4 Kebiasaan yang Sering Dilakukan tapi Sangat Pengaruhi Kesehatan

Ilustrasi gambar, (Ist).

MALANGVOICE – Ada beberapa kebiasaan yang sering kali dilakukan namun tanpa disadari sangat berpengaruh pada kesehatan.

Nah, agar tubuh tetap sehat apalagi di masa pandemi ini, berikut 4 kebiasaan yang perlu dihindari sebanyak mungkin dilansir dari The Daily Star, Ahad (4/4).

1. Terlalu Sedikit Tidur
Tidur yang kurang dalam kurun waktu jangka panjang, bisa menjadi penyebab beberapa penyakit terjadi seperti demensia, penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Selain itu, juga bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh, depresi, kecemasan dan rasa sakit yang berkelanjutan.

2. Tidak Minum Air Dulu
Saat seseorang kurang mengkonsumsi air itu akan sangat berbahaya bagi tubuh, apalagi sudah muncul gejala mudah merasa lelah, dan pusing.

Tanda-tanda lain yang menunjukkan jika tubuh perlu tambahan air yakni Mata atau kulit kering, mulut kering, kencing gelap, atau tidak banyak kencing. Jadi sebaik mungkin perlu mengkonsumsi air sesering mungkin agar tubuh tetap fresh.

3. Menggunakan Kapas Telinga
Saat menggunakan Kapas Telinga terkadang anda tidak mengetahui jika mungkin akan mendorong kotoran lebih dalam, dan jika terlalu dalam masuk ke liang telinga dapat membahayakan gendang telinga. Itu bisa menyebabkan gangguan pada pendengaran.

Maka sebaik mungkin jangan terlalu sering dalam menggunakan Kapas Telinga, supaya tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.

4. Tidak Melihat Interaksi Obat
Beberapa hal dapat mengubah cara kerja obat yang dikonsumsi seseorang. Dipengaruhi dari makanan, suplemen dan obat-obatan lain.

Dari beberapa alasan itu dimungkinkan bisa mengurangi efektifitas obat atau dapat menyebabkan efek samping.

Sehingga perlu membaca instruksi yang ada dalam wadah obat agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diperlukan.(der)

Tujuh Step Sederhana Menciptakan Ruangan Kerja Mungil yang Cozy

Ruangan kerja. (Pixabay)

MALANGVOICE – Memiliki ruang dengan kapasitas terbatas memang memiliki tantangan tersendiri saat mendekorasinya. Pasalnya terlalu menambahkan banyak perabotan atau dekorasi akan membuatnya penuh, begitu juga sebaliknya jika terlalu sedikit maka ruangan terlihat kosong. Memang sedikit rumit dan membutuhkan beberapa trik untuk membuat ruangan area kecil terasa nyaman dan menyenangkan.

Nah, untuk mengatasinya, berikut ini step untuk menciptakan ruangan kerja mungil yang cozy

Menggunakan Warna Dinding Hangat

Untuk menambah dimensi pada ruangan, kamu bisa menggunakan warna-warna hangat seperti jingga maupun kuning. Kedua warna cerah ini dapat membantu untuk menciptakan kesan area yang nyaman dan menenangkan. Jika ingin terkesan lebih netral, maka padukan dengan warna krem, putih atau coklat yang abadi dan cocok digunakan sepanjang tahun.

Mengatur Suhu Ruangan

Selain wallpaper dengan warna hangat, langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur suhu ruangan yang sesuai yaitu tidak terlalu panas atau dingin. Sebagai saran menggunakan air conditioning dengan PK yang sesuai.

Menggunakan Dekorasi minimalis

Agar ruangan semakin indah tentunya kamu harus menambahkan aneka dekoratif yang tepat. Jika bicara lebih mendalam maka hiasan yang tepat untuk ruangan kecil digambarkan seperti penggunaan tanaman hijau, cermin, lampu meja, lukisan hingga ornamen klasik bergaya simple. Untuk menonjolkan suatu objek maka cukup manfaatkan lampu kuning yang menyorot hanya pada tempat tertentu. Ingat hindari segala sesuatu yang berlebihan.


Bermain Dengan Tekstur

Jangan ragu untuk bermain dengan material dan tekstur, misalnya dengan mencampurkan beberapa unsur yang sama seperti kayu dan logam maka akan menciptakan tampilan industri yang kental dan unik. Sebagai pelengkap ruangan tambahkan hamparan permadani mewah dan sofa dengan bantal bermotif. Dengan cara ini maka kamu bisa mendapatkan tampilan yang cozy dan memaksimalkan kenyamanan ruangan.

Meletakan Perabotan Pada Tempat Strategis

Menentukan posisi furniture yang tepat memang tidak mudah, apalagi mengingat area yang dimiliki sangat terbatas. Sehingga untuk mengatasinya kamu perlu tahu dimana meletakan perabotan yang kamu miliki. Umumnya sofa dapat berada pada sudut ruangan atau bagian dinding yang lebih panjang, kemudian tambahkan meja persegi panjang yang akan menambah keindahannya. Sementara itu untuk meja kantor dan kursi kantor letakan pada dinding lainnya yang berada pada area lebih besar. Sebelum melakukan pemasangan pastikan untuk membuat rancangan besar, dan mengukur ruang yang ada agar tidak menghambat mobilitas bagi pemilik ruangan itu tersebut.

Menambahkan Perlengkapan Tidur

Saat membacanya mungkin kamu akan sedikit kaget, tapi percaya atau tidak setiap kita membutuhkan istirahat di tengah sibuknya pekerjaan. Sehingga tidak ada salahnya untuk memiliki bantal dan selimut untuk mendukung waktu rehat yang singkat. Agar tidak mengganggu esensi ruangan kamu dapat meletakkannya pada lemari.(der)

Petakan Profil Keselamatan di Jalan, Adira Gagas Program IWGHS

Penjelasan secara zoom program Adira Insurance. (Istimewa)

MALANGVOICE – Adira Insurance menggagas program CSR “I Wanna Get Home Safely” (IWGHS). Program ini merupakan sebuah kampanye yang menggaungkan pesan keselamatan jalan bagi masyarakat luas di Indonesia yang kini sudah berjalan selama lebih dari 10 tahun.

Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama, mengatakan, program ini membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara sehingga meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

“Kami melihat bahwa untuk meningkatkan kesadaran berperilaku aman dan selamat, diperlukan edukasi keselamatan berkendara yang meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pengguna jalan,” katanya dalam siaran pers yang diterima MVoice.

Salah satu program dalam IWGHS adalah Indonesia Road Safety Award (IRSA). IRSA merupakan penghargaan kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten yang memiliki penerapan tata kelola keselamatan jalan terbaik di Indonesia.

IRSA digagas dengan tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan dan fatalitasnya di Indonesia dan mengajak seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah, pihak lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, masyarakat dan berbagai pihak lainnya untuk peduli terhadap keselamatan jalan.

Tahun ini, menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19, Adira Insurance melakukan beberapa penyesuaian dalam pelaksanaan IRSA demi mengutamakan keselamatan dan keamanan seluruh peserta, serta mendukung instruksi Pemerintah untuk mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19.

Meski demikian, hal ini tidak menyurutkan komitmen Adira Insurance untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku selamat saat berada di jalan. Sebagai bagian dari komitmen ini, Adira Insurance melakukan studi pemetaan profil keselamatan jalan di 15 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia melalui Road Safety Behavior Research. Berbeda dari program IRSA sebelumnya, riset tahun ini berfokus pada perilaku berkendara masyarakat Indonesia yang mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku.

Wayan Pariama menegaskan, keselamatan jalan merupakan tanggung jawab bersama. Kesadaran dan perilaku mengemudi yang aman sangat penting dalam mendukung keselamatan jalan.

“Hal ini harus menjadi perhatian oleh semua pihak. Kami senantiasa berkomitmen untuk dapat berkontribusi dalam mendukung dan menggalakkan peningkatan keselamatan jalan di Indonesia,” jelasnya.

Melalui project IRSA sebelumnya, Adira Insurance melihat implementasi program keselamatan jalan di pemerintah kota dan kabupaten serta persepsi masyarakatnya, sementara riset tahun ini berfokus pada aspek berbeda yaitu perilaku masyarakat itu sendiri. Riset ini dilakukan dalam periode 3 bulan sejak Oktober 2020. Riset dilakukan berdasarkan 1.500 responden yang tersebar di 15 Kota besar di Indonesia, yaitu; DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, Padang, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, dan Makassar.

Hasil riset menunjukkan bahwa rata-rata indeks keselamatan berkendara di Indonesia mencapai 76%. Nilai tersebut didapat dari aspek pengetahuan/knowledge mencapai 87%, aspek sikap/attitude mencapai 83% serta aspek perilaku/behavior memiliki indeks terendah yaitu 58%.

“Kami berharap riset ini dapat membantu mendefinisikan indeks keselamatan berkendara dari pemetaan profil berkendara masyarakat Indonesia dan mengukur risiko dari perilaku masyarakat Indonesia di jalan. Risiko dalam temuan ini tentunya harus dikelola untuk dapat mewujudkan keselamatan jalan. Kami juga berharap riset ini dapat menjadi inspirasi maupun referensi bagi Pemerintah, komunitas, lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta lainnya dan masyarakat untuk menerapkan sistem tata kelola keselamatan jalan yang lebih baik di Indonesia,” tambah Wayan.

Untuk menyampaikan hasil kajian ini ke seluruh lapisan masyarakat dan meningkatkan wawasan masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara, Adira Insurance menggelar webinar bertajuk Indonesia Bangkit: Pulihnya Mobilitas dan Tingkatkan Kesadaran Berperilaku Aman dan Selamat Saat Berada di Jalan (30/03) yang turut dihadiri oleh AKBP Danang Sarifudin, SIK selaku Kasi Produk Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, Rohmat Purnadi selaku Head of Business Digest, Wayan Pariama, Head of Government Relations Adira Insurance serta Darmaningtyas selaku Ketua INSTRAN (Institut Studi Transportasi).

“Kami berharap webinar ini dapat membangun kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku aman dan selamat saat di jalan, terutama saat ini seiring dengan pulihnya mobilitas pasca pandemi. Oleh sebab itu, kami menggandeng pakar-pakar ahli dalam merumuskan penerapan keselamatan jalan dan mewujudkan keselamatan berkendara yang semakin baik dari waktu ke waktu di Indonesia,” tutup Wayan.(der)

Jangan Asal Rawat Rambut! Ini 5 Tips Jaga Rambut Sehat dan Kuat

Ilustrasi merawat rambut, (Ist)

MALANGVOICE – Memiliki rambut yang sehat, kuat, dan indah itu merupakan idaman semua orang. Beberapa metode perawatan rambut banyak ditemui, namun tidak semua cara bisa digunakan tergantung jenis dan kondisi rambut.

Dilansir dari albertonrecord.co.za, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan menurut informasi yang didapat dari merek perawatan rambut premium, Jhon Frieda, Rabu (24/3).

1. Sikat Rambut Anda Sebelum Mandi

Hal tersebut dilakukan sebelum mandi karena jika rambut dalam keadaan basah lebih rentan patah. Tidak hanya memungkinkan anda menyikat simpul rambut anda saat kering, tapi juga mendistribusikan minyak alami dari kulit kepala ke ujung rambut. Rekomendasi yang diberikan menggunakan sikat dayung atau sikat yang berbulu lembut.

2. Atur Suhu Kamar Mandi

Kebanyakan saat mandi menggunakan air panas pasti membuat ruangan beruap dan sangat menyenangkan. Namun hal semacam itu sebisa mungkin dihindari, mandi dengan air yang sangat panas itu dapat merusak rambut dan kulit. Artinya suhu air harus disesuaikan dan jangan berlebihan.

3. Berhati-hati saat Menggunakan Kondisioner

Menggunakan kondisioner dapat membantu menjaga rambut tetap terhidrasi dan terlindungi dari potensi kerusakan. Gunakan kondisioner secukupnya pada rambut. Menggunakan terlalu banyak kondisioner akan memberatkan rambut.

4. Pertimbangkan Penggunaan Masker Rambut

Masker rambut ini merupakan perawatan deep conditioning atau hair mask berguna untuk membantu menyembuhkan, melembabkan, dan menutrisi rambut rusak.

5. Jaga Pola Makan Sehat

Jika anda tidak mendapatkan vitamin, mineral dan nutrisi sehat yang tepat, hal itu bisa menyebabkan kerontokan rambut.(der)

4 Langkah Menjaga Ikan Cupang Tidak Kuncup di Musim Hujan

Ikan Cupang yang lagi tren, (MG2).

MALANGVOICE – Ikan cupang kini kembali banyak diminati masyarakat, dengan perpaduan jenis maupun corak warna yang semakin beragam.

Namun dalam perawatan ikan cupang ini bisa dibilang juga tidak mudah. Apalagi di musim penghujan dengan cuaca yang dingin, membuat ikan cupang mudah terkena penyakit, salah satunya kuncup.

Kuncup sendiri merupakan penyakit ikan cupang yang sering kali terjadi dan jika tidak segera ditangani resiko terparah bakal mati.

Berikut Beberapa Tips untuk mengantisipasi ikan cupang agar tidak sakit di musim penghujan menurut salah satu penghobi ikan cupang di Kota Malang, Rifky Edgar, Jumat (19/3).

1. Harus rutin mengganti air dalam akuarium/soliter, minimal ganti tiga hari sekali atau seminggu dua kali. Untuk jenis air bisa menggunakan air sumur atau PDAM.

Namun jika menggunakan air PDAM perlu diendapkan terlebih dahulu selama satu hari sembari diberi garam sesuai dengan ukuran akuarium/soliter.

“Sebelum dilakukan penggantian air lebih baik lagi juga diberi garam dan obat biru (nama akrab obat) biar tidak sakit. Dan dikasih daun ketapang berfungsi untuk menetralkan PH air,” terangnya.

Cupang yang sedang kuncup, (MG2).

2. Menjaga pola makan ikan cupang peliharaan, jangan terlalu banyak. Minimal satu hari sekali dengan porsi secukupnya.

“Karena jika kebanyakan makan, ikan akan kembung, atau sembelit. Dari situ akan menyebabkan penyakit sisik nanas dan dropship, kemungkinan 98 persen ikan mati,” tuturnya.

3. Sering buka pembatas antara ikan satu dengan yang lainnya, guna mempertahankan gerakannya supaya terus aktif dan lincah.

“Kalau bisa sehari dua kali dengan durasi sekitar 20-30 menitan. Biar ikan bisa lebih agresif, mekrok, nah dari situ bisa menjaga kekuatan dari ekor, sirip dan kesehatannya,” imbuhnya.

4. Jika memiliki waktu bisa disempatkan untuk menjemur ikan cupang sekitar 10 menit untuk menangani suhu air tetap stabil dan tidak terlalu dingin.(end)

3 Langkah Amankan Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi (CNBC Indonesia)

MALANGVOICE – Di masa pandemi Covid-19, banyak menimbulkan sejumlah gejolak baru bagi sebagian masyarakat lantaran maraknya terjadinya pemotongan gaji hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Imbasnya tentu saja pada penurunan perekonomian masyarakat, bahkan tak sedikit kehilangan mata pencaharian.

Untuk bisa bertahan menghadapi pelemahan ekonomi di tengah resesi, masyarakat harus bisa mengelola keuangan dengan bijak. Tidak sekadar menghilangkan pengeluaran kebutuhan yang tidak perlu, namun juga dibutuhkan manajemn rumah tangga yang mbois.

Meski pemerintah telah menganggarkan beragam stimulus untuk meminimalisir dampak Covid-19 dan meningkatkan daya beli masyarakat, tetap saja tidak bisa selamanya jadi andalan. Lantas bagaimana mengelola keuangan agar bisa bertahan di tengah pandemi ini.

Simak beberapa hal di bawah ini untuk mengatur keuangan Anda di tengah pandemi corona covid-19

1. Fokus pada pemotongan bujet yang lebih besar, walau pemotongan kecil juga diberlakukan.

Lakukan pengurangan pengeluaran kecil dan terbesar setiap bulan. Hasil pengurangan itu bisa dialokasikan untuk beberapa pengeluaran tidak terduga dan penting lainnya.

Contohnya, hemat pengeluaran keuangan sehari-hari dengan memasak lebih banyak makanan di rumah, dan hindari makan di warung atau membeli barang dengan harga yang lebih murah.

2. Hindari penggunaan kartu kredit

Meskipun mudah untuk membebankan pengeluaran ke kartu kredit saat uang tidak memadai, hal ini bisa menjadi pilihan yang sangat keliru.

3. Jangan mengeluarkan uang terlalu banyak saat liburan

Memang, liburan adalah upaya yang tepat untuk bersantai dan menghargai orang-orang dalam hidup serta bisa mengurangi ketegangan.

Tapi harus tetap hatk-hati karena liburan bisa menjadi jebakan keuangan. Apalagi jika kamu sudah berjuang menjaga finansial. Carilah alternatif yang murah dan aman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.(end)

Tips Munculkan Inner Beauty Ala Model Muslimah Asal Malang

Model Muslimah, Mayang Tatu Balqish

MALANGVOICE – Banyak orang menganggap cantik dengan ukuran standar fisik tertentu. Model Muslimah asal Kota Malang, Mayang Tatu Balqish mempunyai pandangan lain.

Perempuan yang pernah meraih Juara Satu di Photogenic Indomodel 2019 itu
menganggap cantiknya perempuan berasal dari dalam (inner beauty). Kondisi mental, kesehatan, hingga spiritual yang paling mempengaruhi cantik tidaknya seorang perempuan.

Mahasiswa Sosiologi UB itu memiliki cara khusus untuk memunculkan inner beauty setiap perempuan. Berikut ini cara Balqish memunculkan inner beauty:

1. Seorang perempuan harus berwawasan luas.

“Menurut aku otak itu sebagai investasi kita. Harus ada isinya agar bisa nyambung dengan banyak orang. Tapi jangan penuh-penuh nantinya jadi terlalu mendominasi dan tidak menerima pandangan orang lain,” jelas perempuan kelahiran 17 Maret 2002 itu.

2. Perempuan harus percaya diri.

“Karena semua perempuan itu cantik. Yang bikin cantiknya perempuan itu muncul itu rasa percaya dirinya,” imbuh Balqish.

Ia menambahkan untuk memunculkan rasa percaya diri di setiap perempuan adalah dengan mengetahui potensi dirinya. Ketika potensi diri sudah ketemu, seorang perempuan bisa lebih percaya diri.

“Selain itu jangan terlalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Maksimalkan saja apa yang kita punya dan jadikan orang sebagai motivasi bukan perbandingan,” kata Balqish.

3. Mengenali diri sendiri

Mengenali diri sendiri menurut Balqish sangat penting. Mahasiswi yang pernah Juara dua di Malang Hijab Icon 2019 itu dengan mengenali diri sendiri perempuan bisa menerima dirinya sendiri.

“Dengan menerima diri sendiri perempuan dapat memaafkan dirinya sendiri. Sehingga kondisi mentalnya stabil dan aura yang membuat cantik dari dalam dirinya bisa terpancar keluar,” urai Balqish.

Balqish sendiri setiap satu bulan mencatat apa saja yang telah dilaluinya. Hal itu dilakukan Balqish untuk mengetahui kekurangan dan kelebihannya sehingga ia lebih bisa mengenal diri sendiri.

4. Perbanyak ibadah

Balqish menjelaskan orang yang banyak beribadah, mukanya akan glowing secara alami. Apalagi kalau bagi orang islam yang suka sholat malam.

“Selain bikin wajah jadi bercahaya, beribadah dengan rutin juga menenangkan hati. Jadi bisa semakin ramah, sopan, dan tidak mudah marah,” jelas Balqish.

5. Membiasakan pola hidup sehat.

Olah raga, makan makanan yang sehat, dan tidur yang cukup juga sangat berpengaruh bagi kecantikan perempuan.

“Makan sayur dan buah itu bisa jadi vitamin alami buat kulit. Olah raga agar sehat juga tidur cukup akan membuat perempuan canti secara alami,” tandasnya.(der)

Mimpi Besar Ibu Rumah Tangga Ubah Pola Hidup Kota Batu Untuk Mencintai Lingkungan

Gung Endah dengan EE di tangannya dan jurigen berisi fermentasi EE dibelakangnya. (Aan)

MALANGVOICE – Langkah Malangvoice.com disambut ramah di kediaman Gung Endah. Rumah yang asri dengan hiasan banyak tanaman serta bau wangi dari semerbak bunga itu bertempat di Perumahan Puri Safira, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Gung Endah (56) adalah Mentor Eco Enzym (EE) di berbagai kota dan provinsi di Indonesia. Ia juga melayani permintaan beberapa kelompok pecinta lingkungan untuk sosialisasi EE secara virtual dengan gratis.

EE adalah larutan serba guna, hasil penelitan selama 30 tahun seorang akademisi dari Thailand Dr. Rosukon Poompanvong. Larutan ini merupakan campuran bahan sampah organik yang difermentasi selama tiga bulan.

Gung dengan antusiaa menjelaskan manfaat EE antara lain menurunkan bau tak sedap pada sampah organik, pembersih air, dan handsanitizer alami. Biaa juga untuk penyembuh luka bakar dan gores, bahan mencuci lantai, pengganti sabun dan sampo, dan masih banyak lagi.

Saat ini ia fokus menggunakan EE untuk membenahi pengolahan sampah di Kota Batu. Ia menggerakkan 500 lebih orang di Kota Batu untuk mengelola sampah sejak dari rumah.

“Kalau semua orang di Kota Batu tergerak untuk mengolah sampah organik dari rumah, di TPST 3R atau TPA Tlekung bisa tidak ada sampah organik sama sekali. Jadi mereka bisa fokus untuk daur ulang sampah anorganik saja,” jelas Nenek bercucu dua yang mempunyai semangat remaja itu.

Ia berhasil menggerakkan 500 lebih orang itu sejak September tahun 2020. Jumlah orang yang ia gerakkan terus bertambah di Kota Batu. Perlahan tapi pasti mimpi Gung untuk mengolah sampah di Kota Batu sejak dari rumah menggunakan EE bisa menjadi pergerakan masif.

Gung melakukan perjuangannya semata-mata karena rasa cintanya terhadap lingkungan. Ia sering mendanai sendiri pergerakannya untuk kelestarian lingkungan.

Perjuangannya ini terwarisi dari ayahnya yang seorang veteran 1945 dari Lumajang. Perjuangan ayahnya untuk kebaikan bersama hingga berani mengorbanakan segalanya tertanam dalam lubuk hatinya.

Bahkan, perempuan kelahiran 10 Oktober 1964 itu telah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu untuk menyemprot EE di TPA Tlekung dua kali. Penyemprotan itu terbukti menurunkan kadar amonia dan metana dari sampah.

“Metana ini merupakan zat yang sangat berbahaya bagi ozon di Bumi. Jika kadarnya tidak dikelola akan menjadi polusi udara yang menyebabkan pemanasan global,” tegas perempuan beranak dua kelahiran Desa Ampelgading, Kabupaten Malang itu.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DLH Kota Batu, Imron Suyudi melontarkan secara lisan untuk menjalin kerja sama dengan Gung. Hal inilah yang diinginkan Gung supaya Pemkot Batu lebih serius untuk menggunakan EE.

Perjuangan Gung pun telah menular kepada binaannya. Kelompok relawan binaannya secara mandiri menyemprot TPS dan TPST di desanya masing-masing. Tepatnya di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu dan Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Tidak hanya di Kota Batu, berkat kegigihannya mengajarkan pembuatan EE dan pemaparan kebermanfaatannya RS Husada Utama, Kota Surabaya memanfaatkan EE untuk berbagai hal. Misalnya, mendaur ulang sampah organik rumas sakir untuk dijadikan EE, lalu hasil EEnya dibuat membersihkan lantai, piring, dan berbagai macam kegunaan lainnya.

Perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga itu bermimpi dapat mempengaruhi petinggi-petinggi Kota Batu untuk menggunakam EE di berbagai sektor. Seperti di sektor Perhotelan, Restoran, Wisata, Rumah Sakit hingga Perkantoran.

“Jadi nanti Kota Batu bisa mempunyai branding baru, yaitu Kota Eco Enzym, yaitu seluruh pengolahan sampah dan kebersihannya menggunakan Eco Enzym. Jadi bisa dinilai sebagai kota yang ramah lingkungan,” paparnya dengan mata berbinar-binar.

Ia memiliki tujuan utama yang sederhana, yakni masyarakat Kota Batu memiliki kesadaran untuk mencintai lingkungan. Usahanya ini bukan sekedar mimpi di siang bolong, namun ia terus gigih berjuang memperkenalkan EE ke setiap kalangan.

Sempat ia bertemu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko untuk menarik minatnya menggunakan EE. Pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Dewanti pun melihat langsung penyemprotan EE di TPA Tlekung yang terbukti berhasil mengurangi bau tak sedap yang selama bertahun-tahun menjadi problematika tak berkesudahan di tempat itu.

Akhirnya Dewanti pun mengakuai kemutakhiran EE ini. Ia menyebut EE ini sebagai salah satu solusi untuk mengurangi volume sampah, mengurangi gas metana hingga mengurangi bau tak sedap.

Pengakuan Dewanti ini bagi Gung adalah peletakan batu pertama di istana perjuangannya memperkenalkan EE untuk memperbaiki lingkungan. Karena yang ia sasar adalah pola hidup masyarakat Kota Batu terhadap lingkungan.

Ia telah melakukan gerakan dengan Roadshow ke delapan desa di Kota Batu dalam satu hari pada waktu HPSN. Roadshow itu ia lakukan untuk mengenalkan EE dan manfaatnya juga memupuk kesadaran untuk mencintai lingkungan.

“Masyarakat Kota Batu jika tahu manfaat EE bisa mengubah pola hidupnya. Manfaatnya banyak sekali, kalau sudah mau bikin, bisa ketagihan sehingga mengubah pola hidupnya,” imbuh S1 Sosiologi UGM itu.

Maksud Gung adalah jika masyarakat ketagihan untuk membuat EE, mereka jadi lebih banyak memakan buah dan sayur karena limbah dari buah dan sayur merupakan bahan baku dari EE.

Perlu diketahui, pemanasan global akibat gas metana paling banyak dihasilkan dari peternakan. Jika pola hidup masyarakat Kota Batu lebih menyukai sayur dan buah-buahan, mereka tidak terlalu bergantung pada daging hasil peternakan.

Secara tidak sadar kepedulian terhadap lingkungan terbentuk karena kegemaran masyarakat Kota Batu membuat EE. Itulah mimpi dari Gung yang perlahan namun pasti akan ia capai dengan kegigihannya.

“Ya itu sudah terbukti mas, orang-orang yang suka bikin EE melihat sampah bukan sebagai bahan yang nggak berguna lagi namun jadi seperti melihat harta karun yang sayang jika tidak dimanfaatkan. Mereka bahkan mau keliling ke penjual buah dan toko-toko buah untuk meminta kulitnya” tandasnya.(end)

Badan POM: Vaksin COVID-19 Aman dengan Efek Samping Ringan-Sedang

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito saat konferensi pers "Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin COVID-19" secara virtual pada Senin, 11 Januari 2020 sore.

MALANGVOICE – Pemerintah melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) memutuskan untuk menerapkan kebijakan Emergency Use Authorization (EUA) atau persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat untuk vaksin COVID-19.

Hal itu setelah diketahui hasil uji klinis fase ketiga di Indonesia, Brazil dan Turki bahwa vaksin Coronavac yang diproduksi oleh Sinovac Biotech dan didaftarkan di Indonesia oleh PT. Bio Farma dinyatakan aman.

“Berdasarkan uji klinik yang dipantau sampai periode 3 bulan di Indonesia, Brazil dan Turki menunjukkan vaksin Coronavac ini aman,” ujar Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito saat konferensi pers “Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin COVID-19” pada Senin, 11 Januari 2020 sore.

Dia menyampaikan hasil uji klinis vaksin Coronavac ini sudah melalui pembahasan yang dilakukan bersama Komite Nasional Penilai Obat dan para ahli pada Desember 2020 dan Januari 2021. Hasil evaluasinya menunjukkan Coronavac ini aman dengan kejadian efek samping ringan hingga sedang.

Dia memaparkan beberapa efek samping tersebut yaitu nyeri, indurasi (iritasi), kemerahan dan pembengkakan. Selain itu terdapat efek samping sistemik berupa myalgia (nyeri otot), fatigue, dan demam.

“Meski ada efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan hingga sedang. Namun, efek samping tersebut bukan merupakan efek samping yang berbahaya dan dapat pulih kembali,” kata dia.

Karena itu, berdasarkan hasil tersebut, Penny menyebutkan pihaknya langsung menerapkan kebijakan UEA. Dengan tujuan percepatan penanganan pandemi COVID-19. Khususnya di Indonesia.

Selain itu, dia menyampaikan penerapan EUA ini juga dilakukan oleh semua otoritas regulatori obat di seluruh dunia untuk mengatasi pandemi COVID-19 ini.

“Kebijakan EUA ini selaras dengan panduan WHO dan seluruh negara di dunia sedang melakukan upaya yang sama dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini,” ujarnya.

Dengan demikian, pemerintah akan segera melakukan program vaksinasi gelombang pertama yaitu periode Januari-April 2021 dengan priortitas utama kepada 1,3 juta tenaga kesehatan (nakes).

“Mari kita dukung program vaksinasi COVID-19, karena keberhasilan penanganan COVID-19 ini merupakan keberhasilan kita bersama sebagai bangsa,” tandasnya. (der)

MPM Honda Bagi Tips Cari_Aman Perjalanan Jauh untuk Pelajar Lewat Webinar

Webinar MPM Honda. (Istimewa)

MALANGVOICE – Menjelang libur akhir tahun yang biasanya di manfaatkan untuk melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor. Untuk itu, Instruktur Safety Riding MPM Honda membagikan tips Cari_Aman Perjalanan Jauh dalam gelaran Webinar safety riding yang diadakan bersama dengan SMK Karangploso, Jumat (18/12).

Pada Webinar iti disampaikan mengenai kelengkapan berkendara apa saja yang perlu dipersiapkan, seperti memakai helm, jaket, sarung tangan, sepatu. Penggunaan riding gear yang baik akan melindungi tubuh dari dampak cidera berlebih. Selain itu juga disampaikan teknik berkendara dan danger prediction.

“Tradisi menjelang pergantian tahun biasanya dimanfaatkan untuk liburan dan melakukan perjalanan jauh. Untuk itu kami sampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila melakukan perjalanan jauh dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Dionizius Mizidianto selaku Instruktur Safety Riding.

Webinar juga dilakukan di SMAN 1 Singosari dan juga kepada komunitas Honda di Malang.

Ia berharap, ilmu yang disampaikan ini bermanfaat dan menjaga para pengendara tehindar dari kecelakaan dan bahaya virus Covid-19.(der)