3 Makanan Murah di Kota Malang yang Jarang Diketahui Pelancong

Sego Penjara yang siap disantap, (MG2).

MALANGVOICE – Kota Malang selain terkenal tempat wisatanya, kota tempat kelahiran klub sepakbola Arema ini juga dikenal sebagai surganya kuliner.

Beragam sajian makanan dengan rasa yang lezat dan harga terjangkau membuat wisatawan atau pelancong yang datang ke Kota Malang ketagihan.

Namun, tak sedikit juga ada beberapa makanan dengan harga terjangkau banyak diketahui warga Kota Malang tapi asing ditelinga para pelancong.

Berikut 3 bocoran tempat makan murah yang bisa ditemukan di Kota Malang tapi jarang diketahui warga luar kota atau pelancong.

1. Sego Penjara (Cukam)

Sego Penjara atau yang juga dikenal dengan warung Mami Cukam ini berada di Jalan Puntodewo 1A, Polrehan, Kota Malang.

Sego Penjara adalah kuliner nasi campur sederhana. Berisikan nasi putih, mie, tahu, sayur kacang panjang, sambal dan kuah kari. Dengan komponen itu nasi campur penjara dibandrol dengan harga Rp3 ribu.

Selain nasi campur, disediakan juga beragam lauk dari jerohan sapi mulai dari, babat, usus, paru, rempelo ati hingga kikil. Ada juga lauk lain seperti, ayam goreng, ikan tongkol, krengsengan, bandeng dan telor.

Warung Mami Cukam yang buka pukul 17.30 sampai 04.00 pagi, selalu ramai didatangi pembeli karena kelezatan dan harganya yang murah.

2. Sego Goreng Resek

Sego Goreng Resek bisa ada temukan di Jalan Brigjen Katamso, Kota Malang pada pukul 17.30 hingga 22.00 malam.

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini menyediakan nasi goreng seperti pada umumnya. Tapi yang menjadi daya tarik adalah banyaknya pilihan lauk dan metode memasaknya masih menggunakan arang.

Untuk rasa yang dimiliki tidak perlu dipertanyakan lagi. Tentunya didukung dengan harga yang bersahabat dengan kantong akan membuat anda bahagia.

Sego goreng Resek biasa dibandrol seharga Rp10 ribu dan harganya akan meningkat sesuai lauk yang anda pilih.

3. Orem-orem Abah Syahri

Warung orem-orem Abah Syahri di pinggir Jalan Gatot Subroto, Kota Malang, ini juga patut dicoba warga Kota Malang atau Pelancong yang berkunjung ke Kota Bunga ini.

Cukup dengan merogoh kocek Rp8 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati sedapnya orem-orem. Disana juga disediakan beragam lauk, seperti ayam pedas, perkedel, ceker pedas, dan tempe mendol.

Warung orem-orem Abah Syahri ini buka mulai Jam 09.00 sampai 15.30 sore.(der)

5 Tips Jaga Tubuh Tetap Bugar di Padatnya Aktivitas saat Lebaran

Ilustrasi seseorang sedang berlari, (Pixabay).

MALANGVOICE – Setiap lebaran, masyarakat pasti memiliki aktivitas yang cukup padat, baik itu berkunjung ke rumah kerabat hingga kedatangan sanak saudara dan tetangga.

Dalam menjalankan berbagai aktivitas tersebut, tentu dibutuhkan stamina lebih untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Sekretaris Departemen Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan UB, Titis Sari Kusuma, S.Gz,MP, memberikan beberapa tips untuk membantu tubuh tetap bugar dan sehat.

1. Melakukan Olahraga
Agar tubuh tetap bugar. Sebaiknya kita menyempatkan diri untuk tetap berolahraga sesuai kebiasaan sehari-hari.

“Contohnya berjalan kaki minimal 30 menit, bersepeda, lari, atau olahraga lainnya. Olahraga ini tetap harus kita lakukan untuk tetap menjaga stamina tubuh,” ujar Titis.

2. Perhatikan Asupan Makanan
Aktivitas yang cukup padat jangan menjadi alasan untuk melupakan makan. Jaga asupan makan tetap seimbang selama lebaran, dengan pemilihan makanan yang tepat.

3. Minum Air
Konsumsi air putih tentu menjadi salah satu hal penting untuk membantu kelancaran proses metabolisme dalam tubuh. Dalam sehari minimal konsumsi air 8 gelas per hari.

4. Konsumsi Vitamin
Konsumsi suplemen vitamin juga bisa dilakukan jika memang diperlukan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh kita

5. Waktu Istirahat.
Saat Lebaran perlu juga memperhatikan waktu istirahat, sebisa mungkin jangan tidur terlalu malam karena akan berdampak pada kondisi tubuh.

“Biasanya saat lebaran tamu berdatangan dan asyik berbincang-bincang sampai larut malam. Hal ini juga dapat menurunkan stamina tubuh dan menyebabkan stress bagi tubuh,” tandasnya.(der)

Simak 8 Tips Agar Aman Mengkonsumsi Makanan Berlemak dan Gula saat Lebaran

Ilustrasi seseorang sedang makan, (Pixabay).

MALANGVOICE – Lebaran sangat identik dengan beragam sajian makanan dan minuman spesial yang memiliki banyak kandungan lemak, garam dan gula. Seperti opor ayam, rendang, kue hingga es buah.

Beragam sajian makanan itu seringkali membuat umat Muslim yang sudah menahan diri selama sebulan dengan berpuasa tergoda dan tidak bisa mengendalikan diri.

Sekretaris Departemen Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya (UB), Titis Sari Kusuma, S.Gz,MP mengingatkan agar tetap mengontrol asupan makanan selama lebaran.

Sebab, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung lemak, garam, dan gula berlebihan akan berakibat pada kesehatan. Misalnya, meningkatkan gula darah, berat badan kembali naik, dan kadar lemak dalam tubuh meningkat.

“Namun kita juga tidak bisa menghindari untuk tidak mengkonsumsi makanan saat hari raya, apalagi saat berkunjung ke kerabat saat silaturahmi,” ujarnya menjawab Mvoice.

Dari situ, Titis pun membagikan beberapa tips dan trik agar masyarakat tetap bisa menjaga kesehatan meski mengkonsumsi makanan mengandung lemak, garam dan gula saat lebaran.

1. Mengkonsumsi opor ayam, sebaiknya memilih bagian dada dan tanpa menambahkan kuah (untuk mengurangi asupan lemak dalam tubuh).

2. Jika mengkonsumsi rendang, sebaiknya hanya mengkonsumsi dagingnya saja dan memilih bagian yang tanpa lemak.

3. Konsumsi kue kering seperti nastar sebaiknya maksimal 4 biji, karena dalam 4 biji kue nastar sudah menyumbang kalori sebesar 200 kkal.

4. Pilih minum air putih, untuk menghindari asupan gula selain itu juga tetap perhatikan asupan air putih minimal 8 gelas untuk membantu kelancaran proses metabolisme dalam tubuh.

5. Apabila ada sajian es buah, lebih baik mengambil buahnya saja dengan sedikit atau tanpa kuahnya untuk mengurangi asupan gula.

6. Sajian salad buah baik bagi tubuh, namun lebih baik menyajikan salad buah yang tanpa ada tambahan susu kental manis, untuk mengurangi asupan gula.

7. Seimbangkan dengan asupan buah dan sayur, untuk tetap menjaga asupan makanan tetap seimbang selama merayakan hari raya idul fitri.

8. Sebaiknya memasak makanan berlemak (opor ayam, rendang, semur daging, dan lain-lain) dalam porsi secukupnya, tidak untuk konsumsi lebih dari 2 hari.

“Memasak dalam jumlah yang berlebih selain potensi kandungan lemak semakin meningkat juga potensi dapat menyebabkan keracunan makanan apabila kita memanaskan makanan tidak dengan cara yang tepat,” tandasnya.(der)

4 Tips Foto Bersama Keluarga Saat Lebaran Dapat Hasil Maksimal Pakai Smartphone

Foto menggunakan smartphone, (Pixabay).

MALANGVOICE – Lebaran menjadi momen setiap orang untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Tentu, momen spesial itu akan terasa kurang jika tidak diabadikan lewat foto.

Agar momen spesial itu bisa diabadikan dengan baik, Mvoice telah menyiapkan beberapa tips untuk membuat hasil foto lebih maksimal, meski hanya menggunakan smartphone.

1. Pastikan Kamera Bersih
Rata-rata saat akan berfoto, seseorang lupa tidak melakukan pengecekan pada kebersihan lensa kamera smartphone. Hal itu dapat mempengaruhi hasil foto yang didapat.

Pastikan noda seperti sidik jari atau debu sudah dibersihkan saat akan foto menggunakan smartphone.

2. Cari Spot Foto Terang
Pastikan tempat yang akan digunakan untuk foto memiliki pencahayaan yang cukup. Bila berada di dalam ruangan yang gelap sebaiknya usahakan menggunakan lighting.

Jika memungkinkan berfoto diluar ruangan. Karena cahaya alami bisa membantu mendapatkan hasil foto yang maksimal.

3. Gunakan Tripod
Menggunakan tripod akan membantu dalam mendapatkan hasil foto yang stabil sehingga objek kamera yang tertangkap juga terpotret lebih ideal.

4. Seimbangkan Posisi
Saat foto bersama keluarga besar, sebaiknya perlu dilakukan penataan, utamanya pada tinggi badan. Contohnya, bagi seseorang yang tinggi bisa berada di saf belakang dan yang lebih pendek ada di depan.(der)

8 Cara Mudah Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Salah satu maskapai, Batik Air yang beroperasi di Bandara Abdulrachman Saleh. (Miski)

MALANGVOICE – Melonjaknya harga tiket pesawat, terkadang membuat orang-orang ragu untuk memilih transportasi udara ini untuk bepergian. Pada akhirnya, mereka memilih alternatif transportasi lain dengan harga murah seperti bus atau kereta api. Tidak ada salahnya memang, namun memilih transportasi tersebut untuk bepergian akan memakan waktu lama untuk sampai di tujuan.

Padahal, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga miring. Salah satunya dengan memilih maskapai baru atau maskapai yang sering menjual tiket murah, seperti Sriwijaya Air Traveloka. Tidak hanya itu, terdapat 8 cara mudah lainnya untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Ambil Jadwal Penerbangan Pagi-Pagi Sekali atau Larut Malam
Sebagian besar orang, lebih suka terbang pada waktu yang nyaman. Misalnya pada pukul 10:00 pagi atau pada siang hari. Jarang ada yang ingin melakukan penerbangan pada pagi buta ataupun larut malam.

Karena hal tersebut mengharuskan mereka untuk begadang atau bangun pagi. Karena meningkatnya permintaan untuk penerbangan pada waktu-waktu populer, biasanya maskapai akan mengenakan biaya lebih untuk tiket penerbangan pada jam tersebut.

Namun berbeda halnya jika Anda mengambil penerbangan pada jam tertentu yang jarang orang mau. Hal ini dapat dijadikan kesempatan untuk Anda membeli tiket pesawat murah pada jam tersebut.

Riset Harga Maskapai Penerbangan
Melakukan riset dengan membandingkan harga berbagai maskapai penerbangan dapat membantu Anda mendapatkan harga tiket termurah dari semua maskapai. Adanya platform digital yang menyediakan pemesanan pesawat dapat membantu dan memudahkan melakukan riset lebih cepat.

Anda hanya perlu mengetik nama maskapai lalu cocokan dengan tanggal keberangkatan dan tanggal pulang. Biasanya harga akan jauh lebih murah jika dilihat dari 30 hari sebelum keberangkatan.
Terbang dengan Maskapai Tanpa Fasilitas
Ada harga ada rupa. Hal ini berlaku juga dalam pemesanan tiket dengan harga yang murah. Jika Anda ingin menghemat lebih banyak biaya transportasi pesawat, pilihlah maskapai yang menawarkan harga murah tanpa fasilitas. Seperti Wi-Fi, makanan ringan gratis, dan kursi yang dapat direbahkan.

Tidak mengapa, perjalanan Anda tanpa fasilitas tersebut, lebih baik uang yang Anda pergunakan dialihkan untuk datang ke destinasi wisata atau mencoba kuliner unik. Menggunakan tawaran maskapai tanpa fasilitas tersebut, biasanya Anda hanya membayar setengah harga dari yang seharusnya.

Menjadi Member Maskapai Penerbangan atau Travel Agent
Jika Anda tidak ingin repot membandingkan harga, Anda hanya perlu menjadi member maskapai atau travel agent dan follow akun media sosialnya. Anda akan selalu mendapatkan informasi terupdate dari mulai notifikasi yang muncul, info dari newsletter bahkan info melalui akun media sosial.

Sehingga Anda akan selalu update harga promo yang ditawarkan. Apalagi bagi Anda yang baru menjadi member, biasanya ada diskon spesial yang menanti. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini.

Pesan Lebih Awal
Tarif maskapai terus naik semakin dekat dengan hari keberangkatan. Jadi jika Anda menginginkan harga murah pesanlah lebih awal. Sekitar 2-3 bulan sebelum keberangkatan Anda, atau sekitar lima bulan sebelumnya jika Anda akan pergi ke tempat tujuan pada musim liburan seperti lebaran, natal dan tahun baru. Sebagian besar maskapai penerbangan akan menaikkan harga tiket kurang dari 14 hari sebelum penerbangan. Jadi jangan memesan tiket pesawat pada waktu ini ya.

Beli Tiket Penerbangan Terpisah
Terkadang, membayar sepasang tiket pulang-pergi jauh lebih mahal, dibandingkan tiket sekali jalan. Jika Anda ingin harga tiket lebih murah, belilah secara terpisah tiket tersebut walaupun menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda. Asalkan maskapai penerbangan tersebut yang menyediakan tiket penerbangan paling murah.

Tempat Duduk
Ternyata tidak hanya kelas yang menentukan harga tiket pesawat. Namun juga tempat duduk. Kursi yang dekat dengan mesin, biasanya memiliki harga tiket yang jauh lebih murah. Karena suasana bising yang membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas buat Anda memilih kursi tersebut.

Selain posisi kursi, memesan tempat duduk berdekatan atau rombongan juga cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Untuk menyiasatinya, Anda cukup membeli tiket pesawat perorangan bukan rombongan.

Gunakan Kartu Kredit
Cara mudah selanjutnya untuk mendapatkan harga tiket yang murah adalah menggunakan kartu kredit. Anda pemegang kartu kredit? Ada kabar gembira untuk Anda. Sudah bukan rahasia umum lagi, jika berbagai promo termasuk tiket pesawat baik dalam maupun luar negeri diperuntukan untuk pemegang kartu kredit.

Bahkan bisa gratis, hanya dengan menukar poin yang sudah dikumpulkan. Berbagai bank ternama menawarkan hal ini dengan potongan diskon yang berbeda. Bahkan, jika memesan lewat Traveloka, Anda bisa mendapatkan promo 0% dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Melalui kartu kredit juga, kamu tidak perlu dibebankan biaya besar diawal melainkan dicicil. Sehingga biaya yang besar terasa ringan.

Nah itulah 8 cara mudah untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah. Yuk terapkan tips diatas. Sebelum berburu tiket pesawat murah, tentukan dahulu batas budget yang disediakan. Agar lebih mudah menentukan harga tiket murah sesuai keinginan.

Intip Kemeja Casual Pria Bikin Tampilan Santai dan Smart

Baju casual pria. (istimewa)

MALANGVOICE – Kaos merupakan salah satu andalan para pria jika ingin tampil santai. Tidak bisa dipungkiri, selain sangat praktis, kaos juga sangat nyaman untuk digunakan.

Bahannya adem dan memiliki banyak pilihan motif. Namun jika baju casual pria yang Anda andalkan hanya kaos saja, tentu akan membuat style jadi ketinggalan zaman. Maka dari itu, perlu update berbagai info fashion baru supaya dapat inspirasi.

Selain kaos, banyak juga atasan yang bisa dipilih, contohnya saja kemeja. Jika di bayangan Anda kemeja sangat identik dengan style formal, tenang saja banyak sekali jenisnya yang bisa dipilih. Berbagai model kemeja ditawarkan di pasaran dan berikut ini deretan jenis yang membuat tampilan lebih casual atau santai.

Kemeja Flanel
Kemeja flannel juga masuk dalam salah satu atasan yang paling banyak dipilih untuk berbagai kegiatan. Untuk perkuliahan, nongkrong di kafe, sampai dengan sekadar sunmori. Seperti namanya, kemeja satu ini terbuat dari kain flanel yang memiliki tekstur lembut dan lebih tebal dibandingkan bahan lainnya. Karena itulah, kemeja ini banyak digunakan di musim dingin atau penghujan supaya tubuh lebih hangat.

Motif dari kemeja flanel ini juga sangat khas, yakni kotak-kotak dengan berbagai pilihan warna berbeda. Namun ada pula beberapa brand yang mengeluarkan kemeja flanel tanpa motif atau polos. Supaya makin stylist, biasanya kemeja flanel akan digunakan sebagai outer dengan bawahan celana denim, chino, atau cargo. Jangan lupa pakai sneaker untuk melengkapi outfit yang digunakan.

Kemeja Denim
Pilihan lainnya adalah kemeja denim atau yang lebih akrab disebut dengan kemeja jeans. Ini juga kemeja yang kerap kali jadi luaran, biasanya dipadukan dengan dalaman kaos berwarna putih atau hitam. Untuk bawahannya, biasanya juga dipadukan dengan celana jeans dengan warna senada. Sementara untuk footwear-nya, bisa menggunakan sepatu boots atau sneaker.

Kemeja Pantai
Ada yang menyebutnya sebagai kemeja pantai namun tidak jarang disebut kemeja hawai. Bahan yang dimanfaatkan untuk kemeja ini adalah rayon yang cenderung tipis. Sehingga saat dipakai di pantai tidak membuat gerah pemakainya. Selain itu, kebanyakan kemeja pantai ini memiliki lengan pendek, jadi pemakainya makin nyaman.

Ciri khas dari kemeja ini adalah memiliki berbagai motif tumbuhan tropis dan memiliki warna cerah. Motifnya bisa tumbuhan kelapa, bunga, pantai, langit, laut, dan lain sebagainya. Untuk stylenya sendiri, bisa dipadukan dengan celana pendek warna netra, bisa putih, hitam, navy, dan lainnya. Tapi jika Anda percaya diri, menggunakan celana pendek aneka warna juga tidak jadi masalah.

Kemeja Chambray
Saat dilihat sepintas, kemeja chambray ini mirip dengan yang terbuat dari bahan denim. Namun saat disentuh, bahannya akan lebih ringan dan halus. Saat digunakan di areal outdoor lebih bisa diandalkan dibanding denim, karena kain yang breathable. Pun juga saat di-styling lebih mudah untuk dipadukan. Bisa menggunakan celana pendek atau jeans. Saat dikenakan, kemeja ini akan memberikan tampilan modern sekaligus old-school.

Kemeja Camp Collar
Pilihan lainnya adalah kemeja camp collar yang identik memiliki lengan pendek dengan satu saku di bagian samping kiri. Lengkap dengan bentuk kerahnya di bagian atas yang tidak memiliki kancing berbentuk V. Meski selama ini identik dengan saku, namun banyak juga jenis kemeja ini yang tidak memilikinya. Motifnya sendiri beragam, ada yang polos, garis-garis, polkadot, sampai dengan floral pattern.

Buat Anda yang ingin tampil semi casual dengan menggunakan kemeja camp collar, bisa memadukannya dengan kulit. Jangan lupa untuk mengenakan sandal yang nyaman. Jika ke tempat terbuka, lengkapi dengan fedora hat.

Kemeja Twill
Kemeja Twill terbuat dari bahan bernama Twill yang merupakan perpaduan kain katun China dan 2% spandex. Karakteristik dari bahan satu ini adalah sangat kuat dan tahan lama, serta tidak memerlukan banyak perawatan. Pilihan warnanya kebanyakan warna-warna yang kurang mencolok atau netral. Bentuk kemejanya sendiri memiliki dua saku di bagian dada.

Meski memiliki bahan yang kuat, bahan twill ini tetap lentur saat digunakan. Banyak dimanfaatkan untuk seragam-seragam berbagai aktivitas outdoor. Ditambah lagi, kain ini cukup mudah menyerap keringat, jadi saat dikenakan tetap adem dan tidak membuat gerah pemakainya.

Kemeja Linen
Kemeja linen juga masuk jadi salah satu outftit andalan untuk berbagai kegiatan luar ruangan. Bahannya ringan, berpori-pori, dan adem saat digunakan. Jadi sangat bisa diandalkan jika Anda sedang berdesak-desakan dengan banyak orang. Pilihan warna dari kemeja linen banyak sekali, namun supaya tampilan tidak terlalu mencolok Anda bisa memilih warna pastel.

Jika dibandingkan dengan kemeja twill, bahan linen lebih tipis dan cenderung menerawang saat terkena matahari. Jadi, jika Anda kurang percaya diri, bisa tambahkan kaos dalam. Padukan kemeja linen dengan celana pendek, gulung bagian tangan sampai siku, buka sedikit kancing atas, membuat tampilan stylish dan nyaman.

Yuk lengkapi berbagai jenis kemeja yang sudah disebutkan di atas, supaya koleksi fashion yang dimiliki semakin lengkap. Rekomendasi tempat berburu atasan kemeja pria itu adalah Blibli, banyak promonya, gratis ongkos kirim, dan koleksinya lengkap. Tunggu apa lagi? Yuk lengkapi koleksi kemeja sekarang juga!

Mengenal Blindspot dan Cara Menghindarinya, Perhatikan 7 Hal Ini

Safety riding center. (istimewa)

MALANGVOICE – Berkendara dengan sepeda motor di jalan raya memang menyenangkan dan lebih efisien secara waktu. Dengan dimensi yang lebih kecil, sepeda motor memiliki kemampuan berkendara lebih lincah dan mudah untuk menyalip kendaraan lain, namun juga berpotensi sulit terdeteksi di area blind spot kendaraan lain yang lebih besar.

Blind spot merupakan “titik buta” kendaraan yang tidak bisa dijangkau oleh mata pengendara dan spion standar kendaraan. Semakin besar suatu kendaraan maka “titik buta” saat berkendaranya semakin luas. Untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan akibat “titik buta” tersebut, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim membagikan tips mengantisipasinya:

Pahami dan ketahui area blind spot kendaraan kita dan juga kendaraan lain dengan mengikuti pelatihan safety riding agar mampu memprediksi bahaya apa saja yang dapat terjadi ketika bekendara.

Pastikan area blind spot kita secara visual dengan melihat ke kanan atau ke kiri sebelum berubah arah atau lajur kendaraan. Alternatif lainnya, dapat juga memasang spion tambahan untuk meminimasi area blind spot kita.

Fokus mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan kita terhadap lalu lintas jalan. Untuk itu, hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara serta hindari menggunakan knalpot tidak standar karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan kita saat berkendara.

Selalu memposisikan di area luar blind spot kendaraan lain agar terlihat oleh kendaraan lain dan bunyikan klakson atau lampu untuk melakukan konfirmasi kepada pengguna jalan lain bahwa apabila kita berada pada area blind spot-nya dan segera keluar dari area blind spot tersebut.

Gunakan pelengkapan berkendara yang terlihat dan berwarna mencolok, sehingga tidak mudah terabaikan oleh kendaraan lain, selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain saat berkendara.

“Seringkali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara, untuk itu pengendara juga harus menerapkan #cari_aman dalam berkendara sehingga meminimalisir resiko kecelakaan,” tutup Mizi.

Safety riding Honda. (Istimewa)

MPM Safety Riding Center
MPM Safety Riding Center didirikan pada tahun 2016 yang berlokasi di Jalan Raya Sedati 101, Gedangan, Sidoarjo. Upaya ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pemahaman keselamatan di jalan raya dan keterampilan berkendara.

Dengan luas 5.715 meter persegi dengan luas track on road 4.433 meter persegi , MPM Safety Riding Centre beragam fasilitas yang disediakan di pusat pelatihan berkendara di Jatim ini diharapkan memberikan pengalaman berlatih berkendara yang menyenangkan, aman, dan nyaman dilengkapai dengan ruang kelas dan safety riding course. Peserta pelatihan diberikan pengalamam berkendara seperti teknik pengereman, teknik keseimbangan, teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, menanjak dan menurun serta teknik memprediksi bahaya.

Berbagai kegiatan pelatihan dan program kampanye keselamatan berkendara juga dilakukan berkolaborasi dengan pemerintah, kepolisian, sekolah, institusi, maupun komunitas masyarakat. MPM Safety Riding Course tidak hanya menjadi fasilitas umum dalam mendapatkan ilmu keselamatan berkendara namun menjadi tempat para instruktur untuk mengasah kemampuan berkendara.

Pelatihan tersebut didukung oleh 9 instruktur safety riding yang telah tersertifikasi sampai dengan Internasional. Selain itu MPM Honda Jatim juga memiliki 3 sekolah binaan yang terletak di Madiun, Singosari Malang, Gedangan-Sidoarjo. MPM Honda Jatim telah memiliki fasilitas safety riding lab sebagai fasilitas penunjang dalam melakukan edukasi keselamatan berkendara di sekolah yang ada di SMK muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang.(der)

5 Rekomendasi Drakor yang Sama Sekali Tidak Boleh Dilewatkan!

Our Beloved Summer.

MALANGVOICE – Drama-drama Korea Selatan telah lama mendatangi Indonesia. Hal ini menyebabkan beberapa masyarakat di Indonesia gemar sekali menghabiskan waktu mereka dengan menonton drama asal Negeri Ginseng tersebut.

Selain memiliki cerita yang seru, untuk menonton drama Korea sekaran pun bisa ditonton di mana saja dan kapan saja, tentunya bisa dengan menggunakan aplikasi Viu. Tidak perlu khawatir jika ada drama yang premium, Anda bisa beli paket berlanggan melalui e-commerce Blibli. Di sana banyak sekali terdapat penjual-penjual yang menawarkan paket langganan Viu agar kegiatan menonton drama Korea Anda lancar dan nyaman.

Bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia korea-korean dan ingin mulai berkenalan dengan drama-drama mereka, maka Anda jangan sampai melewatkan beberapa drama korea di bawah ini:

Sky Castle
Sky Castle masuk ke dalam list pertama sebagai drakor yang wajib Anda tonton ketika hendak mencoba tontonan karya negara Ginseng tersebut. Drama ini menceritakan tentang kehidupan 4 ibu rumah tangga yang bertempat tinggal di Sky Castle, di mana keempat ibu tersebut sangat mengutamakan pendidikan anak-anaknya hingga rela untuk melakukan apapun.

Siapa sangka drama yang awal penayangannya hanya mendapatkan rating sebesar 1% justru menjadi salah satu drama korea dengan rating tertinggi yakni mencapai 23%, loh!

Drama ini mengangkat pesan moral yakni menunjukkan bahwasannya kesejahteraan di atas segalanya, baik itu pendidikan, jabatan, hingga uang yang dapat membutakan mata. Walaupun ketiga hal tersebut penting, terkadang sebagai manusia kita sering lupa atau sengaja mengorbankan hal yang sebenarnya penting seperti kebahagiaan dan hati nurani.

Mr. Sunshine
Drama karya sutradara Lee Eung Bok ini berhasil meraih banyak penghargaan mulai dari Drama of The Year dari APAN Star Awards 2018, Best Creative Award dari Asia Contents Award 2019, 55th Baeksang Awards, dan masih banyak penghargaan yang didapatkan lainnya.

Drama Korea Selatan Kolosal Mr Sunshine ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Eugene Choi yang merupakan anak dari keluarga budak di masa Joseon, yang kabur dengan menaiki kapal perang milik Amerika Serikat.

Sebelum kabur ke Amerika, Eugene melihat orang tuanya dibunuh oleh keluarga bangsawan Korea Selatan tepat di depan matanya sendiri. Lantas, ia pun pergi menuju Amerika dengan perasaan dendam di hatinya.

Akibat kemampuan yang ia miliki, Eugene berhasil menjadi tentara yang kemudian diangkat menjadi seorang kapten dan ditugaskan ke Korea sebagai tentara Amerika. Tidak sampai situ saja, masih banyak kisah serta konflik yang tentunya akan membawa Anda sebagai penonton sangat menikmati drama yang satu ini. Terlebih drama ini diisi oleh bintang-bintang ternama seperti Lee Byung Hun dan Kim Tae ri.

Reply 1988
Siapa yang tidak pernah mendengar nama drakor yang satu ini? Drama ini hampir menjadi favorit semua pecinta drama korea karena jalan ceritanya yang unik dan tidak biasa.

Bisa dibilang drama yang satu ini terbilang ringan dengan alurnya yang sama sekali tidak membosankan. Ketika menonton drama yang satu ini, Anda tak jarang akan merasa relate dengan konflik-konflik yang dihadirkan sebab tidak hanya menceritakan tentang pertemanan yang dialami oleh Sung Deok-sun (Hyeri Lee), Sung Sun-woo (Kyung-pyo Go), Kim Jung-hwan (Ryu Jun-yeol), Choi Taek (Park Bo-gum), dan Ryu Dong-ryong (Lee Dong-hwi).

Drama ini juga menceritakan konflik keluarga yang dialami oleh masing-masing pemeran. Seiring episode pun tak jarang penonton akan menguras air mata sebab betapa harunya scene yang diberikan. Pokoknya wajib ditonton deh!

Itaewon Class
Merupakan salah satu drama adaptasi Webtoon, Itaewon Class berhasil menarik perhatian masyarakat di tahun 2020 kemarin.

Drama yang dibintangi oleh Park Seo Joon sebagai pemeran utamanya (Park Sae Ro Yi) ini mengisahkan tentang ambisi Park Sae Ro Yi dalam mendirikan franchise restoran dikarenakan luka masa lalu yang dialaminya.

Tidak sendiri, Park Sae Ro Yi dibantu oleh beberapa orang dalam mendirikan restoran bernama DanBam itu. Pada saat itulah mulai beberapa konflik yang akan membuat drama ini semakin seru.

Drama ini merupakan perpaduan drama romance dengan sentuhan motivasi dalam membangun sebuah bisnis. Jadi bagi Anda yang sedang merintis usaha, ketika menonton drama ini tentu akan termotivasi sebab banyak hal yang bisa dipetik ketika Pak Sae Ro Yi membangun usahanya, mulai dari kegagalan yang berulang kali hingga ia berada di titik kesuksesannya.

Our Beloved Summer
Baru saja tamat, drama ini menjadi drama terpopuler di awal tahun 2022 sebab ceritanya yang bikin geregetan penonton. Berkisahkan tentang kedua murid sekolah peringkat akhir yang terpaksa mengikuti proyek dokumenter.

Kedua murid tersebut adalah Choi Ung dan Kook Yeon Su. Awal mula keributan terjadi dikarenakan Choi Ung dan Kook Yeon Su tidak saling menyukai, namun seiring berjalannya dokumenter, benih-benih cinta bermuncul di antara mereka dan pada akhirnya memutuskan untuk memiliki hubungan usai dokumenter tersebut selesai digarap.

Namun, lima tahun berpacaran keduanya memutuskan untuk putus. Menariknya drama ini dikarekanan Choi Ung dan Kook Yeon Su diharuskan kembali untuk melakukan proyek dokumenter yang serupa pasca beberapa tahun putus mereka. Pada proses pembuatan dokumenter itulah terjadi beberapa perdebatan batin antara mereka berdua.

Itulah beberapa rekomendasi dari sekian banyak drama Korea Selatan yang wajib Anda tonton. Kini, Anda bisa nonton drama Korea Selatan hanya dari rumah, dengan mengandalkan Viu yang dapat Anda beli melalui Blibli.(der)

Simak 4 Tips Memilih Laptop yang Bagus di Tahun 2022

Laptop ilustrasi. (istimewa)

MALANGVOICE – Dalam memilih laptop terbaik, tentunya Anda mencari laptop yang cukup ideal dan bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Ada berbagai macam faktor yang bisa menjadi pertimbangan, kala ingin membeli sebuah laptop baru, agar tidak salah memilih.

Salah satu pertimbangan dalam memilih laptop yang bagus adalah, Anda melakukan riset untuk mengetahui tipe laptop yang sudah terbagi menjadi berbagai macam. Umumnya, Anda akan dipertemukan dengan banyak sekali pilihan, dan pilihan-pilihan tersebut seperti Notebook, Laptop Gaming, Ultrabook, dan Convertible.

Notebook sendiri merupakan salah satu istilah pilihan laptop dengan hardware yang beragam, dan biasanya ukurannya tidak terlalu tebal, serta banyak varian ukuran layar. Laptop Gaming sendiri merupakan laptop, yang dikhususkan untuk kegiatan-kegiatan yang menuntut sisi penggunaan gaming dan juga aplikasi, dan biasanya spesifikasi yang ditawarkan cukup tinggi, diikuti dengan kinerja baterai yang irit.

Selanjutnya ada Ultrabook, yang biasa digunakan untuk kebutuhan ideal dengan mobilitasnya yang tinggi. Spesifikasi yang ditawarkan juga harus terbilang cukup, tidak rendah dan juga tidak terlalu tinggi. Terakhir ada Convertible, yakni sebuah laptop dengan fungsi layar yang bisa disesuaikan oleh penggunanya.

Untuk Anda yang ingin membeli laptop baru, Anda bisa berbelanja melalui Shopee. Pasalnya, Shopee sedang mengadakan Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen, yang akan dihelat dan berlangsung dari tanggal 4 Maret, hingga 15 Maret 2022.

Akan ada banyak keuntungan, ketika Anda berbelanja pada saat Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen. Anda berkesempatan untuk menikmati Voucher Gratis Ongkir Rp0, Anda juga akan mendapatkan voucher diskon 50% beserta Koleksi Spesial Diskon 50%, dan yang terakhir adalah Koleksi Fashion dengan harga spesial s/d 50rb.
Lalu pertimbangan apa lagi sih yang harus diketahui dalam memilih laptop terbaik? Berikut adalah penjelasannya.

Berdasarkan Grafis yang Digunakan
Umumnya, sebuah CPU akan terbilang cukup bagus, karena generasinya. Dan biasanya, dengan generasi CPU terbaru, spesifikasinya juga semakin meninggi dan juga semakin bagus tentunya.

CPU merupakan salah satu faktor yang menjadi alasan utama Anda dalam memilih laptop terbaik, karena pada dasarnya, prosesor ini memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kinerja dari setiap laptop yang ada.

Ada dua raksasa CPU yang sedang bersaing hingga saat ini, yakni Intel, dan juga AMD. Masing-masing prosesor ini, memiliki kelebihannya masing-masing, dua raksasa prosesor ini menawarkan kinerja terbaiknya, dalam hal multi-tasking dan juga multimedia tentunya.

Berdasarkan Kapasitas RAM
Di tahun 2022, orang-orang pasti akan memilih sebuah laptop, dengan kapasitas RAM sebesar 8GB, dan RAM ini digunakan untuk gaming dan grafis tentunya. RAM merupakan salah satu memori, yang digunakan untuk laptop guna menyimpan hal yang sedang dikerjakan oleh laptop tersebut.

Jika RAM yang dimuat kecil, maka hal yang bisa dilakukan di laptop juga kecil. Sehingga dalam memilih RAM, Anda harus memilih RAM yang cukup besar, agar semua yang Anda jalankan di laptop Anda tetap stabil.

Berdasarkan Tipe Penyimpanan SSD & HDD
Dalam memilih laptop, tentunya Anda wajib memilih ruang penyimpanan dengan kecepatan kinerja penyimpanan yang cepat. Dan umumnya, SSD jauh lebih unggul ketimbang HDD, dalam permasalah menyimpan dan membaca sebuah data.

Namun sayangnya, semakin besar ruang SSD, makan semakin mahal pula laptop yang Anda pilih. Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, Anda bisa memilih HDD sebagai salah satu opsi dalam pemilihan laptop Anda.

Berdasarkan Spesifikasi Layar
Salah satu tips memilih laptop yang bagus adalah, memilih laptop berdasarkan spesifikasi layarnya. Pada beberapa laptop, sudah menawarkan resolusi 4K, atau yang paling minimum dengan resolusi 1920×1080 piksel atau Full HD.

Karena dengan layar yang mumpuni, akurasi warna yang Anda terima saat menggunakan laptop jauh lebih luas. Umumnya akurasi warna Delta E<1 dengan akurasi warna yang mencakup 100% sudah lebih asik digunakan di beberapa laptop. Nah bagaimana? Apakah Anda sudah memilih laptop yang sudah Anda inginkan? Jika Anda sudah memilih beberapa laptop yang ingin Anda beli, Anda juga bisa menggunakan Shopee Express, yang merupakan salah satu sistem jasa pengiriman dari Shopee, untuk mengantarkan semua barang Anda dengan cepat dan terpercaya tentunya. Shopee Express juga menawarkan banyak promo menarik, seperti Gratis Ongkir Setiap Hari, Waktu Pengiriman Cepat, dan Pengiriman dijamin aman oleh pihak Shopee.(der)

5 Tips Sukses Masuk PTN, Ini Caranya

Happy young university students studying with books in library. Group of multiracial people in college library. (Ilustrasi)

MALANGVOICE – Bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri adalah dambaan setiap orang. Terlebih lagi jika PTN tersebut sudah diidam-idamkan sejak dulu. Banyak yang mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, serta budget-nya untuk bisa lolos dan menempuh pendidikan di PTN favoritnya.

Tak sedikit siswa yang mengambil bimbel, kelas tambahan, atau belajar sendiri melalui aplikasi belajar online supaya bisa lolos ke PTN impiannya. Ada berbagai tips masuk PTN yang bisa kamu coba, di antaranya sebagai berikut:

Tentukan Jurusan yang Tepat

Pentingnya target dalam hidup itu juga berlaku saat seseorang memutuskan untuk memilih jurusan kuliahnya. Jangan memilih sesuatu yang tidak sesuai dengan minat serta bakat karena ke depannya akan banyak sekali kesulitan yang mungkin dihadapi. Pilihlah jurusan yang memang sudah kamu minati sejak dulu, sehingga nanti ketika kamu menjalaninya, tidak akan terasa berat atau membebani.

Setiap orang pasti memiliki cita-cita yang ingin diraih dalam hidupnya. Ini bisa menjadi petunjuk awal akan jurusan apa yang tepat untuk dipilih. Saat mengetahui minat dan bakat terhadap program studi tertentu, kamu bisa lebih fokus dalam belajar dan memiliki tujuan yang jelas.

Terus Mengembangkan Diri

Dunia pendidikan terus berkembang setiap saat. Karena itu, kamu harus selalu belajar dan terus mengembangkan diri. Bukan hanya pada mata pelajaran tertentu saja, melainkan dalam berbagai aspek keahlian lain. Semakin banyak prestasi yang dicetak, maka akan semakin besar peluang untuk bisa masuk PTN favorit.

Prestasi ini bisa menjadi salah satu alternatif masuk kampus tanpa seleksi. Hampir semua kampus menerapkan strategi menggunakan prestasi yang dimiliki calon mahasiswanya. Keahlian serta pengalaman memang selalu lebih unggul dibandingkan pandai berteori tanpa ada praktek di dalamnya.

Rencanakan Ikut Tes Masuk PTN

Informasi seputar seleksi masuk perguruan tinggi negeri itu selalu update setiap tahunnya. Bahkan, tes masuk PTN selalu dibuka dalam beberapa jalur penerimaan khusus, seperti SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Ikuti semua tes masuk untuk memperluas peluang diterima. Jika gagal di jalur SNMPTN, cobalah berjuang melalui jalur SBMPTN.

Tes masuk perguruan tinggi negeri memang mengambil dasar-dasar soal dari pelajaran yang sudah dipelajari di bangku sekolah. Pentingnya untuk sering latihan soal menjadi hal wajib untuk rutin dilakukan menjelang tes masuk PTN. Cobalah memperbanyak latihan soal tryout melalui aplikasi belajar online atau beberapa situs serupa lainnya.

Update dengan Informasi Terkini

Jika semua tips sukses masuk PTN di atas dirasa sudah dilakukan dengan benar, jangan lupa juga untuk selalu mencari informasi terkini. Ini menjadi hal yang penting agar kamu tidak ketinggalan atau melewatkan informasi pendaftaran. Sebab, nantinya akan merepotkan jika sampai ketinggalan informasi pendaftaran.

Biasanya informasi seputar pembukaan PTN ini selalu diumumkan melalui website resmi maupun sosial media kampus terkait. Tak jarang juga, informasi hadir dari mulut ke mulut. Pada intinya, selalu cari informasi tersebut dan pastikan kamu tidak melewatkan semua kesempatan.

Berdoa dan Optimis

Ada ungkapan usaha tanpa doa itu sombong, doa tanpa usaha sama saja bohong. Berdasarkan hal tersebut, kita dapat memahami bahwa doa dan usaha adalah dua hal yang sangat penting dan harus dilakukan beriringan. Di samping itu, pentingnya memiliki sikap optimis namun tetap berserah diri kepada Tuhan menjadi hal wajib yang harus dimiliki setiap insan manusia.

Itulah beberapa tips masuk PTN yang mungkin perlu kamu ketahui dan lakukan. Tetap semangat belajar dan jangan lupa berdoa supaya apa yang kamu harapkan dapat terwujud. Penting juga untuk selalu menjaga kesehatan agar saat waktu tes masuk PTN badan tetap fit dan tidak drop. Sekian dan semoga tips masuk PTN di atas bermanfaat ya!