Peringati HUT ke-11, Builder Grave Digger Beri Pelatihan pada Nelayan

Suasana kegiatan komunitas motor Grave Digger saat merayakan anniversary. (Istimewa).

MALANGVOICE – Klub motor Grave Digger yang tergabung dalam Bold Riders Malang merayakan anniversary ke-11 dengan beragam kegiatan sosial. Salah satunya memberikan pelatihan gratis tentang teknik pengecatan kepada puluhan nelayan di pesisir Pantai Tamban.
 
Ketua Grave Digger Malang, Dimas Zakaria, mengatakan pelatihan teknik pengecatan ini sejatinya diikuti sekitar 10 peserta, namun begitu menjelang hari H, peserta pelatihan membeludak mencapai 40-an peserta. Maklum saja, pemateri dalam pelatihan ini mayoritas adalah builders top Malang yang tergabung dalam klub motor spesialis chopper tersebut.
 
“Kebetulan juga nelayan kan peralatannya rawan karat seperti mesin perahu, motor, helm, jadi kami juga berikan pelatihan pengecatan anti karat, termasuk juga pengecatan untuk perahu,” ucapnya
 
Ada belasan builders Grave Digger yang diterjunkan untuk memberikan pelatihan selama dua hari penuh ini. selama dua hari itu dimanfaatkan oleh anak-anak muda setempat kemudian nelayan untuk menimba ilmu dari para ahlinya.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan serta edukasi ini mereka bisa memiliki ketrampilan dalam mengecat piranti alat kerja mereka. Mudah-mudahan juga bisa bermanfaat untuk semua,” tegasnya.

Koordinator Bold Riders Malang Farris Adi Putra berharap Grave Digger bisa semakin kreatif dan terus membawa manfaat bagi banyak orang dengan sejumlah kegiatan sosialnya, seperti memberikan pelatihan terkait dengan dunia motor dan mesin.

“Grave Digger ini sering menampung anak-anak SMK untuk diajari seputar dunia mesin, modivikasi, dan kustom, termasuk juga merestorasi motor menjadi tunggangan yang keren dan tetap memperhatikan sisi safety. Selamat ulang tahun yang ke-11,” tukasnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan anniversary Grave Digger ini, selain memberikan pelatihan pada Nelayan, juga memberikan 200 bibit pohon mangrove kepada Karang Taruna (karta) Bina Karya Sembada di Desa Tambak Rejo, Malang. Pemberian bibit pohon ini juga untuk membantu menghidupkan ekowisata di wilayah setempat.

Acara Hari Jadi atau hari ulang tahun (HUT) Grave Digger ini juga diisi dengan sejumlah hiburan seperti Tarian Topeng Malang oleh Lady Bikers. Kemudian juga diisi dengan pelatihan lainnya, seperti live edukasi seni pahat grafir.(der)

Trabasan Lintasi Gunung, Buktikan Ketangguhan Honda CRF150L

Aksi trabasan komunitas Honda CRF150. (istimewa)

MALANGVOICE – Ketangguhan dan performa tinggi Honda CRF150L dibuktikan 25 riders dalam kegiatan trabasan yang diadakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) dalam kegiatan bertajuk CRR150L Jelajah Alam.

Aksi trabasan merupakan kegiatan untuk memacu adrenalin dengan menjelajah alam penuh tantangan menyenangkan berperforma tangguh bagi pecinta motor on-off sport bersama Honda CRF150L.

Kegiatan trabas yang diadakan sehari penuh pada hari Minggu tanggal 20 Desember ini mengambil start dari Lembah Dieng menuju Gunung Kawi lanjut Coban Glotak. Di sini peserta melakukan kegiatan Honda Community Social Responsibilitas (HCSR) dengan melakukan aksi memperbaiki pipa saluran air yang menghubungkan mata air Cuban Glotak menuju rumah penduduk.

Kemudian peserta lanjut trabasan dan finish di Lembah Indah Gunung Kawi. Kegiatan trabasan ini dijalankan sesuai protokol kesehatan yang ketat dan anjuran pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pada kegiatan ini, peserta yang berasal dari komunitas CRF Malang (KCM Malang) dan HCBR ditantang untuk merasakan performa mesin tinggi dan ketangguhan suspensi depan Honda CRF150L berdiamter besar dalam menaklukkan berbagai kondisi jalan mulai dari perkotaan, tanah bergelombang serta berbatu.

“Melalui kegiatan trabasan ini kami ingin ikut serta menjaga lingkungan dan tempat wisata melalui kegiatan HCSR. Semoga perbaikan pipa saluran air yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi penduduk sekitarnya,” Kata Dionizius Mizidianto selaku Community Development MPM Honda Jatim.

Saat ini ada sebanyak 8 komunitas CRF yang terbentu di bawah naungan MPM Honda Jatim. Komunitas tersebut anatara lain CRF150L Surabaya, CRF Owners Tulungagung, CRF Sumenep Madura, KCM Malang, CRF TAPAL KUDA Jember, CRF Banyuwangi, CRF Nganjuk, CRF Blitar Raya.

New Honda CRF150L hadir dengan mengusung konsep “Take You to Off Fun Ride” melalui penyematan desain dan fitur unggulan, dilengkapi mesin tangguh untuk berkendara di berbagai kondisi jalan berliku, turing, hingga berkendara di perkotaan. Ketangguhan New Honda CRF150L dicapai berkat penyematan mesin 150cc SOHC PGM-FI berperforma tinggi, fitur terbaik seperti suspensi inverted front fork berdiameter besar, ban dual purpose dan velg ukuran besar, serta wavy disc brake yang mendukung kemampuan jelajah optimal dengan nyaman dan mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.(der)

Bawa Khas Tersendiri, Kenatha Rilis Single Kedua “One Step At a Time”

Personel Kenatha. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Band indie asal Malang, Kenatha merilis single baru berjudul One Step At a Time. Lagu kedua itu dirilis pada Minggu (20/12) di Roewang Tamoe Coffee.

Band yang digawangi personel suami istri, Indra Ferianto (keyboardis) dan Artfani Gemelli (vocalis) ini menciptakan lagu dengan gaya khasnya tersendiri bergenre pop romantic. Lagu ini diciptakan Kenatha bersama dua remaja bernama Diego dan Jesse.

Kenatha

Artfani Gemelli menjelaskan, lagu kedua ini bercerita tentang keyakinan atas sebuah cinta yang positif.

“Memang menceritakan tentang keyakinan cinta, tapi lama-lama kok kisahnya hampir mirip dengan perjalanan cinta kami berdua,” kata Fani, sapaan akrabnya.

Kenatha melengkapi rilis lagunya ini dibarengi dengan pembuatan video klip di akun YouTube Kenatha Official. Fani mengaku pembuatan video klip dan recording sangat singkat. Hal itu dikatakannya tak lepas dari bantuan banyak pihak.

“Mulai proses recording singkat banget dua pekan saja. Kemudian pembuatan video klip juga langsung diselesaikan di Pantai Modangan. Beruntung kami banyak dibantu Anton Jade buat bikin video klip dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Indra berharap lagu keduanya ini bisa diterima baik para penikmat musik, khsusunya di Malang. Mantan personel Taxi Band ini juga berencana roadshow kecil ke beberapa lokasi.

“Insyaallah tahun depan mau roadshow. Sekarang hanya putar lagu serentak di radio karena masih pandemi. Ini lagu baru yang kami coba, semoga bisa diterima baik sampai dengan karya selanjutnya,” harapnya.

Sekadar diketahui, Kenatha Band ini terbentuk pada Mei 2020. Nama Kenatha mengambil dari anak kedua Indra dan Fani. Lagu pertama yang dirilis berjudul Beautiful Moment.(der)

Izabelle Kiara, Bocah SD Bersuara Emas Asal Malang

Izabelle Kiara, saat menunjukkan medali beberapa waktu lalu. (Toski D)

MALANGVOICE – Kota Malang dikenal sebagai kota pendidikan, ternyata meliki segudang potensi dalam bidang olah vokal. Pasalnya, usai aksi Agnes Cefira asal Malang yang menghebohkan blantika musik dalam ajang Pop Academy Indosiar Top 6, ternyata juga ada bocah yang memiliki suara emas.

Bocah tersebut memiliki nama Izabelle Kiara. Bocah yang masih duduk di bangku kelas 5 di SDK Santa Maria 2 Kota Malang ini dengan lihai membawakan lagu Feeling Good yang dipopulerkan Michael Buble itu.

Hal itu terlihat di akun YouTube , yang sudah ditonton oleh 2.227 orang, dan memiliki Subscribe sebanyak 294 ribu dalam 3 hari terakhir ini, ternyata seorang bocah yang usianya belum genap 10 tahun.

Dalam Youtube tersebut, terlihat Izabelle Kiara menggunakan busana retro, dengan background di sebuah rumah yang memiliki ornamen klasik.

Izabelle Kiara meski masih bocah, ternyata seorang penyanyi cilik asal Kota Malang, yang pernah mengikuti ajang World Championships of Performing Arts 2019 (WCOP) di California, dan berhasil menggondol tiga medali perak juara 2 untuk kategori Pop, RnB/Soul/Jazz, dan Original Work.

Mendengar lantunan suara emas Izabelle Kiara tersebut, membuat pelatih vokal Michael Jackson dan Lady Gaga, Romeo Johnson seolah terbius dan tertarik, serta memanggilnya ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Ibunda Izabelle Kiara, Intan Kurniawan sangat bersyukur memiliki anak yang bisa mengaktualisasikan kemampuannya di bidang menyanyi.

“Izabelle Kiara itu anak semata wayang. Menyanyi itu atas kemauan dia sendiri. Kami sebagai orang tua berusaha untuk mendampinginya,” tegasnya, saat dihubungi awak media, Rabu (16/12).

Sebagai informasi, lagu Feeling Good tersebut banyak yang bilang seperti memiliki magic tersendiri, dan instrumen lagunya memukau dan enak didengar.

Lagu Feeling Good sendiri ditulis oleh penyanyi dan penulis lagu Inggris, Anthony Newley dan Leslie Bricusse untuk musikal tahun 1965 ‘The Roar of the Greasepaint-The Snell of the Crowd’.

Lagu ini kemudian dirilis pertama kali pada tahun 2005 dan pertama kali bagi Michael Buble. Lagu ini kemudian menjadi soundtrack film ‘Memories of Marsuko’ yang masuk sebagai nominasi Producer of The Year.

Lagu Feeling Good telah direkam banyak seniman kelas dunia, diantaranya Nina Simone, Muse, Adam Lambert, Sammy Davis, Bobby Darin, Traffic, Michael Buble, The Pussycat Dolls, George Michael, John Coltrane, Tose Proeski, Joe Bonamassa, Frank Sinatra Jr.

Selain itu, juga Jennifer Hudson, Stephen Williams, Sharon Jones and the Dap Kings, Ed Sheeran dan Alice Russel dengan The Quantic Soul, Orchestra, Prince Poppycock, Rebecca Ferguson, Roman Veremeychil dan Rela.(der)

Obati Rasa Rindu, Honda National Bikers Gathering Virtual Edition

Honda National Bikers Gathering Virtual Edition. (Istimewa)

MALANGVOICE – Mengobati rasa rindu untuk saling bersilahturahmi antar bikers Honda di tengah pandemi, PT Astra Honda Motor (AHM) dukung Asosiasi Honda Jakarta dalam mengajak 6.037 bikers Honda dari seluruh Indonesia untuk saling berbagi semangat kebersamaan dalam gelaran Honda National Bikers Gathering.

Honda National Bikers Gathering Virtual Edition yang merupakan kegiatan kopdar akbar virtual pertama bagi seluruh bikers Honda seluruh Indonesia yang disiarkan secara langsung di live streaming http://www.Hondanationalbikersgathering.com Sabtu (5/12) lalu.

PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT mendukung kegiatan komunitas Honda Jatim dengan memberikan fasilitas untuk mengadakan Nobar (Nonton Bareng) Honda National Bikers Gathering Virtual Edition. Bertempat di Riders Cafe MPM Malang, kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Perwakilan bikers dan members klub, komunitas, pengda dan paguyuban motor Honda di Jatim yang tergabung dalam Honda Community Jatim mengikuti Nobar Honda National Bikers Gathering Virtual Edition.

“MPM Honda Jatim melalui Community Development mendukung Honda Community Jatim untuk ikut mensukseskan Honda National Bikers Gathering Virtual Edition. Selain di Surabaya, kegiatan Nobar ini juga di lakukan di Malang,” kata Fariz selaku Community Development MPM Honda Jatim.

Rangkaian gelaran Honda National Bikers Gathering diawali dengan kegiatan berkendara eksplorasi negeri secara mandiri yaitu Bikers Exploride yang mengusung tema “Bangkit Bersama” di 28 kota besar di Indonesia (21-22/11).

Dalam kegiatan ini, bikers Honda berkendara santai mengelilingi lokasi wisata yang bernilai sejarah ataupun napak tilas mengunjungi lokasi Honda Bikers Day tahun-tahun sebelumnya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Pada rangkaian kegiatan Bikers Exploride, para bikers Honda beradu kreativitas membuat video maupun foto perjalanan bersama sepeda motor Honda kesayangannya. Hasil video dan foto terbaik dari para biker honda ini diunggah di media sosial jaringan main dealer Honda. Sebanyak 3 video dan 3 foto terbaik berhak mendapatkan hadiah menarik. Dan Honda Community Jatim berhasil mendapatkan juara video terbaik.

Dalam upaya memajukan UMKM di tengah pandemi, rangkaian gelaran Honda National Bikers Gathering para bikers Honda membuat video dengan mempromosikan usaha UMKM lokal di wilayahnya masing-masing. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada penggiat UMKM di berbagai daerah yang terdampak pandemi. Hasil video diunggah di sosial media Main Dealer Honda, sosial media Paguyuban dan juga sosial media club sepeda motor Honda (28/11).

Puncak kegiatan Honda National Bikers Gathering digelar pada 5 Desember 2020 dengan tema “Semangat Honda Bikers Majukan Indonesia”. Melalui website www.Hondanationalbikersgathering.com, para bikers seluruh Indonesia mendaftarkan diri dengan menggunakan akun media sosial dan email yang terdaftar dalam website. Kegiatan diawali dengan Bikers Parade dan Ikrar Bikers untuk tetap mengingatkan bikers Honda agar tetap menjaga kebersamaan antar komunitas sepeda motor Honda dan mentaati peraturan lalu lintas saat berkendara.

Keseruan berlanjut dengan adanya sesi talkshow bersama salah satu bikers Honda dan presidium Asosiasi Honda Jakarta yang menginisiasi perhelatan silahturahmi virtual komunitas sepeda motor Honda. Gelaran kegiatan Honda National Bikers Gathering ditutup dengan menyaksikan bersama performance para pegiat budaya dari Saung Angklung Udjo.

Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan gelaran silahturahmi akbar secara virtual ini merupakan perwujudan aspirasi bikers Honda yang tetap ingin meneguhkan persaudaraan dan saling memberi semangat di tengah pandemi saat ini.

“Dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan, kami berharap gelaran kali ini menjadi momentum penting bagi para bikers agar tetap aktif dan semangat di tengah pandemi serta tetap berkontribusi kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, kami juga mengajak para bikers untuk mendukung keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Andy.(der)

Terbitkan Buku Perdana, Istri Perwira Mabes Polri Bahas Efektivitas Pergantian Kepemimpinan

Dr Hj Rita Kartina, SH., MH., M.AP . (Istimewa)

MALANGVOICE – Dr Hj Rita Kartina, menyinggung kualitas penyelenggara pelayanan publik lewat bukunya yang berjudul “Efektivitas Pergantian Kepemimpinan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik”.

Buku itu ia buat berawal dari tesis S2 Magister Administrasi Publik di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) tahun 2018.

“Hadirnya buku ini bukan hal yang kebetulan, tapi melalui riset di beberapa KUPT UPT PPD Bapenda Provinsi Jatim untuk melakukan pengkajian seberapa efektifnya pergantian kepemimpinan dalam meningkatkan pelayanan publik ,” kata dia, Kamis (3/12).

Secara singkat anggota Bhayangkari Mabes Polri ini menjelaskan, inti yang terkandung dalam buku yang ia tulis ini adalah bagaimana menjadikan seseorang sebagai leader memiliki kekuatan dalam memimpin.

Substansi isi buku yang ditulisnya ini pada dasarnya berlandaskan pada teori kepemimpinan, efektivitas organisasi dan pelayanan publik agar menambah wawasan di bidang kepemimpinan dan penyelenggara pelayanan publik di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Dalam wawancaranya Dr Hj Rita Kartina, SH., MH., M.AP menuturkan, awalnya ia tidak tertarik dengan dunia penulisan. Namun setelah melihat dan mencermati apa yang terjadi di lingkup kerja sehari-hari, ia jadi terinspirasi untuk menuangkan apa yang dicermati ke dalam sebuah buku.

Harapannya, bisa menjadi inspirasi banyak orang khususnya yang berkecimpung di instansi pelayanan publik. Jadi lahirnya buku perdana ini yang berjudul terinspirasi dari ruang lingkup tempat ia kerja.

Secara singkat inti yang terkandung dalam buku yang ia tulis ini, bagaimana menjadikan seseorang sebagai leader yang memiliki kekuatan dalam memimpin.

“Saya berharap buku ini bisa dijadikan referensi bagi para pemimpin. Terutama dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” harapnya.

Sosok Rita yang sekarang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT PPD Malang Utara & Batu Kota Bapenda Provinsi Jawa Timur bisa dikatakan haus ilmu.

Ia senang membaca dan terus belajar tentang banyak hal. Gelar Doktor Ilmu Hukum yang diraihnya di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) tahun 2019, sama sekali tidak membuat dirinya berhenti untuk memberikan sesuatu yang berguna bagi banyak orang, salah satunya hadirnya buku tentang kepemimpinan.

Terbitnya buku ini tidak terlepas dari arahan serta bimbingan yang diberikan Prof.Dr. Rudi Handoko,MS yang merupakan Guru Besar FISIP UNTAG Surabaya yang juga dosen dimana dirinya mangambil gelar S2 Magister Administrasi Publik tahun 2018.(der)

MPM Honda Jatim Ajak Komunitas Napak Tilas Honda Bikers Day

Napak tilas Honda Bikers Day. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT mengajak komunitas Honda Jatim napak tilas Honda Bikers Day (HBD) Bromo 2011 dalam rangkaian menuju aktivitas Honda National Bikers Gatering – Virtual Edition Sabtu (21/11).

Bertajuk Honda Bikers Exploride, 20 bikers yang merupakan anggota komunitas Honda ini riding menuju tempat bersejarah di Kota Surabaya sebelum menuju Bromo. Start dari MPM Surabaya melewati Hotel Yamato menuju monumen Tugu Pahlawan dan Museum Tugu Pahlawan untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Kemudian napak tilas sejarah jalan Tunjungan, Hotel Tunjungan dan monumen Sura dan Baya serta Monumen Bambu Runcing.

Dengan mengendarai Honda BeAT, Honda Vario, Honda ADV150, Honda PCX150, Honda Scoopy, Honda Genio, Honda CB150R, Honda CBR150R, Honda CBR250RR, Honda CRF150L, dan Honda Supra GTR150. Perjalanan napak tilas Honda Bikers Day dilanjutkan menuju Bromo. Berbagai medan perjalanan yang dilalui menuju Bromo mulai dari jalanan perkotaan, jalanan naik turun pegunungan ditempuh para bikers menuju Bromo.

Disana bikers mengenang perjalanan pada waktu terselenggaranya Honda Bikers Day tahun 2011.

“Honda Bikers Day Bromo sangat fenomenal. Dengan cuaca yang ekstreem dan di hadiri kurang lebih 10.000 bikers yang berasal dari seluruh Indonesia,” kata Nono Samadiman ketua Honda Bikers Day 2011.

Selain napak tilas perjuangan pahlawan, pada kesempatan kali ini para bikers juga melakukan kegiatan Honda Community Social Responsibility ( HCSR ) dengan membagikan masker dan memberikan donasi uang kepada UKM di lingkungan eks lokalisasi Dolly.

“Honda community berkomitmen memberikan nilai manfaat kepada lingkungan sekitar dan bangkit bersama di masa pandemi ini dengan napak tilas perjalanan pahlawan dulu dan sekarang,” kata Ilham Santoso selaku Community Development MPM Honda Jatim.(der)

Gelar Konsolidasi, DPD Hipakad Jatim Minta Pengurus Daerah Solid

Silaturahmi dan Konsolidasi DPD Hipakad Jatim. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – DPD Hipakad Jatim mengumpulkan beberapa anggota tiap DPC untuk menggelar konsolidasi dan silaturahmi di Hotel dan Resto Kampoeng Kita, Probolinggo, Rabu (11/11).

Pada kesempatan itu, Ketua DPD Hipakad Jatim, Priyo Effendy, menegaskan kesolidan setiap organisasi di daerah. Menurutnya, organisasi yang solid bisa saling menguatkan dan menjaga keutuhan organisasi.

“Kami harapkan kebersamaan untuk keutuhan organisasi,” katanya.

Silaturahmi Hipakad. (deny rahmawan)

Dikatakan Effendy, dalam organisasi memang banyak lika-liku yang berkembang, termasuk adanya isu perpecahan. Karena itu, ia meminta seluruh anggota DPC Hipakad di daerah harus mendukung penuh pimpinan atau ketua di daerah masing-masing.

“Dimana pun namanya komandan harus didukung. Kalau gak taat dengan komandannya, itu sudah tidak bagus. Seharusnya demikian. Namanya anak buah harus patuh ke pimpinan,” ucapnya.

Karena itu, Priyo menginginkan ketua DPC tegas dalam menghadapi permasalahan agar isu perpecahan tidak sampai muncul dan merugikan organisasi.

“Memang dibutuhkan ketua yang tegas, kalau perlu mengambil sikap semi militer karena kita semua anak TNI AD. Artinya disiplin dan tegas perlu diterapkan,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Priyo ikut memberikan arahan kepada anak muda anggota Hipakad di Hari Pahlawan. Tujuannya untuk meneruskan perjuangan para pejuang terdahulu.

Priyo mengetahui saat ini banyak anak muda yang terlau sibuk mengurus pekerjaan atau malah hanya bermain-main saja.

“Pemuda harus peka mewarisi perjuangan para pahlawan. Karena di sini anaknya tentara. Saya perlu ingatkan itu karena anak-anak ini seneng mikir kerjaan. Makanya biar gak main aja harus ada bimbingan,” jelasnya.

Menanggapi pesan dari Priyo Effendy, Ketua DPC Hipakad Malang Raya, Afan Ari Kartika, siap melaksanakan pesan yang diberikan. Secepatnya ia akan menggelar konsolidasi internal untuk menambah kesolidan organisasi yang ia pimpin.

“Kami siap menjalankan perintah dari DPD Hipakad Jatim. Intinya kami akan terus membuat DPC Hipakad Malang Raya terus maju dan meningkat serta solid,” katanya.

Turut hadir dalam acara itu Ketua Pembina DPC Hipakad Probolinggo Mayjen TNI (Purn) Sentot Yuswandhono, turut memberikan wawasan kebangsaan dan pengalaman berorganisasi.(der)

Anjani, Pencetus Batik Banteng Khas Batu yang Menembus Pasar Internasional

Owner Sanggar Batik Anjani yang Produknya Mendunia, Anjani Sekar Arum. (Anjani Sekar Arum for MVoice)

MALANGVOICE – Batik cap Banteng khas Kota Batu selayaknya patut dibanggakan. Betapa tidak? Motif batik yang dicetuskan warga Desa Bumiaji, Kota Batu ini dikenal hingga internasional.

“Banteng merupakan kesenian rakyat asli dari Kota Batu. Maka dari itu saya bikinkan motifnya untuk batik,” kata Owner Sanggar Batik Banteng saat ditemui di sanggarnya (4/11).

Putri dari Pendekar Bantengan, Agus Tubrun, itu mengatakan, batik buatannya sudah melanglang buana hingga Jerman, Taiwan, dan Hongkong.

Dalam kancah nasional Anjani juga mengatakan bahwa batik bantengnya laris. Pasar terbesarnya adalah pada DKI Jakarta.

Kecintaan pada kesenian bantengan yang diturunkan oleh ayahnya dialirkan pada dunia fashion. Anjani mengaku bahwa dirinya sudah lama menyukai dunia fashion.

“Batik yang kami produksi adalah batik tulis dan cap,” ujarnya. Satu kain batik memakan pengerjaan dari satu minggu hingga tiga bulan tergantung kerumitan motifnya.

Batik dengan motif banteng garapan Anjani ini merupakan inisiasi pertama kali dalam dunia fashion. Kota Batu sudah memproduksi dua batik khas daerahnya, yaitu batik motif apel dan banteng.

Namun, pada musim pandemi ini Anjani mengaku bahwa terjadi penurunan omzet besar-besaran.

“Ada pemasukan tapi untuk kebutuhan masih belum cukup. Kami siasati dengan cara pengurangan produksi, kalau ada pesanan baru semua dikerahkan,” paparnya.

Perempuan kelahiran Batu ini menyebutkan sebelum pandemi omset yang diterima mencapai Rp40 – 50 juta per bulan. Kini pemasukan itu turun hingga 80%. Harga kerajinan dengan ciri khas motif bantengnya itu, berkisar dari Rp. 400 ribu sampai Rp12 juta untuk batik tulis dan batik cap dengan harga Rp150 – 300 ribu.(der)

Bersama Dinkes Kota Surabaya, MPM Honda Jatim Adakan Webinar untuk 250 Nakes

Webinar Honda bersama nakes. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motoe Honda wilayah Jatim dan NTT bersama dengan Dinkes Kota Surabaya mengadakan seminar online bertajuk Vario Satu Hati untuk Jatim Sehat, 24 Oktober.

Sebanyak 250 peserta yang merupakan tenaga medis mengikuti webinar dengan bahasan mengenai Covid-19 dan Trend Peningkatan Penyalahgunaan Napza yang disampaikan oleh Saefuddin Zuhri. S.Kep. M.Kes. dari Dinkes kota Surabaya dan Teori Tracking Covid-19 dengan pemateri Moch. Ashadi. S.Kep. Ns dari Dinkes Kota Surabaya, serta pembahasan Aplikasi Tracking Covid-19 dan problematikanya dengan pemateri H. Cholik Anwar. S.Kep. Ns. dari Puskesmas Sememi.

“Kami ingin mengedukasi para tenaga kesehatan mengenai bahaya dan potensi penularan Covid-19 ini dari kota kota lain, meskipun saat ini surabaya mulai turun,. Untuk itu kewaspadaan dan protokol kesehatan wajib kita lakukan. Disamping itu peningkatan penyalahgunaan Napza juga meningkat jumlahnya, artinya ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen pandemi ini untuk menjual narkoba secara ilegal,” kata Saefuddin Zuhri, S. Kep, M. Kes – Dinkes Kota Surabaya

Pada webinar kali ini MPM Honda Jatim memberikan program spesial pembelian Honda Vario khusus bagi tenaga kesehatan potongan hingga 1,2 juta rupiah untuk pembelian secara kredit dan juga layanan AHASS.

Selain progtam khusus, instruktur safety riding MPM Honda Jatim memberikan edukasi berkendara dengan tema pentingnya # CariAmanSaatnaikMotor.

“Tenaga medis sebagai garda depan penanganan Covid-19 perlu mendapatkan perhatian khusus, untuk itu bersam dengan Dinkes Kota Surabaya kami adakan webinar ini. MPM Honda Jatim juga berikan spesial diskon serta edukasi keselamatan berkendara agar selalu # Cari_Aman saat naik motor pada waktu berangkat dan pulang kerja,” kata Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.(der)