29 January 2023
29 January 2023
26 C
Malang
ad space

Bersihkan Sepatu Tak Harus Mahal, Satria Shoes Wash Solusinya

Petugas Satria Shoes Wash saat membersihkan sepatu. (MVoice/Ist).

MALANGVOICE – Bagi yang ingin tampil stylish dengan sepatu bersih, Surya Satria Shoes Carwash (SSSW) hadir sebagai solusi.

Berlokasi di Jalan Cengkeh, kawasan Soekarno Hatta (Suhat) Kota Malang, SSSW merupakan jasa cuci sepatu yang cepat, praktis dengan tarif terjangkau. Bahkan terjamin keamanan bahan pencuci yang dipakai bagi kesehatan manusia.

Owner dan Founder Surya Satria Shoes Wash, David Irwanto mengatakan, kehadiran SSSW memang untuk memanjakan masyarakat Malang Raya. Karena itu lokasinya dipilih relatif terjangkau, yakni di dalam Surya Satria Carwash kawasan Suhat.

Kami buka mulai pukul 08:00-16.00 WIB,” ucapnya, saat ditemui di SS Carwash, Jumat (30/9).

Menurut David, SSSW yang buka 08.00-16.00 memang bisa jadi solusi bagi masyarakat yang malu jika tampil dengan style sepatu kurang bersih namun tidak sempat buat cuci sepatu sendiri di rumah.

“Untuk tarifnya relatif terjangkau. Hanya Rp30 ribu, bisa merasakan sensasi seperti memakai sepatu baru,” jelasnya.

David menjelaskan, untuk jenis pembersihan sepatu ada bermacam-macam, seperti fast cleaning, deep cleaning, deep clean express, kids shoes, kid shoes express dan sandal atau slipper tergantung kondisi sepatu yakni bisa dibersihkan sebagian, atau ingin yang total.

“Semuanya ditangani oleh tenaga ahli cuci sepatu. Termasuk bahan yang kami pakai, dijamin tidak merusak warna, kulit atau bahkan bentuk sepatu,” terangnya.

Lebih lanjut, David menceritakan, di SSSW ini rata-rata sepatu yang dibersihkan itu karena bermasalah pada noda yang susah dihilangkan, seperti minyak, oli atau lumpur dan kotoran lainnya.

“Karena ada beberapa jenis lumpur atau tanah basah, yang sulit dihilangkan. Ketika sudah meresap ke sepatu. Butuh perawatan khusus. Namun, di Surya Satria Shoes Wash, semuanya bisa diselesaikan. Sepatu Anda dijamin keluar seperti baru lagi. Kalau bisa cuci sepatu cepat kenapa harus lama? Jadi kecepatan, dan kebersihan optimal jadi garansi disini,” tukasnya.

Sebagai informasi, untuk masyarakat yang menginginkan jasa layanan pencucian sepatu ini bisa mampir di IG : ssshoeswash atau informasi lebih lanjut ke nomer WA: 081234362004.(end)

Uang Baru 2022 Bisa Ditukar di Pasar-pasar Ini di Kota Malang

Samsun Hadi menunjukkan perbedaan pecahan Rp2.000 dan Rp20.000 yang sangat mencolok. (MVoice/noordin)

MALANGVOICE – Bank Indonesia Malang menyiapkan Rp1,28 triliun uang pecahan tahun emisi (TE) 2022. Terdapat tujuh pecahan uang baru ini, mulai Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

Khusus di Kota Malang, BI Malang menurunkan kas keliling di beberapa pasar untuk memudahkan masyarakat menukarkan uang TE 202. Jadwal kas keliling di pasar-pasar tersebut juga sudah diatur.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KKpw BI) Malang, Samsun Hadi, kepada wartawan, Jumat (19/8), mengatakan, pecahan kertas TE 2022 memang tidak berbeda dengan pecahan sebelumnya, TE 2016.

Baca Juga: Dari Kasus Brigadir J, Pakar Manajemen Krisis UB Sarankan Polri Jalankan Prinsip Kebenaran dan Transparansi

Baca Juga: Keuangan Daerah 2023 Kota Batu Diproyeksikan Defisit Rp70 Miliar

Kesamaan itu antara lain mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan. Kemudian tema kebudayaan Indonesia (tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan uang TE 2022 dibanding TE 2016, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

“Inovasi ini agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan,” ujarnya.

Baca Juga: Peras Korban hingga Belasan Juta Rupiah, Oknum Wartawan Diciduk Polisi di Gondanglegi

Baca Juga: Kombespol Budi Hermanto Dinobatkan Sebagai Bapak Disabilitas Kota Malang

Selain itu serta lebih sulit dipalsukan sehingga uang rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kata Samsun, masyarakat dapat melakukan penukaran Uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling ritel yang disediakan Bank Indonesia. Untuk bank baru bisa dimulai Senin (22/8).

Inilah uang kertas pecahan tahun emisi (TE) 2022. (MVoice/noordin)

Adapun beberapa pasar yang dilayani kas keliling ritel di Kota Malang antara lain Pasar Sukun (19 dan 29 Agustus), Pasar Oro-oro Dowo (22/8), Pasar Sawojajar (26/8).

“Bisa juga pemesanan penukaran di kas keliling melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses di laman https://pintar.bi.go.id,” imbuhnya.

Baca Juga: Detik-detik Proklamasi, Pengguna Jalan di Kepanjen Diberhentikan

Meski demikian, BI Malang membatasi penukaran maksimal lima paket per orang, masing-masing paket senilai Rp200 ribu.

Adapun rincian satu paket, pecahan Rp100.000, Rp50.000 dan Rp20.000 masing-masing 1 lembar, Rp5.000 (2), Rp2.000 (3), dan Rp1.000 mendapat 4 lembar.(end)

4 Solusi Gubernur BI Turunkan Inflasi Pangan 10,7 Persen

Urban farming
Warga RT 06 / RW 18 Kelurahan Bunulrejo, Blimbing, Malang sebentar lagi panen cabe. (MVoice/Noordin)

MALANGVOICE – Gubernur Bak Indonesia. Perry Warjiyo memiliki empat solusi untuk mengatasi inflasi pangan yang sedang melanda negeri ini.

Keempat solusi ini disampaikan saat Gerakan Nasional Pengendalian Infilasi Pangan (Gernas PIP), Rabu (10/8).

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan beberapa kepala daerah.

Baca Juga: Air PDAM Macet Hampir Seminggu, Warga Terpaksa Mengungsi ke Hotel dan Beli Galon Isi Ulang

Menurut Warjiyo, saat ini masyarakat sedang sumego, nikmat-nikmatnya makan setelah mengalami Covid-19 selama dua tahun.

Akibat pengaruh ekonomi global dan perang Rusia-Ukrania, Indonesia mengalami inflasi pangan hingga 10,7 persen.

“Angka ini masih lebih baik dibanding negara-negara lain di dunia. Meski demikian, kita harus bisa menurunkan inflasi ini di angka 6 persen atau bahkan 5 persen karena berimbas ke masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Kombes Buher: Terima Kasih Sudah Menjaga Suasana Kondusif di HUT Arema

Terlebih, lanjutnya, masyarakat bawah, inflasi pangan mereka bahkan bisa sampai 60 persen. Sangat berat beban mereka.

Gubernur BI, Perry Warjiyo saat kivk off Gernas PIP, Rabu (10/8). (Mvoice/noordin)

Untuk itu, lanjut Warjiyo terdapat empat solusi untuk mengatasi inflasi pangan di Indonesia ini.

Pertama, melakukan operasi pasar agar masyarakat mudah mendapatkan barang dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Arema Apresiasi Kekompakan Kepala Daerah se-Malang Raya

Langkah kedua, jalankan silaturahim dengan kerja sama antardaerah. Potensi satu daerah bisa melengkapi kebutuhan daerah lainnya.

Kemudian, upaya ketiga jangan lupakan dasar masyarakat kita adalah masyarakat petani. Terakhir, para pejabat harus dekat dengan rakyat sehingga tahu kesulitan atau kebutuhan masyarakat.

“Mari bersama kita gelorakan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan dengan semangat kemerdekaan, proklamasi menyejahterakan rakyat untuk pemulihan ekonomi menuju Indonesia maju,” ajaknya yang disambut aplaus pada undangan.

Baca Juga: Masa Penahanan Terdakwa JEP Diperpanjang 60 Hari

Bak gayung bersambut, Gubernur jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan dukungan terhadap Gernas PIP.

Tidak hanya itu, Khofifah bahkan memiliki langkah strategis pengendalian inflasi melalui 4K.

Keempat K yang dimaksud Khofifah antara lain (K)eterjangkauan harga, (K)etersediaan pasokan, (K)elancaran distribusi dan (K)omunikasi efektif.

Baca Juga: Kolam Lompat Indah Kanjuruhan Kabupaten Malang Kotor dan Berlumut

Dia tambahkan, pengendalian inflasi pangan harus dilakukan bersama lintas sektor vertikal horisontal.

“Pengendalian inflasi pangan akan memberikan dampak signifikan bagi masyarakat karena berhubungan langsung dengan kebutuhan pokok. Inflasi Jatim sendiri pada Juli 2022 sebesar 0,61 persen (mtm),” ujarnya.

Menurut Khofifah angka yang tergolong cukup tinggi tersebut harga beberapa komoditi pangan termasuk cabai.

Baca Juga: Luas Sawah Kota Batu Terus Menyusut Tergerus Kebutuhan Ruang untuk Permukiman

Cabai merah dan bawang merah sudah menurun signifikan, sementara telur dan daging ayam masih di atas harga eceran tertinggi (HET).

Alasannya memang pakan ayam, pakan ternak terutama 50 persen dari jagung menurut para peternak harganya relatif masih cukup tinggi dibandingkan HET yang ditetapkan pemerintah.

Menurut Khofifah, format-format seperti ini memang membutuhkan penyelesaian berupa macro policy secara nasional yang menjadi bagian sangat penting.

Ditambahkan, saat terjadi inflasi seperti saat ini dibutuhkan intervensi efektif para kepala daerah sehingga dibutuhkan panduan regulasi dari pusat yang clear. Panduan ini bisa dijadikan pedoman bagi pemerintah daerah.

Tentang kerja sama antardaerah, Khofifah menyebut rutin dilakukan. Salah satunya melalui kegiatan misi dagang Provinsi Jatim dengan berbagai provinsi di Indonesia yang melibatkan berbagai pihak termasuk para pengusaha dan pedagang.

“Kami ini hampir setiap bulan melakukan misi dagang, dan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur ini salah satunya tersupport sangat signifikan dari misi dan antarpulau antarprovinsi,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa TPID Jatim akan terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak mendukung upaya pengendalian inflasi pangan baik dengan kabupaten/kota di Jatim maupun dengan provinsi lain di Indonesia.

Terakhir, Khofifah yang sangat berharap inflasi pangan di bawah 5 persen mengajak kepada seluruh kepala daerah untuk saling silaturahim.

Sekaligus membangun suasana seperti harapan Gubernur BI, menurunkan inflasi pangan dari 10,7 persen ke 6 persen bahkan 5 persen.(end)

Kenaikan Biaya Sekolah Ikut Andil Naikkan Inflasi Kota Malang

Kenaikan biaya pendidikan di SMA ikut andil menaikkan inflasi di Kota Malang. (Mvoice/unnamed-13-picsay)

MALANGVOICE – Lima komoditas menjadi pemicu naiknya inflasi di Kota Malang. Di antara lima komoditas, salah satunya adalah kenaikan tarif uang sekolah menengah atas (SMA).

Empat komoditas lain yakni angkutan udara, kue kering berminyak, bawang merah dan cabai merah.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi melalui keterangan tertulis yang diterima Mvoice Selasa (2/8).

Baca Juga: Perwakilan Anggota Askot PSSI Kota Malang Temui Sutiaji, Ada Apa?

Sebelumnya Samsun mengurai berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juli 2022 mengalami inflasi sebesar 0,76 persen (mtm); 4,74 persen(ytd) dan 5,99 perseb (yoy).

“Pada bulan sebelumnya (Juni) mengalami inflasi sebesar 0,61 persen (mtm); 3,95 persen (ytd) dan 5,30 persen (yoy),” ujarnya.

Inflasi Kota Malang sendiri terealisasi lebih tinggi dari Jawa Timur dan Nasional yang masing-masing tercatat sebesar 0,61 persen (mtm) dan 0,64 persen (mtm).

Baca Juga: Pendaftaran Dibuka 1 Agustus, 20 Parpol di Kota Batu Bersaing Lolos Peserta Pemilu 2024

“Perkembangan inflasi Juli 2022 dipengaruhi oleh peningkatan inflasi di seluruh kelompok pengeluaran,” terangnya.

Menurutnya, terdapat tiga kelompok pengeluaran penyumbang inflasi terbesar yakni kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran, transportasi, serta kelompok makanan, minuman dan tembakau.

“Andil ketiga kelompok di atas secara berurutan antara lain 0,21% (mtm), 0,15% (mtm) dan 0,15% (mtm),” imbuhnya.

Baca Juga: Penipuan Modus Ngaku Petugas Dinkes Kota Malang, Kakek di Sukun Jadi Korban

Sementara itu berdasarkan komoditas, inflasi di Kota Malang terutama didorong lima komoditas yang menjadi penyumbang inflasi terbesar.

Kelimanya antara lain, tarif uang sekolah menengah atas (SMA) dengan andil sebesar 0,12% (mtm), dan angkutan udara 0,12% (mtm).

Tiga komoditas lain yakni kue kering berminyak 0,10% (mtm), bawang merah 0,10% (mtm) dan cabai merah 0,05% (mtm).

Baca Juga: Patung “Singa Kubisme” Bermahkota Mejeng di Stadion Kanjuruhan

“Kenaikan tarif uang sekolah SMA ini seiring dimulainya tahun ajaran baru pada bulan Juli. Untuk tingkat SMP dan SD kan masih digratiskan oleh Pemerintah,” kata Samsun lagi.

Ditambahkan, Khusus kenaikan harga bawang merah dan cabai rawit disebabkan hasil panen di sejumlah daerah penghasil utama di Jawa Timur mengalami penurunan.

Selain itu, lanjutnya, kenaikan harga bawang merah dipicu harga bibit bawang merah di pasaran yang tinggi.

Baca Juga:Ngaku Wartawan Modal Foto Bersama Bupati Malang Minta Proyek ke OPD

Meski demikian,.Samsun menyebut nflasi yang lebih tinggi tertahan oleh deflasi pada berbagai komoditas.

“Komoditas antara lain minyak goreng dengan andil -0,10% (mtm), bayam -0,03% (mtm), ikan mujair -0,02% (mtm), pisang -0,02% (mtm) dan tongkol diawetkan -0,02% (mtm),” jelas pria kelahiran Pasuruan ini.

Menurutnya, penurunan harga minyak goreng sejalan dengan kebijakan intervensi Pemerintah untuk menekan harga melalui Domestic Market Obligation.

Adapun kebijakan BI Malang mendatang, Samsun mengatakan tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah.

“Baik, pemerintah pusat maupun daerah, guna menjaga inflasi berada dalam kisaran sasaran 3,0±1% pada 2022,” tegasnya.(end)

BI Malang Tambah Tiga QRIS di Pasar

QRIS milik salah satu kafe di Kota Malang, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Bank Indonesia (BI) Malang akan menambah tiga Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) di dua pasar tradisional dan satu pasar modern (mal).

Ketiga pasar itu antara lain Pasar Bunulrejo, Pasar Dinoyo dan Mal Malang Town Square (Matos). Hal itu dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi melalui pembayaran digitalisasi.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, rencana pemasangan tiga QRIS ini dapat membantu menambah jumlah titik tempat yang menggunakan QRIS. Terhitung saat ini ada sebanyak 16 pasar di wilayah Kota Malang yang menggunakan QRIS.

“Sebetulnya sudah 16 pasar yang menerapkan itu ya (QRIS). Cuma ya pelan-pelan tapi pasti, seperti yang baru ini hampir seluruh pedagang yang sudah sadar untuk itu,” ujarnya saat diwawancarai awak media pada Ahad (12/6).

Pria nomor satu di Kota Malang itu, menyampaikan digitalisasi dalam pelayanan publik saat ini terus digencarkan. Melalui Malang 4.0 diharapkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat didorong untuk menguatkan ekonomi daerah.

“Digitalisasi menjadi keharusan kita di seluruh sektor, termasuk Malang Service salah satunya yang masuk di antara itu, pelayanan publik, perekonomian juga,” kata Sutiaji.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi, saat menutup kegiatan DIDGIFES BI NGALAM 2022, (Bagus/Mvoice).

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, menambahkan, penyediaan QRIS di pasar maupun mal, untuk memfasilitasi serta mendorong para pengusaha UMKM agar memiliki pasar yang lebih luas dan bisa bersaing di era modern saat ini.

“Hampir semua tenant di pasar maupun mal ini sudah banyak yang menggunakan QRIS. Ekosistem ini akan terus didorong dan dibangun agar masyarakat semakin mudah, cepat, dan handal,” tandasnya.

Tak hanya itu kita juga terus berkolaborasi dengan UMKM untuk bergerak maju, go digital, dan go global,” pungkasnya.(end)

DIGIFES BI NGALAM 2022 Bentuk Dukungan Pemulihan Ekonomi

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi saat membuka kegiatan DIGIFES BI NGALAM 2022 secara daring, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Bank Indonesia (BI) Malang selama lima hari menggelar kegiatan DIGIFES BI NGALAM (Digital Festival Bank Indonesia Malang) 2022.

Kegiatan mulai 8-12 Juni tersebut berlangsung di Hall Matos dengan mengusung tema ‘Sinergi dan Bangkit Bersama Dukung Akselerasi Pemulihan EKonomi Melalui Digitalisasi’.

Beragam hal menarik ditampilkan mulai pameran produk UMKM binaan dan mitra BI Malang, fashion show, talkshow, hingga beragam lomba menarik.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi mengatakan, kegiatan DIGIFES BI NGALAM ini sebagai salah satu media edukasi kepada masyarakat serta bentuk dukungan terhadap flagship kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI).

“Selain itu juga sebagai salah satu pre-event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022,” ujarnya, Kamis (9/6).

Setelah kegiatan tersebut dibuka, dilanjutkan talkshow yang menghadirkan narasumber dari beragam background, mulai dari Komisi IX DPR RI, Andreas Eddy Susetyo, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, hingga publik figur, Cinta Laura yang juga selaku founder Soekarseno Foundation dan Puella ID.

“Rangkaian kegiatan DIGIFES BI NGALAM 2022 merupakan bentuk sinergi digitalisasi sistem pembayaran dengan pihak terkait. Tujuannya untuk mengakselerasi ekonomi-keuangan digital nasional sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata Samsun.

Rangkaian kegiatan DIGIFES BI NGALAM masih akan berlangsung hingga dua hari mendatang, seperti Capacity Building UMKM, Business Matching, serta lomba menarik lain yang dapat diikuti masyarakat umum.

“Selain itu, nanti juga akan ada sosialisasi ‘Cinta Bangga dan Paham Rupiah’, kampanye QRIS 15 juta pengguna, serta Launching Pasar dan Pusat Perbelanjaan atau Mall S.I.A.P (Sehat, Inovatif dan Aman Pakai) QRIS 2022,” tandas Samsun.(end)

Usaha Camilan di Kota Batu Makin ‘Renyah’ di Momen Lebaran

Masyarakat membanjiri toko kue untuk berburu aneka macam camilan untuk suguhan saat hari lebaran. (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Bisnis kue kering dan aneka camilan makin ‘renyah’ saat memasuki momen lebaran. Maklum saja, mayoritas masyarakat selalu berburu suguhan untuk merayakan hari kemenangan bersama sanak saudara.

Hiruk pikuk pembeli terlihat di Toko Kharisma, salah satu grosir kue kering di Kota Batu. Toko yang sudah ada sejak 2006 lalu, selalu dibanjiri pembeli, terutama saat mendekati lebaran.

Pengelola Toko Kharisma, Yuyun, mengaku penjualannya naik 180 persen dibandingkan hari-hari biasa. Menurutnya kenaikan harga kue lebaran imbas kebijakan PPN 11 persen, tak menyurutkan minat masyarakat berburu kue lebaran.

“Penjualannya mulai dirasa naik sejak H-10 lebaran. Terus tambah ramai ketika mendekati lebaran,” ujar perempuan asal Sumatera itu.

Berkaca pada tahun-tahun sebelum wabah melanda, biasanya pembelian terus meningkat hingga H+7 lebaran. Namun situasi berbeda dirasakan pada lebaran 2020 dan 2021 lalu. Bisnis kue pada momen lebaran di tahun tersebut mengalami kelesuan.

“Sekarang meningkat drastis dibandingkan dua kali lebaran tahun lalu. Permintaan parsel juga meningkat,” ucap Yuyun.

Pembelinya, rata-rata juga adalah warga Kota Batu sendiri. Masyarakat lebih memilih membeli kue lebaran karena lebih praktis tanpa perlu repot-repot mengolah bahan.

Mereka ramai-ramai membeli beragam makanan camilan untuk disajikan di meja tamu menyambut tamu-tamu yang datang. Seperti diakui Sania Sayyida saat berbelanja berburu kue lebaran bersama ibunya.

Perempuan 22 tahun itu antusias menyambut lebaran tahun ini karena sudah tidak ada lagi pembatasan mobilitas. Sejumlah saudara, teman dan ponakannya rencana akan berkunjung pada lebaran nanti.

“Senang sekali Idul Fitri tahun ini karena sudah bisa bersilaturahmi. Ini mumpung ada waktu luang, saya ngajak ibu belanja kue-kue buat di rumah nanti,” ungkapnya.(der)

Aset.id Hadirkan Solusi Beli Properti Terpercaya

Direktur Utama Aset.id, Candra Arief Sukriyanto. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Antisipasi banyaknya korban tertipu membeli tanah dan properti, Aset.id hadir memberikan solusi. Solusi itu adalah dengan dibentuknya tim verifikasi khusus.

Direktur Utama Aset.id, Candra Arief Sukriyanto, mengatakan, tim verifikasi ini nantinya akan memastikan penjual rumah atau properti adalah pemilik langsung. Ia menjelaskan, prinsip Aset.id adalah sesuai tagline property partner solution.

“Kami tidak ingin pembeli dirugikan. Biasa banyak kasus pembelian rumah, ternyata masih ada masalah seperti masih dijaminkan di bank. Kami seleksi betul di sini,” kata Candra saat launching kantor baru Aset.id di Jalan Kalpataru Nomor 145 A dan B, Jumat (7/1).

Tak hanya itu, Aset.id juga siap menjadi konsultan bagi developer baru. Mulai konsep dari awal hingga penjualan semua akan dibantu dengan tim Aset.id.

“Kami sekarang sudah kerja sama dengan delapan developer, paling banyak di Malang. Bahkan, apabila developer butuh dana bisa kami carikan, karena kami akan kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia,” lanjutnya.

Proyek Aset.id ke depan adalah launching aplikasi. Aplikasi berbentuk e-commerce ini dikatakan Candra lebih lengkap dari OLX. Tipe rumah yang dijual pun beragam, mulai rumah produktif, rumah medium, hingga rumah subsidi.

“Kami menjual pasti ada diskon, dan kembali lagi yang menjual harus dari pemilik langsung. Sementara ini kami menjual produk ada di website, mudah-mudahan tahun 2022 ini aplikasi bisa selesai,” jelasnya.

Aset.id sendiri sudah berjalan selama satu tahun. Dalam peresmian kantor barunya, Candra mengaku membuat konsep tanpa sekat agar bisa lebih dekat dengan seluruh karyawan dan konsumennya.(der)

Okupansi Hotel di Kota Batu Hanya 50 Persen saat Libur Tahun Baru, Ini Penyebabnya

Hotel Purnama Kota Batu menonjolkan panorama alam yang indah untuk memikat kunjungan wisatawan (istimewa)

MALANGVOICE – Libur tahun baru tak serta merta membuat napas lega bagi pengelola industri perhotelan di Kota Batu.

Tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel-hotel di Kota Batu masih jauh dari yang mereka harapkan.

Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan, rata-rata okupansi hotel di Kota Batu masih berkisar 50 persen saja.

Kondisi ini tentu saja tak membuat pengelola hotel sumringah. Karena momen liburan tahun baru selalu ditunggu-tunggu untuk melipatgandakan pendapatan.

“Tingkat keterisian memang sudah dirasakan sejak menjelang libur tahun baru,” kata Direktur Taman Rekreasi Selecta itu.

Menurutnya, para tamu lebih memilih datang langsung ke hotel saat akan memesan kamar hotel. Berbeda dengan saat situasi normal, para tamu melakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum memasuki libur tahun baru.

”Tidak seperti yang biasanya reservasi dulu, baru berangkat ke Kota Batu. Ini yang membuat okupansinya 50 persen,” kata Sujud.

Sujud menjelaskan, wisatawan hari ini lebih memilih untuk melihat situasi dan kondisi Kota Batu lebih dulu sebelum memutuskan untuk menginap. Beda dengan sebelumnya yang melakukan reservasi dulu baru berangkat berwisata.

“Kami prediksi kondisi itu akan berlangsung hingga tahun baru nanti. Jadi, misal ada wisatawan datang ya langsung ke hotel untuk pesan kamar,” jelas dia.

Asisten Marketing Manager Hotel Purnama, Rizki Ahmad Hadiri menyampaikan hal serupa dengan Sujud. Di hotelnya tingkat okupansi hanya mampu terisi 50 persen.

“Hari ini mulai dirasa ada kenaikan. Mungkin besok (1/1/22), sudah kembali menurun okupansinya,” kata Rizki (Jum’at 31/12).

Selain itu, para tamu yang datang mayoritas memesan kamar hotel secara langsung. Hanya sebagian kecil yang melakukan reservasi sebelum libur tahun baru.

“Para wisatawan mau memastikan. Khawatirnya terlanjur melakukan reservasi, tapi nggak bisa berangkat karena ada penyekatan. Jadi mereka lebih menunggu kabar sebelum berlibur,” ujar dia.(end)

BCA Syariah Jatim Buka KCP di Banyuwangi

Customer BCA Syariah sedang melayani nasabah. (Mvoice/humas)

MALANGVOICE – PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) Jawa Timur membuka jaringan layanan terbaru ke-18 di Kota Banyuwangi, sejak Kamis (2/12) lalu.

Dengan beroperasinya BCA Syariah KCP Banyuwangi, total seluruh jaringan kantor BCA Syariah di Indonesia berjumlah 73 cabang.

Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum mengatakan, Banyuwangi kota potensial untuk pengembangan bisnis.

Baca Juga:Tercatat Ada 15 Korban Jiwa Akibat Erupsi Gunung Semeru

“Hal inilah yang kami lihat seiring pertumbuhan ekonomi yang berkembang baik,” lanjutnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Mvoice.

Ditambahkan Yuli, kehadiran BCA Syariah di Banyuwangi ini sebagai pelengkap kebutuhan masyarakat terhadap perbankan syariah.

“Selain itu tentu saja untuk mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat melalui produk dan layanan syariah yang andal,” ujarnya.

Baca juga:PWI Malang Raya Buka Donasi Korban Erupsi Gunung Semeru

Lanjut Yuli, BCA Syariah KCP Banyuwangi menyediakan produk dana antara lain produk Tahapan iB, Tahapan Rencana iB, Giro iB, Deposito iB dan Tahapan Mabrur iB.

Juga melayani pembiayaan dengan ragam akad sesuai kebutuhan nasabah bisnis dan perorangan untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif.

“Untuk kebutuhan produktif atau pengembangan usaha, masyarakat dapat memilih Pembiayaan Modal Kerja iB, Pembiayaan Rekening Koran Syariah iB atau Pembiayaan Investasi iB,” jelasnya.

Baca juga:Pengungsi Erupsi Gunung Semeru Mulai Terlihat Lemas dan Kelaparan

Adapun untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, lanjutnya, BCA Syariah menyediakan KPR iB, KKB iB, Pembiayaan Multijasa Umrah dan Pembiayaan Emas.  

Masyarakat yang menginginkan layanan BCA Syariah KCP Banyuwangi bisa mendatangi Gedung BCA Kantor Kas Sudirman, Jl Jendral Sudirman 85 – 87, Panderejo, Kecamatan Banyuwangi.

Menurut Yuli, sampai Oktober 2021, BCA Syariah membukukan total Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp7,1 triliun.

Baca juga:Damkar Kota Malang Suplai Air Bersih ke Rumah Warga Terdampak Erupsi Semeru

“Secara komposisi, perolehan DPK dari cabang BCA Syariah di Pulau Jawa masih mendominasi DPK BCA Syariah secara keseluruhan,” tuturnya.

Sementara itu komposisi DPK wilayah Jawa Timur sendiri mencapai 12,49 persen dari DPK BCA Syariah di pulau Jawa.

“Sampai akhir tahun 2021, kami menargetkan BCA Syariah dapat tumbuh minimal 8,5 persen baik dari segi pembiayaan dan DPK,” pungkas Yuli.(end)