31 January 2023
31 January 2023
26.6 C
Malang
ad space

Masa Depan Industri Sawit di Tangan Generasi Milenial

MALANGVOICE – Masa depan industri minyak sawit Indonesia berada di tangan generasi muda,anak-anak milenial hingga generasi Z.

Untuk itu perlu penguatan strategi kampanye positif di kalangan anak-anak muda. Jika tidak, sektor kelapa sawit akan ditinggalkan.

“Mati bukan karena kehilangan permintaan tetapi karena kehilangan generasi yang melanjutkan tongkat estafet menjaga keberlanjutan industri strategis nasional ini,” tegas Ketua Bidang Komunikasi GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), Tofan Mahdi.

Baca Juga: Dua Mobil Baru Toyota Seri GR Atraksi Burnout di Jalan Soekarno-Hatta

Baca Juga: Polinema Terima Hibah Mesin dari PT Kalimantan Prima Persada

Baca Juga: Fasilitasi Alumni Terserap di Dunia Usaha dan Industri, Polinema Gelar Job Fair Jilid 2

Tofan menyampaikan hal itu dalam bincang santai dengan sejumlah wartawan di sela-sela kegiatan IPOC (Indonesian Palm Oil Conference) di Nusa Dua Bali, awal November lalu.

Tofan mengatakan, dengan pergeseran teknologi komunikasi digital yang masif, rasanya tantangan komunikasi di industri sawit bisa dihadapi dengan ringan jika semakin banyak generasi muda terlibat dan berperan aktif dalam banyak bidang di industri sawit.

“Di bidang teknis, sudah ada banyak muda yang masuk dan bekerja di industri sawit. Tetapi dalam bidang komunikasi, kampanye positif, dan advokasi kebijakan, perlu lebih banyak anak-anak muda terlibat di dalamnya,” tukas Tofan .

Tofan Mahdi yang pernah menjadi PR Terbaik Indonesia 2016 versi Majalah PR Indonesia ini mengatakan, ada tiga tantangan besar yang dihadapi industri minyak sawit.

Baca Juga: Kuliner Nusantara Rasa Bintang 5 Harga Kaki LimaTersaji di BSFF 2022 Kota Batu

Baca Juga: Kembali Fokus Benahi Psikis Pemain, Arema Urung Gelar Uji Coba

Baca Juga: Dahan Pohon Jatuh Timpa Pemotor, Satu Tewas Luka Parah di Kepala

Ketiga tantangan itu antara lain kebijakan, keberlanjutan, dan fluktuasi harga. Dari tiga tantangan tersebut, tantangan kebijakan adalah yang terberat.

“Fluktuasi harga CPO, sebagai sektor usaha bidang komoditas, kita dalam posisi tidak bisa melakukan apapun. Fluktuasi harga komoditas sepenuhnya ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran di paaar,” kata mantan Wakil Pemimpin Redaksi Jawa Pos ini.

Tantangan kedua, kata Tofan, adalah tantangan keberlanjutan. Komitmen sektor kelapa sawit terhadap tata kelola yang berkelanjutan (sustainable palm oil) adalah mutlak.

Baca Juga: Inisiasi Forum Kemitraan IISMAVO UB, Bahas Tantangan dan Kolaborasi PT Luar Negeri

Baca Juga: Selesaikan Perkara Penganiayaan di Tempat Sakral

“Terkait komitmen keberlanjutan ini, ibarat pesawat terbang yang baru lepas landas, kita sudah sampai pada titik yang tidak bisa kembali atau point of no return. Diwajibkan atau tidak, diminta Eropa atau tidak, komitmen keberlanjutan adalah mutlak,” kata Tofan yang juga menjabat sebagai Senior Vice President (SVP) of Communication, Public Affair, and Investor Relation PT Astra Agro Lestari Tbk.

Tantangan ketiga, kata dia, adalah tantangan kebijakan. Belajar dari pengalaman yang terjadi pada semester pertama tahun 2022, ada harapan yang ingin disampaikan.

Tofan berharap seluruh pemangku kepentingan dalam mata rantai industri sawit tetap kompak dan konsisten mendukung munculnya kebijakan yang pro terhadap industri sawit yang berkelanjutan.

“Teman-teman pelaku usaha dan petani sawit harus makin kompak dalam advolasi kebijakan apapun terkait sawit,” kata pria asal Pasuruan berusia 48 tahun ini.

Selain dilibatkan dalam kampanye positif sawit, kata Tofan, generasi muda juga harus mulai terlibat dalam advolasi kebijakan terkait sawit.

“Anak muda mungkin kalah dalam pengalaman, tetapi perspektif mereka akan lebih objektif dalam melihat tantangan di industri sawit. Baik tantangan itu yang berasal dari luar negeri ataupun dalam negeri,” katanya.

Tofan Mahdi mengapresiasi program-program kampanye positif sawit yang melibatkan generasi muda seperti yang dilakukan asosiasi pelaku usaha seperti GAPKI, asosiasi petani sawit, maupun pemerintah dalam hal ini BPDP KS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit).(end)

Sisa Dua Bulan Akhir Tahun Kota Malang Alami Inflasi

Melimpahnya ayam ras di pasaran menjadi salah satu terjadinya deflasi di Kota Malang. (MVoice/tanilogic.com)

MALANGVOICE – Selama 10 bulan terakhir, Kota Malang mengalami deflasi dua kali, pada Agustus dan Oktober. Faktor yang mendominasi salah satunya melimpahnya pasokan komoditas hortikultura di tengah musim panen (Agustus-Oktober 2022).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi, menambahkan, menurunnya harga daging ayam ras juga menjadi faktor dominan terjadinya deflasi.

“Harga daging ayam ini turun karena surplus pasokan live bird di tingkat peternak. Hal ini seiring dengan surplus bibit ayam atau day old chick (DOC) yang diprakirakan akan terjadi hingga akhir tahun,” katanya.

Baca Juga: PSI ‘Disemprit’ Bawaslu Kota Batu Gara-gara Pasang Baliho Capres 2024

Baca Juga: PWI Malang Raya Matangkan Persiapan Porwanas 2022

Baca Juga: Pemkot Batu Anggarkan Rp399 Juta untuk Benahi Lapangan Tingkat Desa

Kondisi surplus DOC ini, lanjutnya telah diperkirakan sebelumnya seiring dengan diberhentikannya kewajiban untuk melakukan culling dan cutting HE. Inilah yang mengakibatkan populasi ayam ras meningkat.

“Selain itu, penurunan harga pakan, khususnya jagung turut menurunkan biaya produksi. Harga jagung domestik turun didorong oleh panen raya yang terjadi hampir di seluruh wilayah,” katanya lagi kepada MVoice, Rabu (2/11).

Meski demikian, kata Samsun, memasuki dua bulan akhir 2022, Bank Indonesia memandang inflasi tahun 2022 akan lebih rendah dibandingkan dengan prakiraan awal, meski masih di atas sasaran 3,0±1 persen.

Baca Juga: Koramil 0818/29 Dau Bersama Masyarakat Gelar Karya Bhakti Pasca Puting Beliung

Baca Juga: Koramil 0818/29 Dau Bersama Masyarakat Gelar Karya Bhakti Pasca Puting Beliung

Baca Juga: Pemkot Malang Beli Lahan di Kayutangan Heritage, Tampung Parkir 500 Pengunjung

“Sinergi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dengan BI akan terus diperkuat untuk memastikan inflasi agar segera kembali ke sasaran yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Malang mengalami deflasi sebesar -0,11 persen (mtm) pada Oktober lalu.

Sementara secara tahun kalender dan tahunan tercatat mengalami inflasi masing-masing sebesar 5,72 persen (ytd) dan 6,76 persen (yoy).

Baca Juga: Dewan Pers Luncurkan Aplikasi LPE, Permudah Pengaduan dan Kontrol Karya Pers

Baca Juga: SMAN 1 Kota Batu Beri Penjelasan Dugaan Pungli Sumbangan Sukarela

Baca Juga: Manajemen Pastikan Kontrak Pemain Arema Tidak Ada Masalah

“Inflasi tahunan Kota Malang masih relatif tinggi dan di atas kisaran target inflasi 3±1 persen. Meskipun demikian, secara bulanan inflasi Kota Malang tercatat lebih rendah dari Jawa Timur yang mengalami inflasi sebesar 0,04% (mtm) dan setara dengan Nasional sebesar -0,11% (mtm),” terangnya.

Deflasi periode Oktober 2022 didorong oleh penurunan harga yang terjadi di kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil -0,19 persen (mtm).

“Deflasi yang lebih dalam tertahan oleh inflasi pada kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran dengan andil 0,06% (mtm), transportasi 0,02% (mtm), dan kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,01% (mtm),” lanjutnya.

Berdasarkan komoditasnya, kata Samsun, deflasi Oktober 2022 di Kota Malang terutama didorong oleh penurunan harga cabai rawit dengan andil -0,07 persen (mtm), daging ayam ras -0,06 persen (mtm), telur ayam ras -0,05 persen (mtm), angkutan udara -0,04 persen (mtm) dan cabai merah -0,03 persen (mtm).

“Deflasi pada cabai rawit dan cabai merah sejalan dengan pasokan yang melimpah di tengah terjadinya musim panen di berbagai sentra produksi,” ujar pria kelahiran Bangil ini.

Tentang penurunan harga daging ayam ras, Samsun menyebut disebabkan over populasi yang melebihi daya serap pasar. Di sisi lain penurunan tarif angkutan udara sejalan dengan munculnya kebijakan pemerintah.

“Yakni menggratiskan tarif Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk jasa pendaratan, penempatan, dan penyimpanan pesawat udara hingga 31 Desember 2022,” imbuhnya.

Samsun juga menyebut deflasi lebih dalam tertahan oleh kenaikan harga pada komoditas bensin dengan andil 0,03 persen (mtm). Kemudian minyak goreng 0,02 persen (mtm), mie 0,02 persen (mtm), tahu mentah 0,02 persen (mtm), dan tarif kendaraan roda dua online 0,02 persen (mtm).(end)

BTPN Luncurkan Kartu Kredit Jenius Visa

Kartu Kredit Jenius Visa

MALANGVOICE – Bank BTPN meluncurkan inovasi terbaru dari produk Jenius, yaitu Kartu Kredit Jenius Visa yang serba digital dan dapat dikelola dengan lebih simpel melalui aplikasi Jenius.

Kartu ini diluncurkan bersamaan dengan Jenius Co.Creation Week 2022 yang mengusung tema “FuturEase” yang terdiri dari dari serangkaian acara berupa kompetisi, conference, talks, workshop sampai dengan eksibisi yang berkolaborasi dengan Semasa.

Berbagai rangkaian acara yang berlangsung pada Jumat (28/10) hingga Minggu (30/10) di Plaza Indonesia, Jakarta, dapat diikuti oleh publik untuk mendapatkan inspirasi dan berbelanja jenama lokal yang telah dikurasi.

Baca Juga: Tambah Jalur Alternatif, Ruas Jalan Dusun Klerek-Torongrejo Ditingkatkan

E-sport, Cabor Baru KONI Kota Batu

Pada peluncuran Kartu Kredit Jenius Visa di La Moda, Plaza Indonesia, Jenius mengeluarkan tiga pilihan desain kartu menarik bagi masyarakat digital savvy, yaitu Mystic Green, Rainforest, dan Deep Ocean, yang bisa dipilih sesuai preferensi penggunanya melalui aplikasi Jenius.

Digital Banking Head Bank BTPN, Irwan S. Tisnabudi, mengatakan, kartu kredit Jenius Visa ini mampu membantu masyarakat digital savvy dalam mengelola keuangan.

“Mulai dari kesulitan untuk mendaftar karena harus datang ke kantor cabang dan mengisi form berlembar-lembar, kesulitan untuk mengelola limit dan kartu tambahan, hingga proses yang panjang untuk blokir dan buka blokir kartu kreditnya. Oleh karena itu, pada acara Jenius FuturEase Fest kali ini, kami menghadirkan Kartu Kredit Jenius Visa sebagai solusi dari kesulitan-kesulitan tersebut,” kata dia.

Berbagai macam fitur canggih dan memudahkan penggunanya, kartu kredit Jenius Visa ini dapat mendaftar dan mengelola kartu kredit langsung dari aplikasi, mulai dari proses pengajuan dan aktivasi, mengatur alokasi limit, praktis blokir dan buka blokir dari aplikasi, bisa mengajukan hingga lima kartu kredit tambahan, hingga mengubah transaksi menjadi cicilan dengan Split Pay, dan tersedianya opsi Pembayaran Otomatis untuk bayar tagihan bulanan.

Bagi pengguna yang baru pertama kali memiliki kartu kredit, Kartu Kredit Jenius Visa akan membantu dalam mengelola cash flow dengan lebih baik dan mempermudah transaksi di berbagai merchant favorit. Sementara untuk pengguna yang sudah terbiasa dengan kartu kredit, Kartu Kredit Jenius Visa memberikan pengalaman baru dalam mengelola kartu kredit dengan lebih simpel langsung dari aplikasi Jenius.

Dua Teman Jenius sekaligus Brand Ambassador Jenius, yaitu Sophia Latjuba dan Eva Celia membagikan kemudahan yang dirasakan dalam menggunakan Kartu Kredit Jenius Visa.

“Proses apply sangat mudah. Saya tidak perlu datang ke bank dan mengisi form yang banyak. Pendaftaran dan aktivasi kartu dengan langkah yang simpel dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Jenius tanpa perlu mengisi informasi tambahan, melainkan hanya konfirmasi ulang. Kartu Kredit Jenius Visa juga membantu saya untuk bertransaksi lebih mudah selama berlibur ke Jerman, mulai dari sewa kendaraan hingga transaksi sehari-hari di berbagai merchant online dan offline. Fitur terbaru dari Jenius ini dapat menjadi salah satu tools untuk membantu Teman Jenius dalam mengelola cash flow dengan lebih baik,” jelas Sophia.

Sementara itu, Eva Celia yang juga memanfaatkan kartu kredit untuk bertransaksi sehari-hari mengaku mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika menggunakan Kartu Kredit Jenius Visa.

“Senang sekali semua kendali kartu kredit dapat dikelola langsung dari aplikasi. Mulai dari mengecek riwayat transaksi, memantau sisa limit, blokir dan buka blokir kartu, hingga mengubah transaksi menjadi cicilan semua bisa dilakukan tanpa perlu menghubungi layanan call center atau pergi ke kantor cabang. Selain itu, Kartu Kredit Jenius Visa juga menghadirkan keamanan yang mumpuni, karena informasi rahasia seperti CVV dan expiry date hanya bisa diakses melalui aplikasi,” kata Eva.

Kemudahan lainnya yang dihadirkan oleh Kartu Kredit Jenius Visa adalah pengguna dapat memantau, mengelola, dan menukar Yay Points reward langsung dari aplikasi. Pengguna juga dapat menentukan sendiri Double Yay sesuai preferensi, dan mengatur wishlist rewards dari katalog yang tersedia.(der)

Bersihkan Sepatu Tak Harus Mahal, Satria Shoes Wash Solusinya

Petugas Satria Shoes Wash saat membersihkan sepatu. (MVoice/Ist).

MALANGVOICE – Bagi yang ingin tampil stylish dengan sepatu bersih, Surya Satria Shoes Carwash (SSSW) hadir sebagai solusi.

Berlokasi di Jalan Cengkeh, kawasan Soekarno Hatta (Suhat) Kota Malang, SSSW merupakan jasa cuci sepatu yang cepat, praktis dengan tarif terjangkau. Bahkan terjamin keamanan bahan pencuci yang dipakai bagi kesehatan manusia.

Owner dan Founder Surya Satria Shoes Wash, David Irwanto mengatakan, kehadiran SSSW memang untuk memanjakan masyarakat Malang Raya. Karena itu lokasinya dipilih relatif terjangkau, yakni di dalam Surya Satria Carwash kawasan Suhat.

Kami buka mulai pukul 08:00-16.00 WIB,” ucapnya, saat ditemui di SS Carwash, Jumat (30/9).

Menurut David, SSSW yang buka 08.00-16.00 memang bisa jadi solusi bagi masyarakat yang malu jika tampil dengan style sepatu kurang bersih namun tidak sempat buat cuci sepatu sendiri di rumah.

“Untuk tarifnya relatif terjangkau. Hanya Rp30 ribu, bisa merasakan sensasi seperti memakai sepatu baru,” jelasnya.

David menjelaskan, untuk jenis pembersihan sepatu ada bermacam-macam, seperti fast cleaning, deep cleaning, deep clean express, kids shoes, kid shoes express dan sandal atau slipper tergantung kondisi sepatu yakni bisa dibersihkan sebagian, atau ingin yang total.

“Semuanya ditangani oleh tenaga ahli cuci sepatu. Termasuk bahan yang kami pakai, dijamin tidak merusak warna, kulit atau bahkan bentuk sepatu,” terangnya.

Lebih lanjut, David menceritakan, di SSSW ini rata-rata sepatu yang dibersihkan itu karena bermasalah pada noda yang susah dihilangkan, seperti minyak, oli atau lumpur dan kotoran lainnya.

“Karena ada beberapa jenis lumpur atau tanah basah, yang sulit dihilangkan. Ketika sudah meresap ke sepatu. Butuh perawatan khusus. Namun, di Surya Satria Shoes Wash, semuanya bisa diselesaikan. Sepatu Anda dijamin keluar seperti baru lagi. Kalau bisa cuci sepatu cepat kenapa harus lama? Jadi kecepatan, dan kebersihan optimal jadi garansi disini,” tukasnya.

Sebagai informasi, untuk masyarakat yang menginginkan jasa layanan pencucian sepatu ini bisa mampir di IG : ssshoeswash atau informasi lebih lanjut ke nomer WA: 081234362004.(end)

Lewat Hyundai STARGAZER, HMID Sapa Masyarakat Kota Malang

Tampak depan Hyundai STARGAZER. (MVoice/Ist).

MALANGVOICE – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyapa Kota Malang dengan menghadirkan produk Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya, Hyundai STARGAZER.

Kendaraan roda empat ini sebenarnya sudah diluncurkan, secara resmi di pergelaran GIIAS 2022 pada 11 Agustus 2022, lalu.

Di Malang, HMID memamerkan produk terbarunya melalui Hyundai Mall Exhibition, yang digelar di Mall Olympic Garden (MOG) sejak Rabu (31/8) hingga Ahad (4/9/2022).

Melalui pameran ini, Hyundai menghadirkan produk Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya, Hyundai STARGAZER, yang baru diluncurkan secara resmi di pergelaran GIIAS 2022 pada 11 Agustus 2022 lalu.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur mengatakan, melalui pameran ini, selain memberikan sejumlah promo menarik, HMID juga menyediakan test-drive mobil Hyundai STARGAZER, supaya pengunjung dapat merasakan pengalaman langsung mengendarai tersebut.

“Kami menghadirkan Hyundai Stargazer sebagai produk MPV terbaru, telah disesuaikan karakteristik masyarakat sekaligus menjawab kebutuhan berkendara keluarga Indonesia,” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/9/).

Makmur menjelaskan, Stargazer ini mengusung tipologi konsep kendaraan Sleek One Box. Konsep ini membuat kendaraan tampak dinamis, ekspresif, dan futuristis.

“Ciri khas ini diperkuat dengan adanya Horizontal DRL, yang melintang pada bagian depan kendaraan. Sebagai tanda, Stargazer diluncurkan pertama kali di Indonesia, sebuah negara yang terletak di garis Khatulistiwa,” jelasnya.

“Di sisi belakang, diperkuat identitas Stargazer dengan Distinctive H Rear Lamp yang ikonik. Lampu belakang berbentuk huruf H, agar mudah dikenali sebagai produk Hyundai,” tambahnya.

Sedangkan, lanjut Makmur, dari segi dimensi kendaraan, Hyundai Stargazer dipastikan menjadi MPV tangguh, yang siap menemani setiap perjalanan keluarga Indonesia.

“STARGAZER memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.695 mm, jarak sumbu roda sepanjang 2.780 mm, serta jarak overhang sisi depan 800 mm dan sisi belakang sepanjang 880 mm,” terangnya.

Selain itu, Makmur menegaskan, Multifunctional Storage Space menjadi konsep utama dalam mendesain interior Stargazer. Dengan konsep ini, bisa memaksimalkan ruang yang tersedia untuk penyimpanan. Seperti adanya glove box, console tray, cup holder pada sisi pintu, dan lainnya.

“Banyaknya ruang penyimpanan yang praktis membuat ruang kabin jauh lebih lega tanpa mengurangi kenyamanan penumpang,” tegasnya.

One Curve Design pada kendaraan menciptakan lengkungan di langit-langit kendaraan, sehingga menghasilkan headroom dari baris pertama hingga ketiga menjadi jauh lebih lapang.

Selain itu, suasana mewah semakin terasa dengan Ambient Mood Lighting, yang menghiasi interior Stargazer.

Dari segi performa, Stargazer memiliki mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500rpm.(end)

Uang Baru 2022 Bisa Ditukar di Pasar-pasar Ini di Kota Malang

Samsun Hadi menunjukkan perbedaan pecahan Rp2.000 dan Rp20.000 yang sangat mencolok. (MVoice/noordin)

MALANGVOICE – Bank Indonesia Malang menyiapkan Rp1,28 triliun uang pecahan tahun emisi (TE) 2022. Terdapat tujuh pecahan uang baru ini, mulai Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

Khusus di Kota Malang, BI Malang menurunkan kas keliling di beberapa pasar untuk memudahkan masyarakat menukarkan uang TE 202. Jadwal kas keliling di pasar-pasar tersebut juga sudah diatur.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KKpw BI) Malang, Samsun Hadi, kepada wartawan, Jumat (19/8), mengatakan, pecahan kertas TE 2022 memang tidak berbeda dengan pecahan sebelumnya, TE 2016.

Baca Juga: Dari Kasus Brigadir J, Pakar Manajemen Krisis UB Sarankan Polri Jalankan Prinsip Kebenaran dan Transparansi

Baca Juga: Keuangan Daerah 2023 Kota Batu Diproyeksikan Defisit Rp70 Miliar

Kesamaan itu antara lain mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan. Kemudian tema kebudayaan Indonesia (tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan uang TE 2022 dibanding TE 2016, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

“Inovasi ini agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan,” ujarnya.

Baca Juga: Peras Korban hingga Belasan Juta Rupiah, Oknum Wartawan Diciduk Polisi di Gondanglegi

Baca Juga: Kombespol Budi Hermanto Dinobatkan Sebagai Bapak Disabilitas Kota Malang

Selain itu serta lebih sulit dipalsukan sehingga uang rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kata Samsun, masyarakat dapat melakukan penukaran Uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling ritel yang disediakan Bank Indonesia. Untuk bank baru bisa dimulai Senin (22/8).

Inilah uang kertas pecahan tahun emisi (TE) 2022. (MVoice/noordin)

Adapun beberapa pasar yang dilayani kas keliling ritel di Kota Malang antara lain Pasar Sukun (19 dan 29 Agustus), Pasar Oro-oro Dowo (22/8), Pasar Sawojajar (26/8).

“Bisa juga pemesanan penukaran di kas keliling melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses di laman https://pintar.bi.go.id,” imbuhnya.

Baca Juga: Detik-detik Proklamasi, Pengguna Jalan di Kepanjen Diberhentikan

Meski demikian, BI Malang membatasi penukaran maksimal lima paket per orang, masing-masing paket senilai Rp200 ribu.

Adapun rincian satu paket, pecahan Rp100.000, Rp50.000 dan Rp20.000 masing-masing 1 lembar, Rp5.000 (2), Rp2.000 (3), dan Rp1.000 mendapat 4 lembar.(end)

4 Solusi Gubernur BI Turunkan Inflasi Pangan 10,7 Persen

Urban farming
Warga RT 06 / RW 18 Kelurahan Bunulrejo, Blimbing, Malang sebentar lagi panen cabe. (MVoice/Noordin)

MALANGVOICE – Gubernur Bak Indonesia. Perry Warjiyo memiliki empat solusi untuk mengatasi inflasi pangan yang sedang melanda negeri ini.

Keempat solusi ini disampaikan saat Gerakan Nasional Pengendalian Infilasi Pangan (Gernas PIP), Rabu (10/8).

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan beberapa kepala daerah.

Baca Juga: Air PDAM Macet Hampir Seminggu, Warga Terpaksa Mengungsi ke Hotel dan Beli Galon Isi Ulang

Menurut Warjiyo, saat ini masyarakat sedang sumego, nikmat-nikmatnya makan setelah mengalami Covid-19 selama dua tahun.

Akibat pengaruh ekonomi global dan perang Rusia-Ukrania, Indonesia mengalami inflasi pangan hingga 10,7 persen.

“Angka ini masih lebih baik dibanding negara-negara lain di dunia. Meski demikian, kita harus bisa menurunkan inflasi ini di angka 6 persen atau bahkan 5 persen karena berimbas ke masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Kombes Buher: Terima Kasih Sudah Menjaga Suasana Kondusif di HUT Arema

Terlebih, lanjutnya, masyarakat bawah, inflasi pangan mereka bahkan bisa sampai 60 persen. Sangat berat beban mereka.

Gubernur BI, Perry Warjiyo saat kivk off Gernas PIP, Rabu (10/8). (Mvoice/noordin)

Untuk itu, lanjut Warjiyo terdapat empat solusi untuk mengatasi inflasi pangan di Indonesia ini.

Pertama, melakukan operasi pasar agar masyarakat mudah mendapatkan barang dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Arema Apresiasi Kekompakan Kepala Daerah se-Malang Raya

Langkah kedua, jalankan silaturahim dengan kerja sama antardaerah. Potensi satu daerah bisa melengkapi kebutuhan daerah lainnya.

Kemudian, upaya ketiga jangan lupakan dasar masyarakat kita adalah masyarakat petani. Terakhir, para pejabat harus dekat dengan rakyat sehingga tahu kesulitan atau kebutuhan masyarakat.

“Mari bersama kita gelorakan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan dengan semangat kemerdekaan, proklamasi menyejahterakan rakyat untuk pemulihan ekonomi menuju Indonesia maju,” ajaknya yang disambut aplaus pada undangan.

Baca Juga: Masa Penahanan Terdakwa JEP Diperpanjang 60 Hari

Bak gayung bersambut, Gubernur jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan dukungan terhadap Gernas PIP.

Tidak hanya itu, Khofifah bahkan memiliki langkah strategis pengendalian inflasi melalui 4K.

Keempat K yang dimaksud Khofifah antara lain (K)eterjangkauan harga, (K)etersediaan pasokan, (K)elancaran distribusi dan (K)omunikasi efektif.

Baca Juga: Kolam Lompat Indah Kanjuruhan Kabupaten Malang Kotor dan Berlumut

Dia tambahkan, pengendalian inflasi pangan harus dilakukan bersama lintas sektor vertikal horisontal.

“Pengendalian inflasi pangan akan memberikan dampak signifikan bagi masyarakat karena berhubungan langsung dengan kebutuhan pokok. Inflasi Jatim sendiri pada Juli 2022 sebesar 0,61 persen (mtm),” ujarnya.

Menurut Khofifah angka yang tergolong cukup tinggi tersebut harga beberapa komoditi pangan termasuk cabai.

Baca Juga: Luas Sawah Kota Batu Terus Menyusut Tergerus Kebutuhan Ruang untuk Permukiman

Cabai merah dan bawang merah sudah menurun signifikan, sementara telur dan daging ayam masih di atas harga eceran tertinggi (HET).

Alasannya memang pakan ayam, pakan ternak terutama 50 persen dari jagung menurut para peternak harganya relatif masih cukup tinggi dibandingkan HET yang ditetapkan pemerintah.

Menurut Khofifah, format-format seperti ini memang membutuhkan penyelesaian berupa macro policy secara nasional yang menjadi bagian sangat penting.

Ditambahkan, saat terjadi inflasi seperti saat ini dibutuhkan intervensi efektif para kepala daerah sehingga dibutuhkan panduan regulasi dari pusat yang clear. Panduan ini bisa dijadikan pedoman bagi pemerintah daerah.

Tentang kerja sama antardaerah, Khofifah menyebut rutin dilakukan. Salah satunya melalui kegiatan misi dagang Provinsi Jatim dengan berbagai provinsi di Indonesia yang melibatkan berbagai pihak termasuk para pengusaha dan pedagang.

“Kami ini hampir setiap bulan melakukan misi dagang, dan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur ini salah satunya tersupport sangat signifikan dari misi dan antarpulau antarprovinsi,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa TPID Jatim akan terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak mendukung upaya pengendalian inflasi pangan baik dengan kabupaten/kota di Jatim maupun dengan provinsi lain di Indonesia.

Terakhir, Khofifah yang sangat berharap inflasi pangan di bawah 5 persen mengajak kepada seluruh kepala daerah untuk saling silaturahim.

Sekaligus membangun suasana seperti harapan Gubernur BI, menurunkan inflasi pangan dari 10,7 persen ke 6 persen bahkan 5 persen.(end)

Keyakinan Ekonomi Konsumen Bulan Juli masih Terjaga

Salah satu kegiatan ekonomi masyarakat. (Mvoice/dok)

MALANGVOICE- Survei Konsumen Bank Indonesia Malang pada bulan Juli 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi masih terjaga.

“Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2022 tercatat sebesar 134,42,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Malang, Samsun Hadi.

Menurut Samsun angka ini relatif stabil meskipun lebih rendah dibandingkan capaian pada Juni 2022 sebesar 139,50.

Baca Juga: BNPT Gandeng NK Cafe Dirikan KTN Wisata dan Warung NKRI

Angka indeks 134,42 pada Juli, lanjut Samsun, bahkan tergolong terjaga karena nilai indeks yang lebih dari 100 mengindikasikan bahwa konsumen optimis terhadap kondisi maupun ekspektasi ekonomi.

Samsun lebih lanjut menjelaskan, tujuan survei konsumen untuk mengetahui keyakinan konsumen tentang kondisi ekonomi saat ini.

“Juga ekspektasi terhadap kondisi perekonomian pada enam bulan mendatang yang diukur dengan menggunakan indeks,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima MVoice, Senin (7/8).

Baca Juga: Perlu Diketahui, Ini Perbedaan Polis dan Premi Asuransi!

Sementara itu Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini tercatat stabil di angka 116,17 meskipun lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 120,83.

“Pelemahan IKE dipengaruhi oleh penurunan dua komponen pembentuknya yaitu Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Penghasilan Saat Ini,” tuturnya.

Pelemahan tersebut terindikasi akibat penurunan daya beli masyarakat karena peningkatan harga pangan.

Grafik survei konsumen. (Mvoice/dok BI Malang)

Meski demikian Samsun menyebut ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi enam bulan mendatang masih terjaga pada level optimis meski termoderasi dibandingkan bulan sebelumnya.

Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Juli 2022 tercatat 152,67 lebih rendah dari bulan sebelumnya sebesar 158,17.

Termoderasinya IEK dipengaruhi melemahnya Indeks Ekspektasi Penghasilan dan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha.

Baca Juga: Cerita Atlet Peraih Medali Kabupaten Malang Nyaris Tak Bisa Pulang ke Kampung Halaman

“Sementara Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja enam bulan mendatang terpantau mengalami peningkatan,” tutup pria kelahiran Pasuruan ini.(end)

Kenaikan Biaya Sekolah Ikut Andil Naikkan Inflasi Kota Malang

Kenaikan biaya pendidikan di SMA ikut andil menaikkan inflasi di Kota Malang. (Mvoice/unnamed-13-picsay)

MALANGVOICE – Lima komoditas menjadi pemicu naiknya inflasi di Kota Malang. Di antara lima komoditas, salah satunya adalah kenaikan tarif uang sekolah menengah atas (SMA).

Empat komoditas lain yakni angkutan udara, kue kering berminyak, bawang merah dan cabai merah.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi melalui keterangan tertulis yang diterima Mvoice Selasa (2/8).

Baca Juga: Perwakilan Anggota Askot PSSI Kota Malang Temui Sutiaji, Ada Apa?

Sebelumnya Samsun mengurai berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juli 2022 mengalami inflasi sebesar 0,76 persen (mtm); 4,74 persen(ytd) dan 5,99 perseb (yoy).

“Pada bulan sebelumnya (Juni) mengalami inflasi sebesar 0,61 persen (mtm); 3,95 persen (ytd) dan 5,30 persen (yoy),” ujarnya.

Inflasi Kota Malang sendiri terealisasi lebih tinggi dari Jawa Timur dan Nasional yang masing-masing tercatat sebesar 0,61 persen (mtm) dan 0,64 persen (mtm).

Baca Juga: Pendaftaran Dibuka 1 Agustus, 20 Parpol di Kota Batu Bersaing Lolos Peserta Pemilu 2024

“Perkembangan inflasi Juli 2022 dipengaruhi oleh peningkatan inflasi di seluruh kelompok pengeluaran,” terangnya.

Menurutnya, terdapat tiga kelompok pengeluaran penyumbang inflasi terbesar yakni kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran, transportasi, serta kelompok makanan, minuman dan tembakau.

“Andil ketiga kelompok di atas secara berurutan antara lain 0,21% (mtm), 0,15% (mtm) dan 0,15% (mtm),” imbuhnya.

Baca Juga: Penipuan Modus Ngaku Petugas Dinkes Kota Malang, Kakek di Sukun Jadi Korban

Sementara itu berdasarkan komoditas, inflasi di Kota Malang terutama didorong lima komoditas yang menjadi penyumbang inflasi terbesar.

Kelimanya antara lain, tarif uang sekolah menengah atas (SMA) dengan andil sebesar 0,12% (mtm), dan angkutan udara 0,12% (mtm).

Tiga komoditas lain yakni kue kering berminyak 0,10% (mtm), bawang merah 0,10% (mtm) dan cabai merah 0,05% (mtm).

Baca Juga: Patung “Singa Kubisme” Bermahkota Mejeng di Stadion Kanjuruhan

“Kenaikan tarif uang sekolah SMA ini seiring dimulainya tahun ajaran baru pada bulan Juli. Untuk tingkat SMP dan SD kan masih digratiskan oleh Pemerintah,” kata Samsun lagi.

Ditambahkan, Khusus kenaikan harga bawang merah dan cabai rawit disebabkan hasil panen di sejumlah daerah penghasil utama di Jawa Timur mengalami penurunan.

Selain itu, lanjutnya, kenaikan harga bawang merah dipicu harga bibit bawang merah di pasaran yang tinggi.

Baca Juga:Ngaku Wartawan Modal Foto Bersama Bupati Malang Minta Proyek ke OPD

Meski demikian,.Samsun menyebut nflasi yang lebih tinggi tertahan oleh deflasi pada berbagai komoditas.

“Komoditas antara lain minyak goreng dengan andil -0,10% (mtm), bayam -0,03% (mtm), ikan mujair -0,02% (mtm), pisang -0,02% (mtm) dan tongkol diawetkan -0,02% (mtm),” jelas pria kelahiran Pasuruan ini.

Menurutnya, penurunan harga minyak goreng sejalan dengan kebijakan intervensi Pemerintah untuk menekan harga melalui Domestic Market Obligation.

Adapun kebijakan BI Malang mendatang, Samsun mengatakan tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah.

“Baik, pemerintah pusat maupun daerah, guna menjaga inflasi berada dalam kisaran sasaran 3,0±1% pada 2022,” tegasnya.(end)

PS Glow Menang Gugatan, MS Glow Diminta Hentikan Produksi dan Penjualan

J99, satu dari enam pihak tergugat atas merk dagang MS Glow. PN Niaga Surabaya memutuskan agar MS Glow menarik produknya dari pasaran di seluruh Indonesia. (ig: Juragan 99/Malangvoice)

MALANGVOICE – PT Pstore Glow Bersinar Indonesia (PS Glow) memenangkan sidang gugatan merek dagang di Pengadilan Negeri Niaga Surabaya.

Majelis hakim menyatakan PS Glow selaku penggugat memiliki hak ekslusive penggunaan merk dagang “PS Glow” dan Pstore Glow”. Jenama jenis golongan barang/jasa kelas 3 (kosmetik itu) terdaftar pada DJKI Kemenkumham.

Putusan PN Niaga Surabaya itu dibacakan pada 12 Juli lalu. Alhasil, dengan adanya putusan itu, keenam tergugat harus menghentikan produksi dan penjualan MS Glow yang memiliki kesamaan dengan PS Glow maupun Pstore Glow.

Keenam pihak tergugat dalam sengketa merek dagang itu terdiri dari PT Kosmetika Global Indonesia, PT Kosmetika Cantik Indonesia, Gilang Widya Pramana (Juragan 99), Shandy Purnamasari, Titis Indah Wahyu Agustin, dan Sheila Marthalia.

“Menyatakan TERGUGAT I, TERGUGAT II, TERGUGAT III, TERGUGAT IV, TERGUGAT V dan TERGUGAT VI secara tanpa hak dan melawan hukum menggunakan merek dagang “MS GLOW” yang memiliki kesamaan pada pokoknya dengan merek dagang “PS GLOW” dan merek dagang “PSTORE GLOW”,” isi salinan putusan PN Niaga Surabaya diambil dari sipp PN Surabaya.

Dalam isi putusan juga memerintahkan keenam tergugat secara tanggung renteng menghentikan produksi, perdagangan dam menarik seluruh produk kosmetik dengan jenama MS Glow yang beredar di wilayah hukum Indonesia.

Ketentuan itu disertai uang paksa (dwangsom) senilai Rp1 miliar per hari, jika tergugat terlambat melaksanakan putusan.

Selain itu, Juragan 99 dan tergugat lainnya diwajibkan membayar ganti rugi secara tanggung renteng senilai Rp36 miliar tunai dan seketika.(der)