Sambut Ramadan, MPM Ajak Penggemar Nikmati Pameran Motor Honda

ilustrasi. (MPM)
ilustrasi. (MPM)

MALANGVOICE – Menyambut bulan Ramadan, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM ) memberikan kesempatan bagi para pecinta motor Honda untuk melihat lebih dekat jajaran motor commuter Honda, dalam gelaran Ramadhan Fest 2019 di Roxy Square Mall Jember pada 11 – 12 Mei 2019

Pada kesempatan ini, para pengunjung Ramadhan Fest 2019 dapat melihat langsung New Honda Vario 125 dan New Honda Vario 150 yang baru saja mendapatkan penyegaran warna dan striping. Selain itu terdapat pula Honda BeAT, Honda Supra GTR150, Honda CB150 StreetFire dan Honda CBR150R untuk melengkapi jajaran produk yang ditampilkan.

Ada berbagai diskon yang menarik bagi para pengunjung yang akan melakukan pembelian antara lain setiap pembelian motor, pada saat acara berlangsung akan mendapatkan hadiah langsung sarung, bagi pengunjung yang melakukan pembelian secara kredit, akan mendapatkan potongan emoat kali angsuran untuk pembelian Honda Vario 125 series.

Tak hanya itu, pengunjung dapat melakukan test ride unit terbaru dari Honda dan akan mendapatkan hadiah langsung. Tersedia juga layanan service murah hanya Rp 30 ribu bagi pengunjung yang ingin melakukan service motor Honda kesayangannya dan juga diskon spare part hingga 20 persen.

Untuk memeriahkan suasana pameran di bulan Ramadhan ini, akan hadir performa nasyid, kompetisi hijab dan sharing dari Hijaber serta penampilan dari Vita Alvia yang siap menghibur para pengunjung.

Pada rangkaian kegiatan Ramadhan Fest 2019 ini, juga dimeriahkan oleh kegiatan komunitas Honda yang bertajuk Honda Bikers Sholeh yang diikuti 100 komunitas yang ada di Kota Jember dan sekitarnya, mereka tergabung dalam Jember Honda Community mengadakan aksi sosial berupa bagi takjil gratis di jalan dan pemberian donasi ke Masjid di sekitar tempat acara.

“Pada Ramadan ini kami ingin mengisi kegiatan masyarakat dengan kegiatan yang positif. Serta kami ingin berbagi dengan masyarakat sekitar dengan melakukan kegiatan sosial,” kata Marcomm Dept Head MPM, Budi Santoso.(Hmz/Aka)

3 Tempat Wisata Romantis di Surabaya Cocok untuk Bulan Madu

Danau angsa. (Istimewa)
Danau angsa. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kota Surabaya memang kental dengan nuansa sejarah. Namun, siapa yang mengira bahwa di balik itu semua, Surabaya memiliki sejumlah destinasi wisata romantis yang cocok dikunjungi bersama pasangan.

Tak heran jika Surabaya menempati urutan lima besar kota tujuan bulan madu terfavorit di Indonesia.

Adapun sejumlah rekomendasi destinasi wisata romantis di Surabaya yang dapat Anda kunjungi bersama pasangan, antara lain sebagai berikut.

Danau Angsa Pakuwon City
Danau Angsa Pakuwon City merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam Surabaya dan nuansa romantis. Tempat wisata yang dapat Anda temukan di Jalan Kalisari Darma Selatan III Blok H3 Nomor 1, Kalisari, Mulyorejo, Surabaya, ini sangat cocok untuk bersantai. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat deretan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Udara yang bersih akan membuat tubuh dan pikiran Anda lebih segar.

Satu hal yang tak boleh Anda lewatkan selama berada di tempat ini adalah mengunjungi Danau Angsa. Meskipun berukuran kecil, danau ini sangat cantik. Tak heran jika danau ini selalu menjadi buruan pencinta fotografi. Ajak pasangan untuk menyaksikan sekumpulan angsa di tepi danau sembari berbincang menunggu datangnya sunset yang luar biasa indah.

Taman Pelangi
Tempat wisata selanjutnya yang tak kalah romantis adalah Taman Pelangi. Taman yang terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 138, Gayungan, Surabaya ini menawarkan pemandangan eksotis di malam hari. Di tempat ini, Anda akan menemukan taman kecil yang dihiasi pepohonan dan berbagai jenis bunga. Selain membuat tampilan taman lebih cantik, udara pun menjadi lebih segar dan sejuk.

Taman yang didesain menyerupai ruas daun ini akan sangat indah dan semarak di malam hari. Suasananya pun romantis, sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Kota Surabaya bersama pasangan. Asyiknya lagi, taman ini dapat Anda kunjungi selama 24 jam penuh.

Restoran 1914
Setelah puas berjalan-jalan, ajak pasangan menikmati santap malam di Restoran 1914. Restoran yang juga dikenal sebagai The Consulate ini dapat Anda temukan di Jalan Darmokali No. 10, Surabaya, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, restoran yang dibangun pada tahun 1914 ini mengusung konsep klasik nan cantik dengan desain minimalis dan nuansa yang menyenangkan. Tempat yang cocok untuk menghabiskan malam bersama kekasih hati.

Bagi pencinta kuliner Eropa dan makanan Asia, khususnya makanan Jepang, restoran ini wajib Anda kunjungi. Nikmati makan malam romantis bersama pasangan sembari menyantap makanan lezat. Tersedia beragam menu yang menggoda selera, seperti Wagyu Steak, Kimchee Soup, Chicken Gyoza, Salmon Miso, Black Angus, Lobster Edamame Soup, Gindara, dan menu andalan Tenderloin Steak.

Demikianlah informasi mengenai sejumlah tempat wisata romantis di Surabaya yang dapat Anda kunjungi bersama pasangan. Agar rencana liburan atau bulan madu Anda lancar tanpa hambatan, pastikan untuk booking hotel di Surabaya sejak jauh hari. Pesan hotel via aplikasi Airy Rooms.
yang dapat Anda unduh gratis melalui App Store atau Google Play Store. Selamat berlibur! (Der/Aka)

Sediakan Kebutuhan Komunikasi Selama Ramadan dan Idulfitri, IM3 Luncurkan Paket New Freedom

Wulang Prabowo Edhi - Head of Sales East Java Indosat Ooredoo. (Istimewa)

MALANGVOICE – Menyediakan kebutuhan komunikasi selama Ramadan dan Idulfitri, IM3 Ooredoo meluncurkan produk terbaru. Produk itu diberi nama paket New Freedom.

Paket New Freedom hadir dengan total kuota internet besar hingga 50GB dan semakin lengkap dengan gratis telepon ke semua operator. Paket itu memungkinkan pelanggan tetap terhubung dengan teman maupun keluarga, dari sahur sampai waktu buka puasa tanpa perlu khawatir

Wulang Prabowo Edhi, Head of Sales East Java Indosat Ooredoo, mengatakan, selain fokus menyediakan paket Internet, IM3 Ooredoo juga menyadari bahwa komunikasi melalui panggilan suara masih penting dalam silaturahmi. Untuk itu paket New Freedom kini hadir lebih lengkap dalam berbagai pilihan sesuai kebutuhan pelanggan.

Harga paket mulai dari yang termurah Rp25.000 untuk total kuota 4GB; Rp70.000 untuk total kuota 20GB, dan paket New Freedom 50GB dengan harga Rp150.000, semua paket tersebut sudah termasuk Gratis Nelpon ke semua operator.

“Dengan paket New Freedom dari IM3 Ooredoo, kami berharap pelanggan dapat memperkuat tali persaudaraan, menikmati momen kebersamaan Ramadan yang menyenangkan tanpa rasa khawatir akan kehabisan kuota atau pulsa telpon. Paket New Freedom adalah paket terlengkap dan terbaik yang menggabungkan dua keuntungan, kuota internet besar dan gratis nelpon ke semua operator,” ujarnya.

Dilaunchingnya paket New Freedom di Malang ini juga merupakan satu strategi dan menjawab kebutuhan pelanggan setia IM3 Ooredoo.

“Pelanggan juga akan tetap nyaman dalam menikmati semua layanan IM3 Ooredoo selama Ramadan, Lebaran, hingga perjalanan Mudik dengan 4G Plus yang tersedia di seluruh jaringan Indosat Ooredoo,” jelasnya. (Der/Ulm)

Bumi YPMNU Bina Bakti Wanita Pusat Siapkan Generasi Millenial Guna Hadapi Persaingan Bisnis di Era 4.0

Suasana Pelaksanaan Seminar Start-up Business Co-creation 4.0 Model. (Toski D).

MALANGVOICE – Business Millenial (BUMI) Yayasan Pendidikan Muslimat NU (YPMNU) Bina Bakti Wanita Pusat menggelar Seminar Start-up Business Co-creation 4.0 Model guna meningkatkan dan memenangkan persaingan bisnis di era 4.0, di salah satu tempat di Kota Malang, Jumat (12/4).

CEO Cloud Astro Technology, Wike Dwi Utomo mengatakan, untuk menunjang adanya ekonomi kreatif, diharapkan generasi millenials dapat berperan aktif dalam perkembangan instrumen bisnis 4.0. Kegiatan ini, diikuti oleh puluhan generasi millenials yaitu para mahasiswa yang ada di Kota Malang.

“Kami ingin memberikan pemahaman bagi para generasi millenials tentang instrumen bisnis 4.0 agar dapat diintegrasikan dengan segala infrastruktur bisnis 4.0 dalam mendukung inovasi bisnis start-up yang dilakukan secara BZB dan BZG,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Wike, pihaknya menggelar Seminar Nasional Stan-Up Business Co-Creation 4.0 Model supaya bisa berinovasi dalam melakukan ekonomi kreatif guna mengoptimalisasi bisnis yang sesuai dengan aturan dan dapat memanfaatkan program-program pemerintah yang berkaitan dengan bisnis.

“Dengan pemahaman infrastruktur bisnis 4.0, dapat meningkatkan usaha masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi X, Lathifah Shohib menyampaikan, dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa supaya dapat mengembangkan ekonomi kreatif.

“Saya datang atas undangan dari Komunitas bisnis milenial untuk memberikan motivasi pada mahasiswa dan para start-up bisnis tentang wawasan bisnis kreatif yang menjadi tumpuan Pemerintah pusat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sebab, Lathifah menjelaskan, saat ini pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya untuk mempromosikan dan mengangkat potensi pariwisata yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dengan begitu, pak jokowi akhirnya membentuk sebuah lembaga non kementerian yaitu Badan Ekonomi Kreatif guna menunjang perkembangan pariwisata, dimana ekonomi kreatif dan pariwisata ini sangat erat kaitannya,” pungkasnya.(Hmz/Aka)

Bekraf: Packaging Kuliner di Kota Malang Belum Menarik

Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah Agam saat memberikan sambutan. (Lisdya)

MALANGVOICE – Perkembangan kuliner yang pesat di Kota Malang ternyata menjadi perhatian pemerintah, dalam hal ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Meski kuliner di Kota Malang dinilai sangat kreatif dan berkembang pesat, namun, Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah Agam mengatakan jika packaging kuliner di Kota Malang belum menarik.

“Sebenarnya kami itu cari yang unik dan menarik. Malang itu terkenal loh kulinernya, misalkan seperti bakwan Malang, terkenal kan? Hanya saja packaging kurang,” ujar Syaifullah dalam acara Sosialisasi Kreatifood di Harris Hotel, Selasa (2/4).

Ia pun mengimbau kepada para pelaku usaha untuk terus mengembangkan ide-ide kreativnya. “Dengan sosialisasi ini, mereka jadi mengerti dan terus mengembangkan idenya,” jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, pasar-pasar luar negeri tengah bersaing di Indonesia. Sayangnya, dari jumlah 300 ribu lebih, pasar lokal belum mampu bersaing.

“Kita tahu seperti restaurant dari negara Thailand dan Jepang, sudah menguasai hampir seluruh pasar-pasar Internasional. Maka dari itu, dengan sosialisasi ini para pelaku diharapkan siap bersaing, baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional,” tegasnya.

Pada tahun 2020 mendatang, dijelaskan Syaifullah, diperkirakan lebih dari 140 ribu pasar berpotensi sebagai big market atau konsumen dengan kemampuan membayar tinggi. Dalam kesempatan itu pula, diharapkan produk kuliner lokal mampu bersaing hingga mancanegara.

“Bekraf juga bekerjasama dengan lembaga ekspor impor untuk memberi peluang baru bagi pelaku usaha kuliner untuk memperluas jaringan,” paparnya.

Sementara itu, Plt. Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Fahmy Akmal mengatakan, Kreatifood tahun lalu, Kota Malang masuk dalam top seller untuk memasarkan produk dari FoodStartup Indonesia.

“Ini menunjukkan antusias pelaku usaha kuliner di Kota Malang sangat luar biasa,” tandasnya.(Hmz/Aka)

Patuhi Regulasi, BSI Rehabilitasi Lingkungan 30,1 Hektare Sejak 2016

Aktivitas karyawan PT BSI di area tambang. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – PT Bumi Suksesindo (BSI) terus berkomitmen terhadap menjaga lingkungan. Perusahaan yang berlokasi di Banyuwangi pada kuartal ini telah melakukan kegiatan rehabilitasi yang dimulai sejak 2016 seluas 30,1 hektare.

Selain melaksanakan kegiatan rehabilitasi secara terus-menerus, perusahaan juga telah memenuhi kewajiban jaminan reklamasi sebesar 58,6 miliar rupiah untuk periode 2015-2019.

“Pengelolaan sumber daya alam secara bertanggung jawab, taat hukum dan menerapkan prinsip-prinsip penambangan yang baik merupakan tekad kami (BSI),” kata Presiden Direktur PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri.

Departmen Lingkungan juga telah mengambil sebanyak 2.094 sampel lingkungan selama kuartal akhir 2018 untuk memenuhi persyaratan pengambilan sampel yang diatur oleh peraturan perundangan serta untuk keperluan pemantauan internal atas inisiatif perusahaan.

Selain itu, Adi menambahkan, BSI juga telah menyelesaikan pembangunan compliant point (titik penaatan).

“Fungsi dari compliant point adalah untuk menangkap sedimen, sehingga tidak terbawa air menuju pantai Pulau Merah,” jelasnya.(Der/Aka)

Untung Rugi Lakukan ‘Pinjaman Online’

ilustrasi. (Israel21c)

MALANGVOICE – Di era yang serba canggih ini, semua mengandalkan teknologi. Tak terkecuali hutang melalui pinjaman online.

Pinjaman online lahir dipicu karena gaya hidup masyarakat yang membutuhkan hal serba cepat. Lewat fasilitas dengan aplikasi di Android atau IOS ini, orang bisa meminjam uang tanpa perlu bertatap muka.

Seperti pinjaman konvensional, pinjaman online juga menawarkan berbagai jenis pinjaman uang, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), kredit kendaraan, kredit kepemilikan rumah, dan kredit usaha. Umumnya, jenis pinjaman dibedakan berdasarkan jumlah pinjaman, jangka waktu, jaminan (agunan) dan suku bunga.

Namun, kerap kali konsumen sangat dirugikan oleh pihak lembaga keuangan online. Seperti RSM (21), remaja asal Kota Malang, yang mencoba pinjam online.

“Ya, saya memang mencoba pinjam online. Pertama memang sangat mudah, tanpa bertatap muka kita (peminjam) langsung menerima (uang). Tapi setelah tahu teknisnya, jujur saya sangat kecewa,” katanya kepada MVoice, Kamis (7/3).

Pinjaman online pun juga punya tanggal jatuh tempo yang sudah ditetapkan sebagai batas akhir pembayaran. RSM mengaku, jika ia telat membayar kepada lembaga keuangan online, maka akan dikenakan denda untuk pembayaran yang terlambat.

“Saya kira hanya membayar pinjaman beserta bunganya, saya malah harus mengeluarkan dana tambahan untuk membayar denda,” jelasnya.

Tak hanya berhenti sampai di situ, seperti yang dialami oleh ES (46), saat ia terlambat bayar dalam kurun waktu tertentu, pihak lembaga kredit terus menelepon, bahkan sampai menelpon ke nomor telepon temannya hingga sanak keluarga.

“Bahkan bisa lebih ganas dari debt kolektor yang lainnya. Itu saya cuma telat satu hari saja, untuk itu saya menyarankan jangan sampai telat membayar bagi teman-teman yang meminjam uang secara online,” terangnya.

Permasalahan-permasalahan yang terjadi saat pinjam online tersebut membawa dampak yang tidak ringan. Akibat penagihan ke nomor telepon yang ada di ponsel, peminjam menjadi di-PHK oleh perusahaan tempatnya bekerja, trauma (karena pengancaman, kata-kata kotor, dan pelecehan seksual).

Dan akibat bunga yang sangat tinggi misalnya, banyak peminjam yang tidak mampu membayar akhirnya frustasi.

Oleh karena itu, dilansir dari web LBH Jatim, pihaknya telah membuka pos pengaduan pinjaman online sejak 15 Februari lalu.

Pengaduan dapat dilakukan dengan mengisi formulir di situs web LBH atau mengunjungi LBH Jatim, dengan menyertakan bukti-bukti fintech terkait.(Der/Aka)

Dongkrak Jiwa Wirausaha Kaum Muda, Unikama Gelar Malang Export Summit

Kepala Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Kanjuruhan Malang, Jacob Win. (Istimewa)

MALANGVOICE – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar event Malang Export Summit 2019. Kegiatan ini merupakan salah upaya dalam meningkatkan kewirausahaan untuk para anak muda atau kaum milenial.

Kepala Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Kanjuruhan Malang, Jacob Win, mengatakan, kegiatan ini selain untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pada mahasiswa juga memberikan peluang bisnis pada industri serta UKM guna mengangkat kesejahteraan masyarakat khususnya di Malang.

“Saat ini, kami (Unikama, Red) melalui inkubator bisnis terus berupaya melakukan pelatihan dan pendampingan bagi mahasiswa dan dosen untuk bersaing dalam dunia industri dan kewirausahaan,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Jacob, pihaknya berharap dengan adanya unit baru yang dibawah Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Unikama ini dapat mensinergikan Prodi dengan Pusat Bisnis supaya dapat berkembang.

“Inkubator bisnis ini baru saja di resmikan bulan Februari lalu. Tapi kami yakin dapat mengangkat potensi yang ada di Unikama,” jelasnya.

Sebab, tambah Jacob, dengan adanya Pusat Bisnis dan Kewirausahaan atau yang biasa juga disebut Business and Enterpreneurship Center (BEC) Unikama dapat mendorong para insan muda untuk mampu berbisnis ataupun membuat uang lewat berwirausaha maupun mengembangkan hobinya masing-masing. Termasuk juga mengajarkan ataupun memotivasi para mahasiswa yang ingin berwirausaha lewat pembekalan keahlian sampai pemasaran.

“Kita juga bertugas membantu dan membimbing mulai dari nol sampai produk mereka dipasarkan, sampai kini yang ditarget tidak hanya mahasiswa tapi juga siswa SMA dan SMK,” pungkasnya.(Der/Aka)

Kargo Naik, Pengiriman Bunga Ke Luar Pulau Berkurang

Pembudidaya sekaligus pengrajin bunga, Dwi Lili Lindayani saat ditemui Mvoice di kediamannya (Foto: Ayun)

MALANGVOICE – Mencekiknya harga kargo udara tak hanya dirasakan perusahaan logistik. Para petani ataupun pengrajin bunga di Kota Batu juga ikut merasakan dampaknya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang harus beralih bahkan menyetop mengirim pesanan ke luar pulau.

Salah satunya yang dialami Dwi Lili Lindayani (32), pembudidaya sekaligus pengrajin bunga itu bahkan harus merelakan pesanannya dibatalkan. Hal itu karena pihak pemesan dari luar pulau banyak yang tiba-tiba membatalkan pesanannya.

”Awalnya kan saya tidak tahu jika ada kenaikan. Kita sudah packing semua barangnya, eh tiba-tiba dibatalkan. Makanya, sekarang tak pernah kirim dikarenakan kargonya terlalu mahal,” ucapnya.

Dia menjelaskan, hal tersebut dialaminya sejak kenaikan kargo di awal tahun kemarin. Sehingga, sejak itulah dirinya pun jarang atau bahkan tidak pernah mengirim lagi ke luar pulau hingga saat ini. ”Kalaupun misal ada yang pesan. Kita tunggu dulu orderan dari pemesan yang lainnya. Baru ketika sudah banyak, kita kirim. Jika hanya sedikit ya rugi,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, untuk biaya ongkir ke Kalimantan saja misalnya sudah mencapai Rp27 ribu hingga Rp39 ribu perkilonya. Dari sebelumnya yang hanya berkisar Rp16 ribu. Hal itu masih belum biaya tambahan yang mencapai 50 persen dari total keseluruhan ongkir.

Sebelum adanya kenaikan itu, Lili menyampaikan jika dirinya bisa setiap bulan bahkan setiap minggu mengirim sebanyak 30 kg ke luar pulau. Oleh karena itu, saat ini dirinya sudah jarang dan lebih mengutamakan pengirimin yang bisa dijangkau transportasi darat.

”Kalau dalam provinsi masih bisa. Tapi ya pakai bus dan kereta itu. Sama-sama satu hari, dan harganya murah. Yang gak bisa itu seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Solusinya ya nunggu pesanan banyak itu tadi,” pungkasnya.(Der/Aka)

Dianggap Punya Dampak Positif, BI Dukung Perkembangan Online Shop

Kepala Perwakilan BI Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah. (Lisdya)

MALANGVOICE – Era revolusi industri 4.0 dirasa membawa dampak positif bagi masyarakat. Terlebih, para penggiat pelaku UKM untuk memasarkan produknya lewat online, atau yang lebih dikenal dengan online shop.

“Kami dari Bank Indonesia (BI) sangat setuju, karena dampaknya positif bagi perekonomian masyarakat. Karena kan proses transaksi semakin banyak,” ujar Kepala Perwakilan BI Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah saat mengisi kuliah tamu Banking Lecture Update Series di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB), Kamis (14/2).

Sayangnya, meski dirasa mempunyai dampak positif, ternyata online shop juga memiliki banyak risiko bagi para customer. Seperti misalnya, keaslian barang, atau penipuan transaksi.

“Jangan terlalu banyak belanja konsumtif. Kemudahan itu kan sebenarnya daya tarik agar semakin sering berbelanja. Walau banyak berbelanja, saya imbau masyarakat juga harus pandai,” tegasnya.

Dikatakannya, perkembangan online shop tiap tahun semakin berkembang. Tak hanya menjual sandang dan pangan saja, saat ini banyak akun online shop yang menjual elektronik atau bahkan kendaraan.

“Sangat berkembang pesat. Tetapi yang perlu diiingat adalah risikonya,” pungkasnya.(Der/Aka)

Komunitas