Ini 4 Taman yang Bisa Jadi Referensi Tempat Bersantai di Kota Malang

Petugas DLH Kota Malang membersihkan taman, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Taman biasanya menjadi tempat yang tepat untuk bersantai sejenak dan melepaskan penat dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Tentu dengan rindangnya pepohonan di taman-taman akan menambah sensasi alam yang sejuk.

Bagi masyarakat yang tinggal atau baru datang di Kota Malang, Mvoice akan memberikan beberapa rekomendasi taman yang bisa dikunjungi saat ingin bersantai sejenak.

Taman Kunang-Kunang, (Bagus/Mvoice).

1. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang terletak di sepanjang Jalan Jakarta dan Simpang Ijen, Kota Malang. Lokasi taman yang strategis dekat dengan kampus dan mal membuat taman tesebut sering digunakan driver Ojek Online (Ojol) atau mahasiswa untuk bersantai.

Taman Slamet, (Bagus/Mvoice).

2. Taman Slamet

Sesuai dengan namanya Taman ini terletak di Jalan Slamet, Kota Malang. Berada di tengah-tengah pemukiman, membuat taman ini cocok menjadi rekomendasi untuk seseorang yang sedang mencari keheningan.

Selain itu, beberapa fasilitas kebugaran juga tersedia dan bis digunakan masyarakat umum untuk berolahraga.

Taman Trunojoyo, (Bagus/Mvoice).

3. Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo terletak didepan stasiun Kota Baru. Taman ini memiliki luas area yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa taman lain. Tapi taman ini sering didatangi orang tua untuk menemani anaknya bermain di Playground yang tersedia.

Taman Singha Merjosari, (Bagus/Mvoice).

4. Taman Singha Merjosari

Taman yang dibangun pada tahun 2013, bertempat di Jalan Mertojoyo Selatan, Merjosari, Kota Malang ini merupakan tempat yang asik untuk bersantai, bermain maupun berolahraga.

Sebab, taman seluas 29.012 meter persegi ini memiliki beragam fasilitas penunjang seperti, Sky Bike, Alat Kebugaran, Playground, Jogging Track, Foot Therapy, Gazebo dan Skatepark.(der)

Kudapan Ladu, Simbol Perekat Persaudaran Kala Hari Raya

Kudapan ladu begitu mudah ditemui di Desa Gunungsari saat lebaran tiba. Olahan berbahan beras ketan ini memiliki tekstur renyah dengan rasanya yang manis. (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Kudapan ladu melekat kental bagi masyarakat Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Suguhan yang dibuat dari beras ketan ini kerap menghiasi meja-meja ruang tamu saat lebaran tiba.

Sepintas tampilan ladu menyerupai kerupuk amplang yang menggelembung. Teksturnya renyah hanya saja ladu memiliki rasa manis. Maklum saja adonan ketan dicampur gula lalu diuleni hingga kalis.

Warga Desa Gunungsari, Ratih Rohali menuturkan, dulunya hampir sebagian besar masyarakat di lingkungannya memproduksi ladu. Pembuatannya diajarkan sejak turun temurun dan identik sebagai suguhan bersama keluarga saat hari raya.

“Jajanan ini sudah ada sejak dulu. Sudah semacam tradisi, kalau lebaran selalu ada suguhan ladu di tiap-tiap rumah,” tutur perempuan 36 tahun itu.

Makin lama, pembuat ladu di Desa Gunungsari kian jarang ditemui. Lamanya proses pembuatan yang serba manual menjadi alasan yang menyurutkan minat generasi saat ini.

Meski begitu, Ratih bersama suaminya tetap bertahan melestarikan pembuatan jajanan yang diturunkan turun temurun. Keterampilannya membuat ladu diperoleh dari generasi pendahulu. Olahan ladu tersebut menjadi sumber pendapatan keluarganya.

Sehari-hari, sambung Ratih, bisa memproduksi ladu hingga 50 kilogram atau 200 bungkus ladu jika pesanan ramai. Produk ladu bikinannya kebanyakan menyebar di seputaran Malang Raya, Sidoarjo hingga Jombang.

Ketika membuat ladu, Ratih dan suaminya dibantu enam orang tetangganya. Proses yang panjang inilah, butuh tenaga ekstra dalam pembuatan ladu. Paling tidak butuh waktu empat hari membuat ladu hingga siap dihidangkan.

“Bahannya harus beras ketan terbaik agar adonannya lentur. Asal jangan sampai putus, karena nggak bakal mengembang pas matang,” tutur Ratih.

Prosesnya, beras ketan direndam dalam air selama sehari semalam. Setelah itu, dikeringkan dan digiling hingga menjadi tepung. Tahap berikutnya, tepung ditanak hingga matang dan ditumbuk di lumpang sampai halus. Sekaligus dicampur gula yang juga dimasak. Adonan itu kemudian tinggal dipipihkan, dipotong berukuran kecil lalu dijemur sampai kering selama sehari.

“Kalau sudah dijemur, harus didiamkan dulu. Setelah itu bisa masukkan dalam oven. Bisa disimpan tahan enam bulan sejak dibuat. Asal disimpan di wadah kedap udara agar tetap renyah,” ujar dia.

Konon, penamaan ladu berasal dari akronim langgeng seduluran. Langgeng seduluran berasal dari bahasa Jawa yang memiliki makna langgeng (awet) jalinan persaudaraan. Simbol itu tercermin dari proses pembuatan yang dikerjakan gotong royong. Serta suguhan itu disajikan saat momen menyambung silaturahmi pada momen lebaran.(der)

Manisnya Bisnis Es Tebu di Bulan Ramadan

Es tebu. (Istockphoto.com)

*Oleh: Naim, M. Pd

Apakah kalian pernah minum air tebu? es tebu? atau makanan dan minuman yang berbahan dasar tebu lainya? ya, saya yakin kalian pernah mencobanya baik itu yang dihidangkan oleh pedagang kaki lima di tepi sawah yang menyejukkan mata, kafe bernuansa klasik, restoran, atau bahkan hotel berbintang sekalipun, minuman yang berbahan dasar tebu ini terasa sangat menggiurkan dan menyegarkan saat kita minum, terlebih kita konsumsi pada saat berbuka puasa, heeemmmmm rasanya sangat luar biasa nikmatnya, terasa membuat tubuh ini kembali bertenaga, segar dan siap melakukan aktivitas yang lain setelah melaksanakan ibadah puasa.

Minuman berbahan dasar tebu ini sangat mudah kita temui baik di kota-kota besar maupun kecil, sebut saja kota Malang, Surabaya, Pontianak, Kuburaya, Jogjakarta atau bahkan Jakarta, pengalaman pribadi, setiap datang ke suatu kota, maka saya lebih senang membeli minuman es tebu yang dijual oleh pedagang kaki lima, alasanya selain karena harganya yang ramah di kantong, juga dapat membantu perputaran perekonomian mereka (pedagang kaki lima) dengan cara membelinya, juga merekomendasikan kepada teman-teman yang kebetulan lewat di wilayah tersebut untuk melakukan hal serupa.

Mengenai harga minuman dengan bahan dasar tebu ini juga sangat bervariatif (tergantung wilayahnya), ada yang menjual dengan harga Rp. 2.000, 5.000, 6.000 bahkan ada juga yang dijual dengan harga 20.000 setiap gelasnya. Untuk bahan baku minuman tebu saat ini juga tidak terlalu sulit, selain karena tebu itu mudah tumbuh subur juga sudah banyak masyarakat yang membudidayakannya, misalnya di wilayah Kabupaten Malang, harga tebu berada di kisaran sebesar Rp. 1.500/kg nya, biasanya para pedagang minuman berbahan tebu ini minimal membeli 1 kwital/100 kg tebu untuk berjualan selama 1 minggu. Jika dihitung secara rinci maka 1 kwintal/100 kg tebu bisa menghasilkan 268 gelas air tebu murni, 268 gelas jika dikalikan dengan harga jual rata-rata Rp. 5.000/gelas maka akan memperoleh omzet sebesar Rp. 1.340.000 setiap minggunya dan jika dikali 4 minggu (1 bulan) maka pedagang tersebut mampu memperoleh omzet sebesar Rp. 5.360.000, Omzet yang cukup manis bukan?

Selain prospek bisnis yang manis, ternyata minuman berbahan tebu ini juga banyak mengandung kelebihan-kelebihan bagi tubuh kita, dan kelebihan ini yang tidak banyak diketahui oleh kebanyakan orang, sehingga masih banyak masyarakat menganggap minuman berbahan tebu ini sebagai minuman biasa dan hanya dikonsumsi di saat waktu tertentu saja. Untuk mengetahui apasaja kelebihan-kelebihan dari minuman berbahan tebu tersebut maka penulis merinci sebagai berikut; (1) dapat mengontrol kadar gula darah, (2) detoks racun yang berada dalam tubuh, (3) membantu melawan kanker, (4) mengatasi bau mulut, (5) meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, (6) mencegah kerusakan sel darah, (7) menurunkan berat badan, (8) meredakan demam, (9) melancarkan pencernaan, (10) menambah stamina, (11) meredakan sakit tenggorokan, (12) mengobati luka, (13) menjaga kesehatan ginjal, (14) menjaga kesehatan dan kecantikan rambut, (15) menjaga keseimbangan pH tubuh, (16) baik untuk ibu hamil, (17) mengelola stres dan atasi imsomnia, (18) menjaga stabilitas tekanan darah, (19) meningkatkan sistem kekebalan tubuh, (20) menjaga kesehatan liver atau hati, (21) mengobati jerawat, (22) dan yang paling penting adalah dapat mencegah penuaan dini dan awet muda.

Dengan pemaparan sekilas tentang manisnya prospek bisnis minuman berbahan tebu di atas, maka bisa dipastikan bisnis ini sangat menguntungkan, sangat cocok dengan prinsip orang ekonomi yaitu “mengeluarkan modal sekecil-kecilnya dan meraup laba sebesar-besarnya”. Untuk memperoleh laba yang besar tentu kita (sebagai pelaku usaha) harus melihat aspek-aspek bisnis yang harus kita pahami dan harus kita jalani secara ketat diantaranya yaitu;
Pertama, aspek manajemen, para pelaku (pedagang minuman tebu) harus memahami ilmu manajemen dasar seperti kesiapan SDM/skill yang dimiliki, sehingga denan skill yang dimiliki mampu membuat ramuan minuman yang pas sesuai dengan selera konsumen.

Kedua, aspek pasar. para pelaku (pedagang minuman tebu) harus mampu membaca situasi pasar, minuman tebu yang seperti apa yang mereka inginkan, jangan membuat produk yang sama (produk yang dijual oleh orang lain) agar produk kita dilirik dan diminati oleh konsumen.

Ketiga, layout/letak usaha (lokasi berjualan), layout/letak usaha tentu jangan sampai diremehkan, carilah lokasi yang memang strategis dan banyak dilalui oleh kebanyakan orang sehingga pelaku usaha tidak perlu repot-repot untuk keliling saat berjualan.

Keempat, aspek keuangan, aturlah perputaran keuangan dengan bijak, pisahkan antara uang usaha dengan uang pribadi, karena jika hal tersebut tidak di atur maka yakinlah modal usaha akan selalu jebol (uang usaha akan terpakai) yang tentusaja menyebabkan modal usaha habis dan usaha pun mangkrak.

Kelima, aspek lingkungan, untuk menghindari lingkungan usaha yan kumuh, maka siapkan kantong yang cukup untuk menampung limbah (sampah tebu pasca penggilingan), karena pembeli sangat menyukai tempat usaha yang bersih dan higienis, selain baik untuk mata memandang, aroma di sekitar usaha juga baik bagi produk yang dijualnya.

*Naim, M. Pd
Profesi: Dosen Pend. Ekonomi Unikama

Organisasi:
1) sekretaris IARMI DPKota Malang.
2) sekretaris YPKM Malang.
3) Relawan PMI kabupaten Malang

Waterboom Lengkapi Wahana Taman Rekreasi Sengkaling yang Melegenda

Waterboom melengkapi sarana Taman Rekreasi Sengkaling. (Sapteng/Mvoice)

MALANGVOICE – Taman Rekreasi Sengkaling yang melegenda kini dilengkapi wahana modern, waterboom.

Selain waterboom, menyambut liburan lebaran tahun ini, Taman Rekreasi Sengkaling yang disebut sebagai TRS UMM ini juga menambah wahana Taman Kelinci dan Kapal Pesiar IPTEK.

Inovasi baru yang dilakukan TRS UMM ini melengkapi wahana klasik yang sampai sekarang tetap dipertahankan.

“Ditengah persaingan wisata yang semakin ketat, TRS UMM harus melakukan berbagai terobosan secara maksimal,” ujar General Manager, Dr .Ach Mohyi,MM.

Seperti diketahui, waterboom TRS UMM ini menyuguhkan 4 permainan air yang seru yang memacu andrenalin antara lain, water slide, recing slide, family slide dan raft slide.

Empat lifeguard pun selalu stanby di sekitar wahana waterboom, agar pengunjung merasa lebih aman dan nyaman.

“Petugas tidak akan meninggalkan area demi memastikan keamanan dan keselamatan pengunjung,” tambah Mohyi.

Menurutnya, tidak hanya waterboom, masing – masing area wahana ada satu atau dua orang yang berjaganya.

Sementara, Taman Kelinci TRS UMM sangat menarik untuk dijadikan spot foto.

Taman Kelinci yang berupa hamparan rerumputan hijau yang menjadi habitat kelinci-kelinci giant ini dilengkapi rumah dan hotel kelinci dan patung kurcaci yang menarik untuk sebuah habitat binatang.

Tak kalah menariknya Wahana Kapal Pesiar yang berupa hall berbentuk kapal pesiar ditengah danau.

Selain kolam renang di dalam kapal juga dilengkapi IPTEK dengan alatbperaga dan ilmunpengetahuan untuk pembelajaran bidang konservasi energy, konservasi eco enzyme, konservasi air serra pembelajaran lingkungan hidup.

“Sebagai salah satu wisata milik lembaga pendidikan, konsentrasi TRS UMM lebih ke ilmu pengetahuan atau pendidikan,” terangnya.

Nantinya TRS UMM akan menjadi salah satu pusat eduoark Jatim dengan lahan tang dimilikinya seluas 12 Ha dan 63 Ha disekutar kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Untuk menikmati wisata yang mengandung pendidikan dari berbagai wahana dan permainan klasik, pengunjung tidak perlu merogoh kocek cukup dalam.  

Dibanding destinasj wisata yang lain, harga tiket yang ditawarkan sangat rendah dan terjangkau, atau hanya Rp 30 ribu dan tiket terusan Rp 65 ribu.

TRS UMM merupakan salah satu dari 20 tempat wisata di Indonesia yang diperbolehkan operasional saat libur lebaran yang panjang tahun ini.

Meninggung target pengunjung saat liburan lebaran, Mohyi hanya menargetkan 10 ribu pengunjung dari daya tampungnya sekitar 25 ribu pengunjung.(end)

Sambut Liburan, Ini List Vila Murah di Bali Mulai Rp300 Ribuan

Vila Jepun Bali. (Traveloka)

MALANGVOICE – Berwisata ke Bali adalah salah satu hal yang paling menjadi tujuan utama kebanyakan masyarakat di Indonesia, atau bahkan wisatawan dari luar negeri.

Bali memiliki keindahan alam dan budaya yang sangat lengkap. Tentu saja, selain berbagai macam destinasi wisata yang ditawarkan, akomodasi di Bali juga lengkap. Penginapannya banyak dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai dengan jutaan. Kali ini akan diberikan 6 rekomendasi villa murah di Bali dengan harga di bawah Rp300 ribuan.

Royal Villa Jepun
Royal Villa Jepun atau yang sebelumnya memiliki nama Sunny Blow Villa Jepun merupakan tempat menginap yang memadukan konsep bangunan modern dengan Bali Tradisional. Lokasinya sendiri cukup asri dengan dikelilingi oleh pepohonan. Ada 4 tipe kamar yang bisa dipilih, yakni Standard Room, Deluxe Room, Deluxe with Balcony, dan satu lagi 1 Bedroom Villa.

Fasilitas yang ditawarkan banyak, ada kolam renang, coctail bar, front desk yang tersedia 24 jam, doctor on call 24 jam, dan juga spa. Bagi Anda yang ingin dijemput menggunakan limosin, ada juga. Alamatnya berada di Jl. Raya Sanggingan No. 21, Ubud, Bali. Harganya, dipatok mulai dari Rp 173 ribuan per malamnya saat weekdays.

Budhi Ayu Villas Ubud
Masih di Ubud, ada Budhi Ayu Villas yang juga menawarkan kenyamanan untuk para pengunjungnya. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Nyuh Kuning, Ubud.

Konsep yang diusung villa ini adalah perpaduan antara modern dan natural yang memanfaatkan kayu sebagai furniture dan ornamennya. Karena itulah, jika Anda melakukan staycation di Bali tempat ini sangat nyaman dan menyatu dengan alam.

Ada tiga pilihan kamar yang bisa dipesan, yakni Budhi Ayu Villa 2 Bedroom, 3 Bedroom, dan Deluxe Room. Fasilitasnya juga beragam, ada kolam renang, ruang tamu, sampai dengan dapur. Jika tertarik menginap di sini, tarif per malamnya mulai dari Rp 245 ribuan.

Villa Mandi
Sementara jika Anda lebih suka dengan pemandangan areal persawahan, Villa Mandi masuk ke dalam rekomendasi. Suasanan sangat asri berada di areal persawahan, jadi saat padi menghijau atau menguning, membuat pikiran makin tentram. Tentu saja, Anda juga bisa melihat para petani beraktivitas di ladangnya, sangat menenangkan jauh dari hiruk pikuk kota.

Lokasinya berada di Jl. Raya Katik Lantang, Desa Singakerta, Ubud. Berbagai fasilitas yang disediakan pun juga memanjakan. Ada kolam renang indoor, spa, rental sepeda motor, sampai bisa juga melakukan berbagai aktivitas menantang.
Dengan banyaknya fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan, per malamnya dipatok mulai dari Rp 214 ribuan untuk tipe Joglo Villa sudah dengan sarapan. Harganya bisa lebih murah lagi jika sedang ada promosi.

Tropical Suite Villa
Villa ini memiliki area belakang yang super nyaman, ada kolam renang outdoor yang dikelilingi oleh tanaman hijau Jadi, saat berenang atau sekadar main air akan asri dan rileks. Villanya sendiri memang tidak terlalu besar, namun cukup untuk liburan yang menyenangkan. Selain kolam renang, ada juga fasilitas lain seperti dapur yang bisa digunakan.

Alamatnya berada di Jl. Pura Wates Canggu No.12, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung. Harga per malamnya, mulai dari Rp 200 ribuan. Jadi cukup hemat meski ada di sekitaran Canggu.

Yana Villas Kemenuh by Pramana
Ada dua tipe kamar yang bisa dipesan di villa ini, yakni Deluxe Double dan Joglo Double. Tempat ini memiliki kolam renang yang bersih dengan pancuran yang terus menerus mengalir. Menyenangkannya lagi, kolam renang ini dikelilingi oleh tanaman hijau yang membuatnya semakin asri dan menyejukkan.

Selain kolam, banyak juga fasilitas lainnya yang memudahkan. Ada restoran, wifi gratis, dan lainnya. Yana Villas Kemenuh by Pramana ini berada di Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Gianyar. Harga menginap per malamnya, mulai dari Rp265 ribuan.

Wikarmas Villa Sanur
Wikarmas Villa Sanur dekat dengan banyak pantai, mulai dari Pantai Segara, Pantai Karang, Pantai Sanur, Pantai Sindhu, dan Pantai Semawang. Bagi Anda yang ingin pantai yang tidak terlalu jauh, bisa pilih Pantai Karang atau Pantai Segara yang memiliki jarak kurang dari 1 kilometer. Selain pantai, banyak juga daya tarik wisata lainnya yang bisa dinikmati.

Villanya cukup nyaman dengan berbagai fasilitas, ada sepeda gratis, kolam renang outdoor, jaringan wifi, sampai dengan lounge yang digunakan bersama. Anda juga diperbolehkan untuk memanfaatkan hot tub.

Alamatnya, berada di Jl. Pungutan No. 52, Sanur, Bali. Bagi yang tertarik menginap, tarif per malamnya dipatok mulai dari Rp 125 ribu.

Itulah rekomendasi villa dengan harga di bawah Rp300 ribuan di Bali, Anda bisa puas staycation atau liburan di berbagai wisata di Pulau Dewata. Supaya liburan makin menyenangkan, manfaatkan Program Staycation Hemat atau STAYMAT dari Traveloka setiap hari Jumat. Anda bisa dapatkan flash sale staycation sampai dengan 50%!

Bondesa, Destinasi Wisata Andalan Pemdes Tulungrejo

Kebon Desa (Bon Desa) menjadi destinasi andalan Pemdes Tulungrejo untuk menarik minat wisatawan. Bon Desa menyuguhkan panorama alam yang indah berpadu dengan udara yang sejuk. (Pemdes Tulungrejo/Malangvoice)

MALANGVOICE – Kemunculan desa wisata diharapkan mampu mengungkit pertumbuhan ekonomi yang berdampak bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Berbagai ikon wisata berbasis potensi desa terus digali sebagai suguhan menarik animo kunjungan wisatawan.

Pesona alam memukau dan sejuknya udara khas pedesaan menjadi nilai lebih yang dimiliki Kota Batu. Suasana itu sangat terasa di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Sejak 2020 lalu, Pemdes Tulungrejo mengembangkan desa wisata.

Kades Tulungrejo, Suliyono menuturkan wisata Kebon Desa (Bon Desa) menjadi tumpuan utama dalam mengembangkan desa wisata. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 500 juta bersumber dari dana desa 2020. Kemudian pada 2021 lalu kembali dikucurkan sebesar Rp 1,5 miliar. Rencananya tahun ini akan disediakan Rp 1 miliar agar semakin menawan sehingga bisa menarik minat wisatawan.

“Kami akan memaksimalkan lahan seluas sembilan hektare tersebut untuk Bondesa. Sedangkan untuk anggaran yang kami gelontorkan untuk memaksimalkan sarana dan prasarana berupa kolam renang anak, resto dan lainnya,” ujar Suliyono.

Dia mengutarakan, untuk pembangunan pada tahun 2022 ini akan dilakukan secara besar-besaran. Rencananya, akan membangun area penginapan, area petik sayur, kampung kuliner, cafe dan pelebaran jalan menuju akses lokasi.

Pembangunan Bondesa itu juga bertujuan untuk menambah keanekaragaman pilihan wisata di Kota Batu. Selain itu juga akan dibuat untuk memberikan wisata murah bagi masyarakat dan wisatawan. Karena selama ini wisata-wisata buatan di Kota Batu harga tiketnya lumayan tinggi.

“Kalau di Bondesa harga tiketnya cukup Rp 15 ribu saja. Untuk Rp 6 ribunya kami kembalikan ke wisatawan untuk membeli oleh-oleh dan souvenir yang ada di pasar wisata Bondesa. Istilahnya bagaimana wisatawan di sini dengan uang Rp 100 ribu wisatawan bisa dengan puas merefresh kepenatan,” jelas dia.

Ketua Desa Wisata Tulungrejo, Naning Fauziah menambahkan, Bondesa akan dikemas sebagai wisata edukasi di Kota Batu. Utamanya mengenai edukasi pertanian. Menyusul di wana wisata tersebut akan ada kegiatan petik sayur.

“Disini akan ada wisata edukasi pertanian. Untuk pemasaran wisata, kamu menyasar wisatawan dari luar kota. Kami yakin mereka akan tertarik dengan konsep desa wisata seperti ini,” ujar dia.

Naning menegaskan, meski harga tiket di wisata edukasi Bondesa dipatok dengan harga merakyat. Pihaknya menyatakan untuk fasilitas yang disediakan bagi wisatawan tidak akan murahan.

“Semua yang datang ke sini harus bahagia. Selain itu juga mendapatkan ilmu. Karen bukan hanya orang kaya sana yang butuh rekreasi. Namun untuk semua elemen masyarakat,” tegasnya.(der)

8 Cara Mudah Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Salah satu maskapai, Batik Air yang beroperasi di Bandara Abdulrachman Saleh. (Miski)

MALANGVOICE – Melonjaknya harga tiket pesawat, terkadang membuat orang-orang ragu untuk memilih transportasi udara ini untuk bepergian. Pada akhirnya, mereka memilih alternatif transportasi lain dengan harga murah seperti bus atau kereta api. Tidak ada salahnya memang, namun memilih transportasi tersebut untuk bepergian akan memakan waktu lama untuk sampai di tujuan.

Padahal, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga miring. Salah satunya dengan memilih maskapai baru atau maskapai yang sering menjual tiket murah, seperti Sriwijaya Air Traveloka. Tidak hanya itu, terdapat 8 cara mudah lainnya untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Ambil Jadwal Penerbangan Pagi-Pagi Sekali atau Larut Malam
Sebagian besar orang, lebih suka terbang pada waktu yang nyaman. Misalnya pada pukul 10:00 pagi atau pada siang hari. Jarang ada yang ingin melakukan penerbangan pada pagi buta ataupun larut malam.

Karena hal tersebut mengharuskan mereka untuk begadang atau bangun pagi. Karena meningkatnya permintaan untuk penerbangan pada waktu-waktu populer, biasanya maskapai akan mengenakan biaya lebih untuk tiket penerbangan pada jam tersebut.

Namun berbeda halnya jika Anda mengambil penerbangan pada jam tertentu yang jarang orang mau. Hal ini dapat dijadikan kesempatan untuk Anda membeli tiket pesawat murah pada jam tersebut.

Riset Harga Maskapai Penerbangan
Melakukan riset dengan membandingkan harga berbagai maskapai penerbangan dapat membantu Anda mendapatkan harga tiket termurah dari semua maskapai. Adanya platform digital yang menyediakan pemesanan pesawat dapat membantu dan memudahkan melakukan riset lebih cepat.

Anda hanya perlu mengetik nama maskapai lalu cocokan dengan tanggal keberangkatan dan tanggal pulang. Biasanya harga akan jauh lebih murah jika dilihat dari 30 hari sebelum keberangkatan.
Terbang dengan Maskapai Tanpa Fasilitas
Ada harga ada rupa. Hal ini berlaku juga dalam pemesanan tiket dengan harga yang murah. Jika Anda ingin menghemat lebih banyak biaya transportasi pesawat, pilihlah maskapai yang menawarkan harga murah tanpa fasilitas. Seperti Wi-Fi, makanan ringan gratis, dan kursi yang dapat direbahkan.

Tidak mengapa, perjalanan Anda tanpa fasilitas tersebut, lebih baik uang yang Anda pergunakan dialihkan untuk datang ke destinasi wisata atau mencoba kuliner unik. Menggunakan tawaran maskapai tanpa fasilitas tersebut, biasanya Anda hanya membayar setengah harga dari yang seharusnya.

Menjadi Member Maskapai Penerbangan atau Travel Agent
Jika Anda tidak ingin repot membandingkan harga, Anda hanya perlu menjadi member maskapai atau travel agent dan follow akun media sosialnya. Anda akan selalu mendapatkan informasi terupdate dari mulai notifikasi yang muncul, info dari newsletter bahkan info melalui akun media sosial.

Sehingga Anda akan selalu update harga promo yang ditawarkan. Apalagi bagi Anda yang baru menjadi member, biasanya ada diskon spesial yang menanti. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini.

Pesan Lebih Awal
Tarif maskapai terus naik semakin dekat dengan hari keberangkatan. Jadi jika Anda menginginkan harga murah pesanlah lebih awal. Sekitar 2-3 bulan sebelum keberangkatan Anda, atau sekitar lima bulan sebelumnya jika Anda akan pergi ke tempat tujuan pada musim liburan seperti lebaran, natal dan tahun baru. Sebagian besar maskapai penerbangan akan menaikkan harga tiket kurang dari 14 hari sebelum penerbangan. Jadi jangan memesan tiket pesawat pada waktu ini ya.

Beli Tiket Penerbangan Terpisah
Terkadang, membayar sepasang tiket pulang-pergi jauh lebih mahal, dibandingkan tiket sekali jalan. Jika Anda ingin harga tiket lebih murah, belilah secara terpisah tiket tersebut walaupun menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda. Asalkan maskapai penerbangan tersebut yang menyediakan tiket penerbangan paling murah.

Tempat Duduk
Ternyata tidak hanya kelas yang menentukan harga tiket pesawat. Namun juga tempat duduk. Kursi yang dekat dengan mesin, biasanya memiliki harga tiket yang jauh lebih murah. Karena suasana bising yang membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas buat Anda memilih kursi tersebut.

Selain posisi kursi, memesan tempat duduk berdekatan atau rombongan juga cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Untuk menyiasatinya, Anda cukup membeli tiket pesawat perorangan bukan rombongan.

Gunakan Kartu Kredit
Cara mudah selanjutnya untuk mendapatkan harga tiket yang murah adalah menggunakan kartu kredit. Anda pemegang kartu kredit? Ada kabar gembira untuk Anda. Sudah bukan rahasia umum lagi, jika berbagai promo termasuk tiket pesawat baik dalam maupun luar negeri diperuntukan untuk pemegang kartu kredit.

Bahkan bisa gratis, hanya dengan menukar poin yang sudah dikumpulkan. Berbagai bank ternama menawarkan hal ini dengan potongan diskon yang berbeda. Bahkan, jika memesan lewat Traveloka, Anda bisa mendapatkan promo 0% dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Melalui kartu kredit juga, kamu tidak perlu dibebankan biaya besar diawal melainkan dicicil. Sehingga biaya yang besar terasa ringan.

Nah itulah 8 cara mudah untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah. Yuk terapkan tips diatas. Sebelum berburu tiket pesawat murah, tentukan dahulu batas budget yang disediakan. Agar lebih mudah menentukan harga tiket murah sesuai keinginan.

Wisata Religi di Singosari Mbah Bungkuk Eks Laskar Pangeran Diponegoro

Makam Mbah Bungkuk yang berada di area masjid. (Kliktimes.com/Toski D).

MALANGVOICE – Kabupaten Malang tidak hanya memiliki destinasi wisata alam yang terkenal keindahanya, namun ternyata juga memiliki destinasi wisata religi yang tidak kalah terkenal masyarakat muslim di Indonesia.

Tempat wisata religi tersebut dikenal dengan Makam Mbah Bungkuk atau Kyai Haminuddin yang berada di Kelurahan Pagentan, Kecamatan Singosari.

Lokasi makam Mbah Bungkuk itu juga ada terdapat masjid yang pertama kali didirikan Mbah Bungkuk itu sendiri.

Sehingga makam Mbah Bungkuk di area masjid tidak pernah sepi dari peziarah seperti makam-makam Wali Songo yang ada di Pulau Jawa ini, serta makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang juga pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) ke 4, yang juga sama tidak pernah sepi dari peziarah.

Menurut, cicit dari Kyai Haminuddin, KH Moensif Nachrowi, bahwa Kyai Haminuddin merupakan eks laskar Pangeran Diponegoro yang tersisa dan lari ke daerah Malang Utara yakni di Singosari akibat kekalahan perang Diponegoro yang membuat laskar Pangeran Diponegoro tercerai-berai seiring dengan meninggalnya Pangeran Diponegoro.

Dengan tercerai berainya laskar Pangeran Diponegoro, maka Kyai Amuniddin menetap di Singosari lalu mendirikan musala, yang kini musala tersebut menjadi masjid yang masyarakat menyebutnya Masjid Mbah Bungkuk atau Masjid At-Thohiriyah.

Pria yang akrab disebut Moensif tersebut menjelaskan, Kyai Haminuddin memiliki tujuh orang anak dari perkawinannya dengan Nyai Siti Sofwah, dan dari salah satu anak beliau yang bungsu bernama Hj Siti Hindun Murthosiah dinikahkan dengan KH Thohir putera Kyai Rosyidin dari Desa Canga’an Bangil, yang sekarang masuk wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Setelah merintis penyebaran agama Islam di wilayah Singosari, maka Kyai Haminuddin wafat yakni di tahun 1850 Masehi, yang kini makamnya di belakang Masjid Bungkuk,” ucapnya.

Setelah Kyai Haminuddin wafat, lanjut Moensif, maka pondok pesanteren (ponpes) dan masjid diserahkan kepada KH Thohir yang menikah dengan Hj Siti Hindun Murthosiah dan memiliki tujuh anak. KH Thohir,akhirnya mengembangkan ponpes dan madrasah dan memiliki banyak santri.

“Mendirikan ponpes dan madrasah itu amanah yang diberikan oleh Kyai Aminuddin, santrinya pun banayak, KH Hasyim Asyari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) pernah belajar disini. Sehingga cikal bakal berdirinya NU awalnya juga dibahas di Pondok Bungkuk ini,” jelasnya.

Moensif menjelaskan, setelah KH Thohir wafat maka segalakepengurusan pondok, madrasah dan masjid diserahkan kepada anak bungsu yakni KH Nachrowi untuk meneruskannya, yang wafat pada tahun 1980. Sehingga dengan berkembangnya jaman, maka peninggalan Kyai Haminuddin seperti masjid, pondok dan madrasah banyak perubahan terutama pada bangunan.

“Meski banyak perbuhan pada bangunan, tapi hal itu tidak mengurangi esensi dari apa yang sudah diperjuangkan oleh pendahulunya. Hal ini dibuktikan dengan tidak pernah sepinya para peziarah datang ke makam Mbah Bungkuk untuk mendoakan beliau,” Moensif mengakhiri.(der)

Asyiknya Sahur Gratis di Rawon Bidadari

Suasana di Warung Rawon Bidadari, Kediri. (Mvoice/Istimewa).

MALANGVOICE – Rumah Makan Rawon Bidadari di Jalan Erlangga, Desa Sukorejo, Ngasem, Kabupaten Kediri, menggelar gerakan sosial sahur gratis.

Sahur gratis tersebut dilakukan secara bertahap selama tujuh hari, dibuka mulai pukul 01.00 dini hari sampai pukul 03.00 atau menjelang imsak.

Pemilik Rumah Makan Rawon Bidadari Kediri, Muhammad Rofii Mukhlis mengungkapkan, gerakan sahur gratis Rawon Bidadari digelar rutin setiap momentum Ramadan. Tahun ini adalah kali ke-3 Rawon Bidadari mengadakan sahur gratis.

“Ini adalah bentuk rasa syukur, suka cita kami dalam memeringati bulan penuh berkah ini,” ungkapnya.

Tak seperti di tahun-tahun sebelumnya. Sahur Gratis kali ini terbilang unik. Rofii bersama istri Siti Lestari tak sekadar menyuguhkan hidangan rawon racikannya, namun juga mengedukasi peserta sahur agar terbiasa mandiri dan bertanggung jawab.

“Edukasi itu kami terapkan lewat gerakan cuci piring rame-rame, para peserta sahur diwajibkan mencuci piringnya masing-masing setelah menyantap rawon. Kami ajak mereka terapkan kemandirian dan empati bersama,” jelasnya.

Menurut Rofii, banyak masyarakat yang memanfaatkan sahur gratis di tempatnya.

“Jadwal sahur gratis ini digelar secara bertahap sesuai jadwal yang terpampang di lokasi rumah makan, dan Alhamdulillah pengunjung sangat antusias dan gembira. Porsi yang kami sediakan selalu ludes,” terangnya.

Lebih lanjut, Rofii menjelaskan, partisipasi pengunjung saat kegiatan terbilang membeludak di setiap harinya. Dalam kurun tiga jam saja, 250 porsi lebih ludes. Warga yang datang berasal dari banyak kalangan. Mulai dari mahasiswa, santri, pemulung, driver ojek online hingga warga sekitar.

“Mulai jam 1 dini hari mereka sudah antre,” jelasnya.

Rawon bidadari merupakan rumah makan viral yang menjadi tempat makan rekomendasi orang nomor satu di Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Setia varian rawon memiliki nama yang kreatif. Nama-nama terinspirasi dari hirarki pemerintahan. Mulai dari Lurah, Camat, Bupati sampai Presiden.

“Menu yang paling banyak digandrungi saat ini adalah rawon iga dan rawon buntut,” tambahnya.

Kini Rawon Bidadari tak cuma menjual masakan rawon saja. Rofii mengembangkan menu nusantara baru. Yakni nasi besek, rujak cingur, martabak dan sate bumbu rujak.

“Kami kasih diskon 50 persen di setiap hari besar. Seperti HUT TNI, HUT Kabupaten atau organisasi keislaman,” tegasnya.

“Selain Gubernur Khofifah, beberapa tokoh pemerintahan dan tokoh masyarakat pernah mengicipi kelezatan rawon ini. Seperti Gus Muwafiq, Sekda Jatim, rombongan Komis A DPRD Jatim. Dan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas,” imbuhnya.(der)

Sajian Promo Spesial Ramadan, ‘Nikmatnya Berbuka’ di Favehotel Malang

Menu berbuka Favehotel Malang. (Istimewa)

MALANGVOICE – Favehotel Malang menyajikan paket menu berbuka spesial selama bulan Ramadan 1443 Hijriah. Paket itu bisa dinikmati dengan harga terjangkau.

Sebagai hotel favorit wisatawan saat liburan ke Malang dan Kota Batu, Favehotel menyajikan promo “Nikmatnya Berbuka” mulai April sampai Mei mendatang.

Promo Favehotel Malang. (istimewa)

Hotel Manager Favehotel Malang, Santy Puspandari, mengatakan, menu spesial itu bisa didapatkan hanya dengan Rp65 ribu nett/pax.

Benefit tambahan beli 5 gratis 1, “Lime Restaurant” siap menyajikan menu-menu lezat untuk berbuka puasa yang langsung diracik khusus oleh Chef Adhon untuk menemani dan menikmati hidangan berbuka puasa bersama orang-orang tersayang.

Beragam menu baru dan juga paket menarik selalu berusaha kami tawarkan untuk tamu-tamu kami, seperti hal nya di bulan April ini untuk menyambut bulan suci Ramadan ini kami menghadirkan paket buka puasa Nikmatnya Berbuka dengan menyajikan berbagai macam variasi menu makanan yang beragam dan sangat cocok untuk berbuka puasa bersama orang-orang terkasih,” katanya.

Promo berbuka Favehotel Malang. (Istimewa)

Melalui promo menarik diatas Favehotel Malang berharap dapat menarik lebih banyak tamu di bulan suci Ramadan ini dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Sebagai informasi, Favehotels merupakan prmimpin dalam akomodasi budget (acara kecil).

Favehotels adalah portofolio merek terbesar dari Archipelago International, dengan lebih dari 60 hotel yang beroperasi untuk menyambut tamu di Langkawi – Malaysia hingga ke Papua.

Favehotels menawarkan nilai luar biasa bagi semua orang yang menginginkan hotel yang sederhana, bersih, dan nyaman di lokasi terkemuka dengan standar kualitas tinggi dan layanan terbaik. Itulah sebabnya Favehotel terus berkembang dan tetap menjadi favorit semua orang.(der)