4 Tips Atasi Kebosanan Bekerja di Rumah, Perhatikan Nomor 3

Ilustrasi (Istimewa/PNGtree)

MALANGVOICE – Merebaknya pandemi Covid-19, terutama dengan munculnya varian baru, membuat Indonesia mengalami lonjakan penularan virus Corona. Virus varian baru ini disinyalir lebih cepat penularannya

Beberapa daerah di pulau Jawa seperti Bangkalan, Kudus, Bandung, mengalami lonjakan penderita Covid-19. Hal itu membuat istilah lockdown mulai populer lagi meski sebelumnya sempat tercatat angka menurun.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mendesak Indonesia menerapkan pembatasan sosial yang lebih ketat. Secara Nasional, Indonesia tidak memberlakukan lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat namun menerapkan PPKM mikro.

Situasi tersebut membuat instasi di pemerintahan terutama, mulai menerapkan Work From Home (WFH). Awal mula canggung saat menjalani WFH, namun beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) akhirnya merasa bosan saat bekerja di rumah.

Untuk mengatasi rasa bosan selama bekerja di rumah (WFH), berikut tips yang perlu dilakukan. Tips ini sangat mudah dilakukan karena situasi rumah yang relatif bebas dibanding saat di kantor:

1. Ubah kebiasaan saat bekerja
Jika sebelumnya, terbelenggu dengan kegiatan monoton karena hanya bekerja di depan laptop atau komputer, ubahlah kebiasaan tersebut. Dimulai saat bangun pagi yang biasa bermalas-malasan, ubahlah dengan berpikir positif dan mulai sarapan.

2. Coba curhat dengan kerabat atau pasangan
Tidak ada salahnya jika menceritakan rasa bosan itu dengan kerabat atau pasangan. Biasanya, bercerita dengan orang lain bisa meringankan atau memberikan masukan agar kembali bersemangat.

3. Dengarkan lagu favorit dan bernyanyilah
Setiap orang pasti memiliki lagu favorit. Dengan mendengarkan lagu-lagu favorit dan sesekali ikitlah bernyanyi, mungkin bisa mengatasi kebosanan. Yang penting jaga volume dan pastikan suaramu enak di dengar supaya tidak sampai mengganggu tetangga.

Banyak yang mengatakan mendengarkan lagu kesukaan saat perasaan gundah bisa membuat orang tersebut rileks dan merasa nyaman. Dengan begitu, perasaan bosan bisa teratasi dengan baik.

4. Siapkan camilan sehat
Jika di kantor berlaku peraturan ketat tidak boleh bekerja sambil mengunyah, di rumah justru bebas memilih camilan sebagai teman kerja. Meski demikian tetap diperhatikan camilan sehat dan selalu menjaga kebersihan agar tidak justru mengundang hewan-hewan yang pesta pora menyantap sisa camilan.(end)

4 Hal Penting Diperhatikan Sebelum Pindah Rumah

Ilustrasi. (Freepik)

MALANGVOICE – Pindah ke rumah baru tentu harus memliki perencanaan matang. Perlu adanya pencatatan apa saja barang dibawa dan ditinggal. Dengan adanya perencanaan ini kamu akan meminimalisir proses relokasi dan menghindari tertinggal barang.

Untuk membantu kamu berikut ini adalah beberapa hal penting yang kamu lakukan agar proses pemindahan dapat berjalan dengan mudah.

Hal yang harus kamu perhatikan saat relokasi

Perlengkapan kebersihan Serbaguna

Sangat menyenangkan jika kamu bisa mendapatkan kebersihan yang maksimal saat memulai hidup baru di hunian baru bukan? Untuk membuatnya terwujud kamu harus membuat isi lemari tersusun secara rapi dan pastikan untuk membersihkan sebelum pindah.

Beberapa sudut yang perlu kamu perhatikan adalah permukaan perabotan yang penuh dengan debu, serta lantai yang mungkin masih kotor. Agar lebih maksimal miliki peralatan di bawah ini untuk membantu membersihkan ruangan

Sarung tangan
Tissue
Semprotan pembersih serbaguna
Cairan pembersih lantai
Vacuum cleaner
Deterjen pencuci piring
Sapu dan pengki
Kain lap
Spons untuk piring
Pembersih mangkuk toilet
Tempat sampah

Untuk menemukan semua kebutuhan di atas kamu bisa mempercayakannya pada Ruparupa yang menyediakan peralatan rumah tangga dan furniture seperti menjual tempat sampah, sapu, ember, kursi, meja, rak dan alat lainnya yang berkualitas. Jangan ragu untuk berbelanja di sini!

Perlengkapan Area Kamar tidur

Area yang sangat penting terutama untuk beristirahat sepanjang malam. Jangan heran mengapa kualitas tidur berkurang karena kondisi ruangan yang tidak nyaman akibat barang yang berantakan dimana-mana.

Untuk mengatasinya gunakan beberapa produk yang akan membantu merapikan area ini, pertama adalah gantungan baju yang sangat efektif untuk menyusun pakaian lebih mudah dan rapi di dalam lemari. Terlebih lagi jika kamu memiliki banyak banyak koleksi pakaian.

Jika tidak memiliki banyak ruang kamu bisa menggunakan kotak besar dan meletakkannya pada kolong kasur atau sudut area yang tidak terlihat. Dengan cara ini, kamu juga menyingkat waktu saat diperlukan.

Sebagai tambahan kamu bisa menggunakan rak susun yang berguna untuk meletakan pajangan atau keperluan lainnya yang berbentuk mungil hingga sedang.

Peralatan Kamar Mandi

Selain ruangan-ruangan yang telah disebutkan pada bagian atas, kamu juga harus memperhatikan perlengkapan kamar mandi yang mana juga sering digunakan sehari-hari. Misalnya seperti sikat gigi dan odol. Selain itu tambahkan beberapa rak gantung dengan desain minimalis agar dapat berfungsi untuk meletakan handuk, maupun baju yang telah digunakan.

Toolkit

Untuk melakukan apapun jangan lupa untuk memiliki beberapa tools penting yang akan membantu pekerjaan rumah, apa saja itu?

Palu
Pita pengukur
Obeng ukuran banyak
Pisau
Tang
Alat Pemadam Api

Semua produk di atas sangat penting untuk menjaga keamanan rumah dari hal-hal yang tidak kamu inginkan.(der)

Resep Jus Sehat Buatan Sendiri di Rumah

Orange juice. (pixabay)

MALANGVOICE – Para pakar kesehatan menyarankan mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi asupan harian. Kebutuhan setiap orang sangat berbeda. Misalnya saat pria dewasa membutuhkan 34 gram serat per harinya, sedangkan wanita dewasa hanya 28 gram.

Untuk mendapatkan nutrisi ini kamu bisa mendapatkannya dari buah atau sayur, yang dapat diolah sesuai selera, salah satunya menjadi jus.

Jus Triple C
Vitamin c sangat diperlukan untuk tubuh untuk meningkatkan daya tahan maupun berfungsi sebagai antioksidan akibat radikal bebas. Untuk mendapatkan yang terbaik kamu bisa menggabungkan tiga buah berikut ini yang kaya serat dan nutrisi.

Bahan-bahan:
150 gr nanas
100 gr kiwi
150 gr air jeruk manis

Cara membuat:
Cuci buah hingga bersih dengan air mengalir
Potong nanas dan rendam sebentar dengan air garam. Potong buah kiwi menjadi ukuran sedang, sisihkan. Peras jeruk dan ambil bulir-bulirnya
Setelah semua bahan siap masukan ke dalam blender, olah hingga mendapatkan tekstur halus.
Sajikan dengan es batu agar lebih nikmat.

Jus Tomat Jeruk Turmeric
Apa jadinya kalau minuman segar yang berasal dari buah tomat dan jeruk berpadu dengan turmeric ya? Tentunya nikmat dan berkhasiat karena mengandung senyawa bioaktif yang kuat, berfungsi sebagai peradangan alami, serta mampu mengurangi risiko penyakit jantung loh!’

Bahan-bahan:
10 jeruk peras
4 tomat
2 jeruk nipis
2 sdt turmeric powder
Es batu

Cara Membuat:
Cuci semua bahan hingga bersih , dan potong sesuai selera. Untuk jeruk peras terlebih dahulu kemudian sisihkan sarinya. Siapkan blender dan masukan semua bahan. Es batu dapat dipisah atau dicampur sesuai dengan keinginan. Tuang dalam gelas dan sajikan saat dingin

Jus Melon Manis Segar
Buat si kecil yang tidak suka campuran minuman dengan sayur, kamu bisa memadukannya dengan buah melon dan apel yang biasanya disukai anak-anak karena rasanya yang manis. Wah, minuman manis segar nih!

Bahan-bahan:
Melon 500 gram
Apel 250 gram
Daun Mint
Es batu
Air secukupnya
Gula pasir atau susu jika suka

Cara Membuat:
Bersihkan buah dan potong-potong hingga ukuran sedang. Siapkan blender atau juicer dan masukan semua bahan. Es batu masukan secara terpisah, begitu juga dengan gula. Setelah selesai tuang jus ke dalam gelas saji, tambahkan es
Jus favorit anak-anak siap dihidangkan.

Jus Berry Smoothie
Sejak lama buah berry banyak digunakan untuk menjaga kadar gula darah, menurunkan kolesterol hingga baik untuk kulit wajah. Wah, nggak mengherankan ya mengapa buah ini sangat populer dan memiliki banyak penggemar.

Bahan-bahan:
200 gram mix berry
50-100 ml susu cair atau air
Gula atau madu

Cara membuat:
Masukan air dengan campuran susu jika suka ke dalam blender. Tambahkan mix berry, dengan es batu. Kemudian tambahkan gula atau madu sesuai selera. Setelah selesai angkat dan minuman sehat siap untuk diminum

Nah, bagaimana pendapat kamu setelah melihat empat resep minuman sehat barusan, menarik dan mudah dibuat bukan? Untuk membantu kamu membuat resep gunakan blender berkualitas terbaik dari Ruparupa. Melalui situs online berbelanja online ini kami menjual blender, juicer, serta perlengkapan minum yang setara dengan kualitasnya.

Selain itu lengkapi juga dapur kamu dengan dekorasi serta penerangan terbaik seperti menggunakan lampu led yang dapat mengoptimalkan penerangan, dengan daya hemat.(der)

Tiga Lokasi Alternatif dan Romantis Selain Bali untuk Bulan Madu

Asian couple on beach. (freepik)

MALANGVOICE – Pasangan baru menikah biasanya mencari tempat berbulan madu. Lokasi favorit biasanya adalah Bali. Padahal masih banyak tempat wisata lainnya yang cocok untuk bulan madu bagi pasangan yang baru menikah.

Nah, untuk kamu nih yang akan berbulan madu bersama pasangan kamu, coba explore tempat lain selain Bali, bisa dibilang tempat yang antimainstream dong agar bulan madu makin berkesan.

Masih bingung? Tenang saja, nggak perlu pergi jauh-jauh sampai luar negeri kok, Karena di Indonesia juga ada banyak ragam destinasi wisata yang romantis dan cocok untuk pasangan yang baru menikah. Ini dia rekomendasinya!

Pulau Cinta, Gorontalo

Pulau ini berada di Teluk Tomini, Gorontalo. Jika kita lihat dari namanya yaitu “pulau cinta” sudah bisa dibayangkan kan kalo pulau ini memiliki suasana yang romantis. Apalagi dengan area pasir yang memiliki bentuk mirip bentuk love (cinta) lebih terlihat cute lagi nih.

Tidak hanya itu saja, ternyata pulau ini juga menawarkan keindahan pemandangannya yang jauh dari keramaian kota, lengkap dengan aktivitas bahari. Misalnya saja scuba diving sampai dengan snorkeling, kamu juga bisa dinner bersama pasangan di cottage yang terapung di atas laut.

Untuk menuju pulau ini, kamu bisa memesan tiket pesawat untuk tujuan Bandara Jalaludin, Gorontalo, Sulawesi. Kamu bisa cek harga tiket pesawat melalui beragam aplikasi seperti yang tersedia.

Disarankan kamu mengambil jam penerbangan pagi hari, karena setelah sampai dibandara harus melanjutkan dengan perjalanan jalur darat dan juga jalur laut. Perjalanan dari bandara ke Kabupaten Boalemo memakan waktu kisaran 2 jam. Dari Kabupaten Boalemo menuju Pulau Cinta melalui jalur laur memakan waktu kisaran 30 menit.

Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Cuti menikah? Yuk manfaatkan saja untuk berbulan madu di Dataran Tinggi Dieng. Menuku kesana bisa dicapai dengan sangat mudah dengan naik pesawat bisa dari Bandara Internaisonal Soekarno-Hatta dan mengambil jurusan akhirnya Bandara Adi Sucipto Yogyakarta atau bisa ke Bandara Internaisonal Achmad Yani Semarang.

Jika kamu mengambil jalur Yogyakarta/tujuan Yogyakarta, maka ketika kamu sampai di Yogyakarta kamu bisa menggunakan kendaraan umum dari Bandara ke terminal Jombor atau bisa ke Terminal Giwangan yang selanjutnya naik bis jurusan Wonosobo, jika sudah sampai di Wonosobo dilanjutkan naik Mikro Bus untuk jurusan Wonosobo – Dieng – Batur. Tapi, kamu turun di Dieng.

Tapi, jika mengambil jurusan Semarang, ketika sudah sampai di Semarang, kamu bisa menggunakan kendaraan umum dari Bandara menuju ke terminal, selanjutnya naik bis jurusan Wonosobo atau jurusan Purwokerto dan kamu turun di Wonosobo, selanjutnya dilanjutkan dengan naik Mikro Bus jurusan Wonosobo – Dieng – Batur setelah kamu sampai di Wonosobo dan kamu turun di Dieng.

Disini ada beragam destinasi yang siap untuk kamu jelajahi satu persatu, misalnya saja destinasi wisata Telaga Pengilon dan juga Telaga Warna dengan warna-warni airnya yang unik. Untuk kamu nih yang lebih suka akan petualangan, kamu bisa menjajal trekking ke Bukit Sikunir atau dikenal dengan Gunung Prau.

Gili Nanggu

Sekarang bukan hanya Bali saja yang memiliki destinasi populer untuk pasangan yang baru menikah. Tapi, Lombok juga sekarang memilikinya dan ini bukan Gili Trawangan melainkan Gili Nanggu dengan suasana lebih tenang dengan pantainya berpasir putih yang indah.

Layaknya pulau pribadi, kamu bisa menikmati keindahan surga bawah lautnya dan kamu juga bisa menghabiskan waktu romatis bersama pasangan di resort yang beratapkan jerami.
Jika kamu tertarik dan ingin berlibur bersama pasangan, untuk menuju kesana kamu bisa menggunakan pesawat menuju Bandara Internasional Lombok (LOP), setelah sampai dibandara kamu harus mencari kendaraan untuk menuju Lombok Barat. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus damri atau taksi yang tidak hanya mengantar kamu sampai ke Lombok Barat tetapi bisa langsung menuju Pelabuhan Tawun.

Nah itu dia beragam pilihan destinasi wisata romantis untuk menghabiskan waktu bulan madu bersama pasangan, ketiga-tiga rekomendasi destinasi ini semuanya bisa di akses menggunakan pesawat ya. Cek harga tiket pesawat masing-masing tujuan destinasi tersebut sekarang juga!. (der)

Rayakan Idulfitri di Hotel Tugu dengan Menyantap Kambing Panggang Suku Bedouin

Kambing Guling Bang Jamil yang dipanggang dengam baluran rempah. (Istimewa)

MALANGVOICE – Menyambut Idul Fitri 1442 H, Hotel Tugu Malang menyiapkan menu istimewa. Jika biasanya opor ayam, kali ini kuliner yang disiapkan lain dari yang lain.

Menghadirkan “Lamb and Ketupat Festivities”, Hotel Tugu menyajikan menu spesial ini mulai 11-31 Mei 2021 di Melati Restaurant yang juga melayani Catering & Hampers.

“Pastinya kami ingin berbagi aneka ragam masakan daging kambing lezat dan ketupat yang sudah menjadi makanan khas Idul Fitri,” kata Media Relation Hotel Tugu Malang, Budi Sesario Saputro.

Dalam keterangan tertulisnya kepada malangvoice.com, Kamis (6/5), Budi menambahkan, pihaknya menyiapkan menu spesial Kambing Panggang Suku Bedouin.

“Menu ini berupa kambing muda yang juicy lalu dipanggang dengan lapisan daun kurma di antara dua lempengan hot stone,” terangnya.

Ada lagi Kambing Guling Bang Jamil dengan daging kambing Australia yang dipanggang dengan baluran rempah istimewa racikan chef.

“Masih seputaran kuliner kambing, kami sediakan juga Ketupat Gulai Iga Kambing Muda. Menu ini sangat nikmat dengan gulai kambing, sate kambing, kerupuk ikan, kecap manis, sambal dan jeruk nipis,” ujarnya.

Bagi yang kurang berselera dengan menu daging kambing, sudah disiapkan Ketupat orem-orem Malang yang disajikan dengan orem–orem tempe khas Malang beserta udang goreng kering, sambal hijau dan peyek germut.

“Selain aneka ragam ketupat, Nasi Kuning Bebek Goreng bumbu Lengkuas juga menambah keragaman menu spesial Idul Fitri kali ini,” sambungnya.

Suasana Idul Fitri kali ini yang berbeda karena tak bisa mudik, justru dianggap peluang bagi Hotel Tugu Malang dengan tawaran paket bermalam ‘Eid Holiday Deal’ dan ‘Dreaming of  Vacation’.

Manjakan diri dengan pengalaman bermalam tak terlupakan, termasuk sarapan Idul Fitri nan mewah, jamuan Afternoon Tea, serta makan malam romantic untuk berdua atau menikmati BBQ bersama keluarga dan orang terkasih.

“Kami juga menyediakan pilihan aktivitas untuk mengisi waktu luang para tamu seperti merangkai bunga, bike tour, dan  private antique collection tour,” ujarnya.
 
Selain itu, Hotel Tugu Malang juga memberikan pilihan “Dine Anywhere You Desire” dengan ragam kuliner menggiurkan dari dua restoran.

Tidak main-main, dua restoran ini telah mengantongi awards best interior oleh Restaurant Guru, yaitu Melati Restaurant dan SaigonSan Restaurant.

Memiliki ragam venue tematik nan unik, tamu dapat memilih lokasi bersantap yang sesuai dengan mood dan preferensi sehingga terasa seperti di rumah sendiri. Mulai dari makan siang dinaungi pohon-pohon palem yang rindang, bersantai menikmati afternoon tea di SaigonSan Rooftop, hingga makan malam romantis di tepi kolam dengan lilin-lilin cantik.(end)

Empat Manfaat Mengonsumsi Jamur Merang Sangat Cocok untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

Salah satu olahan jamur tiram dengan masakan tumis. (Foto: resepjamurnusantara.web.app)

MALANGVOICE – Masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini dengan jamur merang, sementara nama latinnya adalah
Volvariella vovacea. Sulit di lidah untuk mengucapkan namun lezat saat berubah jadi masakan.

Tanaman yang tergolong jamur-jamuran ini sangat populer sebagai bahan santapan di segala musim karena biasa disuguhkan dalam bentuk sup yang hangat. Hmmm…, cocok buat sahur atau menu berbuka puasa.

Tak jarang pula olahan jamur merang ini dikombinasikan dengan saus di atas steak atau sayur kukus, hingga tumisan yang pastinya menggugah selera untuk segera dinikmati.

Untuk mendapatkan yang sudah dipetik, kita bisa menemukan di pasar tradisional atau pasar swalayan dalam bentuk segar dan kalengan karena jamur merang tidak membutuhkan cara pengolahan tertentu.

Sebelum diolah jadi masakan, jamur merang dalam bentuk kalengan cukup dibilas dengan air matang. Cuma itu, baru kemudian diolah sebagai bahan masakan.

Sebaliknya jika membeli dari petani langsung, tidak terlalu susah sebelum diolah. Dipotong saja semua area berwarna gelap dengan pisau kemudian bilas dengan air mengalir.

Kenyal saat dikunyah, lezat dan kaya nutrisi, jamur merang salah satu jenis bahan makanan yang sering diolah. Selain teksturnya yang unik, kelezatannya dianggap mampu menyaingi citarasa daging. Belum lagi manfaatnya bagi kesehatan.

Disebut dengan jamur merang karena media tanamnya berupa merang atau sekam padi. Jamur ini dapat dikenali dari bentuknya yang bulat kecil dengan tudung berwarna cokelat muda.

Selain cocok untuk berbagai masakan ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan, empat di antaranya adalah:

1. Mencegah Penyakit Jantung
Bentuknya memang mungil, tapi jangan sekali-kali meremehkan, karena jamur merang ini memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi seperti kalium dan zat tembaga.

Seperti kita ketahui, kalium berfungsi membantu menjaga pembuluh darah dalam tubuh, sedangkan zat tembaga memiliki kemampuan antibakteri. Kedua nutrisi ini dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung, terutama yang diakibatkan oleh naiknya kolesterol dalam darah.

2. Menjaga Kekuatan Tulang
Selama ini kita menganggap kalsium hanya bisa didapatkan dari susu dan produk olahannya. Lalu bagaimana dengan yang biasa mengonsumsi asupan vegetarian? Jamur meranglah jawabnya karena memiliki kadar kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi sehingga membantu memperkuat tulang dalam tubuh.

3.Mencegah Kanker
Manfaat jamur merang lainnya adalah mengandung selenium yang banyak diburu orang karena berkhasiat mencegah kanker. Beta d-glucan dan lectin yang ada dalam jamur merang disebut mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker prostat dan leukemia.

4.Tinggi Antioksidan
Bagi masyarakat di wilayah perkotaan yang dikepung radikal bebas dari polusi di sekelilingnya antioksidan menjadi istilah kesehatan yang makin populer. Untuk mendapatkan antioksidan, cukup mengonsumsi jamur merang.

Kandungan selenium di dalam jamur merang memiliki fungsi yang sama dengan flavonoid yakni mencegah radikal bebas dari asap kendaraan, makanan yang berlemak tinggi, atau radiasi elektromagnetik berisiko memicu gangguan kesehatan.(end)

Bulan Ramadan, Cincau Laris Manis Jadi Buruan Pelanggan

Cincau yang masih dalam bentuk cair didinginkan didalam blek (kaleng), (MG2).

MALANGVOICE – Cincau pada umumnya sering digunakan sebagai varian campuran es dan jenis minuman lain. Hal itu membuat cincau laris manis diburu pelanggan saat bulan Ramadan.

Menurut salah satu produsen cincau asal Kebalen, Blimbing, Mak Cao, setiap masuk bulan Ramadan permintaan cincau selau mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dalam keseharian biasa hanya memproduksi sekitar 20 sampai 30 blek (kaleng). Kini pada bulan Ramadan orderan perharinya mampu mencapai 200 hingga 250 blek.

“Harga satu bleknya itu Rp 50 ribu, Mas. Ya per hari gini kalau Ramadan kita produksi 250 an blek, itu saja kita kualahan. Kalau mau lebih sebenarnya bisa saja, cuma karyawannya yang gak mampu,” ujar Hariyati pengelola Mak Cao, Ahad (25/4).

Mak Cao yang telah berdiri sejak 1961 dan telah dijalankan selama tiga generasi ini, telah mengurangi jumlah produksi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Lantaran karyawanya belum mampu memproduksi cincau dengan skala besar.

Apalagi untuk proses pembuatan cincau sendiri memerlukan waktu yang cukup lama dari proses penyaringan hingga memasak.

“Tahun kemarin karyawan saya itu orang Wajak mas, kuat-kuat mereka. Tahun lalu sampai 400 an blek sehari pernah. Itu bikin sampai menjelang sahur. Tapi saat ini karyawan saya kan tetangga-tetangga sekitar ya, mereka juga belum terlalu kuat, jadi ya sampai 200 an blek saja sehari,” tuturnya.

Untuk mengatasi jumlah konsumen yang cukup banyak, Haryati memberikan batasan kepada setiap pembeli agar tidak mengambil terlalu banyak. Supaya konsumen lain bisa mendapatkan juga.

“Jadi ada yang pesan 50 blek, itu saya kurangi mas. Jadi saya suruh ambil 30 aja jangan banyak-banyak. Biar nanti semua bisa rata kebagian gitu mas,” terangnya.

Selain itu, Haryati menambahkan, di Mak Cao juga memproduksi beberapa macam bahan untuk keperluan pembuatan es.

“Mulai dari dawet, jelly hingga kolang kaling semuanya pun tersedia. Jadi bahan-bahan es semua yang dibutuhkan ada di sini mas,” imbuhnya.

Terkait konsumen Mak Cao sendiri tidak hanya disekitaran Kota Malang, melainkan se Malang raya. Mulai dari pengusaha minuman es, dan penjual pasar.

“Banyak mas. Rata-rata yang ambil banyak itu ya orang-orang pasar untuk dijual lagi. Mulai dari Kota Batu sampai Panjen, Kabupaten Malang itu ambil ke sini,” tandasnya.(der)

Ngoprek Bareng HPCI Chapter Malang, Kupas Tuntas Matic Besar PCX160

Komunitas Honda PCX. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT melakukan Live di Instagram @mpmhondajatim dengan program NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) bersama Komunitas Honda PCX Chapter Indonesia (HPCI) Chapter Malang, Ahad (28/03).

Ngobrol Online yang bertemakan Kupas Tuntas All New PCX160 ini, MPM Honda Jatim mengundang salah satu anggota komunitas HPCI chapter Malang, Wendry Pradana yang berbagi pengalaman bagaimana rasanya mengendarai All New PCX160 dan juga Imron Rosyadi, Technical MPM Malang yang menyampaikan fitur terbaru Honda PCX.

Ngoprek Honda. (Adv)

Bertempat di MPM Riders Cafe Malang, sebelumnya 10 anggota komunitas HPCI chapter Malang yang hadir diberikan kesempatan untuk Riding Experience Honda PCX 160 dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam sesi bincang Ngoprek, Wendry Pradana membagikan pengalamannya saat riding menggunakan Honda PCX160 untuk kegiatan sehari hari.

“Honda PCX160 bodinya mewah, nyaman cocok buat aktivitas sehari – hari atau suka touring. Honda PCX160 lebih bertenaga, akselerasi terasa lembut,” katanya.

Program NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih terkait All New Honda PCX kepada masyarakat dari sisi Komunitas HPCI chapter Malang yang sudah mencoba All New Honda PCX.(der)

Menulis di Kertas Ditemukan Peneliti Sebagai Metode Menguatkan Ingatan

Ilustrasi (Inc.com)

MALANGVOICE – Tim dari University of Tokyo baru saja mempublikasi penelitian baru dalam Frontiers in Behavioral Neuroscience. Penelitian tersebut mengatakan menulis di kertas berdampak baik bagi otak. Artikel ini dihimpun oleh Malangvoice.com dari Martha Stewart

“Pada dasarnya kertas lebih canggih dan berguna dibanding dokumen elektronik karena kertas mengandung informasi yang hanya dimiliki kertas untuk tidak kehilangan ingatan,” Professor Kuniyoshi L. Sakai, neuroscientist di University of Tokyo dan penulis di penelitian ini.

Kebanyakan orang menyukai smartphone atau tablet karena gadget itu terasa membuat pekerjaan setiap hari lebih mudah. Penelitian ini menemukan yang sebaliknya, setelah mengumpulkan 48 relawan dari umur 18 sampai 29 tahun.

Para peneliti menemukan mereka yang menulis di kertas untuk menyelesaikan tugas mencatat berhasil menyelesaikan tugas ini 25 persen lebih cepat daripada mereka yang menggunakan tablet dengan stylus pen.

Alasannya adalah menggunakan kertas memberi relawan keluasaan untuk menulis dengan gaya mereka. Seperti bentuk tulisan yang tidak biasa dan seragam serta tidak rata. Sedangkan kertas digital lebih konsisten dan seragam dan ketika aplikasi menulis itu ditutup tulisannya akan langsung hilang.

Selain itu peneliti melakukan percobaan kepada relawan untuk membaca dialog tokoh fiksi. Para relawan dibagi ke dua grup, yang satu menulis di kertas dan yang satu di tablet. Peneliti menyuruh relawan untuk mencatat tugas tokoh fiksi itu apa dan harus selesai dalam tenggat waktu berapa lama.

Setelah selesai mencatat relawan diberikan waktu untuk istirahat selama satu jam dan disuruh untuk mengingat tugas mereka. Ketika ditanya kapan tenggat waktu tugas yang harus diselesaikan oleh tokoh? Kapan tenggat waktu paling awal untuk menyelesaikan tugas?

Relawan yang menggunakan kertas untuk mencatat dengan kertas hanya memerlukan waktu 11 menit untuk mencatat ingatan mereka, sedangkan yang menggunakan tablet 14 menit, dan yang menggunakan hp 16 menit.

Ditambah, mereka yang menggunakan kertas mendapat skor tertinggi dibanding yang lain dalam tes pertanyaan dan mereka dapat mengingat secara visual dan bahasa secara lebih baik.(end)

4 Langkah Menjaga Ikan Cupang Tidak Kuncup di Musim Hujan

Ikan Cupang yang lagi tren, (MG2).

MALANGVOICE – Ikan cupang kini kembali banyak diminati masyarakat, dengan perpaduan jenis maupun corak warna yang semakin beragam.

Namun dalam perawatan ikan cupang ini bisa dibilang juga tidak mudah. Apalagi di musim penghujan dengan cuaca yang dingin, membuat ikan cupang mudah terkena penyakit, salah satunya kuncup.

Kuncup sendiri merupakan penyakit ikan cupang yang sering kali terjadi dan jika tidak segera ditangani resiko terparah bakal mati.

Berikut Beberapa Tips untuk mengantisipasi ikan cupang agar tidak sakit di musim penghujan menurut salah satu penghobi ikan cupang di Kota Malang, Rifky Edgar, Jumat (19/3).

1. Harus rutin mengganti air dalam akuarium/soliter, minimal ganti tiga hari sekali atau seminggu dua kali. Untuk jenis air bisa menggunakan air sumur atau PDAM.

Namun jika menggunakan air PDAM perlu diendapkan terlebih dahulu selama satu hari sembari diberi garam sesuai dengan ukuran akuarium/soliter.

“Sebelum dilakukan penggantian air lebih baik lagi juga diberi garam dan obat biru (nama akrab obat) biar tidak sakit. Dan dikasih daun ketapang berfungsi untuk menetralkan PH air,” terangnya.

Cupang yang sedang kuncup, (MG2).

2. Menjaga pola makan ikan cupang peliharaan, jangan terlalu banyak. Minimal satu hari sekali dengan porsi secukupnya.

“Karena jika kebanyakan makan, ikan akan kembung, atau sembelit. Dari situ akan menyebabkan penyakit sisik nanas dan dropship, kemungkinan 98 persen ikan mati,” tuturnya.

3. Sering buka pembatas antara ikan satu dengan yang lainnya, guna mempertahankan gerakannya supaya terus aktif dan lincah.

“Kalau bisa sehari dua kali dengan durasi sekitar 20-30 menitan. Biar ikan bisa lebih agresif, mekrok, nah dari situ bisa menjaga kekuatan dari ekor, sirip dan kesehatannya,” imbuhnya.

4. Jika memiliki waktu bisa disempatkan untuk menjemur ikan cupang sekitar 10 menit untuk menangani suhu air tetap stabil dan tidak terlalu dingin.(end)