Wisatawan Mulai Berdatangan ke Kota Batu, Perajin Gerabah Buka Puasa Penghasilan

Alat-alat dapur dari gerabah di Dadaprejo. (Aan)

MALANGVOICE – Para perajin gerabah Kota Batu mulai dapatkan banyak pelanggan. Setelah puasa penghasilan akibat pandemi Covid-19, saat ini mulai berbuka dengan kedatangan wisatawan dan membeli gerabah sebagai oleh-oleh.

Seperti pengakuan salah satu perajin gerabah, Samsul Riyanto, memang ada peningkatan penjualan. Jika biasanya hanya ada lima orang yang berkunjung setiap hari, kini konsumennya bisa mencapai 15 orang dalam sehari.

“Biasanya hanya menunggu dan hanya duduk. Alhamdulillah sekarang sudah mulai naik, wisatawan sudah beranjak ramai,” ucapnya saat ditemui di kiosnya yang berada di Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Jumat (12/03).

Produksi yang sempat dihentikan karena stok barang menumpuk kini sudah dilakukan lagi. Berbagai kerajinan dibuatnya, mulai dari bahan baku kayu hingga batu.

Olahannya, jelas Samsul, meliputi berbagai macam alat dapur. Seperti cobek batu, sendok kayu hingga tudung saji. .

Samsul menjelaskan sudah jarang ditemui perajin gerabah di era modern yang masih bertahan.
Padahal produk yang dihasilkan sudah pasti lebih aman, karena bahan baku yang alami.

“Patokan harga juga murah. Berkisar dari Rp8 ribu sampai Rp350 ribu per item. Tergantung dari jenis, bahan baku dan ukuran barang,” jelasnya.

Gemuruh wisata Kota Batu pasti sudah lama dinantikan, mengingat mayoritas masyarakat yang bergantung pada sektor wisata. Salah satu konsumen, Wiwik Utami asal Surabaya juga membenarkan keunikan olahan asli Batu.

“Cobek batu seperti ini sangat jarang ditemui. Tapi di Batu masih sangat banyak,” tuturnya.

Perempuan yang berlibur ke salah satu destinasi wisata buatan Batu ini, menyempatkan diri untuk belanja buah tangan. Ia mengakui sangat menyukai kerajinan tangan yang masih menggunakan bahan alam. Salah satu alasannya karena mengingatkannya pada zaman mudanya.

“Semoga bisa tetap bertahan dan tidak kalah dengan barang modern. Ini merupakan warisan leluhur, jadi harus dilestarikan,” tutupnya.(end)

Lontong Cap Go Meh Kuliner Penutup Imlek

Gambar hidangan khas Cap Go Meh, (end).

MALANGVOICE – Hari Penutupan dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek biasanya mengadakan acara yang dinamakan Cap Go Meh.

Peringatan Cap Go Meh ini biasa dilakukan masyarakat Tionghoa berlangsung selama 15 hari.

Menurut penjelasan Marketing Communication Hotel Tugu Malang Reimanda Azka, pihaknya telah menyediakan beberapa fitur untuk perayaan Cap Go Meh salah satunya kuliner khas perpaduan hidangan Tionghoa-Indonesia.

Lebih jelasnya, kata Manda, kuliner khas Lontong Cap Go Meh ini terdiri dari lontong yang disajikan dengan opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng hati, acar, telur, pindang, abon sapi, bubuk koya, sambal, dan kerupuk.

“Melati Restauran Hotel Tugu Malang menyajikan hidangan Spesial Lontong Tjap Go Meh. Biasanya anggota keluarga selalu berkumpul dan menikmati hidangan khas ini,” ungkapnya.

Namun lontong Cap Go Meh yang disediakan Hotel Tugu ini memiliki sedikit sentuhan yang berbeda.

Terdiri dari Loempia Oedang khas resep Madame Nancy Kwan, lontong yang dibuat dengan beras berkualitas tinggi lalu ditusuk dengan bambu, Ajam Boemboe Koening resep si Mpok, Oedang Goreng Kering, Sambel Goreng Laboe Siem, Telor Petis, Sate Ayam, acar kuning, sagon kelapa dengan ebi, bubuk kedelai, emping mlinjo, dan lain-lain.

Kemudian Manda menambahkan, untuk hidangan penutup yang telah disediakan Melati Restaurant Hotel Tugu Malang yaitu Ronde Tiga Warna untuk menghangatkan tubuh.

“Setelah menyantap Lontong Tjap Go Meh, akhiri dengan Ronde Tiga Warna yang menghangatkan tubuh,” ujarnya.

Untuk sajian yang disediakan sejak (25/2/2021) hingga (25/3/2021) dengan paketan dengan harga yang dibandrol Rp 118 ribu per paketnya.

Selain itu, hantaran Tjap Go Meh ini nantinya akan dihias apik dengan pilihan porsi mulai dari 3 orang, dan tersedia melalui layanan pesan antar.(end)

Smartfren Luncurkan e-SIM untuk Ponsel Flagship

Regional Head South East Java, Mohammad Cahyadi, saat menjelaskan program baru. (Toski D).

MALANGVOICE – PT Smartfren Telecom tbk, luncurkan e-Sim (Embeded Sim Card) pada smartphone flagship tertentu.

Regional Head South East Java Smartfren, Mohammad Cahyadi mengatakan, e-SIM Smartfren ini merupakan teknologi sim card yang sudah tertanam di perangkat handphone, sehingga pengguna yang ingin menggunakan jaringan Smartfren tidak perlu menggunakan sim card fisik.

“e-SIM ini hanya bisa digunakan beberapa smartphone canggih, seperti IPhone tipe XR, XS, XS Max, 11 Series, 12 Series serta SE 2020, sedangkan untuk perangkat Android pada ponsel yakni Samsung Galaxy Fold, Samsung Galaxy Z-Flip, Galaxy S20 Series, Galaxy S21 Series,” ungkapnya, Kamis (25/2).

Menurut Cahyadi, untuk memanjakan pelanggan, Smartfren tetap berkomitmen memberikan paket unlimited dan kuota nonstop. Kedua paket ini dapat dinikmati semua pelanggan untuk mendapatkan extra unlimited malam full speed tanpa mengurangi benefit yang sudah ada.

“Diharapkan, kedua paket ini dapat membantu mereka yang sedang berjuang membuka peluang, hingga malam-malam berkarya, bekerja, belajar dan melakukan berbagai kegiatan digital yang bermanfaat,” ucapnya.

Penambahan benefit ini, lanjut Cahyadi, secara otomatis akan aktif ketika memasuki pukul 01.00 WIB dan akan berhenti pada pukul 05.00 WIB, dan setelah waktu tersebut pelanggan akan memakai batas pemakaian wajar (FUP) dari paket unlimited yang sedang aktif.

“FUP akan direset begitu memasuki pukul 00.00, dan kembali memasuki Unlimited Full Speed Malam pada jam 01.00 — 05.00 WIB,” jelasnya.(der)

Performa Tinggi dan Kemewahan Generasi Terbaru All New Honda PCX Meluncur di Jatim & NTT

MPM Honda Jatim launching All New PCX. (Istimewa)

MALANGVOICE – All New Honda PCX dan All New Honda PCX e:HEV, motor produksi anak bangsa ini resmi diperkenalkan pada gelaran All New Honda PCX Ultimate Excellence Virtual Launching. Acara disiarkan secara langsung melalui Instagram dan Facebook @mpmhondajatim, Sabtu (20/2).

Presiden Direktur MPM Honda Jatim, Suwito M mengatakan, PT Astra Honda Motor (AHM) tidak berhenti berinovasi dan mengembangkan produk barunya seperti Al New Honda PCX. Ia optimistis kehadiran All New Honda PCX ini bisa dipasarkan lebih baik lagi.

“Antusias dan minat konsumen terhadap All New Honda PCX ini sangat besar sebelum diluncurkan. Kami berterima kasih kepada konsumen atas respon dan kepercayaannya atas produk All New Honda PCX,” kata Suwito M, sesuai rilis yang diterima MVoice.

Adanya perubahan menyeluruh pada mesin, rangka, desain dan fitur yang semakin canggih, All New Honda PCX dan All New Honda PCX e:HEV semakin memberikan kebanggaan dan menjadi cerminan gaya hidup pecinta skutik premium Tanah Air yang menyenangi sensasi berkendara nyaman dengan teknologi tinggi.

Berbagai konten menarik disuguhkan pada peluncuran skutik premium ini, mulai dari virtual launching ceremony, virtual concert dengan menghadirkan band lokal, virtual exhibition dan live quiz yang berhadiah voucher belanja total jutaan rupiah.

Pameran Virtual Honda dimulai tanggal 20 – 28 Februari 2021. Konsumen dapat mengakses di www.pameranvirtualhonda-jatim-ntt.com untuk melihat beragam tipe motor Honda yang dipamerkan secara virtual ini. Masyarakat bisa mendapat hadiah spesialnya selama pameran berlangsung.

Tampilan baru All New Honda PCX dan All New Honda PCX e:HEV dengan desain yang mewah dan dinamis yang memberikan ekspresi berkelas tinggi dikupas tuntas influencer dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan ketat.

All New Honda PCX dipasarkan dengan tiga tipe, yaitu CBS, ABS, dan e:HEV. Untuk tipe CBS terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Briliant Black, dan Royal Matte Blue.

Tipe ABS memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna tembaga untuk tampilan yang lebih mewah. Sementara itu, untuk tipe e: HEV terdapat warna Horizon White, yang juga memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem PCX yang semakin memberikan kesan istimewa.

All New Honda PCX dipasarkan dengan harga on the road (OTR) Surabaya Rp 31.285.500,-untuk tipe CBS , Rp 34.856.500,- untuk tipe ABS , dan Rp 44.463.500,- untuk tipe e:HEV.

Tampilan baru Honda All New PCX. (Istimewa)

Spesifikasi All New Honda PCX

Mengadopsi mesin yang lebih bertenaga dengan kapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power plus (eSP+), serta memiliki teknologi minim gesekan dan performa yang meningkat, membuat skutik premium ini mampu memberikan kesempurnaan puncak saat dikendarai harian maupun turing.

Tampilan baru dengan desain yang mewah dan dinamis memberikan ekspresi berkelas tinggi dan semakin mendukung gaya pengendaranya. Ditunjang fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) pada tipe ABS dan e:HEV, skutik ini memberikan rasa aman bagi pengendara saat melintasi jalan yang licin.

Selama satu dekade kehadirannya di Indonesia, skutik premium Honda PCX selalu ingin memberikan kenyamanan dan ekspresi elegan bagi pengendaranya. Berbekal mesin, desain, dan fitur terbaru, All New Honda PCX series diharapkan dapat semakin melengkapi kesenangan berkendara bagi pecinta skutik premium yang juga mendambakan teknologi tinggi.

Dilengkapi mesin terbaru 160cc dengan 4 katup eSP+, menjadikan All New Honda PCX series semakin nyaman dikendarai dalam berbagai situasi, baik di perkotaan maupun jarak jauh. Perubahan pada ukuran ban yang semakin besar juga mendukung skutik premium ini semakin nyaman dan tampil berkesan.

Penerimaan sangat baik masyarakat terhadap Honda PCX menginspirasi perusahaan untuk terus mengembangkan model ini. Kehadiran All New Honda PCX series produksi anak bangsa ini semakin memenuhi harapan dan kebanggaan dalam bergaya bagi pecinta skutik premium.

All New Honda PCX series memiliki performa tinggi dan nyaman dikendarai di berbagai situasi. Hal ini diperkuat dengan komitmen kami kepada seluruh konsumen Honda di Indonesia untuk selalu memberikan layanan terbaik di jaringan penjualan dan servis yang tersebar di pelosok negeri, yang tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Performa Mesin Baru

All New Honda PCX mengusung mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm. Sensasi bertenaga yang dihadirkan skutik premium ini pun semakin mewujudkan kesenangan berkendara. Sementara itu, All New Honda PCX e:HEV dilengkapi dengan motor assist dan riding mode dengan pilihan mode normal (D) dan sport (S) untuk memberikan sensasi berkendara yang responsif dalam menghadirkan performa maksimal.

Hadirnya fitur HSTC semakin memberikan rasa aman dalam mendukung performa terbaik All New Honda PCX saat melintasi kondisi jalan yang licin, sehingga sensasi kesenangan mengendarai skutik premium ini pun tetap terjaga. Dalam mendukung performanya, All New Honda PCX mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 45 Km/l. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.

Desain Mewah dan Fitur Canggih

Berupaya menghadirkan kenyamanan dan berkendara kelas tinggi dengan konsep dasar PCX “Personal Comfort Saloon,” desain terbaru dari skutik premium ini merupakan kombinasi dari kemewahan dengan sentuhan garis yang memberikan ekspresi dinamis. Untuk menambah kesan elegan, perubahan pun terdapat pada logo. Sementara itu, versi Hybrid mengalami perubahan nama menjadi e:HEV sebagai symbol elektrifikasi efisiensi teknologi Honda pada Hybrid Electric Vehicle, sehingga mudah dikenali sebagai kendaraan hybrid Honda.

Perubahan pada desain lampu pun semakin mendukung kesan mewah pada skutik premium ini. Desain lampu depan yang bersudut dengan posisi yang lebih horizontal dan melebar, serasi dengan desain keseluruhan All New Honda PCX. Kesan Cahaya efek tiga dimensi dihadirkan pada desain lampu belakang skutik premium ini. Dengan mempertahankan lampu LED pada semua sistem tata cahaya, semakin mendukung kemewahan dan kecanggihan All New Honda PCX.

Tampilan baru pada LCD panel meter yang lebih lebar memberikan informasi yang semakin lengkap. Fitur informasi terbaru pada LCD panel meter ini antara lain indikator baterai, perawatan v-belt, dan indikator fitur HSTC pada tipe ABS dan e:HEV. Untuk mendukung gaya hidup pengendara saat ini, All New Honda PCX menjadi pionir di kelasnya dengan menghadirkan USB charger type A, di mana sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian daya. Skutik premium ini juga telah didukung dengan Honda Smart Key yang dilengkapi alarm dan answer back system pada semua tipe yang dapat memberikan kebanggaan serta tampilan berkelas.

Penggunaan rangka baru, semakin memberikan kenyamanan dan mendukung performa tinggi dari All New Honda PCX. Dengan struktur yang lebih simple tanpa mengubah bentuk desain bodi, memberikan peningkatan kapasitas bagasi untuk tipe CBS dan ABS menjadi 30 liter serta untuk tipe e:HEV menjadi 24 liter. Kapasitas tangki bahan bakar pun semakin besar, menjadi 8,1 liter. Perubahan juga terdapat pada ruang area kaki pengendara, yang kini lebih panjang 3 cm, sehingga membuat posisi berkendara semakin nyaman dalam menempuh area perkotaan maupun jarak jauh.

Skutik premium ini didukung ban tubeless yang lebih lebar dengan ukuran ban depan 110/70-14 dan belakang 130/70-13 melalui sentuhan desain velg baru Y shaped 5 spoke. Selain itu, juga terdapat perubahan pada bagian suspensi belakang dengan poros yang semakin panjang hingga 1 cm untuk mendukung kenyamanan saat melintasi jalanan yang kasar. Fitur keselamatan seperti Anti-Lock Braking System (ABS) juga disematkan pada All New Honda PCX.(der)

Pasarsedekah.com, Bangkitkan Ekonomi Umat dengan Pasar Digital Syariah

Peluncuran pasarsedekah.com. (istimewa)

MALANGVOICE – Bisnis e-commerce diyakini bakal tetap tumbuh pesat pada 2021 sebab didorong oleh bergesernya pola belanja konsumen selama pandemi.

Migrasi ke kanal daring pun diperkirakan banyak dilakukan usaha mikro, kecil dan menengah. Namun, belum banyak e-commerce yang mengusung sedekah untuk aksi kemanusiaan dalam setiap transaksi. Hal ini mendorong Aksi Cepat Tanggap (ACT) menginisiasi situs jual-beli digital yang mengakomodir kebutuhan berbelanja yang mendatangkan berkah melalui sedekah karena turut membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Pasarsedekah.com diluncurkan pada Selasa (22/12) mengajak para pengusaha mikro, kecil, dan menengah untuk memaksimalkan profit dan meluaskan jaringan pemasarannya dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai ekonomi syariah dan asas kebermanfaatan. Setiap transaksi memiliki nilai sedekah yang tentunya mendatangkan kebermanfaatan dan keberkahan.

Puti Halimah selaku CEO Pasarsedekah.com menjelaskan bahwa tujuan dari dibentuknya Pasar Sedekah adalah menciptakan pasar sebagaimana menciptakan peradaban.

”Pasar sedekah tidak hanya sebuah situs jual beli digital pada umumnya, namun memiliki tujuan besar, yaitu melepaskan manusia dari riba, gharar dan kezaliman, merutinkan amal dari hulu ke hilir, serta menyelamatkan dan memandirikan umat. Hal ini dapat diwujudkan karena keberkahan di setiap transaksi sebagai nilai utama dan melibatkan Allah dalam setiap transaksi yang terjadi dalam situs jual-beli digital ini,” ungkapnya.

Tujuan utama membangun peradaban sedekah menuju peradaban Islam terbaik sesuai dengan misi Aksi Cepat Tanggap, yaitu menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik.

Dengan mempertemukan para wakif, penjual, dan pembeli, harapannya Pasar Sedekah dapat  membentuk ekosistem kebermanfaatan secara masif.

Ke depannya, terdapat tiga target yang akan dilakukan Pasar Sedekah agar ekosistem tersebut semakin berkembang. Pertama, target entrepreuner; melihat keuntungan yang didapat dari platform ini. Kedua, target socialpreneur; melihat benefit dari transaksi bernilai sosial. Artinya, aktivitas yang dilakukan selain memiliki profit, juga memerhatikan tanggung jawab sosial kepada masyarakat luas. Terakhir, target celestialpreneur; melihat setiap transaksi yang dilakukan bernilai keberkahan. Artinya, aktivitas yang dilakukan berdampak pada program-program implementasi kepada para penerima manfaat, yaitu kaum prasejahtera.

Dalam menciptakan ekosistem kebermanfaatan, tentunya benefit juga akan dirasakan oleh para pelanggan setia.

“Pasar Sedekah dapat menjadi platform belanja alternatif yang aman, mudah, dan nyaman, yang insyaallah sarat manfaat perniagaan. Para pelanggan akan menjadi support system yang hadir dalam upaya membangkitkan ekonomi umat dan menumbuh-suburkan keberkahan,” tambah Puti.

Dengan memanfaatkan teknologi sebagai penggerak keberkahan melalui sedekah setiap saat, Pasarsedekah.com berikhtiar di tahun 2021, akan ada 1 juta orang penerima manfaat dengan jumlah sedekah yang terkumpul adalah sebanyak 10 miliar dari para wakif. “Sebagai sebuah social digital platform, fungsi Pasar Sedekah tidak hanya sebagai sebuah e-commerce, namun juga ladang dakwah, ladang amal, dan ladang ukhuwah. Insyaallah, Pasar Sedekah menjadi medium untuk menciptakan peradaban Islam yang Rahmatan Lil A’lamin,” pungkas Puti.(der)

Pelaku Usaha Homestay Kota Batu Jamin Taat Hukum

Situasi Pelatihan Peningkatan SDM Hotel Non Bintang (Achmad Sulchan An Nauri)

MALANGVOICE – Para pelaku usaha penginapan atau homestay di Kota Batu membentuk paguyuban. Paguyuban ini diberi nama Batu Homestay Assosiation (Bahas).

Diungkapkan Dyah Prastiwi, Humas Bahas pada penutupan Pelatihan Peningkatan SDM Hotel Non Bintang oleh Dinas Pariwisata (Disparta). Ia mengatakan bahwa saat ini Bahas masih berjuang untuk mendapat badan hukum dan butuh dukungan pemerintah.

“Bahas ini tujuannya untuk membantu pemerintah agar para pelaku usaha homestay taat membayar PAD,” jelas Tiwi sapaan akrabnya. Ia mengatakan sudah sekitar 3000 homestay yang terdaftar dan membayar pajak.

Selain pemantauan pembayar pajak, Bahas juga melakukan standardisasi harga pasar. Sehingga antara hotel dan homestay terjadi sinergi terkait penetapan harga sehingga tidak ada harga yang merusak pasar.

Dalam masa pandemi ini Tiwi mengatakan bahwa selama dua sampai tiga bulan kebelakang sudah berangsur-angsur kembali normal. Saat ini Tiwi mengatakan bahwa homestay-homestay di Kota Batu sudah menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Jadi para wisatawan yang mau ke Kota Batu tidak perlu takut karena kita sudah patuh protokol keshatan covid-19,” imbuh Tiwi. Ia berharap wisata Kota Batu segera pulih dan Bahas segera berbadan hukum.

“Karena kita memang membantu pemerintah di sini,” tegas Tiwi. Maka pihaknya sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah.(der)

Edukasi Solusi Finansial di Masa Pandemi, Waspada Fintech Ilegal

MALANGVOICE – Pesatnya perkembangan industri keuangan digital, khususnya kehadiran teknologi finansial atau financial technology (fintech), memaksa perbankan kelas menengah dan kecil untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Kini, sejumlah bank kecil dan menengah mulai mengembangkan produk kredit melalui digital agar dapat bersaing dengan fintech. Arah pengembangan digital tersebut sudah sejalan dengan upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong bank kecil dan menengah.

OJK merilis data terbaru terkait jumlah penyelenggara jasa keuangan berbasis digital atau financial technology (fintech) yang sudah mengantongi izin dan terdaftar di OJK. Sampai dengan 5 Agustus 2020, total jumlah penyelenggara fintech peer to peer lending terdaftar dan berizin adalah sebanyak 158 perusahaan.

Selaras dengan perkembangan industri fintech P2P lending, PT Mapan Global Reksa (Findaya) dan PT Digital Yinshan Indonesia (CrediNex) menyelenggarakan talkshow dengan mahasiswa Universitas Brawijaya pada hari Senin (26/10) secara daring melalui aplikasi komunikasi video untuk mengenalkan industri fintech peer-to-peer lending serta pemahaman inovasi yang dilakukan fintech untuk tetap mendorong inklusi keuangan selama masa pandemi.

Ageng Aji Panggayuh – Compliance Head Findaya mengatakan, kehadiran inovasi produk fintech P2P lending diharap mampu membuka solusi alternatif finansial untuk masyarakat.

“Semoga ini menjadi solusi masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Data yang telah diterima oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI), terkait bisnis pinjaman fintech peer to peer (P2P) lending telah mencapai Rp 113,46 triliun hingga Juni 2020.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dirilis pada Rabu (12/8), nilai itu tumbuh 153,23% year on year (yoy) dari posisi yang sama tahun lalu hanya Rp 44,8 triliun. Hal ini membuktikan bahwa industri P2P lending turut mendorong dan menggerakkan perekonomian negara seiring dengan pertumbuhannya yang signifikan.

Dannis Joseph – VP Business Development CrediNex menambahkan, dengan adanya edukasi daring ini, diharap mampu menyadarkan masyarakat bagaimana fintech legal.

“Kami juga berharap masyarakat Malang dapat memanfaatkan layanan produk P2P lending untuk kebutuhan dan tetap waspada terhadap fintech ilegal,” katanya.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa Universitas Brawijaya ini menjadi bukti nyata bahwa masyarakat antusisas menyambut inovasi yang terus diberikan industri fintech.(der)

Bantu Pelaku Usaha UMKM Kembangkan Bisnis, Belanjamalang.com Diluncurkan

Anas Muttaqin meluncurkan layanan belanjamalang.com

MALANGVOICE – PT Hasta Komunika meluncurkan platform layanan marketplace baru yang dinamakan belanjamalang.com.

Marketplace berbasis online menyasar pelaku usaha lokal di Malang Raya. Platform ini hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Hasta Komunika Research and Consultants, Muhammad Anas Muttaqin, mengatakan, sejak pandemi Covid-19, perilaku masyarakat ikut berubah. Masyarakat kini lebih memilih berbelanja atau mencari kebutuhannya melalui online sehingga menghindari interaksi antar manusia.

“Saat ini, mulai ada pergeseran aktivitas ekonomi dari konvensional menuju digital. Inilah yang coba kami bantu memulihkan lagi geliat perekonomian, salah satunya melalui platform ini,” ujarnya setelah meluncurkan layanan belanjamalang.com, Senin (26/10).

Menurut Anas, hadirnya belanjamalang.com ini mampu melayani masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah. Platform ini juga membantu ekosistem ekonomi pelaku usaha kec menengah di Kota Malang mengembangkan bisnis.

“Pelaku usaha di Malang bisa mengembangkan bisnisnya di sini dengan mudah. Konsumen pun dipermudah mencari produk khas Malangan di satu titik,” ujarnya.

Selain itu, agar layanan belanjamalang.com ini bisa terus eksis, PT Hasta Komunika terus mengupayakan pelaku UMKM untuk mulai beralih ke bisnis online. Karena itu, pihaknya membantu pelaku usaha membranding produk sehingga bisa menarik pembeli secara online.

“Kami juga akan edukasi pelaku usaha agar serius mengembangkan bisnisnya secara online. Kami harap belanjamalang.com bisa diterima masyarakat dengan baik sehingga bisa terus eksis,” ia menandaskan.(der)

Kembangkan Ekonomi Digital, Pemkot Malang Gandeng Grab

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko melakukan kerja sama dengan Grab. (Istimewa)

MALANGVOICE – Pemkot Malang terus berupaya mengembangkan ekonomi digital. Upaya itu dilakukan menggandeng banyak kerja sama, salah satunya Grab.

Kerja sama ini diresmikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dan Business Development Head East Java, Grab Indonesia, Irvan Prasetyo, Senin (19/10).

Lingkup kerja sama ini akan mencakup pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pengembangan pariwisata dan kebudayaan, hingga penyediaan sarana transportasi yang mudah dan ramah lingkungan.

Grab dan Pemerintah Kota Malang juga turut meresmikan layanan Virtual Grab Driver Center untuk memudahkan mitra pengemudi mendapatkan pelayanan lebih aman tanpa tatap muka untuk penggantian data mitra, pengaktifan akun, dan penyampaian masukan mitra.

Irvan Prasetyo menjelaskan tujuan Grab untuk memastikan masyarakat Malang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Malang untuk menghadirkan berbagai inisiatif dalam rangka mendukung ekonomi digital di Malang. Hal ini tentunya sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap masyarakat dapat ambil bagian dan menikmati manfaat dari ekonomi digital,” jelasnya.

Menanggapi kerja sama strategis ini, Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas kerja sama ini.

“Dukungan yang diberikan oleh Grab untuk mengembangkan ekonomi digital di Malang tentunya akan memberikan dampak positif bagi kota Malang. Hal ini diharapkan dapat turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik dan memudahkan aktivitasnya sehari-hari. Kami juga mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Grab untuk mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemi, tidak hanya dalam layanan transportasinya namun juga layanan kepada mitra pengemudi dengan Virtual Grab Driver Center,” paparnya.

Adapun kerja sama ini meliputi program pembinaan generasi muda dan penguatan UMKM, program dukungan wisata, memberikan akses kemudahan bertransportasi kepada masyarakat. (der)

MPM Honda Jatim Berikan Diskon hingga Jutaan Rupiah di Honda Virtual Expo Special Limited Offer

Honda expo. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT menyelenggarakan Honda Virtual Expo Special Limited Offer, Live Instagram @mpmhondajatim mulai tanggal 9 – 15 September 2020 pada pukul 16.00.

Honda Virtual Expo Special Limited Offer, setiap harinya menawarkan beragam discount pembelian hingga jutaan rupiah. Untuk motor type sport Honda CBR150R ditawarkan menjadi harga 33 jutaan.

Dan untuk type skutik Honda ADV150 ditawarkan dengan harga 33 jutaan dan Honda Genio ditawarkan menjadi harga Rp17 jutaan.

Untuk mengikuti program ini ada syarat dan ketentuannya, dengan mengisi form pendaftaran dan memilih type yang akan dibeli melalui form online bit.ly/hondavirtualexpo9. Peserta wajib follow akun sosmed MPM Honda Jatim dan mengikuti live Honda Honda Virtual Expo Special Limited Offer.

“Program ini cocok bagi konsumen yang saat ini ingin memiliki motor Honda. Ada penawaran.menarik selama program dan diskon hingga jutaan rupiah,” kata Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.(der)