HUT ke-7 Malang Voice

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Motor Terendam Banjir

Mekanik melakukan pengecekan pada kendaraan roda dua, (Ist).

MALANGVOICE – Sejak musim penghujan berlangsung, beberapa daerah yang terdampak banjir. Tentu selain rumah, kendaraan roda dua atau motor turut terendam banjir.

Menurut Technical Service Division Head MPM Honda Jatim, M Bondan Priyoadi, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat kendaraan roda dua terkena banjir.

1. Jangan Menyalakan Mesin

Hal pertama yang harus dihindari yakni menyalakan mesin karena ada kemungkinan air sudah tersedot masuk mesin lewat saringan udara, knalpot atau bahkan melalui celah-celah kecil.

2. Cek Kondisi Busi

Busi bisa dibuka menggunakan kunci busi, kemudian bersihkan lubang dan busi hingga kering dari air. Bila ingin lebih bersih lagi, gunakan bensin untuk membersihkan busi kemudian keringkan sebelum dipasang lagi.

3. Lakukan Pemeriksaan Oli

Cek atau periksa oli, berwarna seperti susu (milky oil/ada indikasi terkontaminasi air) atau normal. Jika terjadi milky oil, mesin harus dikuras dan dibersihkan dengan oli berulang ulang sampai warna olinya normal. Untuk matic, olie yg harus diperiksa adalah olie mesin & olie transmisi/olie gardan.

4. Pembersihan kampas rem depan dan belakang

Pembersihan ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan ada pasir yang masuk di area kampas rem.

5. Periksa Filter Udara
Filter udara merupakan komponen dari motor yang perlu diperhatikan, karena letaknya di bawah dan risiko terkena air bila melewati banjir. Segera periksa dan ganti bila perlu.

6. CVT dan Rantai

Bila air masuk ke dalam bak CVT, harus segera di bongkar dan dibersihkan, karena bila CVT dalam kondisi basah, tentunya juga berpengaruh pada kinerja penggerak motor matic tersebut.

“Setelah dibersihkan sebaiknya dilumasi dengan grease secukupnya. Rantai untuk motor bebek juga penting untuk dibersihkan setelah terendam banjir,” ujarnya, Jumat (12/11).

“Bila dibiarkan bisa menyebabkan korosi pada rantai. Caranya cukup dicuci dan dikeringkan, selanjutnya dilumasi dengan cairan pelumas rantai,” imbuhnya.

7. Cuci Kendaraan

Cuci motor Anda agar tidak ada kotoran air banjir yang menempel. Perlu diketahui kotoran air tersebut efeknya dapat meninggalkan noda dan karat pada bagian besi sepeda motor.

Sementara itu, Bondan mengatakan khusus bagi kendaraan roda dua merk Honda bisa melakukan pengecekan di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) melalui program pengecekan gratis ‘Cek Aja Dulu Ke AHASS’.

Selain itu, bagi semua konsumen sepeda motor Honda dan program SENGGOOOL (Semarak Ganti Oli Ojek Online) yakni layanan diskon potongan pembelian oli MPX sebesar Rp10.000 ribu dengan syarat dan ketentuan berlaku. Untuk sepeda motor Honda milik driver ojek online.

“Program layanan tersebut sebagai bentuk dukungan MPM Honda Jatim kepada masyarakat dalam memastikan kondisi sepeda motor Honda yang terus prima guna mendukung mobilitas masyarakat dalam beraktivitas,” terangnya.

Perlu diketahui untuk program ‘Cek Aja Dulu Ke AHASS’, konsumen akan mendapatkan layanan pemeriksaan gratis yakni cek oli, cek lampu, cek ban, cek rem, cek aki, cek rantai dan cek busi. Program tersebut dilaksanakan sampai akhir tahun 2021.

Sedangkan untuk program SENGGOOOL ( Semarak Ganti Oli Ojek Online) berlaku selama periode bulan November 2021.

“Program tersebut berlaku di seluruh AHASS Jatim dan NTT. Konsumen juga dapat memanfaatkan layanan booking service pada aplikasi Brompit,” tandasnya.(end)

5 Cara Mengecas Ponsel agar Baterai Cepat Penuh

Posisi mengecas ponsel supaya baterai cepat penuh. (carisinyal.com/Mvoice)

MALANGVOICE – Kita pasti pernah atau bahkan mungkin sering jengkel karena saat mengecas telepon seluler (ponsel) butuh waktu lama.

Alhasil tak sedikit yang memilih mengecas ponsel pada malam hari saat sebelum tidur dan dicabut keesokan harinya.

Sebelum masuk ke cara mengecas ponsel supaya baterai cepat penuh, ada baiknya kita mengetahui beberapa faktor yang membuat baterai penuhnya lama.

Lima faktor yang membuat baterai lama penuh antara lain, pertama kabel charger; kedua faktor adapter; dan ketiga karena baterai yang rusak.

Kecepatan pengisian daya baterai akan semakin lama, jika (keempat) ponsel kita buatan lama.

Terakhir, penyebab lamanya mengecas ponsel, juga karena adanya aplikasi yang berjalan secara otomatis di latar belakang.

Menilik kelima penyebab itulah, seperti dilansir theblucrab, kita bisa mencoba lima cara berikut saat mengecas baterai supaya cepat penuh.

1. Matikan Ponsel
Mematikan ponsel saat mengecas adalah cara paling ampuh untuk kita lakukan. Ketika ponsel dalam keadaan mati, semua aktivitas akan terhenti, sehingga tidak akan menggunakan banyak daya.

Paket data kita juga tidak akan berfungsi untuk sementara waktu. Dengan begitu, tidak ada jaringan internet sehingga konsumsi daya baterai akan semakin rendah.

2. Nyalakan Mode Pesawat
Sebelum mematikan ponsel, jangan lupa nyalakan mode pesawatnya terlebih dahulu untuk memutuskan jaringan.

Baterai ponsel kita tidak akan naik turun karena mendapatkan signal saat dicas. Dengan begitu, baterai akan terisi penuh dengan cepat.

3. Pastikan Charger yang Digunakan Original
Jika charger yang kita gunakan bukan charger bawaan, sudah pasti akan menimbulkan masalah. Karena itu sangat penting menggunakan charger original.

Charger original adalah charger yang sudah dipastikan kualitasnya. Artinya, charger tersebut dirancang dengan mempertimbangkan berbagai aspek penting.

Misalnya saja, bahan pembuatannya, aliran arus, dan hal penting lainnya. Jika charger disesuaikan sesuai kondisi ponselnya, maka pengisian daya baterai akan semakin cepat, dan takaran dayanya juga tepat.

Selain itu, tidak akan memberikan risiko pada ponsel kita seperti kerusakan. Cara paling praktis dan aman untuk mengisi daya baterai dengan cepat bukan?

4. Letakkan HP di Lantai
Cara yang satu ini memang terbilang unik, namun justru bisa membantu mempercepat pengisian daya baterai dengan cepat.

Seringkali kita mengisi daya baterai dengan meletakkannya di atas meja, kasur, dan tempat lainnya yang ternyata justru dapat mengganggu suhu baterainya.

Suhu baterai yang meningkat maka pemakaian daya baterai juga akan semakin besar.

Karena lantai tempat yang sejuk, ponsel akan tetap dingin saat proses pengisian daya berlangsung, sehingga akan cepat terisi penuh.

Selain memperhatikan tempatnya, pastikan pula Anda mengecas HP di suhu ruangan yang tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

5. Hindari Penggunaan Power Bank
Tidak menggunakan power bank, menjadi salah satu cara mengecas ponsel dengan cepat. Pasalnya, power bank diperuntukkan untuk mengecas HP dalam kondisi mendesak saja.

Tegangan listrik pada setiap power bank tidak selalu sama. Alhasil, tegangan listriknya tidak standar dengan ponsel kita.

Hal ini akan membuat proses pengisian baterai ponsel menjadi lebih lama. Bahkan, jika terus-menerus menggunakan power bank, baterai akan cepat rusak.

Apabila tidak ada pilihan lain, ada baiknya kita memastikan kualitas power bank tersebut sesuai dengan standar tegangan listrik ponsel kita.

Sebagai pengguna, sangatlah penting untuk menggunakan cara yang tepat dan aman untuk mengecas ponsel dengan cepat. Hal ini juga menjadi upaya untuk membuat ponsel tetap awet, tidak cepat rusak dan berfungsi dengan semestinya.(end)

8 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Software Akuntansi

Accounting. (Freepik)

MALANGVOICE – Menerapkan software accounting di perusahaan memang tidak mudah. Software accounting memang sangat membantu kinerja agar lebih baik.

Namun, ada beberapa penyebab dan tips yang bisa Anda ikuti agar tidak salah.

DIjelaskan Jurnal.id pada halaman software akuntansi di situsnya www.jurnal.id, software ini pada umumnya didesain untuk fungsi-fungsi yang terspesialisasi, sehingga karyawan bisa saling mengontrol pekerjaan satu sama lainnya.

Untuk mengatasi hambatan yang ada, di bawah ini terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum software akuntansi diaplikasikan. Langkah-langkah tersebut antara lain :

Susun struktur organisasi

Menyusun struktur organisasi selain untuk efisiensi Sumber daya manusia di perusahaan, juga untuk mengetahui fungsi-fungsi yang sebenarnya ada di dalam organisasi. Jangan sampai terlalu banyak orang pada fungsi yang sama, sehingga aplikasi software nantinya benar-benar membantu keefektifan pekerjaan karyawan. Selain itu kalau software akuntansi yang dibeli itu berdasarkan lisensi, maka struktur organisasi yang dibuat dapat membantu bagian mana yang membutuhkan lisensi.

Karena percuma memberikan lisensi di komputer karyawan, tapi karyawan tidak berkepentingan terhadap penggunaan software. Nah, ini banyak terjadi kekeliruan sehingga perusahaan buang-buang budget karena tidak menetapkan terlebih dahulu siapa penginput data, yang melakukan otorisasi dan yang hanya sekedar membaca laporan.

Susun Job description

Menyusun Job description adalah salah satu cara mengkhususkan pekerjaan agar tiap karyawan tidak bekerja tumpang tindih (over lapping) sehingga memudahkan trainer software accounting untuk mengatur hak akses ke software, karena tidak semua bagian software boleh dibuka oleh karyawan yang tidak berkepentingan.

Susun SOP (Standard operasional prosedur)

Susun standar operasional prosedur supaya kinerja karyawan memiliki alur yang sudah sangat standard, sehingga aplikasi software dapat terlaksana dengan baik. SOP ( Standard operasional procedure) memang tidak bisa dibuat dalam waktu singkat, dan sering membutuhkan pihak ketiga (konsultan) yang bisa mengamati (helikopter view) semua proses bisnis penting dalam organisasi perusahaan.

Minimal SOP dibuat secara garis besar, yaitu flow-flow inti dari proses bisnis. Lalu menarik dari job description sebagai acuan dalam pembuatan SOP. SOP sederhana bisa dibuat sesuai versi masing-masing agar aplikasi software mengikuti jalur yang sudah ditentukan.

Identifikasi hak akses

Lakukan identifikasi terhadap job description utama yang berhubungan dengan input data, editing, otorisasi dan hanya pembaca laporan. Setelah itu pilah-pilah setiap aktivitas kunci tersebut untuk digunakan sebagai petunjuk “training software” yang berkaitan dengan aktivitas kunci tersebut. Pada umumnya jika sudah ditentukan masing-masing hak akses, maka setelah aplikasi software accounting selain perusahaan aman di data dan resiko pengubahan, kerugian-kerugian yang terjadi selama ini bisa diminimalisir.

Preparing data sebelum software akuntansi diinstal di komputer

Persiapan-persiapan lainnya setelah poin 1 sampai 4 adalah persiapan untuk menginput atau copi paste data yang dimiliki oleh perusahaan saat ini, seperti data customer, data supplier, data hutang dagang, data piutang penjualan, data aktiva, modal yang disetor, data inventory (biasanya dilakukan ketika cut off) serta lainnya yang dibutuhkan adalah agar aplikasi software menjadi mudah.

Data-data tersebut di input di format excel dan kemudian diimport ke software yang sudah diinstal. Melalui cara seperti ini, karyawan tidak dibuat susah ketika langsung lakukan input satu persatu di software yang tentu saja masih kurang lancar dimasa training. Hal seperti inilah yang sering merupakan penyebab kenapa aplikasi software gagal di perusahaan.

Instal program di komputer

Kalau langkah-langkah di atas sudah usai maka trainer software accounting sudah memiliki jalan yang lapang untuk lakukan instal software. Kalau software sudah diinstal paling tidak karyawan mau tidak mau harus siap untuk segera menggunakan software yang sudah dibeli oleh perusahaan dalam rangka mengefektifkan pekerjaan, meminimalkan resiko kehilangan, serta dalam rangka menaikan profit.

Lakukan training berdasarkan job desc dan hak akses

Training akan segera dilakukan secara fokus pada masing-masing job desc karyawan baik yang hanya bagian input, otorisasi maupun yang membaca laporan. Kalau sudah diatur mulai langkah 1 sampai dengan 5 maka dijamin proses training pasti akan berlangsung dengan baik dan aplikasi software akan dijamin bisa terlaksana dengan baik.

Lakukan evaluasi input data dari laporan

Untuk mengecek training sudah disampaikan dengan baik, maka pihak trainer software dan konsultan (jika ada) dapat memastikan apakan proses input data sudah benar, sesuai dengan akun-akun yang sudah dibuat. Evaluasi ini bisa dilihat dari laporan rugi laba maupun neraca serta laporan lainnya yang ingin dicocokan.

Langkah-langkah tersebut diatas apabila dilakukan dengan baik maka perusahaan akan berhasil dalam mengaplikasikan software akuntansi-nya.(der)

Take Away, Aplikasi Digital Layanan Order Dikenalkan di Malang

Peluncuran aplikasi Take Away. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Sebuah aplikasi berbasis layanan order secara digital dikenalkan di Malang. Aplikasi ini dinamakan Take Away.

Aplikasi karya anak Malang ini resmi dilaunching di Playstore Android dan bisa digunakan.

Konseptor Take Away, Ferry B Tjahyono, mengatakan, aplikasi ini lebih fokus kepada sisten order digital. Berbeda dari aplikasi lain, Take Away bisa digunakan untuk memesan makanan, tempat dine in, dan delivery.

“Ini launching di Playstore, nanti soft launching dilakukan tiga bulan sekaligus evaluasi dan ujicoba,” kata Ferry, Rabu (18/8).

Ferry menjelaskan, saat launching di Playstore ini sudah ada 150 lebih mitra yang bergabung. Para mitra ini bermacam-macam, mulai usaha kecil, menengah, hingga restoran besar.

Keuntungan bergabung dengan Take Away, dikatakan Ferry, adalah tidak ada potongan komisi. Seluruh mitra juga diberikan wadah seluas-luasnya untuk mempromosikan tempat dan menu masing-masing.

“Kami tidak sembarangan menjaring mitra, hanya yang loyal dan mau dibina. Kami di Take Away tidak dinaikkan harganya dan tidak ada komisi,” ujarnya.

Sejak launching ini, Ferry menargetkan ada penambahan mitra Take Away secara berkala. Targetnya sampai 600 mitra yang aktif sampai akhir tahun.

Ia menjelaskan, pembuatan Take Away ini berawal di masa pandemi Covid-19 tahun lalu. Tim merasa perlu wadah agar para pelaku usaha bisa eksis dengan penyesuaian selama Covid-19.

“Memang Take Away tercipta selama pandemi, kami berharap selain Malang nanti akan menyasar ke kota-kota lain dan merangkul banyak mitra,” harap Ferry.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Malang, Indra Setiadi, sangat mendukung aplikasi Take Away ini.

Menurutnya, Take Away mampu membuat pengusaha kuliner bertahan di masa pandemi.

“Selama pandemi ini dunia wisata dan kuliner sangat terpengaruh. Karena ini kami mendukung dan mempersiapkan anggota agar juga ikut mendukung aplikasi Take Away ini,” jelas pria yang juga pemilik Rumah Makan Kertanegara.(der)

Mahasiswa Polinema Olah Limbah Kulit Jeruk Jadi Teh, Bantu Tangkal Covid-19

Orentea, produk mahasiswa Polinema. (Istimewa)

MALANGVOICE – Mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) berhasil membuat inovasi mengolah limbah kulit jeruk peras menjadi produk bermanfaat. Produk itu diberi nama Orentea.

Berawal dari banyaknya limbah kulit jeruk dari para pedagang es yang berjualan di kawasan Pasar Besar Kota Malang dan Alun-Alun Kota Batu, mahasiswa itu melakukan riset dan mengolah limbah dengan baik.

Dibimbing Dra. Anik Kusmintarti, M.M., lima mahasiswa yang terdiri dari Prasasti Valentina Gustama (D-III Teknik Kimia), Rizki Bagus Maulana (D-III Teknik Kimia), Nanda Ristina Putri (D-III Teknik Kimia), Fadilah Aurelia Arifin (D-IV Akuntansi Manajemen), dan Alvindha Wahyu (D-III Teknik Telekomunikasi) melakukan inovasi melalui Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan.

Tim Orentea. (Istimewa)

Prasasti Valentina Gustama, mengatakan, timnya melakukan studi literatur dan menemukan hasil riset dari UI dan IPB yang menyatakan kandungan senyawa hesperidin, yaitu flavonoid pada kulit jeruk ternyata mampu meningkatkan imunitas dan menangkal pertumbuhan betacoronavirus termasuk Sars-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Selain itu, banyak senyawa lain pada kulit jeruk yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti polifenol, bioflavonoid, dan juga vitamin C yang tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan buahnya. Hal ini mendorong kami untuk memanfaatkan limbah kulit jeruk untuk menjadi produk olahan yang bermanfaat bagi masyarakat dan mengatasi permasalahan lingkungan,” ungkap Ketua Tim, Prasasti Valentina Gustama.

“Untuk menjaga kandungan nutrisinya, kami menggunakan alat food dehydrator. Kami juga menambahkan daun mint lokal kering untuk menambah cita rasa dan memperkaya manfaat serta memunculkan efek relaksasi,” kata mahasiswa yang akrab dipanggil Valent ini.

Orentea sangat bermanfaat di masa pandemi karena dapat meningkatkan imunitas tubuh dan meredakan stress.

Anik Kusmintarti, mengatakan kegiatan ini menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi wirausaha mahasiswa, meliputi keterampilan kewirausahaan, keterampilan teknikal, dan keterampilan manajemen dengan merealisasikan ide menjadi bisnis riil.

Selain produksi, tim ini juga fokus pada pemasaran produk melalui e-commerce dan media sosial. Saat ini orentea dalam tahap survey izin PIRT Dinas Kesehatan, halal MUI, dan hak merek pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

“Orentea dijual dengan harga 20 ribu rupiah per kotak. Pada bulan Juli penjualan orentea sudah lebih dari 400 kemasan untuk wilayah Jawa Timur, Kalimantan Nusa Tenggara, Sumatera dan sudah dikirim keluar negeri,” tutup Valent.(der)

Tampilan Baru, New CB150 Verza Kini Semakin Gagah

CB150 Verza. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan tampilan baru pada New CB150 Verza yang semakin macho dan gagah.

Sepeda motor naked sport 150cc ini kini disematkan desain stripe dan warna baru yang menguatkan karakter tangguh bagi pengendaranya dalam berkendara harian maupun jarak jauh.

New CB150 Verza hadir dengan stripe baru berdesain Neo Classic dengan goresan garis yang tegas. Penyematan desain stripe baru disempatkan pada bodi samping dan pada area tangki bagian bawah yang tersambung dengan shroud.

Perubahan stripe pada model ini dipadukan dengan pilihan warna Macho Matte Black dan Bold Red untuk tipe Casting Wheel (CW) serta warna Masculine Black pada tipe Spoke Wheel (SW).

CB150 Verza. (Istimewa)

New CB150 Verza dilengkapi dengan lampu depan berbentuk bulat memberikan kesan modern dan gagah yang tak lekang waktu.

Mengusung mesin 150cc berpendingin udara yang tangguh, responsif, efisien dalam konsumsi bahan bakar serta ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk berkendara harian maupun jarak jauh. Kenyamanan berkendara didukung sistem suspensi ganda kuat dan tangguh, yang dapat disesuaikan kelembutannya sesuai dengan keinginan pengendara.

Marketing Direktur AHM Thomas Wijaya mengatakan penyematan stripe baru pada setiap sisi bodi ini semakin memperkuat karakter dari keseluruhan desain New CB150 Verza yang dikembangkan untuk mendukung gaya hidup dalam beraktivitas harian.

“Perubahan pada CB150 Verza ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus menghadirkan sepeda motor sport yang membanggakan dan dapat diandalkan untuk mobilitas sehari-hari maupun berkendara jarak jauh. Penyegaran desain stripe pada model ini juga dapat semakin memberikan kebanggaan bagi para penggunanya,” ujar Thomas.

Nyaman Dikendarai

New CB150 Verza mempunyai fitur menarik dan fungsional, seperti panelmeter digital yang informatif serta secure key shutter. Posisi duduk tegak dan ergonomis, menjadikan motor sport ini nyaman untuk berkendara sehari-hari.

Dari sisi desain, New CB150 Verza mempunyai lampu depan bulat yang modern, serta lampu belakang dengan smoke. Perpaduan desain cover knalpot, shroud, dan tutup tangki bensin mempertegas kesan kekar pada motor ini.

Di sektor penopang tenaga, New CB150 Verza dibekali mesin 150cc silinder tunggal, 4-Langkah, SOHC, dengan transmisi 5-percepatan. Sistem suplai bahan bakar model ini telah menerapkan teknologi PGM-FI Honda. Mesin ini bertenaga, responsif, ramah lingkungan, serta menghasilkan konsumsi bahan bakar terhemat di kelasnya, yaitu 43,5 km/liter (EURO3) berdasarkan hasil metode ECE R40.

PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) Distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT membuka inden bagi konsumen penggemar motor sport New CB150 Verza. Konsumen dapat menghubungi dealer terdekat. Daftar dan lokasi dealer terdekat dapat dilihat di website mpmhondajatim atau dapat dilihat di aplikasi Brompit.(der)

Pertama di Jatim, Pemkot Malang Miliki Aplikasi Redivet

penyerahan aplikasi Redivet. (istimewa)

MALANGVOICE – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang memiliki aplikasi Rekam Medis Veteriner (Redivet).

Aplikasi ini hasil kerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang.

Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, mengatakan, aplikasi ini bisa membantu mendata pasien dan pencatatan rekam medis pasien di Puskeswan.

“Karena selama ini rekam medis pasien masih menggunakan dokumen fisik,” ujar Wiwid, sapaan Muhammad Nur Widianto yang pernah menjabat Kepala Bagian Humas Kota Malang itu.

Aplikasi Redivet ini, kata Wiwid, yang pertama kali di tingkat Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Aplikasi Redivet ini dapat digunakan untuk melihat tren persebaran penyakit yang menyerang hewan terutama hewan peliharaan masyarakat Kota Malang.

Plt. Kepala Dispangtan Kota Malang, Sri Winarni, mengatakan, tujuan awal dari aplikasi ini sebenarnya untuk mengetahui data penyakit hewan dari pemeriksaan di tempat praktik dokter-dokter hewan yang ada di Kota Malang. Namun,vpenggunaan aplikasi Redivet saat ini diawali terbatas hanya di pusat kesehatan hewan (Puskeswan).

“Harapannya aplikasi Redivet ke depannya dapat dikembangkan untuk digunakan oleh umum. Sehingga masyarakat dapat ikut andil menggunakan aplikasi Redivet ini, terutama pengaduan masyarakat terkait penyakit yang diderita hewan peliharaan dan atau hewan ternak,” tutur Sri Winarni.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengatakan, perangkat daerah di Kota Malang tidak boleh membangun aplikasi sendiri-sendiri. Menurutnya, aplikasi yang akan dibangun harus disampaikan kepada Diskominfo Kota Malang terlebih dahulu.

“Saya sudah perintahkan perangkat daerah, tidak boleh membangun aplikasi sendiri-sendiri melalui jasa vendor. Serahkan kepada Diskominfo Kota Malang,” ujar Wali Kota Sutiaji.

Selanjutnya, kata dia, berikan proses bisnis dan datanya agar dikembangkan. Hal ini bagian dari langkah integrasi (aplikasi), sekaligus efisiensi anggaran. “Maka saya apresiasi dengan telah terbangunnya aplikasi Redivet ini,” tutupnya.(der)

Bocoran Spesifikasi iPhone 13 Bakal Ada Perubahan Desain

Ilustrasi gambaran iPhone, (Ist).

MALANGVOICE – Dikabarkan brand terkenal Apple akan kembali meluncurkan seri terbaru iPhone 13 ini dengan banyak fitur baru dan perubahan desain.

Dikutip dari Wccftech, mengklaim iPhone 13 ini menjadi salah satu smartphone yang dinanti-nanti di tahun ini, Kamis (25/3).

Konsep iPhone 13 ini dikatakan terinspirasi pada generasi sebelumnya yaitu iPhone 12 pro tentu saja dengan tambahan-tambahan fitur baru. Seperti penggunaan chip A15 Bionic yang diklaim menjadi chip tercepat pada smartphone, dan memiliki jaringan 5G.

Ada juga seperti halnya yang dimiliki iPhone 12, ponsel keluaran terbaru ini diprediksi disematkan Light Detection and Ranging (Lidar), dengan layar 6,1 inci Super Retina XDR yang memiliki kecepatan refresh 120Hz.

iPhone 13 ini nantinya memiliki takok atau ruang pada muka ponsel yang lebih kecil dibandingkan iPhone sebelumnya. Kemudian menggunakan sistem sensor sidik jari dan wajah.

Ditambah peningkatan kualitas kamera, meliputi pengambilan video dengan resolusi yang mampu mencapai 8K.

Sementara itu, untuk kapasitas baterai dikabarkan akan mengalami peningkatan dibandingkan iPhone generasi pendahulunya. Serta kapasitas penyimpanan yang disediakan hingga 1TB dengan RAM 8 GB.

Dan untuk aspek yang dianggap paling penting dari iPhone 13 adalah sistem pengisian daya tanpa port. Dengan begitu bisa menunjukkan isyarat dimasa depan perusahan berlogo Apel ini akan menghapuskan charger colokan.

Sedangkan varian warna yang akan disediakan desainer nanti beragam meliputi midnight green, Black, Rose Gold, Navy Blue, Gold, dan Product (RED).(end)

Smartphone LG Pilih Gulung Tikar, Ini Penyebabnya

Kantor LG. (Livemint.com)

MALANGVOICE – LG dilaporkan bakal mengakhiri bisnis telepon pintarnya. Laporan ini pertama kali dimuat oleh media lokal Korea Selatan DongA Ilbo yang mengutip dari internal perusahaan LG yang tidak mau disebut namanya.

Sebagaimana dihimpun Malangvoice.com dari Bloomberg, perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini mulanya LG sempat akan menjual smartphone dengan layar gulung. Rencananya smartphone itu akan dijual pada akhir 2021 ini.

Rencana itu kemudia dibatalkan oleh LG dan memilih untuk menjual bisnis smartphonenya ke perusahaan asal Vietnam, Vingroup JSC. Selain Vingroup JSC, LG juga menjual ke perusahaan raksasa asal Jerman, Volkswagen AG.

Usaha menjual bisnis smartphone LG itu menemui ujung pangkal kegagalan. Akhirnya daripada menjual bisnis smartphonenya, LG lebih memilih menutupnya.

DongA Ilbo menyebutkan, LG berkemungkinam mengumumkan kabar gulung tikar ini kepada karyawannya pada awal april.

Mimpi Besar Ibu Rumah Tangga Ubah Pola Hidup Kota Batu Untuk Mencintai Lingkungan

Gung Endah dengan EE di tangannya dan jurigen berisi fermentasi EE dibelakangnya. (Aan)

MALANGVOICE – Langkah Malangvoice.com disambut ramah di kediaman Gung Endah. Rumah yang asri dengan hiasan banyak tanaman serta bau wangi dari semerbak bunga itu bertempat di Perumahan Puri Safira, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Gung Endah (56) adalah Mentor Eco Enzym (EE) di berbagai kota dan provinsi di Indonesia. Ia juga melayani permintaan beberapa kelompok pecinta lingkungan untuk sosialisasi EE secara virtual dengan gratis.

EE adalah larutan serba guna, hasil penelitan selama 30 tahun seorang akademisi dari Thailand Dr. Rosukon Poompanvong. Larutan ini merupakan campuran bahan sampah organik yang difermentasi selama tiga bulan.

Gung dengan antusiaa menjelaskan manfaat EE antara lain menurunkan bau tak sedap pada sampah organik, pembersih air, dan handsanitizer alami. Biaa juga untuk penyembuh luka bakar dan gores, bahan mencuci lantai, pengganti sabun dan sampo, dan masih banyak lagi.

Saat ini ia fokus menggunakan EE untuk membenahi pengolahan sampah di Kota Batu. Ia menggerakkan 500 lebih orang di Kota Batu untuk mengelola sampah sejak dari rumah.

“Kalau semua orang di Kota Batu tergerak untuk mengolah sampah organik dari rumah, di TPST 3R atau TPA Tlekung bisa tidak ada sampah organik sama sekali. Jadi mereka bisa fokus untuk daur ulang sampah anorganik saja,” jelas Nenek bercucu dua yang mempunyai semangat remaja itu.

Ia berhasil menggerakkan 500 lebih orang itu sejak September tahun 2020. Jumlah orang yang ia gerakkan terus bertambah di Kota Batu. Perlahan tapi pasti mimpi Gung untuk mengolah sampah di Kota Batu sejak dari rumah menggunakan EE bisa menjadi pergerakan masif.

Gung melakukan perjuangannya semata-mata karena rasa cintanya terhadap lingkungan. Ia sering mendanai sendiri pergerakannya untuk kelestarian lingkungan.

Perjuangannya ini terwarisi dari ayahnya yang seorang veteran 1945 dari Lumajang. Perjuangan ayahnya untuk kebaikan bersama hingga berani mengorbanakan segalanya tertanam dalam lubuk hatinya.

Bahkan, perempuan kelahiran 10 Oktober 1964 itu telah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu untuk menyemprot EE di TPA Tlekung dua kali. Penyemprotan itu terbukti menurunkan kadar amonia dan metana dari sampah.

“Metana ini merupakan zat yang sangat berbahaya bagi ozon di Bumi. Jika kadarnya tidak dikelola akan menjadi polusi udara yang menyebabkan pemanasan global,” tegas perempuan beranak dua kelahiran Desa Ampelgading, Kabupaten Malang itu.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DLH Kota Batu, Imron Suyudi melontarkan secara lisan untuk menjalin kerja sama dengan Gung. Hal inilah yang diinginkan Gung supaya Pemkot Batu lebih serius untuk menggunakan EE.

Perjuangan Gung pun telah menular kepada binaannya. Kelompok relawan binaannya secara mandiri menyemprot TPS dan TPST di desanya masing-masing. Tepatnya di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu dan Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Tidak hanya di Kota Batu, berkat kegigihannya mengajarkan pembuatan EE dan pemaparan kebermanfaatannya RS Husada Utama, Kota Surabaya memanfaatkan EE untuk berbagai hal. Misalnya, mendaur ulang sampah organik rumas sakir untuk dijadikan EE, lalu hasil EEnya dibuat membersihkan lantai, piring, dan berbagai macam kegunaan lainnya.

Perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga itu bermimpi dapat mempengaruhi petinggi-petinggi Kota Batu untuk menggunakam EE di berbagai sektor. Seperti di sektor Perhotelan, Restoran, Wisata, Rumah Sakit hingga Perkantoran.

“Jadi nanti Kota Batu bisa mempunyai branding baru, yaitu Kota Eco Enzym, yaitu seluruh pengolahan sampah dan kebersihannya menggunakan Eco Enzym. Jadi bisa dinilai sebagai kota yang ramah lingkungan,” paparnya dengan mata berbinar-binar.

Ia memiliki tujuan utama yang sederhana, yakni masyarakat Kota Batu memiliki kesadaran untuk mencintai lingkungan. Usahanya ini bukan sekedar mimpi di siang bolong, namun ia terus gigih berjuang memperkenalkan EE ke setiap kalangan.

Sempat ia bertemu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko untuk menarik minatnya menggunakan EE. Pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Dewanti pun melihat langsung penyemprotan EE di TPA Tlekung yang terbukti berhasil mengurangi bau tak sedap yang selama bertahun-tahun menjadi problematika tak berkesudahan di tempat itu.

Akhirnya Dewanti pun mengakuai kemutakhiran EE ini. Ia menyebut EE ini sebagai salah satu solusi untuk mengurangi volume sampah, mengurangi gas metana hingga mengurangi bau tak sedap.

Pengakuan Dewanti ini bagi Gung adalah peletakan batu pertama di istana perjuangannya memperkenalkan EE untuk memperbaiki lingkungan. Karena yang ia sasar adalah pola hidup masyarakat Kota Batu terhadap lingkungan.

Ia telah melakukan gerakan dengan Roadshow ke delapan desa di Kota Batu dalam satu hari pada waktu HPSN. Roadshow itu ia lakukan untuk mengenalkan EE dan manfaatnya juga memupuk kesadaran untuk mencintai lingkungan.

“Masyarakat Kota Batu jika tahu manfaat EE bisa mengubah pola hidupnya. Manfaatnya banyak sekali, kalau sudah mau bikin, bisa ketagihan sehingga mengubah pola hidupnya,” imbuh S1 Sosiologi UGM itu.

Maksud Gung adalah jika masyarakat ketagihan untuk membuat EE, mereka jadi lebih banyak memakan buah dan sayur karena limbah dari buah dan sayur merupakan bahan baku dari EE.

Perlu diketahui, pemanasan global akibat gas metana paling banyak dihasilkan dari peternakan. Jika pola hidup masyarakat Kota Batu lebih menyukai sayur dan buah-buahan, mereka tidak terlalu bergantung pada daging hasil peternakan.

Secara tidak sadar kepedulian terhadap lingkungan terbentuk karena kegemaran masyarakat Kota Batu membuat EE. Itulah mimpi dari Gung yang perlahan namun pasti akan ia capai dengan kegigihannya.

“Ya itu sudah terbukti mas, orang-orang yang suka bikin EE melihat sampah bukan sebagai bahan yang nggak berguna lagi namun jadi seperti melihat harta karun yang sayang jika tidak dimanfaatkan. Mereka bahkan mau keliling ke penjual buah dan toko-toko buah untuk meminta kulitnya” tandasnya.(end)