Ini Alasan Perempuan Hamil Mengalami Pusing Hingga Mau Pingsan

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

MALANGVOICE – Pusing saat masa kehamilan seringkali dikeluhkan perempuan. Baik di trimester pertama, kedua atau bahkan hingga sampai ketiga.

Bahkan salah satu pusing yang dialaminya bisa sampai berujung pingsan selama hamil. Namun, tidak semua perempuan hamil mengalami hal tersebut.

Beberapa perempuan ada yang mengalami masa kehamilannya mudah hingga sampai melahirkan.

Terlepas dari itu, terkait masalah pusing di masa kehamilan, berikut MVoice merangkum beberapa alasannya tiap trimester :

Trimester Pertama

Di trimester pertama ini, pada umumnya disebabkan oleh perubahan hormon. Kemudian karena perubahan melebarkan dinding pembuluh darah.

Kedua hal itulah yang menimbulkan penurunan tekanan darah pada perempuan hamil. Akibatnya membuat pusing dan lemas.

Kemudian, saat itu pula tubuh sedang menyesuaikan diri menjaga makanan dan cairan tubuh.

Trimester Kedua

Pada trimester ini, pada umumnya disebabkan adanya peningkatan volume darah hingga 30%.

Hal ini karena janin sedang tumbuh dan menekan pembuluh darah. Akibatnya, saat tekanan darah meningkat menyebabkan pening dan pusing.

Disisi lain, perempuan pusing bisa juga dehidrasi dan kepanasan dan kurang cairan tubuh dan menyebabkan tubuh lemas.

Kemudian, alasan lain yaitu karena turunnya kadar gula darah. Hal itu menyebabkan pusing pada perempuan hamil.

Maka dari itulah, perlu asupan karbohidrat cukup selama masa kehamilan.

Dan untuk masalah ini tidak hanya terjadi di trimester pertama dan kedua. Bisa jadi juga terjadi di trimester ketiga.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Mau Hari Valentine-mu Lebih Romantis, Ini Tiga Tipsnya

Ilustrasi Valentine (istimewa)
Ilustrasi Valentine (istimewa)

MALANGVOICE – Valentine’s Day atau biasa disebut Hari Kasih Sayang pada 14 Februari menjadi salah satu momen sebagian besar orang untuk mengungkapkan perasaan mereka ke orang tersayang. Entah itu lewat hadiah atau mengajak ke tempat-tempat romantis.

Meski tidak wajib dirayakan, tapi merayakan Hari Kasih Sayang bersama pasangan tercinta memang sah-sah saja untuk dilakukan.

Namun selama ini, perayaan Valentine identik dengan perayaan mahal yang memakan banyak dana. Padahal, hari Valentine dapat dirayakan dengan acara kencan yang murah meriah tapi tetap romantis, loh. Berikut MVoice merangkumnya.

1. Memasak Bersama
Merayakan Valentine bersama pasangan tercinta tidak harus makan malam romantis di restoran mewah lho. Cukup dengan acara masak bersama di rumah bisa menjadi ide bagus.

Pasalnya, memasak makanan favorit si dia tak perlu masakan yang susah dibuat. Masakan sederhana dan praktis seperti pasta bisa menjadi pilihanmu. Selain itu, memasak bersama bisa menjadi pilihan kencan romantis dan hemat.

2. Pergi ke Pantai
Tempat satu ini dapat menjadi ide kencan hemat yang dapat Anda coba. Kamu bisa menghabiskan sore di pantai dengan makan berdua sembari menikmati matahari terbenam.

Atau bahkan hanya sekedar berjalan santai di pinggir pantai dan menikmati hamparan bintang di malam hari dengan merebahkan diri di atas pasir. Bagaimana? Cukup sederhana dan berkesan bukan?

3. Maraton Film
Bagi pasangan yang sangat hobi nonton, Movie Marathon Date bisa menjadi salah satu cara untuk merayakan Valentine tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Tidak perlu ke bioskop, ajak pasanganmu untuk menonton film-film lawas box office yang romantis atau film keren yang belum kamu tonton sebelumnya. Lalu, persiapkan juga cemilan yang kalian suka untuk menemani kencan kalian.

Cara ini tidak hanya dapat menghemat biaya kencan, tapi juga dapat menjadi waktu yang berkualitas dengan pasangan.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Sering Gagal Diet? Tambahkan Minuman Kunyit dalam Daftar Diet Anda

ilustrasi. (Hallo Sehat)
ilustrasi. (Hallo Sehat)

MALANGVOICE – Jika Anda telah mencoba berbagai macam diet, namun tetap saja kurang maksimal. Anda dapat menambahkan minuman sehat ini ke dalam daftar diet Anda.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, rempah-rempah ini diklaim mampu menurunkan berat badan.

Ya, kandungan kurkumin pada kunyit membantu menghambat pembelahan sel, khususnya sel-sel lemak. Dengan demikian, mencegah pembentukan jaringan lemak baru dan penambahan berat badan.
Senyawa ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Kunyit juga mencegah resistensi insulin dan membantu mengatur kadar glukosa darah, sehingga mencegah lemak tubuh menumpuk.

Dilansir dari She Finds, minum ramuan kunyit hangat di pagi hari adalah cara yang tepat untuk meningkatkan metabolisme di pagi hari dan membakar kalori dengan cepat.

Caranya, rebus empat gelas air kemudian tambahkan dua sendok kunyit, Anda juga dapat menambahkan jahe. Biarkan campuran rempah-rempah ini hingga mendidih. Terakhir, Anda bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis.

Tambahan dua bahan ini untuk meningkatkan sifat antioksidan dan antimikroba dalam campuran dan meningkatkan rasa minuman tersebut.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Ikuti Cantik Ala Artis Korea dengan Skincare Ini

Evening Standart.
Evening Standart.

MALANGVOICE – Di tahun 2020 ini Anda harus bisa mengubah penampilan. Anda bisa saja menirukan perawatan wajah ala artis Korea, loh. Apa saja sih perawatan atau skincarenya?

Berikut MVoice telah merangkum tips skincare yang digunakan artis Korea, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Wash of-Mask

Personel Blackpink, Jisoo mengandalkan Wash-Off Mask Lush Mask of Magnaminty sebagai skincare rutin. Skincare ini, menurutnya sangat ampuh dalam mengatasi jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan daun mint di dalam masker tersebut juga menimbulkan sensasi dingin dan segar setelah digunakan.

2. Jelly Pack

Pemeran Ki Seung Nyang dalam drama Korea Empress Ki, Ha Ji Won menggunakan skincare Jelly Pack untuk melembapkan kulit wajah.

Pria berusia 41 tahun ini memang sangat terobsesi membuat kulitnya lembap. Setelah membersihkan wajah, ia biasanya mengaplikasikan Jelly Pack untuk mengembalikan kelembapan pada kulit.

3. Sheet Mask

Sheet Mask sangat digemari oleh artis Korea baik perempuan dan laki-laki. Salah satunya artis Korea yang gandrung dengan Sheet Mask adalah Park Shin Hye.

Bintang drama Korea The Doctors ini rajin menggunakan Sheet Mask setiap hari, terlebih saat sibuk syuting. Menurutnya, menerapkan Sheet Mask setiap hari membuat kulitnya tetap terhidrasi dan lebih segar.

4. Face Mask

Tiffany Young mengatakan hal paling penting dalam menerapkan metode kecantikan Korea adalah Face Mask. Ia rutin menggunakan skincare Multi Action Treatment Mask dari Hanacure.

Di usianya yang sudah menginjak 30 tahun, Face Mask membantunya melawan tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Selain itu Face Mask juga mampu menghilangkan sel kulit mati penyebab wajah kusam.

5. Clay Mask

Member SNSD, Yoona, memilih skincare Clay Mask. Ia rajin menggunakan Jeju Volcanic Color Clay Mask dari Innisfree. Masing-masing warna Jeju Volcanic Color Clay Mask memiliki fungsi yang berbeda dan disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit.

BNN Kota Malang

Empat Gaya Rambut yang Diprediksi Tren di Tahun 2020

ilustrasi. (Longbob)
ilustrasi. (Longbob)

MALANGVOICE – Apakah Anda sudah mulai bosan dengan penampilan rambut Anda? Tenang, di tahun 2020 ini, ada beberapa potongan rambut yang bisa menjadi referensi Anda untuk merubah gaya.

Dilansir dari Instyle, gaya-gaya rambut ini diprediksi akan populer di tahun ini. Berikut MVoice telah merangkum empat gaya rambut baru di tahun 2020.

1. Blunt Bob

Gaya rambut bob masih akan terus tren di tahun 2020. Potongan bob klasik, dengan tekstur di ujungnya akan membuat tampilan lebih lembut.

2. Invisible Layer

Potongan rambut ini terdiri dari lapisan-lapisan halus yang biasanya mulai di bawah dagu untuk memberikan volue rambut. Teknik layering ini biasanya bagus untuk rambut sedang hingga panjang.

3. Long Hair

Sepertinya gaya rambut ini tidak boleh dihilangkan sepanjang zaman ya. Gaya rambut ini bisa Anda terapkan untuk gaya Anda.

4. The Shag

Shag menjadi gaya rambut 70-an yang masih populer hingga saat ini. Gaya rambut lama dengan sentuhan modern layak menjadi inspirasi gaya rambut di tahun yang baru. (Der/ulm)

BNN Kota Malang

Kenali Tren Diet Vertikal

Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGVOICE – Tren diet kini terus mengalami pergantian seiring berjalannya waktu. Setelah diet karnivora dan diet vegan, sekarang ada istilah diet vertikal.

Nah, diet ini merupakan tentang mengonsumsi sejumlah makanan padat nutrisi yang mudah dicerna untuk menjadi lebih kuat dan memaksimalkan latihan.

Melansir dari berbagai sumber, diet ini dinamakan vertikal lantaran semua nutrisi mikro yang dibutuhkan diletakkan di bagian bawah sebagai fondasi. Sumber kalori utama dari diet ini juga ada di bagian tersebut, khususnya daging merah dan nasi putih.

Diet ini meliputi nutrisi padat dalam jumlah terbatas dan makanan mudah dicerna. Fokus diet ini lebih ke mikronutrien seperti mineral, antioksidan, dan vitamin. Daripada makronutrien seperti lemak, karbohidrat, dan protein.

Sementara, untuk makanan yang perlu dihindari untuk diet ini adalah bawang bombai, kopi, sayuran tinggi raffinose, beras merah, bawang putih, gula tambahan, kacang legume, minyak nabati yang diproses, gandum, dan gandum utuh.

Selain itu, diet ini juga mengoptimalkan kesehatan usus, memperbaiki defisiensi nutrisi, memperbaiki defisiensi hormon dan meningkatkan energi, ketahanan, dan stamina.

Diet vertikal ini tidak diperuntukkan bagi vegan dan vegetarian ya. Jadi, jika Anda vegetarian, jangan ikuti diet in (Der/Ulm)

BNN Kota Malang

Jangan Sepelekan, Ini 5 Gejala Kanker Ginjal Patut Diwaspadai!

Ilustrasi ginjal (foto: alodokter.com)
Ilustrasi ginjal (foto: alodokter.com)

MALANGVOICE – Belakangan ini kanker ginjal seketika menjadi bahan pembicaraan hangat publik. Penyanyi Vidi Aldiano melalui akun media sosialnya mengungkapkan bahwa dirinya mengidap penyakit itu.

Kanker ginjal, merupakan penyakit saat sel-sel ginjal menjadi ganas (kanker) karena tumbuh di luar kendali dan membentuk benjolan. Biasanya terjadi pada salah satu ginjal.

Rata-rata kanker ginjal muncul di lapisan tabung kecil bernama tubulus di area ginjal dan biasanya disebut dengan karsinoma sel ginjal.

Penyebabnya, belum diketahui secara pasti hingga kini. Tapi, sebagian besar penderita kanker ginjal adalah orang berusia 50 tahun ke atas.

Namun, sejumlah pilihan gaya hidup dapat meningktakan risiko kanker ginjal. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko tersebut seperti merokok, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, dan penggunaan obat penghilang nyeri dalam jangka panjang yang mampu memicu terjadinya kanker ginjal.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum gejala kanker ginjal yang patut diwaspadai.

1. Urine disertai Darah

Mengalami adanya darah ketika buang air kecil merupakan tanda yang tak boleh diabaikan. Sebab, kanker ginjal stadium awal sangat sulit terdeteksi. Bisanya, tanda kurang spesifik dan cenderung tersembunyi

Mungkin air seni yang berdarah bisa jadi infeksi saluran kencing, tapi jika darah itu karena kanker ginjal, bisa jadi kanker sudah memasuki stadium lanjut.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikannya dengan serius dan segera melakukan tes.

2. Kelelahan Hebat disertai Turunnya Berat Badan

Jika Anda mengalami kelelahan, kurang nafsu makan, dan berat badan yang berkurang drastis bisa saja tiga tanda ini menjadi kanker ginjal sudah memasuki stadium akhir.

Meski banyak faktor yang menyebabkan berat badan turun drastis. Kemudian, Anda merasa tak mengurangi porsi makan tapi berat badan turun drastis, nah ungkin sudah saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter sebelum keadaan semakin parah.

3. Demam Tanpa disertai Flu atau Infeksi Lain

Setiap kali temperatur tubuh naik, itu merupakan indikasi bila sistem imun sedang bertarung melawan penyusup.

Bisa jadi itu virus, bakteri, atau mungkin tumor. Kalau tiap malam kamu berkeringat atau merasa demam, mulailah mengecek temperatur tubuh.

Jika demammu tak diikuti oleh batuk-batuk, bersin, atau nyeri otot sebaiknya segera periksaka ke dokter.

4. Anemia

Tubuh yang mudah lelah juga bisa dikarenakan sel darah merah yang rendah. Hormon erythropoietin yang dilepas oleh ginjal biasanya akan mendorong sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah. Dan bisanya jika fungsinya menurun maka bisa jadi pertanda kamu menglami kanker ginjal.

Segeralah untuk lakukan pemeriksaan agar kamu dapat mengetahui masalah kesehatan sesegera mungkin sebelum terlambat.

5. Terdapat Benjolan di Pinggang

Kanker ginjal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit pada awal kemunculannya. Tapi, jika Anda merasakan tonjolan di sekitar ginjal, baik di depan, samping, atau punggung bagian bawah, maka saatnya untuk waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa gejala kanker ginjal yang patut diwaspadai. Sebab, ginjal sendiri merupakan organ di dalam tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine.

Selain itu, ginjal juga memproduksi hormon renin yang berfungsi mengendalikan tekanan darah dan hormon erythropoietin yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah.(Hmz/Aka)

BNN Kota Malang

Mau Cukur Rambut Kemaluan, Perhatikan Ini Dulu

Ilustrasi Mencukur Rambut Kemaluan (Foto : Halodoc.com)
Ilustrasi Mencukur Rambut Kemaluan (Foto : Halodoc.com)

MALANGVOICE – Menjaga kebersihan dan kerapian diri sendiri bukan hanya ditunjukkan dari penampilan luar. Melainkan juga dari dalam dengan menjaga kebersihan dan kerapian rambut kemaluan.

Oleh karena itu, perlu sesekali mencukur rambut kemaluan agar tampak bersih dan rapi. Baik laki-laki maupun perempuan.

Meski begitu, dalam melakukannya janganlah sembarangan dan perlu dengan hati-hati. Jika salah saat menggunakan pisau cukur atau waxing bisa menyebabkan iritasi.

Setidaknya, kita perlu mengetahui bahwa membersihkan rambut kemaluan yang baik dan aman.

Melansir dari laman Women’s Health. Ada dua alasan mengapa mencukur rambut kemaluan bisa sangat berisiko bahaya. Khususnya bagi perempuan.

Sebagaimana yang dikatakan oleh dokter Michelle Metz, MD. Mencukur habis rambut kemaluan terlalu sering akan meningkatkan risiko mengalami folliculitis atau infeksi folikel rambut.

Disebutkannya, Folliculitis itu tampak seperti pembengkakan-pembengkakan kecil putih pada setiap pori-pori yang ditumbuhi rambut.

Seringkali, hal tersebut disebabkan oleh buruknya mencukur rambut kemaluan. Untuk mengatasinya bisa diatasi dengan obat antibiotik atau salep oles.

Hal kedua yang bisa membahayakan dengan timbulnya ingrown hair. Masalah ini yaitu tumbuhnya rambut kemaluan ke dalam.

Akibatnya, ini dapat menimbulkan iritasi dan rasa sakit karena tekanan rambut yang tumbuh ke dalam daging.

Oleh sebab itu, mencukur dengan secukupnya merupakan solusi terbaik. Artinya dengan lebih memastikan kebersihan alat cukur dan ketajaman yang sesuai dan tidak menyebabkan iritasi.

Kemudian juga bisa diantisipasi dengan mandi air hangat sebelum mencukur. Tujuannya agar bisa membuka pori-pori dan melembutkan folikel rambut.

Untuk setiap kali mencukur, setidaknya juga mengoleskan pelembab pada daerah yang akan dicukur. Hal itu untuk tentunya untuk melindungi kulit.

Selain itu juga disarankan jangan terlalu sering mencukurnya. Paling tidak beri jangka waktu 3 bulan sekali.

Bagaimanapun juga, rambut kemaluan juga berfungsi mencegah iritasi dari gesekan. Mungkin karena akibat pakaian yang dikenakan atau yang lainnya.(Hmz/Aka)

BNN Kota Malang

Perasaan Berbeda Usai Bulan Madu, Ini Penjelasannya

Ilustrasi Bulan Madu. (Foto : Shutterstock)
Ilustrasi Bulan Madu. (Foto : Shutterstock)

MALANGVOICE – Bulan madu menjadi momen paling ditunggu bagi pasangan suami istri (pasutri). Hal itu karena dirasakan bisa menambah kemesraan hubungan.

Namun, sebenarnya berbeda dengan apa yang dipikirkan selama ini. Ada perubahan dalam kemesraan hubungan usai bulan madu.

Pasutri akan merasa makin nyaman satu sama lain. Karena itu, akan mulai melakukan hal-hal yang berbeda dari yang sebelumnya.

Melansir dari laman Times of India. Ada beberapa hal yang bisa terjadi pada pasangan usai bulan madu. Beikut MVoice merangkumnya.

1. Menurunnya Intensitas Bercinta

Sebagian besar, pasangan akan lebih jarang melakukan hubungan seks setelah bulan madu. Bukan karena kurangnya gairah atau cinta. Melainkan karena mereka kembali ke rutinitas lama.

Mereka akan lebih sibuk pada pekerjaannya. Sehingga, tidak punya waktu untuk bercinta.

2. Tampilan Dandan Berbeda

Ketika fase pendekatan, setiap pasangan rela berdandan dan berpenampilan habis-habisan. Berbeda begitu fase bulan madu usai. Pasangan akan lebih santai dalam berpenampilan.

Selain itu, kepercayaan tumbuh seiring berjalannya waktu. Tak salah jika pasangan tidak lagi berusaha keras untuk tampil maksimal.

3. Lebih Jujur Satu Sama lain

Diketahui, tingkat kejujuran setiap pasangan akan lebih tinggi ketika bulan madu usai. Hal tersebut karena tidak lagi di bawah tekanan untuk saling mengesankan.

Tak hanya itu, kepercayaan tinggi akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Sehingga pasangan tidak lagi berusaha keras untuk tampil maksimal. (Der/Ulm)

BNN Kota Malang

4 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Klikdokter.com
Klikdokter.com

MALANGVOICE – Nanas memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selain mengandung antioksidan, buah dengan nama ilmiah Ananas comosus juga tinggi vitamin C dan serat.

Selanjutnya, kandungan nutrisi yang dimiliki nanas mampu mencegah dan mengobati tubuh dari berbagai penyakit.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum beberapa manfaat buah nanas yang sebenarnya dapat menyehatkan sesuai porsi mengonsumsinya.

1. Meminimalisir Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis berbeda dengan influenza. Penyakit sinusitis disebabkan lendir yang menyumbat hidung sehingga sulit disembuhkan karena terperangkap dalam rongga.

Biasanya penderita sinusitis akan melakukan operasi untuk mengeluarkan lendir yang tersumbat. Nah, buah nanas mengandung enzim bromelain yang dinilai mampu sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut dapat mengurangi lendir dan peradangan karena sinusitis.

2. Cegah Penyakit Jantung

Selanjutnya, zat penting lainnya yang terkandung dalam buah nanas yakni potasium. Diketahui bila potasium berguna untuk menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Sehingga berguna untuk menurunkan risiko hipertensi.

Kemudian, kandungan vitamin C bukan hanya membantu ketahanan tubuh dari banyak kuman dan virus di lingkungan. Tapi, juga baik untuk jantung seperti mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah akibat kolestrol jahat yang menyumbat.

3. Menurunkan Berat Badan

Selain menyehatkan, kandungan serat yang tinggi juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh.

Bukan hanya kandungan seratnya saja yang dapat membantu proses penurunan berat badan. Tapi, juga enzim bromelai yang mampu mengurai protein, sehingga membantu proses pencernaan makanan yang lebih efisien.

3. Menunda Penuaan Dini

Khasiat menakjubkan yang Anda dapatkan dari manfaat buah nanas untuk kecantikan yakni menggunakan masker nanas di wajah.

Sebab, buah nanas memiliki kandungan asam alpha-hydroxy dan antioksidan yang dinilai mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit.

Nah, itulah sederet manfaat buah nanas bagi wanita cukup banyak. Sehingga disarankan untuk rajin konsumsi buah nanas supaya lebih awet muda ya!(Der/Aka)

BNN Kota Malang