HUT ke-7 Malang Voice

Desa Sanankerto Terpilih Jadi Desa Wisata Ramah Berkendara Adira Finance

Peresmian landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di Boon Pring, Sanankerto, Turen, Kabupaten Malang. (Deny/MVoice)

MALANGVOICE – Desa Sanankerto, Turen, Kabupaten Malang terpilih menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara oleh PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance).

Terpilihnya Desa Sanankerto ini ditandai dengan peresmian landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di jalan masuk menuju Boon Pring.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program CSR Festival Kreatif Lokal 2022 yang diselenggarakan dengan mengajak komunitas pencinta otomotif untuk melakukan touring atau berkendara ke desa wisata dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di desa Sanankerto.

Baca Juga: Perempuan Asal Singosari Ketangkap Jadi Kurir Sabu

Direktur Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi. (Deny/MVoice)

Direktur Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi, mengatakan, Sanankerto merupakan tempat kedua terselenggaranya jelajah desa wisata ramah berkendara.

Total ada 20 komunitas otomotif yang tergabung dan siap mempromosikan desa wisata. Seluruh komnitas yang tergabung harus menginap di tempat desa wisata dan membantu UMKM di sana.

“Kami mengajak sahabat-sahabat kami dari komunitas motor untuk touring bersama dan merasakan pengalaman liburan yang unik di Desa Wisata Sanankerto. Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan Sanankerto sebagai salah satu destinasi wisata lokal yang ramah bagi pecinta otomotif, sekaligus memberikannya predikat sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara,” katanya usia meresmikan landmark desa secara simbolis, Sabtu (24/9).

Adira Finance berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), memilih Desa Sanankerto sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara karena telah memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.

Selain Desa Sanankerto, pencanangan Desa Wisata Ramah Berkendara dilakukan di lima tempat, antara lain Yogyakarta, Bali, Magelang, dan Garut.

Ke depan, Swandajani mengungkapkan, akan membantu Desa Wisata Ramah Berkendara ini mengembangkan potensi wisata yang ada dengan membantu menyediakan paket wisata.

“Tentunya dengan pembiayaan dari bantuan Adira Finance,” jelasnya.

Selain itu, Desa Sanankerto memiliki beragam destinasi wisata yang menarik seperti Kawasan Wisata Boon Pring, Hutan Bambu Desa Wisata Sanankerto, hingga menyusuri Sungai Andeman.

Kepala Desa Sanankerto, M Subur, pihaknya menyambut baik adanya program CSR Festival Kreatif Lokal 2022 dan menjadikan Desa Sanankerto sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara.

“Semoga lebih banyak wisatawan yang mengetahui dan berkunjung ke Desa Sanankerto,” ungkap Kepala Desa Sanankerto, M Subur.

Ditambahkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur – Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, dalam Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Sanankerto, Adira Finance juga mengadakan Festival Pasar Rakyat di Pasar Turen Malang punya tujuan khusus.

Ia menjelaskan, diharap menjadikan pasar rakyat di daerah desa wisata menjadi ruang publik kreatif melalui pertunjukan kesenian, bazaar UMKM, dan literasi keuangan, serta kegiatan pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata bertajuk Desa Wisata Kreatif yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM setempat.

“Kami berharap dan yakin dengan diselenggarakannya Festival Kreatif Lokal ini mampu untuk menggarap seluruh potensi lokal yang ada, memperluas pasar produk ekraf, serta membuka peluang usaha seluas-luasnya. Maanfaat dari adanya kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi inspirasi berbagai pihak dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif”, ujarnya.

Selain pihak pemerintah, penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung pihak swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon. Sejalan dengan tujuan Zurich “Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik Bersama-sama”, Zurich telah mendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal sejak tahun 2020.

Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara, menyampaikan sangat senang dapat kembali berkolaborasi dan mendukung program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Melalui produk kami menjamin pelanggan saat bepergian serta yang menjalankan UKM, saya yakin kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung konsumen Indonesia. dan melindungi perjalanan mereka, keluarga mereka, dan karyawan mereka,” tandasnya.(der)

Ajang Promosi Wisata, Wali Kota Batu Sulut Semangat Ribuan Peserta Tour Gowes Wisata Nasional

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko asyik mengayuh sepeda menyusuri rute Tour Gowes Wisata Nasional. Event ini digelar Disparta Kota Batu berkolaborasi dengan Polres Batu. (MVoice/Prokopim Pemkot Batu)

MALANGVOICE – Ribuan penghobi olahraga sepeda berkumpul kawasan Alun-alun Kota Batu pada Sabtu pagi (24/9). Mereka tumpah ruah berjubel di jantung kota untuk mengikuti event Tour Gowes Wisata Nasional yang digelar Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu berkolaborasi dengan Polres Batu.

Alun-alun Kota Batu dipilih sebagai titik start sekaligus titik finish. Para peserta diberangkatkan sekitar pukul 07.30. Diawali terlebih dulu dengan pelepasan balon ke udara oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko didampingi wakilnya, Punjul Santoso beserta jajaran Forkopimda Kota Batu. Tampak hadir, Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Nurrochman bersama Ketua Komisi B DPRD, Hari Danah Wahyono serta perwakilan Kejari Kota Batu.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengaku takjub melihat antusias masyarakat berpartisipasi memeriahkan Tour Gowes Wisata Nasional. Terlebih event ini dijadikan sebagai pembuka rangkaian menyambut hari jadi Kota Batu pada 17 Oktober mendatang.

Baca juga : Tour Gowes Wisata Nasional 2022, Rebut Grandprize Motor dan Jutaan Rupiah

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memimpin acara sepeda Tour Gowes Wisata Nasional. (Prokopim Pemkot Batu)

“Kondisi geografis Kota Batu naik turun. Semoga sampai garis finish dengan selamat dan jangan lupa menikmati pemandangan Kota Batu,” kata Dewanti menyulut semangat ribuan peserta.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq menerangkan event ini digelar kali kedua sebagai cara mempromosikan potensi wisata khususnya wisata berbasis potensi desa. Pada tahun ini, penyelenggaraannya dalam rangka memperingati HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara. Bersamaan pula dengan rangkaian memeriahkan HUT ke-21 Kota Batu yang jatuh pada 17 Oktober nanti.

Baca juga : Warga Giripurno Bumiaji Raih Ayla di Ajang Tour Virtual Gowes Wisata Nasional Kota Batu

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko memberangkatkan ribuan peserta Tour Gowes Wisata Nasional di Alun-alun Kota Batu yang dipilih sebagai titik start sekaligus titik finish. (MVoice/Prokopim Pemkot Batu)

“Cukup dengan mendaftar Rp25ribu peserta beramai-ramai menikmati udara segar dan keindahan panorama alam Kota Batu. Peserta juga berkesempatan merebut hadiah utama sepeda motor dan beragam door prize menarik,” ujar mantan Kepala DLH Kota Batu itu.

Melalui event ini, Disparta juga menyelenggarakan lomba foto on the spot memperebutkan hadiah Rp5 juta. Caranya terbilang mudah, peserta cukup mengabadikan aktivitasnya bersepeda dengan latar spot destinasi wisata pada rute-rute yang dilalui.

Baca juga : KWB Super Adventure 5 Bawa Manfaat Ganda bagi Kota Batu

Beberapa rute yang dirancang penyelenggara dimulai dari Alun-alun Kota Batu sebagai titik start sekaligus finish. Kemudian melintas Balai Kota Among Tani menuju ke utara melewati Petik Mawar Gunungsari berlanjut ke Kampung Wisata Kungkuk. Kemudian melintasi Lapangan Bulukerto ke arah Bukit Teletubies Bumiaji terus ke arah Baloga hingga simpang tiga Bendo menuju titik pemberhentian di Alun-alun Kota Batu.

Arief menuturkan, penyelenggara sengaja memilih rute-rute yang menonjolkan karakteristik desa-desa yang kental akan kekayaan alamnya. Hal ini agar dapat memperkenalkan serta mempromosikan potensi desa wisata Kota Batu agar bergeliat. Strategi ini agar pariwisata sebagai penggerak ekonomi Kota Batu bisa bangkit.

Baca juga : Disparta Kota Batu Optimis Tingkat Kunjungan Capai 7 Juta Wisatawan

“Kegiatan ini merupakan pengembangan promosi destinasi wisata sekaligus sarana promosi bidang kreatif melalui kegiatan bersepeda. Tahun ini, Disparta menargetkan 5 juta kunjungan. Maka perlu strategi yang matang agar animo kunjungan wisawatan terus meningkat,” seru Arief.

Menurutnya, Dinas Pariwisata ikut ambil peran menyemarakkan Hari Lalu Lintas Bhayangkara sebagai bentuk apresiasi kepada instistusi kepolisian, khususnya Polres Batu. Karena ikut berperan membantu mewujudkan pariwisata sehat dan aman. Serta membantu mengurai kepadatan arus saat akhir pekan maupun menginjak masa libur panjang seperti pada momen lebaran maupun Nataru.

Baca juga : Disparta Kota Batu Ancang-ancang Susun Ranperda Rippda

“Tentunya pula, Polres Batu sudah sangat banyak membantu dalam memantau pelaksanaan protokol kesehatan, khususnya dalam aktivitas pariwisata selama masa pandemi,” ujar dia.

Di sisi lain, Arief menambahkan, dalam menyemarakkan HUT ke-21 Kota Batu, Disparta akan menyelenggarakan 12 event. Puncaknya pada 17 Oktober nanti akan dihelat pagelaran kebudayaan serta suguhan ragam kuliner yang ditampilkan di Balai Kota Among Tani.

Baca juga : Event Padhang Bulan, Disparta Berkomitmen Bangkitkan Ikon Wisata Budaya Kota Batu

“Prinsipnya, komitmen Disparta membangkitkan perekonomian Kota Batu melalui sektor pariwisata. Semakin banyak orang yang datang ke Kota Batu maka akan memantik kebangkitan ekonomi masyarakatnya,” pungkasnya.

Baca juga : Disparta Kota Batu Genjot Seni Tradisi Sebagai Ikon Wisata Budaya

Selain itu, pada event Tour Gowes Wisata Nasional, Kapolres Batu mendeklarasikan keselamatan berlalu lintas. Hal ini untuk mengingatkan para pengguna jalan mengenai pentingnya ketertiban berlalu lintas. Berdasarkan catatan yang disampaikannya, angka kecelakaan mencapai sekitar 25.600 kasus pada tahun 2021. Menurutnya, 3 nyawa melayang setiap jamnya karena kecelakaan lalu lintas.

“Patuhi keselamatan berlalu lintas demi menjaga keselamatan orang lain. Siap memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas menuju zero accident. Siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” ujar Oskar menyerukan deklarasi keselamatan berlalu lintas.(der)

Peringati Haornas, Sutiaji Komitmen Kuatkan Sport Tourism

Wali Kota Malang, Sutiaji. (istimewa)

MALANGVOICE – Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXIX, Wali Kota Malang komitmen kuatkan sport tourism.

Hal ini dikatakannya usai mengikuti upacara peringatan Haornas di GOR Ken Arok Kota Malang pada Jumat (23/9).

Sutiaji mengatakan, menguatkan sport tourism ini menindaklanjuti arahan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Dengan tema Peringatan Hari Olahraga Nasional 2022 adalah “Bersama Cetak Juara”; Pemkot Malang akan terus berupaya untuk memajukan dunia olahraga di Kota Malang.

Peringatan Haornas di Kota Malang. (Humas Pemkot Malang)

“Bersama-sama jajaran samping dan seluruh insan olahraga di Kota Malang; kita dorong dan cetak atlet-atlet berprestasi di seluruh cabor,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sutiaji menjelaskan beberapa event olahraga tingkat nasional dan internasional juga akan digelar di Kota Malang; tentu ini wujud sport tourism yang akan mengundang banyak wisatawan untuk datang ke Kota Malang.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September sebagai momentum untuk memperingati sejarah olahraga nasional yang mencerminkan pentingnya olahraga sebagai gaya hidup bangsa Indonesia.

Haornas bertujuan mengajak masyarakat agar semakin memahami pentingnya olah raga sebagai salah satu cara menjaga kesehatan demi meningkatkan kualitas hidup.

“Kota Malang melalui Tri Bina Cita-nya sudah jelas menunjukkan bahwa kita adalah Kota Pariwisata; namun sesuai arahan Ibu Gubernur tadi, Sport Tourism akan menjadi fokus kita utamanya di bidang sepak bola dan basket,” jelasnya.

Tampak hadir mendampingi Walikota Sutiaji dalam gelaran upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXXIX tersebut adalah Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji dan seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkot Malang.(der)

Operasi Pasar di Polehan, Pemkot Malang Gandeng Pertamina Sediakan Elpiji Nonsubsidi

Operasi pasar di Pemkot Malang. (istimewa)

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Malang kembali menggelar operasi pasar untuk menekan inflasi.

Operasi pasar yang dilaksanakan di Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jumat (23/9) dikatakan Ketua Dewan Pengawas Perumda Tunas yang juga tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang, Elfiatur Roikhah, sebagai tindak lanjut dari amanat Presiden saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2022 terkait sinergi untuk stabilitas harga dan ketahanan pangan nasional.

Lebih lanjut Elfi menyampaikan operasi pasar bertujuan untuk mengendalikan harga. Beberapa komoditi yang dipasarkan adalah beras medium, beras premium, tepung terigu, gula pasir, bawang merah, telur ayam negeri, minyak goreng, daging sapi, dan daging ayam.

“Kali ini kita sediakan sekitar 500 kg untuk komoditi seperti daging ayam, daging sapi, telur. Hampir sama juga jumlahnya untuk komoditi lain. Kalau beras kita sediakan lebih banyak ya. Kurang lebih targetnya bisa 1.000-an (orang),” ungkap Elfi.

Elfi menyebutkan, dalam operasi pasar kali ini, juga didukung Pertamina yang menyediakan pasokan elpiji 3 kg dan nonsubsidi Bright Gas. Selain itu juga difasilitasi penukaran tabung gas elpiji 3 kg untuk menjadi Bright.

“Masyarakat kita imbau, terutama para ASN untuk menggunakan elpiji yang 12 kg. Jadi kali ini kita fasilitasi penukaran juga,” ungkapnya.

Ke depan, pihaknya akan menggelar 60 kali operasi pasar lagi hingga Desember 2022 mendatang. “Kita akan gilir ke semua wilayah kecamatan. Kita ada 63 kali operasi pasar. Yang sudah dilakukan pertama kali di Sukun, lalu kemarin di GOR Ken Arok, lalu di sini,” tutupnya.

Sementara itu, Sumiyati, salah satu warga Kelurahan Polehan menuturkan bahwa dirinya antusias sekali berbelanja saat operasi pasar kali ini.

“Terima kasih sudah mengadakan operasi pasar di sini ya. Saya bisa beli beberapa kebutuhan pokok yang harganya lebih murah. Harapannya si bisa dilakukan lebih sering karena sangat manfaat terutama saat ini,” ujarnya.(der)

Sutiaji Ingin Dai dan Khotib Bawa Pesan Perdamaian, Tangkal Radikalisme

Silaturahmi Dai dan Khatib Dalam Rangka Penguatan Islam Wasathiyah (keseimbangan antara keyakinan dengan toleransi, red) untuk Indonesia Damai, pada Selasa (20/9). (Istimewa)

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, Sutiaji, berpesan kepada dai dan khatib (pendakwah) untuk menyampaikan pesan perdamaian serta mengarahkan masyarakat untuk menghindari pemikiran dan perilaku intoleransi dan radikalisme.

Hal ini dirasa penting untuk menjaga rasa toleransi dan suasana damai di Kota Malang.

Pesan ini disampaikan pada acara Silaturahmi Dai dan Khatib Dalam Rangka Penguatan Islam Wasathiyah (keseimbangan antara keyakinan dengan toleransi, red) untuk Indonesia Damai, pada Selasa (20/9).

Wali Kota Malang, Sutiaji. (Istimewa)

Bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang, agenda ini dihadiri 100 dai dan khatib dari perwakilan setiap kecamatan dan organisasi masyarakat (ormas) Islam di Kota Malang. Kegiatan ini digelar dalam rangka menumbuhkan Islam yang damai dan cinta tanah air guna mencegah intoleransi dan radikalisme di Indonesia.

Sutiaji mengatakan, dai dan khatib dianggap memegang peran sentral, mengigat pemeluk agama Islam menjadi mayoritas di Kota Malang.

“Saat ini kita kumpulkan para khatib, karena tangan kepanjangan yang bersentuhan dengan umat. Kalau khatib itu pola pikirnya masih ada diskriminasi atau menyalahkan pada kelompok-kelompok yang lain, maka bibit-bibit (intoleran dan radikalisme, red) itu muncul,” ucap Sutiaji. Sebab, imbuhnya, agama hadir untuk membimbing dan memeluk pemiliknya ke arah kedamaian dan kebaikan.

Ia menambahkan, Kota Malang sendiri menjadi titik ke-16 pelaksanaan kegiatan ini, nantinya, agenda sama akan dilaksanakan merata di berbagai wilayah Indonesia oleh Direktorat Pencegahan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror.

Selanjutnya, Wali Kota Sutiaji, juga mengingatkan akan pentingnya membaca konteks dan situasi serta menyeimbangkan antara keharmonisan hidup bermasyarakat dan menjalankan kewajiban beragama.

“Goalnya, kita menuju Kota Malang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur (diliputi kemakmuran dan kebaikan alam serta masyarakatnya,red), ketenangan, damainya suasana, ini harus kita kuatkan, dan menjadi tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Kanit 1 Subdit Kontraideologi Direktorat Pencegahan Densus 88, AKBP Moh. Dofir, S.Ag., S.H., M.H. menjelaskan silaturahmi ini menggandeng dai dan khatib karena dianggap mereka memiliki peran strategis terjun langsung ke masyarakat untuk menyuarakan pencegahan intoleransi dan radikalisme

“Kita mencegah, karena kebanyakan orang-orang yang terkena paham radikalisme dan intoleransi karena informasi yang tidak akurat, pemahaman agama kurang, banyak belajar ke youtuber tidak ada gurunya. Makanya dengan kegiatan silaturahmi ini, semoga para dai dan khatib ini mencegah dengan damai. Karena dai dan khatib ini adalah corong untuk membantu pemberantasan,” jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa kegiatan ini murni digelar untuk menjaga keutuhan dan kedamaian bangsa Indonesia, tanpa ada unsur kepentingan politik.

Turut hadir pada acara ini, Kapolresta Malang Kota, Kombespol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Kaveleri Heru Wibowo Sofa, SH, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag, serta Kepala Bakesbangpol Kota Malang, Dra. Rinawati, MM.(der)

Heri Mursid Kembali Pimpin PBSI Kota Malang Periode 2022-2026

Muskot PBSI Kota Malang. (istimewa)

MALANGVOICE – Heri Mursid Brotosejati kembali terpilih sebagai Ketua Umum PBSI Kota Malang periode 2022-2026. Heri terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Kota (Muskot) PBSI Kota Malang di Hotel Savana, Sabtu (17/9).

Ketua panitia muskot PBSI Kota Malang, Sigit Permadi, mengatakan, mayoritas perkumpulan bulutangkis (PB) yang memiliki hak suara sepakat memilih Heri memimpin organisasi kembali.

“Dari Perkumpulan Bulutangkis (PB) atau klub yang mempunyai hak suara mayoritas mendukung pak Heri lagi menjadi ketua umum periode 2022-2026,” kata Sigit.

Baca Juga: Honda Vario 125 Family Day, Malam Mingguan Seru Bareng MPM Honda Jatim

Dengan begitu, Heri Mursid memimpin PBSI Kota Malang selama tiga periode.

Digelarnya Muskot ini merupakan agenda PBSI Kota Malang menyambut masa akhir kepengurusan masa bakti 2018-2022. Meski baru selesai Oktober 2022, namun PBSI Kota Malang akan segera menyusun program ke depan.

“Tapi sebelum masa bakti kepengurusan habis digelarlah muskot untuk memenuhi peraturan organisasi dan atas dasar AD/ART,” jelasnya.

Heri Mursid Brotosejati kembali terpilih sebagai Ketua Umum PBSI Kota Malang periode 2022-2026. (Istimewa)

Sementara itu Heri Mursid mengaku siap kembali memimpin PBSI Kota Malang di periode ketiga ini. Semua akan berjalan dengan dukungan para anggota dan pengurus.

“Jadi muskot kemarin saya terpilih aklamasi untuk ketum periode ketiga kali. Belum ada (yang seperti itu) sebelumnya. Semua PB mempercayakan kepada saya,” kata Heri.

Ke depan, Heri berjanji akan membenahi sistem di PBSI agar mampu meraih prestasi. Pertama-tama, kata dia, akan segera mengubah kepengurusan dan menggelar event untuk mendongkrak mental dan skill pemain.

“Rencananya kami untuk merubah wajah baru kepengurusan lalu. Agar kepengurusan lebih fresh lagi. Kami mau terapkan bidang binpres yang kompeten,” kata pria yang juga seorang pengusaha ini.

“Di Kota Malang sudah ada lima event besar tahun ini. Tahun ini, Malang setelah covid ada 4 event yang lumayan besar. Ada kejurkot di bulan Februari, dan Walikota Open kemarin, lalu bulan depan ini dua event internasional. Kalau memungkinkan, akhir tahun akan kami gelar lagi event untuk penutup tahun,” ia menandaskan.(der)

Honda Vario 125 Family Day, Malam Mingguan Seru Bareng MPM Honda Jatim

Honda Vario 125 Family Day. (istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT mengajak konsumen dan keluarga untuk berkumpul dan bermain bersama pada ajang Honda Vario 125 Happy Family Day di MPM Motor Malang, Sabtu (17/9).

HC3 Head MPM Honda Jatim, Satyo Prahnowo mengatakan Honda Vario 125 Family Day merupakan program yang digelar MPM Honda Jatim sebagai ungkapan terima kasih kepada konsumen dalam rangkaian Hari Pelanggan Nasional 2022.

“Kami berterima kasih kepada konsumen yang telah memilih Honda Vario 125 sebagai teman berkendara untuk beraktivitas sehari – hari. Melalui acara Honda Vario 125 Family Day, kami ingin membagikan kesenangan yang dirasakan para keluarga melalui beragam aktivitas yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Honda Vario sebagai matik sempurna pilihan masyarkat Indonesia dengan lebih dari 14 juta penggendara sejak tahun 2006,“ kata Satyo.

Honda Vario 125 Family Day

Kegiatan ini merupakan rangkaian festival Harpelnas yang diikuti 10 pasang keluarga. Berbagai aktivitas seru yang telah dipersiapkan dan diikuti oleh peserta seperti penyampaian hak dan kewajiban konsumen yang di sampaikan oleh perwakilan YLK Malang, Ari Widyatomo serta disampaikan mengenai layanan Honda Care.

Semakin meriah dengan aktivitas bersama pengguna Honda Vario 125 dan juga anggota keluarganya, yakni games, familily fashion show dan best custome. Acara ditutup dengan makan malam bersama.

Honda Vario 125 Kini hadir dengan variant warna yang lebih lengkap & eksklusif. Tersedia varian warna special dan warna baru untuk tipe CBS-ISS. Serta striping baru yang semakin modern untuk tipe CBS.

Semakin membanggakan dan menyempurnakan pengalaman berkendara setiap harinya dengan ukuran motor yang sempurna untuk orang Indonesia (fit-in size) dalam menemani segala aktivitas.(der)

Tour Gowes Wisata Nasional 2022, Rebut Grandprize Motor dan Jutaan Rupiah

Tour Gowes Wisata Nasional 2022. (Istimewa)

MALANGVOICE – Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu menggelar kegiatan akbar bertajuk Tour Gowes Wisata Nasional 2022. Event yang bekerja sama dengan Polres Batu ini digelar 24 September 2022.

Event ini digelar untuk memeriahkan HUT ke-21 Kota Batu dan HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara.

Tour Gowes Wisata Nasional 2022 ini terbuka untuk umum. Pendaftaran dibuka mulai 10 hingga 18 September 2022.

“Kami menyediakan tiga spot untuk tiket box,” kata Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Sidiq.

Tiket box Tour Gowes Wisata Nasional 2022. (Istimewa)

Tiket box yang tersedia mulai di Alun-alun Kota Batu, Balai Kota Among Tani, Brawijaya Oleh-oleh, JTP 3, dan Lippo Plaza Batu. Di sana dibuka mulai 10-11 September dan 17-18 September 2022 mulai pukul 6.00 s/d 10.00 WIB.

Selanjutnya tiket box tersedia di Selecta, Rest Area Karangploso, dan Lapangan Sidomulyo dibuka pada 10 dan 17 September.

Terakhir berada di Jatim Park II dan Car Free Day Malang pada 11 dan 18 September 2022.

Harga tiket Rp25 ribu, peserta sudah mendapat id card dan snack.

“Pada acara puncak nantinya, start dan finish akan dilokasikan di Alun-alun Kota Wisata Batu,” lanjutnya.

Rute Tour Gowes Wisata Nasional 2022. (istimewa)

Agenda ini rutin digelar setiap tahun untuk mempromosikan wisata Kota Batu. Tak ayal rute yang dipilih juga melewati spot wisata yang ada di Kota Apel tersebut.

Tak hanya itu saja, panitia menyiapkan grandprize sepeda motor serta puluhan doorprize menarik.

Selain itu, panitia juga mengadakan lomba foto on the spot dengan hadiah total jutaan rupiah.(der)

Kendalikan Inflasi, Pemkot Malang Gelar Operasi Pasar Rutin Dua Kali Seminggu

Wali Kota Malang Sutiaji memantau operasi pasar. (Istimewa)

MALANGVOICE – Pemkot Malang terus menggencarkan operasi pasar. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan inflasi dampak penyesuaian tarif BBM.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan, operasi pasar dilakukan bergilir di setiap kecamatan selama dua kali seminggu sampai Desember 2022.

“Begitu BBM naik, maka seluruh komponennya itu naik. Maka hari ini, kita kerja sama dengan seuruh stakeholder, seperti Bulog, Perumda Tunas, RNI, dan BI. Ada subsidi dari BI, sehingga harga bisa tetap terjangkau, yang sehingga harapannya daya beli masyarakat tetap. Mudah-mudahan ini bisa membantu saudara kita yang kondisinya sedang kena dampak kenaikan BBM,” kata Sutiaji didampingi Kepala Bagian Perekonomian, Infrastruktur dan Sumber Daya Alam, Ir. Yayuk Hermiati, MH saat meninjau langsung jalannya operasi pasar ini, Rabu (14/9).

Operasi pasar Pemkot Malang. (istimewa)

Lebih lanjut, Sutiaji menyampaikan, operasi pasar merupakan bentuk mitigasi dengan pendekatan konvensional yang sebetulnya sudah tidak begitu efektif.

Ia menyampaikan kepada pemerintah pusat untuk melakukan kontrol harga. Dengan demikian diharapkan tidak ada pelaku usaha yang memainkan harga. Di samping itu, menurut pemikirannya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) lebih baik digunakan untuk subsidi pasar.

“Bulog dalam hal ini dikuatkan, sembilan bahan pokok dikelola oleh Bulog semuanya. Jadi harga beras dikendalikan negara, harga ayam, telur, minyak dikendalikan oleh negara semua. Seperti minyak, harganya ditentukan, itu artinya pemerintah memang memberi subsidi pada perusahaan sehingga dijuaal di pasar harganya tetap terjangkau. Tapi saat mengambil di petani, di produsen tetap harga normal. Sehingga kesejahteraan produsen, dalam hal ini adalah petani tetap tinggi,” jelasnya.

Dalam operasi pasar ini ada beberapa komoditi yang dijual dengan harga di bawah pasar. Untuk beras ada berbagai jenis, yakni beras medium seharga Rp43.000,00/5 kilogram, beras premium Rp53.500,00/5 kilogram dan Rp103.500,00/10 kilogram, beras premium Rania Rp17.500,00/1,5 kilogram dan Rp28.000,00/2,5 kilogram, serta beras Lahap Rp55.500,00/5 kilogram. Ada juga minyak goreng curah seharga Rp13.000,00/liter dan minyak goreng kemasan Rp14.000,00/liter.

Tersedia juga gula pasir seharga Rp12.500,00 dan tepung terigu Rp10.100,00/kilogram. Sementara itu, untuk daging sapi dijual seharga Rp108.000,00/kilogram, daging ayam Rp30.000,00/kilogram, telur ayam negeri Rp23.000,00/kilogram, bawang merah Rp20.000,00/kilogram, dan cabai Rp35.000/kilogram.(der)

Karnaval Kota Malang “Bangkit Bermartabat” Sukses Digelar

Wali Kota Malang, Sutiaji didampingi Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko hadir mengenakan baju adat. (Istimewa)
Kominfo Pemkot Malang
Kominfo Pemkot Malang

MALANGVOICE – Pemkot Malang menggelar karnaval pada Ahad (11/9). Acara yang digagas untuk memeriahkan HUT ke-77 RI ini start dari Kayutangan Heritage, Jalan Semeru hingga Jalan Ijen Kota Malang.

Puluhan ribu masyarakat hadir memadati ruas jalan tersebut untuk menyaksikan Karnaval Kota Malang itu.

Karnaval ini diikuti ribuan peserta dari berbagai instansi, organisasi masyarakat dan komunitas dengan mengangkat tema “Bangkit Bermartabat”.

Karnaval Kota Malang “Bangkit Bermartabat”

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji didampingi Ketua TP PKK Kota Malang, Hj Widayati Sutiaji, S.Sos., MM tak bisa menyembunyikan kebanggaan dan apresiasinya atas peran semua pihak menyukseskan gelaran ini.

Sutiaji sendiri hadir mengenakan busana adat daerah Sumatera Barat.

“(Ini sebuah) bentuk patriotisme menyukuri kemerdekaan dan promosi (budaya dan potensi kota). Terima kasih juga para penonton yang tertib. Pawai budaya ini bukti bahwa Malang adalah miniatur Indonesia,” ungkap Sutiaji.

Sajian yang disuguhkan untuk menghibur masyarakat tak hanya penampilan dari peserta.

Mulai dari tarian khas malang, bantengan, reog, tradisi madura, hingga kekayaan budaya Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, hingga Papua ditampilkan.

Semuanya tak pelak merepresentasikan keramahan kota pendidikan yang menjadi oase keilmuan nan kondusif bagi 300 ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia ini.

Lebih lanjut Sutiaji juga optimistis gelaran Karnaval Kota Malang turut menggerakkan ekonomi riil masyarakat.

“Ini tadi yang namanya MUA (Make up artist) sampai mendatangkan dari luar kota. Kostum juga. Kuliner sekitar dan penjual jajanan juga laris semua. Otomatis jika event sukses insyaallah ekonomi jalan,”tambah Sutiaji.

Bersama Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko yang mengenakan busana tradisional Aceh, Sutiaji pun beberapa kali turut didapuk turun panggung dan berbaur dalam nada dan gerak budaya yang ditampilkan.

Acara karnaval Kota Malang juga turut dimeriahkan dengan atraksi spektakuler dari marching band Taruna Nala, marching band 502 dan persatuan drum band Indonesia Malang.(der)