Musim Hujan, Simak Tips Pilih dan Rawat Ban dengan Benar

Tips merawat ban motor Honda. (Istimewa)

MALANGVOICE – Memasuki musim hujan saat ini membuat jalanan menjadi licin. Untuk itu perlunya pengecekan kendaraan, salah satunya dengan pengecekan ban motor.

Pemilihan ban saat musim hujan sangat berpengaruh terhadap keselamatan di jalan. Jangan pilih ban dari modelnya, namun pakailah ban yang cocok untuk kondisi jalan basah atau dapat digunakan untuk berkendara sehari-hari.

Ada beberapa jenis tipe ban yakni ban basah, ban basah memiliki ciri alur yang menjangkau hingga tepi ban. Ban basah memiliki daya cengkeraman cukup kuat ketika melalui jalanan penuh genangan air. Ban tersebut juga memiliki grip yang tinggi pada area kering. tujuan dari alur ini adalah untuk membuang air saat ban melewati jalanan yang basah.

Selain jenis ban, pemilihan ukuran ban juga sesuai mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Semua ukuran ban disesuaikan untuk kondisi desain dan peruntukan sepeda motor.

Tips merawat ban motor Honda. (Istimewa)

Standar ukuran ban motor yaitu type cub seperti Honda Revo dan Honda Supra X 125 ukuran 70/90 ban depan dan 80/90 ban belakang. Untuk type matic seperti Honda BeAT dan Honda Genio ukuran 80/90 ban depan dan 90/90 ban belakang.

Ban untuk type matic big skuter seperti Honda PCX dan Honda ADV ukuran ban depan 100/90 dan ukuran ban belakang 120/70. Ganti ban sesuai dengan ukuran Standart, agar kinerja sepeda motor yang optimal dari segi safety, kenyamanan dan konsumsi bahan bakarnya.

Segera ganti ban jika sudah botak dan terasa licin itu menjadi pertanda telah melewati batas keausan ban karena sudah tidak bisa mencengkeram jalan dengan baik. Tanda keausan ban dapat di lihat di indikator yg terdapat di dinding ban.

Bengkel AHASS memberikan layanan pit express, ganti ban hanya 15 menit. Konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mengganti ban motornya. Karena ganti ban di pit express, konsumen mendapatkan no urut tersendiri.

Ban juga perlu dirawat, agar ban tetap dalam kondisi prima saat digunakan dan usia ban tetap awet. Segera cuci dan bersihkan ban dari kerikil dan pasir yang menepel karena akan mengakibatkan ban gampang bocor dan terkikis.

Perhatikan tekanan angin ban dan sesuai tekanan yang di sarankan. Tidak kurang dan tidak kelebihan karena akan mengakibatkan ban menjadi keras, benjol atau keausan tidak merata dan cepet habis. Jangan membawa beban melebihi kapasitas motor. Hal tersebut akan mengakibatkan ban cepet aus.

MPM Honda Jatim beserta jaringan bengkel AHASS memberikan promo SEMANGAT yakni diskon jasa service Rp20 ribu untuk service lengkap. Program menarik ini berlaku untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, gresik, Malang, Blitar, Kediri, Banyuwangi, Tulungagung, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro. Service makin hemat dengan booking menggunakan aplikasi Brompit.

“Perawatan motor harus menjadi sebuah prioritas dengan rutin melakukan service agar sepeda motor Honda tetap prima sebagai modal untuk menjalankan aktivitasnya. Service di AHASS dijaminan Honda Genuine Part (HGP) yang asli dan ditangani oleh mekanik mekanik terlatih dan bersertifikasi,” kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

Berbagai program special bisa didapatkan oleh para konsumen setia Honda dengan mendapatkan layanan pemeriksaan gratis yakni cek oli, cek lampu, cek ban, cek rem, cek aki, cek rantai dan cek busi. Pengecekan ini untuk melihat apakah part tersebut masih dalam kondisi baik dan layak pakai.

Konsumen juga bisa memanfaatkan PIT Ekspres bengkel AHASS yakni layanan khusus bebas antri bagi konsumen AHASS yang ganti ban 15 menit dan ganti aki 10 menit. Untuk menghemat waktu konsumen juga bisa melakukan booking service melalui aplikasi Brompit yang sudah tersedia di google playstore dan app store, konsumen tidak perlu khawatir karena bengkel AHASS telah menerapkan protokol kesehatan sehingga aman dan nyaman dalam melakukan service di bengkel AHASS. (der)

Jawaban Kenapa Kaum Adam Lebih Mudah Terangsang

Foto ilustrasi: healthdigest.com

MALANGVOICE – Sebuah studi seks di University of Texas menemukan jawaban sederhana pertanyaan kenapa cowok gampang terangsang.

Menurut studi tersebut, dibandingkan cewek, cowok lebih sulit menolak gambar-gambar yang mempertontonkan lawan jenis yang menarik, makanya gampang terangsang. Ini bahkan terjadi saat mereka diminta untuk tidak melihat gambar-gambar tersebut.

Tes lanjutan menemukan, cowok sebenarnya punya kontrol diri yang sama dengan cewek. Hanya saja, impuls untuk menerima lawan jenis yang menarik hampir 4 kali lebih kuat dibandingkan cewek.

Struktur area otak tertentu di hipotalamus yaitu nukleys suprakiasmatikus pada pria lebih besar sehingga menghasilkan testosteron yang lebih tinggi, sehingga dorongan seksualnya juga lebih tinggi.

Meski demikian, penulis studi seks Paul Eastwick bilang, keinginan untuk bercinta cowok emang tinggi, tapi mereka masih bisa berlatih untuk meningkatkan kontrol dirinya.

Bakal ada sisi positif buat cowok yang suka menahan nafsunya dengan baik, ternyata mereka akan terbentuk untuk bisa lebih fokus saat memikirkan atau melakukan sesuatu hal.

So, kalo lagi mesum jangan langsung dilampiaskan, tahan, sabar, puasa dan latihan terus, fokuslah pada hal-hal yang bersih bukan pikiran kotor melulu. Selamat mencoba!(der)

Jangan Tinggalkan Selimut Ketika Bercinta Saat Hujan

Suasana makin hangat saat bercinta di kala hujan. (foto:relationshipculture.com)

MALANGVOICE – Musim hujan sudah tiba. Suasana mendung dan hujan deras sering mengisi hari. Bepergian rasanya malas meski sudah masuk akhir pekan.

Saat-saat seperti ini paling menyenangkan berdua dengan pasangan, cuddling hingga bercinta.

Sebenarnya bercinta bisa dilakukan kapan saja. Namun, di musim hujan, bercinta akan terasa lebih nikmat. Berikut sejumlah alasan seks makin nikmat saat hujan seperti dilansir pulse:

1. Hangat Tanpa Selimut
Udara dingin saat hujan selalu berhasil membuat orang menarik selimut dan kembali tidur. Namun hubungan seks mampu menciptakan kehangatan instan.

Dua tubuh saling bersentuhan bakal menimbulkan sensasi hangat mengalahkan selimut Anda. Seks yang panas tentu ampuh mengimbangi dingin udara luar ditemani suara hujan yang menenangkan.

2. Makin Intim
Bercinta kerap jadi aktivitas nomor kesekian mengingat kesibukan dan tanggung jawab pekerjaan. Bahkan sebagian orang masih berurusan dengan pekerjaan di akhir pekan. Meski demikian, suasana jadi berbeda saat hujan deras, menjadikan malam makin basah.

Ini bisa menjadi mood sempurna untuk menghabiskan waktu berdua, latar yang menenangkan dan romantis lalu berujung di ranjang. Musim hujan yang bisa berlangsung berbulan-bulan bisa membuat eksplorasi lebih leluasa.

3. Romantis dengan Sedikit Usaha
Tak jarang hujan memang membawa suasana galau dan mellow terlebih saat ditambah lagu-lagu sendu. Namun dalam hal seks, hujan jadi latar yang sempurna untuk menciptakan suasana romantis.

Buat pencahayaan remang-remang atau matikan lampu sama sekali agar terang hanya berasal dari cahaya alami. Kemudian nyalakan lilin dan berikan sentuhan wewangian yang menenangkan.

4. Leluasa Bermain dengan Suhu
Suasana hujan akan membuat aktivitas eksplorasi makin menyenangkan. Bagaimana dengan menyatukan seks dan cokelat? Biasanya Anda menikmati cokelat sendirian, kini saatnya menikmati cokelat, khususnya cokelat panas sembari berpelukan dan berlanjut jadi foreplay.

Ciuman akan memiliki citarasa cokelat yang manis. Coba juga permainan suhu atau makanan dengan cokelat leleh.

5. Saatnya Memanfaatkan Selimut
Meski ‘pertemuan’ kulit dengan kulit memang menciptakan kehangatan, bukan berarti Anda langsung mengeliminasi selimut. Selimut di kamar tetap bisa dimanfaatkan selama bercinta.(end)

Enam Bahaya Menggunakan HP Sebelum Tidur

Ilustrasi. (Toski D/Mvoice).

MALANGVOICE – Beberapa orang beranggapan jika bermain handphone/HP (Gawai) sebelum tidur dapat membantu mengantuk dan akhirnya tertidur pulas.

Akan tetapi, faktanya malah sebaliknya dan kebanyakan setelah bangun tidur
tubuh merasa merasa lemas dan lelah, padahal telah mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Dilansir dari Sehatq.com, selain dapat mengakibatkan kerusakan pada mata, ternyata ada risiko lain yang mengintai jika kebiasaan bermain gadget sebelum tidur, yaitu:

1. Menghambat fase tidur rapid eye movement (REM)

REM ini merupakan fase tidur yang penting untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Bahkan, fase ini dapat memperkuat ingatan, keterampilan kreatif, hingga kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Jika terbiasa bermain Gawai/HP sebelum tidur dapat menghambat fase tidur REM, dan bisa merasa pening dan sulit konsentrasi di esok harinya.

2. Mengganggu pikiran

Bermain Gawai/HP sebelum tidur juga dapat mengganggu pikiran dan dapat merangsang otak sehingga membuat orang menjadi lebih aktif dan tetap terjaga.

Bahkan, jika melihat HP sebentar saja sudah bisa merangsang otak dan membuat kita sulit tertidur. Efek ini bahkan tetap dapat Anda rasakan setelah HP dimatikan.

3. Menurunkan produksi hormon melatonin

Selain itu, cahaya biru yang dipancarkan oleh layar Gawai/HP dapat menurunkan dan menghambat produksi hormon Melatonin yang diproduksi oleh kelenjar pineal di dalam tubuh.

Hormon melatonin memiliki tugas untuk memberi tahu tubuh kapan untuk tidur dan terbangun, jika hormon tersebut terganggu maka akan dapat mengakibatkan insomnia, kelelahan di siang hari, hingga mudah marah.

4. Membuat Anda menjadi waspada

Menurut para peneliti di Universitas Harvard, dampak negatif gawai/HP yang dimainkan sebelum tidur dapat mengakibatkan merasa lebih waspada dan akhirnya membuat menunda waktu tidur.

5. Membuat rasa letih saat terbangun

Masih dari penelitian yang sama, para peneliti menyatakan bahaya main gawai/HP sebelum tidur dapat membuat Anda terbangun dengan rasa letih, kantuk, dan pening di pagi harinya.

6. Bangun kesiangan

Kebiasaan membaca buku atau berita lewat layar gawai/HP sebelum tidur dipercaya dapat membuat Anda bangun kesiangan, dibandingkan dengan membaca buku fisik secara langsung.(der)

10 Makanan Penambah Vitalitas Pria

Ilustrasi sepasang kekasih, (Pixabay/Ist).

MALANGVOICE – Menjalin dan menjaga keharmonisan dalam berumah tangga merupakan idaman setiap manusia, baik pria maupun wanita.

Namun, perlu diketahui, ada beberapa makanan yang dipercaya dapat penambah stamina pria dan bisa memuaskan pasangan untuk untuk menambah keharmonisan hubungan dengan pasangan yang berhubungan erat dengan kesehatan fisik dan mental kedua belah pasangan.

Dilansir dari guesehat.com, beberapa makanan yang bisa menambah vitalitas pria yang sehat sekaligus memuaskan pasangan, dan mengembalikan keperkasaan pria di atas ranjang, antara lain:

1.Steak daging.
Daging merah, terutama yang berasal dari daging sapi yang diberi makan rumput, diyakini dapat menambah libido yang sama dengan makanan tiram, karena memiliki kandungan seng yang bagus yang terbukti dapat meningkatkan testosteron dan mencegahnya berubah menjadi estrogen. Produksi prolaktin juga dibatasi sehingga menghasilkan peningkatan hasrat seksual atau libido baik pada pria maupun wanita.

2. Telur.
Telur penuh dengan protein dan lemak yang dapat penyuplai energi, serta merupakan sumber asam amino yang sangat baik untuk memerangi beberapa jenis penyakit jantung serta disfungsi ereksi pada pria.

3. Alpukat.
Makanan penambah vitalitas pria yang satu ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seksual.

Superfruit ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal, membuatnya sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta dapat meningkatkan produksi hormon seks testosteron, estrogen, dan progesteron. Terlebih lagi, beta karoten, antioksidan kuat yang dapat membuat orang merasa lebih bahagia dan dapat meningkatkan gairah seksual mereka.

4. Teh Ginseng.
Teh ginseng mengandung ginsenoside yang dapat meningkatkan kepuasan seksual dan dapat membantu mencegah disfungsi ereksi pada pria, untuk itu dianjurkan membiasakan mengonsumsi teh ginseng ke dalam menu sehari-hari.

5. Bawang putih.
Bawang putih sangat baik untuk kesehatan jantung karena melindungi sel-sel darah dan pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah, dan mengurangi kolesterol dan trigliserida. Semua karakteristik ini sangat penting untuk seksualitas yang sehat.

6. Stroberi
Tidak hanya kaya antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan sirkulasi darah, tetapi kandungan vitamin C yang tinggi pada stroberi dikaitkan dengan peningkatan jumlah sperma pada pria.

7. Almond.
Kacang almond mengandung seng, selenium dan vitamin E, yang semuanya penting untuk vitalitas dan reproduksi seksual. Asam lemak omega-3 dalam almond sangat bagus untuk produksi hormon dan kesehatan otak secara umum. Keduanya penting untuk kesehatan seksual.

9. Dark Cokelat
Cokelat hitam penuh dengan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan secara umum.

Coklat juga mengandung magnesium dan phenylethylamine yang merangsang pelepasan endorfin dan meningkatkan mood dan kebahagiaan.

10. Biji-bijian.
Biji labu dan biji rami kaya asam lemak Omega 3 yang sangat penting untuk produksi hormon seks. Biji wijen merupakan sumber seng yang baik untuk peningkatan fungsi seksual. Pengolahannya pun mudah, cukup ditambahkan dalam salad atau tumisan. Biji chia mengandung asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk meningkatkan testosteron.(der)

5 Tips Jitu Bersihkan Lemari Kaca Biar Awet

Ilustrasi. (Freepik)

MALANGVOICE – Penggunaan desain perabotan minimalis pada hunian modern menjadi tren kekinian. Salah satu perabot yang paling sering dijumpai adalah lemari dengan cermin. Pasalnya, lemari kaca dipercaya dapat memberikan kesan luas pada ruangan.

Namun, banyak juga yang tidak mempertimbangkan perawatan intens dari penggunaan lemari cermin ini. Jika tidak rutin dibersihkan, pantulan cermin yang biasanya berfungsi untuk merias diri tersebut, bisa tampak kusam dan buram. Alhasil, tampilan estetika ruangan jadi berantakan.

Sebelum terlambat, Anda harus segera mengatasi noda kerak dan jamur pada cemin secara berkala. Agar cermin pada lemari bisa tetap terlihat kinclong seperti baru, simak beberapa tips membersihkan lemari cermin di bawah ini!

Gunakan lap microfiber
Hindari membersihkan cermin pada lemari dengan kain biasa dan kasar karena justru akan meninggalkan bekas goresan di permukaan cermin. Lebih baik pilih lap microfiber, yang memiliki permukaan pori-pori untuk menyimpan air sehingga lebih mudah mengangkat kotoran dan noda jamur pada permukaan cermin.

Cairan pembersih kaca
Tidak cukup hanya dengan air, Anda juga membutuhkan cairan khusus pembersih cermin agar tampilannya tetap terlihat bersih dan seperti baru. Penggunaannya cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu menyemprotkan cairan ke area permukaan cermin dan lap hingga kering dengan kain microfiber. Cairan ini pun bisa Anda temukan dengan harga yang terjangkau.

Gunakan alat pembersih kaca (wiper)
Jangan lupa untuk menggunakan wiper saat mengeringkan cermin agar partikel-partikel debu tidak mudah menempel di permukaan cermin. Bentuknya yang pipih melebar ini bisa memudahkan Anda untuk membersihkan cermin dengan lebih cepat dan hemat energi.

Namun, pemakaian alat ini juga membutuhkan teknik khusus agar tidak menimbulkan goresan pada cermin. Pastikan Anda membersihkan cermin dari arah atas ke bawah agar kotoran langsung hilang seketika.

Rutin membersihkan cermin
Kualitas pantulan cermin juga akan menurun seiring bertambahnya usia. Agar tampilannya tetap bisa bertahan lama, Anda harus rutin membersihkan cermin secara rutin. Jadinya, noda tidak menempel dan berkerak, serta menimbulkan jamur di cermin.

Nah, bagi Anda yang ingin mengusung konsep hunian minimalis dengan lemari cermin, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin dengan kelima tips di atas.

Ruparupa.com situs belanja online terpercaya yang hanya menjual lemari, rak, serta perlengkapan rumah tangga dari berbagai merek ternama, seperti ACE, Informa, Selma, dan lain sebagainya. Yuk, belanja sekarang dan dapatkan berbagai promo kejutan menarik lainnya.(der)

Waspadalah, Kebiasaan Enak-enak Bisa Merusak Otak

Rokok, (Ist).

MALANGVOICE – Namanya juga kebiasaan, apalagi enak-enak, sehingga tak heran banyak yang tidak mengetahui kebiasaan itu ternyata memiliki dampak buruk pada kesehatan otak.

Berikut beberapa kebiasaan enak-enak yang bisa kamu kurangi atau hindari untuk mempertahankan otak tetap sehat, dilansir dari WebMD.

1. Kurang Gerak
Kurang berolahraga atau Males Gerak (Mager) itu akan semakin besar peluang seseorang terkena Demensia.

Apalagi olahraga itu sangat penting bagi tubuh agar bisa terhindar dari penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. Kurang Tidur
Memiliki waktu tidur yang tidak teratur bisa membuka peluang terkena alzheimer. Jadi ketika Anda mengalami gangguan tidur, segera ambil penanganan yang sesuai. Kurangi kafein dan alkohol, dan mintalah pertolongan medis juga memang diperlukan.

3. Merokok
Merokok ini merupakan kebiasaan yang cukup sulit dihilangkan. Padahal merokok, menyesap nikotin, bisa membuat otak mengalami kemunduran dalam kemampuan mengingat.
Jadi ketika ingatan Anda semakin lemah, mungkin Anda harus menghentikan kebiasaan merokok dengan segera. 

4. Konsumsi Junk Food Terlalu Sering
Junk food juga bisa menyakiti otak. Dalam sebuah studi, bagian otak yang berfungsi mengingat dan belajar hal-hal baru dari seseorang terlalu sering makan junk food nampak lebih kecil dari mereka yang jarang makan junk food.(end)

5 Cara Mengecas Ponsel agar Baterai Cepat Penuh

Posisi mengecas ponsel supaya baterai cepat penuh. (carisinyal.com/Mvoice)

MALANGVOICE – Kita pasti pernah atau bahkan mungkin sering jengkel karena saat mengecas telepon seluler (ponsel) butuh waktu lama.

Alhasil tak sedikit yang memilih mengecas ponsel pada malam hari saat sebelum tidur dan dicabut keesokan harinya.

Sebelum masuk ke cara mengecas ponsel supaya baterai cepat penuh, ada baiknya kita mengetahui beberapa faktor yang membuat baterai penuhnya lama.

Lima faktor yang membuat baterai lama penuh antara lain, pertama kabel charger; kedua faktor adapter; dan ketiga karena baterai yang rusak.

Kecepatan pengisian daya baterai akan semakin lama, jika (keempat) ponsel kita buatan lama.

Terakhir, penyebab lamanya mengecas ponsel, juga karena adanya aplikasi yang berjalan secara otomatis di latar belakang.

Menilik kelima penyebab itulah, seperti dilansir theblucrab, kita bisa mencoba lima cara berikut saat mengecas baterai supaya cepat penuh.

1. Matikan Ponsel
Mematikan ponsel saat mengecas adalah cara paling ampuh untuk kita lakukan. Ketika ponsel dalam keadaan mati, semua aktivitas akan terhenti, sehingga tidak akan menggunakan banyak daya.

Paket data kita juga tidak akan berfungsi untuk sementara waktu. Dengan begitu, tidak ada jaringan internet sehingga konsumsi daya baterai akan semakin rendah.

2. Nyalakan Mode Pesawat
Sebelum mematikan ponsel, jangan lupa nyalakan mode pesawatnya terlebih dahulu untuk memutuskan jaringan.

Baterai ponsel kita tidak akan naik turun karena mendapatkan signal saat dicas. Dengan begitu, baterai akan terisi penuh dengan cepat.

3. Pastikan Charger yang Digunakan Original
Jika charger yang kita gunakan bukan charger bawaan, sudah pasti akan menimbulkan masalah. Karena itu sangat penting menggunakan charger original.

Charger original adalah charger yang sudah dipastikan kualitasnya. Artinya, charger tersebut dirancang dengan mempertimbangkan berbagai aspek penting.

Misalnya saja, bahan pembuatannya, aliran arus, dan hal penting lainnya. Jika charger disesuaikan sesuai kondisi ponselnya, maka pengisian daya baterai akan semakin cepat, dan takaran dayanya juga tepat.

Selain itu, tidak akan memberikan risiko pada ponsel kita seperti kerusakan. Cara paling praktis dan aman untuk mengisi daya baterai dengan cepat bukan?

4. Letakkan HP di Lantai
Cara yang satu ini memang terbilang unik, namun justru bisa membantu mempercepat pengisian daya baterai dengan cepat.

Seringkali kita mengisi daya baterai dengan meletakkannya di atas meja, kasur, dan tempat lainnya yang ternyata justru dapat mengganggu suhu baterainya.

Suhu baterai yang meningkat maka pemakaian daya baterai juga akan semakin besar.

Karena lantai tempat yang sejuk, ponsel akan tetap dingin saat proses pengisian daya berlangsung, sehingga akan cepat terisi penuh.

Selain memperhatikan tempatnya, pastikan pula Anda mengecas HP di suhu ruangan yang tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

5. Hindari Penggunaan Power Bank
Tidak menggunakan power bank, menjadi salah satu cara mengecas ponsel dengan cepat. Pasalnya, power bank diperuntukkan untuk mengecas HP dalam kondisi mendesak saja.

Tegangan listrik pada setiap power bank tidak selalu sama. Alhasil, tegangan listriknya tidak standar dengan ponsel kita.

Hal ini akan membuat proses pengisian baterai ponsel menjadi lebih lama. Bahkan, jika terus-menerus menggunakan power bank, baterai akan cepat rusak.

Apabila tidak ada pilihan lain, ada baiknya kita memastikan kualitas power bank tersebut sesuai dengan standar tegangan listrik ponsel kita.

Sebagai pengguna, sangatlah penting untuk menggunakan cara yang tepat dan aman untuk mengecas ponsel dengan cepat. Hal ini juga menjadi upaya untuk membuat ponsel tetap awet, tidak cepat rusak dan berfungsi dengan semestinya.(end)

Take Away, Aplikasi Digital Layanan Order Dikenalkan di Malang

Peluncuran aplikasi Take Away. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Sebuah aplikasi berbasis layanan order secara digital dikenalkan di Malang. Aplikasi ini dinamakan Take Away.

Aplikasi karya anak Malang ini resmi dilaunching di Playstore Android dan bisa digunakan.

Konseptor Take Away, Ferry B Tjahyono, mengatakan, aplikasi ini lebih fokus kepada sisten order digital. Berbeda dari aplikasi lain, Take Away bisa digunakan untuk memesan makanan, tempat dine in, dan delivery.

“Ini launching di Playstore, nanti soft launching dilakukan tiga bulan sekaligus evaluasi dan ujicoba,” kata Ferry, Rabu (18/8).

Ferry menjelaskan, saat launching di Playstore ini sudah ada 150 lebih mitra yang bergabung. Para mitra ini bermacam-macam, mulai usaha kecil, menengah, hingga restoran besar.

Keuntungan bergabung dengan Take Away, dikatakan Ferry, adalah tidak ada potongan komisi. Seluruh mitra juga diberikan wadah seluas-luasnya untuk mempromosikan tempat dan menu masing-masing.

“Kami tidak sembarangan menjaring mitra, hanya yang loyal dan mau dibina. Kami di Take Away tidak dinaikkan harganya dan tidak ada komisi,” ujarnya.

Sejak launching ini, Ferry menargetkan ada penambahan mitra Take Away secara berkala. Targetnya sampai 600 mitra yang aktif sampai akhir tahun.

Ia menjelaskan, pembuatan Take Away ini berawal di masa pandemi Covid-19 tahun lalu. Tim merasa perlu wadah agar para pelaku usaha bisa eksis dengan penyesuaian selama Covid-19.

“Memang Take Away tercipta selama pandemi, kami berharap selain Malang nanti akan menyasar ke kota-kota lain dan merangkul banyak mitra,” harap Ferry.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Malang, Indra Setiadi, sangat mendukung aplikasi Take Away ini.

Menurutnya, Take Away mampu membuat pengusaha kuliner bertahan di masa pandemi.

“Selama pandemi ini dunia wisata dan kuliner sangat terpengaruh. Karena ini kami mendukung dan mempersiapkan anggota agar juga ikut mendukung aplikasi Take Away ini,” jelas pria yang juga pemilik Rumah Makan Kertanegara.(der)

Manfaatkan Ekosistem Digital Bantu Kembangkan Kuliner Indonesia Timur, Se’i Sapi Kana

Head Marketing Se'i Sapi Kana Yogyakarta. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kuliner Se’i merupakan makanan khas asal Kupang, NTT. Karena kepopulerannya, se’i banyak dijumpai di beberapa tempat termasuk di Jawa.

Olahan se’i yang menggunakan daging babi, kini juga banyak diubah menggunakan daging sapi. Salah satu pionir menggunakan daging sapi adalah Se’i Sapi Kana.

Saat pertama kali diluncurkan di Yogyakarta tahun 2019 lalu, Se’i Sapi Kana terus mempopulerkan masakan khas Indonesia Timur ini dengan menyediakan berbagai macam variasi menu.

Dari menu sambal, mereka mempertahankan sambal asli dari Indonesia Timur, Sambal Lu’at sebagai menu andalannya dan juga menyediakan varian lain seperti rica-rica, lada hitam, sambal hijau dan sambal matah. Variasi menu ini tidak disangka sangat digemari dan diterima oleh masyarakat yang lebih luas dan berkontribusi atas popularitas Se’i Sapi Kana secara umum.

Lebih lanjut, perjalanan membawa Se’i ke industri kuliner Indonesia juga didukung dengan kehadiran bisnis dan peluang di ranah digital.

Andra Lesmana, selaku founder dari Sei Sapi Kana menyatakan, misi untuk mempopulerkan hidangan Se’i di seluruh nusantara telah berhasil dengan dukungan dari ekosistem digital yang mumpuni.

“Kita sebagai pelaku usaha diharapkan untuk bisa fokus dengan menganalisis tren secara akurat dan menerapkan pembaruan untuk pasar, yaitu bagaimana kami menerapkan strategi baru untuk melayani masyarakat yang harus berkegiatan di rumah misalnya. Selain itu pelaku usaha juga harus mempunyai mental yang luar biasa karena selain fokus yang membedakan kita dengan pengusaha yang lain adalah mental,” katanya dalam rilis yang diterima MVoice.

Banyubiru, selaku Head of Marketing dan RnD dari Se’i Sapi Kana menyatakan, pengembangan bisnis banyak menggunakan media sosial sebagai alat promosi.

“Kami menjalankan strategi tersebut untuk tujuan pemasaran dan periklanan. Selain media sosial, Se’i Sapi Kana juga terus memanfaatkan peluang yang diberikan oleh platform digital yang menawarkan layanan pesan-antar online seperti GrabFood untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Alhasil sekarang konsumen kami dapat menikmati kelezatan Se’i Sapi Kana hanya dengan beberapa kali klik saja di aplikasi GrabFood,” imbuhnya.

Terbukti dari kehadiran Se’i Sapi Kana di platform digital menghasilkan awareness atau kesadaran pasar yang lebih baik, dan juga mendorong penjualan dine-in.

Dari segi awareness pasar, dua atau tiga tahun lalu, Se’i Sapi adalah menu yang cukup sulit ditemukan di kalangan masyarakat Indonesia. Eksposur dari GrabFood telah membantu Se’i Sapi Kana dalam mempopulerkan makanan ini di kalangan pengguna Grab. Kini masyarakat bisa menikmati hidangan ini di 100 gerai di kota-kota seperti Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Malang, Bali dan kota lainnya di seluruh Indonesia.

Ketika Se’i Sapi Kana mencapai puncak popularitasnya, sulit untuk mengelola permintaan yang masuk untuk layanan dine-in. GrabFood berperan dalam menyokong operasional Se’i Sapi Kana. Kini, proporsi pesanan dine-in dan GrabFood di Se’i Sapi Kana seimbang, bahkan kadang-kadang lebih mengarah ke GrabFood dengan perbandingan 60:40.

Dalam perjalanannya, Se’i Sapi Kana juga bekerja sama dengan Account Manager GrabFood untuk mengembangkan menu dan paket yang sesuai dengan permintaan konsumen dan promosi menarik.

Banyu juga menjelaskan bagaimana dukungan dari GrabFood juga telah mempengaruhi strategi bisnis dan meningkatkan layanan dine-in Se’i Sapi Kana,

“Bagi kami, hal yang perlu diperhatikan adalah menciptakan keseimbangan antara promosi yang tersedia di platform pengantaran online seperti GrabFood dan yang tersedia di gerai offline. Kami menemukan bahwa kehadiran kami di platform online memang mendorong konsumen untuk ke toko offline kami,” jelasnya.

Meskipun telah mencapai titik kesuksesan perkembangan bisnisnya, Se’i Sapi Kana tidak mudah puas dengan pencapaian tersebut dan terus menunjukan kegigihannya dalam mempelajari wawasan bisnis baru.

Melalui webinar GrabAcademy dari GrabFood, Se’i Sapi Kana mendapatkan kesempatan untuk bisa berbagi tentang perjalanan bisnisnya dengan sesama pelaku UMKM lainnya.

Hadi Koe, Head of Marketing GrabFood juga menekankan bagaimana Grab menciptakan ekosistem digital yang kondusif untuk membantu pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya di ranah digital.

“Hrapannya, program ini dapat membantu mitra merchant mengembangkan menu baru untuk memanjakan konsumen. Lewat inisiatif dan dukungan ini, GrabFood selalu berusaha untuk memberdayakan para mitra merchant dan menjadi platform terbaik bagi pelaku UMKM. Se’i Sapi Kana adalah salah satu mitra merchant kami yang mampu memanfaatkan inovasi berbasis teknologi yang telah kami rancang dan kami harap untuk terus bisa membawa semangat ini ke lebih banyak pelaku UMKM di platform kami,” tandasnya.(der)