BCA Dukung Mahasiswa Sukses Hadapi Dunia Kerja di Era 4.0

Kuliah umum Sukses Menghadapi Dunia Kerja di Era 4.0 di UMM. (Istimewa)
Kuliah umum Sukses Menghadapi Dunia Kerja di Era 4.0 di UMM. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung visi pemerintah yang bertajuk “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Komitmen itu ditunjukkan lewat pembekalan melalui Kuliah Umum kepada 300 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dengan tema “Sukses Menghadapi Dunia Kerja di Era 4.0”.

Kuliah Umum yang dibuka oleh Kepala Pengembangan Operasi Wilayah VIII BCA Edy Santoso ini menghadirkan Founder KM Plus & Principal Consultant Alvin Soleh sebagai pembicara. Turut hadir dalam acara ini, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (16/11).

Edy Santoso mengatakan, perkembangan teknologi yang pesat serta persaingan yang semakin ketat menuntut mahasiswa untuk memiliki bekal dalam menghadapi dunia kerja pada era revolusi industri 4.0, yaitu era disrupsi teknologi, era berbasis Cyber Physical System.

“Hal ini mendorong kami untuk berkontribusi dalam rangka memberikan nilai tambah kepada mahasiswa sebagai persiapan masa depan,” ujar Edy Santoso, sesuai rilis yang diterima MVoice, Senin (18/11).

Tidak hanya diberikan kepada mahasiswa UMM saja, di tahun 2019 BCA telah mengadakan seminar dan kuliah umum untuk beberapa perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Mulawarman, Universitas Udayana, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Indonesia, serta Institut Teknologi Sepuluh November.

“Secara tidak langsung, kuliah umum ini diharapkan dapat pula menjadi salah satu motivasi bagi mahasiswa untuk lebih giat dalam mencapai prestasi akademik dan meningkatkan daya saingnya untuk persaingan dalam negeri bahkan hingga kancah global,” tutup Edy Santoso. (Der/Ulm)

Hadiah Ekslusif bagi Konsumen Honda Genio

istimewa
istimewa

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) memberikan apresiasi kepada konsumen yang akan membeli Honda Genio.

Pada bulan Oktober hingga Desember 2019, bagi konsumen yang membeli Honda Genio akan mendapatkan hadiah satu jaket exclusive. Selain itu juga bagi konsumen setia Honda, hanya dengan menunjukkan STNK motor Honda yang dimiliki akan mendapatkan diskon.

“Honda Genio sebagai produk entry level AT yang casual fashionable dan dengan desain casual dan body yang compact cocok untuk anak muda. Harganya pun masih terjangkau. Honda Genio sudah bisa mulai dipesan di dealer – dealer terdekat di Jatim,” ujar Marcomm & Development Division Head MPM, Suhari.

Honda Genio Skutik dibekali generasi terbaru mesin eSP 110cc yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Identitas Honda Genio ditandai dari desainnya yang casual dan bodinya yang compact,sesuai untuk generasi muda. Hal tersebut didukung oleh penggunaan frame (rangka) baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Teknologi frame baru Honda yang diimplementasikan pertama di Indonesia ini membuat Honda Genio lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Honda Genio ada dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna yang stylish serta casual sesuai dengan trend generasi muda saat ini. Tipe CBS yang dipasarkan Rp 18.315 juta (On The Road Surabaya) ini tersedia dalam lima warna, yakni Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver. Sementara itu tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 18.715 juta, mendapat enam pilihan warna, yakni Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial pembelian Honda Genio.(Der/Aka)

Lewat Garda Mall, Satu Aplikasi untuk Kebutuhan Pelayanan Pemilik Kendaraan

Pengenalan aplikasi Garda Mall Otocare 5.0. (deny rahmawan)
Pengenalan aplikasi Garda Mall Otocare 5.0. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Menandai usia ke-63, Asuransi Astra persembahkan fitur terbaru dalam memaksimalkan pelayanan dengan aplikasi Garda Mobile Otocare, Garda Mall.

Aplikasi ini sejatinya sudah diperkenalkan sejak 2015 lalu, dan kini memiliki update 5.0 yang memenuhi semua kebutuhan pemilik kendaraan. Generasi terbaru Garda Mall ini dijelaskan Branch Head Asuransi Astra Malang, Lindung Karuniawan.

Dijelaskan Lindung, sejak awal dikembangkan Garda Mobile Otocare ditujukan untuk dapat menjadi partner berkendara terpercaya.

“Berbagai inovasi yang kami kembangkan semata untuk dapat memberikan layanan yang semakin baik ke pelanggan. Di sisi lain kami sadar bahwa untuk mendapat menberikan layanan terbaik harus memberikan solusi yang tepat,” ujarnya kepada awak media.

Tak hanya sekadar mengikuti trend, agar pengembangan aplikasi ini dapat selalu terarah, Asuransi Astra melakukan riset dan merumuskan 10 tahap dalam siklus pengendara mobil. Mulai dari membeli mobil, membeli asuransi, memonitor bensin dan dokumen terkait seperti SIM dan STNK. Berdasarkan siklus ini, Garda Mobile Otocare 5.0 diluncurkan.

“Kami beri nama Garda Mall karena konsepnya seperti belanja di mal. Ada beragam toko menyediakan berbagai macam produk otomotif, produk keuangan Astra Financial, dan lapak jual beli mobil bekas. Karena itu semua kebutuhan dapat terpenuhi di satu aplikasi ini,” tutup Lindung.(Der/Aka)

500 Cincin Kawin Karya Tiga Desainer Top Dipamerkan di DJF 2019

Dazzling Jewelry Festival (DJF) 2019 di MOG. (deny rahmawan)
Dazzling Jewelry Festival (DJF) 2019 di MOG. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Pameran perhiasan terbesar digelar di Atrium Mall Olympic Garden mulai 14-24 November. Pameran yang diprakarsai PT Central Mega Kencana (CMK) ini bertajuk Dazzling Jewelry Festival (DJF) 2019.

DJF memamerkan tiga brand terkenal. Frank&co, Miss Mondial, dan The Palace dengan koleksi 500 pasang wedding ring (cincin kawin).

Koleksi itu merupakan karya tiga desainer kenamaan Indonesia di antaranya; Sebastian Gunawan untuk Frank&co, Tex Saverio untuk Miss Mondial dan Anne Avantie untuk The Palace.

Baru tahun ini pameran DJF sengaja kami boyong ke beberapa kota di luar Jakarta. Malang merupakan kota ketiga yang kami sambangi setelah sebelumnya digelar di Bandung dan juga Semarang,” kata General Manager Marketing & Communication PT CMK, Gloria Tobing.

Selama pameran di Kota Malang, disiapkan beragam aktivitas khusus untuk menambah keseruan para pengunjung seperti; Infinity Room, Claw Machine, Guess The Box serta entertainment dari Reza Artamevia dan Virzha yang tampil di setiap akhir pekan.

“Tak hanya itu saja, selama pameran bakal ada banyak promo khusus bagi pengunjung. Mulai cashback hingga Rp8 juta sampai pengundian grand prize berhadiah travel voucher senilai Rp 40 juta,” tandasnya.(Der/Aka)

Dynamix Getol Dikenalkan Sebagai Pengganti Holcim

Direktur Human Capital, Legal, and Corporate Affairs PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Agung Wiharto (kanan), Head of Customer Marketing PT Solusi Bangun Indonesia, M Taufiq Hidayat (kiri). (Istimewa)
Direktur Human Capital, Legal, and Corporate Affairs PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Agung Wiharto (kanan), Head of Customer Marketing PT Solusi Bangun Indonesia, M Taufiq Hidayat (kiri). (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) terus getol mengenalkan Dynamix sebagai merek baru pengganti produk semen Holcim. Dynamix resmi berganti sejak diakuisisi PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB).

Mengawali langkah pengenalan itu di Malang, PT SBI mengajak para kontraktor dan developer untuk mempererat sinergi agar Dynamix bisa dikenal luas, Selasa (5/11).

Direktur Human Capital, Legal, and Corporate Affairs PT SBI, Agung Wiharto, mengatakan, pangsa pasar di Malang cukup menjanjikan dan potensial. Karena itu, momen ini sangat penting agar menjalin relasi dan kemitraan dengan para pelanggan dengan tema “Berani Berubah Lebih Baik”.

“Jatim naik 13,5 persen. Kami berharap mempertahankan market di Jatim. Harapannya pasti naik karena situasi pasar sekarang menantang,” katanya.

Dijelaskan Agung, secara mutu kualitas Holcim dan Dynamix tidak ada perbedaan. Justru merek baru Dynamix ini diklaim unggul dari segi kualitas dan standar yang ada.

“Yang penting kami menjamin ketersediaan Dynamix di pasar. Di Jatim sendiri terdapat 21 retail distributor aktif yang melayani hampir 4.000 toko bangunan,” tandasnya.(Der/Aka)

Peduli Lingkungan, BI Malang Ajak Genbi Tanam Bibit Mangrove di Pantai Clungup dan Gatra

Penanaman bibit mangrove oleh Genbi BI Malang. (Lisdya)
Penanaman bibit mangrove oleh Genbi BI Malang. (Lisdya)

MALANGVOICE – Dalam rangka memberi dukungan kepada Generasi Baru Indonesia (Genbi) untuk terus peduli terhadap lingkungan, Bank Indonesia (BI) Malang mengajak giat bersih-bersih dan menanam bibit mangrove di Pantai Clungup dan Pantai Gatra Kabupaten Malang, Sabtu (2/11) kemarin.

Perlu diketahui, Genbi sendiri merupakan komunitas bagi mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI) Malang, yang dibagikan kepada mahasiswa UB, UM dan UIN Maulana Malik Ibrahim.

“Ini kegiatan tahunan untuk program kerja yang disebut dengan Bersih Indonesia. Kami ingin membangun kesadaran masyarakat dan para mahasiswa agar turut berkontribusi melestarikan lingkungan,” ujar Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan BI Malang, Siti Senorita Printaningrum.

Penanaman 120 bibit pohon mangrove di sekitaran Pantai Gatra dan Pantai Clungup ini diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa penerima beasiswa BI. Selain penanaman bibit, mahasiswa juga diajak untuk melakukan bersih-bersih di sepanjang bibir pantai.

“Kami sebenarnya juga sedang mengembangkan kawasan wisata. Dan sasaran kami di Malang Selatan, karena memiliki banyak potensi,” ujarnya.

Sementara itu, founder Clungup Mangrove Conservation (CMC), Lia Putrinda mengatakan, jika pihak BI juga memberikan bantuan berupa lima unit tempat sampah dan juga goodie bag.

“Kami sangat mengapresiasi, untuk bantuan ini memang karena kami yang meminta. Karena sesuai dengan tagline kami, yakni ‘sampahku tanggungjawabku’. Karena pengunjung harus membawa sampahnya sendiri saat pulang,” tandasnya.(Der/Aka)

GrabFood Luncurkan Layanan Baru di Indonesia

Peluncuran GrabFood Signature dan Pesta Spektra. (Istimewa)
Peluncuran GrabFood Signature dan Pesta Spektra. (Istimewa)

MALANGVOICE – GrabFood meluncurkan layanan baru di Indonesia. Layanan itu dinamakan GrabFood Signature, yakni serangkaian pilihan menu unik dari para mitra usaha favorit pelanggan, yang tersedia secara eksklusif.

GrabFood berkolaborasi dengan lebih dari 60 mitra usaha di seluruh Indonesia untuk bersama-sama mengembangkan menu signature eksklusif.

Peluncuran mulai akhir Oktober lalu, pelanggan dapat memesan Jalapeno Cheese Mozzarella Burger dari Burger King, Toffee Nut Latte dan Caramel Macchiato dari Kopi Kenangan, Sambel Kecombrang dan Sambel Andaliman dari Se’i Sapi Lamalera (cabai yang tumbuh di wilayah Jawa Barat dan Sumatera Utara), di antara sederatan menu baru GrabFood Signature lainnya.

Pada fase awal ini, lebih dari 100 menu GrabFood Signature akan tersedia melalui lebih dari 600 outlet F&B di Bali, Bandung, Cirebon, Jakarta, Makassar, Malang, Mataram, Medan, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta – dimana semuanya dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi GrabFood.

Tidak hanya restoran makanan cepat saji Internasional favorit pelanggan seperti Burger King, GrabFood Signature juga merangkul rantai restoran lokal seperti Kopi Kenangan, KopiSoe, serta UMKM seperti Pesenkopi, Se’i Sapi Lamalera, Bebek Kepahiang Babase, Zeribowl, dan Big Bananas.

“Pesan-antar makanan merupakan layanan krusial dalam keseharian para pelanggan yang telah menjadi bagian inti dari komitmen Grab sebagai everyday everything app. Kami menciptakan pengalaman pengguna yang bersifat hyperpersonal dan perluasan jaringan GrabKitchen yang pesat merupakan faktor-faktor pendorong pertumbuhan dan peningkatan popularitas GrabFood di Indonesia,” kata Demi Yu, Head of GrabFood Indonesia.

Demi Yu menambahkan, GrabFood Signature adalah inovasi terkini yang akan membantu para mitra usaha dalam meningkatkan pendapatan mereka.

Mengikuti selera konsumen dan tren makanan yang kian berkembang, GrabFood Signature memungkinkan mitra usaha untuk bereksperimen dengan rasa serta menguji resep baru untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan cara-cara yang kreatif.

“Kami yakin GrabFood Signature dapat membantu mendorong peningkatan penjualan yang signifikan,” lanjutnya.

Mengomentari peluncuran GrabFood Signature, Ichmeralda Rachman, Kepala Pemasaran GrabFood dan Bisnis Baru, Grab Indonesia mengatakan, pihaknya selalu mencari cara baru untuk memanjakan dan memberikan pengalaman terbaik kepada para pelanggan dan mitra usaha.

“Melalui GrabFood Signature, kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan para mitra usaha untuk menghadirkan pilihan menu baru yang inovatif kepada para pelanggan, yang semuanya diolah berdasarkan tren makanan terbaru. Kami tidak sabar untuk mengembangkan lebih banyak menu makanan dan minuman eksklusif kami untuk memberikan konsumen beragam pilihan sajian unik dari para merchant favorit mereka,” ujarnya.

Selain itu, GrabFood mengampanyekan Pesta Spektra yang ditujukan untuk memanjakan pelanggan dengan beragam penawaran yang menggugah selera. Sebagai bagian dari kampanye, GrabFood akan memberikan hadiah senilai Rp 1 miliar dan kesempatan makan gratis selama setahun bagi para pelanggan yang beruntung.(Der/Aka)

Dari Tahun ke Tahun, Honda Vario Alami Perubahan Ikuti Kebutuhan Konsumen

istimewa
istimewa

MALANGVOICE – Honda Vario merupakan salah satu motor matic yang terbilang sukses dipasaran, sejak pertama kali diluncurkan dan hingga kini Honda Vario sendiri sudah mengalami perubahan untuk terus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Tahun 2006 hingga 2009 lalu, Honda Vario Absolute Matic pertama kali diperkenalkan dengan brand ambasador Agnes Monica, berbasis mesin 110 cc

Sejak pertama kali diluncurkan, Honda Vario sudah dibekali dengan berpendingin cairan serta dilengkapi dengan fitur brake lock dan side stand switch. Fitur tersebut lebih ke arah safety untuk konsumen supaya lebih nyaman saat berkendara.

Memasuki tahun 2009 hingga 2013, Honda Vario Techno melakukan perubahan design utama bodi yang lebih runcing. Selain itu evolusi pertama Honda Vario menjadi Vario Techno dengan split headlamp dan modelnya sporty agresif.

Saat itu juga, fitur pengereman yang dimiliki juga menyesuaikan dengan tekhnologi combi brake system. Dimana pengendara cukup menarik tuas rem sebelah kiri, maka rem depan dan belakang akan bereaksi secara proporsional dan tidak membahayakan pengendara.

Evolusi selanjutnya dilakukan tahun 2013 hingga 2015, dimana Honda Vario upgrade performa dengan penghematan mesin bertekhnologi PGM Fi 125 cc tenaga dan mampu 11,3 PS / 8.500 rpm dengan torsi 10,7 Nm atau sekitar lima ribu rpm.

Tidak hanya itu, perubahan dibagian tangki juga diperbesar dari 3,6 liter kini sudah menjadi 5,5 liter untuk lebih menghemat pengendara untuk melakukan perjalan jarak jauh.

Dari bagasi pun juga disesuaikan dengan kebutuhan pengendara, Honda Vario 125 sudah dibekali bagasi helm in yang berkapasitas sekitar 18 liter cukup untuk helm half face.

Melengkapi tekhnologinya, type Honda Vario 125 Esp juga didukung fitur Idling Stop System dimana tekhnologi tersebut bisa mematikan mesin saat kondisi diam selama 3 detik.

Untuk menyalakan mesin kembali, pengendara tinggal memutar throtle gas dan tekhnologi ini sanggup meningkatkan konsumsi BBM rnjadi lebih irit.

Di tahun 2015 hingga 2018, Honda Vario melengkapi vaiannya dengan menambahkan varian 150 cc dengan output 12,64 PS / 8.400 rpm dan torsi 12,8 Nm / 5.000 rpm tekhnologi Enhanched Smart Power (eSP).

Design model baru dengan menerapkan Dual LED Headlight semakin menambah nilai plus untuk Honda Vario didukung dengan design yang agresif dan tajam

Untuk varian Honda Vario 150 cc, di tahun tersebut sudah dilengkapi dengan Answer Back System dimana untuk mempermudah konsumen untuk mencari posisi motornya.

Masuk tahun 2018 hingga sekarang, Honda Vario masih memiliki design yang makin agresif, ubahan tersebut dilengkapi dengan All LED system dan dibekali mesin 150 cc generasi terbaru tanpa menggunakan kickstarter.

Tidak hanya itu, dibagian speedo meter sudah menggunakan full digital yang lebih mempermudah pengelihatan pengendara di siang atau malam hari.

Untuk Honda Vario 125 ISS kini sudah dibekali Answer Back System, dan di varian Honda Vario 150 cc ada tambahan baru dengan dibekali Smart Key System yang lebih safety supaya motor tidak mudah dicuri.

Di varian Honda Vario 110 cc mengalami perubahan di tahun 2014 hingga 2017, dimana Honda Vario 110 cc menggunakan mesin berbasis yang sama dengan Honda BeAT Fi yang dilengkapi Dual LED Headlight dengan design elegan melanjutkan tradisi Vario 110 cc edisi pertama.

Dibagian pengereman, Honda Vario di tahun tersebut sudah dilengkapi dengan CBS dan Answer Back System untuk mempermudah mencari posisi motor saat parkir.

Di tahun 2017 hingga sekarang, Honda New Vario Esp 110 cc sudah melengkapi ACG starter yang membuat starter motor menjadi tanpa suara berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

Penambahan fitur Idling Stop System juga sudah disematkan pada varian ini untuk lebih menghemat penggunaan BBM saat berkendara dalam kemacetan.(Adv)

Milenial Kota Malang Ramaikan Investor Saham

Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuni. (Lisdya)
Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuni. (Lisdya)

MALANGVOICE – Sejak bulan Agustus 2019 kemarin, generasi milenial di Kota Malang mulai meramaikan pasar investor saham.

Dilihat dari data single investor identification (SID), jumlah tersebut mencapai sekitar 14 ribu. Otomatis jumlah tersebut berhasil mengungguli enam kota di wilayah kerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang.

Tercatat ada 14.308 miliki CV atau pribadi. Sedangkan 22 saham dimiliki oleh perusahaan. Sedangkan urutan kedua diduduki oleh Pasuruan dengan jumlah sekitar dua ribu.

“Sedangkan dari catatan kami, investor saham ini kebanyakan milik perorangan (CV) dan usia milenial,” ujar Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuni belum lama ini.

Milenial yang mulai berinvestasi ini merupakan dominan dari imbas program ‘Yuk Nabung Saham’, yang dicanangkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018. Di mana perorangan bisa mulai menanam saham mulai Rp 100 ribu.

“Dengan nilai demikan, banyak yang kemudian antusias. Apalagi milenial yang lebih berani,” ungkapnya.

Dari jumlah tersebut, transaksi saham yang dilakukan investor pun paling tinggi, yakni pada bulan Agustus menyentuh angka beli Rp 721,36 miliar dan angka jual Rp 607,10 miliar.

“Angka belinya jauh lebih tinggi. Dari transaksi ini bisa dilihat tren perilaku investor. Untuk selanjutnya kemudian dianalisis lebih lanjut,” tandasnya.(Hmz/Aka)

Pertama Digelar di Malang, BCA Expo 2019 Targetkan Transaksi Rp100 Miliar

Jo Rudy Kurniawan, Kepala Kantor Wilayah VII BCA (tengah) bersama Executive Vice President Consumer Loan BCA, Felicia M. Simon dan pimpinan BCA serta The Araya. (deny rahmawan)
Jo Rudy Kurniawan, Kepala Kantor Wilayah VII BCA (tengah) bersama Executive Vice President Consumer Loan BCA, Felicia M. Simon dan pimpinan BCA serta The Araya. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – BCA Expo 2019 siap digelar di Kota Malang. Kegiatan rutin PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ini bakal berlangsung selama dua hari, mulai 28-29 September di halaman Taman Indie Araya.

Event ini bekerja sama dengan The Araya menghadirkan beberapa produk unggulan BCA dan menggabungkan pameran mobil, properti, dealer motor, dan beberapa anak perusahaan BCA sekaligus demi menjawab berbagai kebutuhan nasabah.

Pertama di Malang, BCA Expo 2019 ini setidaknya akan melibatkan 15 merek mobil, 7 merek sepeda motor dari 18 dealer dan developer Kota Malang. Tentunya banyak penawaran promo menarik dari sisi pembiayaan properti dan kendaraan bermotor.

“Kali ini BCA hadir untuk memberikan fasilitas One Stop Shopping yakni fasilitas pembelian hingga pembiayaan kepada pengunjung BCA Expo Malang 2019,” ujar Jo Rudy Kurniawan, Kepala Kantor Wilayah VII BCA.

BCA Expo 2019 Malang tidak hanya akan menawarkan fasilitas cicilan berbunga rendah, tetapi juga akan menawarkan produk andalan dari beberapa anak perusahaan BCA.

“BCA akan menghadirkan unit-unit bisnis seperti Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Sepeda Motor (KSM), Kredit Pemiiikan Rumah (KPR), dan Kartu Kredit, termasuk juga beberapa produk andaian dari BCA Insurance, BCA Life, BCA Sekuritas, dan BCA Syariah,” jelas Rudy.

Dalam even tahun ini, dikatakan Executive Vice President Consumer Loan BCA, Felicia M. Simon, target pengunjung diusahakan mencapai 10 ribu dengan transaksi properti dan kendaraan bermotor mencapai Rp 100 miliar.

“Ini angka awal event besar, pasti secara kontinyu event akan dihelat terus setiap tahun,” tandasnya.(Der/Aka)

Komunitas