Ingin Melakukan Waxing? Perhatikan Risikonya Terhadap Kesehatan Kulit

Ilustrasi waxing (foto: alodokter.com)
Ilustrasi waxing (foto: alodokter.com)

MALANGVOICE – Bagi wanita, tumbuh bulu di area tubuh tertentu bisa sangat mengganggu penampilan. Sehingga tidak sedikit kaum wanita memilih perawatan waxing.

Waxing adalah pola penghilangan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya.

Meski waxing dinilai sebagai cara mudah dan efektif untuk menghilangkan rambut di seluruh tubuh Anda. Sebelum melakukan waxing, sebaiknya perlu mengetahui efek samping atau bahaya waxing untuk kesehatan Anda.

Melansir dari laman Boldsky.com berikut MVoice merangkum beberapa efek samping dari waxing.

1. Perdarahan Kecil di Bawah Kulit

Pada orang yang memiliki kulit sangat sensitif, akan timbul benjolan kemerahan, ruam kulit, atau perdarahan kecil di bawah kulit setelah melakukan waxing.

Hal itu juga dapat terjadi setelah Anda melakukan waxing di daerah sensitif, seperti bikini atau daerah kemaluan.

2. Kemerahan dan Iritasi

Kebanyakan orang yang melakukan waxing mengalami kulit kemerahan dan iritasi setelahnya. Iritasi kulit ini dapat mudah diatasi dengan menggunakan kompres dingin selama beberapa menit setelah melakukan waxing.

3. Rambut Tumbuh ke Dalam

Tidak hanya mencukur saja yang membuat pertumbuhan rambut menjadi ke dalam. Efek serupa juga dapat terjadi ketika melakukan waxing.

Namun, untuk menghindari rambut yang tumbuh ke dalam, hal yang dapat Anda lakukan yakni eksfoliasi menggunakan scrub pada bagian tubuh yang hendak di waxing.

4. Pengenduran pada Kulit

Kulit mengendur adalah efek samping terbesar setelah melakukn waxing. Hal tersebut dapat terjadi lantran waxing akan menarik paksa kulit untuk mencabut bulu. Sehingga kulit kehilangan keelastisitasnya dengan penarikan yang konstan.

Nah, sehingga disarankan untuk tidak waxing terlalu sering. Berikan jeda sebulan setiap kali waxing. Kemudian tetap menjaga kelembapan dan nutrisi kulit.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Hindari Penggunaan Scrub Wajah saat Kulit dalam Kondisi Ini

Ilustrasi. (Foto: shutterstock)
Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

MALANGVOICE – Scrub wajah merupakan salah satu jenis perawatan yang diketahui dapat secara efektif membersihkan wajah dari kotoran, mengecilkan pori-pori hingga mengangkat sel-sel kulit mati.

Namun, sayangnya tak sedikit para wanita justru mengalami iritasi selama proses pengelupasan kulit atau exfoliation.

Sebab wajah merupakan bagian kulit yang sangat lembut dan sensitif. Oleh sebab itu, mengapa Anda perlu berhati-hati dalam penggunaan scrub wajah.

Melakukan scrub wajah ada aturannya lho. Berikut MVoice merangkum beberapa kondisi kulit yang sebaiknya tidak menggunakan scrub wajah atau tidak melakukan eksfoliasi.

1. Kondisi Kulit Ekstra Kering

Kulit kering cenderung lebih sensitif. Di saat kamu menggunakan scrub wajah, maka butir scrub justru mampu membuat kulit jadi terluka dan teriritasi.

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, pilihlah chemical exfoliator seperti kandungan glycolic acid yang ada di dalam toner, sehingga bekerja lembut mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit secara lebih baik.

2. Kondisi Kulit Berjerawat

Bagu Anda yang memiliki wajah sensitif atau tengah berjerawat, sebaiknya menghindari perawatan yang melibatkan scrubbing.

Sebab, mengikis kulit mati mengakibatkan jerawat lebih parah karena meningkatkan risiko tersebarnya bakteri ke bagian wajah lainnya. Sebagai solusinya, Anda dapat memakai kain atau sikat lembut saat ingin eksfoliasi.

3. Kondisi Kulit Telah Melakukan Chemical Exfoliation

Perawatan eksfoliasi bisa dilakukan beragam cara mulai eksfoliasi fisik menggunakan scrub, atau eksfoliasi kimia alias chemical exfoliation menggunakan kandungan acid seperti AHA dan BHA.

Proses chemical exfoliation biasanya akan menjadikan kulit lebih sensitif untuk sementara waktu. Dan di saat Anda menggunakan scrub, tentunya kulit akan terasa perih. Sehingga memicu timbulnya iritasi hingga breakout.

Jadi, gunakan produk lembut yang dapat memberikan efek soothing di saat kamu telah mengaplikasikan produk chemical exfoliation.

Perlu diketahui pengikisan kulit mati baik dengan scrubbing atau alat sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Hal tersebut dapat menyebabkan sejumlah efek samping negatif, seperti membuat kulit dehidrasi, bersisik, kemerahan, sensasi terbakar hingga hiperpigmentasi.

Disarankan agar Anda mengeksfoliasi kulit setiap dua sampai tiga hari sekali saja.(hmz/ulm)

BNN Kota Malang

Ini Alasan Perempuan Hamil Mengalami Pusing Hingga Mau Pingsan

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

MALANGVOICE – Pusing saat masa kehamilan seringkali dikeluhkan perempuan. Baik di trimester pertama, kedua atau bahkan hingga sampai ketiga.

Bahkan salah satu pusing yang dialaminya bisa sampai berujung pingsan selama hamil. Namun, tidak semua perempuan hamil mengalami hal tersebut.

Beberapa perempuan ada yang mengalami masa kehamilannya mudah hingga sampai melahirkan.

Terlepas dari itu, terkait masalah pusing di masa kehamilan, berikut MVoice merangkum beberapa alasannya tiap trimester :

Trimester Pertama

Di trimester pertama ini, pada umumnya disebabkan oleh perubahan hormon. Kemudian karena perubahan melebarkan dinding pembuluh darah.

Kedua hal itulah yang menimbulkan penurunan tekanan darah pada perempuan hamil. Akibatnya membuat pusing dan lemas.

Kemudian, saat itu pula tubuh sedang menyesuaikan diri menjaga makanan dan cairan tubuh.

Trimester Kedua

Pada trimester ini, pada umumnya disebabkan adanya peningkatan volume darah hingga 30%.

Hal ini karena janin sedang tumbuh dan menekan pembuluh darah. Akibatnya, saat tekanan darah meningkat menyebabkan pening dan pusing.

Disisi lain, perempuan pusing bisa juga dehidrasi dan kepanasan dan kurang cairan tubuh dan menyebabkan tubuh lemas.

Kemudian, alasan lain yaitu karena turunnya kadar gula darah. Hal itu menyebabkan pusing pada perempuan hamil.

Maka dari itulah, perlu asupan karbohidrat cukup selama masa kehamilan.

Dan untuk masalah ini tidak hanya terjadi di trimester pertama dan kedua. Bisa jadi juga terjadi di trimester ketiga.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

MPM Beri Tips Persiapan dan Teknik Berkendara di Musim Hujan

Ilustrasi berkendara di musim hujan (istimewa)
Ilustrasi berkendara di musim hujan (istimewa)

MALANGVOICE – Saat musim hujan menjadi suatu tantangan bagi pengendara motor karena jalanan yang dilewati licin dan dipenuhi genangan air bisa jadi menjadi bahaya. Oleh karena itu, beberapa hal ini yang harus disiapkan oleh pengendara motor yang akan melakukan perjalanan agar aman berkendara saat Hujan.

1. Persiapkan Jas Hujan .
Gunakan jas hujan dengan model baju dan celana . Selain terhindar dari basah juga agar lebih flexible dan bisa meliindungi tubuh ketika terjatuh.

2. Jaga Jarak
Pada saat berkendara di saat hujan, jarak pandang akan terhalang oleh derasnya hujan sehingga bisa terjadi pengereman secara mendadak yang akan mengakibatkan bertabrakan. Oleh karena itu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

3. Nyalakan Lampu Kendaraan.
Pastikan lampu kendaraan menyala agar mudah terlihat oleh kendaraan di depan. Seperti Fitur AHO (Automatic Headlight On) yang ada di motor Honda adalah fitur dimana lampu utama pada motor akan tetap menyala secara otomatis sejak mesin motor pertama kali dihidupkan.

4. Cek Kondisi Ban.
Segera ganti ban apabila sudah gundul agar tidak mudah Selip ketika berkendara dijalan yang licin dan basah.

5. Hindari Melintasi Rel Kereta Api
Apabila memang harus melewati rel kereta api dan untuk menghindari motor tergelincir akibat rel basah dan licin, kurangi kecepatan. Pastikan melintasi rel kereta tersebut dengan posisi roda memotong rel tegak lurus dan hindari penggunaan rem depan. Jangan berkendara dengan posisi roda menyerong karena bisa mengakibatkan motor tergelincir.

6.Tingkatkan Kewaspadaan.
Saat berkendara visibilitas akan menurun ketika hujan .

“Jika hujan semakin deras lebih baik berhenti dan berteduh di tempat yang aman untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan oleh alam dan lingkungan,” ujar Instruktur Safety Riding MPM, Hari Setiawan.(Der/Aka/Adv)

BNN Kota Malang

Tips Perawatan Motor Matic Pasca Kena Banjir

istimewa
istimewa

MALANGVOICE – Memasuki musim hujan di awal tahun ini, ada beberapa daerah yang terendam banjir. Untuk itu beberapa hal berikut yang penting diperhatikan jika kendaraan bermotor terkena banjir atau melewati rute jalan yang terkena banjir.

Setelah melewati banjir jangan langsung menghidupkan mesin, tetapi cek beberapa hal berikut ini :

1. Pastikan tidak ada air yang masuk cylinder. Air yang masuk ke dalam cylinder saat piston bergerak naik turun dapat menyebabkan water hammer. Apabila ini terjadi, maka dapat berakibat pada kerusakan yang cukup parah. Untuk memastikan tidak kejadian water hammer, maka dapat dilakukan dengan melepas busi terlebih dahulu sebelum di start dan pastikan tidak ada air di ruang bakar/cylinder. Air dapat masuk ke cylinder melalui saluran intake/filter udara ataupun dari saluran gas buang / kalpot.

2. Periksa dan ganti filter udara bila perlu.
Filter udara merupakan komponen dari motor yang perlu diperhatikan, karena letaknya di bawah dan resiko terkena air apabila melewati banjir.

3. Periksa dan bersihkan konektor cable dari air. Soket yang terendam atau terkena air saat banjir dapat menyebabkan konslet karena adanya hubungan antar pin soket oleh air. Jadi bersihkan soket-soket dengan contact cleaner.

4. Bersihkan dan ganti greace CVT karena ketika melewati banjir air masuk ke ruang CVT. dikhawatirkan masih ada sisa air, sehingga menggangu kinerja CVT. Pastikan CVT dalam kondisi kering & greace yg digunakan sesuai dengan grade greace CVT

5. Periksa oli. Apakah berwarna seperti susu (milky oil/ada indikasi terkontaminasi air) atau warnanya normal, jika terjadi milky oil ,mesin harus dikuras dan di bersihkan dengan oli berulang ulang sampai warna olinya normal. Untuk matic, oli yang harus diperiksa adalah olie mesin dab olie transmisi/olie gardan.

6. Pembersihan kampas rem depan dan belakang.
Hal ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan ada pasir yang masuk di area kampas rem.

7. Untuk motor manual dengan rantai belakang, lumasi rantai dengan chian lube. Untuk menjaga performa & keawetan rantai roda.

“Terpenting jika melewati genangan banjir dan knalpotnya terendam air, pastikan tidak ada air di knalpot. Apabila sudah terendam air dan motor tidak bisa nyala, segera hubungi AHASS terdekat,” ujar Technical Service Division Head MPM, Satyo Prahnowo.

MPM beserta jaringan AHASS menyediakan pit express bagi konsumen yang tidak mempunyai waktu dan ingin melakukan perawatan motor kesayangannya. Dengan Pit Express maka konsumen yang hanya ganti part fast moving seperti kampas rem, filter ataupun olie mesin dapat menghemat waktu karena disediakan jalur khusus untuk layanan ganti part tersebut.

Selain konsumen dapat menghubungi layanan Honda Care di Hotline ( Bebas Pulsa ) 0-800-11-46632 apabila motor mogok di jalan.(Der/Aka/Adv)

BNN Kota Malang

Sering Gagal Diet? Tambahkan Minuman Kunyit dalam Daftar Diet Anda

ilustrasi. (Hallo Sehat)
ilustrasi. (Hallo Sehat)

MALANGVOICE – Jika Anda telah mencoba berbagai macam diet, namun tetap saja kurang maksimal. Anda dapat menambahkan minuman sehat ini ke dalam daftar diet Anda.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, rempah-rempah ini diklaim mampu menurunkan berat badan.

Ya, kandungan kurkumin pada kunyit membantu menghambat pembelahan sel, khususnya sel-sel lemak. Dengan demikian, mencegah pembentukan jaringan lemak baru dan penambahan berat badan.
Senyawa ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Kunyit juga mencegah resistensi insulin dan membantu mengatur kadar glukosa darah, sehingga mencegah lemak tubuh menumpuk.

Dilansir dari She Finds, minum ramuan kunyit hangat di pagi hari adalah cara yang tepat untuk meningkatkan metabolisme di pagi hari dan membakar kalori dengan cepat.

Caranya, rebus empat gelas air kemudian tambahkan dua sendok kunyit, Anda juga dapat menambahkan jahe. Biarkan campuran rempah-rempah ini hingga mendidih. Terakhir, Anda bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis.

Tambahan dua bahan ini untuk meningkatkan sifat antioksidan dan antimikroba dalam campuran dan meningkatkan rasa minuman tersebut.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Menyiram Air Panas ke Daging Ayam Beku, Ini Bahayanya

Ilustrasi daging ayam mentah. (Foto: Hallosehat.com)
Ilustrasi daging ayam mentah. (Foto: Hallosehat.com)

MALANGVOICE – Adanya kulkas memudahkan kita menyimpan daging ayam mentah tetap segar. Sehingga, daging ayam tetap terjaga dan berkembang biaknya bakteri bisa dicegah.

Akan tetapi, ternyata masih banyak yang salah saat akan mengolahnya. Yaitu, menyiramkan air panas ke daging ayam mentah yang beku agar bisa segera dimasak.

Padahal, perlu diketahui bahwa cara tersebut salah. Diketahui bisa mengundang beberapa bahaya yang dimungkinkan terjadi.

Sebagai mengutip dari berbagai sumber. Beberapa bahaya tersebut diantaranya yaitu:

1. Bakteri Mudah Berkembang

Mudahnya bakteri berkembang itu disebabkan suhu hangat akibat daging ayam beku yang disiram air panas. Bahkan, adanya perubahan suhu secara drastis itu bisa berubah membusuk.

Lebih parahnya, daging ayam beku itu bisa mengandung racun. Dengan catatan jika dibiarkan terlalu lama dalam keadaan tersebut di suhu ruangan.

2. Bagian Dalam Daging Masih Beku

Jangan dipikir, menyiram air panas ke daging beku semua bagiannya meleleh. Diketahui, melelehnya hanya bagian luar dan tidak dalamnya.

Sehingga, mau tidak mau pun harus tetap menunggu hingga bagian dalamnya mencair. Dan selama waktu itulah bakteri akan cepat berakumulasi mengontaminasi daging ayam.

Oleh karena itulah, sebelum memasak daging ayam yang dibekukan. Disarankan agar mengeluarkan 2 jam sebelumnya dan dibiarkan cair dengan sendirinya.(Der/Aka/MG1).

BNN Kota Malang

Ikuti Cantik Ala Artis Korea dengan Skincare Ini

Evening Standart.
Evening Standart.

MALANGVOICE – Di tahun 2020 ini Anda harus bisa mengubah penampilan. Anda bisa saja menirukan perawatan wajah ala artis Korea, loh. Apa saja sih perawatan atau skincarenya?

Berikut MVoice telah merangkum tips skincare yang digunakan artis Korea, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Wash of-Mask

Personel Blackpink, Jisoo mengandalkan Wash-Off Mask Lush Mask of Magnaminty sebagai skincare rutin. Skincare ini, menurutnya sangat ampuh dalam mengatasi jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan daun mint di dalam masker tersebut juga menimbulkan sensasi dingin dan segar setelah digunakan.

2. Jelly Pack

Pemeran Ki Seung Nyang dalam drama Korea Empress Ki, Ha Ji Won menggunakan skincare Jelly Pack untuk melembapkan kulit wajah.

Pria berusia 41 tahun ini memang sangat terobsesi membuat kulitnya lembap. Setelah membersihkan wajah, ia biasanya mengaplikasikan Jelly Pack untuk mengembalikan kelembapan pada kulit.

3. Sheet Mask

Sheet Mask sangat digemari oleh artis Korea baik perempuan dan laki-laki. Salah satunya artis Korea yang gandrung dengan Sheet Mask adalah Park Shin Hye.

Bintang drama Korea The Doctors ini rajin menggunakan Sheet Mask setiap hari, terlebih saat sibuk syuting. Menurutnya, menerapkan Sheet Mask setiap hari membuat kulitnya tetap terhidrasi dan lebih segar.

4. Face Mask

Tiffany Young mengatakan hal paling penting dalam menerapkan metode kecantikan Korea adalah Face Mask. Ia rutin menggunakan skincare Multi Action Treatment Mask dari Hanacure.

Di usianya yang sudah menginjak 30 tahun, Face Mask membantunya melawan tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Selain itu Face Mask juga mampu menghilangkan sel kulit mati penyebab wajah kusam.

5. Clay Mask

Member SNSD, Yoona, memilih skincare Clay Mask. Ia rajin menggunakan Jeju Volcanic Color Clay Mask dari Innisfree. Masing-masing warna Jeju Volcanic Color Clay Mask memiliki fungsi yang berbeda dan disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit.

BNN Kota Malang

Coba Rambut Halus dengan Masker Pisang

ilustrasi. (news.in-cosmetics.com)
ilustrasi. (news.in-cosmetics.com)

MALANGVOICE – Memiliki rambut yang indah tentunya harus merawatnya secara rutin. Anda biasanya pergi ke salon atau membeli berbagai macam produk hair care bukan?

Nah, sekarang Anda bisa membuat masker rambut sendiri hanya dengan menggunakan dua bahan alami, yakni pisang dan minyak brahmi.

Dilansir dari Health Line, pisang mengandung silica yang cukup tinggi. Rambut Anda akan menjadi sangat halus karena ada kandungan silica ini.

Sementara, minyak brahmi merupakan minyak tradisional ayurveda dari India yang juga kerap kali digunakan untuk merawat kesehatan rambut para perempuan di sana. Minyak ini, tulis Nao Ayurveda, mengandung brahmi, amla, dan bhringaraj yang mampu memperkuat batang dan akar rambut.

Untuk cara membuatnya, Anda harus menyiapkan satu buah pisang yang matang, dan satu sdm minyak brahmi. Blender pisang atau Anda juga bisa menghancurkannya menggunakan sendok makan. Kemudian saring, sehingga biji dan seratnya yang besar tidak akan menyangkut pada rambutmu nanti. Setelah disaring, campurkan dengan satu sdm minyak brahmi hingga merata.

Sebelum menggunakan masker ini, Anda sebaiknya keramas terlebih dahulu kemudian aplikasikan masker ini selama 20-60 menit lalu bilas ya. (Der/Ulm)

BNN Kota Malang

Mengenal Tren Baru Manfaat Air Jamur, Disinyalir untuk Kecantikan juga Lho

Ilustrasi jamur
Ilustrasi jamur

MALANGVOICE – Seiring bergantinya waktu, dunia perawatan kecantikan kini semakin inovatif. Setelah tren infused water dari berbagai buah-buahan segar, sekarang ada air jamur.

Melansir dari laman purewow.com, jamur memiliki kandungan vitamin D, antioksidan, dan serat tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk untuk meningkatkan energi dan suasana hati. Serta meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa jamur yang dianggap mengganggu dan ada jamur yang dapat diolah menjadi makanan lezat.

Jenis jamur seperti Chagas diketahui memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi dan suasana hati.

Lalu, jenis Cordyceps untuk meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh, surai singa untuk meningkatkan fungsi otak, dan reishi untuk melawan tumor, serta kanker otak.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jamur juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kandungan dalam jamur dapat membuat kulit, rambut, dan kuku menjadi lebih sehat.

Nah, salah satu cara pemanfaatan jamur yakni diolah dan diambir airnya. Cara membuat air jamur pun cukup mudah.

Pertama, jamur harus dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, jamur ditumbuk hingga menjadi bubuk dan dicampurkan dengan air. Kemudian untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, air jamur dapat diminum atau digunakan untuk mencuci muka.

Perlu diketahui, sebelum mengonsumsi air jamur sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.(Der/Aka)

BNN Kota Malang

Komunitas