Diet Salah Bisa Picu Anemia

ilustrasi. (Sharecare.com)

MALANGVOICE – Kelebihan berat badan tentunya membuat kita tak nyaman, maka tak heran banyak orang memilih berbagai macam diet. Namun, diet yang salah justru dapat menyebabkan berbagai dampak buruk, salah satunya yaitu anemia.

Dilansir dari laman Healthyline, Anemia dapat terjadi karena kondisi tubuh kekurangan hemoglobin dalam darah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena kekurangan zat besi.

Selain itu, kekurangan vitamin B12 dan asam folat juga dapat menyebabkan anemia. Zat besi diperlukan untuk membentuk hemoglobin.

Lalu, apa hubungannya diet dan anemia?

Kebanyakan orang-orang, melakukan diet untuk mendapatkan tubuh ideal dengan cara yang salah. Perlu dipahami bahwa untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh, hal yang perlu dilakukan adalah membatasi asupan karbohidrat dan lemak yang berlebihan serta melakukan aktivitas fisik yang dapat membakar lemak.

Sayangnya, hal yang kerap terjadi adalah seseorang yang sedang menjalani diet membatasi asupan semua jenis makanan, termasuk makanan yang kaya akan zat besi. Alhasil, tubuh pun kekurangan zat besi.

Seharusnya, makanan yang kaya zat besi tetap dikonsumsi dalam jumlah cukup untuk menjaga kadar zat besi dalam tubuh, agar tubuh tidak mengalami anemia.

Untuk itu, tetap jaga asupan zat besi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi meski sedang diet. Jika asupan zat besi dirasa kurang, minumlah suplementasi zat besi untuk menambah zat besi dalam tubuh.

Kemudian hindari minum teh dan kopi saat makan karena keduanya mengandung zat phitat yang dapat mengganggu penyerapan zat besi di dalam saluran cerna. Minum jus jeruk sambil makan justru dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. (Der/Ulm)

Bersihkan Wajah Sebelum Tidur Bahaya, Benarkah?

ilustrasi. (vl-media.fr)

MALANGVOICE – Membersihkan wajah memang suatu kewajiban, terutama usai beraktivitas dan menggunakan makeup. Namun, tahukah Anda jika membersihkan wajah tepat sebelum tidur ternyata berbahaya lho?

Dilansir dari Purewow, membersihkan wajah lebih baik dilakukan lebih awal 2 jam sebelum tidur. Penelitian menyebutkan, sel kulit kita mengikuti ritme sirkadian atau jam internal. Mekanisme perbaikan alami kulit mulai terjadi ketika hari mulai gelap. Pada saat itu, sel-sel induk kulit bekerja keras untuk menciptakan sel baru dan menggantikan yang lama.

Menurut para peneliti di Pusat Regulasi Genomik, mempertahankan ritme sirkadian kulit dapat melindunginya dari kerusakan dan tanda-tanda penuaan.

Selain itu, dengan membersihkan wajah lebih awal dapat memaksimalkan penggunaan produk perawatan kulit di malam hari dan menyerap zat adiktif seperti retinol dan serum. (Der/Ulm)

Terus Ganti Produk Perawatan Kulit Ternyata Berbahaya

ilustrasi. (Bimcbali.com)

MALANGVOICE – Tak sedikit wanita memilih perawatan kulit, jika tidak cocok, maka akan mencari produk skincare kulit lainnya. Hal ini biasa terjadi pada remaja. Namun, apakah Anda tahu jika ganti-ganti perawatan akan merusak jaringan kulit?

Dilansir dari laman self.com, berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dalam perawatan kulit yang sebaiknya berhenti Anda lakukan sekarang juga.

1. Mengganti Produk

Apabila Anda sudah menemukan produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit wajah, tetaplah menggunakannya. Jika tidak ada masalah berarti pada kulit wajah, sebaiknya jangan mencoba-coba produk tertentu sembarangan.

Selain itu, sebagian besar produk perawatan kulit membutuhkan waktu untuk memperlihatkan hasilnya, seperti retinol yang membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk membuat perbedaan pada kulit wajah. Jika Anda terlalu sering mengganti produk perawatan kulit yang digunakan, setiap produk yang digunakan tidak akan terlihat manfaatnya.

2. Konsultasi Dokter

Temui dokter untuk melakukan perawatan kulit secara rutin dan jangan berganti-ganti dokter terlalu sering, karena terus menerus menjelaskan tentang riwayat dan masalah kulit kepada dokter yang berbeda-beda jelas bukan hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

3. Jangan Diagnosis Sendiri

Jangan pernah mencoba mencari tentang masalah kulit di Google. Luangkan waktumu untuk bertemu dengan pakar kulit profesional.

Jika Anda mencoba mencari tahu dan mendiagnosis sendiri masalah kulit yang dialami, kemudian mencoba untuk mengobatinya sendiri, hasilnya justru bisa lebih buruk. Temui pakar kulit profesional untuk mendapatkan pilihan perawatan kulit yang baik.(Der/Aka)

Pakai Handuk usai Cuci Muka Ternyata Bisa Berbahaya

ilustrasi. (Femina.in)

MALANGVOICE – Usai membersihkan dan mencuci wajah, tak sedikit orang mengeringkannya dengan handuk. Tanpa kita sadari, penggunaan handuk bisa membahayakan kulit wajah lho.

Selain membahayakan kulit wajah, ternyata juga bisa menghambat penyerapan skincare Anda.

Dilansir dari Glamourmagazine, produk skincare akan lebih mudah diserap ketika kulit dalam keadaan lembap. Mengeringkan kulit dengan handuk akan langsung membuatnya kering. namun, jika Anda terlanjur menggunakan handuk, aplikasikan toner terlebih dahulu agar mudah menyerap skincare.

Menurut Beauticate dan ahli kecantikan Australia, Jocelyn Petroni, handuk rentan jadi sarang bakteri, sebab sering dipakai untuk mengeringkan bagian tubuh yang lain atau digantung dalam keadaan lembap. Bakteri ini akan menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Lantas bagaimana cara mengeringkan wajah? Anda bisa menggunskan tisu, namun jika ingin lebih ramah lingkungan, Anda bisa ‘membuang’ kelebihan air di wajah dengan telapak tangan. Caranya, usap wajah dari tengah ke arah luar, kemudian buang dengan menyipratkan air. Mudah bukan? Semoga bermanfaat. (Der/Ulm)

Mau Diet Ala K-Pop? Ini Rahasianya

ilustrasi. (Thekoreandiet)

MALANGVOICE – Siapa yang tidak kenal dengan Korea Selatan? Ya, negara dengan julukan negeri gingseng itu telah banyak melahirkan aktris atau bahkan penyanyi boyband atau girlband yang dikenal dengan K-POP. Mereka tentunya memiliki body yang langsing bukan?

Lalu bagaimana cara mereka untuk tetap menjaga pola makan dan menjalankan diet? Berikut MVoice telah merangkum beberapa tips diet ekstrem para artis K-POP yang dirangkum dari laman Allkpop.

1. Diet Pisang

Diet yang dipopulerkan oleh Seo In-young ini nyatanya bisa menurunkan berat badan enam kg dalam empat pekan.

Diet ini, cukup makan pisang di pagi dan malam hari dan menjadikannya camilan ketika lapar.

2. Makan satu kali sehari

Ga In dan Soyu melakukan diet dengan hanya makan sekali dalam sehari. Metode ini ternyata ampuh untuk membentuk badan mereka agar tetap ramping dan langsing. Cara ini ampuh untuk menurunkan berat badan dalam sepekan.

3. Diet air

Diet ekstrem ini dilakukan oleh TVXQ saat akan debut pada tahun 2003 silam di mana mereka hanya mengonsumsi air putih tanpa makanan apapun selama satu pekan penuh.

4. Diet kentang manis

Dalam diet ini mereka hanya memakan kentang manis dalam sehari, tanpa makanan yang lain. Kentang manis diketahui memiliki vitamin esensial dan bisa membantu mencerahkan kulit lho.

5. Konsumsi susu kedelai

Metode diet ini dilakukan oleh Won Yeon-sang dari G.I. diet dengan hanya meminum sebotol susu kedelai dalam sehari, tanpa makanan lainnya.

Gimana dengan diet ekstrem ala K-POP, berani mencoba?
(Hmz/Ulm)

VIDEO: Yuk! Intip Tren Alis 2019

MALANGVOICE – Masih ingat tren alis beberapa tahun lalu, bentuk tebal dan sangat hitam. Di tahun 2019 ada tren baru, bentuknya mengikuti garis alis dan lebih soft warnanya.

Berikut tips tren alis MUA (make up artis) dari Pakiskembar, Pakis, Kabupaten Malang, Marianedian Teriani.(Der/Aka)

Jangan Sepelekan Jantung Berdebar saat Bangun Tidur

ilustrasi. (BBC)

MALANGVOICE – Apakah Anda pernah mengalami jantung berdebar kencang saat bangun tidur? Pastinya Anda akan bertanya-tanya apa penyebabnya, bukan?

Nah, MVoice bakal merangkum faktor-faktor penyebab jantung berdebar saat bangun tidur yang dilansir dari laman healthline dan hallosehat.

Detak jantung cepat, atau palpitasi dan takikardi, adalah suatu kondisi di mana Anda merasa jantung Anda berdentum lebih cepat, kuat, dan tidak beraturan. Tidak hanya dada, Anda juga bisa merasakan sensasi ini di tenggorokan dan leher.

Berikut faktor-faktor penyebab jantung berdebar

1. Stres

Apabila bangun tidur Anda merasakan tubuh gemetar, muncul keringat dingin, jantung berdebar, dan perasaan yang tidak karuan, bisa jadi ini disebabkan karena stres. Stres dapat mempengaruhi tubuh Anda dalam banyak hal, termasuk meningkatkan detak jantung Anda.

2. Konsumsi kafein

Kafein bisa jadi salah satu penyebab jantung Anda berdebar-debar setelah bangun tidur. Kafein adalah obat stimulan yang bisa merangsang sistem saraf pusat dalam otak. Sistem saraf pusat berfungsi sebagai pusat perintah bagi seluruh fungsi tubuh.

3. Konsumsi obat tertentu

Ada beberapa obat diketahui mampu mempengaruhi proses metabolisme, dan ada juga obat yang bisa menyebabkan perubahan pada sistem konduksi jantung.

4. Anemia

Anemia atau kurang darah sering kali membuat penderita lemah dan lesu, meski tidak selalu menyebabkan palpitasi jantung, penderita anemia juga terkadang mengeluhkan jika jantungnya sering berdebar-debar akibat kurangnya asupan oksigen dalam darah.

5. Fungsi jantung yang abnormal

Jantung berdebar juga bisa disebabkan oleh Aritmia yakni kelainan jantung yang ditandai dengan detak jantung atau ritme yang tidak normal, di mana detak jantung terlalu cepat, terlalu pelan, tidak teratur, ataupun terlalu awal.

Selain aritmia, kerusakan pada jantung, serangan jantung, dan gagal jantung juga bisa mengakibatkan detak jantung cepat ketika bangun tidur.(Der/Aka)

Coba Metode Baru Diet 5:2, Apa itu?

ilustrasi. (Easy health magazine)

MALANGVOICE – Dilansir dari laman BBC, diet 5:2 atau diet berselang hanya melibatkan dua hari per pekan. Seperti misalnya hari Sabtu dan Minggu atau Anda bisa memilih hari lainnya.

Dalam dua hari tersebut, Anda harus membatasi asupan kalori hingga 600-800 kalori per hari, tanpa makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat. Untuk lima hari lainnya, asupan kalori bagi tubuh tidak perlu dikontrol dan Anda tidak perlu membatasi asupan kalori atau karbohidrat.

Lalu, makanan seperti apa yang dianjurkan dalam diet ini? Berikut makanan di dua hari diet berselang.

Selama dua hari penuh, Anda dianjurkan meminum dua liter air mineral setiap hari, makanan asin, 3 porsi makanan kaya protein, 3 porsi produk susu rendah lemak, 6 porsi sayuran atau salad rendah karbohidrat dan seporsi buah-buahan.

Makanan itu wajib sebagai dasar untuk diet berselang.

Sedangkan untuk mengisi lima hari lainnya, Anda bisa mencoba makanan sehat ini yang berhasil dirangkum MVoice dari laman Men’s Health UK.

1. Dua butir telur rebus

Satu telur rata-rata mengandung 6 gram protein dan hanya 0,6 karbohidrat. Telur mengandung tinggi nutrisi dan rendah kalori dibandingkan makanan kebanyakan. untuk diet, cobalah sarapan dengan telur rebus, dan malam hari untuk menahan lapar Anda juga bisa memakannya kembali.

2. Greek yogurt

Aromanya tajam dan mengenyangkan, greek yoghurt mengandung dua kali protein ketimbang yoghurt biasa, yakni sekitar 10 hingga 20 gram tergantung mereknya.
Jika ingin mencobanya, pilihlah greek yoghurt tanpa rasa. Kamu bisa menambahkan rasa manis dengan madu atau buah-buahan.

3. Biji labu

Biji labu mengandung 7 gram protein per 30 gram sajian dan mengandung tinggi antioksidan, zat besi, seng, potasium, kalsium, magnesium, dan nutrisi lainnya. Untuk menyajikannya, Anda bisa memanggangnya dengan minyak kedelai kaya mineral atau memanggangnya di teflon. (Der/Ulm)

Usir Jerawat Pakai Masker Oatmeal

YouTube Jessica Gracia Soetantijo.

MALANGVOICE – Tak hanya sebagai makanan kaya akan serat, ternyata oatmeal juga bermanfaat untuk perawatan wajah.

Nutrisi pada oatmeal, dipercaya dapat mengatasi jerawat dan komedo pada kulit sensitif, kering dan berminyak.

Berikut masker oatmeal dari YouTubers Jessica Gracia Soetantijo yang bisa kalian contoh di rumah.

Cara penggunaan masker tesebut sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan satu sendok oatmeal, green tea serum, bio oil dan beberapa sendok lidah buaya segar. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, mulai oleskan di wajah yang bersih dan ratakan di permukaan wajah.

Jika sudah diratakan di permukaan wajah, diamkan kurang lebih 20 menit agar racikan tadi menyerap lebih sempurna di kulit wajah, setelah itu bilas menggunakan air dingin. Pemakaian rutin bisa menjadikan wajah lebih kencang dan wajah pun juga menjadi lebih cerah.

Nah, itu tadi tips membuat masker oatmeal untuk menghilangkan jerawat. Selamat mencoba! (Der/Ulm)

Perlu Diketahui, Seks Juga Punya Keuntungan bagi Kesehatan

ilustrasi. (Netmuns)

MALANGVOICE – Seks masih banyak dianggap sebagian orang sebagai hal tabu. Namun dari beberapa penelitian menyebut bahwa aktivitas seks juga mempengaruhi kesehatan, mulai dari fisik, intelektual, emosional, psikologis, dan sosial.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa seks bisa menjadi kardiovaskular baik pada pria dan wanita yang lebih muda.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari seks, yakni menurunkan tekanan darah, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot, mengurangi sakit kepala, tidur nyenyak, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan hipertensi serta meningkatkan libido.

Kemudian apa keuntungan seks bagi pria dan wanita ?

1. Keuntungan Pria

Sebuah ulasan baru-baru ini menemukan bahwa pria yang lebih sering melakukan hubungan seks vaginal-vaginal (PVI) memiliki risiko lebih kecil terkena kanker prostat.

Satu studi menemukan bahwa pria yang rata-rata mengalami ejakulasi 4,6 hingga 7 kali dalam sepekan memiliki kemungkinan 36 persen lebih kecil untuk menerima diagnosis kanker prostat sebelum berusia 70 tahun. Ini dibandingkan dengan pria yang melaporkan ejakulasi rata-rata 2,3 atau lebih sedikit dalam sepekan.

Bagi pria, seks bahkan dapat memengaruhi kematian. Satu studi yang memiliki tindak lanjut 10 tahun melaporkan bahwa pria yang sering orgasme (didefinisikan dua atau lebih dalam sepekan) memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah daripada mereka yang berhubungan seks lebih jarang.

Meskipun hasilnya saling bertentangan, kualitas dan kesehatan sperma mungkin meningkat dengan meningkatnya aktivitas seksual, seperti yang ditunjukkan beberapa penelitian.

2. Keuntungan Wanita

Sering orgasme dapat meningkatkan aliran darah dan melepaskan bahan kimia penghilang rasa sakit alami.

Aktivitas seksual pada wanita dapat, meningkatkan kontrol kandung kemih, mengurangi inkontinensia, meringankan kram menstruasi dan pramenstruasi, meningkatkan kesuburan, membangun otot panggul yang lebih kuat, membantu menghasilkan lebih banyak pelumasan vagina, berpotensi melindungi Anda terhadap endometriosis, atau pertumbuhan jaringan di luar rahim.

Tindakan seks dapat membantu memperkuat dasar pinggul Anda. pinggul yang diperkuat juga dapat menawarkan manfaat seperti mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks dan mengurangi kemungkinan prolaps vagina. Satu studi menunjukkan bahwa PVI dapat mengakibatkan kontraksi vagina refleksif yang disebabkan oleh penusukan penis.

Wanita yang terus aktif secara seksual setelah menopause cenderung memiliki atrofi vagina yang signifikan, atau penipisan dinding vagina. Atrofi vagina dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks dan gejala kemih. (Der/Ulm)

Komunitas