Blibli Pertegas Komitmen Dukung Usaha Kreatif

The Big Start 4 Bandung. (Istimewa)
The Big Start 4 Bandung. (Istimewa)

MALANGVOICE – mendukung program-program Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mendorong kontribusi industri UMKM pada pendapatan daerah Sejak berdiri di 2011, Blibli.com sudah membantu UMKM di seluruh Indonesia, termasuk lebih dari 3.000 UMKM Jawa Barat, ke ekosistem omnichannel, atau online dan offline, Blibli.com.

Bandung, 12 Juli 2019 – Di hadapan jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mal online Blibli.com resmi membuka roadshow The Big Start, kompetisi wirausaha bagi pengusaha kreatif tergolong UMKM, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada 12 Juli 2019. Pembukaan ini juga disemarakkan oleh 100 pengusaha kreatif yang akan memamerkan produk mereka di festival UMKM The Big Start yang akan berlangsung selama tiga hari sampai Minggu, 14 Juli 2019.

“Pemerintah Jawa Barat dan Blibli.com sudah lama menjalin kemitraan dalam memberikan berbagai pelatihan bagi UMKM Jawa Barat. Pelatihan-pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan platform penjualan online untuk memperluas usaha mereka. Kesuksesan yang dicapai UMKM secara digital akan berkontribusi pada realisasi target pemerintah Jawa Barat dalam memajukan 5.000 UMKM, dan dengan demikian mendukung target Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Bapak Dr. H. Iwa Karniwa, SE., AK., MM., CA., PIA

Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com mengungkapkan, pihaknya senang menerima kepercayaan serta dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan merasa terhormat karena dapat berperan dalam peningkatan kompetensi pengusaha-pengusaha kreatif di Jawa Barat yang banyak dari mereka menjalankan usaha tergolong UMKM,” katanya sesuai rilis yang diterima MVoice.

Sejak berdiri di 2011, Blibli.com sudah membantu UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Barat, untuk go online. Saat ini, sudah ada lebih dari 3.000 UMKM Jawa Barat yang tergabung di Blibli.com per kuartal dua 2019, menunjukkan kenaikan sebesar 125% dibanding periode yang sama di tahun 2018.

“Melalui kompetisi TBS Bandung ini, Blibli.com ingin mewujudkan komitmen jangka panjang kami untuk mengembangkan UMKM, sejalan dengan visi-misi program pemerintah Jawa Barat.” lanjut Andy.

Kompetisi The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar dan akan fokus pada 4 kategori utama, yaitu fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya. Blibli.com akan menggandeng empat profesional pada bidangnya untuk menjadi juri. Juri-juri tahun ini adalah Didiet Maulana, Founder of IKAT untuk kategori fashion, Priscilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia untuk kategori Kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori Kriya.

Melalui TBS Season 4 ini, Blibi.com juga memfasilitasi para pengusaha kreatif dalam menjawab tujuh tantangan yang kerap dihadapi saat mengembangkan usaha. Ketujuh tantangan ini adalah pemasaran, permodalan, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, penggunaan platform online, serta kreativitas dan inovasi. (Der/Ulm)

Pemerintah Indonesia Ajak Investasi ‘First Class’ Korea Selatan Masuk ke Indonesia

PTSP Pusat BKPM. (Istimewa)
PTSP Pusat BKPM. (Istimewa)

MALANGVOICE – Investasi first class Korea Selatan (Korsel) dianggap sudah saatnya masuk Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut B. Pandjaitan, mengatakan pada forum bisnis “Invest Indonesia” di Seoul, Korsel, Jumat (20/9), invetasi first class adalah yang mengandalkan teknologi maju, ada proses alih teknologi dan peningkatan nilai tambah atas produk yang dihasilkan.

Beberapa peluang investasi di sektor hilir domestik yang memiliki nilai tambah tinggi, antara lain pengolahan mineral nikel, bauksit, dan mangan. Saat ini, Pemerintah tengah membangun kawasan industri terpadu pengolahan nikel di Morowali yang mencakup smelter, stainless steel, dan carbon steel. Dengan volume ekspor nikel sebesar USD 612 juta per tahun (19,25 juta ton). Jika sudah diolah menjadi stainless steel nilainya berlipat 10,2 kali lipat, mencapai USD 6,24 miliar.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dalam sambutannya melalui video menyatakan, saat ini, ekonomi dunia menghadapi banyak ketidakpastian.
Seperti yang kita ketahui, perang dagang Tiongkok-AS terus berkecamuk, di mana baru-baru ini Tiongkok mendevaluasi mata uangnya, sehingga tembus dari 7,1 Dollar AS.

“Namun, Pemerintah Indonesia terus melanjutkan reformasi dan inovasi. Sekitar dua bulan setelah Pemilu, agensi pemeringkat internasional Standard & Poor’s menaikkan Investment Grade Indonesia dari BBB- ke BBB,” katanya sesuai rilis yang diterima MVoice.

Menurutnya, hal ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa positif mengingat Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara berkembang yang mendapatkan peningkatan peringkat dalam masa-masa sulit.

Hubungan bisnis Korsel-Indonesia terus menjadi titik terang dalam perekonomian regional dan dunia. Dalam beberapa waktu kita memiliki sejumlah terobosan positif, seperti groundbreaking petrochemical complex oleh Lotte Chemical dengan investasi sebesar USD 3,5 miliar.

Selain itu, Hyundai Motor juga mengumumkan bahwa mereka akan kembali ke Indonesia dengan investasi sebesar USD 1,7-1,8 juta. Saat ini Pemerintah Indonesia sedang dalam proses negosiasi dan sejumlah inisiatif dengan perusahaan-perusahaan besar di Korsel
yang strategis.

Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi mengatakan,selama lima tahun terakhir Korsel menjadi salah satu sumber arus utama FDI ke Indonesia. Namun, menurut data Financial Times FDI Market (2018) pengusaha Korsel menempatkan Indonesia sebagai pilihan ketiga sebagai opsi investasi luar negeri dengan dengan total capex USD 11,3 miliar (41 proyek).

Mereka memilih Vietnam sebagai opsi pertama dengan total capex sebesar USD 39,2 miliar (201 proyek).

“Masih banyak ruang untuk reformasi dan inovasi sebagai pekerjaan rumah yang harus kita kerjakan untuk mengambil momentum dari perang dagang Tiongkok-AS seperti yang
dikemukakan Presiden baru-baru ini,” ujarnya.

Pada forum bisnis Invest Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Seoul, BKPM difasilitasi oleh IIPC (Indonesia Investment Promotion Center) turut membawa delegasi Market Sounding yang melibatkan 10 kawasan, terdiri dari dua Kawasan Ekonomi Khusus(Sei Mangke & Mandalika) beserta delapan Kawasan Industri. Beberapa perusahaan Korsel yang sukses berbisnis di Indonesia, antara lain KEB Hana Bank, Samick Musical Instruments dan Hansae Textile turut memaparkan terkait keputusan memilih dan kiat suksesnya berinvestasi di Indonesia.

Selain itu, BKPM juga membuka klinik konsultasi bisnis yang melibatkan Kemenaker, Ditjen Imigrasi, dan Ditjen Pajak. Terdapat kurang lebih 20 perusahaan Korsel yang menyatakan minat pada sesi Business Matching.

Forum bisnis Invest Indonesia dibuka oleh Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi, merupakan salah satu dari rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 RI dan Hubungan Diplomatik ke-46 Indonesia-Korsel di Seoul. Forum ini diadakan bekerja sama dengan BKPM, Pemprov Sumsel, dan Himpunan Kawasan Industri.

Selain menghadirkan Menko Maritim selaku keynote speaker, juga menampilkan sejumlah pembicara antara lain co-founder unicorn BukaLapak Muhammad Fajrin Rasyid dan CEO aplikasi rumah makan Qraved Steven Kim, dan Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Ikmal Lukman.

Tunjang Halal Lifestyle Lewat BNI iB Hasanah Card

Ilustrasi aplikasi BNI Syariah. (Istimewa)
Ilustrasi aplikasi BNI Syariah. (Istimewa)

MALANGVOICE – BNI Syariah menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran untuk berbagai aktivitas yang menunjang halal lifestyle dengan menggunakan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card.

Pembiayaan ini dipamerkan beberapa waktu lalu di BNI Syariah Islamic Tourism Expo 2019, Senayan yang berakhir 1 September.

Beberapa promo BNI iB Hasanah Card yang ditawarkan di antaranya adalah one day approval aplikasi BNI iB Hasanah Card dengan membawa dokumen lengkap, top up limit sementara bagi nasabah yang ingin bertransaksi namun limit kurang selama event berlangsung, free handling cost Rp 1,5 juta untuk pembelian paket umroh di NRA Travel, cicilan 0% selama 12 bulan paket wisata halal ke berbagai destinasi seperti Jepang, Korea dan Bangkok, dan cashback hingga Rp 5 juta apabila bertransaksi di event BNI Syariah Islamic Tourism Expo 2019.

SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi berharap dengan adanya promo transaksi ini bisa meningkatkan bisnis kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card.

“Kami targetkan sales volume kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card Rp 1,2 triliun pada akhir tahun 2019,” kata Iwan. Sedangkan target outstanding atau tagihan yang tertahan sampai akhir 2019 sebesar Rp 377 miliar dengan target NPF di angka 3%.

Kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card memiliki perbedaan dengan kartu kredit bank konvensional. Yaitu akadnya berdasar syariah; tidak ada denda keterlambatan dan tidak ada biaya overlimit; dan pengenaan biaya yang sudah jelas di depan, yaitu monthly fee sehingga biaya yang dikenakan ke nasabah sudah dapat diketahui didepan.

Kartu pembiayaan ini hanya dapat bertransaksi di merchant halal di seluruh dunia pada merchant yang berlogo MasterCard. Jika pengguna BNI iB Hasanah Card menggunakan kartu pembiayaan ini untuk transaksi di merchant non halal seperti pub, diskotik, tempat perjudian, karaoke, escort services maka akan otomatis tertolak.

Melalui BNI Syariah Islamic Tourism Expo 2019, BNI Syariah tidak hanya berperan sebagai lembaga intermediasi keuangan, namun juga sebagai aggregator bisnis dan kolaborator bagi segenap stakeholders. (Der/Ulm)

Pertama Digelar di Malang, BCA Expo 2019 Targetkan Transaksi Rp100 Miliar

Jo Rudy Kurniawan, Kepala Kantor Wilayah VII BCA (tengah) bersama Executive Vice President Consumer Loan BCA, Felicia M. Simon dan pimpinan BCA serta The Araya. (deny rahmawan)
Jo Rudy Kurniawan, Kepala Kantor Wilayah VII BCA (tengah) bersama Executive Vice President Consumer Loan BCA, Felicia M. Simon dan pimpinan BCA serta The Araya. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – BCA Expo 2019 siap digelar di Kota Malang. Kegiatan rutin PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ini bakal berlangsung selama dua hari, mulai 28-29 September di halaman Taman Indie Araya.

Event ini bekerja sama dengan The Araya menghadirkan beberapa produk unggulan BCA dan menggabungkan pameran mobil, properti, dealer motor, dan beberapa anak perusahaan BCA sekaligus demi menjawab berbagai kebutuhan nasabah.

Pertama di Malang, BCA Expo 2019 ini setidaknya akan melibatkan 15 merek mobil, 7 merek sepeda motor dari 18 dealer dan developer Kota Malang. Tentunya banyak penawaran promo menarik dari sisi pembiayaan properti dan kendaraan bermotor.

“Kali ini BCA hadir untuk memberikan fasilitas One Stop Shopping yakni fasilitas pembelian hingga pembiayaan kepada pengunjung BCA Expo Malang 2019,” ujar Jo Rudy Kurniawan, Kepala Kantor Wilayah VII BCA.

BCA Expo 2019 Malang tidak hanya akan menawarkan fasilitas cicilan berbunga rendah, tetapi juga akan menawarkan produk andalan dari beberapa anak perusahaan BCA.

“BCA akan menghadirkan unit-unit bisnis seperti Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Sepeda Motor (KSM), Kredit Pemiiikan Rumah (KPR), dan Kartu Kredit, termasuk juga beberapa produk andaian dari BCA Insurance, BCA Life, BCA Sekuritas, dan BCA Syariah,” jelas Rudy.

Dalam even tahun ini, dikatakan Executive Vice President Consumer Loan BCA, Felicia M. Simon, target pengunjung diusahakan mencapai 10 ribu dengan transaksi properti dan kendaraan bermotor mencapai Rp 100 miliar.

“Ini angka awal event besar, pasti secara kontinyu event akan dihelat terus setiap tahun,” tandasnya.(Der/Aka)

Cabai Masih jadi Komoditas Utama Penyumbang Inflasi Kota Malang

BPS Kota Malang menggelar konferensi pers tentang inflasi Agustus 2019, Senin (2/9). (Humas Pemkot Malang)
BPS Kota Malang menggelar konferensi pers tentang inflasi Agustus 2019, Senin (2/9). (Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Cabai masih jadi primadona komoditas utama penyebab inflasi, Agustus 2019. Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang mencatat inflasi sebesar 0,19 persen.

Angka ini lebih tinggi dari Inflasi Provinsi Jawa Timur dan nasional yang angkanya berkisar 0,12 persen. Alhasil inflasi Kota Malang tertinggi ketiga se-Jawa Timur setelah Jember 0,33 persen dan Probolinggo 0,27 persen.

Inflasi dipicu naiknya harga beberapa komoditi antaralain, cabai tawit, tarif sekolah dasar, upah tukang, tarif sekolah menengah pertama, emas perhiasan, daging ayam ras, semen, cabai merah, kacang panjang dan buah apel. Khusus komoditas cabai rawit ini sudah dua bulan berturut—turut menjadi penyumbang inflasi.

Kelompok pengeluaran yang memberikan andil/sumbangan inflasi Agustus 2019, yaitu kelompok sandang 1,30 %, perumahan, air, listrik gas dan bahan bakar 0,36 %, pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,36% serta bahan makanan sebesar 0.26%.

Kepala BPS Kota Malang Sunaryo menjelaskan, bahwa tarif sekolah untuk SMA tidak mengalami inflasi.

“Justru deflasi dan ini yang memberikan sumbangan besar terhadap inflasi di bulan Agustus ini,” ujarnya, Senin (2/9).

Terlepas dari itu, lanjut dia, menyambut sensus penduduk tahun 2020 bakal menggunakan metode digital. Merespon itu, pihaknya berharap partisipasi seluruh masyarakat Kota Malang.

“Nanti sensus 2020 untuk Kota Malang akan online, karena di sini daerah tujuan pendidikan sehingga harapannya partisipasi sensus penduduk online ini lebih tinggi dari daerah lain,” pungkasnya.(Der/Aka)

MPM Kenalkan Honda Genio pada Milenial Kota Malang

Honda Genio
Honda Genio

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia ( MPM) memperkenalkan skuter matik (skutik) casual fashionable Honda Genio untuk masyarakat Malang dan sekitarnya.

Bertempat di Malang Town Square (Matos) pada 17 Agustus kemarin, acara launching Honda Genio menghadirkan berbagai kegiatan seperti sosmed foto competition dan K-Pop dance competition. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi berkendara menggunakan Honda Genio pada sesi test ride berhadiah.

MPM juga memberikan promo penjulan bagi pengunjung yang melakukan pembelian secara kredit pada waktu launching, yakni voucher belanja senilai Rp 350 ribu dan ada tambahan Rp 300 ribu bagi konsumen repeat order (RO). Dalam rangka menyambut Hari Kemrdekaan RI, ada potongan Rp 17 ribu untuk tenor 35 bulan pembelian Honda Genio pada tanggal 16 hingga 26 Agustus 2019 serta mendapatkan satu set hadiah accesories.

“Rata – rata penjualan Honda Genio di Malang dan Blitar sekitar 880 unit perbulan. Segmen Honda Genio adalah anak muda dan marketnya paling besar,” ujar Sales Supervisor MPM, Dede Hartono.

Honda Genio akan menjadi identitas dan tren baru bagi generasi muda Indonesia dalam berekspresi lebih stylish, enerjik, dengan tetap mempertimbangkan performa, bodi compact, kelincahan dan kenyamanan berkendara, serta konsumsi bahan bakar yang efisien Identitas Honda Genio ditandai dari desainnya yang casual dan bodinya yang compact,sesuai untuk generasi muda.

Skutik ini juga dibekali generasi terbaru mesin eSP 110cc yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Hal tersebut didukung oleh penggunaan frame (rangka) baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Teknologi frame baru Honda yang diimplementasikan pertama di Indonesia ini membuat Honda Genio lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Honda Genio dikembangkan sebagai produk skutik fashionable yang memiliki best value secara menyeluruh dari sisi desain, performa, fitur, maupun konsumsi bahan bakar yang irit, cocok untuk pemakaian harian. Ada tiga konsep yang membuat Honda Genio berbeda, yakni casual dan fashionable sesuai tren generasi muda saat ini. Ukuran bodi yang compact, cocok untuk pria maupun wanita serta kondisi jalan yang padat. Performa serta ragam fiturnya lengkap sesuai yang diharapkan konsumen. Semua itu dibungkus dengan harga yang terjangkau.

Perkembangan tren skutik semakin beragam. Salah satunya peningkatan kebutuhan akan skutik yang mendukung gaya hidup penggunanya sebagai teman berkendara terbaik dengan performa dan kenyamanan berkendara yang sesuai.

“Honda Genio diharapkan dapat menjadi pilihan generasi muda yang ingin tampil beda dalam mendukung aktivitas sehari-harinya baik ke sekolah, bekerja, maupun berkumpul bersama teman-temannya. Kami optimis kehadiran skutik terbaru Honda ini akan menjadi identitas dan tren baru yang disenangi masyarakat,” ungkapnya.

Desain dan Teknologi

Tampilan Honda Genio tampak segar sekaligus fashionable. Secara keseluruhan, sepeda motor ini terlihat simpel dan casual. Dimensi compact, ideal untuk pengendaraan di padatnya lalu lintas. Jarak jok dengan tanah 740 mm mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan step floor yang luas.

Teknologi lampu depan Honda Genio sudah menggunakan LED, dipadu lampu belakangstylish, serta lampu sein terpisah di bagiancover bodi, memberikan image modern dan pencahayaan optimal. Panelmeter digital menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Sentuhan aluminium pada pijakan kaki pembonceng dan grip belakang menyuguhkan penampilan yang mewah.

Honda Genio dibekali fitur-fitur penunjang, menyesuaikan kebutuhan pengguna seperti ruang penyimpanan besar berkapasitas 14 liter untuk menyimpan barang kebutuhan harian dalam berkendara. Di dalam bagasi juga disiapkan power charger untuk mengisi ulang baterai gadget bagi generasi muda masa kini yang sering menggunakan gadget.

Faktor keamanan ditunjang dengan fitur secure key shutter, dilengkapi tombol pembuka jok yang praktis. Brake lock, sistem pengereman combi brake, dan side stand switch menjadi fitur standar Honda Genio yang memastikan keamanan pengguna.

Honda Genio menggendong mesin baru, generasi termutakhir mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Kemampuan ini sanggup membuat Honda Genio lebih responsif saat berakselerasi. Skutik baru ini mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/ jam.

Kendati demikian, teknologi baru juga membuat mesin eSP Honda Genio lebih irit penggunaan bahan bakar. Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hinga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin generasi terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Performa mesin didukung dengan teknologi rangka baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dari Honda yang pertama kali digunakan untuk kendaraan roda dua di Indonesia. Frame ini menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press sertalaser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Rangka baru ini bahkan mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas bagasi 14 L dan Kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L.

Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna yang stylish serta casual sesuai dengan trend generasi muda saat ini. Tipe CBS yang dipasarkan Rp 18.705 juta (On The Road Malang) ini tersedia dalam lima warna, yakni Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver. Sementara itu tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 19.105 juta (On The Road Malang), mendapat enam pilihan warna, yakni Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial.(Der/Aka)

Pengembangan Green Teknologi Demi Menjaga Lingkungan

Pelaksanaan Seminar Nasional. (Toski D)
Pelaksanaan Seminar Nasional. (Toski D)

MALANGVOICE – Fakultas Teknik (FT) Universitas Tribhuana Tunggadewi (Unitri) menggelar Seminar Nasional Teknologi Industri Lingkungan dan Infrastruktur di Hotel Savanna, Malang, Sabtu (24/8).

Seminar Nasional yang digelar rutin dalam setiap tahun ini mendatangkan tiga pemateri yang merupakan dosen, pakar/praktisi dalam bidang Green Technology, yaitu : Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dirjen Penguatan RISTEKDIKTI, Mustangimah. Kemudian, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant, dan Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Christina Wahyu K.

Seminar Nasional ini digelar dengan mengusung tema ‘Strategi Pengembangan Green Technology Berbasis Manajemen Lingkungan’

Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dirjen Penguatan RISTEKDIKTI, Mustangimah mengatakan, dengan adanya seminar seperti ini diharapkan dapat dijadikan dasar dalam rekayasa industri.

“Diharapkan rekayasa industri tersebut bisa lebih memprioritaskan tentang green teknologi. Supaya sumber daya alam tidak dieksploitasi terus menerus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mustangimah menjelaskan, dengan begitu, penelitian-penelitian yang telah dilakukan sejak lama dapat diimplementasikan dalam pengembangan energi ke depan.

“Dengan begitu, pengembangan Teknologi Industri nantinya bisa tidak merusak lingkungan yang diimbangi dengan inovasi baru serta kreativitas dari anak-anak dalam negeri,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant menyampaikan, seminar nasional ini merupakan upaya mewujudkan green technology suapaya kedepannya tidak mengalami krisis air bersih.

“Saya mendukung kegiatan ini, karena bicara tentang lingkungan hijau, dan teknologi yang ramah lingkungan. Sebab, jika tidak mengembangkan green teknologi, menurut saya air tanah akan habis,” ungkapnya.

Di sisi lain, Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Christina Wahyu K menjelaskan, dalam seminar ini membahas tentang permasalahan dimasyarakat yang selama ini kurang disadari tentang kesehatan, dan ketentraman akibat revolusi industri.

“Diharapkan masyarakat dapat lebih memperhatikan lingkungan, dimana mereka baik itu pelaku usaha supaya menggunakan teknologi yang berbasis lingkungan (teknologi ramah lingkungan),” pungkasnya.(Hmz/Aka)

MPM Beri Promo Bagi Konsumen Pecinta Honda CRF150L

ilustrasi MPM.
ilustrasi MPM.

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) berikan apresiasi kepada konsumen pecinta motor on-off dalam berpetualang menaklukkan tantangan di segala medan Honda CRF150L.

Apresiasi MPM tersebut yakni memberikan penawaran spesial bagi konsumen yang melakukan pembelian Honda CRF150L, dan nantinya akan mendapatkan hadiah langsung berupa skid plate. Promo ini berlangsung hingga September 2019.

Di Jatim, pasar trail mencapai rata-rata 900 hingga seribu unit. Selain membidik komunitas, Honda CRF 150L juga menyasar instansi pemerintahan yang bisa digunakan untuk kendaraan operasional.

“Promo pembelian ini merupakan salah satu apresiasi bagi pecinta petualangan di medan on-off. Selain promo, konsumen juga dapat bergabung dengan komunitas Honda CRF150L yang ada di kota masing-masing,” ujar Marcomm & Development Division Head MPM, Suhari.

Perlu diketahui, Honda CRF150L yang mengusung konsep “Take You to Off Fun Ride” hadir melalui penyematan desain, fitur unggulan, dan mesin yang nyaman digunakan untuk berkendara di jalan raya dan menaklukan berbagai rintangan.

Ketangguhan Honda CRF150L dicapai berkat penyematan mesin 150cc SOHC PGM-FI berperforma tinggi, fitur terbaik seperti Long Travel Inverted Front Fork, ban dual purpose dan velg ukuran besar, serta Wavy Disc Brake yang mendukung kemampuan jelajah optimal dengan nyaman dan mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan. Honda CRF150L dipasarkan dengan harga Rp. 34.045 juta.(Der/Aka)

Ultah ke-5, Honda Sukun Malang Target Penjualan 100 Persen Lebih di Semester Kedua 2019

Branch Manager Honda Sukun Malang, MF Yuniarsyah. (deny rahmawan)
Branch Manager Honda Sukun Malang, MF Yuniarsyah. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Honda Sukun Malang menargetkan penjualan unit mobil sebesar 102 persen di pada semester kedua tahun ini. Hal itu dianggap realistis karena pada semester pertama bisa melewati 100 persen.

Hal itu dikatakan Branch Manager Honda Sukun Malang, MF Yuniarsyah. “Rencana menembus angka itu. Minimal melewati 100 persen dan optimistis bisa tercapai,” kata dia saat merayakan ulang tahun ke-5 Honda Sukun, Rabu (14/8).

Lebih lanjut, Yuniarsyah membeber penjualan unit terbanyak saat ini adalah Honda Brio. Mobil itu jadi andalan karena termasuk city car yang murah namun memiliki banyak kelebihan. Setiap bulan rata-rata penjualan di atas 50 unit.

“Selain budget murah, di kelas sama dia punya empat silinder. Sehingga di tanjakan gak ada masalah,” jelasnya.

Dari strategi penjualan, Honda Sukun kini ikut memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pasalnya, beberapa konsumen Honda lebih banyak menggunakan media online untuk melihat secara rinci spesifikasi mobil yang akan dibeli.

Karena itu, selain melakukan penjualan konvensional, Honda Sukun bakal memanfaatkan media sosial untuk menarik konsumen.

“Sekarang banyak main online. Medsos lebih kuat. Polanya berubah online dan sekarang harus ke arah sana,” tambahnya.

Di samping itu, ia berharap semakin bertambahnya usia Honda Sukun Malang, banyak hal bisa terus berkembang. Hal itu bertujuan agar bisa memebuhi target yang sudah ditetapkan. Salah satunya, para karyawan dan sales dituntut bisa lebih memberi pelayanan terbaik.

“Harapan kami perusahaan semakin maju, semakin melayani customer dengan berikan layanan terbaik,” harapnya.(Der/Aka)

Kadin: Hotel Menjadi Pilot Projek Dongkrak Perekonomian di Kota Batu, Buah Lokal Bakal Tersaji di Room Service

Kebun apel di Tulungrejo, Kota Batu
Kebun apel di Tulungrejo, Kota Batu

MALANGVOICE – Kamar Dagang dan Industri membidik sebanyak 1.068 hotel di Kota Batu untuk memasarkan produk lokal petani. Kemudian, tiga puluh persen hasil pertanian lokal nantinya akan diambil Kadin untuk didistribusikan ke hotel dan disajikan ke konsumen.

Ketua Kadin Kota Batu, Endro Wahyu mengatakan ia memilih strategi memasukkan produk lokal ke hotel lantaran okupansi (tingkat isian kamar) hotel dinilai cukup tinggi terutama saat akhir pekan.

“Hal ini sehubungan dengan Kota Batu saat ini gencar melaksanakan desa wisata. Tentu Kota Batu harus memiliki keunikan tersendiri,” ujarnya.

Dalam teknisnya setiap hotel akan memasukkan buah-buahan seperti apel dan stroberi dalam fasilitas room service. Kedua buah tersebut dipasok oleh petani Tulungrejo dan Pandanrejo.

Perlu diketahui sebanyak 3.586 jumlah kamar hotel di Kota Batu setiap akhir pekan selalu penuh. Oleh sebab itu, Kadin melihat bahwa hotel memiliki potensi tinggi untuk mendongkrak ekonomi di Kota Batu

“Nah, hotel inilah yang akan kami jadikan pilot project. Karena sarana pemasaran Kota Wisata berawal dari hotel,” sambungnya.

Sementara, untuk kafe sasaran yang dituju adalah petani dari Bulukerto yang memproduksi kopi Kota Batu. Dengan begitu maka pecinta Kopi memiliki kemungkinan untuk tertarik mencicipi bahkan bisa kemungkinan mengunjungi Bulukerto sendiri.

“Nanti setiap kafe di Kota Batu bakal menambahkan menu Kopi khas Kota Batu yang diproduksi Bulukerto,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko berharap Kadin bisa bersinergi dengan Pemkot Batu. “Kami melihat kadin memiliki banyak inovasi untuk kemajuan kota batu. Semoga ke depan sinergi bisa lebih ditingkatkan,” tutup wanita yang akrab disapa Bude itu.(Der/Aka)

Komunitas