31 January 2023
31 January 2023
22.9 C
Malang
ad space

Lima Komoditas Ini Picu Inflasi Kota Malang

Kegiatan transaksi perekonomian menumbuhkan optimis inflasi pada 2023 melandai. (MVoice/dok)

MALANGVOICE – Lima komoditas menjadi pemicu inflasi Kota Malang di bulan tutup tahun 2022. Keempat komoditas dari sektor pangan, satu lainnya dari perhiasan.

Meski demikian Inflasi yang lebih tinggi tertahan oleh penurunan harga pada beberapa komoditas, seperti pisang dengan andil -0,02 persen (mtm), buah naga -0,01 persen (mtm), cabai merah -0,01 persen (mtm), batu bata -0,01 persen (mtm), dan sabun cair -0,01 persen (mtm).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Malang, Samsun Hadi, mengatakan, kelima komoditas pendorong inflasi pada Desember 2022 antara lain beras telur ayam ras, tomat, cabai rawit, dan emas perhiasan.

Baca Juga:
Prof Chandra: Tiga Sektor Ini Mampu Atasi Resesi Dunia

Kepepet Kebutuhan Ekonomi Ibu di Gempol Jadi Kurir Sabu

50 Anggota Polresta Malang Kota Naik Pangkat, Buher Minta Tingkatkan Tanggung Jawab

“Harga beras dengan andil 0,06 persen (mtm), telur ayam ras 0,06 persen (mtm), tomat 0,05 persen (mtm), cabai rawit 0,04 persen (mtm) dan emas perhiasan 0,04 persen (mtm),” ujar Samsun dalam keterangan rilis yang diterima MVoice (3/1).

Menurut Samsun, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Malang pada Desember 2022 mengalami inflasi 0,58 persen (mtm).

Dengan demikian, selama tahun 2022 inflasi Kota Malang tercatat sebesar 6,45 persen (yoy). Angka ini lebih rendah dari inflasi Provinsi Jatim 6,52 persen (yoy), namun lebih tinggi dari nasional yang tercatat 5,51 persen (yoy).

“Secara spasial, inflasi kota Malang menempati urutan ke tiga tertinggi di Jawa Timur setelah Jember dan Surabaya,” terangnya.

Baca Juga:
Pemkab Malang Alokasikan Rp30 M untuk Subsidi Bunga KUR

Arema FC Gelar Latihan Intensif di Batu

Momen Libur Nataru, Kunjungan Wisatawan ke Pantai Alami Penurunan

Dari segi kelompok, lanjutnya, inflasi periode Desember 2022 yang terbesar didorong oleh kenaikan harga dari kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,45 persen (mtm), kelompok transportasi 0,06 persen (mtm) dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,05 persen (mtm).

Tentang kenaikan harga beras yang menjadi pendorong inflasi, Samsun menyebut terjadi di tingkat penggilingan maupun tingkat konsumen.

“Hal ini seiring menipisnya pasokan beras yang tercermin dari semakin menipisnya Cadangan Beras Pemerintah (CBP), serta menurunnya luas panen dan produksi,” jelasnya.

Adapun kenaikan harga telur ayam ras, Samsun menyebut dipicu oleh kenaikan biaya produksi. Hal ini akibat dampak penguatan dolar AS yang meningkatkan biaya bahan baku produksi pakan ternak di tengah meningkatnya konsumsi selama momen Nataru.

“Pencairan program bantuan sosial sembako yang dirapel selama tiga bulan periode Oktober-Desember turut mengakselerasi harga telur ayam ras,” sambungnya lagi.

Adapun kenaikan harga tomat dan cabai rawit, seiring menipisnya pasokan akibat berkurangnya hasil panen di tengah curah hujan yang tinggi.

Untuk kenaikan harga emas perhiasan, kata Samsun, mengikuti indeks emas dunia yang terpantau menguat.

“Kenaikan harga emas setelah Tiongkok sebagai konsumen terbesar emas dunia, mengumumkan kebijakan pelonggaran mobilitas,” ujarnya.

Memasuki 2023, Samsun memperkirakan inflasi tahun 2023 akan melandai dan lebih rendah dibanding tahun 2022 meski ada beberapa tantangan.

Tantangan yang dihadapi seperti tingginya harga pangan dan energi dunia akibat cuaca ekstrim. Juga berlanjutnya konflik Rusia-Ukraina, yang dapat mempengaruhi tingkat inflasi nasional maupun Kota Malang.

“Sinergi kebijakan antara Pemerintah Pusat dan Daerah dengan Bank Indonesia akan terus diperkuat melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP),” ujarnya.

“Juga penguatan koordinasi TPIP-TPID untuk menjaga level inflasi berada dalam rentang sasaran 3,0 persen + 1 persen,” tutupnya.(end)

Sukses di Samarinda, Kopiria Buka Cabang ke-32 di Malang

Kopiria cabang Malang. (Deny/MVoice)

MALANGVOICE – Brand kopi asal Samarinda, Kopiria membuka cabang baru di Malang. Cabang ke 32 terletak di Jalan Panglima Sudirman.

Owner Kopiria cabang Malang, Ayuni, mengatakan, berdasar kesuksesan di Samarinda, Co Founder Kopiria, Tiara May menginisiasi cabang baru di Jatim. Malang dipilih karena perkembangan usaha kopi yang menjamur.

“Alasannya buka di sini, karena Malang banyak tempat wisata, dan kampus banyak. Pasarnya juga lebih mudah di Malang. Sebelum kita buka, kami cek kafe di sini nyaris penuh semua,” kata Ayuni.

Baca Juga: Jumlah TKI/PMI dari Warga Kabupaten Malang Meningkat

Buka Toko Besar di Malang, Tuku Kopi Bawa Konsep Unik

Pemkab Malang Proyeksikan Surplus Beras 96.848 Ton

Perkenalan Kopiria Malang. (Deny/MVoice)

Soft opening Kopiria Malang sudah dilakukan pada 5 Desember lalu. Sementara grand opening direncanakan pada 31 Desember atau di penghujung tahun 2022 dan siap menyapa Wargaria.

Ayuni menjelaskan, Kopiria ini berbeda dengan coffeeshop lain. Beberapa menu kopi diracik sendiri sehingga memiliki rasa khas, seperti menu andalan kopiren yang menggunakan gula aren bikinan sendiri.

“Menu Korimi dan Kopiren merupakan perpaduan rasa kopi yang krimi dan gula aren yang khas selalu memikat Wargaria,” ujarnya.

Kopiria di Malang menawarkan tempat yang nyaman dengan perpaduan konsep indoor serta outdoor. Letaknya yang strategis juga dinilai mampu bersaing dengan produk kopi lokal lain.

Selain perkopian, Kopiria juga menyajikan menu makanan, seperti nasi bakar dan nasi cakalang sebagai menu andalan.

Selama opening ini, Kopiria memberikan banyak promo. Salah satunya bayar kopi pakai Instastory di Instagram.

“Kami ingin mengajak Wargaria meramaikan malam tahun baru bersama Kopiria. Ada banyak acara selama grand opening dan promo menarik di sini,” tandasnya.(der)

Buka Toko Besar di Malang, Tuku Kopi Bawa Konsep Unik

Gerai Tuku Malang. (Deny/MVoice)

MALANGVOICE – Menjelang tutup tahun 2022, Kopi Tuku membuka gerai baru di Malang. Opening gerai baru di Jalan Jombang, Klojen ini dilakukan pada Rabu (28/12).

Tuku Malang hadir untuk menyapa Tetangga -sebutan pelanggan Tuku- Klojen dan sekitarnya dengan konsep unik.

Dibukanya gerai Tuku Malang menjadikan sebagai gerai ke 35 di seluruh Indonesia dan menutup ekspansinya di tahun 2022 ini.

Owner Kopi Tuku, Andanu Prasetyo, mengatakan, gerai di Malang ini sekaligus yang terbesar daripada gerai lain, termasuk di Surabaya.

Gerai Tuku Malang. (Deny/MVoice)

Baca Juga: Pemkab Malang Proyeksikan Surplus Beras 96.848 Ton

Pelajar Kelas Satu SD di Gedangan Berjuang Melawan Tumor Luring

Penaataan Stadion Gelora Brantas Berkiblat ke Manahan Solo

Di Tuku Malang ada cendera mata di pojok Toserbaku (Toko Serba Tuku). Di dalamnya ada beberapa merchandise dan beberapa kebutuhan Tetangga TUKU, seperti jepit rambut, kipas, gelas, dan barang unik lain.

“Kami ingin semakin menjawab kebutuhan Tetangga Tuku. Jadi orang bisa nyaman di sini,” kata Tyo, sapaan akrabnya.

Gerai Tuku Malang. (Deny/MVoice)

“Tujuan yang tepat juga untuk Tetangga dari kota-kota sekitar mampir icip-icip produk terbatas dan koleksi cendera mata untuk dibawa sebagai oleh-oleh ke kota asal,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Tuku Malang juga hadir membawa tambahan berbagai produk makanan dan minuman khusus untuk Tetangga Malang. Mulai dari Nasi Goreng Kopi, Nasi Ayam Gula Aren, Teh Asam Jawa, Butterbeer Kopyor, dan banyak pilihan lainnya yang dapat Tetangga temukan langsung di toko.

“Mengingat banyaknya Tetangga Tuku alumni Unibraw ataupun yang masih berkuliah,
akhirnya kami mencoba untuk lebih mendekat ke Tetangga Malang, dan memutuskan bahwa ini
adalah kesempatan yang tepat untuk membawa konsep berbeda dari lokasi manapun. Kami
ingin Tuku menjadi lebih dekat dan menjawab harapan semua #TetanggaTuku,” jelasnya.

Sementara itu, Regional Manager Jatim, Khansa Aidawati, mengatakan, selama opening Tuku Malang ada beberapa promo akhir tahun.

“Salah satunya beli makanan apapun dengan teh asem jawa ada potongan Rp10 ribu,” katanya.

Khansa berharap, Tuku Malang mampu ikut bersaing dengan perkembangan usaha kopi yang ada di Malang.

“Dalam kesempatan ini kami merasakan kesejukan serta keramahan kota ini yang membuat kami ingin bertetangga di sini. Kami senang, harapannya dengan munculnya kostumer sebagai pertanda kita diterima bisa melanjutkan cerita Tuku di Jatim,” harapnya.(der)

Rayakan Pergantian Tahun, Solaris Malang Usung Tema Retro 90′

Solaris Malang. (Istimewa)

MALANGVOICE – Hotel Solaris Malang menyajikan konsep unik dalam menyambut Tahun Baru 2023. Hotel bintang 3 ini mengusung tema Retro 90′.

General Manager Solaris Malang, Irul Khusnaini, mengatakan, tema konsep Retro 90′ sengaja dipilih agar lebih dekat dengan anak-anak milenial.

“Kami ingin bernostalgia bersama pengunjung karena kami menyiapkan ornamen khas 90an dengan berbagai hiburan untuk mengiringi pergantian tahun seperti dancer, band, dan banyak lainnya,” kata Irul.

Seluruh acara yang disiapkan tidak hanya dikhususkan bagi tamu hotel saja, namun bisa dihadiri siapapun pengunjung yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun 2023 di Solaris.

“Tentunya kami tawarkan harga khusus bagi pengunjung Solaris Malang, lengkap dengan 5 menu dan amenities khas tahun baru, seperti terompet dan pernak pernik meriah lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Dua Proyek Program Prioritas Ditarget Rampung Akhir 2022

254 Pelaku UMKM Kota Batu Dapat Bantuan BLT BBM

Menu andalan Solaris Malang. (Deny/MVoice)

Tak hanya itu, Solaris Malang juga mengenalkan rangkaian menu western, mulai dari soft roll and butter, shrimp and avocado mango vinaigrette salad, soup cream mushroom with garlic dough, grilled chicken steak gravy mashed potato and vegetables ditutup dengan fruit and ice cream.

Primadona utama dari western cuisine in adalah menu main course, yaitu grilled chicken steak gravy mashed potato and vegetables, dada ayam utuh yang dimarinasi lembut dan dipanggang sempurna dengan butter, memberikan cita rasa yang lembut, savory dan juicy, dipadukan dengan kentang tumbuk dan sayur segar khas Malang yang diolah dengan rempah pilihan membuat siapapun yang menyantap akan merasakan kenikmatan sempurna.

Hidangan terbaik yang disajikan Solaris Hotel Malang in tidak terlepas dari sook Chef Idris yang merupakan chef berpengalaman di hotel bintang 5. Chef idris menekankan semua proses kurasi dan pemilihan menu dilakukan dengan tepat dan sesai standart keamanan, sehingga menghasilkan hidangan berkelas.

“Western menu yang kami suguhkan telah melewati proses kurasi terbaik, mulai dari bahan dan rempah yang juga sudah berdasarkan standard safety food (HACCP), tidak semua hotel punya sertifikasi ini,” tutur Idris.(der)

Aksi Petualangan Seru dan Kocak “The Big 4” Tayang Perdana Hari Ini di Netflix

Sutradara dan pemain The Big 4. (Netflix)

MALANGVOICE – Sutradara ternama, Timo Tjahjanto menghadirkan karya terbaru berjudul “The Big 4”. Film komedi laga ini mulai tayang hari ini, Kamis (15/12) di Netflix Original Indonesia.

Film ini dibintangi Abimana Aryasatya, Putri Marino, Arie Kriting, Lutesha, dan Kristo Immanuel.

The Big 4 mengikuti perjalanan seorang detektif yang menyelidiki kematian ayahnya dan mengikuti jejak hingga ke sebuah pulau tropis. Setelah menemukan jati diri sesungguhnya sang ayah sebagai pemimpin kelompok pembunuh bayaran, kejaran musuh membuat ia terpaksa bekerja sama dengan para murid ayahnya dahulu: empat mantan pembunuh bayaran.

Disatukan oleh keadaan dan tujuan yang sama, hubungan anggota The Big 4 yang tadinya tak mengenal satu sama lain bergeser menjadi sebuah keluarga yang saling melindungi. Menurut Timo, The Big 4 menjadi film favorit garapannya berkat tema keluarga yang dibangun dengan solid di sini.

Baca Juga: Perum Perhutani Jatim Tanam 2000 Bibit Pohon di Dusun Brau

Sutiaji Pertanyakan LPJ Ketua KONI Kota Malang

“Di sini ada karakter-karakter yang sebenarnya mismatched, antara Topan, Dina, Alpha, Jenggo, Pelor. Tapi mereka semua ada di bawah bimbingan father figure mereka,” ujarnya. Ia juga mengutarakan harapannya agar penonton yang menyaksikan film ini bisa mengalami “happy release” atau perasaan senang setelah menghadapi sesuatu yang mencekam.

Dengan kepribadian yang eksentrik, para anggota The Big 4 menghadirkan banyak momen memukau sekaligus mengocok perut di sepanjang film. Mereka adalah Pelor si polos, Alpha si garang, Jenggo si sniper jagoan, dan Topan sang pemimpin.

“Semua dengan keunikannya masing-masing. Alpha yang agresif, berani bertindak dan ‘sangat sopan’ berbicara. Jenggo yang posisinya boleh di paling belakang tapi dekat di hati serta Pelor si paling kecil yang selalu ingin tampil dan ingin dianggap dewasa oleh kakak-kakaknya,” kata Abimana Aryasatya.

Sementara itu, Lutesha menyampaikan harapannya agar sosok-sosok unik ini bisa membuat penonton jatuh sayang. “Saya memerankan Alpha yang ngegas terus dan omongannya tidak disaring, kontras dengan saya sendiri yang kalem dan lempeng-lempeng saja. Tapi walau karakter-karakternya memang gesrek dan aneh, mereka semua punya soft spot yang menyentuh,” ujarnya.

Pulau Bersi yang asri dan damai menjadi lokasi yang sempurna bagi berlangsungnya segala kekacauan dan huru-hara antara The Big 4 dan musuh-musuhnya. Lanskap arsitektur dan berbagai bangunan dibuat khusus untuk The Big 4 dan menunjukkan jejak kolonialisme serta budaya Indonesia yang kaya, karya art director Antonius Boedy bersama 25 orang kru dan 120 pembuat set. Produser Wicky V.

“Kami sangat berterima kasih pada Netflix yang membuat Timo dan saya bisa bermimpi. Di film ini ada all-star cast tapi kami juga didukung oleh all-star crew, talenta-talenta terbaik di belakang layar. Ketika Timo mengkhayalkan desain produksi tertentu, semuanya bisa dieksekusi dengan baik oleh sang art director,” ucap Olindo.

The Big 4 menjadi film laga pertama bagi Kristo Immanuel, Putri Marino, dan Lutesha. Serangkaian workshop latihan yang menggabungkan berbagai teknik bela diri, termasuk dari Jujitsu, taekwondo, dan karate, diadakan selama tiga bulan agar para aktor dapat menguasai koreografi.

Lutesha mengenang saat-saat awal tersebut. “Saya yang tidak sporty ini tiba-tiba ikut fighting workshop dari hari Senin sampai Sabtu, dari pukul 9 sampai 17. Itu tantangan berat dan saya bekerja keras, kami semua dilatih secara fisik dan mental,” ujar Lutesha.

Kristo menambahkan bahwa perpindahan dari latihan ke lokasi syuting menghadirkan tantangan tersendiri.

“Dari Jakarta Selatan pindah ke Bedugul yang hujan terus-menerus, kami harus menyesuaikan apa yang dipelajari di matras ke lumpur tapi seru banget!”

Film ini juga dibintangi Marthino Lio, Budi Ros, Donny Damara, Michelle Tahalea, Willem Bevers, Andri Mashadi, Michael Kho, dan sederet aktor ternama lainnya.(der)

Pilihan Destinasi untuk Road Trip Seru di Sekitaran Jakarta

Jakarta Kota Tua. (Traveloka)

MALANGVOICE – Staycation merupakan kegiatan seru yang bisa dilakukan di akhir pekan. Baik menginap di hotel atau memilih untuk melakukan staycation di rumah saja. Namun bagi yang ingin aktivitas lebih menantang, road trip bisa dilakukan. Bagi warga ibu kota, road trip Jakarta saja sudah cukup. Banyak destinasi seru yang bisa disinggahi.

Jika tidak memiliki kendaraan pribadi untuk melakukan road trip Jakarta, cara mudahnya adalah sewa mobil di Traveloka. Jadi dengan mobil, bisa melakukan road trip berdua atau bersama rombongan. Jika sudah dapatkan kendaraanya, berikut ini deretan pilihan destinasi yang bisa dituju untuk road trip di Jakarta.

Kota Tua Jakarta

Spot yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan road trip Jakarta adalah Kota Tua. Ini merupakan destinasi wisata yang masih menyajikan berbagai bangunan bersejarah dengan arsitektur ala zaman Kolonial. Contohnya saja ada Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Jembatan Kota Intan, dan lain sebagainya.

Bagi yang bisa berkunjung ke museum, bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Seperti menyewa sepeda, foto-foto, sampai dengan kulineran. Beberapa kuliner legendaris yang bisa dicoba antara lain kerak telor, es selendang mayang, sampai soto tangkar. Bisa juga berbincang seru di Cafe Batavia atau Kedai Seni Jakarta.

Hutan Mangrove PIK

Sementara bagi yang ingin melepas penat dengan menyaksikkan panorama hijau yang menenangkan, bisa menuju ke Hutan Mangrove PIK. Saat masuk ke kawasannya, langsung disambut dengan pepohonan hijau yang asri. Bagi yang membawa buah hati, tentunya tempat ini bisa jadi spot untuk wisata edukasi.

Awalnya hanya hutan mangrove, sekarang sudah disulap menjadi tujuan wisata. Dilengkapi dengan berbagai daya tarik. Misalnya saja berbagai spot foto, tempat untuk memancing, sampai dengan kafe. Fasilitasnya juga diperlengkap, ada toilet umum, mushola, tempat makan, sampai parkir yang memadai.

Taman Margasatwa Ragunan

Jika melakukan road trip bersama dengan buah hati, jangan ragu untuk memilih Taman Margasatwa sebagai salah satu destinasinya. Tentunya, ini tempat yang tepat untuk memperkenalkan berbagai jenis hewan kepada anak-anak. Khususnya yang sudah mulai usia sekolah.

Luas tempat ini mencapai 147 hektar dan di dalamnya terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna. Jika budgetnya memungkinkan, bisa ikut berbagai aktivitas seru yang ditawarkan. Misalnya saja ikut memberi makan satwa, melihat berbagai atraksi menarik, sampai dengan mencoba berbagai sarana rekreasi. Seperti Gajah Tunggang, Unta Tunggang, dan lain-lain.

Perkampungan Setu Babakan

Bagi yang tertarik dengan budaya dan kesenian Betawi, tidak lengkap road trip Jakarta tanpa mengunjungi Perkampungan Setu Babakan. Ada banyak hal seru tentang budaya dan kesenian khas Betawi yang bisa dinikmati di tempat ini. Misalnya saja ada Replika Kampung Betawi, Rumah Adat Betawi, Museum Betawi, dan lain-lain.

Meski tajuk utamanya adalah budaya dan seni, namun banyak juga kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan. Contohnya saja melakukan berbagai Wisata Air seperti halnya naik Perahu Naga, Olahraga Kano, Sepeda Air, sampai memancing. Bagi yang tertarik dengan tanaman, bisa melakukan Wisata Agro.

Pantai Ancol

Pantai selalu jadi tempat yang tepat untuk menghilangkan penat. Dan salah satu yang paling populer di Jakarta adalah Pantai Ancol. Selalu padat merayap dengan para pengunjung saat musim liburan tiba. Jika ingin lebih seru, Anda bisa berjelajah ke Kepulauan Seribu.

Banyak hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Ancol, utamanya adalah menikmati keindahan lautan dan isinya. Namun bagi yang bosan berlama-lama memandangi pantai dan laut, bisa kulineran, foto-foto, belanja, sampai menginap di resort yang ada.

Kawasan Pecenongan

Road trip tanpa makan pasti bisa kelaparan, maka dari itulah, Anda bisa mampir untuk sekadar mengisi perut ke Kawasan Pecengongan. Baik itu untuk sarapan, brunch, makan siang, sampai dengan makan malam, semuanya tersedia. Jadi kapan saja akan ada pilihan tempat makan yang buka.

Tidak hanya sekadar outlet makanan biasa, banyak sekali tempat makanan sekelas restoran yang rasanya menggiurkan. Beberapa rekomendasinya adalah Nasi Telor Rakyat, Ayam Presto Ny. Nita, Martabak Pecenongan 65A, Nasi Uduk Sri Rostika, dan masih banyak lainnya.

Pasar Tanah Abang

Setelah road trip seharian, jangan lupa membawakan oleh-oleh untuk keluarga di rumah yang tidak ikut jalan-jalan. Supaya tidak menghabiskan banyak uang, Anda bisa melipir sebentar ke Pasar Tanah Abang. Bisa membeli makanan, baju, atau aksesoris kecil. Tidak perlu mahal, yang penting niatnya.

Jika Pasar Tanah Abang dirasa kejauhan, Anda bisa berburu oleh-oleh di sekitar yang paling dekat dari rumah. Jika bingung, sekadar membawakan oleh-oleh martabak manis atau asin tidak masalah. Pasalnya, liburan yang dilakukan cukup singkat dan waktunya juga terbatas.

Rekomendasi BI Jatim Pulihkan Sektor Pariwisata Pasca Covid-19

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC), salah satu upaya mendorong pertumbuhan ekonomi bidang pariwisata. (MVoice/noordin)

MALANGVOICE – Bank Indonesia Jawa Timur (BI Jatim) mengeluarkan rekomendasi jangka pendek pemulihan dan percepatan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Asisten Direktur Kantor Perwakilan Wilayah BI Jatim, Siti Rochmawati mengatakan, sektor pariwisata ini masih memiliki peluang besar untuk terus digarap.

Pemulihan dan percepatan ini, lanjutnya, sesuai roadmap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang tahun ini dan tahun depan masih dalam tahap pemulihan pariwisata.

Baca Juga:
Gelar 4 Event Bertaraf Internasional, Disparta Batu Optimis Kunjungan Wisatawan Tembus 10 Juta

Pernyataan Polisi Tentang Pembongkaran Pagar Tribun Stadion Kanjuruhan, Pro Desa: Buka Pintu Aksi

Program Pesta Honda, Penawaran Menarik Spesial Akhir Tahun

“Salah satu strategi program jangka pendek sektor pariwisata ini seperti pengembangan atraksi untuk meningkatkan minat dan tingkat lenght of stay (lama menginap) wisatawan yang masih di bawah Bali,” ujarnya saat Bincang Bareng Media (BBM) beberapa waktu lalu di Banyuwangi.

Dengan fenomena tersebut, BI Jatim merekomendasikan agar daerah-daerah dapat mengembangan destinasi wisata lokal.

“Seperti di Banyuwangi ini yang punya 99 event dalam setahun. Ini bisa menutup kelemahan kita di kinerja lenght of stay,” katanya.

Baca Juga:
Praktisi Hukum Tanggapi Dugaan Pelanggaran AD/ART KONI Kota Malang Jelang Musorkot

Piala Dunia Qatar 2022 dan Sunatullah Perubahan

Jalan Rekonstruksi, Pelaku Pembunuhan Ibu Angkat Reka Ulang 23 Adegan

Rekomendasi selanjutnya, perlu dilakukan pengembangan infrastruktur jalan, penyediaan paket-paket wisata atau penawaran homestay. Tujuannya agar wisatawan bisa lebih lama tinggal.

Destinasi wisata juga perlu mengimplementasikan sertifikasi CHSE, termasuk pengembangan wisata ramah lingkungan seperti pengolahan sampah hingga penggunaan sumber energi baru (renewable energy) yang biasanya sangat diminati wisatawan asing.

Ditambahkan perempuan yang akrab disapa Wati ini, jumlah wisatawan mancanegara dan devisa pada 2022 mulai menunjukkan tren perbaikan yang konsisten, seiring tren perbaikan mobilitas wisatawan nusantara.

Tercatat, pertumbuhan devisa pada kuartal II/2022 mencapai 168,05 persen (yoy) atau naik sebesar 97,02 persen (qtq).

“Namun kinerja length of stay (lama menginap) justru turun dibandingkan 2021. Hal ini disebabkan tingginya hotel yang digunakan untuk isolasi mandiri/karantina Covid-19,” imbuhnya.

Secara makro, Wati menjelaskan, perekonomian Jatim pada kuartal III/2022 mencapai 5,58 persen (yoy). Cukup melambat dibandingkan kuartal II/2022 yang bisa tumbuh 5,76 persen (yoy).

Sementara inflasi di Jatim masih cenderung tinggi 6,6 persen, padahal TPID telah menginisiasi gerakan pengendalian inflasi. Begitu juga dengan indeks recovery di Jatim tercatat sebesar 86,22 yang dihitung dari tiga indikator yakni situasi kependudukan, perkembangan ekonomi dan kesehatan.

“Indeks tersebut menuju ke arah pemulihan seperti kondisi sebelum pandemi,. Nah, Jatim merupakan wilayah kontributor terbesar kedua setelah DKI Jakarta dalam menopang ekonomi Pulau Jawa,” urainya.(end)

Program Pesta Honda, Penawaran Menarik Spesial Akhir Tahun

Program Pesta Honda. (istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT beserta jaringan dealer Honda siap menemani aktivitas penting masyarakat dengan memberikan penawaran spesial pada skutik terlaris New Honda BeAT dan New Honda BeAT Street.

Melalui program PESTA Honda, Penawaran Spesial Akhir Tahun Motor Honda, MPM Honda Jatim memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin memiliki Honda BeAT.

Cukup bayar Rp500 ribu saja, konsumen sudah bisa memiliki Honda BeAT. Selain itu juga MPM Honda Jatim juga memberikan fasilitas potongan angsuran tiga kali atau Rp60 ribu. Promo ini berlaku mulai periode 01 – 31 Desember 2022.

“Honda BeAT sebagai motor favorit masyarakat sebagai sarana transportasi kepercayaan masyarakat di Tanah Air dalam menjalankan aktivitas sehari – hari. Kami berharap program yang diberikan bisa dinikmati konsumen Honda,” kata Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.

Program Pesta Honda. (istimewa)

MPM Honda Jatim juga menggelar Pameran BeAT AKhir Tahun di beberapa lokasi yakni
Lawu plaza Madiun (19 Desember 2022-18 Januari 2023), Matos Malang (12-25 Desember 2022), Icon Mall Gresik (12-18 Desember 2022), Sunrise Mall Mojokerto (19-25 Desember 2022), Delta Plaza Surabaya(19-25 Desember 2022), Royal Plaza Surabaya(26 Desemeber 2022-01 Januari 2023), Bravo Tuban (18-31 Desember 2022), PCC ponorogo (26 Desember – 01 Januari 2023). Dapatkan promonya dengan mengunjungi pamerannya.

Tidak hanya memberikan kemudahan dalam mendapatkan sepeda motor Honda impian, MPM Honda Jatim juga selalu konsisten memberikan layanan purna jual. Untuk kemudahan informasi, konsumen bisa mengakses website dan sosial media mpmhondajatim.

New Honda BeAT dipasarkan dengan harga on the road (OTR) Surabaya Rp19.376.000 untuk tipe CBS, Rp17.365.000,- untuk tipe CBS-ISS, dan Rp20.071.000,- untuk tipe Deluxe. Sementara itu untuk New Honda BeAT Street dipasarkan dengan OTR Surabaya OTR Rp20.172.000,-

SATU yang SPESIAL dari FAVORIT SEMUA
New Honda BeAT dan New Honda BeAT Street hadir dengan tampilan terbaru yaitu adanya pilihan warna baru dan striping baru yang Spesial. Dengan New Honda BeAT dan New Honda BeAT Street sudah terbukti menjadi pilihan Favorit dari semua kalangan. Kini eranya nge-BeAT karena setiap pengguna New Honda BeAT dan New Honda BeAT Street adalah Satu yang Spesial dari Skuter Matik Favorit Semua orang.(der)

Edukasi Masyarakat Peduli Lingkungan, Otsuka Eco Dirikan Bank Sampah

Eco Otsuka mendirikan bank sampah. (istimewa)

MALANGVOICE – PT Amerta Indah Otsuka meresmikan fasilitas Bank Sampah di Kejayan – Pasuruan yang menjadi program Otsuka Eco Village.

Melalui program Otsuka Blue Planet, fasilitas ini tentu bertujuan untuk mengurangi limbah sampah agar lingkungan tetap bersih.

Fasilitas yang bernama Bank Sampah GEMPAR di Kejayan – Pasuruan didirikan oleh PT Amerta Indah Otsuka pada hari ini Selasa (13/12) secara resmi diserahkan kepada masyarakat sekitar yang diwakili oleh KSM GEMPAR (Kelompok Swadaya Masyarakat Gerakan Membangun Pacarkeling).

KSM GEMPAR bersama masyarakat yang akan mengelola bank sampah serta menjadi agent of change bagi lingkungan sekitar dengan visi “Membangun Pacarkeling”.

Baca Juga: Tim Investigasi dan Advokasi Tragedi Kanjuruhan Sesalkan Ucapan Polisi Soal Pembongkaran Stadion

Jelang Pemilu 2024, KPU Kabupaten Malang Gelar Uji Publik Dapil

Hasil Survei ICW Munculkan Polemik antara Apel Batu dan Inspektorat

Corporate Communication Director PT Amerta Indah Otsuka, Sudarmadi Widodo, mengatakan, Bank Sampah merupakan bukti nyata komitmen PT Amerta Indah Otsuka dalam mengubah kebiasaan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Apalagi saat ini terdapat 200 ton sampah yang mencemari perairan Pasuruan Jawa Timur.

Hal tersebut, mendorong pihaknya untuk menghadirkan Otsuka Eco Village yang bertujuan mengedukasi dan memberikan fasilitas bank sampah demi membantu masyarakat sekitar pabrik.

“Masyarakat yang ingin menjadi nasabah pada Bank Sampah GEMPAR dapat melakukan pendaftaran melalui KSM GEMPAR,” ujar Sudarmadi Widodo.

Adanya bank sampah dapat mengubah perilaku masyarakat agar dapat mengelola sampah baik Non Organik, Organik dan Residu secara mandiri.

“Untuk mekanisme pencatatannya masyarakat bisa memilah sampah secara mandiri dari rumah dan membawa sampah non organik yang memiliki nilai jual ke Bank Sampah GEMPAR,” sambungnya.

Dengan adanya program Otsuka Eco Village serta didirikannya Bank Sampah GEMPAR, kata Sudarmadi Widodo, berharap dapat membantu mengurangi sampah yang tertimbun dan tidak terkelola dengan baik.

“Serta mengubah perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama dalam mengelola sampah rumah tangga dengan baik dan benar secara mandiri,” tutupnya.

Selain mendirikan fasilitas bank sampah, PT Amerta Indah Otsuka melalui program Otsuka Eco Village juga memberikan edukasi mengenai cara mengelola sampah rumah tangga yang baik dan benar dimulai dari memilah sampah.

Sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam pelaksanaan program Bank Sampah.

K.H. Abdul Mujib Imron S.H., M.H selaku Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan menyadari untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah yang tertumpuk dan tidak terkelola dengan baik dibutuhkan upaya dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat serta dukungan sektor lainnya.

“Kami sangat mengapresiasi PT Amerta Indah Otsuka yang telah berupaya untuk memberikan edukasi bagi masyarakat di wilayah Kejayan – Pasuruan serta memfasilitasi bank sampah melalui program Otsuka Eco Village,” ungkapnya.

Sementara, Mr. Takeyama Kenichi selaku Consulate General of Japan in Surabaya mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Pacarkeling, Kejayan, Pasuruan, serta Pemerintah Kabupaten Pasuruan atas dukungan, usaha serta partisipasinya sehingga Proyek Bank Sampah ini berhasil diwujudkan.

“Semoga program Otsuka Eco Village ini dapat terus berlanjut bahkan memunculkan perusahaan atau daerah yang mengadopsi program seperti ini,” ucapnya.

“Sehingga terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan tidak hanya di Jawa Timur tapi juga untuk bumi yang lebih baik,” Mr. Takeyama Kenichi melanjutkan.(der)

Puluhan Jurnalis Keracunan di Banyuwangi, Ini Penjelasan BI

Ilustrasi seseorang yang sedang merasakan sakit di bagian perut, (Pixabay).

MALANGVOICE – Peristiwa keracunan dialami jurnalis saat mengikuti Gathering Bank Indonesia di Banyuwangi. Hal ini dibenarkan langsung Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Malang, Samsun Hadi.

Total ada sekitar 32 jurnalis yang dikabarkan mengalami mual, muntah, dan diaer sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Samsun Hadi mengatakan, dari perwakilan Malang ada sembilan jurnalis yang terpilih untuk berangkat dalam acara itu. Dari total keseluruhan berjumlah 89 jurnalis se-Jawa Timur untuk meliput destinasi pariwisata Banyuwangi.

Baca Juga: Kejari Kabupaten Malang Musnahkan Uang Palsu Rp468,5 Juta

Restorative Justice Batal, 4 Penebang Pohon Perhutani Jalani Proses Hukum

“Kebetulan yang menjadi host adalah BI Surabaya,” kata Samsun kepada MVoice.

Keluhan para peserta ini dilaporkan pada Senin (12/12) dini hari saat peserta berada di Hotel Ketapang Indah. Sesaat kemudian panitia acara langsung membawa peserta yang mengalami keluhan seperti keracunan ke rumah sakit terdekat.

Khusus jurnalis dari Malang, ada satu orang yang mengeluhkan diduga keracunan.

“Sudah ditangani dengan baik dan cepat oleh tenaga kesehatan Banyuwangi. Dan ini sudah mulai kembali ke daerah masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu Budi Hanoto, Kepala KPwDN BI Jatim, memberikan klarifikasi soal peristiwa itu.

Ia menjelaskan agenda Bincang Bareng Media digelar mulai 9-12 Desember 2022. Total 89 peserta jurnalis se Jawa Timur yang terpilih mengikuti kegiatan akhir tahun tersebut.

“Setelah seluruh kegiatan berakhir, pada tgl 12 Desember 2022, secara bergantian sejumlah 35 jurnalis mengalami gejala sakit perut, mual dan diare,” jelasnya melalui keterangan pers, Senin (12/12).

Mendengar ada keluhan dari peserta, panitia membawa para peserta yang bergejala ke IGD RSUD Blambangan dan RS Yasmin.

Selain itu, KPw BI Provinsi Jawa Timur juga melakukan koordinasi intensif dengan Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan Pemda Banyuwangi dan pihak TNI Polri untuk menangani kejadian ini. Dalam hal ini, seluruh jurnalis bergejala telah mendapatkan penanganan kesehatan terbaik dari tim medis dibawah koordinasi Dinas Kesehatan Banyuwangi.

Hingga saat ini, seluruh pasien telah diizinkan pulang dari RS dan seluruh peserta memilih untuk tetap kembali ke Surabaya.

“Adapun penyebab kejadian tersebut hingga saat ini masih dalam proses investigasi dari Dinas Kesehatan dan Polri dan kami sangat menghormati proses investigasi yang tengah dilakukan pihak berwenang tersebut,” lanjutnya.

Meski memastikan seluruh peserta sudah boleh pulang ke daerah masing-masing, namun pihak BI Jatim akan terus memonitor perkembangan seluruh peserta.

“Sebagai tindak lanjut, kami akan terus memonitor kondisi kesehatan seluruh jurnalis peserta Bincang Bareng Media yang saat ini sedang dalam perjalanan kembali ke rumah masing-masing. Kami juga akan melakukan evaluasi lebih lanjut perihal penyelenggaraan kegiatan agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” tandasnya.(der)