Ini Berbagai Manfaat Tepung Beras untuk Kulit

Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGVOICE – Tepung beras pada dasarnya merupakan bahan utama membuat kue. Tapi, bagaimana jika digunakan untuk kulit?

Nah, diketahui tepung beras telah digunakan selama berabad-abad lamanya sebagai bahan perawatan kecantikan alami oleh para wanita di berbagai negara Asia.

Tepung beras ternyata dikenal efektif untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit, garis-garis halus pada wajah, serta melawan penuaan dini pada kulit wajah.

Melansir dari laman boldsky.com, berikut MVoice mengulas beberapa cara memanfaatkan tepung beras untuk perawatan kulit.

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Tepung beras dikenal efektif mengurangi jerawat. Karena sifat antiseptik yang dapat melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Bahan alami ini juga mengandung allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Selain itu, khasiat lain dari Allantoin yaitu dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

Cara Penggunaan:

Taruh satu sendok makan tepung beras di dalam sebuah mangkuk. Lalu campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok teh madu hingga menjadi pasta.

Aplikasikan pada kulit wajah, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas bersih.

2. Mengatasi Penuaan Dini

Jika kamu sedang mencari bahan alami untuk melawan penuaan dinj pada kulit wajah. Tepung beras bisa menjadi salah satu solusinya.

Sebab, tepung beras memiliki kandungan ferulic acid, yakni anti-oksidan yang membantu mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap.

Selain itu tepung beras juga kaya akan vitamin B yang dapat meregenerasi sel-sel wajah serta melawan proses penuaan kulit.

Tak hanya itu, penggunaan masker tepung beras secara teratur juga dapat mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit yang membuat kamu selalu terlihat segar dan awet muda.

Cara penggunaan:

Masker anti-penuaan ini terdiri atas campuran dua sdm tepung beras, satu putih telur, dan satu sdm madu.

Oleskan masker ke wajah kamu yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan sampai benar-benar kering.

Lepaskan masker secara perlahan ke arah atas menggunakan ujung jari kamu. Kemudian, bilas dengan air dingin

3. Menghilangkan Komedo

Satu masalah wajah yang dapat membuat mood hilang adalah komedo. Bagaimana tidak, meski telah dibersihkan berkali-kali, tak jarang komedo akan muncul kembali.

Komedo muncul ketika sebum terakumulasi pada kulit, itu mengarah pada pembentukan komedo. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan tepung untuk menghilangkan komedo.

Sebab, tepung beras memiliki sifat yang membantu dalam menyerap kelebihan minyak dari permukaan kulit. Sifat antiinflamasi tepung beras mencegah segala jenis peradangan pada kulit.

Cara Penggunaan:

Siapkan satu sendok makan tepung beras dan satu sendok gel lidah buaya. Selanjutnya, ambil lidah buaya segar dan keluarkan gel putih segar, lalu pindahkan ke mangkuk. Tambahkan tepung beras dan campurkan bahan-bahannya dengan baik.

Jika bahan-bahan sudah tercampur dengan baik, gosok lembut tepung beras lidah buaya di wajah Anda untuk menghilangkan komedo. Biarkan selama lima menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat untuk hasil yang lebih baik.(Hmz/Aka)

5 Makanan Pengganti bagi Penderita Asam Lambung

ilustrasi. (bhdijaspora.net)
ilustrasi. (bhdijaspora.net)

MALANGVOICE – Naiknya asam lambung dapat merembet ke berbagai penyakit lain, hal ini lantas jangan dianggap remeh. Bahkan, Asam lambung akan menimbulkan rasa sakit di bagian perut atas hingga dada, bahkan hingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Perlu diketahui, asam lambung naik atau Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi sfingter esofagus bagian bawah. Terjadinya kenaikan asam lambung disebabkan oleh refluks asam lambung.

Dilansir dari berbagai sumber, saat menelan makanan, umumnya cincin otot atau sfingter di pangkal esofagus mengalami relaksasi untuk membantu masuknya makanan dan minuman ke lambung, lalu kemudian sfingter tersebut menutup kembali. Apabila sfingter mengalami relaksasi yang abnormal, asam lambung dapat naik kembali ke esofagus.

Nah, apabila Anda mengalami peningkatan asam lambung, Anda dapat mengganti beberapa makanan. Berikut pengganti makanan bagi penderita asam lambung.

1. Oatmeal

Penderita asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung. Hal ini karena serat yang terkandung di dalam makanan dapat menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala refluks asam lambung. Selain itu, oatmeal tidak hanya kaya akan serat tapi juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Pisang

Kandungan pH sekitar 5,6 di dalam buah pisang menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Tidak hanya itu, buah lainnya, seperti pir, apel atau melon, juga cocok dikonsumsi penderita asam lambung.

3. Roti

Pilihan roti yang disarankan untuk penderita asam lambung adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya. Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus, memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung, serta menyehatkan sistem pencernaan. Inilah sebabnya sayur-sayuran tersebut merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung.

5. Jahe

Jahe mampu mengurangi risiko naiknya asam lambung. Hal ini karena kandungan antiradang di dalam jahe dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag.(Der/Aka)

Bumil Punya Jerawat? Ini Cara Atasinya

ilustrasi. (livescience.com)
ilustrasi. (livescience.com)

MALANGVOICE – Pada tiga bulan pertama kehamilan, ibu hamil (bumil) akan mengalami peningkatan hormon di dalam tubuh. Meningknya hormon juga dapat menimbulkan jerawat di wajah.

Nah, untuk menghilangkan jerawat bagi bumil, kali ini MVoice telah merangkum berbagai bahan alami yang bisa membantu mengatasi jerawat seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1. Kunyit

Kunyit adalah antiseptik alami yang dapat mengobati infeksi yang menyebabkan jerawat. Kunyit juga akan memperbaiki keseluruhan warna kulit dan tekstur.

Caranya, buat pasta kunyit dengan mencampur 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan air. Oleskan ke jerawat, diamkan selama satu jam lalu cuci bersih. Gunakan pasta ini setiap hari untuk hasil yang efektif.

2. Cuka Apel

Cuka apel dapat menyerap minyak di kulit sekaligus bertindak sebagai toner karena enzim alami yang ada di dalamnya.

Caranya, campurian cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1:3. Ambil kapas dan rendam dalam campuran lalu oleskan ke jerawat.

3. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya akan menyembuhkan jerawat secara efektif sekaligus meremajakan kulit. Untuk perawatan ini, pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dulu.

4. Madu

Madu dapat menenangkan kulit karena memiliki khasiat antiseptik dan antibakteri. Bilas wajah dengan air hangat terlebih dulu, lalu oleskan madu ke jerawat. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas.

5. Lemon

Lemon dan limau mengandung asam alfa hidroksi yang membantu mengecilkan pori-pori. Lemon dan limau juga mengandung sifat antibakteri sehingga bisa dibilang buah jeruk adalah agen exfoliant yang baik.

Caranya, peras air jeruk nipis. Oleskan pada area yang terkena dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin.(Der/Aka)

Peneliti Sebut Vape Bahaya untuk Kesuburan Perempuan

Ilustrasi vape (mvoice)

MALANGVOICE – Setelah adanya Vape atau rokok elektrik, banyak yang beranggapan lebih aman dan sehat dibandingkan rokok tembakau.

Selain laki-laki, tidak sedikit juga perempuan yang ikut menggunakan Vape. Akan tetapi, anggapan itu ternyata bertolak belakang.

Sebagaimana dilansir dari laman parents.com. Diketahui, rokok elektrik maupun rokok tembakau sama-sama berbahaya bagi kesehatan.

Terutama untuk perempuan. Karena, mengonsumsi rokok elektrik bisa menyebabkan menurunnya kesuburan.

Sebagaimana dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of the Endocrine Society. Peneliti di Oxford University menyebutkan paparan zat kimia rokok elektrik atau vape bisa memperburuk kesuburan perempuan.

Lebih lanjut, dalam penelitian itu disebutkan rokok elektrik mengandung berbagai bahaya. Bahkan bisa berkali lipat kepada perempuan muda.

Apalagi, misalnya pemakai rokok elektrik juga memiliki pola hidup yang tak sehat. Dampak bahayanya tersebut akan semakin meningkat.

Hal senada juga dikatakan tim peneliti dari University of North Carolina. Dalam penelitiannya, rokok elektrik bisa menganggu kesuburan perempuan.

Dijelaskannya, hal itu karena paparan zat kimia rokok elektrik bisa mempengaruhi ovarium dan kandungan perempuan.

Salah satu peneliti University of North Carolina, Kathleen Caron mengatakan selain menurunkan kesuburan perempuan. Penggunaan rokok elektrik selama kehamilan juga bisa memengaruhi kesehatan janin.

Dipaparkannya, efek zat pada rokok elektrik itulah yang bisa memengaruhi tumbuh kembang janin. Bahkan pengaruhnya hingga anak lahir dan tumbuh dewasa.

Oleh karena itu, kesuburan dan kesehatan penting untuk dijaga. Salah satunya wajib menerapkan pola hidup sehat. Terutama hindari konsumsi rokok tembakau maupun rokok elektrik atau vape.(Der/Aka)

Selain Murah, Tiga Masker Alami Ini Memberikan Efek Menakjubkan untuk Kecantikan

Ilustrasi (istimewa)

MALANGVOICE – Masker berbahan alami buatan sendiri tetap menjadi pilihan banyak orang. Meski semodern apa pun masker wajah yang dijual di toko kecantikan.

Karena masker ini diyakini efektif membuat kulit sehat dan bercahaya.

Melansir dari laman Indian Express, seorang pakar kosmetik India, Pooja Nagdev, menyebutkan bila masker wajah efektif dalam mendetoksifikasi kulit, menghilangkan sel-sel mati, komedo, noda dan membuat kulit tampak bersih, kencang, dan sehat.

Nah, berikut MVoice merekomendasikan tiga masker wajah buatan sendiri berbahan alami yang dapat dicoba di rumah.

1. Masker Putih Telur dan Air Jeruk

Masker ini dinilai sangat ideal untuk kulit berjerawat. Putih telur memiliki zat astringen dan pengelupas, kaya akan protein, vitamin, dan mineral.

Selain itu, memiliki manfaat instan dan nyata bagi kulit. Seperti halnya vitamin C yang terkandung dalam air jeruk. Tapi dalam penggunaannya perlu hati-hati.

Bahan: satu putih telur dan satu sendok makan air jeruk.

Cara membuat:

Campur kedua bahan hingga merata. Lalu oleskan pada wajah dan leher sekitar 15 menit.

2. Masker Madu

Selanjutnya yakni masker madu. Masker ini dinilai ideal untuk menghilangkan peradangan dan mengurangi bintik-bintik hitam.

Madu dikenal sebagai antioksidan yang dikenal karena sifat menghidrasi dan anti-inflamasi.

Namun, perlu berhati-hati, sebab kayu manis dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang dan bahkan mungkin menyebabkan alergi.

Sedangkan jus lemon juga dapat menyebabkan masalah serupa dan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Bahan: Dua sendok makan madu, jus dari satu irisan lemon dan satu sendok teh bubuk kayu manis.

Cara Membuat:

Oleskan masker peremajaan ini pada kulit selama sekitar 10 menit. Kemudian lihat perbedaannya.

3. Masker Gula dan Minyak Kelapa

Gula Merah merupakan pengelupas alami selain kaya akan asam glikolat (asam alfa hidroksi).

Paket ini membantu pengelupasan kulit dan membuat kulit tampak halus dan cerah.

Sementara, minyak kelapa dinilai mampu meningkatkan hidrasi sehingga kulit Anda tidak akan kering setelah semua pengelupasan kulit.

Bahan: Dua sendok makan gula merah, dan dua sendok makan minyak kelapa.

Cara Membuat:

Masker yang mudah dibuat ini memberikan keajaiban bagi kulit. Oleskan masker pengelupasan ini sekitar 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Itulah beberapa masker alami yang bisa kalian coba di rumah. Selain menghemat keuangan juga memberikan manfaat menakjubkan untuk kecantikan. Selamat mencoba!(Hmz/Aka)

Perawatan Kulit Badan Tetap Sehat dan Cerah dengan Eksfoliasi

ilustrasi. (Stylecaster)
ilustrasi. (Stylecaster)

MALANGVOICE – Untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah, perawatan dengan cara eksfoliasi paling mudah dilakukan. Ya, Anda cukup menggunakan body scrub untuk menjaga kulit Anda.

Berdasarkan sebuah penelitian dari American Academy Dermatology, eksfoliasi dapat membuat kulit terlihat lebih cerah karena mengikis sel kulit mati di lapisan teratas kulit.

Dilansir dari Healthline, proses eksfoliasi juga dapat menstimulasi produksi kolagen yang bertugas meremajakan kulit dan menjaga tetap sehat, serta mengoptimalkan semua treatment yang kamu lakukan hingga dapat memberi hasil terbaik.

Untuk eksfoliasi sendiri, dibandingkan dengan kulit wajah, resistensi kulit tubuh tergolong cukup kuat, sehingga Anda bisa melakukan scrubbing lebih sering di seluruh badan. Bahkan para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan perawatan ini setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Namun, jika terlalu keras pada saat menggosok tubuh, Anda bisa secara tidak sengaja mengikis sel kulit yang masih sehat, sehingga malah akan merusak kulit Anda. Bila kulit Anda berubah kemerahan atau terasa perih setelah melakukan scrubbing, itu adalah pertanda bahwa Anda perlu mengurangi tekanan saat menggosok tubuh.(Der/Aka)

Sedang Hamil? Ini 3 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga

Ilustrasi buah naga (ist)
Ilustrasi buah naga (ist)

MALANGVOICE – Wanita saat mengandung tidak hanya bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri. Tapi juga kesehatan janin. Oleh karena itu, mengonsumsi banyak buah dan sayur sangat disarankan selama masa kehamilan. Salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil adalah buah naga.

Buah naga mengandung beragam nutrisi, di antaranya vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), karbohidrat, protein, antioksidan, serat, serta zat besi.

Nah, tak heran jika buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan, karena kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum beberapa manfaat mengonsumsi buah naga untuk ibu hamil.

1. Sumber Serat yang Baik

Serat membantu Anda lebih cepat kenyang dan menjaga usus berfungsi dengan baik. Dikutip dari laman Livestorng, sembelit selama masa kehamilan memang sering terjadi.

Oleh sebab itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung cukup serat. Dalam catatan Diet Reference Intakes, buah naga memiliki 0,3 – 0,9 serat. Sedangkan tubuh membutuhkan 28 gram serat per hari.

Nah, sehingga bumil disarankan mengonsumsi buah naga secara rutin ketika masa kehamilan.

2. Menjadi Sumber Energi

Ketika hamil, energi dalam tubuh akan terkuras dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Sebab tubuh menopang dua manusia sekaligus yakni Anda dan janin.

Diketahui, buah naga mengandung karbonhidrat sebanyak 10 – 14 gram per buahnya. Dan ketika Anda hamil, tubuh membutuhkan sekitar 140 gram karbohidrat dalam sehari.

Oleh sebab itu penting untuk Anda mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung karbohidrat yang tinggi ketika hamil.

3. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Selain kaya akan kandungan Vitamin C dan zat besi, buah naga juga mengandung folat yang tinggi. Folat merupakan kandungan yang diperlukan selama kehamilan karena berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Nah, jika janin tidak bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik, maka janin tersebut akan rentan terkena kecacatan dan keguguran. (Hmz/Aka)

Suka Konsumsi Semangka Sebelum Tidur? Efeknya Bisa Bikin Gendut

Ilustrasi semangka (ist)
Ilustrasi semangka (ist)

MALANGVOICE – Mengonsumsi semangka memang memiliki manfaat baik buat kesehatan tubuh. Tapi ada saat tertentu yang sebaiknya tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Yaitu saat kita hendak tidur.

Semangka warna merah dinilai tinggi kandungan lycopene. Dalam 100 gram, semangka punya kandungan energi sebesar 30 Kkal. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai buah untuk menunjang penurunan berat badan.

Beberapa ahli menyebutkan bila semangka terdiri dari 94 persen air, lycopene, kalium dan beberapa nutrisi lain. Selain itu juga mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Namun, tidak dianjurkan mengonsumsi semangka di malam hari sebelum tidur. Lantaran semangka mengandung sedikit asam yang jika dikonsumsi pada malam hari, dapat menunda proses pencernaan ketika tubuh sedang tidak aktif.

Nah, berikut MVoice merangkum beberapa bahaya makan semangka sebelum tidur.

1. Sering Buang Air Kecil

Meski tidak ada komplikasi serius yang diakibatkan dari makan semangka sebelum tidur. Tapi ada dampak ketidaknyamanan yang mungkin akan Anda alami.

Karena sekitar 90 persen komposisi semangka adalah air. Artinya efek yang ditimbulkan akan merasa perlu buang air kecil lebih sering.

Dengan demikian, Anda tentu keluar masuk toilet berkali-kali sampai semua jumlah kelebihan cairan dihilangkan. Tentunya hal ini sangat tidak menyenangkan, karena akan mengganggu kualitas tidur.

2. Mengalami Sakit Perut

Kandungan vitamin C yang terlalu banyak dari buah semangka, terutama pada malam hari dapat menyebabkan gejala seperti diare dan ketidaknyamanan gastrointestinal.

Selain itu, lycopene dari komposisi buah ini dapat membuat Anda duduk semalaman di toilet. Jadi jangan sampai berlebihan ya guys!

3. Menambah Berat Badan

Buah semangka memiliki kandungan banyak gula alami yang dapat meningkatkan berat badan dalam beberapa kasus jika makan semangka di malam hari.

Jadi, menghindari makan semangka menjelang tidur sangat disarankan bagi Anda yang tidak ingin gemuk atau sedang menjalani diet.

Kemudian, dianjurkan agar semangka dikonsumsi siang hari sekitar pukul 12.00 – 13.00 WIB. Karena pencernaan sedang aktif.(Der/Aka)

Hati-hati, Ini Resiko Bumil yang Suka Makan Junk Food

Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil

MALANGVOICE – Demi kesehatan janin dan kelancaran kehamilan hingga persalinan, Ibu hamil perlu menjaga pola makan sehat yang lebih baik.

Itu karena semua yang dikonsumsi ibu selama kehamilan dapat memengaruhi pola makan anak

Dikutip dari buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, saat bayi dalam kandungan menginjak 7 bulan atau 28 minggu.

Dia sudah bisa merasakan rasa makanan yang dikonsumsi ibu. Bayi dalam kandungan akan menyimpan berbagai macam rasa di setiap makanan yang disantap ibu.

Oleh karena itu, bila ibu sudah kecanduan junk food saat kehamilan, maka jangan kaget bila anak yang tumbuh besar nanti juga bisa kecanduan junk food.

Jika ingin anak kelak suka makan sayur, maka saat hamil ibu perlu makan banyak sayur. Akrabkan dan biasakan diri mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan agar anak kelak juga mudah diarahkan untuk memilih makanan sehat bernutrisi.

Selain itu, perlu diketahui sejumlah ahli berpendapat, keakraban rasa ini juga dapat membantu saat ibu menyusui.

ASI untuk bayi seperti diet yang dia konsumsi. Dengan kata lain, apa yang ibu makan saat menyusui, itu juga yang bayi rasakan saat dia menyusu.

Maka dari itu, perlu bagi bunda membiasakan diri memilih makanan yang bergizi dan bernutrisi selama kehamilan dan masa menyusui. Sebab pengaruhnya terhadap tumbuh kembang dan kebiasaan pada anak akan sangat besar.

Selain berdampak buruk pada perkembangan bayi, terlalu banyak mengonsumsi makanan junk food juga bisa membuat kehamilan lebih rentan.

Ibu hamil menjadi lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan, seperti kelelahan, sakit maag, diabetes, ataupun stretch mark.

Berbagai risiko makanan cepat saji tersebut, angka kejadiannya lebih tinggi pada ibu hamil yang mengonsumsi junk food saat kehamilan trimester akhir, dibandingkan ibu hamil yang mengonsumsinya di awal kehamilan saja.(Hmz/Aka)

Benarkah Polusi Udara Penyebab Penuaan Dini?

ilustrasi.
ilustrasi.

MALANGVOICE – Hidup di kota metropolitan, polusi bukan lagi permasalahan besar. Padahal, jika kita terlalu sering terpapar polusi banyak berdampak pada tubuh.

Hal ini dikarenakan polusi udara tersebut mengandung setidaknya enam macam polutan, yaitu karbon monoksida, timbal, oksida nitrogen, ozone, partikel polusi atau partikulat, dan oksida belerang.

Selain membuat napas menjadi sesak, polusi udara juga merangsang peningkatan jumlah radikal bebas yang bisa mengurangi kandungan oksigen pada sel-sel kulit. Menurut Times of India, asap kendaraan bermotor mengandung zat hidrokarbon, apabila terhirup dapat menyebabkan kulit wajah jadi kusam dan mengakibatkan penuaan dini.

Selain penuaan dini dan wajah menjadi kusam, penyebab polusi udara pada wanita seperti:

1. Dapat memperburuk penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat.

2. Dapat merusak DNA pada sel kulit, mengganggu kemampuan kulit untuk menghasilkan kolagen.

3. Dapat mengaktifkan molekul tertentu yang menyebabkan timbulnya bintik hitam atau pigmentasi kulit; serta menyebabkan kulit menjadi kekeringan. Lingkungan sekitar tempat tinggal juga kerap memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit Anda.

Untuk itu, apabila Anda akan beraktivitas di luar selalu gunakan pelindung extra, seperti sunscreen atau sunblock.(Der/Aka)

Komunitas