MPM Kenalkan Honda Genio pada Milenial Kota Malang

Honda Genio
Honda Genio

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia ( MPM) memperkenalkan skuter matik (skutik) casual fashionable Honda Genio untuk masyarakat Malang dan sekitarnya.

Bertempat di Malang Town Square (Matos) pada 17 Agustus kemarin, acara launching Honda Genio menghadirkan berbagai kegiatan seperti sosmed foto competition dan K-Pop dance competition. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi berkendara menggunakan Honda Genio pada sesi test ride berhadiah.

MPM juga memberikan promo penjulan bagi pengunjung yang melakukan pembelian secara kredit pada waktu launching, yakni voucher belanja senilai Rp 350 ribu dan ada tambahan Rp 300 ribu bagi konsumen repeat order (RO). Dalam rangka menyambut Hari Kemrdekaan RI, ada potongan Rp 17 ribu untuk tenor 35 bulan pembelian Honda Genio pada tanggal 16 hingga 26 Agustus 2019 serta mendapatkan satu set hadiah accesories.

“Rata – rata penjualan Honda Genio di Malang dan Blitar sekitar 880 unit perbulan. Segmen Honda Genio adalah anak muda dan marketnya paling besar,” ujar Sales Supervisor MPM, Dede Hartono.

Honda Genio akan menjadi identitas dan tren baru bagi generasi muda Indonesia dalam berekspresi lebih stylish, enerjik, dengan tetap mempertimbangkan performa, bodi compact, kelincahan dan kenyamanan berkendara, serta konsumsi bahan bakar yang efisien Identitas Honda Genio ditandai dari desainnya yang casual dan bodinya yang compact,sesuai untuk generasi muda.

Skutik ini juga dibekali generasi terbaru mesin eSP 110cc yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Hal tersebut didukung oleh penggunaan frame (rangka) baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Teknologi frame baru Honda yang diimplementasikan pertama di Indonesia ini membuat Honda Genio lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Honda Genio dikembangkan sebagai produk skutik fashionable yang memiliki best value secara menyeluruh dari sisi desain, performa, fitur, maupun konsumsi bahan bakar yang irit, cocok untuk pemakaian harian. Ada tiga konsep yang membuat Honda Genio berbeda, yakni casual dan fashionable sesuai tren generasi muda saat ini. Ukuran bodi yang compact, cocok untuk pria maupun wanita serta kondisi jalan yang padat. Performa serta ragam fiturnya lengkap sesuai yang diharapkan konsumen. Semua itu dibungkus dengan harga yang terjangkau.

Perkembangan tren skutik semakin beragam. Salah satunya peningkatan kebutuhan akan skutik yang mendukung gaya hidup penggunanya sebagai teman berkendara terbaik dengan performa dan kenyamanan berkendara yang sesuai.

“Honda Genio diharapkan dapat menjadi pilihan generasi muda yang ingin tampil beda dalam mendukung aktivitas sehari-harinya baik ke sekolah, bekerja, maupun berkumpul bersama teman-temannya. Kami optimis kehadiran skutik terbaru Honda ini akan menjadi identitas dan tren baru yang disenangi masyarakat,” ungkapnya.

Desain dan Teknologi

Tampilan Honda Genio tampak segar sekaligus fashionable. Secara keseluruhan, sepeda motor ini terlihat simpel dan casual. Dimensi compact, ideal untuk pengendaraan di padatnya lalu lintas. Jarak jok dengan tanah 740 mm mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan step floor yang luas.

Teknologi lampu depan Honda Genio sudah menggunakan LED, dipadu lampu belakangstylish, serta lampu sein terpisah di bagiancover bodi, memberikan image modern dan pencahayaan optimal. Panelmeter digital menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Sentuhan aluminium pada pijakan kaki pembonceng dan grip belakang menyuguhkan penampilan yang mewah.

Honda Genio dibekali fitur-fitur penunjang, menyesuaikan kebutuhan pengguna seperti ruang penyimpanan besar berkapasitas 14 liter untuk menyimpan barang kebutuhan harian dalam berkendara. Di dalam bagasi juga disiapkan power charger untuk mengisi ulang baterai gadget bagi generasi muda masa kini yang sering menggunakan gadget.

Faktor keamanan ditunjang dengan fitur secure key shutter, dilengkapi tombol pembuka jok yang praktis. Brake lock, sistem pengereman combi brake, dan side stand switch menjadi fitur standar Honda Genio yang memastikan keamanan pengguna.

Honda Genio menggendong mesin baru, generasi termutakhir mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Kemampuan ini sanggup membuat Honda Genio lebih responsif saat berakselerasi. Skutik baru ini mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/ jam.

Kendati demikian, teknologi baru juga membuat mesin eSP Honda Genio lebih irit penggunaan bahan bakar. Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hinga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin generasi terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Performa mesin didukung dengan teknologi rangka baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dari Honda yang pertama kali digunakan untuk kendaraan roda dua di Indonesia. Frame ini menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press sertalaser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Rangka baru ini bahkan mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas bagasi 14 L dan Kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L.

Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna yang stylish serta casual sesuai dengan trend generasi muda saat ini. Tipe CBS yang dipasarkan Rp 18.705 juta (On The Road Malang) ini tersedia dalam lima warna, yakni Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver. Sementara itu tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 19.105 juta (On The Road Malang), mendapat enam pilihan warna, yakni Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial.(Der/Aka)

Pengembangan Green Teknologi Demi Menjaga Lingkungan

Pelaksanaan Seminar Nasional. (Toski D)
Pelaksanaan Seminar Nasional. (Toski D)

MALANGVOICE – Fakultas Teknik (FT) Universitas Tribhuana Tunggadewi (Unitri) menggelar Seminar Nasional Teknologi Industri Lingkungan dan Infrastruktur di Hotel Savanna, Malang, Sabtu (24/8).

Seminar Nasional yang digelar rutin dalam setiap tahun ini mendatangkan tiga pemateri yang merupakan dosen, pakar/praktisi dalam bidang Green Technology, yaitu : Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dirjen Penguatan RISTEKDIKTI, Mustangimah. Kemudian, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant, dan Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Christina Wahyu K.

Seminar Nasional ini digelar dengan mengusung tema ‘Strategi Pengembangan Green Technology Berbasis Manajemen Lingkungan’

Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dirjen Penguatan RISTEKDIKTI, Mustangimah mengatakan, dengan adanya seminar seperti ini diharapkan dapat dijadikan dasar dalam rekayasa industri.

“Diharapkan rekayasa industri tersebut bisa lebih memprioritaskan tentang green teknologi. Supaya sumber daya alam tidak dieksploitasi terus menerus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mustangimah menjelaskan, dengan begitu, penelitian-penelitian yang telah dilakukan sejak lama dapat diimplementasikan dalam pengembangan energi ke depan.

“Dengan begitu, pengembangan Teknologi Industri nantinya bisa tidak merusak lingkungan yang diimbangi dengan inovasi baru serta kreativitas dari anak-anak dalam negeri,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant menyampaikan, seminar nasional ini merupakan upaya mewujudkan green technology suapaya kedepannya tidak mengalami krisis air bersih.

“Saya mendukung kegiatan ini, karena bicara tentang lingkungan hijau, dan teknologi yang ramah lingkungan. Sebab, jika tidak mengembangkan green teknologi, menurut saya air tanah akan habis,” ungkapnya.

Di sisi lain, Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Christina Wahyu K menjelaskan, dalam seminar ini membahas tentang permasalahan dimasyarakat yang selama ini kurang disadari tentang kesehatan, dan ketentraman akibat revolusi industri.

“Diharapkan masyarakat dapat lebih memperhatikan lingkungan, dimana mereka baik itu pelaku usaha supaya menggunakan teknologi yang berbasis lingkungan (teknologi ramah lingkungan),” pungkasnya.(Hmz/Aka)

MPM Beri Promo Bagi Konsumen Pecinta Honda CRF150L

ilustrasi MPM.
ilustrasi MPM.

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) berikan apresiasi kepada konsumen pecinta motor on-off dalam berpetualang menaklukkan tantangan di segala medan Honda CRF150L.

Apresiasi MPM tersebut yakni memberikan penawaran spesial bagi konsumen yang melakukan pembelian Honda CRF150L, dan nantinya akan mendapatkan hadiah langsung berupa skid plate. Promo ini berlangsung hingga September 2019.

Di Jatim, pasar trail mencapai rata-rata 900 hingga seribu unit. Selain membidik komunitas, Honda CRF 150L juga menyasar instansi pemerintahan yang bisa digunakan untuk kendaraan operasional.

“Promo pembelian ini merupakan salah satu apresiasi bagi pecinta petualangan di medan on-off. Selain promo, konsumen juga dapat bergabung dengan komunitas Honda CRF150L yang ada di kota masing-masing,” ujar Marcomm & Development Division Head MPM, Suhari.

Perlu diketahui, Honda CRF150L yang mengusung konsep “Take You to Off Fun Ride” hadir melalui penyematan desain, fitur unggulan, dan mesin yang nyaman digunakan untuk berkendara di jalan raya dan menaklukan berbagai rintangan.

Ketangguhan Honda CRF150L dicapai berkat penyematan mesin 150cc SOHC PGM-FI berperforma tinggi, fitur terbaik seperti Long Travel Inverted Front Fork, ban dual purpose dan velg ukuran besar, serta Wavy Disc Brake yang mendukung kemampuan jelajah optimal dengan nyaman dan mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan. Honda CRF150L dipasarkan dengan harga Rp. 34.045 juta.(Der/Aka)

Ultah ke-5, Honda Sukun Malang Target Penjualan 100 Persen Lebih di Semester Kedua 2019

Branch Manager Honda Sukun Malang, MF Yuniarsyah. (deny rahmawan)
Branch Manager Honda Sukun Malang, MF Yuniarsyah. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Honda Sukun Malang menargetkan penjualan unit mobil sebesar 102 persen di pada semester kedua tahun ini. Hal itu dianggap realistis karena pada semester pertama bisa melewati 100 persen.

Hal itu dikatakan Branch Manager Honda Sukun Malang, MF Yuniarsyah. “Rencana menembus angka itu. Minimal melewati 100 persen dan optimistis bisa tercapai,” kata dia saat merayakan ulang tahun ke-5 Honda Sukun, Rabu (14/8).

Lebih lanjut, Yuniarsyah membeber penjualan unit terbanyak saat ini adalah Honda Brio. Mobil itu jadi andalan karena termasuk city car yang murah namun memiliki banyak kelebihan. Setiap bulan rata-rata penjualan di atas 50 unit.

“Selain budget murah, di kelas sama dia punya empat silinder. Sehingga di tanjakan gak ada masalah,” jelasnya.

Dari strategi penjualan, Honda Sukun kini ikut memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pasalnya, beberapa konsumen Honda lebih banyak menggunakan media online untuk melihat secara rinci spesifikasi mobil yang akan dibeli.

Karena itu, selain melakukan penjualan konvensional, Honda Sukun bakal memanfaatkan media sosial untuk menarik konsumen.

“Sekarang banyak main online. Medsos lebih kuat. Polanya berubah online dan sekarang harus ke arah sana,” tambahnya.

Di samping itu, ia berharap semakin bertambahnya usia Honda Sukun Malang, banyak hal bisa terus berkembang. Hal itu bertujuan agar bisa memebuhi target yang sudah ditetapkan. Salah satunya, para karyawan dan sales dituntut bisa lebih memberi pelayanan terbaik.

“Harapan kami perusahaan semakin maju, semakin melayani customer dengan berikan layanan terbaik,” harapnya.(Der/Aka)

Kadin: Hotel Menjadi Pilot Projek Dongkrak Perekonomian di Kota Batu, Buah Lokal Bakal Tersaji di Room Service

Kebun apel di Tulungrejo, Kota Batu
Kebun apel di Tulungrejo, Kota Batu

MALANGVOICE – Kamar Dagang dan Industri membidik sebanyak 1.068 hotel di Kota Batu untuk memasarkan produk lokal petani. Kemudian, tiga puluh persen hasil pertanian lokal nantinya akan diambil Kadin untuk didistribusikan ke hotel dan disajikan ke konsumen.

Ketua Kadin Kota Batu, Endro Wahyu mengatakan ia memilih strategi memasukkan produk lokal ke hotel lantaran okupansi (tingkat isian kamar) hotel dinilai cukup tinggi terutama saat akhir pekan.

“Hal ini sehubungan dengan Kota Batu saat ini gencar melaksanakan desa wisata. Tentu Kota Batu harus memiliki keunikan tersendiri,” ujarnya.

Dalam teknisnya setiap hotel akan memasukkan buah-buahan seperti apel dan stroberi dalam fasilitas room service. Kedua buah tersebut dipasok oleh petani Tulungrejo dan Pandanrejo.

Perlu diketahui sebanyak 3.586 jumlah kamar hotel di Kota Batu setiap akhir pekan selalu penuh. Oleh sebab itu, Kadin melihat bahwa hotel memiliki potensi tinggi untuk mendongkrak ekonomi di Kota Batu

“Nah, hotel inilah yang akan kami jadikan pilot project. Karena sarana pemasaran Kota Wisata berawal dari hotel,” sambungnya.

Sementara, untuk kafe sasaran yang dituju adalah petani dari Bulukerto yang memproduksi kopi Kota Batu. Dengan begitu maka pecinta Kopi memiliki kemungkinan untuk tertarik mencicipi bahkan bisa kemungkinan mengunjungi Bulukerto sendiri.

“Nanti setiap kafe di Kota Batu bakal menambahkan menu Kopi khas Kota Batu yang diproduksi Bulukerto,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko berharap Kadin bisa bersinergi dengan Pemkot Batu. “Kami melihat kadin memiliki banyak inovasi untuk kemajuan kota batu. Semoga ke depan sinergi bisa lebih ditingkatkan,” tutup wanita yang akrab disapa Bude itu.(Der/Aka)

BNI dan Global Wakaf Hadirkan Layanan Wakaf Saham

Kerja sama BNI Sekuritas dan Global Wakaf. (Istimewa)
Kerja sama BNI Sekuritas dan Global Wakaf. (Istimewa)

MALANGVOICE – BNI Group melalui anak perusahaannya, yaitu BNI Sekuritas menjalin kerja sama dengan Global Wakaf.

Kerja sama itu menghadirkan sebuah layanan wakaf saham yang objeknya berupa saham syariah dan atau keuntungan investasinya. Guna memberikan layanan secara ekslusif kepada investor wakaf saham, BNI Sekuritas juga telah membangun Galeri Wakaf Saham yang berlokasi di gedung Menara 165.

Jumlah investor saham syariah saat ini sudah hampir mencapai 6% dari total investor saham di Bursa Efek Indonesia, dan setiap tahunnya terus bertumbuh signifikan. Hal ini tentunya menjadi momentum dan peluang bagi BNI Sekuritas sebagai Anggota Bursa yang menyediakan Layanan Transaksi Saham Syariah untuk semakin memperkuat posisinya di segmen syariah.

Peluncuran Galeri Wakaf Saham ini merupakan wujud komitmen BNI Sekuritas dan Global Wakaf sebagai lembaga nazhir untuk berkontribusi memajukan Indonesia dalam semangat filantropi. Didukung dengan jaringan yang kuat antar kedua pihak, BNI Sekuritas percaya bahwa inklusi pasar modal syariah serta filantropi melalui wakaf saham ini semakin mudah tercapai.

Geger N. Maulana, Plt Direktur Utama BNI Sekuritas mengatakan, program ini tak hanya sekadar seremonial, tapi lebih dari itu.

“Selain itu, kami juga berharap dengan adanya galeri ini dapat meningkatkan jumlah investor syariah baru minimal ada penambahan 1000 nasabah per tahun,” katanya.

Syahru Aryansyah selaku Presiden Direktur Global Wakaf pun menambahkan, Galeri Wakaf Saham ini nantinya akan menjadi tempat sinergi antara empat pihak untuk melakukan transaksi jual beli saham syariah. Empat pihak tersebut antara lain Global Wakaf selaku nazir, Perusahaan Efek yakni BNI Sekuritas, BEI sebagai regulator, serta masyarakat yang ingin melakukan transaksi saham syariah.

“Galeri Wakaf Saham bertujuan untuk mengajak masyarakat baik individu maupun perusahaan agar dapat berinvestasi sekaligus berwakaf saham. Sehingga, selain dapat manfaat di dunia, investor juga insya Allah dapat manfaat untuk akhirat. Mekanisme wakaf saham disini dapat dilakukan baik terhadap saham syariahnya dan atau terhadap hasil investasinya. Misalkan, investor membeli saham 10 lot, dari 10 lot itu, 5 lotnya diinvestasikan untuk pribadi dan sebanyak 5 lot lagi diinvestasikan dalam bentuk wakaf. Mengapa harus wakaf? Karena ini akan menjadi bekal, investasi kita setelah dunia nyata. Jadi akan dibawa ke akhirat,” jelas Ryan, sapaan akrab Syahru Aryansyah.

Ryan menjelaskan, saham dan atau hasil investasi saham yang diwakafkan tersebut akan digunakan untuk menunjang program-program wakaf produktif yang memberdayakan masyarakat atau mauquf alaih. Salah satunya program Ritel Wakaf, di mana kehadirannya telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar ritel tersebut.

Dengan adanya Galeri Wakaf Saham ini, Ryan mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi mewakafkan harta terbaiknya. Selain agar nilai sahamnya bertumbuh untuk pribadi, Ryan kembali menekankan bahwa lewat Galeri Wakaf Saham, investasi untuk akhirat juga bisa tercapai.

“Karena ada sisi value di sini. Kita tidak hanya bicara profit-oriented, tapi berapa besar manfaat atau benefit yang bisa kita salurkan dengan adanya Wakaf Saham. Jadi ada transforming, from profit to benefit. Semoga dengan adanya Galeri Wakaf Saham ini, para investor terutama investor syariah BNI Sekuritas juga dapat berinvestasi sekaligus memberikan manfaat dan berkah bagi sesama,” tutupnya.(Der/Aka)

Selama Agustus 2019, The Kalindra Siapkan Hadiah iPhone X dan N-Max

Gebyar Kemerdekaan di The Kalindra. (Istimewa)
Gebyar Kemerdekaan di The Kalindra. (Istimewa)

MALANGVOICE – The Kalindra siapkan hadiah menarik di peringatan HUT ke-74 RI. Hadiah itu berupa iPhone X dan Yamaha N-Max yang bisa Anda miliki tanpa diundi.

Semua itu merupakan promo dari program Gebyar Kemerdekaan selama Agustus 2019.

Manager Marketing The Kalindra, Ferdinando Redha Asmana, menjelaskan, hadiah itu bisa didapat hanya dengan membeli properti di The Kalindra, bisa Town House atau apartmen.

“Ada 17 iPhone itu hanya untuk membeli apartemen dan kalau town house ada 8 unit Yamaha N-Max yang bisa didapatkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” kata Ferdinando.

Diketahui, The Kalindra saat ini sedang mengembangkan proyek besar berupa hunian Town House dan apartemen. Letaknya sangat strategis di dekat exit tol Mapan dengan jarak 600 meter. Tepatnya di Jalan Ahmad Yani Utara No 10 Kota Malang.

The Kalindra mengusung konsep apartemen yang terhubung langsung dengan hotel. Total bangunannya ada 3 tower, 1 tower untuk hotel dan 2 tower untuk apartemen serta terkoneksi dengan dengan hotel terkemuka, Aston City Hotel.

Hunian itu diklaim memiliki unit apartemen studio terluas dari apartemen yang ada di Malang. Dengan lias netto 24,75 m² dan luas semi gross 28,75 m² bakal jadi andalan.

“Untuk Exclusive Town House semua menggunakan sistem smart technology, desain minimalis, dan keamanan terjamin,” tutupnya.(Der/Aka)

BPS Kota Malang: Cabai Rawit Penyumbang Inflasi Terbesar

(Humas Pemkot Malang)
(Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Komoditi cabai rawit menjadi penyumbang terbesar Inflasi di Kota Malang. Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat andil Inflasi mencapai 0,1857 persen, Juli 2019 ini.

Kepala BPS Kota Malang Drs. Sunaryo, M,Si menyampaikan bahwa komoditas penyumbang tertinggi inflasi Kota Malang pada bulan Juli 2019 adalah cabai rawit. Ini juga akibat kenaikan harga sebesar 151,86 persen. Harga cabai rawit ini menyumbang sebesar 0,1857 persen dari angka inflasi 0,20 bulan Juli Kota Malang.

“Pada bulan Juli 2019 ini komoditas penyumbang inflasi terbesar kota malang adalah cabai rawit dengan andil sebesar 0,1857 persen yang pedasnya menasional, kenaikan harga bukan hanya di Kota Malang tapi berdampak nasional,” kata Sunaryo, Kamis (1/8).

“Sedangkan penghambat inflasi Kota Malang terdapat dari angkutan udara dengan andil sebesar -0,2343,” imbuhnya.

Berdasarkan rilis data BPS kota Malang, inflasi bulan Juli Kota Malang sebesar 0,20 persen. Angka inflasi ini lebih tinggi dari Inflasi bulan Juli Provinsi Jawa Timur yang berkisar di angka 0,16 persen.

Inflasi Kota Malang diklaim tertinggi keempat se-Jawa Timur setelah Jember dengan 0,24 persen. Inflasi bulan Juli 2019 dipicu oleh naiknya harga beberapa komoditi antara lain, cabai rawit, daging ayam ras, cabai merah, emas perhiasan, buah pir, tauge/kecambah, ketimun, pisang, labu siam/jipang dan upah pembantu rumah tangga.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang memberikan andil/sumbangan inflasi pada Bulan Juli 2019, yaitu: kelompok bahan makanan sebesar 2.01 persen, diikuti kelompok sandang sebesar 0.59 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok & tembakau sebesar 0.17 persen serta yang terkecil adalah kelompok pendidikan rekreasi & olahraga sebesar 0.01 persen.

Adapun komoditi yang menahan laju inflasi pada bulan Juli 2019 seperti: angkutan udara, bawang putih, tomat sayur, mujair, bawang merah, tongkol pindang, semangka, selada/daun selada, tarif kereta api dan besi beton.(Der/Aka)

Dusun Brau Suplai Lima Ribu Ton Susu Segar ke Bali

Patung sapi yang diletakkan di sepanjang jalan di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu (Foto: Ayun/MVoice).
Patung sapi yang diletakkan di sepanjang jalan di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu (Foto: Ayun/MVoice).

MALANGVOICE – Potensi susu segar memang menjadi penghasilan terbesar warga Dusun Brau, Kota Batu. Tingginya permintaan susu dari luar daerah membuat desa wisata sapi perah ini terus mengembangkan ternak yang berada di sana.

Selain menyuplai kebutuhan susu di Kota Batu, Desa tersebut ternyata telah mengekspor susu yang dihasilkan dari sapi yang tergabung di koperasi desa setempat.

Hal mengejutkan dari desa yang letaknya terpencil tersebut rupanya masih langgeng menjadi penyuplai susu segar untuk pabrik Keju di Bali.

Ketua Koperasi Margo Makmur Mandiri Brau Muhammad Munir mengatakan, sejak dibangunnya Koperasi tersebut, produksi sapi di Dusun Brau terus meningkat. Dari data diketahui jumlah total warga yang tinggal di sana sebanyak 450 jiwa. Sedangkan untuk jumlah sapi perah yang dipelihara warga sebanyak 900 ekor.

“Ya, yang produktif untuk penghasil susu hanya 600 ekor saja.

“Dan, kami bisa mengirim sekitar lima ton perminggu ke Bali untuk diolah menjadi keju,” sambungnya.

Dari 600 ekor susu tersebut ia memastikan perhari mampu memproduksi tiga ribu liter perhari. Itu hanya untuk stok di kemitraan yang berada di Kota Batu saja.

Lebih lanjut Munir mengatakan, ketelatenan dalam merawat sapi tidak mudah. Selain menjaga sapi agar tidak stress, asupan gizi untuk makanan sapi juga diperhatikan betul olehnya.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak para pelajar hingga mahasiswa datang ke peternakannya hanya untuk melakukan penelitian dan edukasi.

“Harus berhati-hati, karena jika sapi tersebut sudah stress maka sedikit produksi air susunya. Selain itu makanan yang pas juga diperlukan, kami bikin sendiri untuk pakannya,” tandasnya.(Hmz/Aka)

Kilang Minyak Tuban Ditarget Beroperasi Tahun 2025

MALANGVOICE – Kilang minyak Pertamina di Tuban, Jawa Timur, ditarget beroperasi pada tahun 2025 mendatang. Kilang minyak “new gras root refinery” itu diprediksi mampu memproduksi sekitar 400 ribu barel tiap hari.

Manager Operation dan CSR Marketing Operation Manager (MOR) V Jatim – Balinus, Rustam Aji, mengatakan, kebutuhan lahan untuk pembangunan kilang tersebut mencapai 800 hektare. Saat ini, tanah yang sudah tersedia dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutani sekitar 400 hektare.

“Sedangkan sisanya nanti pakai lahan masyarakat. Saat ini kita sedang sosialisasi kepada warga terkait dengan pembebasan lahan,” ujar Rustam Aji, pada Senin (15/7).

Dijelaskan, produksi minyak sebesar 400 ribu barel yang diprediksi di Kilang Minyak Tuban itu, jumlahnya lebih besar dari yang ada di Refinering Unit IV Cilacap yang saat ini mampu memproduksi sekitar 350 ribu barel.

“Meski di RU Cilacap nanti akan ditingkatkan kapasitas produksinya, tapi yang jelas, dengan adanya Kilang Minyak Tuban itu akan menambah jumlah produksi secara nasional,” tandasnya.

Saat ini, jumlah produksi dari kilang minyak yang ada di seluruh Indonesia mencapai 1 juta barel tiap hari. Namun, yang menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM), hanya sekitar 700 ribu hingga 800 ribu barel tiap harinya. Sedangkan, kebutuhan BBM masyarakat Indonesia, mencapai 1,5 juta barel perhari.

Kilang minyak di Tuban, diharapkan mampu mengurangi pasokan impor BBM, sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Indonesia serta mendukung program nasional.

Terpisah, Manajer Communication, Relation dan CSR RU Cilacap IV, Laode Syarifudin, menambahkan, Kilang Minyak di Tuban nantinya juga diharapkan mampu menambah daya ekspor avtur dari Indonesia ke negara tetangga.

“Pada Juli bulan ke tiga, kita sudah akan ekspor avtur, dan saat ini sedang masa tender,” kata Laode.

Ekspor avtur, lanjut Laode, tidak akan mengganggu produksi dan stok avtur dalam negeri, dan justru malah akan menambah jumlah produksi makin meningkat.(Hmz/Aka)

Komunitas