KONI Kota Malang Bahas Rencana Liga Siswa Piala Presiden

Eddy Wahyono
Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono. (Deny Rahmawan)

MALANGVOICE – KONI Kota Malang membahas rencana Liga Siswa Indonesia Piala Presiden secara berjenjang. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari Inpres nomor 3 tahun 2019.

Pembahasan ini dilakukan bersama Askot PSSI Kota Malang, Disdikbud, Kemenag, dan Disporapar Kota Malang, Senin (31/8).

Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono, mengatakan, Pemkot Malang melalui dinas terkait meminta pertimbangan dan masukan ihwal Liga Siswa yang rencananya digelar pada 2021.

“Surat edaran sudah kami terima beberapa hari lalu. Kemudian ada pertemuan yang membahas rencana itu,” kata Eddy.

Liga Siswa Piala Presiden ini akan diikuti pemain dengan umur berjenjang. Mulai U-14, U-16, dan U-17. Tim terbaik diproyeksikan akan dibawa ke tingkat provinsi hingga nasional.

“Karena itu mulai sekarang dibahas, terkait bagaimana nanti izin siswa saat pertandingan dan teknisnya. Kami juga menunggu arahan dari PSSI dan KONI pusat,” jelasnya.

Selain itu, Eddy menyatakan tidak ada masalah soal tempat penyelenggaraan. Menurutnya di Kota Malang banyak lapangan yang siap dipakai, termasuk Stadion Gajayana.

Kemudian, setelah pembahasan ini matang akan diserahkan ke Pemkot Malang untuk dianggarkan dananya.

“Intinya kami support kegiatan ini. Semua untuk visi percepatan peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional di Indonesia,” tandasnya.(der)

Mario Suryo Aji Kembali Balapan di Eropa, Siap Banggakan Bangsa

Pebalap Indonesia siap adu kecepatan di Eropa. (Istimewa)

MALANGVOICE – Mario Suryo Aji kembali mendapat kesempatan berjuang mengibarkan Merah Putih di Eropa. Salah satu pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berusia 16 tahun tersebut siap berjibaku di FIM CEV Moto3 Junior World Championship musim 2020 yang diisi banyak pebalap berbakat dari seluruh dunia.
 
Perjalanan Mario yang memasuki tahun kedua di ajang ini sempat tertunda karena pandemi. Setelah melewatkan dua seri pembuka di Portugal, Juli lalu, Mario datang dengan optimisme pada seri ketiga dan keempat yang diselenggarakan di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol.
 
Mario mengaku sangat antusias kembali ke FIM CEV Moto3 Junior World Championship akhir pekan ini setelah beberapa bulan melakukan persiapan dan menunggu. Meski harus kembali menyesuaikan diri, dirinya optimistis mampu berkembang pada setiap sesi yang dijalani di trek.
 
”Berbekal pengalaman tahun lalu, saya berharap mendapatkan hasil yang semakin bagus. Saya siap tampil sebaik mungkin untuk memberikan kebanggaan bagi pecinta balap Indonesia yang sudah lama menunggu kiprah Astra Honda Racing Team di arena internasional pada musim balap 2020 ini,” ucap Mario.
 
Dalam keikutsertaan Mario di ajang balap ini, segala aktivitas yang dijalankan juga selalu mengedepankan faktor kesehatan, keamanan, dan keselamatan. Mario dan tim mengikuti semua aturan protokol kesehatan yang ditetapkan, baik pemerintah Indonesia, DORNA sebagai penyelenggara, maupun aturan di Spanyol sebagai negara yang dikunjungi dan akan ditinggali sementara waktu oleh Mario.
 
Konsistensi AHRT
Kembalinya Mario Suryo Aji ke Eropa tahun ini menandai keikutsertaan musim keenam bagi Astra Honda Racing Team (AHRT) di FIM CEV International Championhsip (FIM CEV). Konsistensi ini menjadi komitmen AHM untuk terus melakukan penjenjangan para pebalap muda bertalenta menuju mimpi tertinggi mereka.
 
”Kami berupaya terus konsisten menemani pebalap muda Indonesia mengejar mimpi mereka dalam berbagai situasi dan kondisi. Kami berharap semakin banyak pebalap Tanah Air yang membanggakan Bangsa Indonesia di ajang tertinggi,” ujar Andy Wijaya, Deputy General Manager Marketing Planning & Analysis AHM.
 
FIM CEV merupakan salah satu ajang yang menjadi jembatan berbagai pebalap menuju arena Grand Prix (GP). Tahun ini, 13 rider di GP Moto3 dan GP Moto2 berasal dari FIM CEV. AHRT sendiri sudah berpartisipasi pada FIM CEV sejak 2015 dan sudah menurunkan empat pebalap binaan.
 
”Angkatan” pertama adalah Dimas Ekky Pratama, turun di kelas FIM CEV Moto2 Eropa. Dimas yang sudah berhasil menggapai kursi Honda Team Asia pada GP Moto2 2019 itu membalap di FIM CEV hingga 2018. Prestasi tertingginya di sana adalah menginjakkan kaki di podium 3 seri Catalunya 2017 serta Albacete 2018.
 
Lalu datang Andi Farid Izdihar (Andi Gilang) yang saat ini membalap bersama Honda Team Asia di GP Moto2 2020. Andi berkiprah di kelas FIM CEV Moto3 pada 2016 dan 2017, kemudian naik kelas ke FIM CEV Moto2 Eropa pada 2019.
 
Gerry Salim menjadi pebalap ketiga binaan AHM yang dikirimkan ke ajang tersebut. ”Arek Suroboyo” yang juga pernah membalap bersama Honda Team Asia (Replace rider GP Moto3 Mugello 2019 dan GP Moto2 Aragon 2019) itu berlaga di kelas FIM CEV Moto3 pada 2018, dan FIM CEV Moto2 tahun 2019.
 
Terakhir, menyusul Mario Suryo Aji yang bergabung pada 2019 di kelas FIM CEV Moto3. Mario secara gemilang menunjukkan bakat besarnya, mampu finish keempat pada debut di Sirkuit Estoril 2019. Saat ini Mario diharapkan mampu kembali bersaing dan mengibarkan Merah Putih di kancah Eropa.
 
“Ikut bangga dan mendukung apalagi ke 2 pembalap berasal dari Jawa Timur yakni Surabaya dan Magetan. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik,” kata Suhari selaku Marcomm & Development Div Head MPM.

Cari Bibit Bertalenta, PSSI Kota Malang Siapkan Kompetisi Internal

Haris Thofly resmi terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi PSSI Kota Malang. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Masa pandemi Covid-19 tak menyurutkan langkah PSSI Kota Malang mencari bibit bertalenta. Upaya itu dilakukan dengan menggelar kompetisi internal pada Oktober mendatang.

Ketua Umum Askot PSSI Kota Malang, Haris Tofly, mengatakan, kompetisi ini bertujuan mencari pemain untuk proyeksi tim Persema, Porpov, maupun Piala Soeratin.

“Kami rencanakan Oktober ini dan sudah mengajukan proposal ke KONI Kota Malang. Karena tidak mungkin bentuk tim tanpa kompetisi,” kata Haris kepada wartawan, Senin (24/8).

Kompetisi internal ini sempat vakum tahun lalu karena ajang Porpov 2019. Karena itu, tahun ini Haris sangat berharap kompetisi bisa berjalan baik dengan waktu dua bulan.

“Yang ikut nanti total 48 tim. 14 dari divisi utama, dan sisanya 12 tim divisi satu sampai tiga. Tapi kami masih menunggu pencairan dana tahap pertama ini untuk subsidi setiap tim karena setiap tim butuh biaya,” ujarnya.

Dalam waktu dua bulan kompetisi, Haris Tofly menyiapkan tujuh lapangan. Antara lain lapangan luar Stadion Gajaya, Merjosari, UMM, Cengger Ayam, Tunjung Sekar, UM, dan Bakalan Krajan.

Meski begitu, adanya kompetisi ini juga mementingkan protokol kesehatan. Para pemain wajib mengikuti rapid test dan sterilisasi serta tidak boleh banyak penonton.

“Kami jelas sesuaikan protokol kesehatan. Soal izin pasti nanti akan diurus kalau sudah matang persiapannya,” jelas Haris.

Selain kompetisi sepak bola, PSSI Kota Malang juga akan menggelar kompetisi futsal tim putra dan putri. Namun, kompetisi itu akan digelar hanya dua pekan saja.

“Kami akan hidupkan lagi Liga Futsal Malang. Kemarin di Porpov juga tidak begitu mengecewakan karena berhasil masuk final,” tandasnya.(der)

Merdeka ala Honda Community Jatim di Kota Pahlawan

Aksi sosial MPM Honda Jatim. (Istimewa)

MALANGVOICE – Di masa new normal ini komunitas Honda Jatim kembali melakukan kegiatan HCSR untuk masyarakat sekitar sekaligus sebagai perayaan kemerdekaan RI ke 75 dengan melakukan kegiatan Merdeka dari Covid 19 khususnya di Kota Surabaya.

Sebelumnya, komunitas Honda Jatim melakukan aksi kepedulian di masa pandemi dengan kegiatan Honda Community Jatim Covid 19 Fight Back dan memberikan donasi berupa APD, Vitamin dan susu untuk tenaga medis dalam kegiatan Honda Community Social Responsibility (HCSR) di 12 kota Jawa Timur dengan titel Satu Hati Bersama Indonesia Sehat.

Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi protokol kesehatan kepada komunitas & masyarakat, membagikan masker, memberikan bantuan wastafel, serta memberikan paket wifi untuk membantu sekolah online di 3 Kampung di Surabaya (16/8).

Aksi kepedulian ini bertemakan Honda Community Jatim Covid-19 Merdeka. Kegiatan yang diikuti oleh 30 anggota dari Surabaya Honda Community. Dimulai dengan membagikan masker gratis di beberapa titik lampu merah sekaligus sosialisasi kepada pengguna jalan terkait pentingnya menggunakan masker.

Kemudian perwakilan bikers dan relawan Covid 19 memberikan bantuan wastafel di kelurahan Tempel sukorejo, Petemon dan Asem Bagus. Serta memberikan bantuan peralatan wifi untuk belajar daring.

“Memasuki era new normal ini, MPM Honda Jatim bersama komunitas Honda Jatim ikut serta dalam pencegahan Covid -19. Selain itu sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan di masa pandemi ini kami berikan paket wifi bagi adik – adik pelajar untuk kelancaran belajar daring,” kata Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.

Dalam kegiatan ini komunitas Honda tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker, menggunakan hand sanitezer dan menjaga jarak.

Pada masa pandemi ini, berbagai kegiatan telah dilakukan PT Mitra Pinashika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT dengan melibatkan komunitas Honda Jatim antara lain Talkshow sosialisasi bahaya Covid-19 melalui live IG dengan mengundang nara sumber dari BPBD provinsi jatim.(der)

Apresiasi Pecinta Skutik, MPM Berikan Promo Spesial di Bulan Kemerdekaan

Promo MPM. (istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT menggelar program promo spesial bagi pecinta Honda Skutik andalan Honda. Program ini berlangsung selama periode 01 – 31 Agustus 2020

Program ini diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Setiap pembelian Honda ADV150, Honda PCX150, Honda Vario 125, Honda Genio, Honda Scoopy dan Honda BeAT akan mendapatkan potongan angsuran hemat hingga Rp3,1 jutaan.

“Program ini merupakan salah satu apresiasi bagi konsumen PNS yang ada di Jawa Timur dan NTT,” kata Suhari selaku Marcomm & Development Division Head MPM.

Bagi konsumen yang tidak dapat mengunjungi dealer Honda, MPM Honda mempunyai layanan program Beli Motor Honda #DARIRUMAHAJA. Konsumen dapat menghubungi dealer dan Sales People melalui WhatsApp chat atau telepon langsung. Kemudian Sales People akan memberikan gambar dan spesifikasi motor melalui WhatsApp atau dapat langsung mengakses website mpmhondajatim.

MPM beserta jaringan dealer menerapkan standard operasional (SOP) bagaimana berinteraksi dalam memberikan layanan dalam kenormalan baru untuk peduli kebersihan, serta imbauan agar menjaga jarak, selalu menjaga kebersihan dan menerapkan hidup sehat kepada jaringan dealer seperti memakai sarung tangan dan masker bagi petugas deliveryman.(der)

Ratusan Atlet Jalani Rapid Test Persiapan Puslatda PON Papua

Atlet jalani rapid test. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Sebanyak 144 atlet se-Malang Raya mengikuti rapid test yang diadakan KONI Jatim, Senin (3/8).

Rangkaian rapid test ketiga ini dilakukan di halaman depan Kantor KONI Kota Malang secara drive thru. Artinya para atlet dirapid test langsung di kendaraan untuk menghindari pengumpulan akibat antrean panjang.

Ketua Pelaksana Rapid Test KONI Jatim, Nurul Ansori, mengatakan, acara ini merupakan dukungan penuh dari Gubernur Jatim kepada para atlet agar mengetahui kondisi sehingga mendapat prestasi.

“Tujuannya sebagai persiapan Puslatda Jatim PON Papua 2021,” katanya.

Rangkaian rapid test bulan ini dilakukan di tiga tempat, yakni Surabaya, Malang dan terakhir di Kediri. Pemeriksaan rapid test menggunakan sampel darah yang bekerja sama dengan Dinkes Jatim. Hasilnya bisa diketahui beberapa jam kemudian.

“Kalau ada yang reaktif langsung akan di-swab,” ia menambahkan.

Sementara itu, hasil sementara rapid test ada tiga atlet yang dinyatakan reaktif. Ketiganya kini masih menjalani pemantauan dan akan segera di-swab.

Ketua KONI Kota Malang, Eddy Wahyono, mengatakan, para atlet yang reaktif akan direkomemdasikan segera di-swab untuk memastikan kondisi kesehatannya.

“Karena reaktif belum tentu positif, kemungkinan ada virus lain. Swab nanti akan dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim karena ada UPT di sana,” tutup Eddy.(der)

Demi Prestasi, KONI Kabupaten Malang Mengharap Dana Hibah 20 Miliar

Koni
Ketua KONI Kabupaten Malang, Drs.H Rosydin. (Toski D).

MALANGVOICE – Pengurus KONI Kabupaten Malang periode 2020-2024, berharap dana hibah sebesar Rp20 miliar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bisa terpenuhi.

Ketua KONI Kabupaten Malang, Rosydin mengatakan, dirinya akan bekerja maksimal agar kontingen Kabupaten Malang bisa masuk 3 besar Porpov mendatang.

“Target kami di Porprov nanti bisa masuk tiga besar. Pak Bupati tadi juga ingin kalau bisa jadi juara umum, dan kita akan berusaha agar terwujud, kita optimistis dan mampu,” ungkapnya saat ditemui awak media usai pelantikan pengurus KONI di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Jalan Panji, Kepanjen, Minggu (2/8).

Untuk mencapai itu semua, lanjut Rosydin, diperlukan dana pembinaan atlet dan operasional. Di tahun 2020 ini mendapatkan anggaran sebesar Rp9,87 miliar. Namun, anggaran tersebut dirasionalisasi untuk percepatan penanganan Covid-19 yang menjadi menjadi Rp2,9 miliar.

“Untuk tahun ini (2020, red) kami sudah mengajukan dan mengusulkan anggaran pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK-red) sebesar Rp 10 miliar. Sedangkan, untuk tahun depan (2021), kami berharap dana hibah sebesar Rp20 miliar bisa terealisasi, agar seluruh aspek pembinaan cabor bisa maksimal dan mendulang banyak prestasi,” terangnya.

Sedangkan, tambah Rosydin, di tahun ini sejumlah cabang olahraga (Cabor) seperti kempo, senam, gulat, panahan dan silat sudah kembali berlatih, dan dirinya optimistis seluruh cabor mampu melahirkan atlet berprestasi baik tingkat nasional hingga internasional.

“Banyak kok atlet dari Kabupaten Malang ini yang nanti turun di PON Papua mendatang. Ini peran serta dari pelatih dan pembinaan yang sangat baik tentunya. Saya bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati Malang, HM Sanusi yang ikut peduli terhadap masa depan olahraga di Kabupaten Malang,” pungkasnya.(der)

Kukuhkan Pengurus KONI Kabupaten Malang 2020-2024, Ini Harapan Sanusi

Sanusi
Bupati Malang HM Sanusi (Baju batik, dan berpeci) saat menyerahkan konci mobil Nissan Nevara, pada ketua KONI Kabupaten Malang, Drs. H. Rosydin. (Toski D).

MALANGVOICE – Bupati Malang HM Sanusi, melantik pengurus baru KONI Kabupaten Malang periode 2020-2024, Minggu (2/8).

Kepada pengurus baru itu, Sanusi menginginkan prestasi yang membanggakan.

“Selamat pada pengurus KONI yang baru dikukuhkan untuk raih hasil maksimal, dan moncer prestasi. Jangan sampai ada bibit atlet olahraga terbaik dari Kabupaten Malang yang diklaim atau justru bermain untuk daerah lain,” ungkap Sanusi, saat ditemui awak media, usai pengukuhan pengurus KONI Kabupaten Malang periode 2020-2024, di Ruang Paripurna DPRD Jalan Panji, Kepanjen, Minggu (2/8).

Menurut Sanusi, dengan dilantiknya pengurus KONI Kabupaten Malang ini, diharapkan dapat menjaga marwah prestasi diseluruh cabang olahraga. Melakukan pembinaan atlet sebaik mungkin. Dan tetap memperhatikan bibit-bibit atlet berprestasi untuk mengharumkan nama Kabupaten Malang diranah olahraga.

“Untuk anggaran masih dalam pembahasan, dalam waktu dekat akan ada pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK). Untuk Berapa besara anggaran itu, nanti kita sampaikan di PAK. Karena sejauh ini kita masih konsen di Covid-19,” jelas politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini.

Untuk merangsang kinerja pengurus KONI Kabupaten Maoang, lanjut Sanusi, dirinya menyerahkan satu unit mobil Nissan Navara Double Cabin warna Putih untuk kendaraan operasional pengurus KONI yang baru, agar bisa meraih prestasi yang maksimal, syukur-syukur bisa menjadi Juara umum.

“Ini kendaraan operasional, untuk merangsang kinerja mereka biar maksimal. Meski bukan mobil anyar, mobil tersebut milik aset Pemkab Malang. Kilometernya masih 20 ribuan,” terangnya.

Selain itu, tambah Sanusi, dirinya juga mendukung penuh apabila Kabupaten Malang tahun depan, menjadi tuan rumah Porprov 2024.

“Kita dukung penuh nanti, fasilitas akan kita penuhi, kita siapkan nanti,” tukasnya.(der)

KONI Kabupaten Malang Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2024

Ketua KONI Kabupaten Malang audiensi bersama Sekda Kabupaten Malang. (toski)

MALANGVOICE – KONI Kabupaten Malang menyatakan siap menjadi tuan rumah pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua KONI Kabupaten Malang, H Rosydin saat audiensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, di ruang kerjanya, Rabu (29/7).

“Kami siap menjadi tuan rumah Porprov 2024 mendatang. Kami akan meminta agar event itu bisa digelar di Kabupaten Malang,” ungkap Rosydin.

Sebab, lanjut Rosydin, hingga saat ini, prestasi KONI Kabupaten Malang bisa dibilang membanggakan lantaran selalu berhasil menduduki peringkat lima besar.

“Kabupaten Malang selalu masuk dalam lima besar, bahkan pernah berada di peringkat tiga besar,” jelasnya.

Dengan begitu, tambah Rosydin, Kabupaten Malang sudah seharusnya sebagai tuan rumah dalam Porprov 2024 mendatang.

“Jika sebagai tuan rumah, kami yakin Kabupaten Malang bisa menjadi Juara umum,” tukasnya.(der)

Persiapan Porpov 2022, KONI Kabupaten Malang Minta Bantuan CSR

Rosydin
Ketua KONI Kabupaten Malang, Drs.H Rosydin. (Toski D)

MALANGVOICE – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Malang meminta bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menyongsong Pekan Olahraga Provinsi (Porpov) 2022 mendatang.

Ketua KONI Kabupaten Malng, H. Rosyidin mengatakan, awalnya mendapatkan kucuran dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sebesar Rp9,2 miliar. Namun, anggaran tersebut dirasionalisasi untuk percepatan penanganan Covid-19 yang menjadi menjadi Rp2,3 miliar.

“Anggaran kami menjadi Rp2,3 miliar.
Dispora kan induknya KONI, semua anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dirasionalisasi (dipotong, red) untuk Covid-19,” ungkapnya, saat ditemui awak media, Senin (27/7).

Pemotongan anggaran tersebut berdampak pada sarana dan pra-sarana latihan sejumlah cabang olahraga (Cabor) terbengkalai, dan biaya operasional para atlet juga tidak ada.

“Jadi ya untuk biaya operasional latihan sampai pada hari ini tidak ada. Sangat minim. Untuk itu, kami meminta solusi ke Pemkab Malang tentang permasalahan ini,” jelasnya.

Menurut Rosydin, untuk mempercepat memenuhi kebutuhan KONI, dirinya telah berkoordinasi dengan Bupati Malang HM Sanusi, dan mendapat solusi dengan meminta dana dari Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menutupi kebutuhan dana KONI di tahun 2020.

“Kemarin kami (Pengurus KONI, red) sudah sowan ke Bupati (Sanusi, red). Solusinya nanti akan ditutupi dengan dana bantuan dari CSR,” terangnya.

Disinggung perusahaan apa yang menyediakan CSR, Rosyidin menjelaskan ada beberapa perusahaan yang sudah ditarget. Salah satunya adalah Bank Jatim. Dana CSR tersebut nantinya akan digunakan untuk pembinaan dan pelatihan para atlet.

“Untuk memudahkan dana CSR itu kami meminta rekomendasi ke Disnaker. Kan Disnaker pastinya punya link perusahaan. Semoga dana CSR ini segera terealisasi, agar dapat mendulang prestasi yang lebih tinggi dari Porpov sebelumnya, yakni juara lima menjadi Juara tiga,” pungkasnya.(der)