Barcelona Tak Diunggulkan Dalam Duel El Clasico Semifinal Liga Super Spanyol

Xavi Hernandes akan mengawali laga El Clasico perdananya sebagai pelatih pada babak semi final Piala Super Spanyol mempertemukan Barcelona vs Real Madrid (instagram FC Barcelona/Malangvoice)

MALANGVOICE – Rivalitas sarat gengsi akan tersaji di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Kamis dini hari (13/1).

Stadion berkapasitas 75 ribu penonton ini menjadi medan laga duel El Clasico Barcelona vs Real Madrid pada babak semifinal Piala Super Spanyol.

Pertandingan ini diyakini akan diwarnai permainan sengit meskipun Barcelona tertatih menjalani musim 2021/2022. Berbanding terbalik dengan Madrid yang menorehkan hasil gemilang.

Bagi el treinador Barcelona, Xavi Hernandes ini kali pertama menghadapi pasukan besutan Carlo Anceloti di laga panas ini.

Ia baru duduk di kursi pelatih pada Oktober 2021 menggantikan Ronald Koeman.

“Saya sudah mencicipi banyak sekali El Clasico. Barcelona sekarang menjadi tim yang tidak diunggulkan karena kami masih dalam fase transisi,” tuturnya.

Bagi Hernandes, seperti dikutip dari Marca, situasi itu tidak ada artinya. Bahkan dia bisa menjamin bahwa mereka (Madrid) akan kesulitan untuk mengekspos Barcelona.

Aspek menarik lainnya, munculnya wasit muda Munuera Montero sebagai pengadil di lapangan hijau setelah mendapat kepercayaan penuh dari Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol.

Sama halnya seperti Xavi, Munuera Montero akan menghadapi El Clasico musim 2021/2022 pertama sepanjang karirnya sebagai wasit. Debutnya sebagai hakim lapangan dimulai pada 22 Agustus 2016 memimpin pertandingan di La Liga antara Celta Vigo dan Leganés.

Dirinya memiliki kans menyabet predikat wasit terbaik di negeri Matador pada tahun-tahun mendatang. Lisensi sebagai wasit FIFA baru diperolehnya pada 2019 lalu. Karirmya pun menanjak hingga kompetisi UEFA mempertemukan Viitorul Constana dan klub Belgia Gent di babak kualifikasi kedua Liga Eropa musim 2019/2020.

Adapun pertandingan timnas senior pertamanya sebagai wasit adalah pada 7 Oktober 2020 antara Andorra dan Tanjung Verde. Selain itu, Munuera Montero juga menjadid bagian dari program pertukaran wasit antara UEFA dan CONMEBOL.

Dia terpilih pada 21 April 2021 sebagai wasit VAR untuk Copa América 2021 di Argentina dan Kolombia. Dia bergabung dengan 4 rekan senegaranya di turnamen itu yang menandai pertama kalinya tim wasit Eropa dipilih untuk memimpin laga di Copa América.(end)

Tanpa Ramos, PSG Ditahan Imbang Olympique Lyon

Pemain PSG, Sergio Ramos (instagram PSG/Malangvoice)

MALANGVOICE – Paris Saint German (PSG) dipaksa berbagi poin setelah ditahan imbang 1-1 oleh Olympique Lyon pada Selasa dini hari di ajang Liga Prancis musim 2021-2022.

Les Pariens-julukan PSG- dipaksa lebih dulu memungut bola dari gawang saat menit 7 pertandingan melalui gol Lucas Paqueta. Gol balasan PSG baru dilesakkan pada menit 76 oleh pemain pengganti Thilo Kehrer.

PSG masih kukuh di puncak klasemen dengan mengoleksi 47 poin. disusul oleh Nice 36 poin, dan Marseille, 36 poin. Sementara itu, Lyon masih berada di papan tengah klasemen dengan 25 poin.

Saat menjamu Lyon, pelatih PSG Mauricio Pochettino tak menurunkan bek, Sergio Ramos yang hanya duduk di bangku cadangan. Ia mengakui sengaja tidak memainkan mantan kapten Real Madrid tersebut usai pulih dari cedera saat membantu timnya mengalahkan Saint-Etienne 3-1.

“(Sergio) Ramos di bangku cadangan? Kompetisi ini bagus untuk semua orang, dia baik-baik saja dan saya berharap dia bisa bermain di pertandingan berikutnya,” jelas Pochettino, dilansir dari Tuttomercatoweb, Selasa (11/1/2022).

“Itu adalah pilihan saya untuk tidak membiarkan dia (Sergio Ramos) bermain hari ini,” sambungnya.

Ramos sendiri baru bermain tiga kali bersama Les Parisiens di musim 2021-2022. Mantan pemain Real Madrid itu melakukan debutnya pada November 2021 silam usai dibekap cedera panjang. Kemudian, ia kembali bugar pada akhir Desember 2021 hingga kini. Namun Pochettino belum percaya 100 persen kepada Ramos untuk bermain penuh.(der)

Arema FC Tambah Amunisi Pemain dari Liga 2

Ryan Kurnia. (Istimewa)

MALANGVOICE – Arema FC kembali memperkuat amunisinya di putaran kedua BRI Liga 1 2021 dengan merekrut pemain anyar.

Satu pemain anyar ini diresmikan saat skuat Singo Edan berada di Bali. Ya, pemain itu adalah Ryan Kurnia.

Mantan pemain Sulut United di Liga 2 ini dikontrak hingga akhir musim.

“Kami mengucapkan selamat bergabung pada Ryan Kurnia, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Arema FC,” ungkap manajer interim Arema FC Ali Rifki, Senin (3/1).

Meski dari Liga 2, Ryan Kurnia dianggap sebagai pemain potensial. Pemain kelahiran 28 Juni 1996 ini memiliki spesialisasi bermain di posisi sayap kanan, tim pelatih tentu memiliki pertimbangan tersendiri terkait perekrutan Ryan Kurnia.

“Perekrutan Ryan Kurnia merupakan hasil dari pertimbangan tim pelatih terkait kebutuhan Arema FC di putaran kedua yang sebentar lagi akan berjalan,” tambah Ali.

Kendati direkrut dari tim Liga 2, Ryan Kurnia merupakan pemain yang memiliki jam terbang di kompetisi Liga 1, sebelum bergabung dengan Sulut United, Ryan Kurnia merupakan pemain PS Tira Persikabo.

Ryan Kurnia memiliki tekad kuat untuk menembus posisi inti terutama di sektor sayap kanan. Terlebih di posisi tersebut dia akan bersaing dengan pemain-pemain seperti Dendi Santoso, Ridwan Tawainella hingga Kushedya Hari Yudo.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh pelatih dan manajemen Arema FC. Kesempatan ini tentu menjadi tantangan bagi saya untuk menunjukkan yang terbaik,” tandasnya.

Di jendela transfer yang akan dibuka sampai 12 Januari 2022 nanti, Ryan Kurnia merupakan pemain kedua yang sudah diperkenalkan Arema FC. Sebelumnya Arema FC memperkenalkan gelandang muda Genta Alparedo.

Di laga terdekat, Arema FC akan memulai pertandingan seri keempat BRI Liga 1 2021 dengan melawan PS Tira Persikabo di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali pada (5/1/2021).(der)

Satu Gelandang Arema FC Pamitan

Dave Mustaine. (Dok. Arema FC)

MALANGVOICE – Arema FC kehilangan satu pemainnya di bursa transfer BRI Liga 1 2021. Pemain itu adalah Dave Mustaine.

Gelandang Singo Edan ini berpamitan dan tidak meneruskan kerja sama bersama Arema FC di putaran kedua Liga 1, Ahad (19/12).

Manajer Interim Arema FC, Ali Rifki, membenarkan kepergian Dave. Ali mengucap banyak terima kasih atas kontribusinya selama membela Singo Edan.

“Dave pamit karena ingin memiliki tujuan yang besar sama-sama membesarkan sepak bola Indonesia. Dave sampai kapanpun masih menjadi keluarga besar Arema FC dan silaturahmi harus tetap terjalin,” kata Ali, Ahad (19/12).

Manajemen tentu menghormati keputusan kepergian pemain asal Sidoarjo tersebut. Ali juga sangat optimistis Dave bisa berkembang di klub baru yang akan dibelanya.

“Kami optimis di klub barunya nanti Dave akan menjaga kualitasnya seperti saat bersama Arema FC. Dave adalah pemain dengan reputasi dan dedikasi yang baik dan bagus. Dia punya obsesi besar untuk mengembangkan dirinya di sepak bola,” harap Ali.

Belum jelas tim mana yang akan dituju, namun Arema FC tetap memberikan dukungan yang terbaik bagi Dave karena sudah menganggapnya sebagai keluarga besar di Arema.

“Arema FC tidak boleh egois mencegah dia, tapi yang harus dilakukan adalah memberikan dukungan penuh untuk berkembang meski sudah tidak menjadi bagian dari Arema FC, sekali lagi kami sampaikan terimakasih untuk Dave semoga sukses kedepannya,” tutupnya.(der)

Inventarisir Kebutuhan Tim, Arema FC Tak Ingin ‘Berjudi’ di Bursa Transfer Pemain

Manajer Interim Arema FC, Ali Rifki. (Istimewa)

MALANGVOICE – Bursa jendela transfer pemain BRI Liga 1 2021 dibuka sejak Selasa (15/12). Skuad Arema FC sudah menginventarisir kebutuhan untuk memperkuat tim.

Manajer Interim Arema FC, Ali Rifki, mengatakan, Singo Edan tak ingin berjudi dalam merombak komposisi pemain. Sebaliknya, Arema FC akan memperbaiki tim sesuai hasil evaluasi pelatih.

“Sebenarnya kalau soal inventarisasi kebutuhan apa saja dan apa yang harus dilakukan jelang putaran kedua kita sudah dilakukan. Tapi, sekali lagi kita harus cermat. Kebutuhan masing-masing tim tidak bisa disamakan,” kata Ali Rifki.

Dalam merekrut pemain, manajemen menyerahkan seluruhnya kepada tim pelatih. Apalagi penutupan bursa transfer pemain masih panjang, sehingga bisa lebih jeli lagi memilih pemain yang pas dengan skema permainan Arema FC menghadapi lawan selanjutnya.

“Pelatih tentu memiliki perhitungan sendiri terkait ini (jendela transfer), peta kekuatan tim-tim yang akan menjadi lawan Arema FC di putaran kedua juga terus kita ikuti,” paparnya.

Dari hasil putaran pertama di Liga 1, Ali Rifki mengatakan tim Singo Edan sudah berhasil meraih 33 poin dan duduk di papan atas klasemen. Hal ini tentu jadi modal baik melanjutkan putaran kedua.

“Tentu saja kalau target kita selalu menargetkan yang lebih tinggi, apalagi kita berada dalam tiga besar, notabene berada dalam persaingan perebutan juara,” tandasnya.

Diketahui, di putaran pertama Arema FC kurang satu pertandingan lagi melawan Persikabo. Laga tersebut akan digelar awal Januari 2022.(der)

Cabor Paralayang Ditargetkan Rebut Juara Umum di Ajang Porprov Jatim

Atlet cabor Paralayang Kota Batu. (Istimewa)

MALANGVOICE – KONI Kota Batu menargetkan meraih 10 medali emas pada ajang Porprov Jatim 2022 atau paling tidak bisa bertengger di daftar 10 besar.

“Menyambut Porprov Jatim 2022, KONI fokus pada puslatkot berbasis sport science. Puslatkot akan dimulai tahun 2022 pada pertengahan Januari hingga Juni,” kata Ketua KONI Kota Batu, Mahfud, Sabtu (4/12).

Pembinaan kualitas atlet berbasis sport science ini akan diberlakukan terhadap 34 cabor yang diikuti Kota Batu. Yakni 31 cabor prestasi dan 3 cabor fungsional. Dari jalur cabor prestasi ada dua cabor baru dipertandingkan ialah, sport dance dan arung jeram.

“Keduanya masuk dalam naungan KONI Kota Batu. Pastinya ketika ada cabor yang baru masuk, punya hak yang sama. Seperti dana bantuan operasional dan dana kegiatan berdasarkan prestasinya,” terang dia.

Ada tujuh cabor unggulan yang diandalkan Kota Batu untuk menggondol medali emas. Keempatnya berasal dari kategori bela diri terdiri dari gulat, wushu, tarung drajat dan tinju. Andalan lainnya yakni downhill, selam dan paralayang. Untuk cabor paralayang diberi ekspektasi tinggi merebut juara umum.

“Kami targetkan paralayang juara umum di ajang Porprov Jatim 2022. Pada ajang PON kemarin bisa merebut medali emas, masa di Porprov nggak bisa. Itu yang jadi keyakinan kami menargetkan juara umum,” papar Mahfud.(der)

Arema FC Tak Ingin Pecah Konsentrasi di Sisa Putaran Pertama Liga 1

Skuat Arema FC. (Istimewa)

MALANGVOICE – Tim Arema FC tak ingin terpecah focusnya di BRI Liga 1 2021 dengan rumor transfer pemain. Saat ini Singo Edan berada di posisi dua klasemen di bawah Bhayangkara FC.

Raihan positif Arema FC hingga saat ini tak ingin terhenti karena perburuan pemain di bursa transfer mendatang.

Manajer Interim Arema FC, Ali Rifki, mengatakan, fokus tim saat ini adalah menuntaskan putaran pertama Liga 1 yang akan berakhir Desember ini.

“Kita fokus tuntaskan putaran pertama yang digelar pada seri 3 ini dari pada membahas bursa transfer. Sebab ini jadi modal untuk putaran selanjutnya, ” kata Ali Rifki.

Sisa pertandingan selanjutnya, skuat arahan Eduardo Almeida ini akan melawan Bali United pada 5 Desember, 10 Desember dengan Borneo FC dan laga tunda pada 5 Januari 2022 lawan Tira Persikabo. Tentu harapan meraih hasil baik menjadi target agar bisa memuncaki klasemen.

“Di sisa laga itu, ditargetkan Arema FC mampu memenangkan pertandingan karenanya kita minta jajaran tim fokus untuk memenuhi target itu. Karenaitu butuh kosentrasi dan kerja keras” ujarnya.

Arema FC saat ini memang tengah dalam persaingan ketat di papan atas. Di sisa tiga pertandingan seri ketiga ini Arema FC menargetkan kemenangan. Kans untuk bisa memuncaki klasemen BRI Liga 1 cukup terbuka. Dendi Santoso dkk saat ini berada di urutan kedua dengan meraih 29 poin, terpaut satu poin dari pemuncak klasemen Bhayangkara FC yang mengoleksi 30 poin.

Ali juga menampik spekulasi diluar bahwa putaran kedua Arema FC akan jor joran merekrut pemain bintang. “Kondisi tim saat ini team work sudah sangat bagus. Bahkan dengan modal TSN, yakni tenang, smart dan ngeyel, InshaAllah Singo Edan mampu menambah poin dalam setiap laga. Mohon doa restunya Aremania serta warga Malang Raya, ” ujarnya.

Ali sekali lagi memastikan bahwa soal bursa transfer baru akan dibahas usai putaran pertama usai. Seperti diketahui bursa transfer akan resmi dibuka pada 15 Desember 2021 dan akan ditutup pada 12 Januari 2022.(der)

Baru Diluncurkan, Motor Sport Adventure Touring CB150X Hadir di Sirkuit Mandalika

Baru Diluncurkan, Motor Sport Adventure Touring CB150X Hadir di Sirkuit Mandalika. (Istimewa)

MALANGVOICE – Motor sport adventure touring CB150X dan beragam line up sepeda Honda hadir menyapa pengunjung pada gelaran balap dunia FIM Superbike World Championship (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), yang dihelat di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
 
Sejalan dengan adrenalin tinggi yang dihadirkan di sirkuit Mandalika, New CB150X dengan warna Volcano Matte Black dihadirkan bagi penonton balapan yang menyukai tantangan dan membutuhkan partner berkendara yang tepat ketika berpetualang.

Motor sport terbaru Honda ini dapat ditemui di booth Honda area Enduro yang terletak dekat dengan tribun pengunjung Grey dan Tosca dan Purple. Menemani New CB150X, motor petualang Honda lainnya yaitu motor sport CB150R Streetfire dan skutik Honda ADV150 pun turut dihadirkan di area ini.

Pada gelaran seri pamungkas ajang balap bertaraf international ini, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan main dealer Astra Motor Nusa Tenggara Barat, juga menampilkan beragam motor sport Honda berperforma tinggi yang kental dengan DNA balap pada area Pertamax, yaitu CBR1000RR-R Fireblade, CBR250RR, dan CBR150R.
 
General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan kehadiran beragam sepeda motor Honda pada gelaran ini merupakan bentuk upaya AHM dalam menjawab kebutuhan konsumen yang beragam, baik para pecinta balap ataupun bagi mereka yang senang berpetualang dan membutuhkan partner berkendara yang tepat. 

Hal ini sekaligus menjadi perwujudan komitmen AHM dalam mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan olahraga balap motor.
 
“Kami ingin hadir lebih dekat dengan konsumen pada beragam aktivitas, salah satunya dengan menghadirkan jajaran sepeda motor Honda bagi konsumen pecinta petualang, kecepatan dan adrenalin. Pada gelaran kali ini, beragam pengunjung hadir untuk menyaksikan langsung ajang balap motor bertaraf international. Sehingga, kami berharap kehadiran sepeda motor Honda pada area booth Honda dapat meramaikan sekaligus menjawab rasa penasaran konsumen akan pilihan partner berkendara yang sesuai dengan gaya hidup mereka,” ujar Andy.
 
Baru saja diluncurkan secara world premiere pada awal November lalu, New CB150X hadir dengan desain outstanding adventure touring, memiliki nuansa tampilan big bike, posisi berkendara yang nyaman, serta beragam fitur canggih yang mampu memberikan performa berkendara yang optimal.

Motor Sport Adventure Touring CB150X Hadir di Sirkuit Mandalika. (Istimewa)

Kental dengan desain petualang yang siap mengeksplorasi keindahan alam Indonesia, model ini memiliki desain suspensi depan yang kokoh, undercowl bergaya adventure, dan wavy disc brake pada roda depan dan belakang yang mampu memberikan kestabilan ketika melakukan pengereman saat turing di perkotaan ataupun ketika menjelajah jarak jauh bersama teman.

Penggunaan tata cahaya berteknologi All LED Lighting System yang modern, membuat tampilan motor sport adventure turing 150cc ini semakin outstanding dan macho ketika dikendarai.
 
New CB150X dibekali mesin 150cc DOHC berpendingin cairan, model ini menyuguhkan performa responsif dan sensasi ketangguhan ketika menjelajah ataupun berkendara sehari-hari.

Beragam fitur-fitur penunjang yang sarat dengan kenyamanan seperti windscreen berukuran tinggi, full digital panel meter yang mampu menampilkan berbagai informasi yaitu gear position, konsumsi bahan bakar rata-rata A & B, konsumsi bahan bakar instan, dan penunjuk waktu hadir untuk memudahkan pengendara.
 
Skutik Resmi Sirkuit Mandalika
 
Selain New CB150X, skutik resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit yaitu Honda ADV150 juga turut hadir pada area booth display untuk memberikan kesempatan bagi pengunjung yang ingin melihat lebih dekat tampilan skutikpenjelajah Honda. Memiliki desain bodi futuristik dan manly, Honda ADV150 siap mendukung aktivitas tinggi selama persiapan maupun penyelenggaraan balap WSBK 2021.
 
Mengusung mesin 150cc, berpendingin cairan, eSP (enhanced Smart Power) model ini mampu menyuguhkan performa responsif dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang ramah lingkungan.

Selain berperforma tangguh, skuktik ini sarat dengan fitur kenyamanan. Honda ADV150 dilengkapi beragam fitur canggih seperti Two Step Adjustable Windscreen, ruang penyimpanan sebesar 28 liter, serta sistem full digital panel meter yang dapat menampilkan berbagai informasi. Model memiliki fitur ACG starter yang bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas, serta fitur ESS (Emergency Stop Signal) khusus pada tipe ABS.(der)

Dominasi 10 Besar, Pembalap Astra Honda Pukau Masyarakat di Balapan Penutup ATC Mandalika

Pembalap Honda. (Istimewa)

MALANGVOICE – Perjuangan gigih pebalap Indonesia untuk harumkan nama bangsa pada balapan internasional Asia Talent Cup (ATC) 2021 seri Mandalika membuahkan hasil yang positif.

Pada balapan ketiga putaran ATC terakhir yang dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit (21/11), pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menyuguhkan perjuangan yang kompetitif dan mendominasi posisi 10 besar.
 
Salah satu penampilan impresif ini dipersembahkan Herjun pada balapan ATC 2021 di Mandalika. Pada seri pamungkas, Herjun berhasil mencetak hasil impresif saat kualifikasi yang menempatkannya di posisi start ketiga.

Pembalap Honda. (Istimewa)

Pada saat balapan ketiga dimulai, pebalap kelahiran Pati, Jawa Tengah ini menunjukkan keahlian balapnya dengan konsisten berada di posisi ketiga di hampir separuh balapan. Namun sayangnya, persaingan sengit memperebutkan posisi ketiga harus terlepas dari Herjun di lap terakhir dan menempatkannya di posisi keempat dengan selisih waktu yang tipis.
 
Raihan positif Herjun ini juga terlihat pada balapan pertama dan kedua ATC Mandalika. Berulangkali pebalap muda ini masuk ke posisi lima besar, namun pada akhirnya Herjun harus puas finish di posisi keenam pada kedua balapan tersebut. Pencapaian ini menempatkan pebalap berusia 17 tahun ini di posisi klasemen ke-12 ATC 2021 dengan total poin 33.
 
“Pada balapan terakhir ini, selepas start saya langsung fokus untuk tidak lepas dari group terdepan. Saya sudah merencanakan untuk melakukan tekanan di tikungan terakhir untuk bisa ambil posisi terbaik. Tapi strategi saya kurang sempurna akibat rapatnya persaingan dan mengakhiri balapan di posisi ke 4. Secara keseluruhan saya senang dapat tampil kompetitif pada putaran perdana saya di ATC 2021 bahkan dapat finis lima besar disaksikan langsung oleh masyarakat Indonesia,” ujar Herjun.
 
Bersamaan dengan Herjun, rekan satu timnya yakni Fadillah Arbi Aditama, Herlian Dandi, Reykat Yusuf Fadillah, dan Veda Ega Pratama berhasil mendominasi posisi 10 besar balapan ketiga ATC Mandalika. Raihan ini berhasil memukau masyarakat Indonesia yang menyaksikan langsung perjuangan sengit talenta Indonesia dalam membanggakan nama bangsa di kancah balap Internasional ini.
 
Pada kesempatan yang sama, Reykat juga berhasil menunjukkan performa yang sangat kompetitif pada balapan perdananya sebagai wildcard di seri penutup ATC 2021. Pada balapan pertama yang dilaksanakan Jumat (19/11), pebalap berusia 13 tahun ini memulai balapan di posisi ke-9 dan berhasil menyodok ke depan hingga menyelesaikan balap di posisi ke-5.
 
“Pada keseluruhan balapan ATC kali ini, saya berusaha mencoba untuk langsung menekan hingga masuk rombongan yang berpeluang berebut podium. Saya senang dapat menembus finish lima besar pada balapan pertama jumat lalu, dimana balapan tersebut merupakan debut perdana saya di ATC. Saya bersyukur sudah mendapat kesempatan wildcard pada ATC 2021. Pengalaman yang saya dapatkan akan menjadi bekal berharga untuk saya di masa depan,” ujar Reykat.
 
Melihat raihan kompetitif pebalap Astra Honda di ATC 2021 ini, General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengapresiasi semangat dan konsistensi mereka untuk membanggakan Tanah Air.
 
“Perjuangan keenam pebalap Indonesia langsung di depan masyarakat memberikan kebanggaan untuk kita semua. Kami mengapresiasi perjuangan gigih dan hasil positif sepanjang ATC 2021. Hasil ini juga menjadi pembelajaran kami untuk dapat mempersembahkan hasil yang lebih baik lagi di musim depan,” ujar Andy.
 
Berdasarkan hasil balapan terakhir, berikut urutan klasemen final ATC 2021. Herjun Atna Firdaus di posisi klasemen ke-12 dengan total 33 poin, disusul oleh Herlian Dandi di posisi ke-13 dengan 29 poin, Reykat Yusuf Fadillah di posisi ke-15 dengan 27 poin, Fadillah Arbi Aditama di posisi ke-16 dengan 18 poin, dan Veda Ega Pratama di posisi ke-17 dengan 15 Poin.(der)

6 Pembalap Indonesia Binaan AHM Siap Beraksi di ATC Mandalika

Pembalap Honda. (Istimewa)

MALANGVOICE – Enam rider belia binaan PT Astra Honda Motor (AHM) semakin bersemangat untuk menjadi pembalap Indonesia pertama yang berlaga di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat.

Semua mata penggemar balap, baik dari Indonesia atau pun manca negara, akan tertuju pada penampilan mereka yang menjadi tuan rumah putaran final Idemitsu Asia Talent Cup (ATC) 2021. Ajang pencarian bibit pebalap berbakat di Asia yang terafiliasi dengan Dorna Sport tersebut terkonfirmasi akan digeber akhir pekan ini, dilangsungkan pada Jumat-Minggu (19-21 November).
 
Fadillah Arbi Aditama (16), Herlian Dandi (15), Azryan Dheyo (16), Herjun Atna Firdaus (17), akan ditemani dua pebalap wild card jebolan Astra Honda Racing School, Veda Ega Pratama (12) dan Reykat Yusuf Fadillah (13). Mereka menyatakan sudah siap memberikan kemampuan terbaiknya selama empat race, di hadapan publik sendiri, demi mengharumkan nama Bangsa Indonesia.
 
Arbi, pebalap kelahiran Purworejo, Jawa Tengah, menyatakan kesiapannya untuk melahap setiap sesi dan lomba akhir pekan ini. Dia berupaya memanfaatkan waktu yang terbatas untuk mengeksplorasi karakter sirkuit Mandalika saat latihan bebas dan kualifikasi minggu lalu.

Pembalap Honda. (Istimewa)

”Balapan kali ini akan terasa berbeda. Selain mendapat dukungan semangat langsung dari penonton asal negeri sendiri, sirkuit Mandalika juga memiliki karakter trek yang menantang untuk ditaklukkan. Fokus saya, capaian waktu bisa meningkat lagi di balapan,” katanya.
 
Sudut pandang Azryan Dheyo tentang putaran terakhir di Mandalika berbeda dengan Arbi. Dia ingin terus memperbaiki penampilan balapnya untuk meraih catatan waktu terbaik.

”Semua pebalap saat ini sama, baru pertama kali merasakan Sirkuit Mandalika. Saya akan mencoba memanfaatkan peluang sebaik mungkin dan mencetak prestasi membanggakan untuk Indonesia,” ujar Dheyo.
 
Sementara itu, pada balapan akhir pekan ini, Herjun Atna Firdaus menyatakan siap mencetak prestasi bersama pebalap lain sesama binaan AHM. Pemuda asal Pati, Jawa Tengah, tersebut tetap fokus pada target.
 
”Bekal pengetahuan sirkuit Mandalika Minggu lalu akan saya jadikan patokan untuk bisa lebih meningkat lagi. Target saya tidak berubah, ingin menjadi pebalap Indonesia pertama yang naik podium di sirkuit Mandalika. Saya merasa sudah sangat siap dan fokus untuk balapan sebagai tuan rumah. Mohon doa untuk masyarakat Indonesia,” ucap Herjun.
 
Penampilan dua pebalap wild card yang baru berusia 12 dan 13 tahun, yakni Veda dan Reykat, juga menyedot perhatian tersendiri. Keduanya tampil cukup menjanjikan saat sesi latihan bebas dan kualifikasi minggu lalu, dan mampu bersaing dengan pebalap lain yang telah berpengalaman di balapan tingkat Asia ini.
 
Reykat dan Veda begitu percaya diri meski menjadi pendatang baru dan mencicipi Honda NSF250R di Mandalika. Tak hanya aura persaingan yang levelnya cukup tinggi, pengalaman membalap di ATC 2021 siap dijadikannya sebagai bekal untuk meningkatkan kemampuan.
 
Putaran ketiga dan kempat (4 race) ATC 2021 yang dinantikan penggemar balap di seluruh Indonesia akan digelar dalam satu weekend sekaligus di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Pada Jumat (19/11), balapan pertama digelar pada pukul 16.15 WIB setelah latihan bebas 1 dan 2 pada pagi harinya.
 
Sabtu (20/11), sesi kualifikasi kembali dilakukan mulai pukul 09.40 WIB. Lalu dilanjutkan balapan kedua pada pukul 12.00 WIB dan balapan ketiga pada pukul 16.30 WIB. Terakhir, Minggu (21/11), race terakhir siap digeber pada pukul 12.00 WIB. Balapan ATC 2021 bisa disaksikan melalui live streaming Youtube channel resmi Asia Talent Cup.(der)