Konsumsi 4 Buah ini Usai Lebaran

Ilustrasi buah-buahan penurun kolestrol (istimewa)

MALANGVOICE – Selama Hari Raya Idul Fitri dan silaturahmi ke sanak saudara pasti Anda banyak menikmati makanan yang mengandung banyak kalori dan kolesterol. Oleh sebab itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang dapat memberi efek cleansing dari kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.

Selain serat, buah-buahan dinilai juga mengandung senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL yang membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Melansir dari berbagai sumber, berikut buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh setelah lebaran yang wajib dikonsumsi.

1. Apel

Buah Apel terutama kulitnya mengandung pektin serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Lantaran pektin dinilai mampu bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari ngidam makan makanan yang tidak sehat.

2. Jeruk

Buah yang identik dengan rasa asam ini merupakan buah paling baik menurunkan kolesterol secara alami. Baik itu jeruk keprok, jeruk mandarin, jeruk bali, maupun jeruk nipis.

Tak hanya itu saja, buah asam ini diyakini mengandung hesperidin senyawa yang mampu menurunkan gejala hipertensi. Kemudian senyawa pektin di dalamnya juga mampu mengurangi risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

3. Pepaya

Pepaya memiliki kalori rendah dengan serat tinggi yang mampu menyerap kolesterol jahat di dalam darah untuk dikeluarkan dari tubuh sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol alami.

4. Alpukat

Buah alpukat sangat dianjurkan untuk penderita kolesterol tinggi. Tidak hanya tinggi vitamin (K, C, B5, B6, dan E) yang berperan sebagai antioksidan yang membawa LDL turun, namun dinilai juga mampu menaikkan kadar HDL sebagai kolesterol baik sehingga bisa menjaga kesehatan jantung. (Der/Aka)

Pilih Pakaian Lebaran Sesuai Bentuk Tubuh, Seperti Apa?

ilustrasi. (justbestylish)

MALANGVOICE – Dalam memilih pakaian, wanita kerap merasa kebingungan. Ya, biasanya wanita sering pusing memilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh.

Agar Lebaran nanti terlihat lebih mempesona, berikut MVoice telah merangkum jenis-jenis pakaian sesuai dengan bentuk tubuh. Artikel ini dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bentuk Apel

Tubuh wanita yang berbentuk apel memiliki batang tubuh yang lebar, bahu luas dan pinggang yang penuh. Kebanyakan berat terdistribusikan pada bagian dada dan bagian tengah tubuh. Sedangkan bentuk tubuh apel memiliki tangan, kaki dan pinggul yang kecil.

Anda dapat memilih pakaian: tunik yang melambai, shift dress, kaos laki-laki, dan pakaian dengan kerah V. Baju tanpa garis atau tanpa lengan, ini dapat menonjolkan lengan rampingmu.

Perlu diingat adalah hindari menggunakan celana high-waisted yang akan semakin menunjukkan bagian tengah tubuhmu.

Celana dengan bagian pinggang rendah dan bagian kaki lurus menjadi opsi yang baik untuk menutupi tonjolan di bagian perut dan kaki.

2. Bentuk Pir

Tubuh wanita berbentuk pir memiliki bagian pinggul yang lebih besar daripada bagian dada serta memiliki lengan dan bahu yang kecil. Berat tubuh terkonsentrasikan pada bagian pinggul dan kaki kebalikan dengan bagian atas tubuh.

Untuk pakaian bagian atas, Anda dapat menggunakan pakaian dengan leher pas, scoop top dan bell-sleeve.

Carilah outer dan dress yang memberi kesan A-line dan princess cuts. Lebih baik jika dresstersebut panjangnya setengah paha.

Gunakan pakaian dengan warna-warna gelap serta motif flamboyan, perhiasan mencolok, dan kantong tambahan.

3. Mungil

Memiliki tubuh mungil memang dambaan semua wanita. Nah, jika Anda memiliki tubuh imut ini, Anda sebaiknya memilih pakaian yang pas di tubuh namun tidak terlalu ketat dan lengkapi penampilan dengan sepatu hak untuk kesan jenjang.

Untuk busana muslim yang longgar bukan pilihan yang tepat bagi Anda, ada baiknya jika memilih busana muslim two-pieces.

4. Lurus

Bagi Anda yang memiliki tubuh lurus, disarankan untik memberikan perhatian pada cara menambahkan lekukan tubuh. Pilih baju muslim yang berpotongan di pinggang. Misalnya saja gamis atau abaya yang dilengkapi detail pada pinggang.

5. Jam Pasir

Wanita dengan tubuh jam pasir memiliki proporsi ukuran dada yang lebar, pinggang yang kecil dan pinggul yang besar. Mirip dengan bentuk jam pasir. Gunakan pakaian yang pas dengan badan dan membuat tubuh Anda terbalut dengan tepat.

Beberapa jenis pakaian yang cocok untuk Anda di antaranya wrap dress (dress dengan ikatan di bagian pinggang), blus peplum, rok pensil, celana high-waisted, dan pakaian dengan gaya boat neck.

Untuk outer, pakailah jaket yang menonjolkan bagian tengah tubuh. Seperti trench coat dengan belt, blazer yang pas di tubuh dan bomber jacket.

Hindari pakaian kebesaran yang akan memberikan kesan datar pada tubuh Anda, seperti dress baby doll dan drapey cardigan. Ini akan seolah menenggelamkan tubuh.(Hmz/Aka)

Begini Tips Mudik Tetap Stylish dengan 4 Outfit Ini

Ilustrasi outfit saat mudik lebaran (istimewa)

MALANGVOICE – Lebaran tinggal hitungan jari. Mungkin banyak di antara kalian yang tidak begitu memperhatikan perpaduan pakaian seperti apa yang cocok dikenakan saat mudik Lebaran agar tetap nyaman di perjalanan. Terutama jika perjalanan yang Anda tempuh jauh.

Melansir dari beberapa sumber, berikut MVoice sajikan beberapa tips pakaian yang bisa Anda kenakan saat mudik Lebaran agar tetap senantiasa nyaman.

1. T-Shirt

Selama perjalanan mudik kenakan saja kaos berbahan katun. Karena kaos dinilai nyaman dan anti ribet ketika dikenakan saat perjalanan jauh.

Setelah itu, padukan celana dengan bahan yang nyaman. Lalu kamu bisa melengkapi tampilan saat mudik tersebut dengan outer yang fungsional dan tetap modis seperti bomber jacket atau parka.

2. Celana Kulot

Coba Anda melupakan jeans ketika perjalanan mudik. Karena celana jeans yang ketat dapat membuat kamu kurang nyaman ketika harus duduk berjam-jam. Jadi, pilih saja kulot berbahan katun agar tubuh tetap nyaman.

Dengan begitu kakimu akan lebih leluasa bergerak selama perjalanan mudik. Kemudian, Anda dapat memadukannya dengan atasan dan sneakers favorit Anda.

3. Long Outerwear

Long Outerwear menjadi andalan wanita ketika perjalanan. Lantaran selain dapat menghangatkan tubuh, ini juga membuat penampilan Anda tetap tampak stylish. Kemudian Anda bisa memadukan long outerwear ini dengan atasan dan celana panjang.

4. Sandal

Ketika perjalanan mudik, lupakan heels untuk sementara. Karena sandal dinilai sahabat terbaik untuk perjalanan mudik, terutama sandal model flat tanpa hak. Meski sneaker juga nyaman dikenakan, namun sneaker tidak praktis jika kamu harus mengambil wudhu kemudian melakukan shalat di perjalanan. (Der/Ulm)

Mengenal Kanker Darah, Apa Saja?

ilustrasi. (www.ufmcpueblo.com)
ilustrasi. (www.ufmcpueblo.com)

MALANGVOICE – Indonesia baru saja berduka. Ya, Ibu Negara yakni istri dari Presiden RI ke-6, Ani Yudhoyono meninggal dunia yang disebabkan oleh kanker darah.

Kanker hematologi atau yang dikenal sebagai kanker darah adalah kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang di mana darah diproduksi.

Kanker berawal ketika sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh tidak terkendali. Kanker darah adalah jenis kanker yang menyerang produksi dan fungsi sel darah normal dalam tubuh.

Dilansir dari laman Healtyline, jenis kanker darah yang paling umum adalah leukimia, limfoma, dan myeloma.

Namun ternyata, jenis kanker ini menyerang bagian darah, memunculkan gejala serta membutuhkan pengobatan yang berbeda.

1. Leukimia

Leukimia merupakan kanker darah yang menyerang sumsum tulang. Sehingga tidak lagi mampu untuk memproduksi cukup sel darah putih leukosit untuk melawan infeksi.

Bahkan, sel kanker leukimia juga merusak dan menghancurkan leukosit yang sudah ada dalam tubuh. Penderitanya akan lebih rentan kena infeksi dan peradangan yang sangat sulit sembuhnya.

Kemudian, jenis kanker ini dibedakan menjadi dua sesuai dengan perkembangannya yang cepat serta jenis sel darah putih yang diserang. Perbedaannya yakni akut dan kronis. Leukemia kronis jauh lebih berbahaya dan sulit diobati.

Perlu diwaspadai, kanker darah satu ini sulit dideteksi karena tidak memiliki ciri khas. Namun, pada umumnya dapat diwaspadai dengan tanda-tanda ini:

  • Anemia
  • Sering perdarahan seperti memar, mimisan, atau gusi berdarah karena darah sulit membeku
  • Mudah jatuh sakit karena infeksi
  • Nyeri sendi atau di area tulang belakang
  • Nafsu makan dan berat badan menurun drastis
  • Berkeringat berlebih di malam hari

2. Myeloma

Myeloma adalah jenis kanker yang terbentuk oleh sel plasma ganas. Sel plasma menghasilkan antibodi (immunoglobulin) yang membantu tubuh menyerang dan membunuh kuman. Sel plasma normal ditemukan di dalam sumsum tulang dan merupakan bagian sistem imun yang penting.

Beberapa gejala kanker darah myeloma di antaranya:

  • Anemia
  • Sering mengalami perdarahan dan memar
  • Gangguan tulang dan kalsium
  • Rentan mengalami infeksi
  • Gangguan atau kerusakan ginjal
  • Kaki bengkak

3. Limfoma

Kanker darah limfoma berkembang pada limfosit, tipe sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi. Kanker jenis ini juga memengaruhi kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian lain dari tubuh. Limfosit yang tidak normal dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda.

Kanker darah limfoma dibagi lagi menjadi dua, yakni limfoma non-Hodgkins dan limfoma Hodgkins. Berikut gejala kanker Limfoma:

  • Adanya tonjolan di bawah kulit, selangkangan, leher, atau ketiak
  • Demam disertai menggigil
  • Batuk terus menerus
  • Sesak napas dan nyeri dada
  • Gatal-gatal di seluruh tubuh
  • Keringat berlebih di malam hari
  • Sakit perut, punggung, atau nyeri tulang
  • Selalu merasa lemah, lesu, dan tidak bersemangat
  • Berat badan turun drastis tanpa alasan jelas hingga nafsu makan menurun
  • Muncul darah dalam tinja atau muntah
  • Haid dengan volume darah yang berlebihan

Bahkan penyakit ini terbilang sangat berbahaya dan jarang terjadi. Risiko manusia yang mengidap penyakit ini dapat meningkat pada pria berusia 60 tahun atau lebih yang kelebihan berat badan atau punya daya tahan tubuh lemah karena penyakit seperti rematik, lupus, HIV/AIDS, atau hepatitis C.

Risiko seseorang juga dapat meningkat jika ada riwayat kanker yang sama dalam silsilah keluarganya.

Setiap pengobatan untuk kanker darah tergantung pada jenis kanker, penyebaran kanker, usia dan kesehatan pasien secara keseluruhan, serta resepon pasien terhadap pengobatan.

Apabila Anda terdeteksi kanker darah, Anda dapat mengobatinya di rumah dengan cara Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kanker darah adalah:

  • Olahraga teratur
  • Gaya hidup sehat
  • Hindari herbisida, pestisida, dan insektisida
  • Hindari paparan radiasi
  • Makan makanan sehat dan minum banyak air
  • Minum obat sesuai anjuran dokter

(Hmz/Aka)

Rekomendasi Make Up Tahan Lama untuk Lebaran

Ilustrasi. (YouTube)

MALANGVOICE – Beberapa hari lagi, umat Muslim akan merayakan hari kemenangan yakni Idul Fitri. Selain persiapan baju baru dan hidangan makanan, kaum wanita saat ini juga wajib untuk menyiapkan make up loh.

Nah, berikut rekomendasi make up simpel dan tahan lama yang digunakan untuk Lebaran yang berhasil MVoice rangkum dari berbagai sumber.

1. Cushion Compact Foundation

Saat Lebaran, Anda mungkin mempunyai banyak agenda silaturahmi. Jika ingin tampilan makeup tetap flawless dan tahan lama, Anda wajib menggunakan foundation atau cushion.

Perlu diketahui, Cushion compact foundation atau sering disebut cushion adalah perpaduan dari powder dan liquid foundation. Kosmetik berbentuk compact ini berasal dari Korea Selatan. Cushion mampu memberikan coverage yang cepat dan sempurna di wajah sehingga dapat memangkas waktu ber-makeup Anda.

Berikut rekomendasi Cushion compact foundation, pertama yakni Laneige BB Cushion Pore Control SPF 50+, The Face Shop Oil Control Water Cushion SPF 50+ PA+++, Innisfree Long Wear Cushion SPF 50+/PA+++, COSRX Blemish Cover Cushion, April Skin Magic Snow Cushion 2.0 Black serta Maybelline Super BB Cushion Fresh Matte.

2. Lip Cream

Biasanya saat Lebaran, Anda akan makan makanan yang disajikan oleh pemilik rumah saat Anda sedang bersilaturahmi. Nah, ini bisa menjadi bahaya bagi wanita. Sebab, lip cream atau lipstik akan mudah hilang atau pudar saat Anda makan atau minum.

Berikut rekomendasi lip cream yang tahan lama, pertama yakni Maybelline Super Stay Matte Liquid Lipstick, Madame Gie Magnifique Liquide Matte, Make Over Intense Matte Lip Cream, Artemy Beauty Lipmatte dan Mizzu Valipcious Velvet Matte Lip Cream.

3. Spray SPF 50+ PA++++

Selain makeup, produk yang tidak kalah pentingnya untuk dibawa saat Lebaran adalah sunscreen. Namun, untuk memudahkan Anda agar tak perlu menghapus makeup, sunscreen spray bisa jadi andalannya.

Rekomendasinya adalah Kao Biore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++, Kose Suncut Transparent Sunscreen Spray dan Nivea Sun Spray SPF 30.

4. Face Mist

Produk kecantikan lainnya yang pantang ketinggalan adalah face mist. Pilihlah face mist yang tak hanya mampu memberikan kelembapan, tetapi juga membuat tampilan kulit jadi lebih glowing.

Rekomendasinya adalah Missha Time Revolution The First Treatment Essence Mist, SK-II Mid-Day Miracle Essence, KOSÉ Sekkisei Lotion Mist, Bioaqua Fountain Spray Skin dan PIXY Aqua Beauty Protecting Mist.

Keunggulan face mist sendiri adalah membuat makeup tahan lama dan melembapkan wajah, face mist juga dapat digunakan sebagai penyegar. Di dalam satu botol face mist terdapat berbagai macam kegunaan. Sangat praktis Anda bawa di dalam tas saat Anda bersilaturahmi dengan keluarga.(Hmz/Aka)

Ternyata, Puasa Mampu Tingkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Ilustrasi pasangan sedang konsultasi ke dokter (www.gulfnews)

MALANGVOICE – Puasa dapat membantu pasangan sedang mengusahakan kehamilan. Pasalnya dengan berpuasa dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr Monikaa Chawla, ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis kesuburan di Fakih IVF Abu Dhabi, menunjukkan bahwa puasa mengeluarkan hormon berlebih atau sintetis, membersihkan hati, melancarkan aliran darah, dan memulai kembali proses hormon alami dalam tubuh.

Puasa diyakini dapat mengurangi kadar gula berlebih dalam darah dan mempengaruhi hormon reproduksi. Sehingga, memberikan kelancaran terhadap siklus menstruasi dan produksi sel telur.

Sementara, untuk pria dengan berpuasa justru dapat meningkatkan fungsi organ reproduksi. Lantaran kadar asam dan basa di dalam tubuh bisa lebih seimbang saat berpuasa, dan ini membuat fungsi berbagai organ tubuh semakin meningkat.

Ramadan merupakan peluang besar untuk fokus pada pencapaian gaya hidup seimbang. Dan melalui puasa Anda mulai belajar bagaimana mengelola kebiasaan makan Anda dan meningkatkan kontrol diri dan disiplin.(Hmz/Aka)

Yuk Kenali Bahan Kimia pada Produk Skincare atau Kosmetik Anda

ilustrasi. (Coconuts and Kettlebells)
ilustrasi. (Coconuts and Kettlebells)

MALANGVOICE – Semakin maraknya skincare dan produk kecantikan, tak sedikit pula oknum-oknum yang memasukkan bahan kimia berbahaya di kosmetik. Baru-baru ini di media sosial tengah ramai perbincangan akan kandungan kosmetik atau skincare yang sangat berbahaya.

Untuk menghindari bahaya kosmetik yang dapat merusak kulit, berikut MVoice telah merangkum kandungan kimia dalam kosmetik yang dilansir dari berbagai sumber.

Berdasarkan peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI nomor 18 tahun 2015 tentang persyaratan teknis bahan kosmetika, bahan yang boleh digunakan sebagai bahan dasar kosmetik namun harus dibatasi kadarnya adalah sebagai berikut:

1. Coal tar bila mengandung benzo[a]pyrene yang terdapat pada tabir surya.
2. Benzalkonium klorida, maksimal 3 persen pada sampo dan maksimal 1persen pada produk perawatan lainnya.
3. Triclosan maksimal 0,3 persen pada bedak, sampo, sabun, pembersih wajah, pasta gigi, deodoran, blemish concealers, dan kondisioner.
4. Triclocarban maskimal 1,5 persen.
5. Paraben (propil, isopropil, butil, dan isobutil) maksimal 0,14 persen.
Perlu diketahui, Paraben bukanlah zat kimia melainkan nama kelompok suatu zat kimia yang biasa digunakan sebagai pengawet. Paraben dijual dengan harga murah, maka beberapa produsen kosmetik tetap menggunakannya. Paraben biasanya digunakan untuk mengawetkan bahan-bahan alami dalam produk kosmetik.

Bentuk-bentuk paraben yang biasa kita temui dalam produk kosmetik antara lain Methylparaben, Propylparaben, Ethylparaben, Butylparaben.

6. DMDM hydantoin maksimal 0,6 persen.
7. Bronopol maksimal 0,1 persen.
8. Methylisothiazolinone maksimal 0,1 persen.
9. Oxybenzone maksimal 10 persen.
10. Zinc 4-hydroxybenzene sulphonate dan Zinc phenolsulfonate maksimal 6 persen pada losion penyegar wajah.
11. Formaldehyde (formalin) maksimal 0,2 persen kecuali untuk produk pembersih mulut. Dilarang digunakan dalam kosmetik berbentuk spray. Seluruh produk jadi yang mengandung formaldehyde dengan kadar lebih dari 0,05 persen harus diberi label peringatan ‘mengandung formaldehyde’.

Nah, biasanya kosmetik atau skincare juga mengandung Alkohol, bahan ini biasa digunakan untuk mencampur atau mengencerkan senyawa kimia. Alkohol pun berguna sebagai pengawet, menggantikan paraben yang berbahaya bagi kesehatan.

Bentuk alkohol yang biasa ditemukan dalam produk kosmetik adalah, Cetyl alcohol (emollient), Panthenol (emollient), Benzyl alcohol (emollient) dan Etanol.

Acid, atau asam dalam Bahasa Indonesia ini juga biasanya digunakan untuk skincare atau kosmetik. Acid dibagi menjadi beberapa bagian, yakni, Stearic acid berguna untuk membersihkan dan menciptakan tekstur yang greasy. Sorbic acid. Citric acid yang berguna untuk mengontrol pH dalam produk yang berbentuk krim atau gel.

Bahan-bahan Kimia Berbahaya

Kenali bahan-bahan kimia beracun di dalam berbagai kosmetik yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kita. Berikut adalah deretan bahan dasar kosmetik yang dilarang:

1. Sulingan minyak bumi (petroleum), kecuali bila seluruh proses penyulingan diketahui dan tidak menghasilkan bahan yang bersifat karsinogenik.
2. Polyethylene.
3. Butylated hydroxyanisole (BHA).
4. Phthalates.
5. Hydroquinone.
6. Benzene.
6. Bithionol.
7. Klorin.
8. Kloroform.
9. Hidrokarbon.
10. Naphthalene.

Selain bahan-bahan di atas, Anda dianjurkan untuk memerhatikan bahan tambahan dalam kosmetik yang berpotensi berbahaya, seperti wewangian dan pengawet, serta mempertimbangkan keamanan kemasan produk.(Hmz/Aka)

Ini Tips Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi (www.gulfnews.com)
Ilustrasi (www.gulfnews.com)

MALANGVOICE – Ramadan menjadi bulan doa dan puasa adalah sesuatu yang semua Muslim lakukan dan rencanakan untuk diikuti. Namun, puasa dapat memiliki komplikasi kesehatan yang serius pada orang yang menderita diabetes atau masalah insulin lainnya.

Sebagian besar pasien diabetes disarankan untuk tidak berpuasa selama Ramadan.

Menurut Diabetes UK, sebuah komunitas pendukung kesehatan yang berbasis di Inggris, komplikasi utama yang dapat timbul jika seseorang dengan diabetes berpuasa untuk waktu yang lama adalah dehidrasi dan hipoglikemia.

Orang yang memiliki masalah ginjal atau kesehatan jantung yang buruk terkait dengan diabetes tidak boleh berpuasa sama sekali karena puasa dapat memperburuk kondisi ini.

Dilansir dari Gulf News, berikut adalah beberapa tips cepat untuk pasien diabetes yang memutuskan untuk berpuasa:

1. Temui dokter Anda terlebih dahulu

Selalu menjaga agar dokter dan tim medis Anda selalu terikat pada setiap makanan dan keputusan olahraga yang Anda buat. Pastikan Anda mendapat persetujuan penuh dari mereka sebelum berpuasa.

2. Coba Puasa Selama Beberapa Hari

Jika dokter Anda setuju dengan keputusan Anda, cobalah puasa selama beberapa hari pertama, mengetahui sepenuhnya bahwa ini adalah masa percobaan. Catat bagaimana perasaan Anda dan ukur kadar glukosa Anda tiga kali sehari (sebelum memulai, selama puasa dan setelah berbuka puasa). Komunikasikan hal ini dengan dokter Anda untuk memahami bagaimana tubuh Anda bereaksi.

3. Jangan Lewatkan Sahur

Sebagian besar orang mungkin memutuskan untuk makan malam bukan sahur untuk menghindari bangun di dini hari. Jika Anda menderita diabetes, sahur adalah makanan terbaik Anda selama Ramadan. Makanan ini akan memastikan bahwa kadar glukosa Anda tidak anjlok atau naik terlalu banyak di siang hari.

Memiliki makanan bertepung GI rendah (melepaskan karbohidrat perlahan) seperti oatmeal, roti gandum, sayuran bertepung, kacang-kacangan dan kacang-kacangan, dan beberapa varietas beras. Juga banyak minum air putih.

4. Buka Puasa dengan Ini

Di iftar hindari gula dalam makanan penutup dan semua makanan yang digoreng untuk memastikan kadar glukosa tetap stabil. Ikuti metode yang sama seperti yang Anda lakukan untuk suhour berkonsentrasi pada makanan bertepung GI rendah bersama dengan protein. Minumlah banyak air sepanjang malam.

5. Uji Kadar Glukosa Anda

Tes kadar glukosa Anda dua kali sehari setidaknya selama beberapa minggu pertama. Jika Anda merasa sedikit sakit atau lelah, segera periksa kadar gula Anda. Sepanjang bulan, periksa kadar glukosa Anda lebih sering.

6. Hentikan Puasa Segera

Jika Anda merasa bingung atau pingsan, segera selesaikan puasa. Jika kadar glukosa Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah, jangan menunggu untuk merasa pingsan, segera tutup puasa. Jangan mengambil risiko apa pun untuk kesehatan Anda. Selalu bawa paket glukosa atau bahkan kopi kecil bersamamu setiap saat.(Hmz/Aka)

Tips Atasi Nyeri Punggung Bawah dengan Cepat

Ilustrasi (www.Boldsky.com)

MALANGVOICE – Nyeri punggung bagian bawah ternyata menjadi masalah paling umum yang ada di antara orang dewasa. Ada beberapa alasan mengapa nyeri punggung bawah terjadi. Ini mungkin berkembang karena masalah tulang belakang, stenosis lumbar, linu panggul, cedera cakram dan banyak alasan lainnya.

Nyeri punggung bawah akut biasanya diobati dengan obat penghilang rasa sakit. Namun, ketika sakit punggung bawah kronis, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Nyeri punggung bawah terdiri dari tiga jenis – akut, sub-kronis dan kronis. Jika rasa sakit berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu, itu adalah tipe akut. Jika berlangsung selama 4-12 minggu, maka sifatnya sub-kronis. Jika rasa sakit memanjang selama lebih dari 12 minggu, maka itu adalah nyeri punggung bawah kronis.

Melansir dari laman Boldsky, MVoice akan akan memberitahu Anda cara cepat sembuh dari nyeri punggung bawah.

Cara Mendapatkan Bantuan Dari Nyeri Punggung bawah:

1. Lakukan latihan ringan

Menjaga tubuh Anda aktif dengan latihan fisik ringan akan mengurangi ketajaman nyeri punggung bawah. Latihan ringan untuk sakit punggung bagian bawah dapat membantu memperkuat otot punggung, perut dan kaki dan juga akan membantu menopang tulang belakang Anda dan menghilangkan stres pada otot dan persendian.

Menurut sebuah penelitian, latihan aerobik untuk sakit punggung bagian bawah meningkatkan nutrisi dan aliran darah ke jaringan lunak di punggung, sehingga membantu penyembuhan lebih cepat dan mengurangi kekakuan di punggung bagian bawah.

2. Pertahankan postur yang baik

Postur yang salah sebenarnya dapat menyebabkan masalah tulang belakang. Misalnya, duduk terlalu lama atau membungkuk di depan komputer dapat meregangkan otot-otot punggung dan ini dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. Tekanan postur yang buruk dapat mengubah karakteristik anatomi tulang belakang. Hal ini meningkatkan kemungkinan pembuluh darah dan saraf menyempit, masalah dengan otot, cakram, dan sendi. Memiliki postur yang baik dianggap sebagai salah satu metode terbaik untuk mengurangi nyeri punggung bawah.

3. Terapi panas dan dingin

Menerapkan paket panas dan dingin sebagai alternatif di punggung akan memberikan bantuan dari sakit punggung [6]. Oleskan panas selama 15 hingga 20 menit pada satu waktu, seperti paket panas, mandi air panas dan mandi air panas. Selain itu, oleskan kompres dingin, karena mengurangi peradangan di punggung bawah.

4. Perkuat otot inti Anda

Menguatkan otot perut akan membantu meredakan nyeri tulang belakang lumbar. Ini akan mengurangi ketegangan pada otot punggung bawah. Oleh karena itu, menurunkan risiko kerusakan dan robeknya otot. Memberdayakan otot-otot inti Anda dapat membantu meringankan sakit punggung bagian bawah.

5. Meningkatkan fleksibilitas

Ingin tahu bagaimana cara mengurangi nyeri punggung bawah? Tingkatkan fleksibilitas Anda, sehingga bebannya sama di seluruh tubuh. Latihan peregangan dan penyeimbangan akan membantu meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi ketegangan pada otot punggung. Beberapa latihan peregangan adalah peregangan kobra, pose tenang, peregangan piriformis, dll.

6. Tidur dalam posisi yang benar

Tidur di posisi yang salah atau di atas kasur yang buruk dapat memperburuk sakit punggung bagian bawah. Pastikan untuk menjaga tulang belakang dalam posisi lurus saat tidur. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan meletakkan bantal di bawah lutut Anda dan menjaga tulang belakang Anda lurus. Bantal itu penting, karena membantu menjaga lengkungan itu di punggung bagian bawah.

7. Berhenti merokok

Tahukah Anda bahwa merokok menyebabkan sakit punggung bagian bawah? Ini karena, mengandung senyawa nikotin yang mempersempit pembuluh darah kecil dan membatasi aliran darah ke jaringan lunak dan otot. Juga membatasi aliran darah ke otot punggung.

8. Kenakan sepatu yang nyaman

Hindari memakai sepatu yang memiliki sepatu hak tinggi atau sepatu yang tidak pas karena meregangkan otot punggung dan kaki yang semakin memperburuk nyeri punggung bawah.

Waktu yang tepat ketika Anda harus menemui Dokter ketika mengalami sakit punggung yang parah yakni ketika Anda sedang berbaring kehilangan kendali atas kandung kemih Anda. Sehingga Anda kesulitan berdiri atau berjalan. Bahkan merasa lemah dan mati rasa di kaki.(Der/Aka)

Tips Sederhana Menggunakan Buah Jeruk untuk Kulit & Rambut

Ilustrasi (Www.Boldsky.com)

MALANGVOICE – Selain lezat, buah jeruk yang manis memiliki manfaat luar biasa untuk kulit dan rambut. Jeruk adalah gudang nutrisi penting yang menjaga kulit dan rambut kita sehat dan bergizi.

Jeruk menyegarkan kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menyehatkan folikel rambut. Sifat antibakteri dan antioksidan dari buah jeruk membantu mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut.

Melansir dari laman Boldsky, berikut MVoice akan merangk berbagai cara untuk memasukkan buah jeruk yang luar biasa ke dalam rutinitas perawatan kulit dan rambut Anda.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kulit & Cara Penggunaan

1. Menghilangkan bintik-bintik gelap dan noda

Lemon tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat membantu menghilangkan bintik-bintik gelap dan noda. Vitamin C yang terkandung dalam lemon mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Oats dengan lembut mengelupas kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan ampas tomat akan mengencangkan kulit Anda dan memberikan cahaya yang sehat untuknya.

Bahan-bahan:
1 sdt jus lemon, 1 sdm oat tanah, dan 1 sdm tomat pulpa.

Cara penggunaan:
Ambil oat giling dalam mangkuk. Tambahkan jus lemon di dalamnya dan aduk rata. Selanjutnya, tambahkan bubur tomat ke dalam mangkuk dan campur semuanya dengan baik. Oleskan lapisan yang merata dari campuran ini pada wajah Anda. Biarkan selama 20 menit hingga kering. Cuci menggunakan air dingin. Gunakan obat ini dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

2. Untuk mendetoksifikasi kulit Anda

Jeruk nipis memiliki sifat antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menyegarkan kulit. Selain itu, jeruk nipis efektif menghilangkan racun dan kotoran dari kulit untuk menghidupkan kembali kulit kusam. Madu menjaga kulit tetap lembab dan kenyal sementara sifat antimikroba dari kunyit menjaga mikroba berbahaya tetap di sana untuk menjaga kulit tetap sehat.

Bahan:
½ jeruk nipis, 1 sdt kunyit, dan 2 sdm madu

Metode penggunaan:
Dalam mangkuk, tambahkan jumlah madu yang disebutkan di atas. Tambahkan kunyit di dalamnya dan aduk rata. Terakhir, peras setengah jeruk nipis manis di dalamnya dan campur semuanya menjadi satu. Oleskan lapisan merata pada wajah Anda. Biarkan selama 15 menit. Bilas nanti. Gunakan obat ini 2 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

3. Untuk kulit yang bercahaya

Kulit jeruk memiliki sifat antioksidan yang membantu menghilangkan kulit mati dan kotoran dari kulit serta menjadikan kulit Anda bercahaya halus dan alami. Lemon memiliki sifat mencerahkan kulit yang mencerahkan kulit, sedangkan lidah buaya kaya akan vitamin dan mineral yang meremajakan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi dan sehat.

Bahan:
2 sdm kulit jeruk bubuk, 2 sdm gel lidah buaya, dan ½ lemon.

Metode penggunaan:
Kupas beberapa jeruk dan biarkan kulit jeruk kering di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Setelah benar-benar kering, giling untuk mendapatkan bubuk kulit jeruk. Ambil 2 sdm bubuk kulit jeruk ini dalam mangkuk. Tambahkan gel lidah buaya ke dalam mangkuk dan aduk rata. Terakhir, peras setengah lemon di dalamnya dan campur semuanya dengan baik untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini di wajah Anda. Biarkan selama 15 menit. Bilas menggunakan air dingin. Gunakan obat ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

4. Untuk meremajakan kulit

Jeruk bali membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan meningkatkan elastisitas kulit. Sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan untuk meremajakan kulit Anda.

Sedangkan, madu menjaga kelembaban tetap terkunci di kulit, sementara asam laktat hadir dalam dadanya membuat kulit Anda kencang dan kencang, ketika dioleskan.

Bahan-bahan:
1 grapefruit, 1 sdm madu, dan1 sdm dadih

Metode penggunaan:
Ekstrak pulp dari grapefruit dan tambahkan ke dalam mangkuk. Tambahkan dadih di dalamnya dan campur mereka. Terakhir, tambahkan madu dan campur semuanya dengan baik. Oleskan campuran itu pada wajah Anda. Biarkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air dingin. Gunakan obat ini 2 – 3 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Rambut & Cara Penggunaan

1. Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut

Campuran lemon dan air kelapa bekerja secara efektif untuk menyumbat pori-pori Anda dan menyehatkan folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Bahan-bahan:
1 sdm jus lemon dan 1 sdm air kelapa

Metode penggunaan:
Campur kedua bahan menjadi satu dalam mangkuk. Pijat perlahan campuran itu ke kulit kepala Anda selama beberapa detik. Biarkan selama 20 menit. Bilas menggunakan sampo ringan. Gunakan obat ini seminggu sekali.

2. Untuk mengobati ketombe

Kandungan vitamin C dari jeruk membuatnya menjadi agen yang efektif untuk mengobati ketombe. Kulit jeruk yang dicampur dengan yogurt memberi nutrisi pada folikel rambut Anda dan membantu menghilangkan ketombe.

Bahan:
2 buah jeruk dan 1 cangkir yogurt.

Cara penggunaan:
Kupas jeruk, biarkan kulit jeruk mengering di bawah sinar matahari dan blender untuk mendapatkan bubuk kulit jeruk. Tambahkan bubuk ini ke dalam secangkir yogurt dan campur kedua bahan dengan baik. Oleskan campuran itu pada kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan selama 1 jam. Bilas menggunakan shampo ringan dan air hangat. Gunakan obat ini 2 kali dalam sebulan untuk hasil yang diinginkan.

3. Untuk merawat kulit kepala kering

Sifat asam dari lemon membersihkan kulit kepala Anda. Sementara minyak kelapa menembus jauh ke batang rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Bahan-bahan:
1 sdm grapefruit, 2 sdm jus lemon, dan 4 sdm minyak kelapa.

Metode penggunaan:
Campur semua bahan menjadi satu dalam mangkuk. Pisahkan rambut Anda dan bagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Oleskan campuran tersebut di setiap bagian dan pijat lembut kulit kepala dengan gerakan melingkar dan kerjakan hingga ke rambut Anda. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi. Biarkan selama 25 menit. Bilas menggunakan sampo ringan. Akhiri dengan kondisioner.(Der/Aka)

Komunitas