Manfaat Lari Bagi Kesehatan dan Empat Hal yang Perlu Diperhatikan

Lari atau jogging adalah olahraga murah meriah. (Instagram @runmlgrun)
Lari atau jogging adalah olahraga murah meriah. (Instagram @runmlgrun)

MALANGVOICE – Olahraga lari cukup diminati masyarakat, khususnya bagi mereka yang ingin memiliki tubuh yang sehat, bugar dan terhindar dari penyakit.

Apalagi untuk melakukan olahraga lari tidak memerlukan waktu lama, cukup lari lima hingga 10 menit, sudah bisa mendapatkan manfaatnya. Tentu hal itu harus dilakukan secara rutin.

Dilansir dari Healthline, beberapa manfaat yang didapatkan jika rutin lari sebagai berikut :

– Pengurangan resiko kematian akibat serangan jantung atau stroke.

– Mengurangi resiko penyakit Kardiovaskular.

– Resiko terkena kanker lebih rendah.

-Resiko lebih rendah terkena penyakit neurologis seperti penyakit alzheimer dan Parkinson.

– Meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati.

Meski olahraga lari terbilang mudah, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum lari :

1. Peregangan
Sebelum berolahraga lari, Anda disarankan untuk melakukan peregangan dinamis. Tujuan peregangan ini, untuk memicu pergerakan otot yang mensimulasikan gerakan.

Dengan begitu, otot tidak akan mudah tegang dan kita terhindar dari risiko kram.

2. Hindari makan berlebihan
Makan dalam porsi besar sebelum berlari membuat perut terasa tidak nyaman. Sebab saat berlari, proses pencernaan berjalan lamban dan aliran darah ke dalam sistem gastro-intestinal (GI) dialihkan ke otot untuk berolahraga.

Akibatnya makanan tidak dapat dicerna dengan normal dan akan menimbulkan efek samping seperti kram. Sehingga jika anda berencana untuk lari, sebaik mungkin makan terlebih dahulu dengan jeda minimal satu sampai dua jam sebelum lari.

3. Hindari kafein dan pemanis buatan
Konsumsi kafein dan pemanis buatan sebelum berlari juga tidak disarankan.

Kafein dapat memicu detak jantung dan pemanis buatan dapat menimbulkan tekanan dalam perut selama berolahraga.

4. Perhatikan isyarat tubuh
Jika merasa tidak nyaman, terlalu capek, atau kurang sehat, jangan memaksakan diri.

Hal itu, justru membuat diri kita dalam bahaya. Jadi sebisa mungkin buatlah diri lebih nyaman dan gembira saat melakukan aktivitas tersebut.(der)

4 Hal Penting Diperhatikan Sebelum Pindah Rumah

Ilustrasi. (Freepik)

MALANGVOICE – Pindah ke rumah baru tentu harus memliki perencanaan matang. Perlu adanya pencatatan apa saja barang dibawa dan ditinggal. Dengan adanya perencanaan ini kamu akan meminimalisir proses relokasi dan menghindari tertinggal barang.

Untuk membantu kamu berikut ini adalah beberapa hal penting yang kamu lakukan agar proses pemindahan dapat berjalan dengan mudah.

Hal yang harus kamu perhatikan saat relokasi

Perlengkapan kebersihan Serbaguna

Sangat menyenangkan jika kamu bisa mendapatkan kebersihan yang maksimal saat memulai hidup baru di hunian baru bukan? Untuk membuatnya terwujud kamu harus membuat isi lemari tersusun secara rapi dan pastikan untuk membersihkan sebelum pindah.

Beberapa sudut yang perlu kamu perhatikan adalah permukaan perabotan yang penuh dengan debu, serta lantai yang mungkin masih kotor. Agar lebih maksimal miliki peralatan di bawah ini untuk membantu membersihkan ruangan

Sarung tangan
Tissue
Semprotan pembersih serbaguna
Cairan pembersih lantai
Vacuum cleaner
Deterjen pencuci piring
Sapu dan pengki
Kain lap
Spons untuk piring
Pembersih mangkuk toilet
Tempat sampah

Untuk menemukan semua kebutuhan di atas kamu bisa mempercayakannya pada Ruparupa yang menyediakan peralatan rumah tangga dan furniture seperti menjual tempat sampah, sapu, ember, kursi, meja, rak dan alat lainnya yang berkualitas. Jangan ragu untuk berbelanja di sini!

Perlengkapan Area Kamar tidur

Area yang sangat penting terutama untuk beristirahat sepanjang malam. Jangan heran mengapa kualitas tidur berkurang karena kondisi ruangan yang tidak nyaman akibat barang yang berantakan dimana-mana.

Untuk mengatasinya gunakan beberapa produk yang akan membantu merapikan area ini, pertama adalah gantungan baju yang sangat efektif untuk menyusun pakaian lebih mudah dan rapi di dalam lemari. Terlebih lagi jika kamu memiliki banyak banyak koleksi pakaian.

Jika tidak memiliki banyak ruang kamu bisa menggunakan kotak besar dan meletakkannya pada kolong kasur atau sudut area yang tidak terlihat. Dengan cara ini, kamu juga menyingkat waktu saat diperlukan.

Sebagai tambahan kamu bisa menggunakan rak susun yang berguna untuk meletakan pajangan atau keperluan lainnya yang berbentuk mungil hingga sedang.

Peralatan Kamar Mandi

Selain ruangan-ruangan yang telah disebutkan pada bagian atas, kamu juga harus memperhatikan perlengkapan kamar mandi yang mana juga sering digunakan sehari-hari. Misalnya seperti sikat gigi dan odol. Selain itu tambahkan beberapa rak gantung dengan desain minimalis agar dapat berfungsi untuk meletakan handuk, maupun baju yang telah digunakan.

Toolkit

Untuk melakukan apapun jangan lupa untuk memiliki beberapa tools penting yang akan membantu pekerjaan rumah, apa saja itu?

Palu
Pita pengukur
Obeng ukuran banyak
Pisau
Tang
Alat Pemadam Api

Semua produk di atas sangat penting untuk menjaga keamanan rumah dari hal-hal yang tidak kamu inginkan.(der)

Rawat Kendaraan Tidak Hanya Ganti Oli Saja, Komponen lain Juga Perlu Diperhatikan

Servis Honda resmi AHASS. (Istimewa)

MALANGVOICE – Perawatan berkala pada sepeda motor merupakan kewajiban agar kendaraan terus dalam keadaan prima. Namun, terkadang kewajiban ini kerap diabaikan, terutama untuk melakukan servis rutin pada sepeda motor.

Ada banyak pertanyaan dari konsumen apakah perawatan sepeda motor cukup dengan ganti oli secara rutin? Banyak pemilik motor yang ke bengkel hanya ganti oli secara rutin tanpa melakukan pemeriksaan komponen lain.

Tentunya penting sekali untuk penggantian oli secara periodic karena disamping sebagai pelumasan pada komponen yang bergerak juga sebagai pembersih, pencegah karat dan pendingin.

Tetapi apakah cukup dengan ganti oli? Technical Service Division Head MPM Honda Jatim, M Bondan Priyoadi mengatakan di sepeda motor juga ada komponen yang perlu diperhatikan dan membutuhkan penyetelan atau pemeriksaan karena mengalami keausan, mengalami kekendoran akibat putaran dan suhu mesin.

“Service secara berkala memang diperlukan untuk menjaga performa mesin motor menjadi lebih awet dan optimal. Servis dapat dilakukan dua bulan atau tiga bulan sekali dan penggantian oli sebulan sekali yang meliputi pemeriksaan kondisi mesin plus ganti oli dan penggantian suku cadang,” kata Bondan.

Servis resmi AHASS. (Istimewa)

Ada banyak sekali macam perawatan motor, mulai dari perawatan body, kelistrikan, mesin, rantai, suspensi, tekanan angin ban, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk urusan mesin, salah satu bagian yang perlu diperhatikan yakni kualitas oli yang digunakan. Bagian ini menjadi salah satu peran penting untuk menjaga performa kendaraan tetap enak, lancar, dan memiliki akselerasi yang ringan. Tidak hanya itu saja, ketika kendaraan tidak memiliki stock oli cukup, bisa memungkinkan merusak sistem mesin kendaraan itu sendiri.

Selain penggantian oli, komponen yang membutuhkan pemeriksaan sudah tertera di buku service. Ada baiknya pemilik kendaraan mengikuti anjuran di buku petunjuk mengenai jarak dan waktu pemeriksaan ke bengkel. Tujuannya adalah agar dapat mengetahui kondisi motormu tetap prima dana wet masa pakainya.

Selanjutnya pemeriksaan kampas rem. Rem merupakan salah satu spare part yang harus selalu dipantau kualitasnya setiap bulan. Karena itu disarankan agar mengganti kampas rem setiap indikatornya menyatakan sudah waktunya untuk ganti. Yang perlu diingat rem adalah komponen yang menyangkut safety bagi pengemudi.

Kemudian ada beberapa spare part yang juga harus diperhatikan contohnya aki yang bisa bertahan sekitar dua tahun, roller dan V belt untuk motor matic. sama seperti kampas rem, usia beberapa spare part tersebut juga dipengaruhi cara pemakaian.

Untuk itu agar motor awet dan berkendara menjadi lebih aman dan nyaman, konsumen dapat melakukan perawatan motornya ke bengkel AHASS terdekat. PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda jatim) distributor motor Honda wilayah Jatim & NTT bersama Jaringan AHASS memberikan program Cek Aja Dulu Ke AHASS. Konsumen akan mendapatkan layanan pemeriksaan gratis yakni cek oli, cek lampu, cek ban, cek rem, cek aki, cek rantai dan cek busi.

Pengecekan ini untuk melihat apakah part tersebut masih dalam kondisi baik dan layak pakai. Konsumen yang mengikuti program ini juga bisa memanfaatkan PIT Ekspres bengkel AHASS yakni layanan antrean khusus. MPM Honda Jatim memberikan program “Promo Hoki AHASS”. Di program ini konsumen dapat memilih paket perawatan motor mulai dari perawatan basic sampai dengan perawatan lengkap dengan harga mulai dengan Rp55 ribu.

Konsumen Honda dapat melakukan perawatan motornya di AHASS terdekat. Perawatan di AHASS dijamin Honda Genuine Part (HGP) asli, mekanik juga terlatih dan bersertifikasi. AHASS juga menerapkan protokol kesehatan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan di masa pandemic. Lokasi AHASS dapat di lihat di website www.mpmhondajatim.com.(der)

Resep Jus Sehat Buatan Sendiri di Rumah

Orange juice. (pixabay)

MALANGVOICE – Para pakar kesehatan menyarankan mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi asupan harian. Kebutuhan setiap orang sangat berbeda. Misalnya saat pria dewasa membutuhkan 34 gram serat per harinya, sedangkan wanita dewasa hanya 28 gram.

Untuk mendapatkan nutrisi ini kamu bisa mendapatkannya dari buah atau sayur, yang dapat diolah sesuai selera, salah satunya menjadi jus.

Jus Triple C
Vitamin c sangat diperlukan untuk tubuh untuk meningkatkan daya tahan maupun berfungsi sebagai antioksidan akibat radikal bebas. Untuk mendapatkan yang terbaik kamu bisa menggabungkan tiga buah berikut ini yang kaya serat dan nutrisi.

Bahan-bahan:
150 gr nanas
100 gr kiwi
150 gr air jeruk manis

Cara membuat:
Cuci buah hingga bersih dengan air mengalir
Potong nanas dan rendam sebentar dengan air garam. Potong buah kiwi menjadi ukuran sedang, sisihkan. Peras jeruk dan ambil bulir-bulirnya
Setelah semua bahan siap masukan ke dalam blender, olah hingga mendapatkan tekstur halus.
Sajikan dengan es batu agar lebih nikmat.

Jus Tomat Jeruk Turmeric
Apa jadinya kalau minuman segar yang berasal dari buah tomat dan jeruk berpadu dengan turmeric ya? Tentunya nikmat dan berkhasiat karena mengandung senyawa bioaktif yang kuat, berfungsi sebagai peradangan alami, serta mampu mengurangi risiko penyakit jantung loh!’

Bahan-bahan:
10 jeruk peras
4 tomat
2 jeruk nipis
2 sdt turmeric powder
Es batu

Cara Membuat:
Cuci semua bahan hingga bersih , dan potong sesuai selera. Untuk jeruk peras terlebih dahulu kemudian sisihkan sarinya. Siapkan blender dan masukan semua bahan. Es batu dapat dipisah atau dicampur sesuai dengan keinginan. Tuang dalam gelas dan sajikan saat dingin

Jus Melon Manis Segar
Buat si kecil yang tidak suka campuran minuman dengan sayur, kamu bisa memadukannya dengan buah melon dan apel yang biasanya disukai anak-anak karena rasanya yang manis. Wah, minuman manis segar nih!

Bahan-bahan:
Melon 500 gram
Apel 250 gram
Daun Mint
Es batu
Air secukupnya
Gula pasir atau susu jika suka

Cara Membuat:
Bersihkan buah dan potong-potong hingga ukuran sedang. Siapkan blender atau juicer dan masukan semua bahan. Es batu masukan secara terpisah, begitu juga dengan gula. Setelah selesai tuang jus ke dalam gelas saji, tambahkan es
Jus favorit anak-anak siap dihidangkan.

Jus Berry Smoothie
Sejak lama buah berry banyak digunakan untuk menjaga kadar gula darah, menurunkan kolesterol hingga baik untuk kulit wajah. Wah, nggak mengherankan ya mengapa buah ini sangat populer dan memiliki banyak penggemar.

Bahan-bahan:
200 gram mix berry
50-100 ml susu cair atau air
Gula atau madu

Cara membuat:
Masukan air dengan campuran susu jika suka ke dalam blender. Tambahkan mix berry, dengan es batu. Kemudian tambahkan gula atau madu sesuai selera. Setelah selesai angkat dan minuman sehat siap untuk diminum

Nah, bagaimana pendapat kamu setelah melihat empat resep minuman sehat barusan, menarik dan mudah dibuat bukan? Untuk membantu kamu membuat resep gunakan blender berkualitas terbaik dari Ruparupa. Melalui situs online berbelanja online ini kami menjual blender, juicer, serta perlengkapan minum yang setara dengan kualitasnya.

Selain itu lengkapi juga dapur kamu dengan dekorasi serta penerangan terbaik seperti menggunakan lampu led yang dapat mengoptimalkan penerangan, dengan daya hemat.(der)

Cari_Aman Berkendara dan Bawa Barang, Begini Tipsnya

MALANGVOICE – Motor saat ini menjadi salah satu jenis alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat di Tanah Air. Selain sesuai kebutuhan sehari-hari dan bisa diandalkan, banyak pengguna melihat dari sisi design yang tangguh dan multiguna.

Sayangnya, banyaknya pengendara motor yang tidak diimbangi dengan kesadaran mengenai prosedur keselamatan berkendara. Mulai dari peralatan keamanan yang kurang lengkap, modifikasi motor yang cukup ekstrem hingga membawa barang bawaan yang terlampau banyak.

Paling banyak ditemukan adalah pengendara motor yang membawa banyak barang bawaan di jalan. Selain dapat membahayakan diri sendiri serta pengendara lain, membawa banyak barang bawaan ini ternyata juga melanggar hukum, dan bisa ditilang sewaktu-waktu apabila menyalahi aturan.

Untuk itu, Instruktur Safety Riding PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT, Dionizius Mizidianto memberikan tips Cari_ Aman berkendara pada saat membawa barang.

Berikut tips yang perlu diperhatikan saat berkendara dengan barang bawaan:

1. Perhatikan berat barang bawaan

Pastikan mengangkut barang bawaan yang tidak melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor yakni tidak melebihi 200kg (termasuk berat badan kita) agar mengendarai nya lebih mudah dan aman

Karena membawa barang bawaan terlalu berat dapat menyebabkan kondisi suspensi atau shockbreaker pada motor rusak. Selain itu, komponen mesin dan ban pun juga dapat terkena dampaknya.

2. Barang bawaan jangan sampai melebihi stang motor

Pada peraturan pemerintah tercantum informasi lebar barang bawaan yang dibawa tidak melebihi setang kemudi.
Sebab, hal ini dapat mengurangi ruang gerak pada saat akan menikung atau berbelok.

3. Jangan sampai barang bawaan lebih tinggi dari pengemudi

Barang muatan juga perlu ditempatkan di belakang pengendara dan tinggi barang bawaan tidak melebihi 900 milimeter atau kurang dari satu meter dari atas tempat duduk pengemudi

4. Pastikan barang bawaan tidak menutupi lampu sein

Apabila menaruh barang bawaannya di belakang, pastikan bahwa muatan tersebut tidak menutupi lampu sein. Mengingat fungsi lampu sein yang cukup krusial yakni memberikan pertanda pada pengendara di belakang kita bahwa kita akan berbelok atau menepi. Tanpa lampu sein ini maka akan sangat rawan terjadi kecelakaan.

5. Ikat barang bawaan dengan kuat

Kondisi jalanan yang tak selalu mulus membuat barang bawaan bisa saja merosot atau jatuh sewaktu-waktu. Untuk menghindari risiko itu, ikat barang bawaan dejgan tali yang kuat.

Apabila memungkinkan barang bawaan bisa ditaruh di bagasi motor. Bagasi luas saat ini seakan menjadi fitur wajib pada sebuah skuter.

Dengan bagasi luas di bawah jok, pengendara skuter matik (skutik) bisa menyimpan barang yang cukup banyak, bahkan 2 helm full-face sekaligus.

“Lebih baik bawa barang secukupnya dan jangan terlalu ambil risiko. Ingat bahwa keselamatan adalah prioritas utama dalam berkendara. Tetap Cari_ Aman dalam berkendara,” tutup Mizi.(der)

4 Cara Memulihkan Bibir Hitam Akibat Merokok

Ilustrasi bibir, (Ist).

MALANGVOICE – Kebiasaan merokok memiliki pengaruh besar baik dari segi kesehatan tubuh hingga penampilan. Dampak negatif akibat kebiasaan merokok ini beberapa di antaranya kulit kering, menggelapkan warna bibir dan gusi.

Dilansir dari Medical News Today, kandungan Nikotin dan Benzopyrene dalam rokok inilah yang dapat mendorong produksi melanin di kulit sehingga menyebabkan bibir menjadi gelap secara bertahap.

Meski begitu tak perlu risau. Berikut empat cara sederhana untuk membantu pemulihan agar bibir bisa kembali normal dan tidak berwarna hitam.

1. Lemon
Sebuah studi tahun 2002 berjudul “Nobiletin as a Tyrosinase Inhibitor from the Peel of Citrus Fruit” menunjukkan kulit buah jeruk dapat bertindak sebagai penghambat melanin.

Setiap malam sebelum tidur, potong lemon dan gosok lembut kebagian yang berair di bibir. Rutinitas itu dapat dilakukan terus menerus. Hasilnya nanti akan terlihat setelah.

2. Kunyit
Berdasarkan sebuah penelitian “Modulation of antioxidant defense by Alpinia galanga and Curcuma aromatica extracts correlates with their inhibition of UVA-induced melanogenesis” , kunyit dapat bertindak sebagai penghambat melanin.

Untuk cara penggunaannya, aduk satu sendok makan susu berserta bubuk kunyit secukupnya dalam mangkuk kecil, lima menit kemudian oleskan ke bibir.

3. Lidah Buaya
Dilansir Aloesin and arbutin inhibit tyrosinase activity in a synergistic manner via a different action mechanism” mengungkapkan bahwa senyawa dalam lidah buaya dapat menghambat produksi melanin.

Oleskan selapis tipis gel lidah buaya segar ke bibir setiap hari.Setelah kering, bisa dilakukan pembilasan dengan air hangat.

4. Ekstrak Delima
Dirangkum dari jurnal berjudul “Inhibitory Effect of an Ellagic Acid-Rich Pomegranate Extract on Tyrosinase Activity and Ultraviolet-Induced Pigmentation”, diketahui bahwa ekstrak buah delima dapat meringankan hiperpigmentasi kulit.

Buat pasta dari campuran satu sendok makanan biji delima, lalu satu lagi teh mawar dan krim susu segar. Lalu pijat secara lembut pasta itu ke bibir, selama sekitar tiga menit. Kemudian bilas dengar air dingin. Dilakukan secara rutin setiap harinya.(end)

5 Alasan Konsumsi Obat Dilakukan Setelah Makan

Ilustrasi obat (Ist).

MALANGVOICE – Saat akan mengonsumsi obat, kita harus mengikuti arahan dari dokter maupun aturan yang tertera dalam kemasan obat.

Dalam beberapa cara biasanya terdapat aturan perlu makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat yang sudah disediakan.

Oleh karena itu, perlu adanya perhatian lebih pada saat kosumsi obat untuk memulihkan tubuh dari sakit ataupun hal lain.

Berikut lima alasan di balik sejumlah aturan minum obat setelah makan yang perlu diketahui:

1. Mengurangi efek samping mual atau muntah

Dilansir dari NHS, terkadang beberapa obat seperti menyebabkan efek samping mual atau muntah.

Contoh beberapa obat yang bisa menyebabkan mual dan muntah saat perut dalam kondisi kosong atau belum makan di antaranya allopurinol, bromocriptine dan madopar.

Untuk mengurangi efek samping ini, pasien disarankan makan atau mengisi perutnya dengan makanan sebelum minum obat.

2. Mencegah asam lambung naik

Beberapa obat terkadang juga dapat menimbulkan efek samping memicu naiknya asam lambung, maag, atau gangguan pencernaan saat dikonsumsi sebelum makan.

Sejumlah obat yang bisa mengiritasi lambung saat perut kosong yakni aspirin, obat antiinflamasi non steroid (NSAID) seperti diklofenak dan ibuprofen, steroid seperti prednisolon atau dexametason.

Dilansir dari MyDr, efek samping dari obat diatas bisa ditoleransi dengan makan terlebih dahulu, untuk memastikan perut tidak dalam keadaan kosong.

3. Memastikan obat tidak gampang luntur

Salah satu alasan lain sebelum minum obat perlu makan terlebih dahulu, yakni untuk memastikan obat tidak gampang luntur.

Terutama untuk jenis obat kumur, obat tetes atau gel untuk obat sariawan atau infeksi mulut lainnya.

Ketika menggunakan beberapa jenis obat diatas kemudian makan, obat seketika bisa luntur tersapu makanan.

4. Memastikan obat terserap dengan baik ke aliran darah

Beberapa obat biasanya perlu beberapa dorongan dari makanan supaya mampu terserap dengan baik dalam aliran darah.

5. Membantu tubuh memproses makanan

Terkait aturan minum obat diabetes biasanya perlu diminum disekitar waktu makan. Tujuannya untuk menurunkan kadar gula darah setelah makan dan mencegah gula darah turun terlalu rendah.

Selain itu, suplemen enzim yang digunakan untuk mengobati penyakit radang pankreas kronis juga harus diminum setelah makan. Tujuannya, untuk membantu tubuh memproses makanan.

Saat anda merasa kebingungan untuk tata cara atau aturan dalam mengkonsumsi obat yang dimiliki, sebisa mungkin segera menghubungi dokter atau apoteker yang ada untuk menanyakan untuk tata cara minum obat yang benar.(end)

Ini 5 Rekomendasi Makanan yang Bisa Tingkatkan Kualitasmu di Ranjang

Ilustrasi Timun yang bertumpuk, (Ist).

MALANGVOICE – Umumnya saat menerima rangsangan seksual, pria akan mengalami ereksi. Namun, tidak sedikit juga pria yang sering mengalami gangguan fungsi ereksi atau bahkan tidak mampu melakukannya.

Kondisi inilah yang disebut sebagai disfungsi ereksi atau impoten.

Gangguan disfungsi ereksi ini pada umumnya disebabkan oleh kurangnya pasokan darah menuju penis karena peredaran darah yang kurang lancar.

Selain itu, kekurangan hormon testosteron juga berpengaruh menyebabkan disfungsi ereksi.

Dilansir dari Mayo Clinic, pria akan mengalami disfungsi ereksi saat bertambahnya usia. Namun hal itu juga dapat dipengaruhi oleh gangguan pada tubuh seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes, depresi, dan lain sebagainya.

Jika memiliki permasalahan disfungsi ereksi, sebaiknya segeralah periksa ke dokter.

Meski begitu, perlu diketahui ada beberapa makanan yang bisa membantu mempertahankan ereksi yang cukup ampuh.

Berikut lima makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu mempertahankan ereksi dalam waktu cukup lama.

1. Sayuran hijau
Menurut Everyday Health, sayuran berdaun hijau seperti seledri dan bayam, dapat melancarkan peredaran darah karena konsentrasi nitrat yang tinggi.

Nitrat adalah vasodilator, yakni zat yang dapat membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

2. Cokelat hitam
Merangkum dari artikel berjudul “Dietary flavonoid intake and incidence erectile dysfunction”, makanan yang tinggi flavonoid terbukti dapat mengurangi kasus disfungsi ereksi hingga 21 persen.

Kandungan flavonoid tinggi sendiri, banyak ditemukan didalam coklat hitam. Sehingga baik dikonsumsi untuk menangani gangguan disfungsi ereksi.

3. Kacang pistachio
Dalam artikel berjudul “Pistachio Nuts and Erectile Dysfunction: Snacking on pistachios improves erectile function and cardiovascular health markers” menjelaskan jika kacang pistachio dikonsumsi dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi.

Dari studi tersebut, pria yang telah mengkonsumsi kacang pistachio setiap hari dalam tiga Minggu telah mendapatkan peningkatan yang cukup baik.

Alasan kacang pistachio dapat membantu gangguan disfungsi ereksi karena kandungan protein yang disebut arginin, yakni protein yang dapat mengendurkan pembuluh darah. Dengan begitu sirkulasi pembuluh darah akan lebih lancar.

4. Tiram
Tiram selama ini memang menjadi makanan yang dikenal dapat meningkatkan gairah seksual. Sebab tiram memiliki kadar seng mineral yang cukup tinggi.

Kadar seng ini sangat penting dalam produksi hormon testosteron, dimana disfungsi ereksi selain disebabkan oleh gangguan peredaran darah, juga disebabkan karena kadar hormon testosteron yang rendah.

5. Tomat
Likopen merupakan salah satu fitonutrien yang baik untuk peredaran darah maupun masalah seksual.

Kandungan Likopen dapat ditemukan di buah-buahan yang memiliki warna merah tua, salah satunya Tomat.

Diketahui dari artikel berjudul “Tomato and olive oil, erectile dysfunction remedy” menunjukkan bahwa antioksidan seperti likopen membantu melawan infertilitas pria dan kanker prostat.(der)

Badan Kurus Tapi Miliki Lipatan Dagu, Ini Penyebabnya

Ilustrasi Dagu berlipat, (Ist).

MALANGVOICE – Dagu berlipat identik dengan orang yang kelebihan berat badan. Namun, tidak sedikit juga orang kurus tetap memiliki dagu berlipat.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait dagu berlipat meski badan kurus dan cara menghilangkannya.

Beberapa faktor yang menyebabkan dagu berlipat walaupun memiliki badan kurus, yakni :

1. Faktor Keturunan
Dilansir dari The Sun, orang secara genetik memiliki dagu berlipat karena faktor keturunan.

Orang yang berasal dari keluarga yang memiliki dagu berlipat, lebih rentan dibandingkan yang lahir dari keluarga tanpa dagu berlipat.

2. Usia makin tua
Melansir dari Medical News Today, bagi pemilik badan gemuk maupun kurus, dagu berlipat merupakan keniscayaan seiring bertambahnya usia.

Ketika usia semakin bertambah, tubuh secara alami kehilangan otot sedikit demi sedikit. Tingkat kekenyalan kulit semakin berkurang ketika orang semakin tua.

Kondisi tersebut bisa membuat munculnya kulit menggelambir atau kendur dibawah rahang dan menyebabkan dagu berlipat.

3. Garis rahang kurang proporsional
Bentuk garis rahang kurang proporsional juga dapat menjadi salah satu faktor munculnya dagu berlipat.

Pasalnya, tulang rahang terkadang mempengaruhi bentuk tulang dagu dan mendorong terbentuknya lipatan dagu.

4. Cedera otot leher
Postur tubuh yang buruk dapat mempengaruhi elastisitas otot leher.

otot leher terhubung langsung dengan rahang bagian bawah. Saat ada masalah atau cedera, praktis otot leher jadi kaku dan bisa membentuk dagu berlipat.

Meski begitu, bagi orang yang memiliki dagu berlipat walau badan kurus dapat dihilangkan dengan beberapa trik dilansir dari Premier Dermatology Partners :

– Gunakan pelembab wajah yang bisa mengencangkan otot leher yang kendur. Produk tersebut biasanya mengandung vitamin C, teh hijau, atau kolagen.

– Pakai alat pijat yang merangsang produksi kolagen, sehingga kulit bisa elastis dan kencang.

– Perawatan Lipolisis, mesotherapy, dan laser untuk mengoreksi lemak area dagu berlipat.

Sedangkan untuk menghilangkan dagu berlipat yang disebabkan dari cedera otot leher, bisa dilakukan dengan melakukan senam wajah, peregangan, atau operasi untuk kasus yang berat.(der)

Atasi Miss V Bau dengan Enam Cara Ini

Ilustrasi mencium bau tak sedap (doc pinterest).

MALANGVOICE – Permasalahan bau pada miss v kerap kali dialami perempuan. Tentunya hal itu membuat setiap perempuan merasa tidak nyaman hingga stres berat.

Tenang saja, dilansir dari Yourtango berikut 6 alasan umum miss v berbau tidak sedap dan cara menanganinya :

1. Tampon yang terlupakan
lupa tidak membersihkan tampon. Bau haid pengap yang bercampur dengan serat kapas yang membusuk itu dapat menghasilkan bau tak sedap. Untuk mengatasinya segera lepas tampon dan mandi atau berendam.

2. Dari makanan yang dikonsumsi
Makanan yang dikonsumsi perempuan bisa berpengaruh pada bau Miss V. Untungnya mengatasi permasalahan ini hanya memerlukan waktu pasti akan pulih dengan sendirinya.

3. Keringat
Keringat di Miss V itu sangat berpengaruh menjadi penyebab munculnya bau yang tidak diinginkan. Untuk menanganinya, sering-sering mengganti pakaian, sering mandi, dan kenakan serat alami.

4. Mengkonsumsi obat
Mengkonsumsi obat-obatan ini dapat membuat Miss V berbau. Meski begitu tidak perlu khawatir, bau akan hilang dengan sendirinya setelah konsumsi obat berhenti atau selesai.

5. Infeksi pada miss v
Terkadang karena kurang menjaga kebersihan di Miss V itu dapat membuat bakteri muncul dan berpotensi terjadi infeksi. Mengatasi hal itu sebaiknya menjaga kebersihan dengan baik dan tidak menempelkan apapun. Tetapi jika tak kunjung sembuh bisa segera ke dokter.

6. Infeksi jamur
Infeksi jamur dapat menyebabkan keputihan yang kental. Meskipun infeksi jamur sering kali tidak berbau, dalam beberapa kasus dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk mengobati itu segera datang ke dokter dan sementara waktu hindari produk kebersihan wanita yang wangi, pakaian ketat, dan sering-sering mengganti pembalut.(der)