Hadapi PSBB, UMKM Andalkan Penjualan Online

Ilustrasi UMKM

MALANGVOICE – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Malang, bakal mengandalkan penjualan secara online dalam menghadapi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Malang Raya yang akan dimulai pada Minggu (17/5) mendatang.

Ketua Asosiasi UMKM Kota Malang, Sri Rahayu mengatakan, untuk menghabiskan omzet yang masih tersisa, dirinya bakal mengandalkan penjualan secara online. Di tengah pandemi Covid-19 ini penjualan mengalami penurunan hingga 59 persen dari hari biasanya.

“Dengan diberlakukan PSBB, kami khawatir omzet yang masih tersisa itu akan semakin tergerus. Apalagi ada pembatasan jam operasional. Puasa begini kami boleh buka pukul.15.00 dan tutup lebih awal. Hanya bisa bersabar, dan mengandalkan penjualan melalui Ojol,” ucapnya, Kamis (14/5).

Menurut Rahayu, saat ini semua pelaku usaha kecil di Kota Malang mulai banting setir. Para anggota asosiasi yang kebanyakan sebagai pemilik pusat oleh-oleh dan souvenir tersebut mengeluh karena ada pembeli, lantaran tidak ada orang dari daerah lain yang datang ke Malang untuk berlibur.

“Kota Malang ini sebenarnya salah satu kota wisata di Jawa Timur, tapi karena Corona menjadi sepi. Untung ada momen puasa dan lebaran, para pelaku UMKM banting setir jadi penjual kue kering dan kebutuhan lebaran lainnya. Kami hanya bisa pasrah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika menyampaikan, dalam perumusan PSBB di Malang Raya, dirinya mempunyai beberapa catatan yang harus diperhatikan pemerintah Kota Malang. Antara lain, sosialisasi yang maksimal di masyarakat agar penerapan PSBB ini diketahui semuanya.

“Dalam rapat di Bakorwil Malang untuk merumuskan PSBB Malang Raya, sebenarnya banyak yang ingin kami sampaikan, tapi kami tidak diundang,” ujarnya.

Sebab, lanjut Made, saat ini untuk masalah sosial ekonomi masih belum terselesaikan, semua bentuk bantuan untuk masyarakat harus didistribusikan, jangan sampai ada gesekan atau masalah sosial di kalangan masyarakat.

“Agar PSBB bisa berjalan efektif dan tidak merugikan masyarakat, bantuan untuk masyarakat selesaikan dulu, jangan sampai penerapan PSBB ini akan menambah beban masyarakat yang saat ini sudah repot,” tukasnya.(Der/Aka)

Mbois Squad PUBG Team Jatim Sabet Juara National E-sports PUBG Competition

Sertifikat juara e-sport PUBG Competition. (Istimewa)
Sertifikat juara e-sport PUBG Competition. (Istimewa)

MALANGVOICE – Dalam situasi Nasional saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk #DiRumahAja, PT AHM dan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT mengadakan kompetisi games online yang bertajuk National E-Sport PUBG Competition For Community, Minggu (10/5).

PUBG dan Mobile Legend menjadi games online popular di kalangan Honda Community dan masuk ke dalam 3 besar game online terpopular di Indonesia

Kompetisi e-sport ini diperuntukkan bagi komunitas Honda yang bernaung di paguyuban MPM Honda Jatim. Masing-masing tim beranggotakan 4 orang termasuk 1 orang kapten. Kompetisi ini untuk memperebutkan juara nasional e-sports.

Beberapa seleksi dilakukan pada perwakilan tiap klub anggota Honda Community Jatim. Penyaringan yang ketat dari tanggal 26 April untuk mendapat perwakilan yang kompeten.

Dari seleksi yang telah dilakukan terpilih 8 orang sebagai wakil dari MPM Honda Jatim di Honda Community E-sports National PUBG Competition. Rinciannya 4 orang yang mewakili MPM Surabaya dengan nama timnya Mbois Squad PUBG Team Jatim MPM Surabaya dan 4 orang mewakili MPM Malang dengan nama timnya Mbois Squad PUBG Team Jatim MPM Malang

“National E-sports PUBG Competition ini tidak hanya kompetisi game online tetapi sambil berdonasi. Dari 50% hadiah digunakan untuk donasi tenaga kesehatan dalam program “Satu Hati Bersama Indonesia Sehat,” kata Mizidianto selaku Community Development MPM Honda Jatim.

Pada kompetisi ini Mbois Squad PUBG Jatim MPM Surabaya dan Mbois Squad PUBG Jatim MPM Malang berada di urutan 4 dengan 56 pts.

Mbois Squad PUBG Team Jatim MPM Malang :
-Ranu Ajib Saputro (PHT) Tulung Agung
-Dzulhifar Azhar F. (PAHAM) Malang
-Zimi Asriono (PHSJT) CB150R
-Echa Arnenda Arif N (BOHAY) Bojonegoro.(Der/Aka)

Wujudkan Impian Milenial Miliki Hunian Idaman Lewat Program BNI Syariah Tunjuk Rumah

Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGVOICE – Impian para milenial memiliki rumah idaman bakal gampang diwujudkan. Sejalan dengan program pemerintah terkait satu juta rumah, BNI Syariah mendukung dengan meluncurkan program Tunjuk Rumah.

Tunjuk Rumah adalah program yang ditujukan bagi calon nasabah terutama generasi milenial yang ingin mempunyai rumah idaman yang sesuai keinginan.

Milenial hanya perlu menunjuk salah satu rumah atau apartemen yang tersedia pada developer yang sudah bekerjasama dengan BNI Syariah.

Kelebihan program tunjuk rumah dibanding program lain yaitu adanya harga spesial atau tarif khusus, cicilan tetap sampai akhir cicilan serta kemudahan lainnya yaitu bebas biaya administrasi, bebas biaya KPR, bebas biaya taksasi, dan bebas denda.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi berharap program Tunjuk Rumah ini dapat mempermudah calon nasabah terutama kaum milenial dalam memiliki rumah. “Serta dapat meningkatkan kinerja pembiayaan terutama BNI Griya iB Hasanah,” kata Iwan Abdi belum lama ini.

Program Tunjuk Rumah 2020 di launching pada tanggal 20 Januari 2020 berjalan hingga 30 Juni 2020. Target program Tunjuk Rumah diantaranya karyawan perusahaan yang mempunyai fix income.

BNI Syariah memberikan promo atau tarif khusus kepada calon nasabah yang merupakan karyawan BUMN, ASN, Regulator (BI, KPK, OJK), dokter, karyawan perusahaan swasta nasional/ multinasional, karyawan swasta lokal, nasabah referral dari developer rekanan BNI Syariah, maupun karyawan korporasi.

Karyawan korporasi ini adalah pegawai institusi/perusahaan yang sudah bekerjasama dengan BNI Syariah untuk payroll maupun penyaluran pembiayaan karyawan.

Untuk saat ini ada sekitar 1.000 developer aktif yang bekerjasama dengan BNI Syariah. Hingga 9 April 2020, perolehan pembiayaan BNI Griya iB Hasanah melalui program Tunjuk Rumah mencapai Rp766,7 miliar. Daerah terbesar penyerapan program Tunjuk Rumah yaitu wilayah Jabodetabek.

Target program Tunjuk Rumah sampai dengan akhir periode tahun ini yaitu Rp1,4 triliun. Untuk mencapai target ini, BNI Syariah mengoptimalkan pemasaran lewat cabang, gathering developer, media sosial dan media online.

Sampai dengan bulan Februari 2020, outstanding pembiayaan KPR BNI Syariah yaitu BNI Griya iB Hasanah berada di posisi Rp13,23 triliun dengan pertumbuhan 11,15% year on year.(Der/Aka)

MPM Honda Jatim Berikan Service Gratis dan Ganti Oli 250 Motor Tenaga Medis RS di Malang

Bantuan yang diberikan kepada tenaga medis. (Istimewa)
Bantuan yang diberikan kepada tenaga medis. (Istimewa)

MALANGVOICE – Perjuangan tenaga medis seperti dokter, perawat, dan suster, yang menjadi garda terdepan dan berhadapan langsung dengan pandemi mendapat perhatian khusus dari semua pihak.

PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim & NTT bersama dengan jaringan AHASS termasuk salah satu yang peduli dengan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) MPM Berbagi memberikan layanan service dan ganti oli gratis untuk sepeda motor tenaga medis.

Sebanyak 250 motor Honda milik tenaga medis dari rumah sakit rujukan di wilayah Malang telah mendapatkan perawatan dan ganti oli gratis. Kegiatan service gratis motor Honda dan ganti oli ini dimulai tanggal 27 April – 06 Mei 2020 di 5 rumah sakit rujukan antara lain RS UMM Malang, RSI Aisyah Malang, RSI Gondanglegi, RSUD Saiful Anwar dan RST dr Soperaoen.

“Melalui program CSR MPM Berbagi salah satunya dengan memberikan layanan service gratis dan ganti oli, sebagai bagian dari layanan terbaik Honda kepada tenaga medis,” kata Suwito M selaku Presiden Direktur MPM Honda Jatim.

Sebelumnya MPM Honda Jatim juga telah menyerahkan bantuan 5 unit ambulans, 5 unit ventilator, 500 APD kepada pemerintah Jawa Timur. Juga bantuan APD kepada RST Wirasakti di Kupang NTT.(Der/Aka)

Harga Ayam Turun, Faktor Deflasi Kota Malang

Ilustrasi daging ayam ras
Ilustrasi daging ayam ras

MALANGVOICE – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Kota Malang alami deflasi, pada April 2020. Ini akibat penurunan harga daging ayam ras sebesar 11,90 persen.

Kepala BPS Kota Malang Sunaryo mengatakan, penurunan harga daging ayam ras sebesar tersebut, memberi andil 14 persen terhadap deflasi Kota Malang yang tercatat sebesar 0,12 persen.

“Yang menentukan deflasi dan memberikan kontribusi terbesar adalah penurunan harga daging ayam ras. Sudah turun dua bulan berturut-turut,” kata Sunaryo.

Sunaryo menambahkan, selain penurunan harga daging ayam ras tersebut, deflasi Kota Malang juga didorong adanya penurunan harga pada tiket angkutan udara sebesa 10,44 persen, dan memberikan andil sebesar 0,13 persen terhadap deflasi.

Ia melanjutkan, komoditas lain mengalami deflasi adalah harga cabai merah turun sebesar 43,63 persen dengan andil terhadap deflasi sebesar 0,05 persen, penurunan harga telur ayam ras sebesar 6,42 persen dengan andil 0,04 persen, dan bawang putih turun 10,41 persen dengan andil 0,03 persen.

“Selain itu juga ada penurunan tarif kendaraan online roda empat, dan roda dua, masing-masing sebesar 5,77 persen dan 1,22 persen,” sambung dia.

Meski beberapa komoditas mengalami penurunan atau deflasi, beberapa komoditas lain juga tercatat ada kenaikan. Terjadi pada komoditas emas perhiasan sebesar 4,80 persen dengan andil 0,04 persen.

Kemudian, harga gula pasir naik 12,83 persen, bawang merah 19,86 persen, telepon seluler 2,67 persen, dan upah asisten rumah tangga naik sebesar 0,51 persen pada April 2020.

Sunaryo menambahkan, akibat pandemi COVID-19, juga mempengaruhi sisi permintaan konsumsi masyarakat.

“Akibat COVID-19 ini, dari sisi permintaan juga ada pengurangan. Jadi bukan hanya karena penyediaan dan permintaan saja,” jelasnya.

Ia menambahkan, secara tahun kalender, inflasi Kota Malang tercatat sebesar 0,17 persen, dan secara Years on Years (YoY) tercatat 0,83 persen. Catatan tersebut tersebut merupakan yang terendah sejak 2010.

“Pada sisi lain, inflasi YoY Kota Malang pada 2020 ini merupakan YoY terendah dalam satu dekade terakhir, dari 2010 hingga 2020,” tutupnya.(Der/Aka)

Diluncurkan Gubernur, Jakarta Care Line Layani Warga Ibu Kota Selama Pandemi

Peluncuran Jakarta Care Line. (Istimewa)
Peluncuran Jakarta Care Line. (Istimewa)

MALANGVOICE – Selama pandemi Covid-19, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meredam dampak sosial ekonomi dari wabah tersebut. Salah satunya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui program Jakarta Care Line.

Diluncurkan pada Sabtu (2/5), Jakarta Care Line menjadi bentuk nyata dari sinergi ACT dan Pemprov DKI Jakarta yang dijalin sebelumnya dalam gerakan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

Jakarta Care Line merupakan layanan pengadaan pangan gratis berbasis teknologi sebagai solusi untuk pemenuhan kebutuhan pangan, utamanya beras, bagi warga DKI Jakarta yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19. Peluncuran ini dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin, dan Presiden ACT Ibnu Khajar di Menara 165.

Anies Baswedan menyatakan bahwa kolaborasi ini adalah sebuah inovasi dalam kolaborasi di bidang sosial di tengah pandemi yang menyebabkan penurunan kegiatan ekonomi.

“Hari ini Jakarta sedang mengalami masalah besar karena kegiatan ekonomi diturunkan. Karena itu kita memberikan bantuan sosial yang terus dilakukan secara berkala. Di Jakarta terdapat 3,5-3,6 juta kepala keluarga, terdapat 1,2 juta KK yang masuk daftar mereka yang membutuhkan. Namun, kondisi saat ini, yang mulanya mereka tidak terdata berpenghasilan rendah, sekarang jumlahnya yang memerlukan bantuan semakin meningkat. Saya mengapresiasi ACT yang langsung bertindak cepat di mana menciptakan sebuah sistem yang bisa menghubungkan antara mereka yang memiliki harta lebih, dapat memberikan langsung ke mereka yang membutuhkan,” ungkapnya.

Anies juga mengapresiasi program kolaborasi Jakarta Care Line dan berharap bahwa masyarakat dapat bersama-sama mendukung program ini. Bagi Anies, Jakarta Care Line adalah sebuah terobosan yang diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk seluruh Indonesia, dalam menghadapi kebutuhan pangan selama terjadinya pandemi ini.

“Sistem ini sangat menarik karena tidak melalui pemerintah tetapi langsung antar masyarakat. Untuk itu, kami mengundang kepada seluruh masyarakat Jakarta untuk memberikan sesuatu kepada sebagian (warga) yang sangat membutuhkan melalui program ini. Ini kegiatan mulia yang harus didukung, harus dibesarkan, dan masyarakat harus ikut mendukung juga,” imbuh Anies.

Selain itu, ia juga berharap, ACT dapat terus meneruskan good government yang ada dan menjaga amanah yang dititipkan kepada ACT. Alhamdulillah amanah tersebut dapat terus ditunjukkan ACT melalui berbagai program-programnya.

Jakarta Care Line mengadopsi program Humanity Care Line ACT. Dalam proses pengiriman bantuan ini, ACT melibatkan ojek daring sebagai kurir paket pangan. Sistem Humanity Care Line pun terus dikembangkan sehingga mampu melayani panggilan masyarakat selama 24 jam. Hal ini karena kebutuhan pangan di masyarakat semakin masif. Tentunya perlu ada layanan publik dengan kecepatan dan efisiensi dalam pengelolaannya.

Hingga saat ini, 98,4% dari total target pendistribusian bantuan beras telah disampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Banyaknya penerima manfaat penerima yang dijangkau dalam tempo yang singkat, menjadi catatan tersendiri atas ketepatan dan kecepatan dalam sistem yang dijalankan.

“Maka, teruslah berinovasi. Inovasi tidak hanya terjadi di bidang profit, namun juga di bidang sosial untuk nonprofit. Insyaallah ini adalah program yang bermanfaat untuk masyarakat. Jakarta Care Line menjadi bagian nyata dari Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). Hal ini perlu diapresiasi, perlu mendapat dukungan dari banyak pihak. Kami ingin menjembatani dan memfasilitasi agregrator seperti ACT ini. Selain itu, kami ingin sekali yang muncul setelah pandemi dan pembatasan ini adalah semakin munculnya solidaritas sosial,” tambah Anies.

Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin menyatakan program Jakarta Care Line distimulasi oleh kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). KSBB sangat menyemangati ACT dan mewujudkan kolaborasi tersebut dalam sebuah program bernama Jakarta Care Line.

“Saat ini Jakarta Care Line tidak hanya melayani warga Jakarta, namun juga akan melayani daerah sekitarnya seperti Depok, Bekasi, dan lainnya. Semoga program ini bisa menjadi program di daerah lain seperti Surabaya Care Line, Bandung Care Line. Semoga program kolaborasi ini dapat menjadi gerakan sosial lainnya. Seperti saat ini kita menyaksikan dan merasakan bahwa tidak hanya permasalahan kesehatan, namun juga ekonomi masyarakat. Dengan pelarangan mudik, maka kami membayangkan akan semakin banyak warga yang memerlukan bantuan selama pandemi ini,” ungkap Ahyudin.

Hingga Sabtu (2/5), total telepon yang masuk melalui program Humanity Care Line mencapai 19 ribu penelepon. Selain menjadi medium untuk donasi umum, Humanity Care Line dan Jakarta Care Line akan menjadi medium untuk donasi zakat mal dan fitrah selama Ramadan ini. Peluncuran Jakarta Care Line akan dapat memaksimalkan pendistribusian bantuan untuk masyarakat.

“Kami akan melakukan yang terbaik dalam menghadirkan bantuan dalam masa pandemi ini. Ayo kita membersamai masyarakat untuk melewati kesulitan ini. Semoga ada jutaan kebaikan yang bisa dihampar melalui program Jakarta Care Line. Semakin banyak target yang didistribusikan, semakin tepat dan cepat. Kami berharap sekali, semoga Jakarta Care Line menjadi layanan sosial yang bisa menjadi gerakan nasional. Misalnya, Indonesia Care Line yang diawali oleh Jakarta Care Line ini. Hal ini karena kami melihat layanan bantuan pangan ini sudah dibutuhkan juga untuk skala nasional. Selain itu, dalam program ini kami juga menerima zakat mal dan zakat fitrah. Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk memaksimalkan kebaikan-kebaikan,” tambah Ahyudin.

Semangat Bersama Bangun Bangsa juga diwujudkan dengan keterlibatan publik untuk mengentaskan problematika multidimensi yang muncul akibat Covid-19. Selain terbuka untuk siapa saja yang membutuhkan bantuan pangan, publik juga bisa menelepon untuk merekomendasikan warga sekitarnya yang membutuhkan melalui nomor bebas pulsa 0800-1165-228. Lebih jauh, program ini juga terbuka untuk para dermawan yang ingin berkontribusi membantu sesama. Salurkan kepedulian terbaik Anda melalui www.Indonesiadermawan.id/JakartaCareLine! Ulurkan tangan, salurkan kedermawanan dan jadilah pahlawan bagi mereka yang membutuhkan.(Der/Aka)

“KLIMIS” Bareng Community Honda Jatim Sambil Berdonasi

Kopdar online KLIMIS MPM Honda. (Istimewa)
Kopdar online KLIMIS MPM Honda. (Istimewa)

MALANGVOICE – Dengan kondisi saat ini dan imbauam dari pemerintah untuk tetap berada #DiRumahAja tidak membuat silaturahmi komunitas terputus begitu saja.

Untuk itu PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT memfasilitasi komunikasi online dalam wadah bertajuk KLIMIS (Kumpul Online Mbois) dengan tagline #MBOISitudirumahsaja dilaksanakan MPM Honda secara live di IG @mpmhondajatim, Minggu (26/4).

Pada program KLIMIS ini MPM mengambil tema kesehatan yakni berbagi informasi tentang kondisi terkini ersama dr Niken Sasadhara selaku tim edukasi dari satgas RS Universitas Airlangga menjadi narasumbernya.

Pada sesi ini disampaikan pentingnya untuk mengikuti anjuran dari pemerintah, antara lain tetap dirumah saja, tidak keluar rumah jika tidak penting, memakai masker, cuci tangan, Social Distancing, jaga kebersihan dan kesehatan.

Program KLIMIS ini diikuti anggota komunitas tak hanya dari Jawa Timur tapi juga dari Bandung, Jakarta, dan Kalimantan. Para netizen yang mengikuti dapat mengajukan pertanyaan secara live kepada narasumber. Bagi penanya terpilih MPM Honda menyiapkan 10 hadiah menarik.

Dalam program KLIMIS ini disampaikan informasi kegiatan Honda Community Social Responsibility (HCSR), yakni dengan membeli kaos official dari Honda Community Jatim dengan desain dan bertuliskan Honda Community Jatim Mbois, #MBOISitudirumahsaja yang bisa dimiliki para bikers dengan membelinya melalui lelang donasi, ada juga lelang sepatu dari pembina Paguyuban BeAT Jawa Timur dan juga donasi poin HCID dalam program Komunitas Honda Wujudkan Satu Hati Bersama Indonesia Sehat, poin dapat di redeem di HCID App.

“MPM melalui Klimis memberikan wadah kepada komunitas Honda yang berktifitas di rumah dengan kopdar online. Tentu saja ini tidak hanya kopdar online saja , juga untuk bertukar informasi tentang keadaan terkini serta bersama sama komunitas Honda Jatim Lainnya melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian kepada sesana,” kata Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda.(Der/Aka)

Promo Khusus #DiRumahAja MPM Honda untuk Pembelian Honda ADV 150

Konsumen memilih Honda ADV 150. (istimewa)
Konsumen memilih Honda ADV 150. (istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda mempermudah konsumen yang akan membeli motor dengan memberikan program Beli Motor Honda #DariRumahAja.

Pada bulan April ini konsumen yang ingin membeli skutik futuristik dan manly Honda ADV150 akan mendapatkan hadiah jaket touring dan disc lock. Dan apabila pembelian secara kredit akan mendapatkan tambahan diskon sebesar Rp2.300.000.,-

“Dengan adanya program Beli Motor Honda #DariRumahAja kami ingin terus menemani konsumen setia Honda dan memenuhi kebutuhannya. Adanya program sales dari kami akan semakin melengkapi apa yang diinginkan oleh konsumen,” kata Abdy Ronotana selaku Marketing & Sales Division Head MPM.

MPM beserta jaringan menerapkan standard operasional (SOP) bagaimana berinteraksi dalam memberikan layanan yang mengutamakan pencegahan penyebaran penyakit serta imbauan agar menjaga jarak, selalu menjaga kebersihan dan menerapkan hidup sehat kepada jaringan dealer seperti memakai sarung tangan dan masker bagi petugas deliveryman.

Menyesuaikan karakter pengendara yang aktif, Honda ADV150 hadir dengan desain bodi yang futuristik dan manly dengan bekal mesin 150cc eSP sehingga menyuguhkan performa yang responsif. Beragam fitur canggih yang disematkan pun menjadikan Honda ADV150 sebagai partner berkendara terbaik.

Di kelas skutik kelas 150cc, Honda ADV150 menjadi pelopor disematkannya teknologi Two Step Adjustable Windscreen yang berfungsi merubah dudukan windscreen sesuai kebutuhan para pengguna. Pada bagian pencahayaan, model ini telah menggunakan full LED yang menambahkan kesan tampil semakin futuristik. Lampu depan telah menggunakan LED dan dilengkapi sistem Daytime Running Light (DRL) yang modern.

Honda ADV150 dipasarkan dengan dua tipe, ABS – ISS dan CBS-ISS dengan total 6 varian warna yang futuristik dan manly. Tipe ABS – ISS ini tersedia dalam dua warna, yakni Advance Red dan Advance White. Sementara itu tipe CBS-ISS dengan empat pilihan warna, yakni Tough Matte Brown, Tough Silver, Tough Matte Black, dan Tough Red.(Der/Aka)

Kartini Day, Dapatkan Diskon Khusus di AHASS maupun #DiRumahAja bagi Perempuan

Servis di rumah untuk pelanggan AHASS perempuan. (Istimewa)
Servis di rumah untuk pelanggan AHASS perempuan. (Istimewa)

MALANGVOICE – Hari Kartini yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 21 April, biasanya diperingati dengan menggelar berbagai kegiatan. Tetapi karena ada imbauan untuk tetap di rumah karena wabah Covid-19, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda) bersama dengan jaringan AHASS memberikan program AHASS Kartini Day.

Program ini khusus bagi konsumen wanita yang melakukan service baik yang langsung datang ke AHASS maupun yang memanfaatkan layanan Service Jemput.

Para wanita juga bisa melakukan perawatan motor kesayangannya. Jenis Promo yang ditawarkan pun beragam, yakni service lengkap dapat free masker atau free minyak goreng ataupun program diskon jasa service khusus bagi konsumen wanita.

Promo ini berlaku mulai tanggal 20 – 27 April 2020. Cukup #DiRumahAja dan tinggal menghubungi ahass apabila akan melakukan service motornya. Mekanik Ahass akan datang ke rumah konsumen dan melakukan service. Berikut link informasi List AHASS yang menjalankan promo kartini https://bit.ly/LISTPROMOAHASSUNTUKKARTINI.

Untuk kenyamanan dan keamanan konsumen, MPM Honda bersama AHASS menerapkan secara berkala semua area bengkel beserta perlengkapan bengkel dibersihkan dengan cairan desinfektan, AHASS juga menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer untuk konsumen serta memastikan mekanik dalam kondisi sehat.

“Dalam situasi yang seperti ini, kami mengharap konsumen terutama wanita tetep memperhatikan perawatan motornya. Konsumen dapat mempergunakan fasilitas Honda Home Service atau service jemput yang di berikan oleh MPM Honda dan jaringan AHASS,” kata Satyo Prahnowo selaku Technical Service Division Head MPM.(Der/Aka)

Biar Motor Gak Rewel, Ini Tips Merawat Motor Selama #DiRumahAja

Servis motor Honda di AHASS. (Istimewa)
Servis motor Honda di AHASS. (Istimewa)

MALANGVOICE – Ada beberapa alasan motor tidak dipergunakan dalam jangka waktu lama. Seperti saat ini, pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak beraktivitas di luar rumah akibat wabah Covid-19.

Nah, bagi yang terbiasa beraktivitas dengan menggunakan motor, agar tetap memperhatikan perawatan motornya selama tidak dipergunakan.

Technical Service Departemen PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT memberikan tips perawatan motor selama #DiRumahAja.

Berikut ini tips perawatan motor yang lama tidak dipakai.

1. Cuci Motor
Sebaiknya cuci dan bersihkan terlebih dahulu sebelum motor disimpan untuk menghilangkan debu atau lumpur yang menempel di bodi motor, agar tidak menyebabklan karat (yang berlebihan) ataupun dapat merusak lapisan Cat body motor. Kotoran bekas lumpur yang menempel dalam jangka waktu lama akan membuat komponen menjadi rusak.

2. Gunakan Standar Tengah
Jika memang motor tidak digunakan dalam waktu yang lama sebaiknya gunakan standar tengah, terutama untuk motor matic.

3.Beri pelumas
Pada bagian yang cenderung atau berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

4. Panaskan Mesin Secara Rutin
Sebaiknya panaskan mesin kurang lebih selama 3-5 menit, agar sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Apabila ada gejala susah distart dengan electric starter, maka dapat menggunakan kick starter & pemanasan lebih lama (sekitar 15 menit) agar pengisian battery lebih maksimal.

5.Lakukan Pengecekan Setiap Hari
Jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga pada sepeda motor bisa menjadi tempat singgah binatang seperti tikus. Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin, terutama untuk sepeda motor matic. Dan jangan lupa usahakan parkir di area yg tidak berpotensi dilewati oleh hewan liar tersebut agar hewan tidak bersarang di sepeda motor.

6.bTetap lakukan perawatan motor ke bengkel resmi bisa melalui home service atau service jemput0

Selama #DiRumahAja, apabila konsumen memerlukan bantuan perawatan, konsumen dapat mempergunakan fasilitas Honda Home Service atau service jemput yang di berikan oleh MPM dan jaringan AHASS.

“Ketika motor lama tidak dipakai terkadang ada beberapa komponen yang harus diperhatikan/dirawat agar tidak mempengaruhi kinerja sepeda motor saat digunakan,” kata Satyo Prahnowo selaku Technical Service Division Head MPM.(Der/Aka)