HUT ke-7 Malang Voice

Kenaikan Biaya Sekolah Ikut Andil Naikkan Inflasi Kota Malang

Kenaikan biaya pendidikan di SMA ikut andil menaikkan inflasi di Kota Malang. (Mvoice/unnamed-13-picsay)

MALANGVOICE – Lima komoditas menjadi pemicu naiknya inflasi di Kota Malang. Di antara lima komoditas, salah satunya adalah kenaikan tarif uang sekolah menengah atas (SMA).

Empat komoditas lain yakni angkutan udara, kue kering berminyak, bawang merah dan cabai merah.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi melalui keterangan tertulis yang diterima Mvoice Selasa (2/8).

Baca Juga: Perwakilan Anggota Askot PSSI Kota Malang Temui Sutiaji, Ada Apa?

Sebelumnya Samsun mengurai berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juli 2022 mengalami inflasi sebesar 0,76 persen (mtm); 4,74 persen(ytd) dan 5,99 perseb (yoy).

“Pada bulan sebelumnya (Juni) mengalami inflasi sebesar 0,61 persen (mtm); 3,95 persen (ytd) dan 5,30 persen (yoy),” ujarnya.

Inflasi Kota Malang sendiri terealisasi lebih tinggi dari Jawa Timur dan Nasional yang masing-masing tercatat sebesar 0,61 persen (mtm) dan 0,64 persen (mtm).

Baca Juga: Pendaftaran Dibuka 1 Agustus, 20 Parpol di Kota Batu Bersaing Lolos Peserta Pemilu 2024

“Perkembangan inflasi Juli 2022 dipengaruhi oleh peningkatan inflasi di seluruh kelompok pengeluaran,” terangnya.

Menurutnya, terdapat tiga kelompok pengeluaran penyumbang inflasi terbesar yakni kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran, transportasi, serta kelompok makanan, minuman dan tembakau.

“Andil ketiga kelompok di atas secara berurutan antara lain 0,21% (mtm), 0,15% (mtm) dan 0,15% (mtm),” imbuhnya.

Baca Juga: Penipuan Modus Ngaku Petugas Dinkes Kota Malang, Kakek di Sukun Jadi Korban

Sementara itu berdasarkan komoditas, inflasi di Kota Malang terutama didorong lima komoditas yang menjadi penyumbang inflasi terbesar.

Kelimanya antara lain, tarif uang sekolah menengah atas (SMA) dengan andil sebesar 0,12% (mtm), dan angkutan udara 0,12% (mtm).

Tiga komoditas lain yakni kue kering berminyak 0,10% (mtm), bawang merah 0,10% (mtm) dan cabai merah 0,05% (mtm).

Baca Juga: Patung “Singa Kubisme” Bermahkota Mejeng di Stadion Kanjuruhan

“Kenaikan tarif uang sekolah SMA ini seiring dimulainya tahun ajaran baru pada bulan Juli. Untuk tingkat SMP dan SD kan masih digratiskan oleh Pemerintah,” kata Samsun lagi.

Ditambahkan, Khusus kenaikan harga bawang merah dan cabai rawit disebabkan hasil panen di sejumlah daerah penghasil utama di Jawa Timur mengalami penurunan.

Selain itu, lanjutnya, kenaikan harga bawang merah dipicu harga bibit bawang merah di pasaran yang tinggi.

Baca Juga:Ngaku Wartawan Modal Foto Bersama Bupati Malang Minta Proyek ke OPD

Meski demikian,.Samsun menyebut nflasi yang lebih tinggi tertahan oleh deflasi pada berbagai komoditas.

“Komoditas antara lain minyak goreng dengan andil -0,10% (mtm), bayam -0,03% (mtm), ikan mujair -0,02% (mtm), pisang -0,02% (mtm) dan tongkol diawetkan -0,02% (mtm),” jelas pria kelahiran Pasuruan ini.

Menurutnya, penurunan harga minyak goreng sejalan dengan kebijakan intervensi Pemerintah untuk menekan harga melalui Domestic Market Obligation.

Adapun kebijakan BI Malang mendatang, Samsun mengatakan tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah.

“Baik, pemerintah pusat maupun daerah, guna menjaga inflasi berada dalam kisaran sasaran 3,0±1% pada 2022,” tegasnya.(end)

PS Glow Menang Gugatan, MS Glow Diminta Hentikan Produksi dan Penjualan

J99, satu dari enam pihak tergugat atas merk dagang MS Glow. PN Niaga Surabaya memutuskan agar MS Glow menarik produknya dari pasaran di seluruh Indonesia. (ig: Juragan 99/Malangvoice)

MALANGVOICE – PT Pstore Glow Bersinar Indonesia (PS Glow) memenangkan sidang gugatan merek dagang di Pengadilan Negeri Niaga Surabaya.

Majelis hakim menyatakan PS Glow selaku penggugat memiliki hak ekslusive penggunaan merk dagang “PS Glow” dan Pstore Glow”. Jenama jenis golongan barang/jasa kelas 3 (kosmetik itu) terdaftar pada DJKI Kemenkumham.

Putusan PN Niaga Surabaya itu dibacakan pada 12 Juli lalu. Alhasil, dengan adanya putusan itu, keenam tergugat harus menghentikan produksi dan penjualan MS Glow yang memiliki kesamaan dengan PS Glow maupun Pstore Glow.

Keenam pihak tergugat dalam sengketa merek dagang itu terdiri dari PT Kosmetika Global Indonesia, PT Kosmetika Cantik Indonesia, Gilang Widya Pramana (Juragan 99), Shandy Purnamasari, Titis Indah Wahyu Agustin, dan Sheila Marthalia.

“Menyatakan TERGUGAT I, TERGUGAT II, TERGUGAT III, TERGUGAT IV, TERGUGAT V dan TERGUGAT VI secara tanpa hak dan melawan hukum menggunakan merek dagang “MS GLOW” yang memiliki kesamaan pada pokoknya dengan merek dagang “PS GLOW” dan merek dagang “PSTORE GLOW”,” isi salinan putusan PN Niaga Surabaya diambil dari sipp PN Surabaya.

Dalam isi putusan juga memerintahkan keenam tergugat secara tanggung renteng menghentikan produksi, perdagangan dam menarik seluruh produk kosmetik dengan jenama MS Glow yang beredar di wilayah hukum Indonesia.

Ketentuan itu disertai uang paksa (dwangsom) senilai Rp1 miliar per hari, jika tergugat terlambat melaksanakan putusan.

Selain itu, Juragan 99 dan tergugat lainnya diwajibkan membayar ganti rugi secara tanggung renteng senilai Rp36 miliar tunai dan seketika.(der)

Luncurkan Fitur Baru, Whatsapp Hadirkan Pengalaman Baru bagi Pengguna

Whatsapp menambah lima fitur baru. Aplikasi perpesanan populer ini sudah diunduh sekitar 5 miliar pengguna. (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Aplikasi perpesanan populer, Whatsapp meluncurkan 5 fitur baru. Layanan itu untuk memudahkan ketika berkomunikasi sekaligus memberi pengalaman baru bagi pengguna.

Tercatat aplikasi milik Meta ini sudah diunduh 5 miliar pengguna. Berikut 5 fitur baru yang layak digunakan pengguna. Salah satu yang paling disorot ialah Komunitas.

Ini agar pengguna bisa berkomunikai dan dan berkoordinasi dalam suatu komunitas. Memungkinkan pengguna untuk menggabungkan grup-grup terpisah di bawah satu payung dengan struktur yang sesuai bagi mereka. Komunitas juga akan memiliki fitur baru yang sangat bermanfaat untuk admin, seperti pengumuman yang dapat dikirim ke semua anggota dan kendali atas grup mana saja yang dapat tergabung ke dalam Komunitas.

Fitur lainnya yakni, penambahan anggota grup. Sebelumnya anggota grup hanya dibatasi 256 orang. Kini ada peningkatan menambah lebih banyak anggota menjadi 512 orang. Selain itu, admin grup juga diberi kontrol menghapus pesan yang dikirim peserta karena menyalahi aturan grup.

Berikutnya, WhatsApp menghadirkan fitur panggilan suara yang dapat dilakukan dengan jumlah peserta hingga 32 orang. Sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan maksimum 8 orang.

Peningkatan lainnya yakni kapasitas membagikan file. Sebelumnya file maksimum yang dapat dibagikan hanya 100MB. Kini diperbesar menjadi 2GB.

Selain itu, ada tambahan fitur reaksi emoji. Fitur ini paling banyak dinanti pengguna untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Sementara ini ada enam fitur, yakni jempol, hati, tertawa, mulut terbuka, menangis, dan tangan terlipat.(der)

BI Malang Tambah Tiga QRIS di Pasar

QRIS milik salah satu kafe di Kota Malang, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Bank Indonesia (BI) Malang akan menambah tiga Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) di dua pasar tradisional dan satu pasar modern (mal).

Ketiga pasar itu antara lain Pasar Bunulrejo, Pasar Dinoyo dan Mal Malang Town Square (Matos). Hal itu dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi melalui pembayaran digitalisasi.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, rencana pemasangan tiga QRIS ini dapat membantu menambah jumlah titik tempat yang menggunakan QRIS. Terhitung saat ini ada sebanyak 16 pasar di wilayah Kota Malang yang menggunakan QRIS.

“Sebetulnya sudah 16 pasar yang menerapkan itu ya (QRIS). Cuma ya pelan-pelan tapi pasti, seperti yang baru ini hampir seluruh pedagang yang sudah sadar untuk itu,” ujarnya saat diwawancarai awak media pada Ahad (12/6).

Pria nomor satu di Kota Malang itu, menyampaikan digitalisasi dalam pelayanan publik saat ini terus digencarkan. Melalui Malang 4.0 diharapkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat didorong untuk menguatkan ekonomi daerah.

“Digitalisasi menjadi keharusan kita di seluruh sektor, termasuk Malang Service salah satunya yang masuk di antara itu, pelayanan publik, perekonomian juga,” kata Sutiaji.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi, saat menutup kegiatan DIDGIFES BI NGALAM 2022, (Bagus/Mvoice).

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, menambahkan, penyediaan QRIS di pasar maupun mal, untuk memfasilitasi serta mendorong para pengusaha UMKM agar memiliki pasar yang lebih luas dan bisa bersaing di era modern saat ini.

“Hampir semua tenant di pasar maupun mal ini sudah banyak yang menggunakan QRIS. Ekosistem ini akan terus didorong dan dibangun agar masyarakat semakin mudah, cepat, dan handal,” tandasnya.

Tak hanya itu kita juga terus berkolaborasi dengan UMKM untuk bergerak maju, go digital, dan go global,” pungkasnya.(end)

DIGIFES BI NGALAM 2022 Bentuk Dukungan Pemulihan Ekonomi

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi saat membuka kegiatan DIGIFES BI NGALAM 2022 secara daring, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Bank Indonesia (BI) Malang selama lima hari menggelar kegiatan DIGIFES BI NGALAM (Digital Festival Bank Indonesia Malang) 2022.

Kegiatan mulai 8-12 Juni tersebut berlangsung di Hall Matos dengan mengusung tema ‘Sinergi dan Bangkit Bersama Dukung Akselerasi Pemulihan EKonomi Melalui Digitalisasi’.

Beragam hal menarik ditampilkan mulai pameran produk UMKM binaan dan mitra BI Malang, fashion show, talkshow, hingga beragam lomba menarik.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi mengatakan, kegiatan DIGIFES BI NGALAM ini sebagai salah satu media edukasi kepada masyarakat serta bentuk dukungan terhadap flagship kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI).

“Selain itu juga sebagai salah satu pre-event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022,” ujarnya, Kamis (9/6).

Setelah kegiatan tersebut dibuka, dilanjutkan talkshow yang menghadirkan narasumber dari beragam background, mulai dari Komisi IX DPR RI, Andreas Eddy Susetyo, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, hingga publik figur, Cinta Laura yang juga selaku founder Soekarseno Foundation dan Puella ID.

“Rangkaian kegiatan DIGIFES BI NGALAM 2022 merupakan bentuk sinergi digitalisasi sistem pembayaran dengan pihak terkait. Tujuannya untuk mengakselerasi ekonomi-keuangan digital nasional sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata Samsun.

Rangkaian kegiatan DIGIFES BI NGALAM masih akan berlangsung hingga dua hari mendatang, seperti Capacity Building UMKM, Business Matching, serta lomba menarik lain yang dapat diikuti masyarakat umum.

“Selain itu, nanti juga akan ada sosialisasi ‘Cinta Bangga dan Paham Rupiah’, kampanye QRIS 15 juta pengguna, serta Launching Pasar dan Pusat Perbelanjaan atau Mall S.I.A.P (Sehat, Inovatif dan Aman Pakai) QRIS 2022,” tandas Samsun.(end)

Akhir Tahun 2022, MLFF Gantikan E-Toll untuk Pembayaran Jalan Tol

Gerbang Tol Singosari. (istimewa)

MALANGVOICE – Akhir 2022 pemerintah akan menerapkan multi lane free flow (MLFF) sebagai alat pembayaran jalan tol yang saat ini masih menggunakan kartu tol.

Sistem baru dengan nirsentuh ini untuk meminimalisasi waktu transisi kendaraan di gerbang tol sehingga diharapkan dapat menghilangkan waktu antrean menjadi nol detik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit mengatakan, masa transisi pelaksaan MLFF akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol.

Ia mengatakan, nantinya pengendara selaku pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol. Apalagi mengantre untuk merekam kartu uang elektronik saat melakukan pembayaran.

“Teknologi yang diterapkan pada MLFF ini menggunakan Global Navigation Satelit System (GNSS). Ini merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit,” ujar Danang.

Sebagai informasi, nantinya perangkat yang rencananya digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF yakni, Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU, dan perangkat Electronic Route Ticket.

Pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.

Melalui penerapan transaksi nirsentuh MLFF memiliki manfaat sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrean menjadi nol detik.

Sebelumnya dengan penggunaan uang elektronik (e-Toll) juga telah mengurangi waktu transaksi maksimal 5 detik.

“Manfaat lain adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisasi bahan bakar kendaraan,” katanya lagi.

Jadi, lanjutnya, selain memudahkan pengguna jalan karena bayar tol tanpa hambatan, informatif, aman, nyaman dan berkelanjutan, juga dapat meningkatkan efisiensi pendapatan tol, serta mengurangi tingkat kemacetan pada jam-jam padat.(end)

Jaringan Terbatas di Indonesia, Samsung Berani Hadirkan Smartphone 5G

Tangkapan layar zoom Samsung bersama media, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Indonesia sudah masuk dalam era 5G sejak pertengahan Mei 2021 lalu. Tapi sampai akhir tahun 2021, terhitung hanya ada 9 kota yang bisa mengakses jaringan tersebut.

Perlu diketahui sembilan kota yang bisa menikmati akses jaringan 5G, yakni Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan.

Meski belum merata di Indonesia, beberapa perusahaan kini sudah mulai berbondong-bondong memasarkan smartphone yang mengakomodir jaringan 5G, salah satunya adalah Samsung.

Samsung Electronics Indonesia menghadirkan Galaxy M Series terbaru, yakni M23 5G, M33 5G, dan M53 5G. Tiga series terbaru ini disebut mampu menunjang pengguna jaringan 5G.

MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan, mengatakan hadirnya smartphone 5G kali ini sebagai bentuk kesiapan menyambut hadirnya jaringan 5G di Indonesia.

“Memang jaringan 5G masih terbatas di Indonesia. Tapi tentu nantinya akan terus berkembang. Maka nantinya jika 5G sudah optimal maka kami juga sudah siap,” ujarnya, Sabtu (14/5).

Selain jaringan 5G, tiga series baru itu juga memiliki beberapa keunggulan yang bisa dinikmati seperti fitur baterai sebesar 5 ribu mAh yang tahan hingga 2 hari, RAM dan memori internal yang besar.

Kemudian layar yang besar, prosesor powerful bakal memaksimalkan pengunaan ponsel, Link Yo Windows untuk menghubungkan smartphone ke windows PC, dan masih banyak lagi fitur-fitur lain.

“Samsung Galaxy M Series ini juga dibekali berbagai fitur yang cocok juga bagi yang suka game dan nonton film. Fitur Android 12 dan One UI 4.1, juga bakal membuat karya pegiat editing foto semakin optimal dalam menghasilkan konten,” tandasnya.(der)

Usaha Camilan di Kota Batu Makin ‘Renyah’ di Momen Lebaran

Masyarakat membanjiri toko kue untuk berburu aneka macam camilan untuk suguhan saat hari lebaran. (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Bisnis kue kering dan aneka camilan makin ‘renyah’ saat memasuki momen lebaran. Maklum saja, mayoritas masyarakat selalu berburu suguhan untuk merayakan hari kemenangan bersama sanak saudara.

Hiruk pikuk pembeli terlihat di Toko Kharisma, salah satu grosir kue kering di Kota Batu. Toko yang sudah ada sejak 2006 lalu, selalu dibanjiri pembeli, terutama saat mendekati lebaran.

Pengelola Toko Kharisma, Yuyun, mengaku penjualannya naik 180 persen dibandingkan hari-hari biasa. Menurutnya kenaikan harga kue lebaran imbas kebijakan PPN 11 persen, tak menyurutkan minat masyarakat berburu kue lebaran.

“Penjualannya mulai dirasa naik sejak H-10 lebaran. Terus tambah ramai ketika mendekati lebaran,” ujar perempuan asal Sumatera itu.

Berkaca pada tahun-tahun sebelum wabah melanda, biasanya pembelian terus meningkat hingga H+7 lebaran. Namun situasi berbeda dirasakan pada lebaran 2020 dan 2021 lalu. Bisnis kue pada momen lebaran di tahun tersebut mengalami kelesuan.

“Sekarang meningkat drastis dibandingkan dua kali lebaran tahun lalu. Permintaan parsel juga meningkat,” ucap Yuyun.

Pembelinya, rata-rata juga adalah warga Kota Batu sendiri. Masyarakat lebih memilih membeli kue lebaran karena lebih praktis tanpa perlu repot-repot mengolah bahan.

Mereka ramai-ramai membeli beragam makanan camilan untuk disajikan di meja tamu menyambut tamu-tamu yang datang. Seperti diakui Sania Sayyida saat berbelanja berburu kue lebaran bersama ibunya.

Perempuan 22 tahun itu antusias menyambut lebaran tahun ini karena sudah tidak ada lagi pembatasan mobilitas. Sejumlah saudara, teman dan ponakannya rencana akan berkunjung pada lebaran nanti.

“Senang sekali Idul Fitri tahun ini karena sudah bisa bersilaturahmi. Ini mumpung ada waktu luang, saya ngajak ibu belanja kue-kue buat di rumah nanti,” ungkapnya.(der)

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9A yang Perlu Anda Ketahui

Redmi 9a. (Istimewa)

MALANGVOICE – Di masa seperti sekarang, segala macam aktivitas hidup tak bisa lepas dari yang namanya gadget, khususnya hp. Di mana pun itu, kapan pun itu, kita semua membutuhkan hp. Tua, muda, bahkan ke anak-anak.

Itu sebabnya, di dalam memilih hp, dari sekian banyak kriteria yang dipilih, memiliki kapasitas baterai yang besar sering kali jadi prioritas. Misalnya saat membeli hp Redmi 9A.

Ya, tak salah memang. Redmi 9A memang punya kapasitas baterai yang besar, yaitu 5000 mAH. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, siapa pun bisa bertahan menggunakan hp-nya tanpa sering mengisi daya baterai, dalam sehari semalam. Namun, di samping kapasitas baterainya yang besar, hp Redmi 9A juga punya kelebihan lain. Dan tentunya kekurangan.

Anda yang sedang bersiap-siap membeli Redmi 9A, tak ada salahnya membaca beberapa poin berikut ini. Supaya Anda semakin yakin di dalam memilihnya.

Kelebihan Redmi 9A
Punya Layar Lebar Meski Berdesain Poni
Selain punya kapasitas baterai yang besar, Redmi 9A punya layar yang lebar. HP ini memiliki dimensi layar sebesar 6,53 inci yang beresolusi HD+, atau secara tepatnya 720 x 1600 piksel. Panel layarnya juga lumayan, Xiaomi membekalinya dengan teknologi panel IPS LCD. Sehingga gambar yang bagus mampu dihasilkan hp ini.
Desain layarnya juga sudah bagus. Yaitu menggunakan desain Dot Drop Display atau poni. Jadinya layar terlihat di keseluruhan tanpa terganggu desain penempatan kamera layaknya Desain Notch.

Ditambah dengan aspek rasio 20:9, serta adanya fitur low blue light, rasio kontras 1500:1, serta tingkat kecerahan 400 nits, jadilah hp yang dibanderol di harga sejutaan ini memang lumayan menjanjikan.

Menggunakan MIUI 12
Redmi 9A launching beberapa saat setelah Xiaomi mengeluarkan MIUI 12. Jadilah Redmi 9A ini masuk ke jajaran hp Xiaomi pertama yang menggunakannya, dengan dilengkapi Android 10. Berbagai fitur yang dirasakan dari dibekalinya jeroan ini di antaranya adalah hadirnya Dark Mode 2.0 serta adanya Super Wallpaper yang objeknya planet serta bintang yang mengikuti waktu secara realtime planet dan bintang asli di angkasa.

Dibekali Slot Khusus untuk Memori Eksternal
Saat ini kita semua perlu space yang besar untuk menyimpan aneka macam file. Nah selain memori internal, Redmi 9A dibekali slot microSD khusus. Slot ini bisa digunakan sebagai space untuk memori tambahan atau memori internal.

Jadinya jika memori hp sudah habis atau tinggal sedikit lagi, simpan saja file Anda di dalam memori eksternal ini.

Jepretan Kameranya Cukup Bagus
Redmi 9A menggunakan teknologi 1 kamera saja. Kamera ini punya kemampuan 13 MP saja. Meski terlihat biasa saja, single camera ini ternyata lumayan juga. Hasil jepretannya cukup bagus. HP ini juga memiliki fitur yang lengkap.

Dari mulai fitur pengenalan wajah, mode HDR, AI Scene Detection, efek Kaleidoscope, serta banyak fitur lain yang tak kalah canggih dari kamera hp yang mahal. Bahkan saat dibandingkan dengan Redmi 9 yang menggunakan teknologi, hasil jepretan Redmi 9A tidaklah jauh kualitasnya.

Kekurangan Redmi 9A
Belum Support Fast Charging
Ini yang sangat disayangkan. Meski punya kapasitas daya baterai yang besar, Redmi 9A ternyata belum support fast charging. Pengisiannya hanya menggunakan charger standar berdaya 10W saja. Jadinya, untuk mengisi baterai berkapasitas besar 5000 mAH, pengecasan harus dilakukan secara lama.

Dibekali dengan Memori Internal dan RAM yang Kecil
Ini juga yang disayangkan. Redmi 9A kapasitas memori internalnya hanya 32 GB. Ada pun RAM-nya itu sebesar 2 GB. Jadinya, Anda pasti tidak akan bebas mengunduh banyak aplikasi. Kegiatan multitasking juga terbatas. Belum lagi jeroannya hanya mengusung teknologi eMMC 5.1. Kecepatannya yang masih di bawah UFS (Universal Flash Storage), mungkin bisa mengesalkan. Tapi mengingat harganya yang hanya di kisaran 1 jutaan, hal ini jadi terasa wajar.

Menggunakan Port Micro USB
Kemampuan pengecasan yang lambat juga bukan hanya karena kemampuan daya chargernya. Hal ini juga diberi andil oleh digunakannya tipe charger micro USB. Cukup disayangkan mengingat tingkat kecepatan untuk transfer data antar HP serta PC sangat lambat. Terlebih jika dibandingkan dengan penggunaan USB Type-C.

Kinerja Helio G25 yang Membuat Greget
Redmi diklaim merupakan versi lite dari Redmi 9. Itulah alasannya kenapa chipset hp ini kinerjanya sangat membuat greget. Redmi 9A akan lambat di dalam melakukan multitasking. Terlebih untuk main game. Jangankan game berat, game sedang pun mungkin akan dijalankan secara lambat juga.

Tak Punya Sensor Sidik Jari
Di saat semua hp baru menggunakan sensor fingerprint, Redmi 9A malah tak memilikinya. Jadinya, untuk Anda yang terbiasa menggunakan hp dengan buka dan tutup kunci menggunakan sensor sidik jari, hp ini sangat tidak membuat nyaman. Padahal di kelasnya, hp lain yang berada di kisaran 1 jutaan, hampir semua memiliki fitur ini.

Itu dia 9 hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan hp Redmi 9A. Bagaimana, masih tertarik untuk membelinya? Apa pun itu, pastikan Anda memilihnya secara jeli. Supaya bisa memenuhi kebutuhan harian Anda akan hp.

25 Link Twibbon Ekspresikan Suka Cita Sambut Ramadan

Ilustrasi twibbon bertemakan Ramadan (istimewa)

MALANGVOICE – Umat Islam pasti menyambut Ramadan dengan sukacita. Ekspresi kegembiraan pun ditampilkan dengan beragam cara, salah satunya memasang twibbon di media sosial.

Awalnya twibbon begitu identik dengan Twitter. Kini penggunaannya meluas di berbagai platform media sosial. Melalui twibbon, pengguna dapat memasang profil foto pada sebuah bingkai gambar digital.

Twibbon dipakai untuk mendukung suatu gerakan, promosi atau merayakan suatu momen yang diekpresikan melalui media sosial, seperti menyambut datangnya Ramadan 1443 H.

Biasanya disertai pula kalimat-kalimat menarik maupun kutipan menyentuh hati pada twibbon.

Berikut 25 daftar link twibbon bertema Ramadan yang bisa anda pakai secara gratis untuk menyambut Ramadan 1443 H:

1. https://www.twibbonize.com/ramdhan1443h

2. https://www.twibbonize.com/jamalgrafika

3. https://www.twibbonize.com/puasa2022onlyriduan01

4. https://www.twibbonize.com/twibbonpuasaramadhan1443h

5 https://www.twibbonize.com/marhabanyaramadhan2022m

6 https://www.twibbonize.com/kilasberitaramadhan

7 https://www.twibbonize.com/twibbon-ramadan

8 https://www.twibbonize.com/sambutramadhan1443h

9 https://www.twibbonize.com/ramadhankareemmargahayu

10 https://www.twibbonize.com/ramadhan2022

11 https://www.twibbonize.com/ramadhan1443now

12 https://www.twibbonize.com/bulanrajabsyabaramadhan

13 https://www.twibbonize.com/puasaramadhan1443h2022

14 https://www.twibbonize.com/ramadh4nkarim

15 https://www.twibbonize.com/puasaramadhn

16 https://www.twibbonize.com/marhabanyaaramaadhan4

17 https://www.twibbonize.com/ramadhan1443ht

18 https://www.twibbonize.com/slmatmlksknpuasramadhan1443h (4 pilihan)

19 https://www.twibbonize.com/twibbonramadhantiara

20 https://www.twibbonize.com/romadon2022m (3 pilihan)

21 https://www.twibbonize.com/welcomeramadhanq

22 https://www.twibbonize.com/ucapannramadhan (3 pilihan yang disertai pantun)

23 https://www.twibbonize.com/ramadhanmahiba1443h

24 https://www.twibbonize.com/ramadhan1443h

25 https://www.twibbonize.com/rmd1443h (2 pilihan)

Sementara itu penetapan puasa atau 1 Ramadan 1443 H melalui hisab seperti Muhammadiyah insyaallah pada Sabtu (2/4) besok.

Adapun Pemerintah melalui Kemenag RI masih harus melalui sidang isbat pada Jumat (1/4) sore.(end)