadanya.

“Kami mencoba menyuguhkan konsep sederhana, namun masih dapat dinikmati baik secara gambar maupun sebagai video lirik. Kendalanya mungkin cuaca Kota Malang yang akhir-akhir ini cenderung hujan dan bahkan banjir. Dengan konsep riding-take, tentu hal tersebut mempengaruhi,” tandasnya.

Dilian Caesar Rura Patulak (gitaris) menyatakan, single “Senandung Terang” merupakan pembuka album pertama mereka yang rencananya akan dirilis tahun ini.

“Kita masih mempunyai 2 single lagi yang sedang melalui tahap mixing dan mastering oleh Bambang Iswanto dari The Morning After,” pungkas Octavianus Brahma (drummer).(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Lagu Corona Menuai Kecaman Netizen

Tangkapan layar video viral lagu 'Corona' yang dinyanyiian Alvi Ananta di akun Facebook Lagu Dangdut Terbaru
Tangkapan layar video viral lagu 'Corona' yang dinyanyiian Alvi Ananta di akun Facebook Lagu Dangdut Terbaru

MALANGVOICE – Merebaknya virus Corona di berbagai belahan dunia, tak luput dari kreativitas pegiat seni Banyuwangi dalam mengolah berbagai momentum menjadi sebuah karya seni.

Kemunculan sebuah single lagu berjudul ‘Corona’ yang dinyanyikan biduan Alvi Ananta baru-baru ini cukup menyita perhatian publik.

Bahkan, lagu dan videonya berhasil menghebohkan dunia hiburan tanah air sebab dianggap kontroversial. Bagaimana tidak, saat ini dunia tengah dilanda kekhawatiran terkait penyebaran virus corona atau COVID-19 di Wuhan.

Namun, tembang beraransemen dangdut koplo tersebut kurang berkenan di hati para netizen. Sehingga single tersebut menuai banjir kritikan negatif.

@Prolita, “Orang tiap negara lg berduka termasuk kami yg lg tinggal di luar negri. Ini malah dibikin lagu..
Sungguh memaku kan yang bikin lagu. Padahal itu penyakit yg sangat mengancam kesehatan km,”

@CheNuul Cunniiill, “INDONESIA kena musibah… PMI berbondong2 ngumpulin aumbangan, walau gak seberapa kadang jg gak terlihat… Eehhh ini bukannya berbondong-bondong doain para PMI… Malah berbonding2 ciptain lagu…. Anehhhh,”

@Ngk mutu. Wong dunia lg berjuang melawan corona dia malah joged”. Ngk usah di buat guyin kyk gini.ngk kucu.mala kelihatan bodohnya kita,”

Diketahui, lagu ini viral setelah diunggah akun Facebook Lagu Dangdut Terbaru pada Sabtu (29/2) kemarin sekitar pukul 00.19 WIB. Hingga berita ini diturunkan postingan tersebut sudah 2,4 ribu kali dibagikan dan dikomentari 359 netizen.(Hmz/Aka)

BNN Kota Malang

Ingin Hati Sehat? Berikut Makanan dan Minuman yang Seharusnya Dihindari

Ilustrasi organ hati manusia
Ilustrasi organ hati manusia

MALANGVOICE – Hati atau Liver merupakan salah satu organ tubuh yang paling sibuk setiap hari. Hati berfungsi menyaring racun dan membuat enzim.

Hati bekerja sepanjang hari untuk memastikan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan serta menjaganya dari racun. Selain itu juga menyaring udara ketika kita bernapas.

Sementara, ketika hati tidak bekerja dengan baik mungkin tubuh akan merasa lemah, murung, dan kembung. Dalam beberapa kasus bahkan menjadi lebih sering lapar.

Nah, untuk membantu menjaga hati tetap sehat dan bersih ada banyak cara yang dapat dilakukan. Yakni dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan fungsi hati menjadi lemah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum makanan yang sebaiknya dihindari dikarenakan menimbulkan masalah pada liver.

1. Makanan Digoreng

Diketahui, gorengan terutama dari restoran cepat saji memiliki efek negatif terhadap kesehatan hati. Khusunsnya kentang goreng atau ayam goreng renyah isi keju, memiliki efek buruk pada hati mirip dengan hepatitis.

Sebab, kentang goreng merupakan karbohidrat plus lemak. Minyak yang terkandung di dalamnya cukup banyak.

Sementara, spesialis transplantasi hati Dr. Ming V. Lin, mengatakan bila makanan ini menyebabkan naiknya glukosa darah dan dapat meningkatkan timbunan lemak di hati.

Mengonsumsi ini secara berlebihan dapat memiliki efek yang tidak baik pada hati, serta meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Selain itu, makanan yang perlu diwaspadai lainnya yakni seperti goreng-gorengan, roti sandwich, stik mozarella, dan donat.

2. Soda

Selanjutnya yakni soda, sebab di dalamnya banyak mengandung sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS). Salah satu zat terburuk yang dapat menimbulkan masalah pada hati kamu. Bahkan jika soda dibuat dengan gula tanpa menggunakan HFCS, itu juga tidak baik untuk hati kamu.

Salah satu fungsi lain yang dilakukan hati yakni mengubah gula menjadi lemak. Terlalu banyak pemanis, hati akan memproduksi lebih banyak lemak. Kelebihan lemak dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Tentunya kndisi ini dapat membahayakan kesehatan.

3. Sodium

Makanan yang mengandung sodium tinggi umumnya berasal dari makanan kalengan seperti sop instan. Dalam jumlah normal sodium membantu mengatur cairan dalam tubuh dari tekanan darah.

Namun, jika terlalu banyak sodium dapat menyebabkan kelebihan cairan dalam hati. Makanan yang mengandung banyak sodium di antaranya yakni daging, keju, pizza, dan kecap.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Tetap Sehat dan Mengenyangkan, Berikut 5 Makanan Pengganti Nasi

Semangkuk Nasi (Hellosehat.com)
Semangkuk Nasi (Hellosehat.com)

MALANGVOICE – Bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Sebab, selain mengenyangkan juga dikenal sebagai sumber karbohidrat utama. Nasi biasanya dikonsumsi bersamaan dengan makanan lainnya.

Namun, perlu diketahui mengonsumsi nasi terlalu banyak ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti kegemukan hingga diabetes.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang diet disarankan untuk tidak mengonsumsi nasi. Tapi tak perlu khawatir, melansir dari berbagai sumber berikut MVoice merangkum beberapa makanan pengganti nasi yang dapat Anda konsumsi.

1. Kale

Kale termasuk jenis sayuran sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan, karena menawarkan banyak manfaat bagi tubuh.

Kale diketahui kaya dengan serat, vitamin C dan K, serta antioksidan karoten. Sehingga dapat dijadikan makanan pengganti nasi. Dalam 100 gram kale mengandung 10 gram karbohidrat.

2. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang mengandung tinggi serat, vitamin C, folat, vitamin K, dan antioksidan karoten. Dibandingkan sayuran lainnya, asparagus memiliki kandungan protein yang tertinggi. Perlu diketahui, dalam 100 gram asparagus terdapat 2 gram karbohidrat.

3. Shirataki

Selanjutnya, shirataki juga mulai populer sebagai pengganti nasi yang rendah kalori. Shirataki berasal dari Jepang yang disebut juga ‘white waterfall’.

Terbuat dari akar konjac, banyak orang Asia yang kini mulai beralih ke shirataki. Sebab selain rendah lemak, juga mengandung banyak serat yang disebut glucomannan.

4. Daging

Selain sayur, makanan pengganti nasi berikutnya yakni daging sapi dan domba. Sebab daging sapi dapat membuat Anda kenyang dan kaya dengan nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin B12.

Kemudian, domba juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat. Domba cenderung tinggi dalam fatty acid conjugated linoleic acid (ACL). Daging sapi maupun domba tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Selain itu yakni ayam. Ayam mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik.

Jika Anda melakukan diet rendah karbohidrat, meningkatkan asupan daging mungkin merupakan solusi yang tepat.

5. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling populer untuk meningkatkan kesehatan. Sebab salmon mengandung lemak sehat yaitu omega-3 yang berguna untuk menjaga jantung tetap sehat.

Selain itu, salmon juga mengandung vitamin B12, yodium, dan vitamin D3 dalam jumlah yang cukup.(Hmz/Aka)

BNN Kota Malang

Ingin Melakukan Waxing? Perhatikan Risikonya Terhadap Kesehatan Kulit

Ilustrasi waxing (foto: alodokter.com)
Ilustrasi waxing (foto: alodokter.com)

MALANGVOICE – Bagi wanita, tumbuh bulu di area tubuh tertentu bisa sangat mengganggu penampilan. Sehingga tidak sedikit kaum wanita memilih perawatan waxing.

Waxing adalah pola penghilangan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya.

Meski waxing dinilai sebagai cara mudah dan efektif untuk menghilangkan rambut di seluruh tubuh Anda. Sebelum melakukan waxing, sebaiknya perlu mengetahui efek samping atau bahaya waxing untuk kesehatan Anda.

Melansir dari laman Boldsky.com berikut MVoice merangkum beberapa efek samping dari waxing.

1. Perdarahan Kecil di Bawah Kulit

Pada orang yang memiliki kulit sangat sensitif, akan timbul benjolan kemerahan, ruam kulit, atau perdarahan kecil di bawah kulit setelah melakukan waxing.

Hal itu juga dapat terjadi setelah Anda melakukan waxing di daerah sensitif, seperti bikini atau daerah kemaluan.

2. Kemerahan dan Iritasi

Kebanyakan orang yang melakukan waxing mengalami kulit kemerahan dan iritasi setelahnya. Iritasi kulit ini dapat mudah diatasi dengan menggunakan kompres dingin selama beberapa menit setelah melakukan waxing.

3. Rambut Tumbuh ke Dalam

Tidak hanya mencukur saja yang membuat pertumbuhan rambut menjadi ke dalam. Efek serupa juga dapat terjadi ketika melakukan waxing.

Namun, untuk menghindari rambut yang tumbuh ke dalam, hal yang dapat Anda lakukan yakni eksfoliasi menggunakan scrub pada bagian tubuh yang hendak di waxing.

4. Pengenduran pada Kulit

Kulit mengendur adalah efek samping terbesar setelah melakukn waxing. Hal tersebut dapat terjadi lantran waxing akan menarik paksa kulit untuk mencabut bulu. Sehingga kulit kehilangan keelastisitasnya dengan penarikan yang konstan.

Nah, sehingga disarankan untuk tidak waxing terlalu sering. Berikan jeda sebulan setiap kali waxing. Kemudian tetap menjaga kelembapan dan nutrisi kulit.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Hindari Penggunaan Scrub Wajah saat Kulit dalam Kondisi Ini

Ilustrasi. (Foto: shutterstock)
Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

MALANGVOICE – Scrub wajah merupakan salah satu jenis perawatan yang diketahui dapat secara efektif membersihkan wajah dari kotoran, mengecilkan pori-pori hingga mengangkat sel-sel kulit mati.

Namun, sayangnya tak sedikit para wanita justru mengalami iritasi selama proses pengelupasan kulit atau exfoliation.

Sebab wajah merupakan bagian kulit yang sangat lembut dan sensitif. Oleh sebab itu, mengapa Anda perlu berhati-hati dalam penggunaan scrub wajah.

Melakukan scrub wajah ada aturannya lho. Berikut MVoice merangkum beberapa kondisi kulit yang sebaiknya tidak menggunakan scrub wajah atau tidak melakukan eksfoliasi.

1. Kondisi Kulit Ekstra Kering

Kulit kering cenderung lebih sensitif. Di saat kamu menggunakan scrub wajah, maka butir scrub justru mampu membuat kulit jadi terluka dan teriritasi.

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, pilihlah chemical exfoliator seperti kandungan glycolic acid yang ada di dalam toner, sehingga bekerja lembut mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit secara lebih baik.

2. Kondisi Kulit Berjerawat

Bagu Anda yang memiliki wajah sensitif atau tengah berjerawat, sebaiknya menghindari perawatan yang melibatkan scrubbing.

Sebab, mengikis kulit mati mengakibatkan jerawat lebih parah karena meningkatkan risiko tersebarnya bakteri ke bagian wajah lainnya. Sebagai solusinya, Anda dapat memakai kain atau sikat lembut saat ingin eksfoliasi.

3. Kondisi Kulit Telah Melakukan Chemical Exfoliation

Perawatan eksfoliasi bisa dilakukan beragam cara mulai eksfoliasi fisik menggunakan scrub, atau eksfoliasi kimia alias chemical exfoliation menggunakan kandungan acid seperti AHA dan BHA.

Proses chemical exfoliation biasanya akan menjadikan kulit lebih sensitif untuk sementara waktu. Dan di saat Anda menggunakan scrub, tentunya kulit akan terasa perih. Sehingga memicu timbulnya iritasi hingga breakout.

Jadi, gunakan produk lembut yang dapat memberikan efek soothing di saat kamu telah mengaplikasikan produk chemical exfoliation.

Perlu diketahui pengikisan kulit mati baik dengan scrubbing atau alat sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Hal tersebut dapat menyebabkan sejumlah efek samping negatif, seperti membuat kulit dehidrasi, bersisik, kemerahan, sensasi terbakar hingga hiperpigmentasi.

Disarankan agar Anda mengeksfoliasi kulit setiap dua sampai tiga hari sekali saja.(hmz/ulm)

BNN Kota Malang

Ini Alasan Perempuan Hamil Mengalami Pusing Hingga Mau Pingsan

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

MALANGVOICE – Pusing saat masa kehamilan seringkali dikeluhkan perempuan. Baik di trimester pertama, kedua atau bahkan hingga sampai ketiga.

Bahkan salah satu pusing yang dialaminya bisa sampai berujung pingsan selama hamil. Namun, tidak semua perempuan hamil mengalami hal tersebut.

Beberapa perempuan ada yang mengalami masa kehamilannya mudah hingga sampai melahirkan.

Terlepas dari itu, terkait masalah pusing di masa kehamilan, berikut MVoice merangkum beberapa alasannya tiap trimester :

Trimester Pertama

Di trimester pertama ini, pada umumnya disebabkan oleh perubahan hormon. Kemudian karena perubahan melebarkan dinding pembuluh darah.

Kedua hal itulah yang menimbulkan penurunan tekanan darah pada perempuan hamil. Akibatnya membuat pusing dan lemas.

Kemudian, saat itu pula tubuh sedang menyesuaikan diri menjaga makanan dan cairan tubuh.

Trimester Kedua

Pada trimester ini, pada umumnya disebabkan adanya peningkatan volume darah hingga 30%.

Hal ini karena janin sedang tumbuh dan menekan pembuluh darah. Akibatnya, saat tekanan darah meningkat menyebabkan pening dan pusing.

Disisi lain, perempuan pusing bisa juga dehidrasi dan kepanasan dan kurang cairan tubuh dan menyebabkan tubuh lemas.

Kemudian, alasan lain yaitu karena turunnya kadar gula darah. Hal itu menyebabkan pusing pada perempuan hamil.

Maka dari itulah, perlu asupan karbohidrat cukup selama masa kehamilan.

Dan untuk masalah ini tidak hanya terjadi di trimester pertama dan kedua. Bisa jadi juga terjadi di trimester ketiga.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Kritik Eksploitasi Alam Indonesia, MINOR Luncurkan Single Disertasi Alam

Minor. (Istimewa)
Minor. (Istimewa)

MALANGVOICE – Minor meluncurkan single barunya berjudul Disertasi Alam, awal Februari 2020 ini. Konsisten berkutat menyikapi persoalan negara, single kedua ini menyuarakan eksploitasi alam Indonesia yang kian mengkhawatirkan.

Lagu bergenre pop dark ambient ini menyoroti eksplorasi alam yang mengabaikan hak-hak masyarakat, terlebih hak lingkungan. Minor mengajak pendengarnya mencegah deforestasi atau penebangan hutan (avoided deforestation). Sebab, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sejak tahun 2014 sampai dengan 2018, luas hutan Indonesia, terutama Kalimantan dan Sumatera telah berkurang hingga 2,6 juta hektare.

Berry Minor menjelaskan, lagu Disertasi Alam bertujuan menyebarluaskan mengenai problematika Indonesia, terutama lingkungan yang terus dirusak secara membabi buta. Mirisnya hal itu diklaim sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan.

“Kami menjajaki tentang si ibu bumi.
Rangkuman kecil tentang eksploitasi alam yang kami gambarkan dan judulkan Disertasi Alam. Mencatat dan ber-aluna (bernyanyi) mempertanyakan agreement para a greed ment (keserakahan),” ujar pemilik nama lengkap Fahzlurr Berri Almustapha ini.

Masih berpedoman data hasil riset, perubahan peruntukan tanah semakin mendorong terjadinya emisi tahunan karbon dioksida (CO2) sebanyak antara 18% dan 20%. Eksploitasi alam yang berlebihan seperti produksi dan ekspor batu bara Indonesia yang mencapai 7,2 persen dan 16,1 persen dari porsi (share) dunia. Padahal, cadangan Indonesia hanya 2,2 persen dari porsi dunia. Serta cadangan minyak Indonesia sebesar 3,2 miliar barel yang berarti hanya 0,2% dari total cadangan dunia.

Belum lagi program green industry, kendaraan listrik dan penggunaan panel-panel surya yang belum merata. Hal itu disebabkannya harga produk relatif tidak terjangkau. Minor menyakini hal itu semata-mata sebagai eksistensi kepentingan dua kubu, yakni perusahaan tambang energi dan penggunanya dengan perusahaan energi alternatif dan produknya.

“Dengan ini (single Disertasi Alam) kami mengacu pada pencegahan atau pengurangan hilangnya hutan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca,” sambung dia.

Menjadi kegelisahan yang menjadi-jadi, Minor justru mempertanyakan bagaimana nasib rakyat kecil dan masyarakat adat yang tergusur. Problematika negara tak kunjung reda, bahkan hanya semakin menguatkan kepentingan kelompok tertentu dan korporat.

“Belum lagi persoalan BPJS yang menunggak,upah yang tidak sesuai, sistem kontrak kerja outsourcing, lapangan kerja yang sempit, harga bahan pokok yang terus naik, sarjana yang putus asa, pedagang dan rumah-rumah yang tergusur, konflik hak atas tanah, pendidikan yang semakin mahal, tetap menjadi teror yang semakin terjawab dari waktu ke waktu,” beber dia.

Judul Disertasi Alam, masih kata Berry, dipilih juga sebagai bentuk sindiran kepada para akademisi Indonesia yang jarang mengangkat praktik-praktik eksploitasi alam dan kondisi masyarakat kecil.

“Jurnalnya pasti soal potensi dan potensi, nah semakin tinggi strata pendidikan kampus semakin jauh dari masyarakat bawah,” pungkasnya.

Karya musisi asli Malang ini juga telah bisa dinikmati Chanel YouTube Minor, di https://youtu.be/aFfKgE-3zaA. Sebelumnya, Minor telah menelurkan single perdana berjudul Gugur Muda, sekitar Oktober 2019. Lagu itu didedikasikan kepada lima korban tewas saat gelombang aksi demonstrasi bertajuk Reformasi Dikorupsi di berbagai daerah, 23, 24 dan 30 September 2019 lalu.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Komunitas