HUT ke-7 Malang Voice

8 Profesi yang Cocok bagi Anda yang Hobi Membaca

Ilustrasi. (istimewa)

MALANGVOICE – Membaca bukan sekadar kewajiban bagi Anda untuk menambah pengetahuan saja. Melainkan jika ditekuni betul-betul, hobi ini bisa menjadi profesi yang mengasyikkan. Nah, jika semasa sekolah dulu hingga saat ini Anda merupakan orang yang sangat senang membaca, maka 5 profesi ini agaknya sangat cocok untuk ditekuni.

Bagi Anda yang masih bingung menentukan pekerjaan apa yang cocok sesuai dengan jurusan, minat, hingga hobi lain. Jangan lupa untuk mengecek postingan mengenai tips mencari pekerjaan pada link tersebut.

Untuk spesialis yang hobi membaca, langsung saja pertimbangkan beberapa jenis profesi ini!

1. Book Seller
Pasar bagi peminat buku di Indonesia memang tidak terlalu besar sebagaimana fashion maupun kebutuhan sehari-hari. Namun, keuntungannya jika Anda menjadi book seller adalah pesaing yang tidak terlalu banyak. Sehingga Anda bisa memaksimalkan profesi ini.

Book seller adalah profesi yang tepat untuk Anda yang hobi membaca. Menjadi book seller artinya Anda harus membantu para customer untuk membeli buku sesuai dengan keinginan mereka. Anda juga harus mampu memberi informasi yang tepat mengenai buku tersebut. Sesekali, Anda juga harus memberikan review pribadi tentang buku supaya lebih meyakinkan bagi pembeli.

2. Proofreader
Profesi proofreader mungkin masih terdengar cukup asing di telinga. Namun, profesi ini layak untuk ditekuni oleh orang yang hobi membaca. Proofreader merupakan profesi di mana Anda bertugas untuk menyunting tulisan. Baik dari segi tata bahasa ataupun meminimalisir kesalahan pengetikan.

Proofreader juga bertugas meneliti tulisan dan mengubah hal-hal kecil sehingga tulisan tersebut lebih mudah untuk dipahami. Profesi ini agaknya semakin dibutuhkan mengingat berbagai industri membutuhkan marketing dengan tulisan secara profesional.

3. Librarian alias Pustawakan
Di era digital ini, buku digital atau e-book memang banyak dipilih banyak orang untuk memenuhi kebutuhan membaca. Namun, keberadaan buku fisik tidak akan pernah terganti. Bahkan, buku fisik akan terus ada di profesi pustakawan akan selalu dibutuhkan.

Nah, ini adalah kesempatan emas bagi penyuka membaca untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan hal yang digemarinya. Namun, perlu dipahami bahwa pekerjaan pustakawan juga terkait dengan mengurus hal-hal yang bersifat operasional dalam perpustakaan. Baik mencatat pengunjung, pengadaan kegiatan, peminjaman buku, serta kegiatan lainnya.

4. Editor
Editor mempunyai tugas untuk membuat review sehingga tulisan bisa sesuai dengan PUEBI atau EYD. Selain itu, editor juga harus banyak mengetahui kosakata baku yang sesuai dengan KBBI.

Nah, dalam melakukan pekerjaannya, editor harus membaca semua naskah tulisan. Kemudian, memberikan review atau feedback pada penulis.

5. Publisher
Tanggung jawab dari publisher adalah mencari karya untuk dapat diterbitkan dan dipasarkan dalam bentuk buku. Seorang publisher harus memiliki keahlian dalam hal menyunting naskah dan harus mempunyai kegemaran membaca.
Publisher juga mempunyai tugas lain yakni menawarkan kontrak penerbitan. Juga bertugas mendampingi seorang penulis mulai dari penyuntingan sampai proses penerbitan. Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan profesi ini.

6. Grant Writer
Apa itu grant writer? Profesi ini bertugas dalam membuat proposal dari suatu perusahaan agar bisa memeroleh pendanaan. Tentu saja, di suatu perusahaan, grant writer memegang peranan yang sangat penting.

Maka dari itu, grant writer haruslah orang dengan hobi membaca dan berpengetahuan luas. Sebab, sebelum menulis proposal, hal yang harus dilakukan adalah melakukan riset, mencari informasi terkait dengan pendanaan, dan sebagainya.

7. Peneliti
Tugas seorang peneliti yakni mengumpulkan informasi dan data yang dibutuhkan perusahaan. Informasi yang dimaksud tentu harus dilakukan dengan mempelajari fenomena maupun subjek tertentu.

Di beberapa perusahaan, tugas peneliti juga lebih spesifik seperti mengumpulkan informasi, mengedit informasi, menyusunnya dalam bentuk laporan, dan menarik kesimpulan. Nantinya, informasi ini akan menjadi patokan bagi perusahaan untuk membuat kebijakan-kebijakan yang penting.

Tugas-tugas tersebut tentu akan sulit dilakukan jika seseorang tidak mempunyai keinginan membaca yang tinggi. Sehingga, ini menjadi kesempatan emas untuk Anda yang hobi membaca.

8. Penerjemah
Profesi penerjemah bertugas untuk menerjemahkan suatu teks dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Pekerjaan ini tentu akan sangat cocok bagi Anda yang punya hobi membaca.

Pasalnya, ketika mengalihbahasakan suatu tulisan, maka penerjemah perlu membaca keseluruhan teks secara teliti. Sehingga isi dari teks dari bahasa lain tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Tak hanya itu saja, penerjemah juga harus mempunyai kemampuan bahasa asing yang mumpuni untuk mengalihbahasakan. Anda juga perlu memilih diksi yang paling tepat agar teks tersebut bisa dipahami pembaca dengan paripurna.

Demikian profesi untuk orang-orang yang hobi membaca. Jika Anda merupakan salah satunya, silakan pilih profesi yang paling sesuai dengan kemampuan pendukung lainnya. Akhir kata, semoga Anda segera mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, dan keinginan. Semoga bermanfaat!(der)

Whiz Prime Anniversary Run 5K Giatkan Industri Pariwisata Malang Raya

Whiz Prime Basuki Rahmat Malang. (istimewa)

MALANGVOICE – Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat menyelenggarakan event “Whiz Prime Anniversary Run 5K” pada 6 November 2022.

Acara ini digelar sebagai rangkaian perayaan hari jadi hotel ke-5 pada 11 November 2022.

General Manager Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang, Azis Sismono, mengatakan, fun run ini akan diikuti seribu peserta dari berbagai daerah di Jatim.

“Melalui olahraga lari, kami ingin melibatkan masyarakat umum untuk hidup sehat dan menggiatkan kembali industri pariwisata Kota Malang,” katanya, Sabtu (10/9).

Whiz Prime menggandeng Triple A Sport Event Organizer untuk mendukung kesuksesan acara.

Rencananya, event lari sejauh 5 km ini akan dimulai pukul 06.00 WIB dengan lokasi start di Stadion Gajayana Kota Malang. Selanjutnya pelari menuju Semeru, Ijen Boulevard, Kawi (MOG), kemudian melewati Gramedia dan Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang di Jalan Basuki Rahmat, Jalan Buring, Jalan Cerme, Simpang Balapan, Ijen Boulevard, Perpus Malang, Semeru dan finish kembali ke Stadion Gajayana.

Whiz Prime Anniversary Run 5K terbuka untuk umum dan pendaftaran sudah dimulai sejak awal Agustus hingga 3 November 2022 atau ditutup jika target jumlah peserta telah terpenuhi. Panitia sudah menyiapkan medali untuk seluruh peserta dan juga berbagai macam doorprize menarik diakhir acara.

Biaya pendaftaran peserta sebesar IDR 185.000 sudah termasuk Jersey, BIB, Medal, Doorprize, Meal Coupon. Sedangkan peserta yang mendaftar sebelum 26 September 2022 diberikan harga khusus (Early Bird) yaitu IDR 150.000 saja.

Selain itu Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang juga menyiapkan paket harga kamar khusus peserta yang berlaku pada 4 – 5 Nopember 2022. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 375.000 Nett, belum termasuk santap pagi dan Rp 425.000, sudah termasuk santap pagi untuk dua orang.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui online di tiket.com www.tiket.com/to-do/whiz-prime-anniversary-run-5k/order atau offline di Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang atau mengunjungi akun Instagram @whizprimemalang.official dan @whizprimeanniverun.(der)

Program Peduli Lingkungan, MPM Bagi 27 Ribu Tanaman ke Komsumen Honda

Pembagian tanaman ke konsumen Honda. (istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT menyalurkan 2.700 tanaman bunga ke konsumen yang melakukan pembelian unit motor di dealer MPM Motor tersebut.

Program ini digelar bersama dengan dealer MPM Motor wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Malang, Pare, Kediri, Malang, Tulungagung, Banyuwangi, Madiun, Nganjuk, Tuban, Bojonegoro.

Dalam program One Sales One Seed, kegiatan ini dimulai bulan September – November 2022. MPM Honda Jatim menginisiasi pemberian tanaman pohon ini dengan tujuan untuk mendukung dan ikut serta menjaga lingkungan dari polusi udara dan tentunya mengajak masyarakat untuk bersama menjaga lingkungan.

Baca Juga: Pemkab Malang Launching Logo Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang

Corporate Secretary Head MPM Honda Jatim, Vinensia Kenanga mengatakan Emisi karbon merupakan salah satu isu di dunia otomotif.

Peranan tanaman cukup besar dalam menyediakan oksigen dan menyerap emisi karbon. Kegiatan pembagian bibit tanaman ini merupakan kontribusi sederhana kami dalam membantu pengendalian emisi karbon di Jawa Timur.

“Keberhasilan kegiatan ini tidak lepas dari peranan dan kepercayaan pelanggan kepada kami. Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada pelanggan yang menerima ajakan untuk menanam bibit tanaman yang kami berikan di wilayahnya masing-masing,” kata Vinensia.

Dengan mengambil tagline #HijauRumahkuHijauBumiku, harapannya sinergi ini dapat membawa dampak yang lebih besar dan baik lagi bagi lingkungan sekitar.

Sepeda motor Honda sudah dilengkapi teknologi yakni eSP (Enhanced Smart Power) yakni teknologi mesin terbaru inovasi Honda yang diterapkan secara global, melalui aplikasi teknologi mutakhir dan ACG starter, dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda. Teknologi eSP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang.

Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.(der)

Genap Berusia 22 Tahun, Waroeng Steak & Shake Bagikan 22.000 Ice Cream Gratis

Waroeng Steak & Shake. (Istimewa)

MALANGVOICE – Tepat pada tanggal 4 September 2022, Waroeng Steak & Shake merayakan ulang tahun ke-22. Restoran yang dikenal dengan tagline “Steaknya Indonesia” ini terbukti tetap eksis dan berinovasi sehingga tetap menjadi pilihan masyarakat.

Dalam perayaan acara ulang tahun ke-22, Waroeng Steak & Shake diisi dengan berbagai kegiatan, diantaraya penerimaan Rekor MURI, pembagian 22.000 ice cream gratis diseluruh outlet dan lomba mewarnai yang dilaksanakan pada bulan September ini.

“Es Krim yang kami bagikan ini sebenarnya sebagai wujud ucapan terima kasih kami kepada para pelanggan setia yang sudah menemani Waroeng Steak & Shake sampai di usia yang sekarang ini. Jadi selain es krim gratis kita juga membagikan balon untuk anak-anak di outlet tertentu yang tersedia fasilitas Kids Corner,” jelas Customer Relationship Officer PT Waroeng Steak Indonesia, Dian Asyifah, Ahad (4/9).

Baca Juga: Mati Lampu saat Official Training di Markas Barito Putera, Arema Lapor PT LIB

Di usia yang ke-22 ini, Dian berharap Waroeng Steak & Shake dapat semakin dicintai masyarakat Indonesia. “Kami berharap pelanggan kami semakin loyal. Kami tidak hanya ingin menjadikan mereka sebagai pelanggan melainkan partner dalam aktifitas brand, bisa melibatkan mereka dalam kegiatan perusahaan seperti Corporate Social Responsibility (CSR),” pungkasnya.

Tahun ini Waroeng Steak & Shake mengusung tema “Selalu Ada Cerita”, melalui tema tersebut Waroeng Steak & Shake ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak baik konsumen maupun mitra yang telah menjadi bagian perjalanan sejak tahun 2000.

Berawal Dari Usaha di Teras Rumah Kontrakan

Sebagai pionir restoran steak dengan harga murah tersebut, tentunya memiliki perjalanan yang tidak mudah. Waroeng Steak & Shake berdiri atas inisiatif Jody Broto Suseno beserta istri untuk memfasilitasi pelajar/mahasiswa dan masyarakat menengah bawah agar bisa makan steak. Mereka kemudian merintis usaha dari teras rumah kontrakan dengan 2 karyawan yang modalnya dari jualan motor satu-satunya.

Perjuangan terus dirasakan hingga enam bulan awal ketika omzetnya hanya sekira Rp20.000 sampai Rp30.000, bahkan pernah tidak ada pembeli sama sekali. Namun masuk bulan ketujuh, usahanya berkembang setelah diliput oleh media lokal.

Komitmen Produk Halal hingga Dapatkan MURI

Tepat di momen ulang tahun ke-22, Waroeng Steak & Shake juga menerima penghargaan dari MURI sebagai “Restoran Steak Halal Dengan Outlet Terbanyak” yang diserahkan oleh Osmar Semesta Susilo selaku Wakil Direktur Utama Lembaga Museum Rekor Dunia-Indonesia kepada Riyanto, Direktur Utama PT Waroeng Steak Indonesia.

Saat ini Waroeng Steak sudah ada 97 outlet yang beroperasi di 29 Kota/Kabupaten dan mentargetkan ada 100 cabang sampai akhir tahun 2022. Sebagai pionir makan steak pakai nasi, Waroeng Steak telah selesai melakukan proses migrasi sertifikasi halal secara Nasional di LPPOM MUI Pusat dan mendapatkan ketetapan halal MUI serta Sertifikat Halal dari BPJPH dengan nilai A atau sangat baik dalam penerapan sistem jaminan.

Lebih dari sekedar sebagai market leader untuk kategori restoran steak, Waroeng Steak & Shake yang saat ini sebagai sponsor utamma pebulu tangkis Indonesia Ahsan/Hendra juga dinilai sukses sebagai brand lokal dari Indonesia.(der)

Promo Merdeka Waroeng Steak Raup Omzet Rp1,6 Miliar Selama Lima Hari

Waroeng Steak & Shake. (Istimewa)

MALANGVOICE – Waroeng Steak & Shake sukses meraup untung besar di momen HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 ini. Betapa tidak, dengan promo Paket Merdeka yang hanya berlaku lima hari terhitung mulai 15 Agustus dan berakhir 19 Agustus 2021 Waroeng Steak mengantongi omzet hingga 1,6 miliar rupiah.

Antusias terlihat dari banyaknya engagement pada postingan promo Merdeka Waroeng Steak yang diposting ulang akun instagram Giladiskonn, yaitu akun komunitas pecinta diskon. Postingan tersebut mendapat 19.393 suka dan 987 komentar. Paling banyak dibanding postingan promo bertema kemerdekaaan dari merek lain.

Sisy Sales and Partnership Officer dari PT Waroeng Steak Indonesia mengatakan, dari promo yang ditawarkan ini ternyata menyedot banyak antusias konsumen setia Waroeng Steak.

Konsumen Waroeng Steak & Shake. (Istimewa)

“Respon konsumen terhadap promo merdeka sangat di luar dugaan kami. Karena di waktu yang sama banyak usaha-usaha lain yang menawarkan Promo Merdeka bahkan dengan diskon yang jauh lebih besar,” ujarnya, Senin (22/8).

Antusias masyarakat membuat pionir makan steak pakai nasi tersebut berhasil menjual Paket Merdeka sebanyak 24.485 porsi. Penjulan terdiri dari 19.404 penjualan paket 2 chicken double dan 2 milkshake special yang dijual seharga Rp77.000, 2.398 penjualan paket 1 chicken double dan 1 milshake spesial yang dijual dengan harga Rp45.000 serta 2.683 penjulan paket 2 milkshake special yang dijual dengan harga Rp17.000 sesudah pajak.

Dari besarnya antusiasme masyarakat ini, Sisy yakin juga semakin banyak orang mendukung produk lokal seperti Waroeng Steak & Shake.

“Alhamdulillah ya, kami rasa konsumen membeli bukan sekedar karena diskonnya, lebih dari itu kami yakin masyarakat Indonesia sekarang sudah sangat suka membeli produk lokal, bangga dengan merek asli Indonesia,” imbuh Sisy.

Sebagai pionir restoran steak dengan harga murah, Waroeng Steak memang tergolong eksis dalam membuat kampanye musiman. Dari berbagai kampanye marketing yang telah dilakukan itu berhasil mengantarkan Waroeng Steak & Shake masuk dalam Daftar Pemenang Marketing Award 2022 dari majalah marketing untuk kategori The Best in Marketing Campaign dengan predikat Excellent.

Selain itu, belum lama ini restoran dengan tagline Steaknya Indonesia itu juga telah mendapat perhargaan Top Brand 2022 dari Frontier Grup.(der)

Beli Motor Gratis BBM Sebulan, Yakin Ga Mau?

Aplikasi MPM Honda. (istimewa)

MALANGVOICE – Program menarik yang diberikan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT sepanjang bulan Agustus 2022 ini untuk pemesanan motor Honda.

Program bertajuk “Merdeka BBM Sebulan” yakni program pemesanan motor Honda impian di platform digital MPM Honda Jatim seperti melalui aplikasi Brompit, Chatbot Melisha dan Website mpmhondajatim.

Konsumen yang melakukan pemesanan melalui platform tersebut akan mendapatkan voucher BBM dengan total senilai Rp. 5.100.000,- untuk 17 konsumen terpilih selama periode program.

Aplikasi Brompit MPM Honda. (Istimewa)

Baca Juga: Rencana Pemindahan Pasar Hewan Kota Batu Tunggu Kepastian

“Jangan sampai terlewatkan! Kini dengan promo special Hari Merdeka 17 Agustus ini masyarakat semakin mudah untuk memiliki motor impian dengan program yang kami berikan,” kata Andre Pramana selaku Digital Deputy Division Head MPM Honda Jatim.

Penawaran menarik ini khusus untuk pemesanan motor New Honda Scoopy yang kehadirannya lebih dari satu dekade terus menjadi trendsetter sesuai dengan perkembangan tren anak muda saat ini.

New Honda Scoopy hadir dengan pengaplikasian teknologi frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) membuat skutik ini lincah dan mudah dikendarai. Fitur unggulan lain menjadi andalan New Honda Scoopy seperti pengisi daya baterai ponsel jenis USB (USB charger), serta pilihan tipe dengan penyematan fitur Smart Key.

Dan berlaku untuk motor New honda ADV 160 skuter matik besar penjelajah terbaik untuk eksplorasi sehari hari. Tak hanya punya wajah baru yang semakin tangguh, sepeda motor yang sukses membuka segmen baru di kelas skutik premium ini, kini juga lebih bertenaga dengan mesin baru, semakin nyaman dengan jok lebih rendah dipadukan ground clearance tinggi, serta semakin canggih berkat fitur high tech seperti HSTC (Honda Selectable Torque Control).

Selain Honda Scoopy dan New Honda ADV 160, program ini juga berlaku untuk pembelian Honda Vario 160.

All New Honda Vario 160 memberikan sebuah energi dan gaya baru dalam revolusi desain, teknologi dan fitur canggih yang disematkan sesuai gaya berkendara masa kini. Model skutik ini mengekspresikan premium sporti dengan tampilan desain layaknya matik besar yang mampu memberikan kebanggaan bagi pengendaranya.(der)

Uang Baru 2022 Bisa Ditukar di Pasar-pasar Ini di Kota Malang

Samsun Hadi menunjukkan perbedaan pecahan Rp2.000 dan Rp20.000 yang sangat mencolok. (MVoice/noordin)

MALANGVOICE – Bank Indonesia Malang menyiapkan Rp1,28 triliun uang pecahan tahun emisi (TE) 2022. Terdapat tujuh pecahan uang baru ini, mulai Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

Khusus di Kota Malang, BI Malang menurunkan kas keliling di beberapa pasar untuk memudahkan masyarakat menukarkan uang TE 202. Jadwal kas keliling di pasar-pasar tersebut juga sudah diatur.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KKpw BI) Malang, Samsun Hadi, kepada wartawan, Jumat (19/8), mengatakan, pecahan kertas TE 2022 memang tidak berbeda dengan pecahan sebelumnya, TE 2016.

Baca Juga: Dari Kasus Brigadir J, Pakar Manajemen Krisis UB Sarankan Polri Jalankan Prinsip Kebenaran dan Transparansi

Baca Juga: Keuangan Daerah 2023 Kota Batu Diproyeksikan Defisit Rp70 Miliar

Kesamaan itu antara lain mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan. Kemudian tema kebudayaan Indonesia (tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan uang TE 2022 dibanding TE 2016, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

“Inovasi ini agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan,” ujarnya.

Baca Juga: Peras Korban hingga Belasan Juta Rupiah, Oknum Wartawan Diciduk Polisi di Gondanglegi

Baca Juga: Kombespol Budi Hermanto Dinobatkan Sebagai Bapak Disabilitas Kota Malang

Selain itu serta lebih sulit dipalsukan sehingga uang rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kata Samsun, masyarakat dapat melakukan penukaran Uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling ritel yang disediakan Bank Indonesia. Untuk bank baru bisa dimulai Senin (22/8).

Inilah uang kertas pecahan tahun emisi (TE) 2022. (MVoice/noordin)

Adapun beberapa pasar yang dilayani kas keliling ritel di Kota Malang antara lain Pasar Sukun (19 dan 29 Agustus), Pasar Oro-oro Dowo (22/8), Pasar Sawojajar (26/8).

“Bisa juga pemesanan penukaran di kas keliling melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses di laman https://pintar.bi.go.id,” imbuhnya.

Baca Juga: Detik-detik Proklamasi, Pengguna Jalan di Kepanjen Diberhentikan

Meski demikian, BI Malang membatasi penukaran maksimal lima paket per orang, masing-masing paket senilai Rp200 ribu.

Adapun rincian satu paket, pecahan Rp100.000, Rp50.000 dan Rp20.000 masing-masing 1 lembar, Rp5.000 (2), Rp2.000 (3), dan Rp1.000 mendapat 4 lembar.(end)

OJK Malang Gencar Lakukan Literasi Keuangan di Kalangan Siswa

Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri memberi literasi keuangan kepada siswa SMPN 5 Malang. (MVoice/noordin)

MALANGVOICE – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang tak kenal lelah menggandeng industri keuangan melakukan literasi di kalangan pelajar.

Seperti yang dilakukan Senin (15/8), OJK Malang bersama Bank Jatim dan Dikbud Kota Malang menggiatkan budaya menabung di SMPN 5 Malang.

Melalui kegiatan bertajuk Kreasi Muda (Kejar Prestasi Generasi Muda Indonesia), siswa SMPN 5 Malang dibukakan rekening SIMPEL Bank Jatim.

Baca Juga: Coban Sewu Milik Kabupaten Malang yang Diklaim Kabupaten Lumajang

“Kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk meningkatkan perluasan akses keuangan kepada kelompok pelajar,” ujar Kepala OJK, Sugiarto Kasmuri kepada wartawan di sela acara.

Menurutnya, untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di kalangan pelajar tidak bisa dilakukan sendirian. Harus didukung seluruh pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, regulator dan lembaga jasa keuangan.

Buku tabungan

“Tak kalah pentingnya dukungan penggiat dunia pendidikan agar dapat memotivasi peserta didiknya menabung sejak dini,” ujarnya.

Baca Juga: Seorang Kakek Tewas Tersengat Listrik di Plafon Rumah Klayatan

Menurut Sugiarto, menanamkan budaya menabung sejak dini terutama di perbankan dapat memberikan banyak manfaat.

Di antara manfaat itu, lanjutnya, mendidik anak-anak belajar disiplin, membentuk pola pikir untuk lebih menghargai uang, dan menghindari perilaku konsumtif.

“Kami juga terus meningkatkan edukasi dan literasi keuangan secara intens. Tidak hanya di Malang Raya, tetapi juga di Pasuruan dan Probolinggo yang merupakan wilayah kerja OJK Malang,” terangnya.

Baca Juga: Ulah Oknum Suporter, Arema FC Kena Denda Rp170 Juta

Bahkan dalam waktu dekat OJK Malang bekerja sama dengan Diknas dan lembaga jasa keuangan akan membuka rekening kepada seluruh pelajar kelas VII di Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Suwarjana yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan, pembukaan rekening pelajar ini sejalan dengan program Diknas, gerakan gemar menabung.

Suwarjana juga berpesan bahwa anak- anak harus bisa melakukan manajemen keuangan sejak dini. Caranya dengan mengelola uang saku dengan baik dan menyisihkan untuk ditabung demi masa depan lebih baik.

Baca Juga: Khusus Agus dan Lahir di Bulan Agustus, Bisa Dapat Diskon 17 Persen dari AHASS

Sementara itu, Kepala Bank Jatim Cabang Malang Deddy Aji Wijaya menambahkan bahwa melakukan pembukaan rekening di kalangan pelajar seperti saat ini merupakan komitmen Bank Jatim.

“Tujuannya tak lain ya untuk meningkatkan literasi keuangan,” ujarnya seraya menambahkan kegiatan seperti ini rutin dilakukan Bank Jatim.

Untuk memudahkan siswa menabung, Bank Jatim menyediakan fasilitas jemput bola dengan menyediakan mobil kas keliling.

“Mobil ini yang akan ke sekolah mengambil tabungan. Jadi siswa tidak perlu ke bank untuk menabung,” tutupnya.(end)

Khusus Agus dan Lahir di Bulan Agustus, Bisa Dapat Diskon 17 Persen dari AHASS

Pelayanan servis motor di AHASS. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kabar gembira bagi konsumen Honda yang lahir di bulan Agustus dan yang bernama Agus. Pasalnya PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) melalui jaringan bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) atau bengkel resmi sepeda motor Honda di wilayah Jatim memberikan diskon service 17% atau diskon pembelian part 8% dalam program bertajuk “ Merdeka Bersama AHASS”. Program ini berlaku mulai tanggal 01 – 31 Agustus 2022.

“MPM Honda Jatim bersama jaringan bengkel AHASS di Jatim memberikan program menarik dalam rangka menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia special untuk konsumen yang lahir di bulan Agustus atau bernama Agus untuk memanfaatkan program ini. Dengan service di AHASS dan menggunakan suku cadang asli Honda, motor Honda kesayangan tetap prima dan mobilitas sehari-harinya menjadi nyaman,” kata M. Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

Diskon AHASS

Selain program Merdeka Bersama AHASS, konsumen Honda dapat memanfaatkan program “Senggol Ganti Oli Service Berkala” yakni diskon pembelian oli sampai 15% atau hemat hingga Rp12.900. Voucher ini bisa didapatkan di aplikasi Brompit. Segera dapatkan Diskon menarik ini karena Voucher promo berlaku selama persedian masih ada.

Konsumen juga bisa memanfaatkan PIT Ekspres bengkel AHASS yakni layanan khusus bebas antri bagi konsumen AHASS yang ganti oli, ban dan part.

Untuk menghemat waktu konsumen juga bisa melakukan booking service melalui aplikasi Brompit yang sudah tersedia di google playstore dan app store, konsumen tidak perlu khawatir karena bengkel AHASS telah menerapkan protokol kesehatan sehingga aman dan nyaman dalam melakukan service di bengkel AHASS.

Konsumen Honda dapat melakukan perawatan motor Honda atau pembelian oli dan spare part Honda Genuine Part di AHASS dengan jaminan kualitas dan keasliannya. Lokasi AHASS dapat dilihat di website www.mpmhondajatim.com.(der)

4 Solusi Gubernur BI Turunkan Inflasi Pangan 10,7 Persen

Urban farming
Warga RT 06 / RW 18 Kelurahan Bunulrejo, Blimbing, Malang sebentar lagi panen cabe. (MVoice/Noordin)

MALANGVOICE – Gubernur Bak Indonesia. Perry Warjiyo memiliki empat solusi untuk mengatasi inflasi pangan yang sedang melanda negeri ini.

Keempat solusi ini disampaikan saat Gerakan Nasional Pengendalian Infilasi Pangan (Gernas PIP), Rabu (10/8).

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan beberapa kepala daerah.

Baca Juga: Air PDAM Macet Hampir Seminggu, Warga Terpaksa Mengungsi ke Hotel dan Beli Galon Isi Ulang

Menurut Warjiyo, saat ini masyarakat sedang sumego, nikmat-nikmatnya makan setelah mengalami Covid-19 selama dua tahun.

Akibat pengaruh ekonomi global dan perang Rusia-Ukrania, Indonesia mengalami inflasi pangan hingga 10,7 persen.

“Angka ini masih lebih baik dibanding negara-negara lain di dunia. Meski demikian, kita harus bisa menurunkan inflasi ini di angka 6 persen atau bahkan 5 persen karena berimbas ke masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Kombes Buher: Terima Kasih Sudah Menjaga Suasana Kondusif di HUT Arema

Terlebih, lanjutnya, masyarakat bawah, inflasi pangan mereka bahkan bisa sampai 60 persen. Sangat berat beban mereka.

Gubernur BI, Perry Warjiyo saat kivk off Gernas PIP, Rabu (10/8). (Mvoice/noordin)

Untuk itu, lanjut Warjiyo terdapat empat solusi untuk mengatasi inflasi pangan di Indonesia ini.

Pertama, melakukan operasi pasar agar masyarakat mudah mendapatkan barang dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Arema Apresiasi Kekompakan Kepala Daerah se-Malang Raya

Langkah kedua, jalankan silaturahim dengan kerja sama antardaerah. Potensi satu daerah bisa melengkapi kebutuhan daerah lainnya.

Kemudian, upaya ketiga jangan lupakan dasar masyarakat kita adalah masyarakat petani. Terakhir, para pejabat harus dekat dengan rakyat sehingga tahu kesulitan atau kebutuhan masyarakat.

“Mari bersama kita gelorakan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan dengan semangat kemerdekaan, proklamasi menyejahterakan rakyat untuk pemulihan ekonomi menuju Indonesia maju,” ajaknya yang disambut aplaus pada undangan.

Baca Juga: Masa Penahanan Terdakwa JEP Diperpanjang 60 Hari

Bak gayung bersambut, Gubernur jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan dukungan terhadap Gernas PIP.

Tidak hanya itu, Khofifah bahkan memiliki langkah strategis pengendalian inflasi melalui 4K.

Keempat K yang dimaksud Khofifah antara lain (K)eterjangkauan harga, (K)etersediaan pasokan, (K)elancaran distribusi dan (K)omunikasi efektif.

Baca Juga: Kolam Lompat Indah Kanjuruhan Kabupaten Malang Kotor dan Berlumut

Dia tambahkan, pengendalian inflasi pangan harus dilakukan bersama lintas sektor vertikal horisontal.

“Pengendalian inflasi pangan akan memberikan dampak signifikan bagi masyarakat karena berhubungan langsung dengan kebutuhan pokok. Inflasi Jatim sendiri pada Juli 2022 sebesar 0,61 persen (mtm),” ujarnya.

Menurut Khofifah angka yang tergolong cukup tinggi tersebut harga beberapa komoditi pangan termasuk cabai.

Baca Juga: Luas Sawah Kota Batu Terus Menyusut Tergerus Kebutuhan Ruang untuk Permukiman

Cabai merah dan bawang merah sudah menurun signifikan, sementara telur dan daging ayam masih di atas harga eceran tertinggi (HET).

Alasannya memang pakan ayam, pakan ternak terutama 50 persen dari jagung menurut para peternak harganya relatif masih cukup tinggi dibandingkan HET yang ditetapkan pemerintah.

Menurut Khofifah, format-format seperti ini memang membutuhkan penyelesaian berupa macro policy secara nasional yang menjadi bagian sangat penting.

Ditambahkan, saat terjadi inflasi seperti saat ini dibutuhkan intervensi efektif para kepala daerah sehingga dibutuhkan panduan regulasi dari pusat yang clear. Panduan ini bisa dijadikan pedoman bagi pemerintah daerah.

Tentang kerja sama antardaerah, Khofifah menyebut rutin dilakukan. Salah satunya melalui kegiatan misi dagang Provinsi Jatim dengan berbagai provinsi di Indonesia yang melibatkan berbagai pihak termasuk para pengusaha dan pedagang.

“Kami ini hampir setiap bulan melakukan misi dagang, dan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur ini salah satunya tersupport sangat signifikan dari misi dan antarpulau antarprovinsi,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa TPID Jatim akan terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak mendukung upaya pengendalian inflasi pangan baik dengan kabupaten/kota di Jatim maupun dengan provinsi lain di Indonesia.

Terakhir, Khofifah yang sangat berharap inflasi pangan di bawah 5 persen mengajak kepada seluruh kepala daerah untuk saling silaturahim.

Sekaligus membangun suasana seperti harapan Gubernur BI, menurunkan inflasi pangan dari 10,7 persen ke 6 persen bahkan 5 persen.(end)