HUT ke-7 Malang Voice

Kangmas-Nimas, Ujung Tombak Promosi Pariwisata Kota Batu

Fachries Fasadana dan Andika Sani Salwa dinobatkan sebagai Kangmas -Nimas Kota Batu 2022.

MALANGVOICE – Sebanyak 20 finalis bersaing pada ajang Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2022. Hasilnya pasangan Fachries Fasadana dan Andika Sani Salwa dinobatkan sebagai Duta Wisata Kangmas Nimas Kota Batu 2022.

Keduanya mewarisi tongkat estafet Kangmas Nimas Kota Batu yang sebelumnya diemban Surya Bagus Pambudi dan Oxa Feby Salsabilla pada 2020 lalu. Fachries Fasadana dan Andika Sani Salwa terpilih berdasarkan hasil penilaian dewan juri yang beranggotakan tujuh juri dari berbagai unsur.

Ketujuh Dewan Juri terdiri dari Ketua Penggerak PKK Kota Batu, Wibi Punjul Santoso, Founder Kali Watu Rafting, Mukhlas Rofiq, serta akademisi Universitas Brawijaya Edriana Pangestuti. Berikutnya budayawan, Didik Sumintarjo, owner Channel 3 Model Management, Catur Priyosambodo, Ketua Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batu, Wiji Astuti dan Kangmas Kota Batu 2010, Catur Adi Putra.

Tema yang diusung pada perhelatan Kangmas Nimas Kota Batu 2022 yakni ‘Ngeluri Budaya, Mbangun Pariwisata’. Kriteria penilaian meliputi kepribadian, wicara publik, penguasan materi tema dan kecakapan menanggapi pertanyaan dewan juri.

Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2022. (Mg1)

“Tentunya, dewan juri dari berbagai unsur ini memilih yang terbaik berdasarkan kapasitas dan kapabilitas finalis,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As Siddiq saat perhelatan Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2022 yang digelar pada Ahad malam kemarin (12/6).

Arief mengatakan, ajang kangmas-nimas ini sebagai rangka berkelanjutan menciptakan regenerasi, khususnya menjaga kestabilan pembangunan kepariwisataan. Apalagi, Kota Batu identik sebagai kota wisata.

Melalui event ini dipersiapkan kader-kader muda sebagai duta wisata. Sehingga harus disertai pula dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan komitmen sebagai landasan utama menginisiasi suatu inovasi memajukan kepariwisataan.

“Duta Wisata Kangmas-Nimas berperan sebagai mitra pemerintah dan pelaku industri mempromosikan pariwisata. Sehingga perlu kapasitas dan kapabilitas. Dibekali juga daya kreativitas dan inovasi,” tukas Arief.

Sebagai ujung tombak pengembangan kepariwisataan Kota Batu, kangmas-nimas terpilih diharapkan membawa angin segar bagi kemajuan Kota Batu. Salah satunya potensi pariwisata Kota Batu bisa bergaung hingga mancanegara, tak hanya di tingkat regional maupun nasional.

“Potensi pariwisata Kota Batu sangat luar biasa. Maka perlu pengoptimalan promosi pariwisata guna mendongkrak tingkat kunjungan,” ujar Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso membacakan sambutan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko yang tak bisa hadir langsung pada Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2022.

“Penyelenggaraan kangmas nimas diharapakan melahirkan duta wisata mempromosikan keunggulan Kota Batu. Event ini menjadi ruang generasi muda berkontribusi membangun pengembangan pariwisata, khususnya di Kota Batu,” lanjut dia.

Bagi Kota Batu, pariwisata menjadi motor penggerak roda perekonomian. Sehingga pasca pandemi ini, lanjut Punjul, semua lini harus bersatu padu memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Tak terkecuali kangmas-nimas bagian representasi generasi muda untuk turut mempromosikan pariwisata Kota Batu, baik tataran domestik maupun mancanegara.

“Inilah tujuan penyelenggaraan duta wisata sebagai upaya membangun dan mengembangkan SDM. Khususnya generasi muda dapat memahami keanekaragaman daya tarik wisata yang didukung pula ekonomi kreatif masyarakat,” pungkasnya.(der)

PJT I Optimistis Tahun 2022 Momen Pulihkan Pendapatan Sektor Pariwisata

Pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik yang ditawarkan destinasi wisata Bendungan Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang. (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Perusahaan Umum Jasa Tirta I (PJTI) optimistis tahun 2022 menjadi momen memulihkan pendapatan. Setelah dua tahun, yakni 2020 dan 2021 mengalami defisit imbas merosotnya kunjungan wisatawan ke Bendungan Selorejo.

Dirut PJT I, Raymond Valiant Ruritan mengatakan, merosotnya tingkat kunjungan seiring dengan pengetatan mobilitas masyarakat. Mengingat dua tahun terkahir, gelombang pandemi masih tinggi.

“Kerugian yang kami tanggung mencapai ratusan juta. Meski begitu tak ada satupun karyawan yang di-PHK,” ujar Raymond.

Menginjak tahun 2022, tingkat kunjungan mulai bergeliat. Seperti yang terjadi pada libur lebaran awal Mei lalu. Situasi ini pun disambut PJT I untuk bisa menutup kerugian ratusan juta.

“Kami optimis tahun ini bisa menutup kerugian. Targetnya jangan sampai rugi lagi. Apalagi pemerintah melonggarkan mobilitas masyarakat,” ujar dia.

Ia mengatakan, pada situasi normal, pengunjung yang berwisata ke Bendungan Selorejo bisa mencapai 5000-7000 pengunjung. Jumlah itu menyusut saat masa pandemi menjadi 3000-4000 pengunjung.

“Bersyukur tahun ini mulai dilonggarkan. Bagaimanapun, sektor pariwisata menjadi andalan utama penggerak perekonomian kawasan Malang Raya,” ujar dia.

Saat ini, tren pariwisata yang sedang digemari adalaj wisata berbasis alam. Dalam hal ini, Bendungan Selorejo adalah pilihan tepat. Tempat wisata tersebut menawarkan obyek wisata alam dengan pemandangan waduk atau danau yang dikelilingi oleh beberapa gunung diantaranya Gunung Kelud, Gunung Anjasmoro serta Gunung Kawi.

Di sana juga menjadi tempat favorit para pemancing. Selain alam, wisatawan juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti penginapan dan tempat kulineran khas yakni berbagai hasil waduk seperti ikan bakar dengan aneka sambal yang nikmat.

Pengunjung juga bisa memancing bersama keluarga dengan berkeliling danau dengan mengendarai perahu yang ada disana. Untuk jasa perahu, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp 20 ribu saja.

“Semangat kami di tahun ini memang adalah mengembalikan ruh wisata alam yang sejuk dan asri alami seperti disini,” pungkasnya.

Wisata Edukasi Dusun Brau, Penghasil Susu Terbesar di Wilayah Terpencil Kota Batu

Patung sapi di pintu masuk menuju Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Patung tersebut menjadi ikon Dusun Brau sebagai sentra penghasil susu terbesar di Kota Batu. (MG1/Malangvoice)

MALANGVOICE – Jumlah populasi sapi di Dusun Brau, Desa Gunungsari dua kali lipat dibandingkan jumlah penduduknya. Tak heran jika wilayah yang berada di kaki Gunung Banyak, Kota Batu ini merupakan sentra penghasil susu sapi perah.

Potensi susu sapi perah ini menjadi sandaran hidup masyarakat Dusun Brau yang berada di wilayah Kecamatan Bumiaji. Setiap harinya ribuan liter susu sapi dihasilkan. Susu sapi berkontribusi besar terhadap taraf perekonomian masyarakat Brau.

Ketua Koperasi Margo Makmur Mandiri Desa Gunungsari, Muhammad Munir mengatakan, sekitar 90 persen penduduk Dusun Brau beternak sapi perah. Populasi sapi perah hampir mencapai 800 ekor. Melimpahnya hasil ternak berupa susu menjadi berkah dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Brau.

“Dengan potensi hasil ternak ini, Dusun Brau dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi susu. Pemkot Batu melalui Disparta juga memberikan perhatian untuk memacu destinasi wisata berbasis potensi desa,” kata Munir.

Dusun ini terletak di wilayah terpencil yang berjarak 7,5 kilometer dari pusat Kota Batu. Panorama alamnya begitu memukau.

Topografinya berupa perbukitan, menawarkan keindahan alam yang menyatu dengan udara segar. Sehingga memberikan nilai lebih untuk menarik wisatawan.

Karena itu banyak pengunjung dari luar daerah yang berdatangan melihat proses pengolahan susu mulai dari hulu hingga hilir. Susu yang dihasilkan sebagian diversifikasi menjadi produk turunan. Seperti permen susu, stik susu, pia susu, keripik susu, labu susu, dan sebagainya.

Ia menambahkan, wisata edukasi susu Dusun Brau dibanderol dengan tarif Rp 25 ribu. Tarifnya memang relatif murah, namun pengunjung diberikan pengalaman dan pengetahuan yang belum pernah ditemui di tempat lain.

Wisatawan yang datang pun akan disuguhi segelas susu dan stik susu. Susu yang dihasilkan di Dusun Brau bisa dikatakan memiliki kualitas grade A. Sehingga pada 2020 lalu dilirik produsen cheddar dan mozarella yang berada di Bali.

“Biasanya rombongan yang kesini. Dari Surabaya, Jakarta, sekitar Malang Raya, Madura dan Kediri. Pengunjung berwisata sekaligus belajar cara mengolah susu,” kata dia.

Selain itu, kata Munir, pada 2021 lalu, diresmikan kandang komunal yang dibangun Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu. Kandang komunal itu untuk menampung ternak sapi warga agar lebih tersentral.

“Sebelumnya kan ditempatkan di kandang-kandang terpisah. Kini dikumpulkan jadi satu agar terpusat sebagai wisata edukasi. Sehingga ketika ada wisawatan bisa melihat langsung proses pemerahan hingga pengolahan,” urai Munir.(der)

Rekomendasi 5 Kampung Tematik yang Menarik di Kota Malang

Kampung Warna-warni Jodipan Malang (Foto Gilatripgoodnewsfromindonesia.id)
Kampung Warna-warni Jodipan Malang (Foto Gilatripgoodnewsfromindonesia.id)

MALANGVOICE – Kota Malang selalu menjadi tujuan destinasi wisata para pelancong saat ingin berlibur. Cukup banyaknya tempat wisata yang menarik perhatian pastinya akan mempersulit wisatawan untuk memilih destinasi yang tempat untuk dikunjungi.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, ada lima rekomendasi destinasi kampung tematik yang bisa dikunjungi para wisatawan saat ada di Kota pendidikan ini.

1. Kampoeng Heritage Kajoetangan

Kampoeng Heritage Kajoetangan terletak di Jalan Arif Rahman Hakim. Disana pengunjung dapat melihat bangun-bangunan kuno peninggalan zaman kolonial Belanda.

Di kampung Kayutangan ini pengunjung bisa mengunjungi 23 spot rumah bernuansa heritage. Tentu, sebagian besar bangunan masih memiliki desain arsitektur aslinya.

“Kampung Kayutangan Heritage yang melestarikan bangunan-bangunan kuno,” ujar Ida.

2. Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi

Kampung Warna warni dan Kampung Tridi ini letaknya berseberangan berada di Kelurahan Jodipan. Dua kampung yang dibatasi oleh sungai berantas ini memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan namanya.

Di kampung warna-warni ada sekitar 107 rumah yang di cat dengan 17 warna yang beragam. Sehingga memunculkan kesan bersahabat serta menarik menjadi spot untuk berswafoto.

“Sedangkan di Kampung Tridi, pengunjung bisa menikmati indahnya gambar-gambar tiga dimensi yang juga Instagramable,” kata dia.

3. Kampung Glintung Water Street (GWS)

Kampung Glintung Water Street (GWS) merupakan wisata buatan pengembangan kawasan kampung urban farming dengan sistem Aquaponik.

Bertempat di RW 05, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, wisatawan juga bisa belajar terkait pengolahan sampah, pertanian, perikanan dan lainnya.

Menariknya, metode aquaponik yang dijalankan dengan alternatif menanam tanaman pangan dan memelihara ikan dalam satu wadah.

Disana wisatawan bisa menemukan beragam sayur dan beragam inovasi olahan dari hasil urban farming dengan sistem Aquaponik itu.

“Kampung Glintung Water Street merupakan Kampung Tangguh dengan budidaya ikan dan tanaman yang cocok untuk berwisata edukasi bersama keluarga,” tuturnya.

4. Kampung Budaya Polowijen

Di kampung Budaya Polowijen menampilkan beragam sentra industri kreatif seperti kerajinan topeng dan gerabah, kemudian seni pahat dan lain sebagainya.

Disini pengunjung yang datang cocok untuk belajar tentang sejarah dan seni di Kota Malang,” ucap Ida.

Pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah kesenian seperti tari Topeng Malangan. Pengunjung juga bisa belajar membatik, serta kerajinan gerabah dan pahat jika tertarik.

5. Kampung Gribig

Kampung dengan kompleks makam Ki Ageng Gribig letaknya berada di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang. Lokasinya berdekatan dengan exit tol Madyopuro.

Disini, pengunjung yang datang bisa belajar tentang sejarah pemimpin di Malang terdahulu. Seperti terdapat makam Bupati Malang pertama Raden Tumenggung Notodiningrat I yang menjabat pada 1819 sampai 1839.

Kemudian Bupati Malang II Raden Ario Adipati Notodiningrat II dan Bupati Malang III Raden Ario Tumenggung Notodiningrat III juga dimakamkan di sini. Termasuk para kerabat para bupati lainnya juga dimakamkan di sini.

“Kampung Gribig merupakan kampung sejarah dan makam-makam Ki Ageng Gribik sebagai cikal bakal Kota Malang dan para Bupati Malang,” tandasnya.(der)

5 Tempat Kuliner Rekomended saat Libur Lebaran ke Kota Batu

Hill House Kota Batu menawarkan sensasi ala Seminyak Bali. (istimewa/Malangvoice)

MALANGVOICE – Hawa sejuk menjadi salah satu alasan wisatawan memilih menghabiskan waktu berlibur di Kota Batu, tak terkecuali saat libur lebaran.

Dinginnya udara Kota Batu pastinya juga bikin selera makan makin menggebu. Berikut 5 tempat kuliner yang rekomended.

Kelima tempat ini di antara banyaknya destinasi wisata yang begitu mudah ditemui di Kota Batu dan tidak menguras kantong tentunya.

Kelima tempat kuliner yang bisa jadi rekomendasi saat momen libur lebaran di Kota Batu, antara lain:

1. Warung Sidik
Warung Sidik terletak di Jalan KH Agus Salim, Kelurahan Temas, Kota Batu. Warung legendaris dengan menu Jawa Timuran ini tak pernah sepi pengunjung terutama saat jam makan siang.

Nasi rawon menjadi menu favorit yang selalu diburu para pengunjung lantaran rasanya yang gurih ditambah pula tekstur dagingnya yang lembut nan legit.

Selain rawon, menu lainnya yang disediakan di sini antara lain soto ayam, sop buntut, soto kikil, nasi campur, krengsengan, lodeh dan banyak lagi.

Harga menu makanan yang disajikan relatif ramah di kantong berkisar Rp25 ribu-Rp35 ribu. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.30 WIB.

2. Lesehan Warung Bamboe Sidomulyo
Suasana tenang dan asri terasa saat menginjak kaki di Lesehan Warung Bamboe Sidomulyo. Gemericik air dan kolam dipenuhi ikan koi menjadi wahana pelepas kejenuhan.

Pengunjung bisa bermain dan memberi makan ikan-ikan koi sembari menunggu pesanan tiba. Warung ini segmentasinya memang untuk rombongan wisatawan keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Raya Selecta, Desa Sidomulyo, Kota Batu. Tempatnya cukup luas untuk bersantap menikmati hidangan. Tak sulit menemukan warung ini karena berada di jalur menuju Taman Rekreasi Selecta.

Beragam varian menu yang disajikan mayoritas olahan ikan, mulai gurami, nila, lele patin, dorang, kakap, kerapu.

Adapun menu andalannya gurami bakar dan cah kangkung serta minuman favorit jus sirsak pelangi.

3. Sitangsu Cafe Hotel Purnama
Lokasinya berdekatan dengan Lesehan Warung Bamboe Sidomulyo. Sitangsu Cafe salah satu bisnis kuliner yang dikembangkan Hotel Purnama.

Meski hidangannya setara hotel berbintang, harga yang dipatok sejajar dengan kaki lima sehingga tak perlu ragu datang ke sini.

Bagi pemburu menu Nusantara, Sitangsu Cafe dapat dipilih sebagai tempat yang cocok. Menu favoritnya ayam betutu.

Selain itu terdapat menu lainnya seperti ayam taliwang, nasi jinggo hingga sate lilit dengan harga berkisar Rp15 ribu-Rp35 ribu.

Tempatnya pun cukup asri dengan memanfaatkan area taman yang berada di depan hotel. Konsep outdoor dipilih untuk memanjakan pengunjung dengan panorama alam yang indah khas Kota Batu.

4. Pos Ketan Legenda
Kuliner olahan ketan ini sudah ada sejak tahun 1967. Lokasinya berada di dekat Alun-alun Kota Batu. Kedainya terbilang kecil, namun banyak pelancong yang rela antre untuk menikmati hidangan ketan yang legit.

Pos Ketan Legenda memiliki cukup banyak olahan ketan. Ada ketan bubuk orisinal, ketan cokelat, hingga ketan dengan durian yang rasanya sangat nikmat. Lebih nikmat rasanya, menyantap ketan dengan ditemani suguhan susu segar hangat.

Jam operasionalnya cukup panjang mulai pukul 10.00-02.00. Harga per porsi ketan bervariasi antara Rp10 ribu hingga Rp 15 ribu menyesuaikan toping yang dipesan.

5. Hill House
Restoran yang satu ini mengawinkan konsep eatery view. Memberikan pengalaman menikmati kuliner dengan menawarkan pemandangan alam yang elok.

Mengusung konsep alam yang kental, Hill House Batu memiliki model bangunan yang sangat alami seperti Seminyak di Bali namun bernuansa pegunungan.

Pengunjung dimanjakan dengan landscape pemandangan alam yang eksotis sembari menyantap berbagai pilihan menu-menu kuliner yang disuguhkan.

Bangunan restoran didesain dengan menonjolkan aksen alam yang memadukan tone warna-warna natural dan material alami. Selaras dan menyatu dengan suasana alam yang mengelilingi bangunan Hill House.

Hill House menyuguhkan cita rasa Nusantara yang kaya rempah antara lain nasi iga bakar balado, nasi goreng lombok ijo, nasi goreng kampung, nasi goreng bebek.(end)

Ini 4 Taman yang Bisa Jadi Referensi Tempat Bersantai di Kota Malang

Petugas DLH Kota Malang membersihkan taman, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Taman biasanya menjadi tempat yang tepat untuk bersantai sejenak dan melepaskan penat dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Tentu dengan rindangnya pepohonan di taman-taman akan menambah sensasi alam yang sejuk.

Bagi masyarakat yang tinggal atau baru datang di Kota Malang, Mvoice akan memberikan beberapa rekomendasi taman yang bisa dikunjungi saat ingin bersantai sejenak.

Taman Kunang-Kunang, (Bagus/Mvoice).

1. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang terletak di sepanjang Jalan Jakarta dan Simpang Ijen, Kota Malang. Lokasi taman yang strategis dekat dengan kampus dan mal membuat taman tesebut sering digunakan driver Ojek Online (Ojol) atau mahasiswa untuk bersantai.

Taman Slamet, (Bagus/Mvoice).

2. Taman Slamet

Sesuai dengan namanya Taman ini terletak di Jalan Slamet, Kota Malang. Berada di tengah-tengah pemukiman, membuat taman ini cocok menjadi rekomendasi untuk seseorang yang sedang mencari keheningan.

Selain itu, beberapa fasilitas kebugaran juga tersedia dan bis digunakan masyarakat umum untuk berolahraga.

Taman Trunojoyo, (Bagus/Mvoice).

3. Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo terletak didepan stasiun Kota Baru. Taman ini memiliki luas area yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa taman lain. Tapi taman ini sering didatangi orang tua untuk menemani anaknya bermain di Playground yang tersedia.

Taman Singha Merjosari, (Bagus/Mvoice).

4. Taman Singha Merjosari

Taman yang dibangun pada tahun 2013, bertempat di Jalan Mertojoyo Selatan, Merjosari, Kota Malang ini merupakan tempat yang asik untuk bersantai, bermain maupun berolahraga.

Sebab, taman seluas 29.012 meter persegi ini memiliki beragam fasilitas penunjang seperti, Sky Bike, Alat Kebugaran, Playground, Jogging Track, Foot Therapy, Gazebo dan Skatepark.(der)

Waterboom Lengkapi Wahana Taman Rekreasi Sengkaling yang Melegenda

Waterboom melengkapi sarana Taman Rekreasi Sengkaling. (Sapteng/Mvoice)

MALANGVOICE – Taman Rekreasi Sengkaling yang melegenda kini dilengkapi wahana modern, waterboom.

Selain waterboom, menyambut liburan lebaran tahun ini, Taman Rekreasi Sengkaling yang disebut sebagai TRS UMM ini juga menambah wahana Taman Kelinci dan Kapal Pesiar IPTEK.

Inovasi baru yang dilakukan TRS UMM ini melengkapi wahana klasik yang sampai sekarang tetap dipertahankan.

“Ditengah persaingan wisata yang semakin ketat, TRS UMM harus melakukan berbagai terobosan secara maksimal,” ujar General Manager, Dr .Ach Mohyi,MM.

Seperti diketahui, waterboom TRS UMM ini menyuguhkan 4 permainan air yang seru yang memacu andrenalin antara lain, water slide, recing slide, family slide dan raft slide.

Empat lifeguard pun selalu stanby di sekitar wahana waterboom, agar pengunjung merasa lebih aman dan nyaman.

“Petugas tidak akan meninggalkan area demi memastikan keamanan dan keselamatan pengunjung,” tambah Mohyi.

Menurutnya, tidak hanya waterboom, masing – masing area wahana ada satu atau dua orang yang berjaganya.

Sementara, Taman Kelinci TRS UMM sangat menarik untuk dijadikan spot foto.

Taman Kelinci yang berupa hamparan rerumputan hijau yang menjadi habitat kelinci-kelinci giant ini dilengkapi rumah dan hotel kelinci dan patung kurcaci yang menarik untuk sebuah habitat binatang.

Tak kalah menariknya Wahana Kapal Pesiar yang berupa hall berbentuk kapal pesiar ditengah danau.

Selain kolam renang di dalam kapal juga dilengkapi IPTEK dengan alatbperaga dan ilmunpengetahuan untuk pembelajaran bidang konservasi energy, konservasi eco enzyme, konservasi air serra pembelajaran lingkungan hidup.

“Sebagai salah satu wisata milik lembaga pendidikan, konsentrasi TRS UMM lebih ke ilmu pengetahuan atau pendidikan,” terangnya.

Nantinya TRS UMM akan menjadi salah satu pusat eduoark Jatim dengan lahan tang dimilikinya seluas 12 Ha dan 63 Ha disekutar kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Untuk menikmati wisata yang mengandung pendidikan dari berbagai wahana dan permainan klasik, pengunjung tidak perlu merogoh kocek cukup dalam.  

Dibanding destinasj wisata yang lain, harga tiket yang ditawarkan sangat rendah dan terjangkau, atau hanya Rp 30 ribu dan tiket terusan Rp 65 ribu.

TRS UMM merupakan salah satu dari 20 tempat wisata di Indonesia yang diperbolehkan operasional saat libur lebaran yang panjang tahun ini.

Meninggung target pengunjung saat liburan lebaran, Mohyi hanya menargetkan 10 ribu pengunjung dari daya tampungnya sekitar 25 ribu pengunjung.(end)

Sambut Liburan, Ini List Vila Murah di Bali Mulai Rp300 Ribuan

Vila Jepun Bali. (Traveloka)

MALANGVOICE – Berwisata ke Bali adalah salah satu hal yang paling menjadi tujuan utama kebanyakan masyarakat di Indonesia, atau bahkan wisatawan dari luar negeri.

Bali memiliki keindahan alam dan budaya yang sangat lengkap. Tentu saja, selain berbagai macam destinasi wisata yang ditawarkan, akomodasi di Bali juga lengkap. Penginapannya banyak dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai dengan jutaan. Kali ini akan diberikan 6 rekomendasi villa murah di Bali dengan harga di bawah Rp300 ribuan.

Royal Villa Jepun
Royal Villa Jepun atau yang sebelumnya memiliki nama Sunny Blow Villa Jepun merupakan tempat menginap yang memadukan konsep bangunan modern dengan Bali Tradisional. Lokasinya sendiri cukup asri dengan dikelilingi oleh pepohonan. Ada 4 tipe kamar yang bisa dipilih, yakni Standard Room, Deluxe Room, Deluxe with Balcony, dan satu lagi 1 Bedroom Villa.

Fasilitas yang ditawarkan banyak, ada kolam renang, coctail bar, front desk yang tersedia 24 jam, doctor on call 24 jam, dan juga spa. Bagi Anda yang ingin dijemput menggunakan limosin, ada juga. Alamatnya berada di Jl. Raya Sanggingan No. 21, Ubud, Bali. Harganya, dipatok mulai dari Rp 173 ribuan per malamnya saat weekdays.

Budhi Ayu Villas Ubud
Masih di Ubud, ada Budhi Ayu Villas yang juga menawarkan kenyamanan untuk para pengunjungnya. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Nyuh Kuning, Ubud.

Konsep yang diusung villa ini adalah perpaduan antara modern dan natural yang memanfaatkan kayu sebagai furniture dan ornamennya. Karena itulah, jika Anda melakukan staycation di Bali tempat ini sangat nyaman dan menyatu dengan alam.

Ada tiga pilihan kamar yang bisa dipesan, yakni Budhi Ayu Villa 2 Bedroom, 3 Bedroom, dan Deluxe Room. Fasilitasnya juga beragam, ada kolam renang, ruang tamu, sampai dengan dapur. Jika tertarik menginap di sini, tarif per malamnya mulai dari Rp 245 ribuan.

Villa Mandi
Sementara jika Anda lebih suka dengan pemandangan areal persawahan, Villa Mandi masuk ke dalam rekomendasi. Suasanan sangat asri berada di areal persawahan, jadi saat padi menghijau atau menguning, membuat pikiran makin tentram. Tentu saja, Anda juga bisa melihat para petani beraktivitas di ladangnya, sangat menenangkan jauh dari hiruk pikuk kota.

Lokasinya berada di Jl. Raya Katik Lantang, Desa Singakerta, Ubud. Berbagai fasilitas yang disediakan pun juga memanjakan. Ada kolam renang indoor, spa, rental sepeda motor, sampai bisa juga melakukan berbagai aktivitas menantang.
Dengan banyaknya fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan, per malamnya dipatok mulai dari Rp 214 ribuan untuk tipe Joglo Villa sudah dengan sarapan. Harganya bisa lebih murah lagi jika sedang ada promosi.

Tropical Suite Villa
Villa ini memiliki area belakang yang super nyaman, ada kolam renang outdoor yang dikelilingi oleh tanaman hijau Jadi, saat berenang atau sekadar main air akan asri dan rileks. Villanya sendiri memang tidak terlalu besar, namun cukup untuk liburan yang menyenangkan. Selain kolam renang, ada juga fasilitas lain seperti dapur yang bisa digunakan.

Alamatnya berada di Jl. Pura Wates Canggu No.12, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung. Harga per malamnya, mulai dari Rp 200 ribuan. Jadi cukup hemat meski ada di sekitaran Canggu.

Yana Villas Kemenuh by Pramana
Ada dua tipe kamar yang bisa dipesan di villa ini, yakni Deluxe Double dan Joglo Double. Tempat ini memiliki kolam renang yang bersih dengan pancuran yang terus menerus mengalir. Menyenangkannya lagi, kolam renang ini dikelilingi oleh tanaman hijau yang membuatnya semakin asri dan menyejukkan.

Selain kolam, banyak juga fasilitas lainnya yang memudahkan. Ada restoran, wifi gratis, dan lainnya. Yana Villas Kemenuh by Pramana ini berada di Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Gianyar. Harga menginap per malamnya, mulai dari Rp265 ribuan.

Wikarmas Villa Sanur
Wikarmas Villa Sanur dekat dengan banyak pantai, mulai dari Pantai Segara, Pantai Karang, Pantai Sanur, Pantai Sindhu, dan Pantai Semawang. Bagi Anda yang ingin pantai yang tidak terlalu jauh, bisa pilih Pantai Karang atau Pantai Segara yang memiliki jarak kurang dari 1 kilometer. Selain pantai, banyak juga daya tarik wisata lainnya yang bisa dinikmati.

Villanya cukup nyaman dengan berbagai fasilitas, ada sepeda gratis, kolam renang outdoor, jaringan wifi, sampai dengan lounge yang digunakan bersama. Anda juga diperbolehkan untuk memanfaatkan hot tub.

Alamatnya, berada di Jl. Pungutan No. 52, Sanur, Bali. Bagi yang tertarik menginap, tarif per malamnya dipatok mulai dari Rp 125 ribu.

Itulah rekomendasi villa dengan harga di bawah Rp300 ribuan di Bali, Anda bisa puas staycation atau liburan di berbagai wisata di Pulau Dewata. Supaya liburan makin menyenangkan, manfaatkan Program Staycation Hemat atau STAYMAT dari Traveloka setiap hari Jumat. Anda bisa dapatkan flash sale staycation sampai dengan 50%!

Bondesa, Destinasi Wisata Andalan Pemdes Tulungrejo

Kebon Desa (Bon Desa) menjadi destinasi andalan Pemdes Tulungrejo untuk menarik minat wisatawan. Bon Desa menyuguhkan panorama alam yang indah berpadu dengan udara yang sejuk. (Pemdes Tulungrejo/Malangvoice)

MALANGVOICE – Kemunculan desa wisata diharapkan mampu mengungkit pertumbuhan ekonomi yang berdampak bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Berbagai ikon wisata berbasis potensi desa terus digali sebagai suguhan menarik animo kunjungan wisatawan.

Pesona alam memukau dan sejuknya udara khas pedesaan menjadi nilai lebih yang dimiliki Kota Batu. Suasana itu sangat terasa di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Sejak 2020 lalu, Pemdes Tulungrejo mengembangkan desa wisata.

Kades Tulungrejo, Suliyono menuturkan wisata Kebon Desa (Bon Desa) menjadi tumpuan utama dalam mengembangkan desa wisata. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 500 juta bersumber dari dana desa 2020. Kemudian pada 2021 lalu kembali dikucurkan sebesar Rp 1,5 miliar. Rencananya tahun ini akan disediakan Rp 1 miliar agar semakin menawan sehingga bisa menarik minat wisatawan.

“Kami akan memaksimalkan lahan seluas sembilan hektare tersebut untuk Bondesa. Sedangkan untuk anggaran yang kami gelontorkan untuk memaksimalkan sarana dan prasarana berupa kolam renang anak, resto dan lainnya,” ujar Suliyono.

Dia mengutarakan, untuk pembangunan pada tahun 2022 ini akan dilakukan secara besar-besaran. Rencananya, akan membangun area penginapan, area petik sayur, kampung kuliner, cafe dan pelebaran jalan menuju akses lokasi.

Pembangunan Bondesa itu juga bertujuan untuk menambah keanekaragaman pilihan wisata di Kota Batu. Selain itu juga akan dibuat untuk memberikan wisata murah bagi masyarakat dan wisatawan. Karena selama ini wisata-wisata buatan di Kota Batu harga tiketnya lumayan tinggi.

“Kalau di Bondesa harga tiketnya cukup Rp 15 ribu saja. Untuk Rp 6 ribunya kami kembalikan ke wisatawan untuk membeli oleh-oleh dan souvenir yang ada di pasar wisata Bondesa. Istilahnya bagaimana wisatawan di sini dengan uang Rp 100 ribu wisatawan bisa dengan puas merefresh kepenatan,” jelas dia.

Ketua Desa Wisata Tulungrejo, Naning Fauziah menambahkan, Bondesa akan dikemas sebagai wisata edukasi di Kota Batu. Utamanya mengenai edukasi pertanian. Menyusul di wana wisata tersebut akan ada kegiatan petik sayur.

“Disini akan ada wisata edukasi pertanian. Untuk pemasaran wisata, kamu menyasar wisatawan dari luar kota. Kami yakin mereka akan tertarik dengan konsep desa wisata seperti ini,” ujar dia.

Naning menegaskan, meski harga tiket di wisata edukasi Bondesa dipatok dengan harga merakyat. Pihaknya menyatakan untuk fasilitas yang disediakan bagi wisatawan tidak akan murahan.

“Semua yang datang ke sini harus bahagia. Selain itu juga mendapatkan ilmu. Karen bukan hanya orang kaya sana yang butuh rekreasi. Namun untuk semua elemen masyarakat,” tegasnya.(der)

8 Cara Mudah Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Salah satu maskapai, Batik Air yang beroperasi di Bandara Abdulrachman Saleh. (Miski)

MALANGVOICE – Melonjaknya harga tiket pesawat, terkadang membuat orang-orang ragu untuk memilih transportasi udara ini untuk bepergian. Pada akhirnya, mereka memilih alternatif transportasi lain dengan harga murah seperti bus atau kereta api. Tidak ada salahnya memang, namun memilih transportasi tersebut untuk bepergian akan memakan waktu lama untuk sampai di tujuan.

Padahal, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga miring. Salah satunya dengan memilih maskapai baru atau maskapai yang sering menjual tiket murah, seperti Sriwijaya Air Traveloka. Tidak hanya itu, terdapat 8 cara mudah lainnya untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Ambil Jadwal Penerbangan Pagi-Pagi Sekali atau Larut Malam
Sebagian besar orang, lebih suka terbang pada waktu yang nyaman. Misalnya pada pukul 10:00 pagi atau pada siang hari. Jarang ada yang ingin melakukan penerbangan pada pagi buta ataupun larut malam.

Karena hal tersebut mengharuskan mereka untuk begadang atau bangun pagi. Karena meningkatnya permintaan untuk penerbangan pada waktu-waktu populer, biasanya maskapai akan mengenakan biaya lebih untuk tiket penerbangan pada jam tersebut.

Namun berbeda halnya jika Anda mengambil penerbangan pada jam tertentu yang jarang orang mau. Hal ini dapat dijadikan kesempatan untuk Anda membeli tiket pesawat murah pada jam tersebut.

Riset Harga Maskapai Penerbangan
Melakukan riset dengan membandingkan harga berbagai maskapai penerbangan dapat membantu Anda mendapatkan harga tiket termurah dari semua maskapai. Adanya platform digital yang menyediakan pemesanan pesawat dapat membantu dan memudahkan melakukan riset lebih cepat.

Anda hanya perlu mengetik nama maskapai lalu cocokan dengan tanggal keberangkatan dan tanggal pulang. Biasanya harga akan jauh lebih murah jika dilihat dari 30 hari sebelum keberangkatan.
Terbang dengan Maskapai Tanpa Fasilitas
Ada harga ada rupa. Hal ini berlaku juga dalam pemesanan tiket dengan harga yang murah. Jika Anda ingin menghemat lebih banyak biaya transportasi pesawat, pilihlah maskapai yang menawarkan harga murah tanpa fasilitas. Seperti Wi-Fi, makanan ringan gratis, dan kursi yang dapat direbahkan.

Tidak mengapa, perjalanan Anda tanpa fasilitas tersebut, lebih baik uang yang Anda pergunakan dialihkan untuk datang ke destinasi wisata atau mencoba kuliner unik. Menggunakan tawaran maskapai tanpa fasilitas tersebut, biasanya Anda hanya membayar setengah harga dari yang seharusnya.

Menjadi Member Maskapai Penerbangan atau Travel Agent
Jika Anda tidak ingin repot membandingkan harga, Anda hanya perlu menjadi member maskapai atau travel agent dan follow akun media sosialnya. Anda akan selalu mendapatkan informasi terupdate dari mulai notifikasi yang muncul, info dari newsletter bahkan info melalui akun media sosial.

Sehingga Anda akan selalu update harga promo yang ditawarkan. Apalagi bagi Anda yang baru menjadi member, biasanya ada diskon spesial yang menanti. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini.

Pesan Lebih Awal
Tarif maskapai terus naik semakin dekat dengan hari keberangkatan. Jadi jika Anda menginginkan harga murah pesanlah lebih awal. Sekitar 2-3 bulan sebelum keberangkatan Anda, atau sekitar lima bulan sebelumnya jika Anda akan pergi ke tempat tujuan pada musim liburan seperti lebaran, natal dan tahun baru. Sebagian besar maskapai penerbangan akan menaikkan harga tiket kurang dari 14 hari sebelum penerbangan. Jadi jangan memesan tiket pesawat pada waktu ini ya.

Beli Tiket Penerbangan Terpisah
Terkadang, membayar sepasang tiket pulang-pergi jauh lebih mahal, dibandingkan tiket sekali jalan. Jika Anda ingin harga tiket lebih murah, belilah secara terpisah tiket tersebut walaupun menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda. Asalkan maskapai penerbangan tersebut yang menyediakan tiket penerbangan paling murah.

Tempat Duduk
Ternyata tidak hanya kelas yang menentukan harga tiket pesawat. Namun juga tempat duduk. Kursi yang dekat dengan mesin, biasanya memiliki harga tiket yang jauh lebih murah. Karena suasana bising yang membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas buat Anda memilih kursi tersebut.

Selain posisi kursi, memesan tempat duduk berdekatan atau rombongan juga cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Untuk menyiasatinya, Anda cukup membeli tiket pesawat perorangan bukan rombongan.

Gunakan Kartu Kredit
Cara mudah selanjutnya untuk mendapatkan harga tiket yang murah adalah menggunakan kartu kredit. Anda pemegang kartu kredit? Ada kabar gembira untuk Anda. Sudah bukan rahasia umum lagi, jika berbagai promo termasuk tiket pesawat baik dalam maupun luar negeri diperuntukan untuk pemegang kartu kredit.

Bahkan bisa gratis, hanya dengan menukar poin yang sudah dikumpulkan. Berbagai bank ternama menawarkan hal ini dengan potongan diskon yang berbeda. Bahkan, jika memesan lewat Traveloka, Anda bisa mendapatkan promo 0% dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Melalui kartu kredit juga, kamu tidak perlu dibebankan biaya besar diawal melainkan dicicil. Sehingga biaya yang besar terasa ringan.

Nah itulah 8 cara mudah untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah. Yuk terapkan tips diatas. Sebelum berburu tiket pesawat murah, tentukan dahulu batas budget yang disediakan. Agar lebih mudah menentukan harga tiket murah sesuai keinginan.