HUT ke-7 Malang Voice

6 Tips Gunakan PayLater Aman Gak Bikin Boncos

Ilustrasi uang, (Pixabay).

MALANGVOICE – Maraknya layanan paylater, dengan prinsip beli sekarang bayar belakangan, membuat masyarakat kian konsumtif. Pasalnya, paylater membuat transaksi secara online kian mudah.

Salah satu layanan paylater yang diminati penggunanya adalah Traveloka Paylater. Dengan berbagai keuntungan dari metode pembayaran ini, sebagian orang memilih untuk menggunakan layanan paylater saat transaksi.

Anda wajib mengetahui tips penting seputar pemakaian paylater supaya transaksi lebih aman dan lancar. Apa saja tipsnya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Gunakan PayLater yang Terpercaya
Di antara sekian banyak layanan penyedia paylater di Indonesia, masih ada beberapa yang beroperasi secara ilegal. Oleh karena itu, Anda perlu tahu apakah paylater yang Anda gunakan sudah legal atau belum.

Ciri penting legalitas suatu layanan paylater adalah jika layanan paylater tersebut telah terdaftar di OJK. Pasalnya, seluruh organisasi yang berada dibawah pengawasan OJK sudah pasti resmi dan legal untuk beroperasi.

2. Perhatikan Bunga, Tenor, Limit, dan Denda
Setiap layanan paylater memiliki ketentuan yang berbeda-beda, termasuk perihal bunga dan tenor atau jangka waktu pelunasan. Biasanya, Anda akan mengetahui besaran bunga serta jangka waktu pelunasan ketika akan melakukan checkout suatu produk.

Pahami bahwa besaran bunga berbanding lurus dengan panjangnya jangka waktu pelunasan. Jadi, sesuaikan pilihan Anda dengan kemampuan dan kebutuhan Anda pribadi.

3. Manfaatkan Event Khusus
Dalam dunia platform belanja online, sering diadakan beberapa event khusus pada tanggal tertentu. Nah, coba perhatikan tanggal berapa saja event ini diadakan. Pasalnya, Anda bisa memperoleh berbagai penawaran terbaik jika melakukan transaksi di momen ini.

Beberapa event yang sering terlaksana adalah ketika tanggal kembar, hari raya, hingga harbolnas. Biasanya, terdapat promo berbeda-beda pada setiap metode pembayaran yang Anda pilih, termasuk PayLater. Dengan begitu, Anda bisa belanja dengan lebih hemat
Meski begitu, Anda perlu menghindari yang namanya kalap ketika ada event yang menawarkan promo besar-besaran. Pastikan Anda memang menggunakan promo tersebut untuk kebutuhan, bukan sekadar keinginan.

4. Manfaatkan Voucher
Selain saat event khusus, beragam e-commerce sering memberikan voucher khusus bagi penggunanya yang memilih metode pembayaran paylater di hari-hari biasa. Nah, Anda bisa menggunakan voucher ini supaya belanja kebutuhan makin hemat.

Jenis voucher tersebut pun ada banyak, mulai dari diskon, cashback, hingga gratis ongkir. Pilih sesuai kebutuhan Anda dan dapatkan harga lebih murah dibandingkan harga normal.

5. Hindari Denda
Saat menggunakan paylater, Anda harus membayar sejumlah denda apabila Anda terlambat membayar. Jadi, total pelunasan Anda juga akan makin besar. Hal ini akan memnyebabkan Anda merugi karena harus mengeluarkan dana lebih banyak.

Oleh karena itu, perhatikan baik-baik tenor sekaligus tanggal pelunasan tiap bulannya. Anda juga bisa mengaktifkan fitur pengingat pembayaran yang tersedia di beberapa layanan paylater.

Dengan begitu, Anda akan ingat untuk selalu membayar tepat waktu sehingga terhindar dari beban denda.

6. Gunakan Saat Keadaan Mendesak
Meskipun paylater memberikan penawaran yang menggiurkan dengan konsep bayar belakangan, Anda perlu mengontrol perilaku konsumtif Anda supaya tidak berakhir kalap dan boros.

Jaga kesehatan keuangan Anda dengan menggunakan layanan paylater hanya untuk kondisi tertentu yang mendesak. Misalnya, gunakan ketika Anda perlu membayar tagihan atau mengganti produk elektronik yang rusak.
Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat dan cerdas dalam mengelola keuangan Anda sehingga menghindari kemungkinan terjebak dalam jeratan cicilan.

Dari sekian banyak layanan paylater di luar sana, Traveloka PayLater hadir dengan segala kemudahan dan keuntungan untuk para penggunanya. Dengan Traveloka PayLater, Anda bisa mendapatkan dana cepat dengan limit tinggi, bunga rendah, serta tenor yang lama.
Selain limit hingga 50 juta rupiah, Anda pun bisa mendapatkan tenor hingga setahun dengan bunga sebesar 2.25%-4.80% saja setiap bulannya.

Tak hanya itu, Traveloka PayLater bisa Anda gunakan untuk pembelian berbagai macam jenis produk, mulai dari tiket kendaraan, hotel, makanan & minuman, atraksi, hiburan, event, alat elektronik, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda tak perlu was-was saat menggunakannya karena layanan ini beroperasi di bawah pengawasan OJK. dengan begitu, transaksi Anda dijamin aman.(der)

3 Cara Atasi Ponsel Lemot Gara-gara Penyimpanan Hampir Penuh

Samsung Galaxy A03 series, (Ist).

MALANGVOICE – Di era modern kali ini telepon seluler (Ponsel) menjadi salah satu barang yang tidak boleh tertinggal karena sangat dibutuhkan ketika akan melakukan aktivitas sehari-hari.

Saking pentingnya, ketika ponsel tidak bekerja secara optimal alias lemot, tentunya akan membuat pemilik merasa jengkel.

Pada umumnya ponsel mengalami lemot akibat kapasitas penyimpanan yang hampir penuh, sehingga berdampak pada menurunnya kinerja ponsel.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar ponsel tidak lemot.

1. Menghapus data cache dari aplikasi yang sering digunakan, sehingga ruang penyimpanan yang tersedia jadi lebih optimal dalam memaksimalkan kinerja smartphone.

Cara menghapus data cache yakni dengan masuk ke Pengaturan, lalu pilih Aplikasi. Setelah muncul beberapa aplikasi yang sering digunakan, kita bisa pilih misalnya aplikasi YouTube, Setelah itu, klik menu Penyimpanan lalu pilih Hapus Memori.

2. Rutin update sistem operasi. Dengan memperbarui software ponsel, kita akan mendapatkan fitur baru yang didapat akan meningkatkan kenyamanan penggunaan perangkat, security patch terbaru yang menjaga keamanan perangkat dari virus dan malware, hingga perbaikan berbagai bug yang membuat kinerja perangkat jadi lebih lancar.

3. Hindari pengaturan auto-download di sejumlah aplikasi seperti salah satunya WhatsApp. Dengan mematikan pengaturan auto-download, smartphone tidak terbebani dengan banyaknya foto dan video yang otomatis diunduh dan disimpan di memori internal perangkat.

Beberapa hal itu bisa dilakukan untuk membuat ponsel bekerja lebih optimal tanpa harus khawatir lemot. Tapi, jika tiga cara itu belum berhasil, kemungkinan lemot karena penyimpanan ponsel yang terlalu kecil.

MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Ricky Bunardi, mengatakan, telah mengeluarkan produk Samsung Galaxy A03 series yang diklaim menjadi solusi bagi pengguna smartphone agar terhindar dari permasalahan lemot dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

“Galaxy A03 Series memiliki beberapa fitur menarik seperti layanan jaringan 4G, baterai 5.000mAh, layar 6,5 inci, varian RAM serta memori 128GB yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, hingga konfigurasi kamera hingga 48MP untuk mendukung berbagai kebutuhan esensial sehari-hari,” ujarnya, Rabu (1/6).

Perlu diketahui, Galaxy A03 series sendiri terdiri dari Galaxy A03, Galaxy A03s, dan Galaxy A03 Core dengan harga masing-masing berada dibawah Rp2 juta.(end)

Balik dari Mudik? Ganti Oli Dulu di Bengkel AHASS Dapat Diskon 15 Persen

Servis ganti oli di MPM Hond Jatim. (Istimewa)

MALANGVOICE – Momen libur lebaran 2022 memang cukup special dan disambut antusias oleh masyarakat Muslim. Sebagian besar masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran dengan menggunakan motor.

Setelah dipergunakan untuk perjalanan Jauh selama mudik lebaran, kondisi oli mesin wajib menjadi perhatian. Sebelum digunakan untuk kembali beraktivitas sehari–hari, ada baiknya melakukan pengecekan juga perawatan yang tepat seperti segera ganti oli di AHASS.

PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT bersama dengan jaringan bengkel AHASS memberikan diskon pembelian oli sebesar 15% untuk semua jenis AHM OIL hanya di AHASS melalui program Senggol Ganti Oli.

Konsumen akan mendapatkan voucher diskon yang bisa didapatkan di aplikasi Brompit. Program ini berlaku pada periode 03 – 31 Mei 2022 di seluruh bengkel AHASS Jatim & NTT.

Servis ganti oli motor Honda. (Istimewa)

Selain program Senggol Ganti Oli, MPM Honda Jatim juga memberikan Paket HOKI Murah yakni paket ganti oli dan part dengan harga mulai Rp.60 ribu sampai dengan Rp. 100 ribuan. Ada 2 pilihan paket HOKI yakni HOKI SPX dan MPX.

MPM Honda Jatim juga memberikan voucher diskon pembelian part melalui program “Gebyar AHASS Motor Kesayangan. Dalam program “Gebyar AHASS Motor Kesayangan” voucher discount bisa didapatkan pada aplikasi Brompit.

Caranya mudah, konsumen hanya prlu download aplikasi Brompit di google playstore dan app store. Ambil vouchernya dan tunjukkan voucher kepada petugas service. Voucher discount dapat digunakan untuk pembelian dan pergantian part di AHASS seperti pergantian saringan udara, kampas rem, Injector Cleaner dan berlaku untuk motor dengan tahun produksi di bawah 2018. Serta diskon untuk jasa service lengkap.

Konsumen juga bisa memanfaatkan PIT Ekspres bengkel AHASS yakni layanan khusus bebas antri bagi konsumen AHASS yang ganti ban 15 menit dan ganti aki 10 menit. Untuk menghemat waktu konsumen juga bisa melakukan booking service melalui aplikasi Brompit. Konsumen tidak perlu khawatir karena bengkel AHASS telah menerapkan protokol kesehatan sehingga aman dan nyaman dalam melakukan service di bengkel AHASS.

Konsumen juga bisa memanfaatkan layanan Booking Service pada aplikasi Brompit. Dengan aplikasi Brompit konsumen bisa datang sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan tidak perlu antri lama di AHASS.

“Program ini digelar untuk memberikan kemudahan bagi konsumen setia Honda mengganti oli dan part sepeda motor kesayangan, dengan cepat dan bebas antri. Pastikan performa sepeda motor anda selalu optimal, bawalah ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan dan suku cadang terbaik dari Honda. Service di AHASS jaminan Oli dan Part asli,” kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.(der)

Toyota Kartika Sari Malang Bocorkan 6 Hal yang Perlu Diperiksa Usai Mobil Dipakai Mudik

Pemeriksaan pada mobil, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Lebaran Idulfitri banyak masyarakat yang kembali ke kampung halamannya (mudik) menggunakan transportasi umum atau mobil pribadi, kini pemudik pun bertahap sudah mulai kembali ke aktivitas semula.

Khusus bagi masyarakat yang baru saja mudik menggunakan kendaraan pribadi, Toyota Kartika Sari Malang memberikan bocoran beberapa hal yang perlu diperiksa agar mobil bisa tetap nyaman saat digunakan untuk aktivitas semula.

Berikut enam hal yang perlu diperiksa pada mobil yang baru saja digunakan untuk perjalanan jauh atau mudik lebaran.

1. Periksa Rem dan Minyak Rem

Pastikan rem dan minyak rem pada mobil yang baru digunakan untuk mudik aman. Karena, perjalanan jauh dan melewati berbagai medan yang dilalui baik macet, tanjakan dan turunan, kemungkinan akan menurunkan peforma rem.

2. Periksa Kopling Mobil

Khusus bagi mobil manual, kopling perlu diperiksa. Sama hal-nya dengan rem, karena pengoperasian di berbagai medan dan kondisi kemungkinan akan berdampak pada penurunan peforma kopling.

Servis pada bagian mesin mobil, (Bagus/Mvoice).

3. Periksa Kualitas dan Kuantitas Oli

Oli mesin bekerja lebih keras dengan suhu yang lebih tinggi dari biasanya karena putaran tinggi selama berjam-jam. Dari situ, sebaiknya oli mesin diganti karena kemungkinan kotor akibat karbon dan zat lainnya dari sisa pembakaran.

4. Periksa Filter Udara, Busi dan Filter Bahan Bakar

Jika kondisi filter udara, busi dan filter bahan bakar dalam kondisi kotor, sebaiknya segera dibersihkan karena berpengaruh pada kinerja mobil.

5. periksa air radiator

Setelah mobil digunakan untuk perjalanan yang cukup jauh, sebaiknya segera periksa air radiator, karena biasanya air radiator akan berkurang setelah mesin bekerja lebih keras.

6.Periksa kondisi Roda

Roda mobil juga perlu diperhatikan, baik dari bearing, Joint dan ban itu sendiri karena berbagai medan dan kondisi jalan yang dilalui sebelumnya memungkinkan adanya oblak atau keausan tidak rata maupun ketahanan ban itu sendiri.

Berikut beberapa bocoran yang bisa diberikan Toyota Kartika Sari Malang bagi masyarakat yang baru kembali mudik.

Sementara itu, Sales Manager Toyota Kartika Sari Malang, Handoko Tri Wicahyo menyampaikan, Toyota Kartika Sari Malang siap memberikan pelayanan bengkel dengan baik mulai pukul 08.00 sampai 16.30 di hari kerja, kemudian 08.00 sampai 15.00 pada hari Sabtu dan Minggu atau tanggal merah dari jam 09.00 sampai 15.00 sore.

Tentunya, pelayanan bengkel dan dealer di Toyota Kartika Sari Malang ini juga bisa dibilang cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan kedatangan Marketing Director dari Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandi dan Fumitaka Kawashima selaku Marketing Director dari Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu.

“Dipilihnya Kartika Sari dalam kunjungan pada 27 April 2022 lalu, karena peforma dealer dan bengkel yang baik. Kunjungan 2 Bos TAM ini menjadi kebanggan dari kami. Dari situ, Kartika Sari Malang akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik,” tandasnya.(der)

Cerita Angpao di Hari Raya yang Fitri

Naim M.Pd

*) Oleh: Naim, M.Pd

Nuansa idul fitri masih sangat kental terasa, mulai dari deretan jajanan khas dan lezat yang masih terpajang di ruang tamu, tidak ketinggalan pula minuman pelengkap khas hari raya seperti minuman tradisional maupun minuman segar lainnya, bahkan hari ini pun menu opor juga ikut tersaji sebagai hidangan pelengkap pada hari raya idul fitri hari ke 7.

Selain cerita tentang makanan dan minuman khas hari raya Idul fitri, ada cerita lain yang tidak kalah seru yang dialami oleh anak-anak yaitu cerita tentang angpau idul fitri, masing-masing anak tentu memperoleh pendapatan angpau yang sangat bervariatif, ada yang memperoleh sedikit, sedang ada juga yang memperoleh dengan jumlah yang cukup besar di usia mereka.

Setiap akhir kunjungan, mereka berkumpul disuatu tempat untuk melepaskan rasa penat setelah seharian mereka berkeliling menyusuri rumah sanak keluarga, sahabat dan teman untuk berlebaran. Tidak ketinggalan pula hal yang paling penting untuk mereka lakukan yaitu menghitung pendapatan angpao hari raya yang telah berhasil mereka kumpulkan, Raut bahagia tersirat jelas pada wajah mereka saat menghitung hasil angpao yang telah mereka peroleh setelah seharian bersilaturahmi.

Berhitung pun telah mereka lakukan, selanjutnya mereka menyusun rencana untuk apa uang itu digunakan, dengan gaya polos mereka, ada yang mengatakan untuk membeli mainan, perlengkapan sekolah, sepatu, di tabung, bahkan ada pula yang bercita-cita untuk membelikan orang tuanya sebuah mobil, karena sepeda motor yang dimiliki sudah tidak muat lagi untuk berboncengan, mereka seru banget ya. Heheh.

Sejarah Angpao
Setelah melakukan literasi, tradisi berbagi angpao/uang di saat idul fitri ternyata pernah ada pada abad pertengahan, kekhalifaan Fatimiyah di Afrika Utara mulai membagikan uang, pakaian atau permen kepada anak-anak muda dan masyarakat pada umumnya saat hari pertama Idul Fitri.

Kemudian, pada akhir pemerintahan Ottoman (sekitar lima abad kemudian, kegiatan bagi-bagi angpao di hari lebaran itu mengalami perubahan, hanya dilakukan dalam bentuk uang tunai saja dan dibagikan hanya kepada anggota keluarga, dan tradisi ini mampu bertahan hingga hari ini.

Di era modern seperti saat ini pemberian angpao semakin bervariasi, tidak hanya melulu uang, melainkan ada yang memberikan berupa barang seperti mainan, pakaian, gedjet dan masih banyak lagi, tentu tujuannya yaitu agar si penerima menjadi sangat senang dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Tujuan pemberian angpao
Selain tradisi, ternyata kegiatan bagi-bagi angpao uang tunai saat hari raya Idul Fitri mengandung value atau makna tersendiri, diantaranya ialah;
Pertama, mengajarkan kepada seseorang (si pemberi maupun penerima) untuk menabung dan mengelola keuangannya sendiri untuk digunakan dalam hal yang lebih bermanfaat. Setelah uang terkumpul dengan jumlah tertentu maka bisa digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan tentu dengan perasaan bangga.

Kedua, mengajarkan kepada masyarakat (pemberi) untuk memiliki sifat dermawan, peduli, dan suka berbagi rejeki kepada orang lain, khususnya kepada mereka yang membutuhkan. Sehingga dengan pelatihan yang dilakukan pada bulan Ramadhan selama bulan penuh dapat diaplikasikan dalam bulan-bulan berikutnya.

Ketiga, sebagai hadiah, uang angpao hari Raya Idul Fitri juga banyak yang mengartikan sebagai bentuk penghargaan atau hadiah dari orang tua kepada anak-anaknya, karena telah mampu menjalankan ibadah di bulan Ramadhan seperti berpuasa, mengaji. Pemberian hadiah ini diharapkan mampu membuat anak merasa usahanya diapresiasi sehingga termotivasi untuk melaksanakan ibadah serupa di masa mendatang.

Keempat; menebar kebaikan, memberi angpao juga bagian dari menebar kebaikan kepada sesama, kita tahu bahwa memberi dan menerima angpao adalah sesuatu yang menyenangkan bagi keduanya dan tentu saja juga dapat menyebarkan kasih sayang.

Kelima, pengajaran tentang beramal, ketika keluarga anak mendapat angpao, ini artinya pemberi perlu menyediakan dana dan daftar orang yang akan diberikan angpao, ini cara yang bagus untuk melatih anak-anak bagaimana cara beramal kepada orang lain.

Keenam. Anak merasa memperoleh perhatian, merima angpao membuat anak merasa diperhatikan, karena kebaikan ini membuat anak merasa dicintai dan secara otomatis mengikat anak menjadi lebih dekat dengan si pemberi hadiah.

Cara mengelola uang angpao
Pertama, menunjukkan pada anak nilai memberi, alasan utama mengapa penting bagi orang tua untuk mengajarkan pembelajaran keuangan kepada anak-anak adalah agar anak-anak menjadi paham mengenai pemanfaatan uang dengan baik.

Kedua, bantu anak belajar membuat keputusan pengelolaan uang, berikan pemahaman kepada anak mengenai keinginan dan kebutuhan sebuah barang, jika tidak penting dan tidak butuh maka sebaiknya ditunda atau bahkan tidak perlu dibeli sehingga penggunaan uang menjadi lebih tepat guna.

Ketiga, bantu anak membiasakan menabung, dengan memberikan pemahaman kepada anak mengenai menabung, maka anak akan berusaha menabung dan menghargai setiap uang yang diperolehnya, untuk mendukung hal tersebut maka orang tua menyediakan media tabungan seperti celengan atau benda lainnya yang bisa digunakan untuk menyimpan uang koin maupun uang kertas.

Profil penulis
Naim, M.Pd (dosen Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Sekjen Yayasan Putra Khatulistiwa Malang (YPKM)
Sekretaris IARMI Dewan Pimpinan Kota Malang
Owner Konveksi Wira@lhamd Malang

Rekomendasi 5 Kampung Tematik yang Menarik di Kota Malang

Kampung Warna-warni Jodipan Malang (Foto Gilatripgoodnewsfromindonesia.id)
Kampung Warna-warni Jodipan Malang (Foto Gilatripgoodnewsfromindonesia.id)

MALANGVOICE – Kota Malang selalu menjadi tujuan destinasi wisata para pelancong saat ingin berlibur. Cukup banyaknya tempat wisata yang menarik perhatian pastinya akan mempersulit wisatawan untuk memilih destinasi yang tempat untuk dikunjungi.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, ada lima rekomendasi destinasi kampung tematik yang bisa dikunjungi para wisatawan saat ada di Kota pendidikan ini.

1. Kampoeng Heritage Kajoetangan

Kampoeng Heritage Kajoetangan terletak di Jalan Arif Rahman Hakim. Disana pengunjung dapat melihat bangun-bangunan kuno peninggalan zaman kolonial Belanda.

Di kampung Kayutangan ini pengunjung bisa mengunjungi 23 spot rumah bernuansa heritage. Tentu, sebagian besar bangunan masih memiliki desain arsitektur aslinya.

“Kampung Kayutangan Heritage yang melestarikan bangunan-bangunan kuno,” ujar Ida.

2. Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi

Kampung Warna warni dan Kampung Tridi ini letaknya berseberangan berada di Kelurahan Jodipan. Dua kampung yang dibatasi oleh sungai berantas ini memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan namanya.

Di kampung warna-warni ada sekitar 107 rumah yang di cat dengan 17 warna yang beragam. Sehingga memunculkan kesan bersahabat serta menarik menjadi spot untuk berswafoto.

“Sedangkan di Kampung Tridi, pengunjung bisa menikmati indahnya gambar-gambar tiga dimensi yang juga Instagramable,” kata dia.

3. Kampung Glintung Water Street (GWS)

Kampung Glintung Water Street (GWS) merupakan wisata buatan pengembangan kawasan kampung urban farming dengan sistem Aquaponik.

Bertempat di RW 05, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, wisatawan juga bisa belajar terkait pengolahan sampah, pertanian, perikanan dan lainnya.

Menariknya, metode aquaponik yang dijalankan dengan alternatif menanam tanaman pangan dan memelihara ikan dalam satu wadah.

Disana wisatawan bisa menemukan beragam sayur dan beragam inovasi olahan dari hasil urban farming dengan sistem Aquaponik itu.

“Kampung Glintung Water Street merupakan Kampung Tangguh dengan budidaya ikan dan tanaman yang cocok untuk berwisata edukasi bersama keluarga,” tuturnya.

4. Kampung Budaya Polowijen

Di kampung Budaya Polowijen menampilkan beragam sentra industri kreatif seperti kerajinan topeng dan gerabah, kemudian seni pahat dan lain sebagainya.

Disini pengunjung yang datang cocok untuk belajar tentang sejarah dan seni di Kota Malang,” ucap Ida.

Pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah kesenian seperti tari Topeng Malangan. Pengunjung juga bisa belajar membatik, serta kerajinan gerabah dan pahat jika tertarik.

5. Kampung Gribig

Kampung dengan kompleks makam Ki Ageng Gribig letaknya berada di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang. Lokasinya berdekatan dengan exit tol Madyopuro.

Disini, pengunjung yang datang bisa belajar tentang sejarah pemimpin di Malang terdahulu. Seperti terdapat makam Bupati Malang pertama Raden Tumenggung Notodiningrat I yang menjabat pada 1819 sampai 1839.

Kemudian Bupati Malang II Raden Ario Adipati Notodiningrat II dan Bupati Malang III Raden Ario Tumenggung Notodiningrat III juga dimakamkan di sini. Termasuk para kerabat para bupati lainnya juga dimakamkan di sini.

“Kampung Gribig merupakan kampung sejarah dan makam-makam Ki Ageng Gribik sebagai cikal bakal Kota Malang dan para Bupati Malang,” tandasnya.(der)

Ini 5 Buku Tentang Musik yang Bisa Jadi Teman Isi Waktu Luang

Jurnalisme Musik dan Selingkar Wilayahnya, (Tangkapan Layar).

MALANGVOICE – Musik tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk lagu, tapi juga bisa dilakukan dengan mempelajari sejarah perjalanan pembuatan lagu hingga beragam genre yang telah ditulis dalam sebuah buku.

Di Indonesia tak sedikit juga buku-buku tentang musik maupun zine yang diterbitkan secara mandiri oleh Skena musik lokal. Bagi kalian yang penasaran, berikut beberapa buku tentang musik di Indonesia yang bisa jadi referensi bacaan saat mengisi waktu luang.

1.Jurnalisme Musik dan Selingkar Wilayahnya (2018, Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia)

Buku ini merupakan hasil karya dari penulis Idhar Resmadi yang mengisahkan perkembangan jurnalisme musik di Indonesia. Didalam buku tersebut, Idhar mengulas perkembangan Jurnalisme musik sejak era Hindia-Belanda hingga masa keruntuhan media cetak di tahun 2015-2018.

Salah satu hal paling menarik dari buku ini adalah bagaimana penulis tidak mencoba memaksa pembacanya untuk melihat musik sebagai bisnis semata. Tapi, lebih mencoba mengajak pembaca meresapi lebih dalam tentang arti Jurnalisme Musik yang mengulas seluk beluk jatuh bangun jurnalisme musik di Indonesia.

2. Rock n Roll Industri Musik Indonesia: Dari Analog ke Digital (2013, Penerbit Buku Kompas)

Buku yang ditulis Theodore KS ini mengulas perkembangan industri musik. Mulai dari masa kejayaan piring hitam, beralih ke kaset pita hingga rilisan musik berbentuk digital. Jatuh bangun perkembangan industri musik di Indonesia dituangkan dalam buku ini.

Jika kalian ingin mengetahui bagaimana peranan industri musik selama masa kemerdekaan hingga reformasi, buku ini dapat menjadi rujukan untuk menambah referensi ketika akan terjun di dunia industri musik dan musik secara luas.

3. Flip Da Skrip: Kumpulan Catatan Rap Nerd Dalam Satu Dekade (2018, Penerbit Elevation Books)

Buku Flip Da Skrip : Kumpulan Catatan Rap Nerd Dalam Satu Dekade ini ditulis oleh Herry Sutresna atau yang lebih akrab disapa Ucok Homicide. Didalam buku ini, Ucok menuliskan sederet catatan perkembangan musik hip hop dengan sangat detail. Semua dibuka dengan jelas, mulai dari kegilaan terhadap hip hop sampai serpihan kekecewaan sumpah serapah yang termaktub dalam buku ini.

4. Ritmekota: Kumpulan Tulisan Musik Dari Kota Malang (2019, Penerbit Pelangi Sastra)

Buku Ritmekota ini merupakan berbagai catatan, rekam jejak, hingga esai personal skena musik di Kota Malang yang dilakukan secara kolektif oleh 12 orang penulis yang berkecimpung di dunia permusikan Kota Malang.

Didalamnya menuliskan tentang musik rock alternatif, emo revival, hardcore, label rekaman, geliat gigs atau pertunjukan, profil fanbase band yang militan, gagasan musikalisasi puisi hingga titian rima hip hop.

Buku Ritmekota bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi kamu yang ingin mengetahui perjalanan musik di kota tempat kelahiran klub sepak bola Arema FC ini.

5. Kultus Underground: Ensiklopedia A-Z Subkultur Kaum Muda (2019, Penerbit Immortal Publishing dan Octopus)

Rekomendasi buku terakhir ini adalah Kulyus Underground : Ensiklopedia A-Z Subkultur Kaum Muda yang ditulis oleh Tony Thorne yang kemudian diterjemahkan Adhe dan bertugas sebagai penyelaras akhir Reddy Suzayzt.

Buku ini membahas pergolakan kaum muda di masing-masing subkultur. Mulai dari Rudeboys, kisah dibalik death metal, apa itu squatting, skateboarding yang menjadi fenomena anak muda, hingga kenapa muncul sekte spiritual yang menyebut dirinya New Age.

Dari buku ini, kalian akan mengetahui kegilaan hingga tren budaya kaum muda yang muncul sejak berakhirnya perang dunia kedua.(der)

3 Makanan Murah di Kota Malang yang Jarang Diketahui Pelancong

Sego Penjara yang siap disantap, (MG2).

MALANGVOICE – Kota Malang selain terkenal tempat wisatanya, kota tempat kelahiran klub sepakbola Arema ini juga dikenal sebagai surganya kuliner.

Beragam sajian makanan dengan rasa yang lezat dan harga terjangkau membuat wisatawan atau pelancong yang datang ke Kota Malang ketagihan.

Namun, tak sedikit juga ada beberapa makanan dengan harga terjangkau banyak diketahui warga Kota Malang tapi asing ditelinga para pelancong.

Berikut 3 bocoran tempat makan murah yang bisa ditemukan di Kota Malang tapi jarang diketahui warga luar kota atau pelancong.

1. Sego Penjara (Cukam)

Sego Penjara atau yang juga dikenal dengan warung Mami Cukam ini berada di Jalan Puntodewo 1A, Polrehan, Kota Malang.

Sego Penjara adalah kuliner nasi campur sederhana. Berisikan nasi putih, mie, tahu, sayur kacang panjang, sambal dan kuah kari. Dengan komponen itu nasi campur penjara dibandrol dengan harga Rp3 ribu.

Selain nasi campur, disediakan juga beragam lauk dari jerohan sapi mulai dari, babat, usus, paru, rempelo ati hingga kikil. Ada juga lauk lain seperti, ayam goreng, ikan tongkol, krengsengan, bandeng dan telor.

Warung Mami Cukam yang buka pukul 17.30 sampai 04.00 pagi, selalu ramai didatangi pembeli karena kelezatan dan harganya yang murah.

2. Sego Goreng Resek

Sego Goreng Resek bisa ada temukan di Jalan Brigjen Katamso, Kota Malang pada pukul 17.30 hingga 22.00 malam.

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini menyediakan nasi goreng seperti pada umumnya. Tapi yang menjadi daya tarik adalah banyaknya pilihan lauk dan metode memasaknya masih menggunakan arang.

Untuk rasa yang dimiliki tidak perlu dipertanyakan lagi. Tentunya didukung dengan harga yang bersahabat dengan kantong akan membuat anda bahagia.

Sego goreng Resek biasa dibandrol seharga Rp10 ribu dan harganya akan meningkat sesuai lauk yang anda pilih.

3. Orem-orem Abah Syahri

Warung orem-orem Abah Syahri di pinggir Jalan Gatot Subroto, Kota Malang, ini juga patut dicoba warga Kota Malang atau Pelancong yang berkunjung ke Kota Bunga ini.

Cukup dengan merogoh kocek Rp8 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati sedapnya orem-orem. Disana juga disediakan beragam lauk, seperti ayam pedas, perkedel, ceker pedas, dan tempe mendol.

Warung orem-orem Abah Syahri ini buka mulai Jam 09.00 sampai 15.30 sore.(der)

5 Tips Jaga Tubuh Tetap Bugar di Padatnya Aktivitas saat Lebaran

Ilustrasi seseorang sedang berlari, (Pixabay).

MALANGVOICE – Setiap lebaran, masyarakat pasti memiliki aktivitas yang cukup padat, baik itu berkunjung ke rumah kerabat hingga kedatangan sanak saudara dan tetangga.

Dalam menjalankan berbagai aktivitas tersebut, tentu dibutuhkan stamina lebih untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Sekretaris Departemen Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan UB, Titis Sari Kusuma, S.Gz,MP, memberikan beberapa tips untuk membantu tubuh tetap bugar dan sehat.

1. Melakukan Olahraga
Agar tubuh tetap bugar. Sebaiknya kita menyempatkan diri untuk tetap berolahraga sesuai kebiasaan sehari-hari.

“Contohnya berjalan kaki minimal 30 menit, bersepeda, lari, atau olahraga lainnya. Olahraga ini tetap harus kita lakukan untuk tetap menjaga stamina tubuh,” ujar Titis.

2. Perhatikan Asupan Makanan
Aktivitas yang cukup padat jangan menjadi alasan untuk melupakan makan. Jaga asupan makan tetap seimbang selama lebaran, dengan pemilihan makanan yang tepat.

3. Minum Air
Konsumsi air putih tentu menjadi salah satu hal penting untuk membantu kelancaran proses metabolisme dalam tubuh. Dalam sehari minimal konsumsi air 8 gelas per hari.

4. Konsumsi Vitamin
Konsumsi suplemen vitamin juga bisa dilakukan jika memang diperlukan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh kita

5. Waktu Istirahat.
Saat Lebaran perlu juga memperhatikan waktu istirahat, sebisa mungkin jangan tidur terlalu malam karena akan berdampak pada kondisi tubuh.

“Biasanya saat lebaran tamu berdatangan dan asyik berbincang-bincang sampai larut malam. Hal ini juga dapat menurunkan stamina tubuh dan menyebabkan stress bagi tubuh,” tandasnya.(der)

Simak 8 Tips Agar Aman Mengkonsumsi Makanan Berlemak dan Gula saat Lebaran

Ilustrasi seseorang sedang makan, (Pixabay).

MALANGVOICE – Lebaran sangat identik dengan beragam sajian makanan dan minuman spesial yang memiliki banyak kandungan lemak, garam dan gula. Seperti opor ayam, rendang, kue hingga es buah.

Beragam sajian makanan itu seringkali membuat umat Muslim yang sudah menahan diri selama sebulan dengan berpuasa tergoda dan tidak bisa mengendalikan diri.

Sekretaris Departemen Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya (UB), Titis Sari Kusuma, S.Gz,MP mengingatkan agar tetap mengontrol asupan makanan selama lebaran.

Sebab, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung lemak, garam, dan gula berlebihan akan berakibat pada kesehatan. Misalnya, meningkatkan gula darah, berat badan kembali naik, dan kadar lemak dalam tubuh meningkat.

“Namun kita juga tidak bisa menghindari untuk tidak mengkonsumsi makanan saat hari raya, apalagi saat berkunjung ke kerabat saat silaturahmi,” ujarnya menjawab Mvoice.

Dari situ, Titis pun membagikan beberapa tips dan trik agar masyarakat tetap bisa menjaga kesehatan meski mengkonsumsi makanan mengandung lemak, garam dan gula saat lebaran.

1. Mengkonsumsi opor ayam, sebaiknya memilih bagian dada dan tanpa menambahkan kuah (untuk mengurangi asupan lemak dalam tubuh).

2. Jika mengkonsumsi rendang, sebaiknya hanya mengkonsumsi dagingnya saja dan memilih bagian yang tanpa lemak.

3. Konsumsi kue kering seperti nastar sebaiknya maksimal 4 biji, karena dalam 4 biji kue nastar sudah menyumbang kalori sebesar 200 kkal.

4. Pilih minum air putih, untuk menghindari asupan gula selain itu juga tetap perhatikan asupan air putih minimal 8 gelas untuk membantu kelancaran proses metabolisme dalam tubuh.

5. Apabila ada sajian es buah, lebih baik mengambil buahnya saja dengan sedikit atau tanpa kuahnya untuk mengurangi asupan gula.

6. Sajian salad buah baik bagi tubuh, namun lebih baik menyajikan salad buah yang tanpa ada tambahan susu kental manis, untuk mengurangi asupan gula.

7. Seimbangkan dengan asupan buah dan sayur, untuk tetap menjaga asupan makanan tetap seimbang selama merayakan hari raya idul fitri.

8. Sebaiknya memasak makanan berlemak (opor ayam, rendang, semur daging, dan lain-lain) dalam porsi secukupnya, tidak untuk konsumsi lebih dari 2 hari.

“Memasak dalam jumlah yang berlebih selain potensi kandungan lemak semakin meningkat juga potensi dapat menyebabkan keracunan makanan apabila kita memanaskan makanan tidak dengan cara yang tepat,” tandasnya.(der)