HUT ke-7 Malang Voice

Promo Merdeka Waroeng Steak Raup Omzet Rp1,6 Miliar Selama Lima Hari

Waroeng Steak & Shake. (Istimewa)

MALANGVOICE – Waroeng Steak & Shake sukses meraup untung besar di momen HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 ini. Betapa tidak, dengan promo Paket Merdeka yang hanya berlaku lima hari terhitung mulai 15 Agustus dan berakhir 19 Agustus 2021 Waroeng Steak mengantongi omzet hingga 1,6 miliar rupiah.

Antusias terlihat dari banyaknya engagement pada postingan promo Merdeka Waroeng Steak yang diposting ulang akun instagram Giladiskonn, yaitu akun komunitas pecinta diskon. Postingan tersebut mendapat 19.393 suka dan 987 komentar. Paling banyak dibanding postingan promo bertema kemerdekaaan dari merek lain.

Sisy Sales and Partnership Officer dari PT Waroeng Steak Indonesia mengatakan, dari promo yang ditawarkan ini ternyata menyedot banyak antusias konsumen setia Waroeng Steak.

Konsumen Waroeng Steak & Shake. (Istimewa)

“Respon konsumen terhadap promo merdeka sangat di luar dugaan kami. Karena di waktu yang sama banyak usaha-usaha lain yang menawarkan Promo Merdeka bahkan dengan diskon yang jauh lebih besar,” ujarnya, Senin (22/8).

Antusias masyarakat membuat pionir makan steak pakai nasi tersebut berhasil menjual Paket Merdeka sebanyak 24.485 porsi. Penjulan terdiri dari 19.404 penjualan paket 2 chicken double dan 2 milkshake special yang dijual seharga Rp77.000, 2.398 penjualan paket 1 chicken double dan 1 milshake spesial yang dijual dengan harga Rp45.000 serta 2.683 penjulan paket 2 milkshake special yang dijual dengan harga Rp17.000 sesudah pajak.

Dari besarnya antusiasme masyarakat ini, Sisy yakin juga semakin banyak orang mendukung produk lokal seperti Waroeng Steak & Shake.

“Alhamdulillah ya, kami rasa konsumen membeli bukan sekedar karena diskonnya, lebih dari itu kami yakin masyarakat Indonesia sekarang sudah sangat suka membeli produk lokal, bangga dengan merek asli Indonesia,” imbuh Sisy.

Sebagai pionir restoran steak dengan harga murah, Waroeng Steak memang tergolong eksis dalam membuat kampanye musiman. Dari berbagai kampanye marketing yang telah dilakukan itu berhasil mengantarkan Waroeng Steak & Shake masuk dalam Daftar Pemenang Marketing Award 2022 dari majalah marketing untuk kategori The Best in Marketing Campaign dengan predikat Excellent.

Selain itu, belum lama ini restoran dengan tagline Steaknya Indonesia itu juga telah mendapat perhargaan Top Brand 2022 dari Frontier Grup.(der)

Manfaat Minuman Yogurt yang Perlu Anda Ketahui

Yoghurt. (pexels-any-lane)

MALANGVOICE – Manusia telah mengonsumsi yogurt sejak ratusan tahun yang lalu. Yogurt diketahui sangat bergizi, dan mengonsumsinya secara teratur dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan Anda. Misalnya, yogurt telah ditemukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan osteoporosis, serta membantu dalam pengelolaan berat badan.

Yogurt adalah produk susu yang dibuat dengan fermentasi susu dengan kultur yogurt yang menghasilkan protein dan kalsium, dan dapat meningkatkan bakteri sehat di dalam usus, seperti yang terdapat dalam kandungan yogurt Kin.

Fermentasi laktosa yang ada di dalam susu memproduksi asam laktat yang memiliki peran dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur yang kental dan lembut serta aroma yang unik pada yogurt. Tidak hanya rasa enak dan tekstur lembut, keunggulan dari yogurt juga berasal dari manfaatnya yang berlimpah, loh!

Apa saja sih manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi yogurt secara rutin? Mari kita simak aneka ragam manfaatnya berikut ini.

Kaya Akan Nutrisi untuk Tubuh

Ada banyak jenis yogurt yang memberikan berbagai tingkat manfaat dan nutrisi. Yogurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Yogurt dikenal mengandung banyak kalsium dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang.

Dalam satu gelas yogurt, terdiri dari 49% kebutuhan kalsium harian Anda. Selain itu, yogurt diketahui kaya akan vitamin terutama vitamin B yang dapat melindungi diri dari penyakit jantung.

Satu gelas yogurt juga mengandung 28% fosfor harian, 10% magnesium, dan 12% untuk kalium. Mineral-mineral ini sangat berperan penting untuk beberapa proses biologis, seperti mengatur tekanan darah, metabolisme, dan menjaga kesehatan tulang.

Vitamin D terkandung dalam yogurt bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh juga memungkinkan pengurangan resiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan depresi. Kandungan tinggi protein, kalsium, vitamin, dan kultur hidup, atau probiotik yang ada dalam yogurt dapat meningkatkan mikrobiota usus bermanfaat dalam membantu mencegah masalah pencernaan.

Kaya Akan Protein

Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan asupan protein yang tinggi. Protein terbukti mendukung metabolisme tubuh dengan meningkatkan pengeluaran energi Anda, atau jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari.

Mendapatkan protein yang cukup juga penting untuk mengatur rasa lapar Anda. Protein meningkatkan produksi hormon yang memberikan sinyal pada otak bahwa Anda merasa kenyang. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi secara keseluruhan, yang bermanfaat untuk manajemen berat badan.

Manfaat yang lebih baik bisa didapatkan dengan mengonsumsi Greek Yogurt yang berpotensi mempengaruhi manajemen nafsu makan dan menunda rasa lapar lebih dari produk susu lainnya seperti whole milk atau susu skim.

Membantu Menguatkan Sistem Imun

Mengonsumsi yogurt secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan atau sistem imun Anda. Dengan meminum yogurt dengan kandungan probiotik di dalamnya, Anda mengurangi kemungkinan tertular agen penyebab berbagai penyakit seperti flu.

Probiotik diketahui berpotensi mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan pencernaan. Produksi sel T dalam tubuh didukung oleh adanya mineral dan gizi penting sehingga bisa membantu proses perlawanan penyakit.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Adanya kombinasi kandungan probiotik, protein, dan kalsium di dalamnya yang memicu hormon rasa kenyang sehingga bisa menunda rasa lapar (seperti peptide YY dan GLP-1) sehingga dapat membantu Anda mengonsumsi makanan secara tidak berlebihan.

Rutin mengonsumsi yogurt juga bisa menyeimbangkan kadar kolesterol lemak, menjaga fungsi otot serta saraf Anda. Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi yogurt dikaitkan dengan penurunan berat badan, persentase lemak tubuh, dan lingkar pinggang.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Produk susu seperti yogurt dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Tekanan darah tinggi pada orang yang biasa mengonsumsi yogurt dapat dikurangi karena adanya kandungan kalium dalam yogurt yang dapat membuang kelebihan natrium yang ada dalam tubuh.

Selain itu, kandungan kalsium yogurt berperan penting untuk pembekuan darah, penyembuhan luka, dan menjaga tekanan darah normal.

Bagus untuk Kulit

Ternyata dengan mengonsumsi yogurt, kesehatan kulit bisa ditingkatkan lho! Bagaimana bisa? Selain dikonsumsi langsung, yogurt juga bisa dijadikan sebagai bahan masker wajah. Caranya gampang, hanya dengan mengaplikasikan yogurt ke bagian wajah yang diinginkan. Diamkan beberapa saat, dan bilas dengan air.

Hal ini dibuktikan dari yogurt yang merupakan sumber kaya akan vitamin B, yaitu B2, B5, dan B12, yang melembabkan, menghidrasi, dan menyembuhkan kulit kering. Selain itu, vitamin B2 berperan sebagai antioksidan yang mencegah kulit kering akibat radikal bebas.

Yogurt juga mengandung kalsium, yang mendukung pembentukan sel kulit, mempromosikan penyembuhan kulit kering. Kandungan zinc dalam yogurt memberikan efek anti-inflamasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Asam laktat dalam yogurt juga membantu menghilangkan sel-sel kulit kering dan mati, membuat kulit Anda tampak halus.

Selain memproduksi yogurt, Kin juga memproduksi berbagai produk olahan susu lainnya loh!(der)

Kangmas-Nimas, Ujung Tombak Promosi Pariwisata Kota Batu

Fachries Fasadana dan Andika Sani Salwa dinobatkan sebagai Kangmas -Nimas Kota Batu 2022.

MALANGVOICE – Sebanyak 20 finalis bersaing pada ajang Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2022. Hasilnya pasangan Fachries Fasadana dan Andika Sani Salwa dinobatkan sebagai Duta Wisata Kangmas Nimas Kota Batu 2022.

Keduanya mewarisi tongkat estafet Kangmas Nimas Kota Batu yang sebelumnya diemban Surya Bagus Pambudi dan Oxa Feby Salsabilla pada 2020 lalu. Fachries Fasadana dan Andika Sani Salwa terpilih berdasarkan hasil penilaian dewan juri yang beranggotakan tujuh juri dari berbagai unsur.

Ketujuh Dewan Juri terdiri dari Ketua Penggerak PKK Kota Batu, Wibi Punjul Santoso, Founder Kali Watu Rafting, Mukhlas Rofiq, serta akademisi Universitas Brawijaya Edriana Pangestuti. Berikutnya budayawan, Didik Sumintarjo, owner Channel 3 Model Management, Catur Priyosambodo, Ketua Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batu, Wiji Astuti dan Kangmas Kota Batu 2010, Catur Adi Putra.

Tema yang diusung pada perhelatan Kangmas Nimas Kota Batu 2022 yakni ‘Ngeluri Budaya, Mbangun Pariwisata’. Kriteria penilaian meliputi kepribadian, wicara publik, penguasan materi tema dan kecakapan menanggapi pertanyaan dewan juri.

Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2022. (Mg1)

“Tentunya, dewan juri dari berbagai unsur ini memilih yang terbaik berdasarkan kapasitas dan kapabilitas finalis,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As Siddiq saat perhelatan Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2022 yang digelar pada Ahad malam kemarin (12/6).

Arief mengatakan, ajang kangmas-nimas ini sebagai rangka berkelanjutan menciptakan regenerasi, khususnya menjaga kestabilan pembangunan kepariwisataan. Apalagi, Kota Batu identik sebagai kota wisata.

Melalui event ini dipersiapkan kader-kader muda sebagai duta wisata. Sehingga harus disertai pula dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan komitmen sebagai landasan utama menginisiasi suatu inovasi memajukan kepariwisataan.

“Duta Wisata Kangmas-Nimas berperan sebagai mitra pemerintah dan pelaku industri mempromosikan pariwisata. Sehingga perlu kapasitas dan kapabilitas. Dibekali juga daya kreativitas dan inovasi,” tukas Arief.

Sebagai ujung tombak pengembangan kepariwisataan Kota Batu, kangmas-nimas terpilih diharapkan membawa angin segar bagi kemajuan Kota Batu. Salah satunya potensi pariwisata Kota Batu bisa bergaung hingga mancanegara, tak hanya di tingkat regional maupun nasional.

“Potensi pariwisata Kota Batu sangat luar biasa. Maka perlu pengoptimalan promosi pariwisata guna mendongkrak tingkat kunjungan,” ujar Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso membacakan sambutan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko yang tak bisa hadir langsung pada Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2022.

“Penyelenggaraan kangmas nimas diharapakan melahirkan duta wisata mempromosikan keunggulan Kota Batu. Event ini menjadi ruang generasi muda berkontribusi membangun pengembangan pariwisata, khususnya di Kota Batu,” lanjut dia.

Bagi Kota Batu, pariwisata menjadi motor penggerak roda perekonomian. Sehingga pasca pandemi ini, lanjut Punjul, semua lini harus bersatu padu memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Tak terkecuali kangmas-nimas bagian representasi generasi muda untuk turut mempromosikan pariwisata Kota Batu, baik tataran domestik maupun mancanegara.

“Inilah tujuan penyelenggaraan duta wisata sebagai upaya membangun dan mengembangkan SDM. Khususnya generasi muda dapat memahami keanekaragaman daya tarik wisata yang didukung pula ekonomi kreatif masyarakat,” pungkasnya.(der)

PJT I Optimistis Tahun 2022 Momen Pulihkan Pendapatan Sektor Pariwisata

Pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik yang ditawarkan destinasi wisata Bendungan Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang. (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Perusahaan Umum Jasa Tirta I (PJTI) optimistis tahun 2022 menjadi momen memulihkan pendapatan. Setelah dua tahun, yakni 2020 dan 2021 mengalami defisit imbas merosotnya kunjungan wisatawan ke Bendungan Selorejo.

Dirut PJT I, Raymond Valiant Ruritan mengatakan, merosotnya tingkat kunjungan seiring dengan pengetatan mobilitas masyarakat. Mengingat dua tahun terkahir, gelombang pandemi masih tinggi.

“Kerugian yang kami tanggung mencapai ratusan juta. Meski begitu tak ada satupun karyawan yang di-PHK,” ujar Raymond.

Menginjak tahun 2022, tingkat kunjungan mulai bergeliat. Seperti yang terjadi pada libur lebaran awal Mei lalu. Situasi ini pun disambut PJT I untuk bisa menutup kerugian ratusan juta.

“Kami optimis tahun ini bisa menutup kerugian. Targetnya jangan sampai rugi lagi. Apalagi pemerintah melonggarkan mobilitas masyarakat,” ujar dia.

Ia mengatakan, pada situasi normal, pengunjung yang berwisata ke Bendungan Selorejo bisa mencapai 5000-7000 pengunjung. Jumlah itu menyusut saat masa pandemi menjadi 3000-4000 pengunjung.

“Bersyukur tahun ini mulai dilonggarkan. Bagaimanapun, sektor pariwisata menjadi andalan utama penggerak perekonomian kawasan Malang Raya,” ujar dia.

Saat ini, tren pariwisata yang sedang digemari adalaj wisata berbasis alam. Dalam hal ini, Bendungan Selorejo adalah pilihan tepat. Tempat wisata tersebut menawarkan obyek wisata alam dengan pemandangan waduk atau danau yang dikelilingi oleh beberapa gunung diantaranya Gunung Kelud, Gunung Anjasmoro serta Gunung Kawi.

Di sana juga menjadi tempat favorit para pemancing. Selain alam, wisatawan juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti penginapan dan tempat kulineran khas yakni berbagai hasil waduk seperti ikan bakar dengan aneka sambal yang nikmat.

Pengunjung juga bisa memancing bersama keluarga dengan berkeliling danau dengan mengendarai perahu yang ada disana. Untuk jasa perahu, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp 20 ribu saja.

“Semangat kami di tahun ini memang adalah mengembalikan ruh wisata alam yang sejuk dan asri alami seperti disini,” pungkasnya.

Wisata Edukasi Dusun Brau, Penghasil Susu Terbesar di Wilayah Terpencil Kota Batu

Patung sapi di pintu masuk menuju Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Patung tersebut menjadi ikon Dusun Brau sebagai sentra penghasil susu terbesar di Kota Batu. (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Jumlah populasi sapi di Dusun Brau, Desa Gunungsari dua kali lipat dibandingkan jumlah penduduknya. Tak heran jika wilayah yang berada di kaki Gunung Banyak, Kota Batu ini merupakan sentra penghasil susu sapi perah.

Potensi susu sapi perah ini menjadi sandaran hidup masyarakat Dusun Brau yang berada di wilayah Kecamatan Bumiaji. Setiap harinya ribuan liter susu sapi dihasilkan. Susu sapi berkontribusi besar terhadap taraf perekonomian masyarakat Brau.

Ketua Koperasi Margo Makmur Mandiri Desa Gunungsari, Muhammad Munir mengatakan, sekitar 90 persen penduduk Dusun Brau beternak sapi perah. Populasi sapi perah hampir mencapai 800 ekor. Melimpahnya hasil ternak berupa susu menjadi berkah dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Brau.

“Dengan potensi hasil ternak ini, Dusun Brau dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi susu. Pemkot Batu melalui Disparta juga memberikan perhatian untuk memacu destinasi wisata berbasis potensi desa,” kata Munir.

Dusun ini terletak di wilayah terpencil yang berjarak 7,5 kilometer dari pusat Kota Batu. Panorama alamnya begitu memukau.

Topografinya berupa perbukitan, menawarkan keindahan alam yang menyatu dengan udara segar. Sehingga memberikan nilai lebih untuk menarik wisatawan.

Karena itu banyak pengunjung dari luar daerah yang berdatangan melihat proses pengolahan susu mulai dari hulu hingga hilir. Susu yang dihasilkan sebagian diversifikasi menjadi produk turunan. Seperti permen susu, stik susu, pia susu, keripik susu, labu susu, dan sebagainya.

Ia menambahkan, wisata edukasi susu Dusun Brau dibanderol dengan tarif Rp 25 ribu. Tarifnya memang relatif murah, namun pengunjung diberikan pengalaman dan pengetahuan yang belum pernah ditemui di tempat lain.

Wisatawan yang datang pun akan disuguhi segelas susu dan stik susu. Susu yang dihasilkan di Dusun Brau bisa dikatakan memiliki kualitas grade A. Sehingga pada 2020 lalu dilirik produsen cheddar dan mozarella yang berada di Bali.

“Biasanya rombongan yang kesini. Dari Surabaya, Jakarta, sekitar Malang Raya, Madura dan Kediri. Pengunjung berwisata sekaligus belajar cara mengolah susu,” kata dia.

Selain itu, kata Munir, pada 2021 lalu, diresmikan kandang komunal yang dibangun Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu. Kandang komunal itu untuk menampung ternak sapi warga agar lebih tersentral.

“Sebelumnya kan ditempatkan di kandang-kandang terpisah. Kini dikumpulkan jadi satu agar terpusat sebagai wisata edukasi. Sehingga ketika ada wisawatan bisa melihat langsung proses pemerahan hingga pengolahan,” urai Munir.(der)

Usaha Camilan di Kota Batu Makin ‘Renyah’ di Momen Lebaran

Masyarakat membanjiri toko kue untuk berburu aneka macam camilan untuk suguhan saat hari lebaran. (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Bisnis kue kering dan aneka camilan makin ‘renyah’ saat memasuki momen lebaran. Maklum saja, mayoritas masyarakat selalu berburu suguhan untuk merayakan hari kemenangan bersama sanak saudara.

Hiruk pikuk pembeli terlihat di Toko Kharisma, salah satu grosir kue kering di Kota Batu. Toko yang sudah ada sejak 2006 lalu, selalu dibanjiri pembeli, terutama saat mendekati lebaran.

Pengelola Toko Kharisma, Yuyun, mengaku penjualannya naik 180 persen dibandingkan hari-hari biasa. Menurutnya kenaikan harga kue lebaran imbas kebijakan PPN 11 persen, tak menyurutkan minat masyarakat berburu kue lebaran.

“Penjualannya mulai dirasa naik sejak H-10 lebaran. Terus tambah ramai ketika mendekati lebaran,” ujar perempuan asal Sumatera itu.

Berkaca pada tahun-tahun sebelum wabah melanda, biasanya pembelian terus meningkat hingga H+7 lebaran. Namun situasi berbeda dirasakan pada lebaran 2020 dan 2021 lalu. Bisnis kue pada momen lebaran di tahun tersebut mengalami kelesuan.

“Sekarang meningkat drastis dibandingkan dua kali lebaran tahun lalu. Permintaan parsel juga meningkat,” ucap Yuyun.

Pembelinya, rata-rata juga adalah warga Kota Batu sendiri. Masyarakat lebih memilih membeli kue lebaran karena lebih praktis tanpa perlu repot-repot mengolah bahan.

Mereka ramai-ramai membeli beragam makanan camilan untuk disajikan di meja tamu menyambut tamu-tamu yang datang. Seperti diakui Sania Sayyida saat berbelanja berburu kue lebaran bersama ibunya.

Perempuan 22 tahun itu antusias menyambut lebaran tahun ini karena sudah tidak ada lagi pembatasan mobilitas. Sejumlah saudara, teman dan ponakannya rencana akan berkunjung pada lebaran nanti.

“Senang sekali Idul Fitri tahun ini karena sudah bisa bersilaturahmi. Ini mumpung ada waktu luang, saya ngajak ibu belanja kue-kue buat di rumah nanti,” ungkapnya.(der)

Rekomendasi 5 Kampung Tematik yang Menarik di Kota Malang

Kampung Warna-warni Jodipan Malang (Foto Gilatripgoodnewsfromindonesia.id)
Kampung Warna-warni Jodipan Malang (Foto Gilatripgoodnewsfromindonesia.id)

MALANGVOICE – Kota Malang selalu menjadi tujuan destinasi wisata para pelancong saat ingin berlibur. Cukup banyaknya tempat wisata yang menarik perhatian pastinya akan mempersulit wisatawan untuk memilih destinasi yang tempat untuk dikunjungi.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, ada lima rekomendasi destinasi kampung tematik yang bisa dikunjungi para wisatawan saat ada di Kota pendidikan ini.

1. Kampoeng Heritage Kajoetangan

Kampoeng Heritage Kajoetangan terletak di Jalan Arif Rahman Hakim. Disana pengunjung dapat melihat bangun-bangunan kuno peninggalan zaman kolonial Belanda.

Di kampung Kayutangan ini pengunjung bisa mengunjungi 23 spot rumah bernuansa heritage. Tentu, sebagian besar bangunan masih memiliki desain arsitektur aslinya.

“Kampung Kayutangan Heritage yang melestarikan bangunan-bangunan kuno,” ujar Ida.

2. Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi

Kampung Warna warni dan Kampung Tridi ini letaknya berseberangan berada di Kelurahan Jodipan. Dua kampung yang dibatasi oleh sungai berantas ini memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan namanya.

Di kampung warna-warni ada sekitar 107 rumah yang di cat dengan 17 warna yang beragam. Sehingga memunculkan kesan bersahabat serta menarik menjadi spot untuk berswafoto.

“Sedangkan di Kampung Tridi, pengunjung bisa menikmati indahnya gambar-gambar tiga dimensi yang juga Instagramable,” kata dia.

3. Kampung Glintung Water Street (GWS)

Kampung Glintung Water Street (GWS) merupakan wisata buatan pengembangan kawasan kampung urban farming dengan sistem Aquaponik.

Bertempat di RW 05, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, wisatawan juga bisa belajar terkait pengolahan sampah, pertanian, perikanan dan lainnya.

Menariknya, metode aquaponik yang dijalankan dengan alternatif menanam tanaman pangan dan memelihara ikan dalam satu wadah.

Disana wisatawan bisa menemukan beragam sayur dan beragam inovasi olahan dari hasil urban farming dengan sistem Aquaponik itu.

“Kampung Glintung Water Street merupakan Kampung Tangguh dengan budidaya ikan dan tanaman yang cocok untuk berwisata edukasi bersama keluarga,” tuturnya.

4. Kampung Budaya Polowijen

Di kampung Budaya Polowijen menampilkan beragam sentra industri kreatif seperti kerajinan topeng dan gerabah, kemudian seni pahat dan lain sebagainya.

Disini pengunjung yang datang cocok untuk belajar tentang sejarah dan seni di Kota Malang,” ucap Ida.

Pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah kesenian seperti tari Topeng Malangan. Pengunjung juga bisa belajar membatik, serta kerajinan gerabah dan pahat jika tertarik.

5. Kampung Gribig

Kampung dengan kompleks makam Ki Ageng Gribig letaknya berada di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang. Lokasinya berdekatan dengan exit tol Madyopuro.

Disini, pengunjung yang datang bisa belajar tentang sejarah pemimpin di Malang terdahulu. Seperti terdapat makam Bupati Malang pertama Raden Tumenggung Notodiningrat I yang menjabat pada 1819 sampai 1839.

Kemudian Bupati Malang II Raden Ario Adipati Notodiningrat II dan Bupati Malang III Raden Ario Tumenggung Notodiningrat III juga dimakamkan di sini. Termasuk para kerabat para bupati lainnya juga dimakamkan di sini.

“Kampung Gribig merupakan kampung sejarah dan makam-makam Ki Ageng Gribik sebagai cikal bakal Kota Malang dan para Bupati Malang,” tandasnya.(der)

3 Makanan Murah di Kota Malang yang Jarang Diketahui Pelancong

Sego Penjara yang siap disantap, (MG2).

MALANGVOICE – Kota Malang selain terkenal tempat wisatanya, kota tempat kelahiran klub sepakbola Arema ini juga dikenal sebagai surganya kuliner.

Beragam sajian makanan dengan rasa yang lezat dan harga terjangkau membuat wisatawan atau pelancong yang datang ke Kota Malang ketagihan.

Namun, tak sedikit juga ada beberapa makanan dengan harga terjangkau banyak diketahui warga Kota Malang tapi asing ditelinga para pelancong.

Berikut 3 bocoran tempat makan murah yang bisa ditemukan di Kota Malang tapi jarang diketahui warga luar kota atau pelancong.

1. Sego Penjara (Cukam)

Sego Penjara atau yang juga dikenal dengan warung Mami Cukam ini berada di Jalan Puntodewo 1A, Polrehan, Kota Malang.

Sego Penjara adalah kuliner nasi campur sederhana. Berisikan nasi putih, mie, tahu, sayur kacang panjang, sambal dan kuah kari. Dengan komponen itu nasi campur penjara dibandrol dengan harga Rp3 ribu.

Selain nasi campur, disediakan juga beragam lauk dari jerohan sapi mulai dari, babat, usus, paru, rempelo ati hingga kikil. Ada juga lauk lain seperti, ayam goreng, ikan tongkol, krengsengan, bandeng dan telor.

Warung Mami Cukam yang buka pukul 17.30 sampai 04.00 pagi, selalu ramai didatangi pembeli karena kelezatan dan harganya yang murah.

2. Sego Goreng Resek

Sego Goreng Resek bisa ada temukan di Jalan Brigjen Katamso, Kota Malang pada pukul 17.30 hingga 22.00 malam.

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini menyediakan nasi goreng seperti pada umumnya. Tapi yang menjadi daya tarik adalah banyaknya pilihan lauk dan metode memasaknya masih menggunakan arang.

Untuk rasa yang dimiliki tidak perlu dipertanyakan lagi. Tentunya didukung dengan harga yang bersahabat dengan kantong akan membuat anda bahagia.

Sego goreng Resek biasa dibandrol seharga Rp10 ribu dan harganya akan meningkat sesuai lauk yang anda pilih.

3. Orem-orem Abah Syahri

Warung orem-orem Abah Syahri di pinggir Jalan Gatot Subroto, Kota Malang, ini juga patut dicoba warga Kota Malang atau Pelancong yang berkunjung ke Kota Bunga ini.

Cukup dengan merogoh kocek Rp8 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati sedapnya orem-orem. Disana juga disediakan beragam lauk, seperti ayam pedas, perkedel, ceker pedas, dan tempe mendol.

Warung orem-orem Abah Syahri ini buka mulai Jam 09.00 sampai 15.30 sore.(der)

5 Tempat Kuliner Rekomended saat Libur Lebaran ke Kota Batu

Hill House Kota Batu menawarkan sensasi ala Seminyak Bali. (istimewa/Malangvoice)

MALANGVOICE – Hawa sejuk menjadi salah satu alasan wisatawan memilih menghabiskan waktu berlibur di Kota Batu, tak terkecuali saat libur lebaran.

Dinginnya udara Kota Batu pastinya juga bikin selera makan makin menggebu. Berikut 5 tempat kuliner yang rekomended.

Kelima tempat ini di antara banyaknya destinasi wisata yang begitu mudah ditemui di Kota Batu dan tidak menguras kantong tentunya.

Kelima tempat kuliner yang bisa jadi rekomendasi saat momen libur lebaran di Kota Batu, antara lain:

1. Warung Sidik
Warung Sidik terletak di Jalan KH Agus Salim, Kelurahan Temas, Kota Batu. Warung legendaris dengan menu Jawa Timuran ini tak pernah sepi pengunjung terutama saat jam makan siang.

Nasi rawon menjadi menu favorit yang selalu diburu para pengunjung lantaran rasanya yang gurih ditambah pula tekstur dagingnya yang lembut nan legit.

Selain rawon, menu lainnya yang disediakan di sini antara lain soto ayam, sop buntut, soto kikil, nasi campur, krengsengan, lodeh dan banyak lagi.

Harga menu makanan yang disajikan relatif ramah di kantong berkisar Rp25 ribu-Rp35 ribu. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.30 WIB.

2. Lesehan Warung Bamboe Sidomulyo
Suasana tenang dan asri terasa saat menginjak kaki di Lesehan Warung Bamboe Sidomulyo. Gemericik air dan kolam dipenuhi ikan koi menjadi wahana pelepas kejenuhan.

Pengunjung bisa bermain dan memberi makan ikan-ikan koi sembari menunggu pesanan tiba. Warung ini segmentasinya memang untuk rombongan wisatawan keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Raya Selecta, Desa Sidomulyo, Kota Batu. Tempatnya cukup luas untuk bersantap menikmati hidangan. Tak sulit menemukan warung ini karena berada di jalur menuju Taman Rekreasi Selecta.

Beragam varian menu yang disajikan mayoritas olahan ikan, mulai gurami, nila, lele patin, dorang, kakap, kerapu.

Adapun menu andalannya gurami bakar dan cah kangkung serta minuman favorit jus sirsak pelangi.

3. Sitangsu Cafe Hotel Purnama
Lokasinya berdekatan dengan Lesehan Warung Bamboe Sidomulyo. Sitangsu Cafe salah satu bisnis kuliner yang dikembangkan Hotel Purnama.

Meski hidangannya setara hotel berbintang, harga yang dipatok sejajar dengan kaki lima sehingga tak perlu ragu datang ke sini.

Bagi pemburu menu Nusantara, Sitangsu Cafe dapat dipilih sebagai tempat yang cocok. Menu favoritnya ayam betutu.

Selain itu terdapat menu lainnya seperti ayam taliwang, nasi jinggo hingga sate lilit dengan harga berkisar Rp15 ribu-Rp35 ribu.

Tempatnya pun cukup asri dengan memanfaatkan area taman yang berada di depan hotel. Konsep outdoor dipilih untuk memanjakan pengunjung dengan panorama alam yang indah khas Kota Batu.

4. Pos Ketan Legenda
Kuliner olahan ketan ini sudah ada sejak tahun 1967. Lokasinya berada di dekat Alun-alun Kota Batu. Kedainya terbilang kecil, namun banyak pelancong yang rela antre untuk menikmati hidangan ketan yang legit.

Pos Ketan Legenda memiliki cukup banyak olahan ketan. Ada ketan bubuk orisinal, ketan cokelat, hingga ketan dengan durian yang rasanya sangat nikmat. Lebih nikmat rasanya, menyantap ketan dengan ditemani suguhan susu segar hangat.

Jam operasionalnya cukup panjang mulai pukul 10.00-02.00. Harga per porsi ketan bervariasi antara Rp10 ribu hingga Rp 15 ribu menyesuaikan toping yang dipesan.

5. Hill House
Restoran yang satu ini mengawinkan konsep eatery view. Memberikan pengalaman menikmati kuliner dengan menawarkan pemandangan alam yang elok.

Mengusung konsep alam yang kental, Hill House Batu memiliki model bangunan yang sangat alami seperti Seminyak di Bali namun bernuansa pegunungan.

Pengunjung dimanjakan dengan landscape pemandangan alam yang eksotis sembari menyantap berbagai pilihan menu-menu kuliner yang disuguhkan.

Bangunan restoran didesain dengan menonjolkan aksen alam yang memadukan tone warna-warna natural dan material alami. Selaras dan menyatu dengan suasana alam yang mengelilingi bangunan Hill House.

Hill House menyuguhkan cita rasa Nusantara yang kaya rempah antara lain nasi iga bakar balado, nasi goreng lombok ijo, nasi goreng kampung, nasi goreng bebek.(end)

Ini 4 Taman yang Bisa Jadi Referensi Tempat Bersantai di Kota Malang

Petugas DLH Kota Malang membersihkan taman, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Taman biasanya menjadi tempat yang tepat untuk bersantai sejenak dan melepaskan penat dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Tentu dengan rindangnya pepohonan di taman-taman akan menambah sensasi alam yang sejuk.

Bagi masyarakat yang tinggal atau baru datang di Kota Malang, Mvoice akan memberikan beberapa rekomendasi taman yang bisa dikunjungi saat ingin bersantai sejenak.

Taman Kunang-Kunang, (Bagus/Mvoice).

1. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang terletak di sepanjang Jalan Jakarta dan Simpang Ijen, Kota Malang. Lokasi taman yang strategis dekat dengan kampus dan mal membuat taman tesebut sering digunakan driver Ojek Online (Ojol) atau mahasiswa untuk bersantai.

Taman Slamet, (Bagus/Mvoice).

2. Taman Slamet

Sesuai dengan namanya Taman ini terletak di Jalan Slamet, Kota Malang. Berada di tengah-tengah pemukiman, membuat taman ini cocok menjadi rekomendasi untuk seseorang yang sedang mencari keheningan.

Selain itu, beberapa fasilitas kebugaran juga tersedia dan bis digunakan masyarakat umum untuk berolahraga.

Taman Trunojoyo, (Bagus/Mvoice).

3. Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo terletak didepan stasiun Kota Baru. Taman ini memiliki luas area yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa taman lain. Tapi taman ini sering didatangi orang tua untuk menemani anaknya bermain di Playground yang tersedia.

Taman Singha Merjosari, (Bagus/Mvoice).

4. Taman Singha Merjosari

Taman yang dibangun pada tahun 2013, bertempat di Jalan Mertojoyo Selatan, Merjosari, Kota Malang ini merupakan tempat yang asik untuk bersantai, bermain maupun berolahraga.

Sebab, taman seluas 29.012 meter persegi ini memiliki beragam fasilitas penunjang seperti, Sky Bike, Alat Kebugaran, Playground, Jogging Track, Foot Therapy, Gazebo dan Skatepark.(der)