Makeup Wajib yang Harus Disiapkan untuk Dewy Look

ilustrasi. (YouTube)

MALANGVOICE – Meski tren lama, makeup dewy look saat ini mulai hits kembali. Ya, tampilan makeup natural ala Korea ini bikin wajahmu terlihat glowing, loh.

Nah, jika Anda ingin makeup dewy look, cobalah seperti beauty blogger, Stephanie Rose. Apa saja sih makeup wajib yang perlu disiapkan? Yuk, simak tipsnya.

1. Foundation

Tampilan dewy look yang berhasil ternyata dimulai dari pemilihan foundation yang tepat. Jadi, gunakan foundation yang memiliki formula satin atau jika kulit Anda kering maka pilihlah yang ada kandungan sheer di dalamnya.

Nah, jadi pilihlah foundation yang membuat kulit Anda tampak berminyak bukan sebaliknya, karena esensi dari tampilan dewy look adalah glowing.

2. Gunakan Powder

Salah satu trik yang harus diperhatikan untuk tampilan dewy look adalah penggunaan sedikit bedak pada wajah. Jika Anda menggunakan bedak terlalu banyak, maka akan membuat efek kesat bahkan cakey atau menggumpal di wajah.

Aplikasikan bedak di bagian area T-Zone yaitu dahi, hidung, dan dagu di mana hanya untuk menyamarkan spot-spot kusam di wajah.

3. Cream Blush

Gunakan Cream Blush On. Dengan mengaplikasikan cream blush pada pipi, maka Anda akan mendapatkan efek shimmer atau kilau di wajah yang memang sesuai dengan dewy look.

4. Gunakan Highlighter Cair

Pakai highlighter dengan tekstur krim atau cair untuk hasil dewy look yang sempurna. Saat Anda menambahkan highlighter di atas cream blush, maka Anda akan mendapatkan efek pada kulit yang terlihat lembut dan glowing.

5. Lipstik

Gunakan lipstik glossy yang mampu memberikan efek lembab dan glossy pada bibir. Ini menambah kesan natural dan glowing.

Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba! (Der/Ulm)

Bersihkan Organ Intim Wanita Jangan Asal-asalan, ini Caranya

ilustrasi. (Mickpcl.pw)

MALANGVOICE – Menjaga kebersihan organ intim wanita memang sangat penting. Namun, sekilas memang hanya tampak seperti organ kecil yang mudah dirawat. Namun, vagina berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim.

Oleh karena itu, perawatan harus dilakukan dengan tepat. Lalu seperti apa cara membersihkan area kewanitaan dengan tepat? Berikut cara membersihkan Miss V, yang berhasil dirangkum MVoice dari berbagai sumber.

1. Mencuci Dengan Benar

Penggunaan sabun wangi, gel, dan antiseptik dapat mempengaruhi keseimbangan yang sehat dari bakteri dan tingkat pH di dalam vagina yang akan menyebabkan iritasi.

Maka, gunakan sabun yang polos dan tanpa pewangi untuk mencuci daerah V dengan lembut setiap hari. Vagina akan membersihkan dirinya sendiri dengan menggunakan cairan vagina alami.

Menurut Dr Suzy Elneil, seorang konsultan uroginekologi di University College Hospital London, saat Anda sedang haid, membersihkan vagina lebih dari sekali dalam sehari dapat membantu Anda untuk merawat daerah V.

2. Pakai Kondom

Pakai kondom saat berhubungan seks dengan pasangan, berfungsi sebagai penjaga tingkat pH vagina, yang berarti bahwa bakteri baik seperti lactobacilli dapat bertahan hidup di sana. Bakteri tersebut sangat penting karena mereka merupakan bakteri yang dapat membantu mencegah infeksi ragi, ISK (Infeksi Saluran Kemih), dan vaginosis bakteri.

3. Jangan Semprot Air ke Vagina

Ketika Anda sedang membilas bagian organ intim, jangan langsung mengarahkan selang ataupun air ke arah vagina. Arahkan ke bagian depan vagina agar air turun ke bawah sehingga bakteri tidak mudah masuk ke bagian vagina.

4. Pakai Celana Dalam Katun

Pakailah bahan katun untuk kenyamanan Anda. Mungkin sesekali Anda bisa menggunakan bahan yang berenda, jenis g-string hanya untuk pada beberapa kali saja. Katun dapat menyerap keringat pada organ intim Anda.

5. Pilih Tisu yang Tepat

Apabila menggunakan tisu untuk mengeringkan vagina, pilihlah tisu yang lembut. Hindari menggunakan tisu makan yang kasar karena berpotensi menyebabkan iritasi kulit di area tersebut, perhatikan agar serat-serat tisu tidak tersisa menempel di permukaan vagina. Karena dapat mengakibatkan gatal dan menjadi salah satu sarana bakteri dan jamur berkembang akibat lembap.(Der/Aka)

Resep Deodoran Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Istimewa

MALANGVOICE – Deodorant kerap dipakai jadi pelindung diri sebagai anti bau badan. Tak ayal, deodorant pasti dimiliki setiap orang agar menambah percaya diri.

Nah, saat keadaan mendadak dan tanggal tua, kebetulan deodorant habis, kalian bisa membuat sendiri di rumah.

Melansir dari Boldsky, MVoice akan membagikan resep deodoran buatan sendiri DIY yang mudah dengan bahan-bahan sederhana.

Ini adalah roll-on seperti deo yang bisa Anda gosokkan pada ketiak, leher, atau telapak tangan Anda agar berbau harum. Berikut MVoice akan memaparkan prosedur membuatnya.

Bahan Resep Deodoran Homemade DIY:

1/3 cangkir minyak kelapa extra-virgin, 3 sendok makan lilin lebah parut, 2 sendok makan shea butter, 1/3 cangkir kecil tepung maizena, 1 sendok makan baking soda, 20 tetes minyak esensial (pohon teh, kemenyan, lavender atau patchouli), 1 wadah deodoran 1 ketel ganda

Metode: Siapkan ketel ganda pada kompor gas. Pastikan panasnya rendah. Pertama, masukkan lilin lebah dan biarkan meleleh lambat. Setelah sepuluh menit, mulailah memasukkan shea butter ke dalam lilin lebah, dengan hati-hati.

Saat lilin lebah dan shea butter menghangat bersama, padukan dengan sekop untuk menghindari gumpalan. Dalam jeda lima menit, tambahkan minyak kelapa extra-virgin di bagian yang tepat.

Ketika semua bahan benar-benar cair dalam tekstur, lalu matikan api. Sekarang, Anda harus menambahkan soda kue dan tepung jagung. Gunakan sekop untuk mencampur bubuk sepenuhnya dalam lilin, mentega, dan minyak.

Bahan terakhir yang ditambahkan ke deodoran DIY buatan rumah Anda adalah minyak esensial pilihan Anda. Pilih rasa pilihan Anda dan jangan memasukkan lebih dari 20 tetes. Kelebihan minyak esensial merusak deodoran buatan sendiri DIY. Dalam keadaan cair, tuangkan campuran ke dalam wadah deodoran, tutup dan biarkan semalaman.

Pagi berikutnya, deodoran buatan DIY Anda siap digunakan.(Der/Aka)

Cabai Rawit Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Rambut? Begini Caranya

istimewa

MALANGVOICE – Rambut rontok menjadi permasalahan umum yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti polusi, perubahan gaya hidup dan bahkan ketidakseimbangan hormon. Sebagai hasil dari ini menyebabkan masalah terkait rambut lainnya seperti ketombe, kerusakan, ujung bercabang, yang akhirnya menyebabkan rambut rontok.

Melansir dari laman Boldsky, ternyata cabai rawit dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal itu karena Capsaicin dalam cabai rawit membantu merangsang pertumbuhan rambut. Saat digunakan topikal, cabai rawit juga dapat membantu memberikan rambut yang berkilau dan halus.

Berikut MVoice akan memberikan serangkaian tips bagaimana menggunakan cabai rawit untuk menumbuhkan rambut.

1. Minyak zaitun dan cabe rawit

Bahan yang dibutuhkan yakni 1 cangkir minyak zaitun dan 5-6 cabai rawit. Kemudian cara melakukannya mudah, yakni pertama-tama Anda perlu memotong cabai rawit menjadi potongan-potongan kecil lalu tambahkan ke minyak zaitun.

Setelah itu simpan ini di tempat yang dingin selama sekitar 10-15 hari. Kemudian saring minyak dan pisahkan lada. Ambil beberapa tetes minyak ini dan mulai oleskan pada rambut Anda dan kulit kepala membentuk akar ke ujung rambut. Biarkan selama sekitar satu jam. Kemudian bilas menggunakan sampo ringan. Ikuti metode ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

2. Minyak jarak dan cabai rawit

Bahannya 1 cangkir minyak jarak dan 2 sdm bubuk cabai rawit. Cara melakukan yang Anda butuhkan adalah mencampurkan minyak jarak dan cabai rawit ke dalam toples. Simpan minyak ini di tempat yang sejuk dan jauhkan dari sinar matahari selama hampir 2 minggu.

Kemudian ambil satu sendok makan minyak dan oleskan pada kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan selama 30 hingga 40 menit dan cuci dengan sampo ringan. Anda dapat mengikuti ini 3-4 kali dalam seminggu.

3. Cuka Sari Apel Dan Ekstrak Cayenne

Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 sdm cuka sari apel, 1-2 tetes ekstrak cabai. Bagaimana melakukannya? Dalam mangkuk bersih campur bersama-sama cuka sari apel dan ekstrak cabai. Oleskan ini di kulit kepala dan rambut Anda.

Pijat dengan gerakan memutar dengan bantuan ujung jari Anda. Biarkan campuran selama beberapa menit dan kemudian bilas menggunakan air normal. Mengulangi obat ini sekali atau dua kali seminggu dapat memberikan Anda hasil yang diinginkan.

4. Minyak kelapa dan cabe rawit

Siapkan ½ cangkir minyak kelapa, ½ cangkir minyak zaitun, dan 2 sdm bubuk cabai. Bagaimana melakukannya? Pertama campuran minyak kelapa dan bubuk cabai dan simpan dalam botol kaca.

Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari selama 2 minggu.

Ambil beberapa tetes minyak ini pada rambut Anda dan mulai oleskan pada rambut dan kulit kepala Anda. Biarkan selama 30 menit dan cuci dengan sampo ringan. (Der/Ulm)

Leher Menghitam? Bersihkan Dengan Bahan-bahan Alami ini, Apa Saja?

ilustrasi. (The Fit Indian)

MALANGVOICE – Kotoran yang menempel pada kulit dan dibiarkan atau tidak dibersihkan, maka dalam jangka waktu lama daki tersebut bisa saja membuat kulit menjadi hitam.

Daki sering menumpuk pada kulit yang memiliki lipatan, seperti ketiak, selangkangan bahkan di leher.

Penyebabnya, yakni bertambahnya usia dan sengatan sinar matahari menjadi penyebab utama warna kulit di belakang leher yang menjadi gelap. Penyebab lainnya adalah diabetes, kelainan genetis, perilaku sehari-hari yang tidak bersih dan juga bertambahnya atau berkurangnya berat badan secara tiba-tiba.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan daki di bagian belakang leher dengan bahan-bahan alami.

1. Lidah Buaya

Caranya, siapkan satu batang tanaman lidah buaya lalu belah menjadi dua bagian dan kemudian gosokan gel lidah buaya pada area sekitar kulit leher. Berikan sedikit pijatan ketika mengoleskan gel lidah buaya tersebut, lalu setelah itu diamkan dan biarkan saja gel lidah buaya tersebut menempel pada kulit Anda selama kurang lebih 15-20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

2. Mentimun

Caranya, haluskan mentimun secukupnya, bisa diparut atau diblender. Setelah halus, silahkan oleskan pada leher yang berdaki dan gosok-gosok sambil diberikan pijatan perlahan. Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Jeruk Nipis

Caranya, siapkan satu buah jeruk nipis yang masih segar. Kemudian belah menjadi dua, lalu gosokan secara perlahan dan tidak terlalu kuat atau pun tidak terlalu pelan pada kulit leher yang berdaki. Lakukan cara ini setiap hari agar daki membandel pada leher bagian belakang Anda segera rontok dan kulit pada leher menjadi bersih serta putih.

4. Kopi Bubuk

Caranya, campurkan kopi bubuk asli dengan sedikit air hangat, lalu setelah itu bisa langsung digunakan. Oleskan pada leher yang berdaki, berikan sedikit pijatan lembut agar daki yang menempel di leher bagian belakang dan depan bisa terangkat. Lakukan cara ini setiap hari hingga daki dileher Anda benar-benar hilang.

5. Kentang dan Lemon

Caranya, campur jus lemon dan kentang yang diblender bersama kemudian oles pada kulit leher. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan tiap hari untuk hasil yang terbaik. Ramuan ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan flek hitam, atau kantung mata yang hitam serta bekas jerawat.
(Der/Aka)

Blackheads Membandel? Ikuti Tips ini untuk Menghilangkannya

ilustrasi. (ipu132vietnam.vn)

MALANGVOICE – Apakah Anda pernah mengalami blackheads? Tentunya masalah ini sangat menjengkelkan bukan. Ya, karena blackheads merupakan jenis komedo yang dapat menimbulkan titik-titik hitam di wajah.

Titik-titik hitam ini terjadi karena minyak serta kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah terpapar dengan bakteri yang berada di udara. Masalah kulit ini tentunya harus segera diatasi karena pori-pori yang kotor jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah kulit lainnya, salah satunya yaitu berkurangnya elastisitas kulit.

Nah, berikut MVoice telah merangkum tips menghilangkan blackheads yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Sering Cuci Wajah

Mencuci wajah secara rutin, dengan minimal dua kali sehari dapat membantu mencegah blackheads akibat kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori Anda.

2. Gunakan Pore Strip

Pore strip dapat membantu menghilangkan blackheads dengan cara mengeluarkan kotoran dan minyak yang tersumbat pada pori-pori kulit wajah.

Namun, metode ini tidak menghilangkan blackheads selamanya dari kulit Anda. Pore strip hanya mengangkat kotoran dan minyak yang ada di permukaan kulit saja, atau blackheads yang baru muncul di pori-pori dalam jangka waktu yang singkat.

3. Eksfoliasi

Selain kotoran dan minyak, sel kulit mati adalah salah satu hal yang juga dapat menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan eksfoliasi secara rutin dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang berkontribusi pada pembentukan blackheads di kulit.

4. Mikrodermabrasi

Jika Anda sudah familiar dengan perawatan facial, microdermabrasion atau mikrodermabrasi dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan blackheads yang membandel di kulit Anda.

5. Pilih Bahan-bahan Kosmetik

Dimethicone adalah jenis silikon yang biasa ditemukan dalam lotion, primer, dan foundation yang digunakan untuk mengisi tekstur yang tidak rata dan garis-garis halus.

Meskipun bahan tersebut tergolong aman untuk perawatan kulit, penggunaan dimethicone secara berlebihan sebenarnya telah terbukti dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat serta komedo.

Coconut oil atau shea butter juga bersifat komedogenik atau dapat menyumbat pori-pori sehingga perlu Anda hindari. Jika kulit Anda tergolong acne-prone atau berminyak, hindari produk berbahan dasar minyak karena akan menyebabkan terbentuknya lebih banyak komedo.(Der/Aka)

Kesalahan Ganti-ganti Skincare, Bisa Menimbulkan Flek?

ilustrasi. (Hindustan Times)

MALANGVOICE – Apa sebenarnya yang menyebabkan kulit menjadi rusak? Tidak pernah dirawat atau penggunaan skincare yang salah?

Ya, salah menggunakan skincare atau tidak cocok dengan produk skincare, otomatis kita akan ganti skincare bukan? Tahukah Anda, apa yang akan terjadi di kulit kita apabila sering ganti skincare?

Berikut kesalahan ganti-ganti produk skincare yang merusak kulit wajah, yang berhasil MVoice rangkum di laman Hindustan Times.

Pertama, sering coba-coba kosmetik atau skincare akan merangsang pertumbuhan jerawat, bahkan jerawat bisa tambah meradang. Kosmetik hipoalergenik adalah salah satu usaha untuk mengurangi efek samping dari kosmetik. Kosmetik jenis ini tidak mengandung bahan yang sering menimbulkan efek samping (alergi maupun iritasi) dan ditujukan bagi kulit sensitif.

Perlu diketahui, kosmetik hipoalergenik tidak seratus persen bebas dari efek samping. Biar nggak salah, konsultasi pada dokter atau ahli sangat dianjurkan.

Kedua, alergi terhadap kandungan produk kecantikan bisa dideteksi dari munculnya bintik-bintik merah kemudian disertai rasa gatal bahkan perih setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu (biasanya 24-48 jam).

Untuk itu, perhatikan selalu reaksi kulit ketika baru mengganti kosmetik, karena tidak ada bahan yang benar-benar bebas dari alergi. Hampir semua kosmetik bisa menimbulkan reaksi alergi pada pengguna tertentu. Kulit memang butuh adaptasi pada saat aplikasi pertama, tapi kalau kondisinya berlanjut makin parah mending distop saja.

Terakhir, pemakaian kosmetik atau skincare sembarangan juga dapat menimbulkan flek sebagai efek sampingnya. Biasanya orang yang terobsesi berkulit putih kemudian rajin memakai produk pemutih kulit berpotensi memelihara flek-flek putih. Sementara kandungan kosmetik yang kurang tepat dapat menyebabkan hiperpigmentasi (bercak-bercak hitam).(Der/Aka)

Kegunaan Lain Kertas Minyak Selain untuk Wajah

ilustrasi. (Alibaba)

MALANGVOICE – Kertas minyak atau oil paper biasa digunakan untuk membersihkan wajah dari minyak berlebih. Ternyata, kertas minyak juga bisa dijadikan makeup loh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kegunaan kertas minyak yang telah dirangkum MVoice.

1. Lipstik Awet

Lipstik mudah luntur saat makan dan minum? Sekarang Anda bisa terapkan ini, katupkan bibir pada kertas minyak agar kelebihan minyak dan airnya terserap. Setelahnya, baru pulas sapuan kedua. Kemudian gunakan lipstik lagi, dijamin tahan lama!

2. Dry Shampoo

Tidak punya dry shampoo untuk menyelamatkan rambut lepek? Ambil beberapa kertas minyak, lalu tempelkan ke kulit kepala. Hasilnya minyak rambut bisa terserap dan bebas lepek. Untuk menutupi rambut lepek, Anda juga bisa gunakan bedak tabur.

3. Eyeshadow Awet

Dengan kertas minyak, eyeshadow yang pecah atau luntur bisa kembali rekat di kelopak mata. Cara penggunaannya sama. Cukup tempelkan di kelopak mata di antara sapuan pertama dan kedua.

4. Bersihkan Ponsel

Menelepon berjam-jam tanpa disadari meninggalkan bercak minyak wajah pada layar ponsel? Saatnya kertas minyak beraksi. Berbeda dengan tisu yang hanya membuat minyak meleber, kerta minyak lebih jitu menyerap titik-titik noda pada layar ponsel Anda. Bagaimana, mudah bukan?(Der/Aka)

Pelembab Pagi dan Malam harus Berbeda, Kenapa?

ilustrasi. (Stylecaster)

MALANGVOICE – Moisturizer atau pelembab biasa dipakai untuk melindungi kulit wajah kita. Namun, tahukah Anda jika pelembab pagi dan malam harus berbeda?

Dilansir dari Stylecaster, pelembap pagi harus memiliki kandungan SPF yang cukup agar kulit terlindung dari paparan sinar UV. Tetapi, kadar SPF juga harus disesuaikan dengan aktivitas Anda, lho.

Sedangkan pelembab malam, kulit membutuhkan regenerasi. Agar lebih optimal, gunakan pelembap yang mengandung kolagen dan antioksidan untuk mendukung proses regenerasi tersebut.

Kemudian pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kulitmu kering, pilih yang mengandung hyaluronic acid dan ceramides untuk menjaga kelembapan sepanjang hari. Jika kulit berminyak, maka pilih pelembap dengan tekstur gel agar tidak memperparah produksi minyak di wajah dan mengakibatkan pori-pori tersumbat.(Der/Aka)

Bau Kaki? Ketahui Penyebabnya dan Obati

ilustrasi. (Youth Village)

MALANGVOICE – Apakah Anda mempunyai masalah bau kaki? Wah, pastinya sangat menggangu penampilan, bukan?

Dilansir dari healthline, bau kaki disebabkan keringat yang bercampur dengan bakteri. keringat pun jadi bau akibat asam lemak yang tumbuh menjadi jamur. Sepatu yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat dengan baik, seperti bahan plastik atau sintetik, juga lebih mudah menimbulkan bau kaki akibat kondisi kaki yang basah dan mengendap terlalu lama di dalam sepatu.

Bahkan, kaus kaki juga berperan menyebabkan bau kaki. Lantas, bagaimana tips untuk menghilangkan bau kaki?

1. Pilih Jenis Sepatu

Pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit dan sepatu yang memungkinkan kaki dapat bernapas.

2. Pilih Kaus Kaki

Sebaiknya pakai kaus kaki yang terbuat dari bahan yang memiliki kandungan wol sebesar 60-70 persen dan kandungan serat sebesar 30-40 persen.

3. Jaga Kaki Tetap Kering

Bau kaki juga bisa diatasi dengan menjaga kesehatan kaki. Seperti jaga kaki tetap kering. Jika mulai berkeringat, cuci kaki dengan lemon/garam agar bakteri mati. Kemudian keringkan kaki.

4. Spray Kaki

Gunakan juga spray khusus kaki untuk mengurangi bau akibat jamur dan bersihkan kulit kaki yang mati menggunakan air hangat, lalu keringkan secara menyeluruh.(Der/Aka)

Komunitas