Tanaman Hias Dalam Rumah Bisa Tambah Oksigen dan Buang Racun

Lidah Buaya (Aloevera), (Ist).

MALANGVOICE – Selain mempercantik tampilan ruangan, tanaman hias juga bisa bermanfaat menambah oksigen serta menyaring racun di dalam ruangan sey

Berikut rekomendasi tanaman hias yang bisa ditempatkan di dalam ruangan dengan perawatan yang mudah, dilansir dari The Practical Planter.

1. lidah Mertua (Sansevieria trifasciatia)
Lidah mertua memiliki beberapa varietas yang akan bertumbuh setinggi 30 cm, tetapi beberapa dapat mencapai ketinggian 90 cm.

Perawatannya cukup mudah, dan akan tumbuh dengan baik di jendela yang cerah atau tempat yang hanya memiliki cahaya tidak langsung. Anda bahkan tidak perlu menyiramnya secara teratur lidah mertua karena akan baik-baik saja di tanah kering.

Faktanya, penyiraman yang berlebihan adalah salah satu masalah besar bagi tanaman lidah mertua. Lidah mertua adalah pilihan yang sangat baik untuk setiap ruangan di rumah dan akan membantu menghilangkan formaldehida dari ruangan.

2. Bunga Peace Lily (Spathiphyllumsp)
Perawatan Peace Lily tidak terlalu sulit karena tanaman ini baik dalam cahaya tidak langsung, serta kebutuhan air yang sedikit membuat tanaman tersebut cocok ditempatkan di ruangan yang tidak banyak matahari.

Peace lily akan membantu menyaring berbagai campuran organik yang mudah menguap dari udara, seperti benzena, toluena, formaldehida, dan xilena.

Tapi bagi seseorang yang memiliki peliharaan sebaiknya tidak memilih tanaman ini, karena diketahui Peace Lily beracun bagi hewan.

3. Lidah Buaya (Aloevera)
Lidah Buaya merupakan tanaman yang tidak memerlukan perawatan ekstra, namun berbeda dengan dua tanaman yang sudah dijelaskan, lidah buaya sangat menyukai sinar matahari.

Lidah Buaya sendiri dapat menyaring benzena dan formaldehida di udara.

4. Spider Plant atau tanaman Laba-laba (Chlorophytum comosum)

Tanaman dedaunan ini bisa bertahan tanpa mendapatkan cahaya langsung, dan tanah yang mengering dengan baik.

Tanaman Laba-laba akan membantu menambah lebih banyak oksigen dan juga menyaring karbondioksida, formaldehida, dan benzena.(

Waspadalah, Kebiasaan Enak-enak Bisa Merusak Otak

Rokok, (Ist).

MALANGVOICE – Namanya juga kebiasaan, apalagi enak-enak, sehingga tak heran banyak yang tidak mengetahui kebiasaan itu ternyata memiliki dampak buruk pada kesehatan otak.

Berikut beberapa kebiasaan enak-enak yang bisa kamu kurangi atau hindari untuk mempertahankan otak tetap sehat, dilansir dari WebMD.

1. Kurang Gerak
Kurang berolahraga atau Males Gerak (Mager) itu akan semakin besar peluang seseorang terkena Demensia.

Apalagi olahraga itu sangat penting bagi tubuh agar bisa terhindar dari penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. Kurang Tidur
Memiliki waktu tidur yang tidak teratur bisa membuka peluang terkena alzheimer. Jadi ketika Anda mengalami gangguan tidur, segera ambil penanganan yang sesuai. Kurangi kafein dan alkohol, dan mintalah pertolongan medis juga memang diperlukan.

3. Merokok
Merokok ini merupakan kebiasaan yang cukup sulit dihilangkan. Padahal merokok, menyesap nikotin, bisa membuat otak mengalami kemunduran dalam kemampuan mengingat.
Jadi ketika ingatan Anda semakin lemah, mungkin Anda harus menghentikan kebiasaan merokok dengan segera. 

4. Konsumsi Junk Food Terlalu Sering
Junk food juga bisa menyakiti otak. Dalam sebuah studi, bagian otak yang berfungsi mengingat dan belajar hal-hal baru dari seseorang terlalu sering makan junk food nampak lebih kecil dari mereka yang jarang makan junk food.(end)

Ketahui Tiga Manfaat Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol jadi salah satu produk penyumbang pendapatan cukai. (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Minuman keras (miras) mengandung alkohol masih sering banyak dikonsumsi masyarakat. Banyak beranggapan menenggak miras bisa membuat tubuh rileks atau menghilangkan penat.

Kendati demikian, terlalu sering meminum alkohol ternyata berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk kerusakan hati. Sehingga sebaik mungkin menghindari konsumsi minuman beralkohol.

Berikut beberapa manfaat yang akan didapat jika berhenti mengkonsumsi alkohol dilansir dari Eat This.

1. Menjaga Berat Badan

Dengan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan berat badan hanya dengan menambahkan kalori saat makan tiap harinya. Karena itu, dengan tidak minum alkohol, Anda secara efektif menghilangkan potensi pemicu makan berlebihan ini dan mungkin merasa lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 8 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Software Akuntansi

2. Imun Meningkat

Alkohol dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Hal itu membuat resiko terkena penyakit lebih tinggi. Sehingga sebaik mungkin hindari mengkonsumsi alkohol agar tubuh bisa lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

3. Membuat Hati Lebih Sehat

Konsumsi alkohol bisa meningkatkan kemungkinan perlemakan hati dan sirosis hati. Kemungkinan sirosis dan perlemakan hati akan menurun sekitar 10 persen ketika seseorang berhenti minum alkohol.(der)

Selain Hemat, Ketahui Lima Kelebihan Menstrual Cup

Menstrual Cup, (Ist).

MALANGVOICE – Haid atau menstruasi menjadi salah satu fase yang selalu dialami wanita. Pada umumnya fase tersebut berlangsung sekali dalam satu bulan.

Guna membantu fase menstruasi yang dialami wanita, kini hadir trobosan baru yang bernama menstrual cup.

Menstrual cup sendiri adalah alat pengganti pembalut yang berbentuk corong fleksibel seperti cangkir kecil dan terbuat dari karet atau silikon. Alat ini tidak menyerap darah seperti pembalut atau tampon, namun hanya menampung darah menstruasi.

Dilansir dari Healthline, Menstrual Cup yang digunakan sebagai pengganti dari pembalut itu memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

1. Lebih Hemat

Sekali pembelian Menstrual Cup dapat digunakan kembali serta bisa bertahan antara 6 Jam sampai 12 Jam, sehingga jauh lebih hemat dibandingkan pembalut yang harus diganti 3 sampai 4 jam dalam sekali.

2. Menampung Lebih Banyak Darah

Menstrual cup dapat menampung sekitar 1 hingga 2 ons darah menstruasi. Sementara tampon atau pembalut hanya bisa menahan hingga sepertiga ons.

Baca Juga: Ajak Kencan Lewat Medsos, Wanita Jadi Korban Pemerasan dan Pemerkosaan

3. Lebih Ramah Lingkungan

Menstrual cup dapat bertahan lama dan bisa digunakan kembali. Ini berarti kamu tidak menyumbangkan lebih banyak limbah ke lingkungan.

4. Diklaim Dapat Menghindarkan Dari Bakteri Saat Menstruasi

Karena sifat menstrual cup yang hanya menampung darah dan tidak menyerapnya membuat kamu terhindar dari infeksi bakteri. Dengan demikian menstrual cup juga mengurangi terjadinya ruam atau lecet pada pemakaian pembalut.

5. Tidak Menimbulkan Bau

Karena darah Menstruasi telah ditampung melalui Menstrual Cup, sehingga darah tidak terpapar udara. Jadi tidak perlu takut aroma tidak sedap muncul seperti saat menggunakan pembalut.(der)

Ini 4 Manfaat Tidur Telentang Bagi Kesehatan

Gangguan tidur, sleep apnea cukup berbahaya. (everydayhealth)

MALANGVOICE – Bagi setiap orang tidur sangat diperlukan untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas.

Namun tahukah anda jika posisi tidur ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan? Tenang berikut bocoran 4 manfaat tidur telentang bagi kesehatan yang bisa kamu ketahui, dilansir dari Healthline.

1. Mampu mengurangi sakit punggung dan leher

Tidur telentang dapat membantu mengurangi tekanan tulang belakang. Posisi telentang yang baik adalah dengan mengkondisikan tubuh senyaman mungkin, dan bisa menggunakan bantuan bantal sebagai alas untuk mempertahankan bentuk alami tulang belakang.

2. Mampu meningkatkan pernapasan

Sistem pernapasan saat kita tidur akan maksimal jika kondisi otot diafragma juga dalam kondisi normal, yaitu pada saat tidur telentang. Namun Jika kita tidur pada posisi tengkurap atau miring, maka hal tersebut akan menekan otot diafragma.

Baca Juga: 10 Manfaat Cokelat Buat Kesehatan dan Kecantikan

Dampak dari posisi tidur tersebut akan membuat pernapasan kita terganggu, yaitu tidak bisa menarik napas dengan dalam.

3. Membantu mengurangi jerawat

Jerawat biasanya memang cukup menganggu karena membuat tampilan wajah menjadi kurang baik. Ternyata saat tidur dengan posisi tengkurap atau miring berpotensi membuat wajah menjadi jerawatan.

Saat kita tidur pada posisi tengkurap atau miring, maka wajah kita akan menyentuh sarung bantal. Sarung bantal akan menyerap sebum dari kulit wajah. Bisa juga kotoran ataupun bahan kimia yang ada di sarung bantal akan menempel di kulit wajah, sehingga menyebabkan jerawat.

Tidur dengan posisi telentang akan membantu menghindari potensi ini. Karena wajah menghadap ke atas saat tidur akan menghindari kontak dengan sarung bantal.

4. Mengurangi sakit kepala

Terkadang ada sejumlah orang yang sering merasakan sakit kepala saat bangun tidur. Jika mengalami masalah seperti itu sebisa mungkin segera ubah posisi tidur menjadi telentang. Penyebab sakit kepala saat bangun tidur adalah adanya tekanan pada tulang belakang leher.

Menjaga posisi tulang ini dalam posisi netral akan membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan saat bangun tidur. Cara menjaga posisi tulang agar dalam posisi netral adalah dengan cara tidur telentang.(der)

September Ceria, Berkendara Happy Setelah Pengecekan Gratis di AHASS

Servis motor Honda. (Istimewa)
Servis motor Honda. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT memberikan program pengecekan gratis di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) melalui program “Cek Aja Dulu Ke AHASS” bagi semua konsumen sepeda motor Honda mulai periode 04 – 30 September 2021.

Berbagai program special bisa didapatkan para konsumen setia Honda dengan mendapatkan layanan pemeriksaan gratis yakni cek oli, cek lampu, cek ban, cek rem, cek aki, cek rantai dan cek busi. Pengecekan ini untuk melihat apakah part tersebut masih dalam kondisi baik dan layak pakai.

“Bersama dengan seluruh jaringan bengkel AHASS, kami berikan layanan pengecekan gratis sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia Honda, karena dengan rutin melakukan service sama dengan menjaga kepercayaan konsumen kepada kami agar sepeda motor Honda etap prima sebagai modal untuk menjalankan aktivitasnya. Service di AHASS dijaminan Honda Genuine Part (HGP) yang asli dan ditangani oleh mekanik mekanik terlatih dan bersertifikasi,” kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

Selain itu juga konsumen akan mendapatkan voucher 20% untuk jasa service yang bisa digunakan service berikutnya. Konsumen yang mengikuti program ini juga bisa memanfaatkan PIT Ekspres bengkel AHASS yakni layanan khusus bebas antri bagi konsumen AHASS yang ganti ban 15 menit dan ganti aki 10 menit.

Konsumen Honda dapat melakukan perawatan motornya di AHASS terdekat. Promo ini berlaku disemua jaringan bengkel AHASS di Jawa Timur dan NT. Perawatan di AHASS dijamin Honda Genuine Part (HGP) asli. Lokasi AHASS dapat di lihat di website www.mpmhondajatim.com

Untuk menghemat waktu konsumen juga bisa melakukan booking service melalui aplikasi Brompit yang sudah tersedia di google playstore dan app store, konsumen tidak perlu khawatir karena bengkel AHASS telah menerapkan protocol kesehatan sehingga aman dan nyaman dalam melakukan service di bengkel AHASS.(der)

7 Bahan Masakan yang Bisa Bantu Diet Lebih Sehat

Harga Cabai naik drastis pekan ini. (Lisdya Shelly)
Harga Cabai naik drastis pekan ini. (Lisdya Shelly)

MALANGVOICE – Diet menjadi hal yang sering dilakukan utamanya bagi perempuan. Namun, dalam pelaksanaanya terkadang kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi itu terdapat kandungan yang membahayakan kesehatan seperti zat pengawet, pewarna hingga kandungan garam yang cukup tinggi.

Guna membantu diet lebih sehat, dikutip dari Healthline terdapat 7 bahan masakan atau rempah-rempah yang bisa digunakan untuk campuran bumbu dalam memasak dan memiliki manfaat sebagai penunjang diet.

Baca Juga: 6 Asupan Wajib Dikonsumsi Setelah Divaksin

1. Cabai Rawit
Cabai Rawit memiliki sensasi rasa pedas yang berasal dari senyawa capsaicin, yang ternyata mempunyai banyak manfaat kesehatan, terutama menurunkan berat badan karena bisa memaksimalkan metabolisme.

Meski begitu, konsumsi cabai rawit juga tidak bisa dilakukan terlalu sering terutama bagi penderita nyeri lambung.

2. Jahe
Jahe yang selalu identik digunakan sebagai minuman bisa juga dijadikan bumbu masakan serta mampu membantu untuk diet. Sebab gingerol dalam jahe mampu meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran kalori.

Selain meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori, jahe yang digunakan sebagai bumbu masakan juga bermanfaat mengontrol kadar gula darah supaya tetap stabil.

3. Oregano
Oregano adalah rempah yang masih satu keluarga dengan mint, basil, thyme, rosemary, dan sage.

Senyawa kuat carvacrol pada oregano ini diklaim bisa membantu turunkan berat badan karena mampu mengontrol sintesis lemak dalam tubuh.

Selain dijadikan serbuk bumbu masak, oregano juga ada yang dijadikan suplemen diet dengan khasiat sama untuk menurunkan berat badan.

4. Ginseng
Ginseng merupakan tanaman herbal yang banyak dipercaya dalam pengobatan tradisional di Tiongkok.

Bahkan banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman ginseng cukup ampuh membantu menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan ginseng mengandung jaringan adiposa cokelat atau BAT. Jaringan tersebut dapat mengubah lemak menjadi energi dengan cepat.

5. Kunyit
Kunyit cukup populer dalam pengobatan herbal karena bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan.

Tak hanya itu, kunyit mampu menekan pertumbuhan jaringan lemak serta mengontrol kadar gula darah berkat komponen utamanya yaitu kurkumin.

6. Lada Hitam
Lada hitam adalah bumbu dapur yang berasal dari buah kering piper nigrum berbunga asli India.

Biji buah tersebut mengandung senyawa kuat yaitu piperine, yang menciptakan rasa pedas dan memberi efek dalam proses penurunan berat badan.

7. Kayu Manis
Kayu manis atau bubuk kayu manis merupakan rempah aromatik terbuat dari kulit bagian dalam pohon kayu manis.

Sifat dari kayu manis ini antimikroba sehingga efektif untuk diet. Senyawa tersebut mampu memberi respons negatif pada tubuh ketika menerima asupan berlemak tinggi.

Meski beberapa bumbu tersebut memiliki manfaat lebih untuk menunjang proses diet, sebaiknya dikonsumsi tidak terlalu sering guna mencegah efek samping.

Dianjurkan saat melakukan diet didukung dengan makan yang bergizi, olahraga dan istirahat teratur.(der)

Tips Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Awet

Perawatan v-belt motor matic. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kemudahaan pengoperasian skuter matik (skutik) membuat sepeda motor jenis ini banyak diminati masyarakat. Di balik kemudahannya, kita juga perlu mengetahui bagaimana perawatan dari tipe motor terlaris ini, salah satunya dengan mengenal kinerja van belt (V-belt).

Komponen ini memiliki peran yang esensial pada skutik karena berfungsi menghubungkan mesin dan roda.

Penggunaan v-belt sebenarnya telah memiliki patokan umur optimal pemakaian, namun penggunaan setiap pengendara berbeda-beda. Lantas bagaimana cara agar v-belt skutik kita tetap awet? Berikut tips merawatnya dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM):

Rutin Cek V-belt
Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km dan setelah itu harus dilakukan penggantian. Namun hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memperpendek usia dari v-belt.

Hati-hati Dalam Menggunakan Aksesoris Balap
Meskipun aksesoris balap dapat membuat tampilan skutik semakin stylish, namun komponen yang tidak standar dapat beresiko merusak komponen lain. Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, maka sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih aksesoris untuk sepeda motor anda. Sehingga secara kualitas pun tetap terjaga.

Penggunaan Skutik Secara Normal
Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Ingat, sepeda motor yang anda gunakan bertransmisi matik, sehingga ketika anda memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang. Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini, sebab selain ramah lingkungan juga dapat memperpanjang umur v-belt skutik anda.

Technical Service Division AHM Endro Sutarno mengatakan v-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima.

“V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan konsumen Honda. Pengecekan secara berkala di AHASS sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat,” ujar Endro.

“Selama masa PPKM ini, apabila konsumen memerlukan bantuan perawatan, konsumen dapat mempergunakan fasilitas Honda Home Service atau service jemput yang di berikan oleh MPM Honda Jatim dan jaringan AHASS. Ketika motor lama tidak dipakai terkadang ada beberapa komponen yang harus diperhatikan/dirawat agar tidak mempengaruhi kinerja sepeda motor saat digunakan,” kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.(der)

Simak Tips dan Trik Aman Berkendara Motor Off Road

Motor off road Honda. (istimewa)

MALANGVOICE – Salah satu motor off-road yang saat ini digemari beberapa kalangan membuat kehadiran motor trail mulai eksis lagi bahkan berbagai komunitasnya tumbuh di berbagai daerah.

Dalam pengoperasiannya, motor off-road ini tidak memiliki perbedaan yang mencolok seperti kebanyakan motor berperseneling lainnya, hanya saja, dikarenakan memang diciptakan untuk medan yang lebih ekstrem, maka ada hal-hal khusus yang patut diperhatikan oleh para pemula sebelum mengendarai motor jenis satu ini.

Sekilas motor off-road ini memang sama saja dengan motor yang menggunakan perseneling lainnya. Karena motor off-road ini diperuntukkan medan ekstrem, sehingga motor ini didesain khusus untuk menghadapi medan tersebut.

Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Hari Setiawan memberikan beberapa tips yang dapat diketahui sebagai pemula sebelum mengendarai motor trail atau off-road di medan ekstrem.

Hal pertama yang perlu dipersiapkan, yakni kelengkapan pelindung tubuh. Berkendara off road juga tidak lepas dengan penggunaan riding gear yang tepat sehingga tetap menjaga keselamatan pengendara di tengah keseruan. Riding gear yang digunakan untuk kegiatan off road maupun di jalan raya tidak jauh berbeda, namun terdapat beberapa elemen riding gear yang memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda.

Siapkan sepeda motor trail dengan melakukan pengecekan kondisi motor apakah layak untuk digunakan. Dan kenali kondisi lintasan dan jenis-jenisnya dengan tujuan agar mampu memperkecil risiko terjatuh dan cedera.

Pengendara motor trail sangat memerlukan lebih banyak teknik ketimbang menjadi pengendara kendaraan jenis lainnya, jadi posisi tubuh, kestabilan, arah sepeda motor, kecepatan motor, cara pengereman, serta pemakaian tenaga mesin harus diperhatikan.

Bagi pengendara yang memiliki postur badan di bawah 170 cm, pasti sering kali merasa ada motor yang terlalu tinggi, terlalu berat, dan lainnya. Umumnya jenis motor trail, seperti CRF150L atau CRF 250 Rally memiliki dimensi sangat tinggi dan atau lebih berat dibanding lainnya. Namun semua orang memiliki kesempatan untuk mengendarai motor, baik trail atau cross, maupun tipe sport.

Tekniknya yakni pada waktu naik motor, posisi standar tetap miring, kemudian kaki (bagian kiri) menginjak step, lalu badan berdiri (seperti naik tangga), kemudian kaki kanan melangkahi jok dan mendarat di step kanan.

Setelah itu motor trail menyala posisi mesin siap menyala yang patut diperhatikan ketika bermanuver motor trail jelas berbeda dengan motor sport. Di mana posisi badan ikut miring atau kerap disebut cornering atau belok rebah. Dan kalau tanjakan, gerakan badan, kalau naik badan agak depan, kalau turun tarik ke belakang. Geser ke kanan kiri pantatnya, dan harus turunin kaki pabila akan kepeleset.

Berkendara di medan yang halus seperti beraspal ataupun di medan ekstrem, tetap saja ketika menggunakan motor off-road, ada hal-hal sama yang wajib dilakukan, yaitu penguasaan akselerasi, pengoplingan sampai pengereman motor dengan cermat dan seksama.

Hal tersebut dirasa sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari kecelakaan atau terpelanting dari motor karena salah akselerasi, salah kopling atau juga salah dalam pengereman. Di medan yang jalannya kurang rata, maka disarankan untuk tetap mengendarai motor di kecepatan rendah dan jaga kopling di gigi 2.

Cara melatihnya cukup mudah, jalankan motor dengan kecepatan rendah, lalu buat angka 8. Semakin pelan lebih baik, dan latih terus hingga bisa berbelok dengan setang sampai mentok. Bisa juga latih keseimbangan dalam keadaan motor statis.

Jika terjatuh dari motor, maka disarankan agar turut menggunakan kaki atau lebih tepatnya bagian paha luar untuk mengangkatnya. Jangan hanya mengandalkan kekuatan lengan atau tubuh bagian atas saja. Prinsipnya seperti mengangkat beban berat dari bawah. Kekuatan dimaksimalkan dengan bantuan otot tubuh bagian bawah.

“Yang terpenting saat naik motor trail reflek nya harus cepat menyeimbangi pergerakan motornya, kenali Motor, kuasai Akselerasi, dan salalu Cari_aman saat naik motor trail,” tutup Hari.(der)

Daun Kelor Miliki Khasiat Atasi Masalah Kejantanan Pria

Daun kelor, (dok id pinterest).

MALANGVOICE – Daun kelor atau juga dikenal sebagai Moringa oleifera, merupakan tanaman yang diketahui memiliki segudang manfaat, khususnya dalam bidang kesehatan.

Menariknya, daun kelor ini memiliki khasiat yang cukup bagus untuk pria terutama pada beberapa hal yang berhubungan dengan alat vital. Dilansir dari Healthline, berikut empat manfaat kelor untuk pria.

1. Meningkatkan Kesehatan Prostat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji dan daun kelor kaya akan senyawa glukosinolat, dan dari kandungan itu dikatakan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat manusia.

Penelitian tersebut juga berspekulasi bahwa kelor dapat membantu mencegah hiperplasia prostat jinak (BPH).

Kondisi ini biasanya menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia pria dan ditandai dengan pembesaran prostat yang dapat mengganggu buang air kecil.

2. Dapat meringankan disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi (DE) adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk berhubungan seks.

Kondisi ini sering terjadi ketika ada masalah dengan aliran darah, yang mungkin diakibatkan oleh tekanan darah tinggi, kadar lemak yang tinggi dalam darah, atau kondisi tertentu seperti diabetes.

Daun kelor mengandung senyawa polifenol yang dapat meningkatkan aliran darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat dan menurunkan tekanan darah.

3. Dapat meningkatkan kesuburan

Pria umumnya berkontribusi 40 persen pada kasus kemandulan secara umum di dunia. Hal ini disebabkan oleh produksi sperma yang bermasalah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun dan biji kelor merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, yang dapat membantu memerangi kerusakan oksidatif.

Kerusakan oksidatif selama ini memang dapat mengganggu produksi sperma atau merusak DNA sperma.

4. Meningkatkan kontrol gula
Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakannya secara efisien.

Kondisi ini lebih umum pada pria daripada wanita karena pria cenderung menyimpan lebih banyak lemak berbahaya di sekitar daerah perut mereka, yakni lemak visceral.

Lemak ini menurunkan efektivitas insulin sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Beberapa penelitian pada tikus dengan diabetes telah menunjukkan bahwa ekstrak dari daun dan biji kelor dapat menurunkan kadar gula darah baik dengan meningkatkan produksi insulin atau menyerap gula darah ke dalam sel.(der)