KONI Kota Batu Songsong Prestasi di Tahun 2021

Ketua KONI Kota Batu, Mahfud bersama jajarannya (Achmad Sulchan An Nauri)

MALANGVOICE – Terpaan pandemi Covid-19 tetap Koni (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Batu torehkan prestasi melalui beberapa cabang olahraga (cabor) di tahun 2020. Hal ini menjadi cambukan motivasi bagi Koni Kota Batu untuk terus tingkatkan prestasi di tahun 2021.

Anggaran sebesar Rp 8.8 miliar diajukan untuk menyongsong target itu. Anggaran itu digunakan untuk menggelar Pekan Olah Raga Kota (Porkot) Batu ke-6 dan pengadaan sarana olahraga untuk 32 cabor.

Selama pandemi ini, tidak ada atlet, pelatih serta pengurus cabor di Kota Batu yang terpapar covid-19. Hal ini disyukuri oleh KONI Kota Batu karena membuat persiapan menyambut 2021 semakin ideal.

“Sebanyak 43 atlet dari 8 cabor mendapat prestasi gemilang di tahun 2020 ini,” jelas Ketua KONI Kota Batu, Mahfud. Salah satu cabor yang menuai banyak prestasi ialah Wushu.

Sejumlah lima atlet Wushu asal Kota Batu mengikuti International Virtual Wushu Championship yang diselenggarakan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI). Kelima atlet tersebut semuanya mendapatkan tujuh medali.

Yakni, dua medali emas, satu medali perak dan empat medali perunggu. Prestasi tersebut membuktikan bahwa meskipun dalam situasi pandemi, atlet-atlet olahraga Kota Batu tetap dapat menuai prestasi.

“Kami menyiapkan total Rp 103.500.000 sebagai bonus bagi atlet-atlet yang berprestasi pada tahun ini,” tambahnya. Bonus tersebut dibagikan untuk atlet yang dapat meraih prestasi medali di tahun ini.

Sedangkan untuk tahun 2021, Koni Batu menyiapkan anggaran bonus Rp. 400 juta untuk atlet-atlet yang berprestasi. Tidak hanya itu, bagi cabor yang memiliki banyak atlet berkualitas serta berprestasi berkesempatan mendapat anggaran yang besar.

Untuk cabor range 1 bisa mendapat anggaran sebesar Rp. 70 juta. “Anggaran untuk satu cabor tergantung capaian prestasinya, satu cabor bisa mendapat anggaran dari Rp. 40 juta hingga Rp. 70 juta rupiah,” jelasnya.

Mahfud menambahkan, untuk tahun 2021, anggaran sebesar Rp. 700 juta diajukan untuk membiayai peningkatan kualitas cabor. “Sistemnya mereka mengirimkan proposal anggaran nanti untuk setuju tidaknya menjadi pertimbangan kami,” imbuhnya.

Selain itu, KONI Kota Batu telah menyiapkan atlet-atletnya sejak tahun ini untuk mengikuti porprov tahun 2021. Seperti pengukuran performa atlet melalui pengujian VO2MAX dan uji fisik atlet.

Pengukuran dan pengujian ini dilakukan dengan menggandeng Fakultas Ilmu Keolahragaan Univarsitas Negeri Malang (UM). Sehingga mendapat data yang dapat dievaluasi secara akurat bagi masing-masing cabor.

“Kami juga menyiapkan untuk menyelenggarakan Porkot yang ke-6 di tahun 2021,” jelas Mahfud. Ia mengatakan bahwa porkot jatuh pada bulan September 2021 pada Hari Olah Raga Nasional.

Pada tahun 2021, Mahfud menargetkan seluruh cabor di Kota Batu menjadi Cabor papan atas di Porkot maupun Porprov. “Kami telah menyiapkan atlet-atlet kami dan optimis mendapat hasil yang gemilang,” tandasnya.(der)

Training Camp Jacksen F. Tiago, Beri Pendidikan Karakter Pemain Remaja

Training camp Jacksen F Tiago. (Istimewa)

MALANGVOICE – Pelatih Persipura Jacksen F. Thiago gelar training camp di Kota Batu. Tepatnya di Lapangan Sepak Bola Kusuma Agrowisata, Kecamatan Batu, Kota Batu sejak 6 Desember hingga 12 Desember kedepan.

Adalah Training Camp Jacksen Tiago nama pelatihan itu yang diadakan khusus untuk remaja usia 10-15 tahun. Tidak hanya melatih sepak bola, namun pendidikan karakter di sini juga diutamakan.

“Kami tidak hanya melatih sepak bola, tapi juga melakukan pembentukan karakter,” ujar Jacksen F. Tiago. Ia mengatakan bahwa karakter yang baik perlu dimiliki oleh pemain sepak bola.

Pasalnya, dengan karakter yang baik dan wawasan yang luas pemain sepak bola bisa bermanfaat bagi sesama di luar ia menjadi pemain. Dalam traning camp itu para remaja diajari bahasa inggris, ikut petani menanam, hingga me-recycle botol minuman.

“Kami melakukan itu agar anak-anak bisa belajar dari mana saja dan tidak berpikir bahwa sepak bola adalah satu-satunya dunia,” bebernya. Ia mengatakan remaja yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola harus mempunyai wawasan luas dan keterampilan lain.

Pasalnya banyak remaja yang banyak berkorban untuk menjadi pemain sepak bola namun gagal. Tapi karena tidak punya opsi lain, maka ia setelah gagal bingung mau kemana.

“Jadi kami jelaskan dari awal bahwa dunia tidak sempit, tidak hanya sepak bola saja,” jelasnya. Ditambah lagi Jacksen mengatakan bahwa jika pemain sepak bola memiliki karakter yang baik ia bisa menjadi panutan.

“Karena yang sebenarnya ditiru itu manusianya, seberapa bermanfaat ia bagi masyarakat banyak,” tambahnya. Ia mengatakan bahwa pemain sepak bola masih kurang berkontribusi dalam permasalah sosial hingga lingkungan.

Maka dari itu pihaknya mengajari calon pemain sepak bola itu menanam pohon hingga recycle botol minuman bekas. “Itu kami lakukan agar anak-anak memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup,” tandasnya.

Namun bukan berarti pelatihan ini mengesampingkan sisi pelatihan sepak bolanya. Demi mematangkan kemampuan anak-anak remaja itu dalam skill sepak bola didatangkan oelatih fisik Persipura, Pelatih kiper Persipura, Asisten Pelatih Persipura, Tim Analisis Persipura, hingga Fissioterapi Persipura.(der)

MPM Honda Jatim Gelar All New Honda Scoopy Exhibition di 8 Kota

All New Honda Scoopy Exhibition. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT mengadakan All New Honda Scoopy Exhibition.

All New Honda Scoopy Exhibition diadakan di 8 kota antara lain Surabaya, Sidoarjo, Jember, Malang, Madiun, Mojokerto, Kediri, dan Gresik mulai periode 7 Desember 2020. Berbagai promo pembelian diberikan selama pameran dan berbeda – beda di setiap kota.

“Kami ingin masyarakat mengetahui teknologi dan fitur – fitur baru yang disematkan pada All New Honda Scoopy. Bagi pecinta skutik unik dan fashionable dapat langsung datang ke tempat diadakannya pameran tersebut,” kata Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.

All New Honda Scoopy mengadopsi perubahan menyeluruh pada desain, mesin, rangka, dan fitur canggihnya.

Model ini juga kini disematkan mesin generasi terbaru 110cc dengan pengaplikasian teknologi frame(rangka) baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

Fitur unggulan lain menjadi andalan generasi terbaru Scoopy ini seperti pengisi daya baterai ponsel jenis USB (USB charger), serta pilihan tipe baru dengan penyematan fitur Smart Key.

Penyematan Smart Key Sistem untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) hadir terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm sehingga semakin menunjang keamanan serta kemudahan.

USB Charger model terbaru pada console box dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel secara lebih praktis tanpa perlu menggunakan tambahan adapter. Skutik popular ini menjadi trendsetter di kelasnya untuk penyematan fitur charging model ini

Berikut Jadwal dan Lokasi :
1. Suncity Mall Sidoarjo (7 – 20 Desember 2020)
2. Malang Town Square (7 – 13 Desember 2020)
3. Roxy Square Jember (7 – 31 Desember 2020)
4. Lawu Plaza Madiun (7 Desember – 07 Januari 2020)
5. Kediri Town Square (11 – 25 Desember 2020)
6. Sunrise Mall Mojokerto (15 – 24 Desember 2020)
7. Icon Mall Gresik (14 – 20 Desember 2020)
8. Royal Plaza Surabaya (14 – 20 Desember). (der)

Gubernur Akmil Sampaikan Saran untuk Kemajuan Atlet di KONI Kota Malang

Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono bersama Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam Santoso. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Gubernur Akademi Militer, Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengunjungi KONI Kota Malang, Senin (7/12). Kunjungan itu dalam rangka silaturahmi sekaligus memberi saran masukan untuk pengembangan atlet Kota Malang.

Kedatangan Mayjen TNI Totok Imam ini disambut jajaran pengurus cabor KONI Kota Malang. Dalam kesempatan itu, mantan Danrem 083/Bdj ini menyampaikan beberapa masukannya untuk pembinaan atlet agar berprestasi.

“Jadi saya sampaikan tadi soal pembinaan olahraga itu tidak bisa diserahkan ke KONI saja, melainkan ada peran dari pihak lain. Karena pembinaan butuh bantuan atau support dari berbagai elemen,” kata Totok Imam.

Pihak yang dimaksud Totok Imam adalah pemerintah daerah dan DPRD. Menurutnya, apabila semua pihak itu kompak dalam pembinaan olahraga, besar harapan atlet bisa mencapai prestasi yang tentu membanggakan kotanya sendiri.

“Pemkot dan DPRD semuanya harus cawe-cawe sama-sama beri pembinaan. Sehingga apa yang sudah diprogramkan KONI Kota Malang ini bisa berjalan baik dan maksimal,” jelasnya.

Sementara itu Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono, mengaku kedatangan Mayjen TNI Totok Imam mampu memberi motivasi kepada jajaran pengurus cabor. Hal ini bisa dijadikan masukan agar tahun depan komite yang ia pimpin mampu mencetak prestasi.

“Intinya tadi hanya silaturahmi sekaligus beri masukan kepada kami. Tentu ini sangat penting agar ke depan kami jadi lebih baik,” kata Eddy.

Adanya kunjungan Gubernur Akmil ini membuat KONI akan menerapkan pendidikan karakter building kerja sama dengan TNI. Rencananya tahun depan atlet Puslatcab akan digembleng di markas TNI.

“Tahun depan rencananya kami akan kerja sama dengan TNI untuk membentuk karakter building atlet. Kami ingin adek-adek kalau bertarung itu bukan untuk dirinya sendiri, tapi untuk Kota Malang,” tandasnya.(der)

Kompetisi Juggling Bola Sambut Piala Dunia U-20

Pemenang kompetisi juggling. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar Youth Fun Juggling Competition. Minggu (6/12), giliran peserta binaan dari sekolah sepak bola di Malang Raya yang adu skill mengolah bola.

Acara itu merupakan bentuk memeriahkan Piala Dunia U-20 pada 2021 di Indonesia.

Sesuai namanya, kompetisi juggling ini meminta peserta menahan bola selama mungkin agar tidak jatuh ke lantai. Kemenpora menghadirkan Ahmad Bustomi selaku juri.

“Ini bagus sekali, untuk adik-adik motivasinya ya menggantikan pemain nantinya di Piala Dunia,” kata Bustomi.

Mantan pemain Timnas Indonesia ini mengatakan, saat ini anak-anak muda dimudahkan meniti karier sebagai pemain sepak bola. Pasalnya, ada banyak sekolah sepak bola yang berkembang didukung banyak kompetisi.

“Kalau zaman saya hanya Piala Suratin. Tapi usia muda sekarang sudah mulai bagus, ada elite pro academy dan banyak kompetisi usia muda,” jelasnya.

Bustomi menjelaskan, kesempatan ini harus dimanfaatkan baik para calon pesepakbola muda. Namun, semua itu juga perlu dibarengi dengan tekad dan motivasi yang tinggi.

Pada kesempatan itu, pemenang kompetisi juggling adalah Andrio Ade (16). Remaja asal Dampit, Kabupaten Malang ini mampu juggling terlama dan berhak mendapat jersey original Timnas Indonesia.

“Alhamdulilah bisa menang. Saya pasti pakai terus ini jersey,” jelas pemuda binaan Kaki Mas.(der)

Wartawan Kota Batu Adu Ketajaman Otak Lewat Turnamen Catur

Ketua KONI Kota Batu, Mahfud Membuka Turnamen Catur. (Achmad Sulchan An Nauri)

MALANGVOICE – Demi mempererat tali silaturahmi, Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Batu gelar turnamen catur. Turnamen itu dilaksanakan di Kantor SIWO PWI, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Sabtu (05/12).

Hadiah jutaan rupiah disediakan oleh SIWO PWI Kota Batu untuk juara satu, dua dan tiga. Sekitar 35 wartawan memperebutkan hadiah itu dengan menggunakan sistem Swiss.

“Pertandingan ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh para wartawan untuk mendapatkan hadiah,” jelas Ketua Pelaksana, Roy Mastur.

Pertandingan itu itu dihadiri oleh Ketua Umum Koni Batu, Mahfud. Rencananya Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso membuka acara teesebut namun ia berhalangan hadir.

Guna menjunjung fairplay dan spotifitas, juri dan wasit didatangkan dari Percasi Kota Batu. Sehingga yang menjadi juara adalah wartawan yang memang memiliki kualitas dalam pertandingan catur.

Dengan adanya ternamen catur ini SIWO PWI Kota Batu juga mencari bibit unggul yang akan diikutkan pada (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) 2021.

Rancangan awal pertandingan ini mengusung tema catur on the river yang dilakukan di salah satu wisata di Kota Batu. Sekaligus untuk mengangkat daya pariwisata Kota Batu

“Catur on the river juga ada sisi uniknya dan sisi pariwisata demi mendukung Pemkot Batu dan KONI Kota Batu mewujudkan sports tourisme di Kota Batu. Namun karena pandemi Covid-19 melanda Indonesia, termasuk Kota Batu, kegiatan menjadi sangat terbatas,” tandasnya.(der)

Riding Experience Skutik Berkarakter Unik dan Fashionable Generasi Terbaru, All New Honda Scoopy

All New Scoopy. (Istimewa)

MALANGVOICE PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jawa Timur dan NTT mengajak warga Malang dan sekitarnya merasakan sensasi berkendara dengan menggunakan All New Honda Scoopy Exceed Excellence Riding Experience.

Bertempat di Parkir Malang Town Square (Matos) pada Sabtu, 28 November 2020. Sebanyak 100 pengunjung menguji All New Honda Scoopy yang hadir dengan beragam fitur teranyar dan semakin memberikan kenyamanan bagi pengendara.

“Desainnya keren dan fiturnya yang Smart Key sistem dan juga Scoopy ini ada pengisi daya baterai ponsel jenis USB (USB charger),” kata Adel salah satu peserta test ride.

Sejak diluncurkan pada 2010, lebih dari 4,5 juta pengguna sepeda motor selama satu dekade kehadirannya di Tanah Air. Honda Scoopy memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta skutik unik dan fashionable Hal ini mengantarkan Honda Scoopy menjadi salah satu model skutik terfavorit di Indonesia.

Dengan mengadopsi perubahan menyeluruh pada desain, mesin, rangka, dan fitur canggihnya. All New Honda Scoopy menjadi trendsetter yang menjawab kebutuhan pecinta skutik di Tanah Air.

All New Honda Scoopy ditawarkan dengan 4 varian dan 8 pilihan warna yang menjadikan model ini semakin atraktif dengan hadirnya desain dan warna terbaru yang telah disesuaikan dengan karakter pengendara yang beragam sekaligus menjadikan model ini trendsetter dikelasnya. Varian Sporty hadir dengan dua pilihan warna yaitu Sporty Red dan Sporty Black. Sedangkan varian Fashion hadir dengan warna Fashion Blue dan Fashion Cream dengan harga On The Road (OTR) Malang Rp20.545.500,-

Sementara itu, model ini juga memiliki varian Stylish dan Prestige, yang merupakan varian teranyar bagi para pengendara yang menyukai kesan unik dan berkelas yang telah dilengkapi Smart Key sistem. Kedua varian tersebut memiliki pilihan warna Stylish Brown dan Stylish Red untuk varian Stylish dan Prestige White dan Prestige Black untuk varian Prestige dengan harga OTR Malang Rp 21.344.500.(der)

Hari Jadi KONI ke-82, Eddy Wahyono Harapkan Prestasi Terbaik dari Kota Malang

Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono. (deny rahmawan)
Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Hari jadi ke-82 KONI dirayakan secara sederhana di KONI Kota Malang. Seluruh pengurus menggelar potong tumpeng dan tes PCR/Eclia, Kamis (15/10).

Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono, mengatakan, peringatan hari jadi ini tetap dilakukan meski di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, momen hari jadi ke-82 ini dimanfaatkan sekaligus menggelar rapid test.

Rapid test pengurus KONI Kota Malang. (istimewa)

“Total ada 35 pengurus yang ikut tes PCR Eclia. Kami menggandeng PMI. Hasilnya diketahui besok, kalau ada yang reaktif langsung kami swab,” kata Eddy Wahyono.

Pada momen itu, Eddy Wahyono berharap kepada seluruh pengurus agar bisa mendorong atlet meraih prestasi.

Dengan prestasi yang didapat, bisa membawa nama baik daerah hingga mewakili ke tingkat nasional.

“Kalau dilihat, KONI Kota Malang harapannya bisa sumbangkan prestasi terbaik untuk tingkatan nasional. Karena KONI daerah yang membina bukan dari pusat,” tandasnya.(der)

Tertib Administrasi, KONI Kota Malang Ubah Skema Anggaran by Program Tiap Cabor

Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono. (deny rahmawan)
Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Memaksimalkan anggaran, KONI Kota Malang mengubah konsep pembinaan cabang olahraga (cabor).

Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono, mengatakan, perubahan konsep anggaran ini agar memaksimalkan program dengan waktu yang tersisa tahun ini.

Diketahui dana hibah Pemkot Malang untuk KONI baru turun September ini dan harus dimaksimalkan untuk pembinaan atlet.

“Dulu kan program by anggaran, sekarang anggaran by program. Artinya para cabor harus mempunyai program dulu baru anggaran menyusul,” kata Eddy.

Perubahan penggunaan anggaran ini sudah disosialisasikan kepada seluruh cabor KONI Kota Malang. Mereka pun diminta menjelaskan atau presentasi program yang akan digelar dengan kurun waktu tiga bulan ke depan.

“Sudah 27 cabor yang presentasi program. Nah, nanti kami pilah apakah efektif. Kalau tidak kami coret,” jelasnya.

Langkah ini, menurut Eddy, juga merupakan penertiban administrasi KONI Kota Malang. Ia tak ingin ada masalah saat audit anggaran nantinya.

“Sekarang kami upayakan untuk tertib. Ya mudah-mudahan bisa berjalan lancar ke depannya dan cabor bisa mengembangkan program dengan baik,” tandasnya.

KONI Kota Malang Bahas Rencana Bentuk Cabor Esport

Eddy Wahyono
Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono. (Deny Rahmawan)

MALANGVOICE – KONI Kota Malang berencana membentuk cabang olahraga (cabor) baru, esport. Pembentukan ini sedang tahap pembahasan bersama komunitas esport.

Ketua KONI Kota Malang, Ir Eddy Wahyono, mengatakan, sudah ada pembahasan dengan tiga komunitas esport untuk pembuatan cabor baru. Ketiganya berkumpul dan sepakat seriusi cabor tersebut.

“Saya rasa ini baik ya, karena di Kota Malang banyak sekali komunitas sehingga ini sudah ada dasarnya atau sudah mengkristal,” kata Eddy Wahyono belum lama ini.

Eddy percaya cabor esport nantinya mampu membawa hasil baik di kejuaraan atau kompetisi yang digelar. Keoptimisan Eddy itu tak lepas dari banyaknya prestasi komunitas esport yang sudah berjaya di ajang lokal maupun nasional.

“Nanti kalau sudah matang bisa direkomemdasikan ke Pengprov Jatim untuk dibuatkan SK,” ujarnya.(der)