Sambut HPN, PWI Jatim Gelar Seminar Ekonomi Bahas Solusi Harga Minyak Goreng

MALANGVOICE – Menyambut Hari Pers Nasional (HPN), PWI Jatim menggelar berbagai kegiatan, salah satunya seminar nasional, Rabu (9/2) besok pukul 13.00-16.30.

Seminar bertema “Peran Pemerintah dan Dunia Usaha Dalam Stabilisasi Harga Minyak Goreng” ini diadakan secara hybrid daring dan luring.

“Kami menghadirkan pembicara kunci dari Kementerian dan Perdagangan RI, Drs Isy Karim, M.Si, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan RI,” ujar ketua HPN, Andy Setiawan SE, Selasa (8/2).

Dalam keterangan tertulisnya Andy juga mencantumkan para narasumber yaitu Togar Sitanggang selaku Waketum 3 GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), Sahat Sinaga selaku Direktur Eksekutif GIMNI (Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia) serta Dr. Imron Mawardi, S.P., M.Si. selaku pakar ekonomi Universitas Airlangga.

“Seminar ini nantinya akan membahas beberapa poin penting peran pemerintah dan dunia usaha dapat saling bersinergi untuk merumuskan solusi dalam menstabilkan harga minyak goreng yang sedang meroket saat ini,” kata Andy lagi.

Seminar ini, lanjut Andy, tidak akan terlaksana dengan baik tanpa support oleh GAPKI, GIMNI, Wilmar, serta Alfamart.

Selain seminar nasional bertema ekonomi, PWI Jatim juga menggelar seminar tema politik serta media di era digital serta donor darah.

“Puncak HPN berupa resepsi malam HPN, HUT ke-76 PWI Jatim, penyerahan PWI Jatim Award, Piala Prapanca,” pungkasnya.(end)

Gandeng Binus University Malang, Museum Satwa Tawarkan Virtual Tour 360°

Dua mahasiswi Binus University Malang mengenakan virtual reality (VR) box untuk menjelajahi Museum Satwa Jatim Park Grup (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Kemajuan teknologi sebuah keniscayaan yang tak dapat dipungkiri. Segala aspek kehidupan tak lepas darinya dan mengakar sebagai pola kebiasaan masyarakat. Apalagi sejak pandemi melanda, mengharuskan masyarakat mengurung diri. Ruang berinteraksi banyak beralih ke saluran virtual dunia digital.

Sebuah konsep hibrida pun dimunculkan di sektor pariwisata. Menggabungkan teknologi realitas virtual dan destinasi wisata atau yang dikenal virtual tour. Inovasi itu dijajal Museum Satwa Jatim Park II bekerjasama dengan Binus University Malang. Menghadirkan pengalaman baru berwisata melalui event virtual tour 360° bertajuk ‘Liburannya Milenial’.

Ide ini dicetuskan enam mahasiswa Binus sebagai strategi berwisata di masa pandemi. Wisatawan tak perlu hadir secara fisik, namun mereka tetap bisa menikmati perjalanan wisata di Museum Satwa dengan virtual reality (VR).

“Inovasi ini dibuat oleh V-Cation Event Organizer di bawah naungan prodi Public Relation Universitas Bina Nusantara Malang. Ingin memberikan solusi agar masyarakat tetap bisa liburan secara virtual,” ujar Project Manager V-Cation Event Organizer, Zidan Febrian.

Virtual tour ini juga dapat diakses melalui channel youtube Jatim Park Group. Wisatawan sudah bisa menikmati berwisata ke Jawa Timur Park 2 secara virtual 360 derajat.

Marketing dan Publik Relation Jawa Timur Park (JTP) Group, Yokka Rhismadora berkeyakinan inovasi itu tak akan menyurutkan animo wisatawan berkunjung ke JTP Grup, khususnya Museum Satwa.

Justru, hal itu bisa sebagai stimulus untuk memperkenalkan isi museum sehingga masyarakat tertarik untuk berkunjung. Menurutnya, dengan pemanfaatan platform digital ini malah menjadi salah satu ujung tombak pemasaran JTP Group.

“Pasti sensasinya beda ya, ibarat melihat konser di layar kaca dengan hadir langsung di spot. Malah ke depan, kami berharap teknologi ini ada di park-park lainnya. Bukan hanya JTP 2 saja,” sahut Yokka.(der)

Aset.id Hadirkan Solusi Beli Properti Terpercaya

Direktur Utama Aset.id, Candra Arief Sukriyanto. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Antisipasi banyaknya korban tertipu membeli tanah dan properti, Aset.id hadir memberikan solusi. Solusi itu adalah dengan dibentuknya tim verifikasi khusus.

Direktur Utama Aset.id, Candra Arief Sukriyanto, mengatakan, tim verifikasi ini nantinya akan memastikan penjual rumah atau properti adalah pemilik langsung. Ia menjelaskan, prinsip Aset.id adalah sesuai tagline property partner solution.

“Kami tidak ingin pembeli dirugikan. Biasa banyak kasus pembelian rumah, ternyata masih ada masalah seperti masih dijaminkan di bank. Kami seleksi betul di sini,” kata Candra saat launching kantor baru Aset.id di Jalan Kalpataru Nomor 145 A dan B, Jumat (7/1).

Tak hanya itu, Aset.id juga siap menjadi konsultan bagi developer baru. Mulai konsep dari awal hingga penjualan semua akan dibantu dengan tim Aset.id.

“Kami sekarang sudah kerja sama dengan delapan developer, paling banyak di Malang. Bahkan, apabila developer butuh dana bisa kami carikan, karena kami akan kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia,” lanjutnya.

Proyek Aset.id ke depan adalah launching aplikasi. Aplikasi berbentuk e-commerce ini dikatakan Candra lebih lengkap dari OLX. Tipe rumah yang dijual pun beragam, mulai rumah produktif, rumah medium, hingga rumah subsidi.

“Kami menjual pasti ada diskon, dan kembali lagi yang menjual harus dari pemilik langsung. Sementara ini kami menjual produk ada di website, mudah-mudahan tahun 2022 ini aplikasi bisa selesai,” jelasnya.

Aset.id sendiri sudah berjalan selama satu tahun. Dalam peresmian kantor barunya, Candra mengaku membuat konsep tanpa sekat agar bisa lebih dekat dengan seluruh karyawan dan konsumennya.(der)

Okupansi Hotel di Kota Batu Hanya 50 Persen saat Libur Tahun Baru, Ini Penyebabnya

Hotel Purnama Kota Batu menonjolkan panorama alam yang indah untuk memikat kunjungan wisatawan (istimewa)

MALANGVOICE – Libur tahun baru tak serta merta membuat napas lega bagi pengelola industri perhotelan di Kota Batu.

Tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel-hotel di Kota Batu masih jauh dari yang mereka harapkan.

Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan, rata-rata okupansi hotel di Kota Batu masih berkisar 50 persen saja.

Kondisi ini tentu saja tak membuat pengelola hotel sumringah. Karena momen liburan tahun baru selalu ditunggu-tunggu untuk melipatgandakan pendapatan.

“Tingkat keterisian memang sudah dirasakan sejak menjelang libur tahun baru,” kata Direktur Taman Rekreasi Selecta itu.

Menurutnya, para tamu lebih memilih datang langsung ke hotel saat akan memesan kamar hotel. Berbeda dengan saat situasi normal, para tamu melakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum memasuki libur tahun baru.

”Tidak seperti yang biasanya reservasi dulu, baru berangkat ke Kota Batu. Ini yang membuat okupansinya 50 persen,” kata Sujud.

Sujud menjelaskan, wisatawan hari ini lebih memilih untuk melihat situasi dan kondisi Kota Batu lebih dulu sebelum memutuskan untuk menginap. Beda dengan sebelumnya yang melakukan reservasi dulu baru berangkat berwisata.

“Kami prediksi kondisi itu akan berlangsung hingga tahun baru nanti. Jadi, misal ada wisatawan datang ya langsung ke hotel untuk pesan kamar,” jelas dia.

Asisten Marketing Manager Hotel Purnama, Rizki Ahmad Hadiri menyampaikan hal serupa dengan Sujud. Di hotelnya tingkat okupansi hanya mampu terisi 50 persen.

“Hari ini mulai dirasa ada kenaikan. Mungkin besok (1/1/22), sudah kembali menurun okupansinya,” kata Rizki (Jum’at 31/12).

Selain itu, para tamu yang datang mayoritas memesan kamar hotel secara langsung. Hanya sebagian kecil yang melakukan reservasi sebelum libur tahun baru.

“Para wisatawan mau memastikan. Khawatirnya terlanjur melakukan reservasi, tapi nggak bisa berangkat karena ada penyekatan. Jadi mereka lebih menunggu kabar sebelum berlibur,” ujar dia.(end)

BCA Syariah Jatim Buka KCP di Banyuwangi

Customer BCA Syariah sedang melayani nasabah. (Mvoice/humas)

MALANGVOICE – PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) Jawa Timur membuka jaringan layanan terbaru ke-18 di Kota Banyuwangi, sejak Kamis (2/12) lalu.

Dengan beroperasinya BCA Syariah KCP Banyuwangi, total seluruh jaringan kantor BCA Syariah di Indonesia berjumlah 73 cabang.

Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum mengatakan, Banyuwangi kota potensial untuk pengembangan bisnis.

Baca Juga:Tercatat Ada 15 Korban Jiwa Akibat Erupsi Gunung Semeru

“Hal inilah yang kami lihat seiring pertumbuhan ekonomi yang berkembang baik,” lanjutnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Mvoice.

Ditambahkan Yuli, kehadiran BCA Syariah di Banyuwangi ini sebagai pelengkap kebutuhan masyarakat terhadap perbankan syariah.

“Selain itu tentu saja untuk mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat melalui produk dan layanan syariah yang andal,” ujarnya.

Baca juga:PWI Malang Raya Buka Donasi Korban Erupsi Gunung Semeru

Lanjut Yuli, BCA Syariah KCP Banyuwangi menyediakan produk dana antara lain produk Tahapan iB, Tahapan Rencana iB, Giro iB, Deposito iB dan Tahapan Mabrur iB.

Juga melayani pembiayaan dengan ragam akad sesuai kebutuhan nasabah bisnis dan perorangan untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif.

“Untuk kebutuhan produktif atau pengembangan usaha, masyarakat dapat memilih Pembiayaan Modal Kerja iB, Pembiayaan Rekening Koran Syariah iB atau Pembiayaan Investasi iB,” jelasnya.

Baca juga:Pengungsi Erupsi Gunung Semeru Mulai Terlihat Lemas dan Kelaparan

Adapun untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, lanjutnya, BCA Syariah menyediakan KPR iB, KKB iB, Pembiayaan Multijasa Umrah dan Pembiayaan Emas.  

Masyarakat yang menginginkan layanan BCA Syariah KCP Banyuwangi bisa mendatangi Gedung BCA Kantor Kas Sudirman, Jl Jendral Sudirman 85 – 87, Panderejo, Kecamatan Banyuwangi.

Menurut Yuli, sampai Oktober 2021, BCA Syariah membukukan total Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp7,1 triliun.

Baca juga:Damkar Kota Malang Suplai Air Bersih ke Rumah Warga Terdampak Erupsi Semeru

“Secara komposisi, perolehan DPK dari cabang BCA Syariah di Pulau Jawa masih mendominasi DPK BCA Syariah secara keseluruhan,” tuturnya.

Sementara itu komposisi DPK wilayah Jawa Timur sendiri mencapai 12,49 persen dari DPK BCA Syariah di pulau Jawa.

“Sampai akhir tahun 2021, kami menargetkan BCA Syariah dapat tumbuh minimal 8,5 persen baik dari segi pembiayaan dan DPK,” pungkas Yuli.(end)

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Motor Terendam Banjir

Mekanik melakukan pengecekan pada kendaraan roda dua, (Ist).

MALANGVOICE – Sejak musim penghujan berlangsung, beberapa daerah yang terdampak banjir. Tentu selain rumah, kendaraan roda dua atau motor turut terendam banjir.

Menurut Technical Service Division Head MPM Honda Jatim, M Bondan Priyoadi, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat kendaraan roda dua terkena banjir.

1. Jangan Menyalakan Mesin

Hal pertama yang harus dihindari yakni menyalakan mesin karena ada kemungkinan air sudah tersedot masuk mesin lewat saringan udara, knalpot atau bahkan melalui celah-celah kecil.

2. Cek Kondisi Busi

Busi bisa dibuka menggunakan kunci busi, kemudian bersihkan lubang dan busi hingga kering dari air. Bila ingin lebih bersih lagi, gunakan bensin untuk membersihkan busi kemudian keringkan sebelum dipasang lagi.

3. Lakukan Pemeriksaan Oli

Cek atau periksa oli, berwarna seperti susu (milky oil/ada indikasi terkontaminasi air) atau normal. Jika terjadi milky oil, mesin harus dikuras dan dibersihkan dengan oli berulang ulang sampai warna olinya normal. Untuk matic, olie yg harus diperiksa adalah olie mesin & olie transmisi/olie gardan.

4. Pembersihan kampas rem depan dan belakang

Pembersihan ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan ada pasir yang masuk di area kampas rem.

5. Periksa Filter Udara
Filter udara merupakan komponen dari motor yang perlu diperhatikan, karena letaknya di bawah dan risiko terkena air bila melewati banjir. Segera periksa dan ganti bila perlu.

6. CVT dan Rantai

Bila air masuk ke dalam bak CVT, harus segera di bongkar dan dibersihkan, karena bila CVT dalam kondisi basah, tentunya juga berpengaruh pada kinerja penggerak motor matic tersebut.

“Setelah dibersihkan sebaiknya dilumasi dengan grease secukupnya. Rantai untuk motor bebek juga penting untuk dibersihkan setelah terendam banjir,” ujarnya, Jumat (12/11).

“Bila dibiarkan bisa menyebabkan korosi pada rantai. Caranya cukup dicuci dan dikeringkan, selanjutnya dilumasi dengan cairan pelumas rantai,” imbuhnya.

7. Cuci Kendaraan

Cuci motor Anda agar tidak ada kotoran air banjir yang menempel. Perlu diketahui kotoran air tersebut efeknya dapat meninggalkan noda dan karat pada bagian besi sepeda motor.

Sementara itu, Bondan mengatakan khusus bagi kendaraan roda dua merk Honda bisa melakukan pengecekan di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) melalui program pengecekan gratis ‘Cek Aja Dulu Ke AHASS’.

Selain itu, bagi semua konsumen sepeda motor Honda dan program SENGGOOOL (Semarak Ganti Oli Ojek Online) yakni layanan diskon potongan pembelian oli MPX sebesar Rp10.000 ribu dengan syarat dan ketentuan berlaku. Untuk sepeda motor Honda milik driver ojek online.

“Program layanan tersebut sebagai bentuk dukungan MPM Honda Jatim kepada masyarakat dalam memastikan kondisi sepeda motor Honda yang terus prima guna mendukung mobilitas masyarakat dalam beraktivitas,” terangnya.

Perlu diketahui untuk program ‘Cek Aja Dulu Ke AHASS’, konsumen akan mendapatkan layanan pemeriksaan gratis yakni cek oli, cek lampu, cek ban, cek rem, cek aki, cek rantai dan cek busi. Program tersebut dilaksanakan sampai akhir tahun 2021.

Sedangkan untuk program SENGGOOOL ( Semarak Ganti Oli Ojek Online) berlaku selama periode bulan November 2021.

“Program tersebut berlaku di seluruh AHASS Jatim dan NTT. Konsumen juga dapat memanfaatkan layanan booking service pada aplikasi Brompit,” tandasnya.(end)

Ada Hujan Emas di MPM Honda Jatim!

Kostumer Honda. (Istimewa)

MALANGVOICE – Berbagai program pembelian dengan hadiah menarik kembali ditawarkan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT bersama dengan jaringan delaer Honda untuk konsumen setia Honda.

Seperti pada Oktober ini, MPM Honda Jatim memberikan hadiah untuk pembelian semua tipe sepeda motor Honda dalam program “Hujan 1 Kg Emas”.

“Semakin meningkatnya mobilitas masyarakat di akhir kuartal 3 tahun 2021 ini, diharapkan kebutuhan sepeda motor juga meningkat. Oleh karena itu untuk memberikan kemudahan dan keuntungan selama pembelian Honda, MPM Honda Jatim mengadakan program undian Hujan 1 Kg emas ini,” kata Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.

Hujan emas MPM Honda Jatim. (Istimewa?
)

Program pembelian ini beelaku pada periode Oktober – Desember 2021 dan berlaku di wilayah Jatim & NTT. Ada banyak sekali hadiah yang telah disiapkan pada program “Hujan 1 Kg Emas” ini, yakni logam emas mulia dengan total 1 kg dan 3 unit Honda PCX 160 yang akan diundi setiap bulannya yakni periode 1 pada 10 November 2021, periode 2 pada 10 Desember 2021 dan periode terakhir pada 10 Januari 2022.

Untuk mengikuti program tersebut syaratnya mudah, konsumen melakukan pembelian motor Honda berlaku untuk semua tipe motor baik pembelian cash atau kredit, serta berlaku untuk unit inden di bulan periode program.

Pengundian akan disiarkan secara langsung melalui Instagram @mpmhondajatim. Pemenang akan di umumkan melalui website www.mpmhondajatim.com dan sosial media Facebook, Instagram, Twitter @mpmhondajatim.

Tunggu apalagi segera hubungi dealer Honda terdekat untuk mendapatkan program spesial ini.(der)

5 Cara Mengecas Ponsel agar Baterai Cepat Penuh

Posisi mengecas ponsel supaya baterai cepat penuh. (carisinyal.com/Mvoice)

MALANGVOICE – Kita pasti pernah atau bahkan mungkin sering jengkel karena saat mengecas telepon seluler (ponsel) butuh waktu lama.

Alhasil tak sedikit yang memilih mengecas ponsel pada malam hari saat sebelum tidur dan dicabut keesokan harinya.

Sebelum masuk ke cara mengecas ponsel supaya baterai cepat penuh, ada baiknya kita mengetahui beberapa faktor yang membuat baterai penuhnya lama.

Lima faktor yang membuat baterai lama penuh antara lain, pertama kabel charger; kedua faktor adapter; dan ketiga karena baterai yang rusak.

Kecepatan pengisian daya baterai akan semakin lama, jika (keempat) ponsel kita buatan lama.

Terakhir, penyebab lamanya mengecas ponsel, juga karena adanya aplikasi yang berjalan secara otomatis di latar belakang.

Menilik kelima penyebab itulah, seperti dilansir theblucrab, kita bisa mencoba lima cara berikut saat mengecas baterai supaya cepat penuh.

1. Matikan Ponsel
Mematikan ponsel saat mengecas adalah cara paling ampuh untuk kita lakukan. Ketika ponsel dalam keadaan mati, semua aktivitas akan terhenti, sehingga tidak akan menggunakan banyak daya.

Paket data kita juga tidak akan berfungsi untuk sementara waktu. Dengan begitu, tidak ada jaringan internet sehingga konsumsi daya baterai akan semakin rendah.

2. Nyalakan Mode Pesawat
Sebelum mematikan ponsel, jangan lupa nyalakan mode pesawatnya terlebih dahulu untuk memutuskan jaringan.

Baterai ponsel kita tidak akan naik turun karena mendapatkan signal saat dicas. Dengan begitu, baterai akan terisi penuh dengan cepat.

3. Pastikan Charger yang Digunakan Original
Jika charger yang kita gunakan bukan charger bawaan, sudah pasti akan menimbulkan masalah. Karena itu sangat penting menggunakan charger original.

Charger original adalah charger yang sudah dipastikan kualitasnya. Artinya, charger tersebut dirancang dengan mempertimbangkan berbagai aspek penting.

Misalnya saja, bahan pembuatannya, aliran arus, dan hal penting lainnya. Jika charger disesuaikan sesuai kondisi ponselnya, maka pengisian daya baterai akan semakin cepat, dan takaran dayanya juga tepat.

Selain itu, tidak akan memberikan risiko pada ponsel kita seperti kerusakan. Cara paling praktis dan aman untuk mengisi daya baterai dengan cepat bukan?

4. Letakkan HP di Lantai
Cara yang satu ini memang terbilang unik, namun justru bisa membantu mempercepat pengisian daya baterai dengan cepat.

Seringkali kita mengisi daya baterai dengan meletakkannya di atas meja, kasur, dan tempat lainnya yang ternyata justru dapat mengganggu suhu baterainya.

Suhu baterai yang meningkat maka pemakaian daya baterai juga akan semakin besar.

Karena lantai tempat yang sejuk, ponsel akan tetap dingin saat proses pengisian daya berlangsung, sehingga akan cepat terisi penuh.

Selain memperhatikan tempatnya, pastikan pula Anda mengecas HP di suhu ruangan yang tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

5. Hindari Penggunaan Power Bank
Tidak menggunakan power bank, menjadi salah satu cara mengecas ponsel dengan cepat. Pasalnya, power bank diperuntukkan untuk mengecas HP dalam kondisi mendesak saja.

Tegangan listrik pada setiap power bank tidak selalu sama. Alhasil, tegangan listriknya tidak standar dengan ponsel kita.

Hal ini akan membuat proses pengisian baterai ponsel menjadi lebih lama. Bahkan, jika terus-menerus menggunakan power bank, baterai akan cepat rusak.

Apabila tidak ada pilihan lain, ada baiknya kita memastikan kualitas power bank tersebut sesuai dengan standar tegangan listrik ponsel kita.

Sebagai pengguna, sangatlah penting untuk menggunakan cara yang tepat dan aman untuk mengecas ponsel dengan cepat. Hal ini juga menjadi upaya untuk membuat ponsel tetap awet, tidak cepat rusak dan berfungsi dengan semestinya.(end)

8 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Software Akuntansi

Accounting. (Freepik)

MALANGVOICE – Menerapkan software accounting di perusahaan memang tidak mudah. Software accounting memang sangat membantu kinerja agar lebih baik.

Namun, ada beberapa penyebab dan tips yang bisa Anda ikuti agar tidak salah.

DIjelaskan Jurnal.id pada halaman software akuntansi di situsnya www.jurnal.id, software ini pada umumnya didesain untuk fungsi-fungsi yang terspesialisasi, sehingga karyawan bisa saling mengontrol pekerjaan satu sama lainnya.

Untuk mengatasi hambatan yang ada, di bawah ini terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum software akuntansi diaplikasikan. Langkah-langkah tersebut antara lain :

Susun struktur organisasi

Menyusun struktur organisasi selain untuk efisiensi Sumber daya manusia di perusahaan, juga untuk mengetahui fungsi-fungsi yang sebenarnya ada di dalam organisasi. Jangan sampai terlalu banyak orang pada fungsi yang sama, sehingga aplikasi software nantinya benar-benar membantu keefektifan pekerjaan karyawan. Selain itu kalau software akuntansi yang dibeli itu berdasarkan lisensi, maka struktur organisasi yang dibuat dapat membantu bagian mana yang membutuhkan lisensi.

Karena percuma memberikan lisensi di komputer karyawan, tapi karyawan tidak berkepentingan terhadap penggunaan software. Nah, ini banyak terjadi kekeliruan sehingga perusahaan buang-buang budget karena tidak menetapkan terlebih dahulu siapa penginput data, yang melakukan otorisasi dan yang hanya sekedar membaca laporan.

Susun Job description

Menyusun Job description adalah salah satu cara mengkhususkan pekerjaan agar tiap karyawan tidak bekerja tumpang tindih (over lapping) sehingga memudahkan trainer software accounting untuk mengatur hak akses ke software, karena tidak semua bagian software boleh dibuka oleh karyawan yang tidak berkepentingan.

Susun SOP (Standard operasional prosedur)

Susun standar operasional prosedur supaya kinerja karyawan memiliki alur yang sudah sangat standard, sehingga aplikasi software dapat terlaksana dengan baik. SOP ( Standard operasional procedure) memang tidak bisa dibuat dalam waktu singkat, dan sering membutuhkan pihak ketiga (konsultan) yang bisa mengamati (helikopter view) semua proses bisnis penting dalam organisasi perusahaan.

Minimal SOP dibuat secara garis besar, yaitu flow-flow inti dari proses bisnis. Lalu menarik dari job description sebagai acuan dalam pembuatan SOP. SOP sederhana bisa dibuat sesuai versi masing-masing agar aplikasi software mengikuti jalur yang sudah ditentukan.

Identifikasi hak akses

Lakukan identifikasi terhadap job description utama yang berhubungan dengan input data, editing, otorisasi dan hanya pembaca laporan. Setelah itu pilah-pilah setiap aktivitas kunci tersebut untuk digunakan sebagai petunjuk “training software” yang berkaitan dengan aktivitas kunci tersebut. Pada umumnya jika sudah ditentukan masing-masing hak akses, maka setelah aplikasi software accounting selain perusahaan aman di data dan resiko pengubahan, kerugian-kerugian yang terjadi selama ini bisa diminimalisir.

Preparing data sebelum software akuntansi diinstal di komputer

Persiapan-persiapan lainnya setelah poin 1 sampai 4 adalah persiapan untuk menginput atau copi paste data yang dimiliki oleh perusahaan saat ini, seperti data customer, data supplier, data hutang dagang, data piutang penjualan, data aktiva, modal yang disetor, data inventory (biasanya dilakukan ketika cut off) serta lainnya yang dibutuhkan adalah agar aplikasi software menjadi mudah.

Data-data tersebut di input di format excel dan kemudian diimport ke software yang sudah diinstal. Melalui cara seperti ini, karyawan tidak dibuat susah ketika langsung lakukan input satu persatu di software yang tentu saja masih kurang lancar dimasa training. Hal seperti inilah yang sering merupakan penyebab kenapa aplikasi software gagal di perusahaan.

Instal program di komputer

Kalau langkah-langkah di atas sudah usai maka trainer software accounting sudah memiliki jalan yang lapang untuk lakukan instal software. Kalau software sudah diinstal paling tidak karyawan mau tidak mau harus siap untuk segera menggunakan software yang sudah dibeli oleh perusahaan dalam rangka mengefektifkan pekerjaan, meminimalkan resiko kehilangan, serta dalam rangka menaikan profit.

Lakukan training berdasarkan job desc dan hak akses

Training akan segera dilakukan secara fokus pada masing-masing job desc karyawan baik yang hanya bagian input, otorisasi maupun yang membaca laporan. Kalau sudah diatur mulai langkah 1 sampai dengan 5 maka dijamin proses training pasti akan berlangsung dengan baik dan aplikasi software akan dijamin bisa terlaksana dengan baik.

Lakukan evaluasi input data dari laporan

Untuk mengecek training sudah disampaikan dengan baik, maka pihak trainer software dan konsultan (jika ada) dapat memastikan apakan proses input data sudah benar, sesuai dengan akun-akun yang sudah dibuat. Evaluasi ini bisa dilihat dari laporan rugi laba maupun neraca serta laporan lainnya yang ingin dicocokan.

Langkah-langkah tersebut diatas apabila dilakukan dengan baik maka perusahaan akan berhasil dalam mengaplikasikan software akuntansi-nya.(der)

Take Away, Aplikasi Digital Layanan Order Dikenalkan di Malang

Peluncuran aplikasi Take Away. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Sebuah aplikasi berbasis layanan order secara digital dikenalkan di Malang. Aplikasi ini dinamakan Take Away.

Aplikasi karya anak Malang ini resmi dilaunching di Playstore Android dan bisa digunakan.

Konseptor Take Away, Ferry B Tjahyono, mengatakan, aplikasi ini lebih fokus kepada sisten order digital. Berbeda dari aplikasi lain, Take Away bisa digunakan untuk memesan makanan, tempat dine in, dan delivery.

“Ini launching di Playstore, nanti soft launching dilakukan tiga bulan sekaligus evaluasi dan ujicoba,” kata Ferry, Rabu (18/8).

Ferry menjelaskan, saat launching di Playstore ini sudah ada 150 lebih mitra yang bergabung. Para mitra ini bermacam-macam, mulai usaha kecil, menengah, hingga restoran besar.

Keuntungan bergabung dengan Take Away, dikatakan Ferry, adalah tidak ada potongan komisi. Seluruh mitra juga diberikan wadah seluas-luasnya untuk mempromosikan tempat dan menu masing-masing.

“Kami tidak sembarangan menjaring mitra, hanya yang loyal dan mau dibina. Kami di Take Away tidak dinaikkan harganya dan tidak ada komisi,” ujarnya.

Sejak launching ini, Ferry menargetkan ada penambahan mitra Take Away secara berkala. Targetnya sampai 600 mitra yang aktif sampai akhir tahun.

Ia menjelaskan, pembuatan Take Away ini berawal di masa pandemi Covid-19 tahun lalu. Tim merasa perlu wadah agar para pelaku usaha bisa eksis dengan penyesuaian selama Covid-19.

“Memang Take Away tercipta selama pandemi, kami berharap selain Malang nanti akan menyasar ke kota-kota lain dan merangkul banyak mitra,” harap Ferry.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Malang, Indra Setiadi, sangat mendukung aplikasi Take Away ini.

Menurutnya, Take Away mampu membuat pengusaha kuliner bertahan di masa pandemi.

“Selama pandemi ini dunia wisata dan kuliner sangat terpengaruh. Karena ini kami mendukung dan mempersiapkan anggota agar juga ikut mendukung aplikasi Take Away ini,” jelas pria yang juga pemilik Rumah Makan Kertanegara.(der)