Kenali Cabin Fever, Bisa Serang Mental di Tengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi karantina mandiri (foto: shutterstock)
Ilustrasi karantina mandiri (foto: shutterstock)

MALANGVOICE – Di masa pandemi virus corona atau Covid-19. Pemerintah pusat maupun daerah sudah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menganjurkan masyarakat agar dirumah saja guna memutus rantai penyebarannya.

Seiring berjalannya itu, masyarakat ternyata tidak hanya mulai dipusingkan dengan kondisi perekonomiannya. Melainkan juga mulai timbul perasaan bosan, sedih, sepi, takut hingga lesu karena terlalu lama berdiam diri di rumah.

Kondisi perasaan kacau atau istilah barunya Cabin fever tersebut bisa berdampak pada kondisi mental dan psikis. Sehingga perlu adanya perhatian agar tidak menjadi timbulnya penyakit lainnya.

Menurut beberapa pengamat mengungkapkan bahwa cabin fever adalah semacam sindrom musiman atau efek dari claustrophobia (ketakutan dan serangan panik irasional karena tidak dapat melarikan diri dari situasi berbahaya).

Kondisi ini tidak dianggap sebagai gangguan psikologi. Meski begitu, kondisi ini dapat meningkatkan tingkat stres dan gejala depresi.

Sebagaimana melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum faktor-faktor gejala timbulnya cabin fever pada seseorang diantaranya:

1. Sedih, kesepian, dan merasa gelisah.
2. Keputusasaan, lekas marah, dan tidak sabar.
3. Lemas, lesu, kehilangan semangat, dan stres.
4. Bingung, ketakutan, dan perasaan kacau.
5. Mengalami gangguan tidur dan sulit konsentrasi.
6. Perubahan berat badan, mengidam makanan tertentu, dan mengalami penurunan motivasi hidup.
7. Halusinasi dan mudah tersinggung.
8. Tidak mampu mengatasi diri sendiri dan tidak percaya diri dengan orang sekitar.

Dijelaskan bahwa gejala tersebut umumnya terjadi pada kondisi ketika tidak berinteraksi sosial dalam jangka waktu tertentu.

Makanya, kepribadian dan diri sendiri yang dapat menentukan sampai kapan ini akan terjadi. Karena ada beberapa kelompok yang mungkin sulit mengatasi kesedihan tersebut.

Namun, ada salah satu kelompok yang mengatasinya dengan menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas baru. Sehingga, hal tersebut bisa dilupakan dengan adanya aktivitas tadi.(Der/Aka)

Jangan Panik! Berikut Tiga Langkah Mudah Terbebas dari Virus

Ilustrasi virus
Ilustrasi virus

MALANGVOICE – Wabah pandemi Covid-19 yang tengah menjadi headline di berbagai berita memang cukup membuat panik seluruh masyarakat di dunia.

Kecemasan terhadap kesehatan diri dan keluarga tentunya menjadi prioritas utama. Tapi, Anda tak perlu panik berlebihan. Berbagai cara sederhana dapat Anda lakukan sebagai langkah pencegahan masuknya virus tersebut.

1. Rutin Mencuci Tangan

Biasakan Anda dan keluarga untuk rutin mencuci tangan. Sebab, itu merupakan salah satu langkah sederhana dan dinilai ampuh memproteksi diri dari berbagai macam penyakit.

WHO (World Health Organization) bahkan mengimbau warga dunia untuk senantiasa mencuci tangan sesering mungkin. Sebab, langkah tersebut dapat membunuh virus yang ada di tangan agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Nah, perlu diketahui mencuci tanganpun tidak asal begitu saja. Berikut cara mencuci tangan yang benar guna menangkal berbagai penyakit.

Awali dengan membasahi tangan dengan air mengalir, tuang sabun tangan secukupnya, gosok telapak tangan yang satu dengan yang lain.

Kemudian, gosok punggung tangan dan sela-sela jari, gosok ibu jari dengan gerakan memutar. Gosok ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun, bilas tangan yang bersabun dengan air mengalir. Keringkan dengan handuk sekali pakai.

2. Tetap di Rumah jika Tubuh Kurang Sehat

Di saat maraknya virus yang mengkhawatirkan seperti ini, sudah saatnya lebih meningkatkan kesehatan diri dan keluarga.

Ketika Anda merasa kurang sehat, entah itu hanya gejala ringan seperti sakit kepala atau flu biasa sebaiknya tetap tinggal di rumah.

Hal tersebut penting, sebab sistem imun yang sedang menurun saat itu daoat menjadi celah masuknya virus lain ke dalam tubuh. Sehingga, Anda rentan terpapar penyakit yang lebih parah saat kondisi tubuh kurang sehat.

3. Lindungi Diri saat Berada di Luar Rumah

Ketika Anda berada di luar rumah, tubuh akan lebih mudah terpapar bakteri dan virus. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu memberikan perlindungan yang diperlukan saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Selalu gunakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus ketika berada di luar rumah. Selain itu, selalu membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan saat tidak bisa mencuci tangan dengan air dan sabun.

Ya, wabah virus pandemi seperti saat ini memang menyeramkan. Tapi, jika Anda mampu tetap tenang dalam mengambil langkah pencegahan yang efektif. Kemudian proteksi diri dan keluarga pasti tetap terjamin.(Der/Aka)

Tiga Makanan Sehat Wajib Dikonsumsi Guna Tangkal Virus Penyakit

Sayur dan buah sehat penangkal virus
Sayur dan buah sehat penangkal virus (Discover Magazine)

MALANGVOICE – Musim pancaroba yang identik terjadi di awal tahun memang menjadi momen tepat untuk perkembangbiakan berbagai virus berbahaya.

Apalagi pergantian cuaca ekstrem di pagi dan siang hari dapat membuat kekebalan tubuh menurun. Sehingga, tubuh berisiko terserang penyakit. Termasuk virus corona yang sedang marak diperbincangkan dunia beberapa waktu belakangan ini.

Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putratanto berulang kali mengimbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh sebagai penangkal berbagai penyakit termasuk virus flu tersebut.

Nah, menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan seseorang untuk mencegah penularan coronavirus/2019-nCoV. Berikut MVoice merangkum beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi demi meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Daging Salmon

Salmon diketahui kaya protein yang dikemas dengan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Peradangan adalah respons normal tubuh terhadap jaringan yang terluka. Tapi terlalu banyak peradangan dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, ikan ini juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik. Dan ikan ini juga menyediakan selenium, antioksidan yang memengaruhi respons imun, vitamin D, dan vitamin B-12 yang membantu menghasilkan senyawa yang berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.

2. Buah Jeruk

Ketika orang setelah mengalami gejala batuk, demam atau flu biasanya langsung mengonsumsi vitamin C. Alasannya, yakni karena vitamin C dinilai mampu membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat menangkal infeksi.

3. Sup Ayam

Sup ayam merupakan salah satu masakan yang dinilai memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk tubuh. Biasanya, isian dari masakan ini terdiri dari sayur-sayuran seperti wortel, tomat, dan brokoli yang memiliki kandungan vitamin dan mineral lengkap untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nikmati dalam keadaan hangat, menu makanan ini juga dapat mengembalikan energi tubuh setelah seharian disibukkan dengan padatnya aktivitas.

Mengonsumsi sayur sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, jadi pastikan kamu tidaj melewatkannya ya.(Der/Aka)

Ingin Hati Sehat? Berikut Makanan dan Minuman yang Seharusnya Dihindari

Ilustrasi organ hati manusia
Ilustrasi organ hati manusia

MALANGVOICE – Hati atau Liver merupakan salah satu organ tubuh yang paling sibuk setiap hari. Hati berfungsi menyaring racun dan membuat enzim.

Hati bekerja sepanjang hari untuk memastikan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan serta menjaganya dari racun. Selain itu juga menyaring udara ketika kita bernapas.

Sementara, ketika hati tidak bekerja dengan baik mungkin tubuh akan merasa lemah, murung, dan kembung. Dalam beberapa kasus bahkan menjadi lebih sering lapar.

Nah, untuk membantu menjaga hati tetap sehat dan bersih ada banyak cara yang dapat dilakukan. Yakni dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan fungsi hati menjadi lemah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum makanan yang sebaiknya dihindari dikarenakan menimbulkan masalah pada liver.

1. Makanan Digoreng

Diketahui, gorengan terutama dari restoran cepat saji memiliki efek negatif terhadap kesehatan hati. Khusunsnya kentang goreng atau ayam goreng renyah isi keju, memiliki efek buruk pada hati mirip dengan hepatitis.

Sebab, kentang goreng merupakan karbohidrat plus lemak. Minyak yang terkandung di dalamnya cukup banyak.

Sementara, spesialis transplantasi hati Dr. Ming V. Lin, mengatakan bila makanan ini menyebabkan naiknya glukosa darah dan dapat meningkatkan timbunan lemak di hati.

Mengonsumsi ini secara berlebihan dapat memiliki efek yang tidak baik pada hati, serta meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Selain itu, makanan yang perlu diwaspadai lainnya yakni seperti goreng-gorengan, roti sandwich, stik mozarella, dan donat.

2. Soda

Selanjutnya yakni soda, sebab di dalamnya banyak mengandung sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS). Salah satu zat terburuk yang dapat menimbulkan masalah pada hati kamu. Bahkan jika soda dibuat dengan gula tanpa menggunakan HFCS, itu juga tidak baik untuk hati kamu.

Salah satu fungsi lain yang dilakukan hati yakni mengubah gula menjadi lemak. Terlalu banyak pemanis, hati akan memproduksi lebih banyak lemak. Kelebihan lemak dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Tentunya kndisi ini dapat membahayakan kesehatan.

3. Sodium

Makanan yang mengandung sodium tinggi umumnya berasal dari makanan kalengan seperti sop instan. Dalam jumlah normal sodium membantu mengatur cairan dalam tubuh dari tekanan darah.

Namun, jika terlalu banyak sodium dapat menyebabkan kelebihan cairan dalam hati. Makanan yang mengandung banyak sodium di antaranya yakni daging, keju, pizza, dan kecap.(Der/Aka)

Tetap Sehat dan Mengenyangkan, Berikut 5 Makanan Pengganti Nasi

Semangkuk Nasi (Hellosehat.com)
Semangkuk Nasi (Hellosehat.com)

MALANGVOICE – Bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Sebab, selain mengenyangkan juga dikenal sebagai sumber karbohidrat utama. Nasi biasanya dikonsumsi bersamaan dengan makanan lainnya.

Namun, perlu diketahui mengonsumsi nasi terlalu banyak ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti kegemukan hingga diabetes.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang diet disarankan untuk tidak mengonsumsi nasi. Tapi tak perlu khawatir, melansir dari berbagai sumber berikut MVoice merangkum beberapa makanan pengganti nasi yang dapat Anda konsumsi.

1. Kale

Kale termasuk jenis sayuran sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan, karena menawarkan banyak manfaat bagi tubuh.

Kale diketahui kaya dengan serat, vitamin C dan K, serta antioksidan karoten. Sehingga dapat dijadikan makanan pengganti nasi. Dalam 100 gram kale mengandung 10 gram karbohidrat.

2. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang mengandung tinggi serat, vitamin C, folat, vitamin K, dan antioksidan karoten. Dibandingkan sayuran lainnya, asparagus memiliki kandungan protein yang tertinggi. Perlu diketahui, dalam 100 gram asparagus terdapat 2 gram karbohidrat.

3. Shirataki

Selanjutnya, shirataki juga mulai populer sebagai pengganti nasi yang rendah kalori. Shirataki berasal dari Jepang yang disebut juga ‘white waterfall’.

Terbuat dari akar konjac, banyak orang Asia yang kini mulai beralih ke shirataki. Sebab selain rendah lemak, juga mengandung banyak serat yang disebut glucomannan.

4. Daging

Selain sayur, makanan pengganti nasi berikutnya yakni daging sapi dan domba. Sebab daging sapi dapat membuat Anda kenyang dan kaya dengan nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin B12.

Kemudian, domba juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat. Domba cenderung tinggi dalam fatty acid conjugated linoleic acid (ACL). Daging sapi maupun domba tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Selain itu yakni ayam. Ayam mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik.

Jika Anda melakukan diet rendah karbohidrat, meningkatkan asupan daging mungkin merupakan solusi yang tepat.

5. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling populer untuk meningkatkan kesehatan. Sebab salmon mengandung lemak sehat yaitu omega-3 yang berguna untuk menjaga jantung tetap sehat.

Selain itu, salmon juga mengandung vitamin B12, yodium, dan vitamin D3 dalam jumlah yang cukup.(Hmz/Aka)

Ini Alasan Perempuan Hamil Mengalami Pusing Hingga Mau Pingsan

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

MALANGVOICE – Pusing saat masa kehamilan seringkali dikeluhkan perempuan. Baik di trimester pertama, kedua atau bahkan hingga sampai ketiga.

Bahkan salah satu pusing yang dialaminya bisa sampai berujung pingsan selama hamil. Namun, tidak semua perempuan hamil mengalami hal tersebut.

Beberapa perempuan ada yang mengalami masa kehamilannya mudah hingga sampai melahirkan.

Terlepas dari itu, terkait masalah pusing di masa kehamilan, berikut MVoice merangkum beberapa alasannya tiap trimester :

Trimester Pertama

Di trimester pertama ini, pada umumnya disebabkan oleh perubahan hormon. Kemudian karena perubahan melebarkan dinding pembuluh darah.

Kedua hal itulah yang menimbulkan penurunan tekanan darah pada perempuan hamil. Akibatnya membuat pusing dan lemas.

Kemudian, saat itu pula tubuh sedang menyesuaikan diri menjaga makanan dan cairan tubuh.

Trimester Kedua

Pada trimester ini, pada umumnya disebabkan adanya peningkatan volume darah hingga 30%.

Hal ini karena janin sedang tumbuh dan menekan pembuluh darah. Akibatnya, saat tekanan darah meningkat menyebabkan pening dan pusing.

Disisi lain, perempuan pusing bisa juga dehidrasi dan kepanasan dan kurang cairan tubuh dan menyebabkan tubuh lemas.

Kemudian, alasan lain yaitu karena turunnya kadar gula darah. Hal itu menyebabkan pusing pada perempuan hamil.

Maka dari itulah, perlu asupan karbohidrat cukup selama masa kehamilan.

Dan untuk masalah ini tidak hanya terjadi di trimester pertama dan kedua. Bisa jadi juga terjadi di trimester ketiga.(Der/Aka)

Mau Hari Valentine-mu Lebih Romantis, Ini Tiga Tipsnya

Ilustrasi Valentine (istimewa)
Ilustrasi Valentine (istimewa)

MALANGVOICE – Valentine’s Day atau biasa disebut Hari Kasih Sayang pada 14 Februari menjadi salah satu momen sebagian besar orang untuk mengungkapkan perasaan mereka ke orang tersayang. Entah itu lewat hadiah atau mengajak ke tempat-tempat romantis.

Meski tidak wajib dirayakan, tapi merayakan Hari Kasih Sayang bersama pasangan tercinta memang sah-sah saja untuk dilakukan.

Namun selama ini, perayaan Valentine identik dengan perayaan mahal yang memakan banyak dana. Padahal, hari Valentine dapat dirayakan dengan acara kencan yang murah meriah tapi tetap romantis, loh. Berikut MVoice merangkumnya.

1. Memasak Bersama
Merayakan Valentine bersama pasangan tercinta tidak harus makan malam romantis di restoran mewah lho. Cukup dengan acara masak bersama di rumah bisa menjadi ide bagus.

Pasalnya, memasak makanan favorit si dia tak perlu masakan yang susah dibuat. Masakan sederhana dan praktis seperti pasta bisa menjadi pilihanmu. Selain itu, memasak bersama bisa menjadi pilihan kencan romantis dan hemat.

2. Pergi ke Pantai
Tempat satu ini dapat menjadi ide kencan hemat yang dapat Anda coba. Kamu bisa menghabiskan sore di pantai dengan makan berdua sembari menikmati matahari terbenam.

Atau bahkan hanya sekedar berjalan santai di pinggir pantai dan menikmati hamparan bintang di malam hari dengan merebahkan diri di atas pasir. Bagaimana? Cukup sederhana dan berkesan bukan?

3. Maraton Film
Bagi pasangan yang sangat hobi nonton, Movie Marathon Date bisa menjadi salah satu cara untuk merayakan Valentine tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Tidak perlu ke bioskop, ajak pasanganmu untuk menonton film-film lawas box office yang romantis atau film keren yang belum kamu tonton sebelumnya. Lalu, persiapkan juga cemilan yang kalian suka untuk menemani kencan kalian.

Cara ini tidak hanya dapat menghemat biaya kencan, tapi juga dapat menjadi waktu yang berkualitas dengan pasangan.(Der/Aka)

Sering Gagal Diet? Tambahkan Minuman Kunyit dalam Daftar Diet Anda

ilustrasi. (Hallo Sehat)
ilustrasi. (Hallo Sehat)

MALANGVOICE – Jika Anda telah mencoba berbagai macam diet, namun tetap saja kurang maksimal. Anda dapat menambahkan minuman sehat ini ke dalam daftar diet Anda.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, rempah-rempah ini diklaim mampu menurunkan berat badan.

Ya, kandungan kurkumin pada kunyit membantu menghambat pembelahan sel, khususnya sel-sel lemak. Dengan demikian, mencegah pembentukan jaringan lemak baru dan penambahan berat badan.
Senyawa ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Kunyit juga mencegah resistensi insulin dan membantu mengatur kadar glukosa darah, sehingga mencegah lemak tubuh menumpuk.

Dilansir dari She Finds, minum ramuan kunyit hangat di pagi hari adalah cara yang tepat untuk meningkatkan metabolisme di pagi hari dan membakar kalori dengan cepat.

Caranya, rebus empat gelas air kemudian tambahkan dua sendok kunyit, Anda juga dapat menambahkan jahe. Biarkan campuran rempah-rempah ini hingga mendidih. Terakhir, Anda bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis.

Tambahan dua bahan ini untuk meningkatkan sifat antioksidan dan antimikroba dalam campuran dan meningkatkan rasa minuman tersebut.(Der/Aka)

Ikuti Cantik Ala Artis Korea dengan Skincare Ini

Evening Standart.
Evening Standart.

MALANGVOICE – Di tahun 2020 ini Anda harus bisa mengubah penampilan. Anda bisa saja menirukan perawatan wajah ala artis Korea, loh. Apa saja sih perawatan atau skincarenya?

Berikut MVoice telah merangkum tips skincare yang digunakan artis Korea, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Wash of-Mask

Personel Blackpink, Jisoo mengandalkan Wash-Off Mask Lush Mask of Magnaminty sebagai skincare rutin. Skincare ini, menurutnya sangat ampuh dalam mengatasi jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan daun mint di dalam masker tersebut juga menimbulkan sensasi dingin dan segar setelah digunakan.

2. Jelly Pack

Pemeran Ki Seung Nyang dalam drama Korea Empress Ki, Ha Ji Won menggunakan skincare Jelly Pack untuk melembapkan kulit wajah.

Pria berusia 41 tahun ini memang sangat terobsesi membuat kulitnya lembap. Setelah membersihkan wajah, ia biasanya mengaplikasikan Jelly Pack untuk mengembalikan kelembapan pada kulit.

3. Sheet Mask

Sheet Mask sangat digemari oleh artis Korea baik perempuan dan laki-laki. Salah satunya artis Korea yang gandrung dengan Sheet Mask adalah Park Shin Hye.

Bintang drama Korea The Doctors ini rajin menggunakan Sheet Mask setiap hari, terlebih saat sibuk syuting. Menurutnya, menerapkan Sheet Mask setiap hari membuat kulitnya tetap terhidrasi dan lebih segar.

4. Face Mask

Tiffany Young mengatakan hal paling penting dalam menerapkan metode kecantikan Korea adalah Face Mask. Ia rutin menggunakan skincare Multi Action Treatment Mask dari Hanacure.

Di usianya yang sudah menginjak 30 tahun, Face Mask membantunya melawan tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Selain itu Face Mask juga mampu menghilangkan sel kulit mati penyebab wajah kusam.

5. Clay Mask

Member SNSD, Yoona, memilih skincare Clay Mask. Ia rajin menggunakan Jeju Volcanic Color Clay Mask dari Innisfree. Masing-masing warna Jeju Volcanic Color Clay Mask memiliki fungsi yang berbeda dan disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit.

Empat Gaya Rambut yang Diprediksi Tren di Tahun 2020

ilustrasi. (Longbob)
ilustrasi. (Longbob)

MALANGVOICE – Apakah Anda sudah mulai bosan dengan penampilan rambut Anda? Tenang, di tahun 2020 ini, ada beberapa potongan rambut yang bisa menjadi referensi Anda untuk merubah gaya.

Dilansir dari Instyle, gaya-gaya rambut ini diprediksi akan populer di tahun ini. Berikut MVoice telah merangkum empat gaya rambut baru di tahun 2020.

1. Blunt Bob

Gaya rambut bob masih akan terus tren di tahun 2020. Potongan bob klasik, dengan tekstur di ujungnya akan membuat tampilan lebih lembut.

2. Invisible Layer

Potongan rambut ini terdiri dari lapisan-lapisan halus yang biasanya mulai di bawah dagu untuk memberikan volue rambut. Teknik layering ini biasanya bagus untuk rambut sedang hingga panjang.

3. Long Hair

Sepertinya gaya rambut ini tidak boleh dihilangkan sepanjang zaman ya. Gaya rambut ini bisa Anda terapkan untuk gaya Anda.

4. The Shag

Shag menjadi gaya rambut 70-an yang masih populer hingga saat ini. Gaya rambut lama dengan sentuhan modern layak menjadi inspirasi gaya rambut di tahun yang baru. (Der/ulm)