Dua Hari Ada Tambahan 5 Kasus Positif Covid-19 di Batu

Suasana rapid test. (Sabinus)

MALANGVOICE – Penularan virus corona (Covid-19) masih terjadi di Kota Batu. Hingga Kamis (2/7), terdapat penambahan 5 kasus positif Covid-19 dalam 2 terakhir. Sehingga jumlah pasien positif Kota Batu mencapai 66 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori membenarkan hal tersebut pada Kamis (2/7) dengan mengatakan 2 hari terakhir terjadi penambahan.

“Dalam dua hari terakhir ada tambahan pasien confirm, yaitu Senin, 1 Juli 2020 ada tambahan 1 pasien C-62 laki-laki, berusia 62 tahun dari Desa Mojorejo,” jelas Chori lewat via tertulis, Kamis malam (2/7).

Lebih lanjut, kata Chori, pasien C-62 masuk Rumah Sakit UMM sebagai PDP tanggal (17/6) dan meninggal tanggal (23/6). Pasien C-62 juga mengalami komorbid diabetes miletus. pasien tersebut memiliki riwayat kontak dengan C-61 dalam satu meja pada acara khitanan tanggal (6/6). Sedangkan C-61 sudah meninggal dunia.

Sementara itu, kata Chori, sebagai tindak lanjut dari acara khitanan, maka pada tanggal (25/6) telah dilakukan rapid test sebanyak 22 orang dan hasilnya 9 dinyatakan reaktif. Bagi yang hasil rapid testnya reaktif, maka dilakukan swab test pada 3 hari yang lalu dan sampai sekarang hasilnya masih belum keluar hasil PCR-nya (swab test-nya).

“Berkaitan dengan hal tersebut, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat dalam setiap kegiatan terutama yang mengundang banyak termasuk hajatan agar semua peserta atau para tamu yang datang tetap memperhatikan protokol kesehatan demi keamanan kita bersama,” lanjutnya.

Selain itu, kata chori, pada Kamis (2/7) ada penambahan 4 orang pasien Confirm. Pertama, pasien C-63, berjenis kelamin perempuan, usia 79 tahun dari Desa Sumberejo. C-63 berkontak serumah dengan nenek dari C-50 (konfirm ibu hamil yang sudah meninggal). Saat ini kondisi pasien tidak menunjukan gejala dan yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Kedua, pasien C-64 berjenis kelamin laki-laki, dengan usia 52 tahun dari Kelurahan Ngaglik, merupakan PDP dari Rumah Sakit Hasta Brata sejak tanggal 23 Juni, yang bersangkutan ada riwayat pekerjaan di Pasuruan. C-64 juga mengalami komorbid hipertensi dan diabetes,” sambungnya.

Ketiga, pasien C-65 perempuan berusia 66 tahun dari Kelurahan Sisir, juga kontak dengan pasien C-50 (konfirm ibu hamil yang meninggal). Saat ini kondisi pasien tidak menunjukan gejala dan yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Keempat, pasien C-66, berjenis kelamin laki-laki berusia 44 tahun, beralamat dari Kelurahan Ngaglik. Status dari pasien sebelumnya adalah PDP yang dirawat di Rumah Sakit Baptis, namun mulai tanggal 1 Juli 2020 yang bersangkutan sudah keluar dari Rumah Sakit Baptis, karena kondisinya sudah membaik dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah,” tandasnya.

Selain itu juga, kata Chori, ada juga tambahan 1 orang pasien confirm yang sembuh yaitu C-46 asal Desa Bumiaji, merupakan salah satu anggota ASN Kota Batu.

Selanjutnya, chori menjelaskan dalam rangka untuk pencegahan dan pendeteksi awal, juga telah dilakukan rapid test di Desa Beji terutama bagi seluruh warga yang ada kontak erat kasus konfirm C-59. Seluruhnya ada 14 orang yang dirapid test dan hasilnya 7 orang dinyatakan reaktif. Bagi yang hasilnya dinyatakan reaktif sudah dilakukan swab, namun hasilnya masih belum keluar.(der)

25 Personel Polres Batu Terima Kenaikan Pangkat

Jajaran anggota Polres Kota Batu. (Sabinus)

MALANGVOICE – Sebanyak 27 personel di lingkungan Polres Batu menerima kenaikan pangkat. Upacara kenaikan pangkat ini dipimpin Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran dan diikuti Polres Jajaran Polda Jawa Timur.

Upacara kenaikan pangkat kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena adanya pandemi Covid-19 acara kenaikan pangkat dilakukan secara virtual berlangsung di Gedung Rupatama Polres Batu, Kamis (2/7/).

“Tadi pagi kita juga sudah melakukan upacara kenaikan pangkat personil secara virtual dengan serentak seluruh jajaran di Polda Jawa Timur,” ujar Kapolres Kota Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama.

Upacara yang dihadiri Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama dan Wakapolres Kompol Suharsono serta para pejabat utama Polres Batu tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Sementara itu, personel Polres Batu yang memperoleh kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi ini berjumlah 27 personel. Terdiri dari 5 orang Aipda ke Aiptu, 10 orang Bripka ke Aipda, 10 orang Brigpol ke Bripka, 2 orang Briptu ke Brigpol.

Lebih lanjut, kata Harviadhi, kenaikan pangkat secara virtual dapat berjalan dengan tertib dan lancar di tengah pandemi covid-19, namun tidak mengurangi makna kenaikan pangkat itu sendiri.

“Upacara kenaikan pangkat ini dalam organisasi Polri bukan semata-mata merupakan hak setiap personel yang di berikan secara otomatis begitu saja. Tapi selektif dengan melihat prestasi kinerja, integritas dan moralitas personel, serta dedikasi terhadap organisasi dan beberapa aspek lain,” tambahnya.

Sehingga Harviadhi berharap dengan adanya kenaikan pangkat dapat memberikan semangat dan motivasi baru. Untuk terus menunjukkan kinerja yang lebih baik lagi. Sehingga pelaksanaan tugas pokok kepolisian bisa semakin optimal.(der)

OJK Malang Mengimbau Waspada Informasi Hoax Ajakan Penarikan Dana di Perbankan

Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuni. (Lisdya)
Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuni. (Lisdya)

MALANGVOICE – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta masyarakat mewaspadai beredarnya informasi di sosial media yang mengajak untuk melakukan penarikan dana di perbankan. OJK memastikan bahwa informasi tersebut adalah informasi hoax (kabar bohong) dan tidak benar.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang, Sugiarto Kasmuri menjelaskan, bahwa berdasarkan data OJK pada Mei 2020, tingkat permodalan dan likuiditas perbankan masih dalam kondisi yang aman. Rasio kecukupan permodalan (CAR) perbankan sebesar 22,16% (di atas ketentuan), sementara hingga 17 Juni, rasio alat likuid/ non-core deposit dan alat likuid/DPK terpantau pada level 123,2% dan 26,2% jauh di atas threshold masing-masing sebesar 50% dan 10%.

“OJK telah melaporkan informasi hoax ini kepada pihak Bareskrim Polri dan Badan
Intelijen Negara (BIN) untuk diusut dan ditindak sesuai ketentuan karena telah
menimbulkan keresahan di masyarakat,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (2/7).

Laporan yang dimaksud, lanjut dia, sesuai Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), yakni para penyebar hoax diancam hukuman penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar.

“Masyarakat diimbau untuk senantiasa memastikan informasi tentang keuangan yang diterima adalah informasi yang benar dan valid dengan menghubungi Kontak OJK nomor 157 atau layanan WhatsApp resmi 081157157157,” sambung dia.

Sugiarto menyampaikan, bahwa profil risiko perbankan di wilayah Kerja OJK Malang posisi Mei 2020 masih terjaga pada level yang terkendali dengan rasio NPL Gross tercatat sebesar 3,30%. Sementara itu, indikator likuiditas perbankan di Wilayah Kerja OJK Malang juga menunjukkan kondisi yang baik, tercermin dari Loan to Deposit Ratio (LDR) sebesar 71,77% yang menunjukkan bahwa dana masyarakat yang tersimpan di bank tidak seluruhnya disalurkan ke kredit, namun juga digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan transaksi masyarakat.

“Hal ini juga memberikan ruang bagi perbankan untuk melakukan ekspansi kredit atau pembiayaan guna mendukung upaya pemulihan ekonomi masyarakat pada periode new normal sejak Pandemi COVID-19,” jelasnya.

Pada posisi Mei 2020, kredit perbankan di Wilayah Kerja OJK Malang tumbuh
sebesar 4,99% secara year on year, dan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun
perbankan tumbuh sebesar 11,21% yoy.
Sejalan dengan hal tersebut, kebijakan restrukturisasi kredit dan pembiayaan di
perbankan dan perusahaan pembiayaan, sampai dengan posisi 26 Juni 2020, restrukturisasi kredit perbankan di Wilayah Kerja OJK Malang (Malang Raya, Kota dan Kabupaten Pasuruan, dan Kota dan Kabupaten Probolinggo) telah mencapai Rp 8,2 triliun yang telah diberikan kepada 81.060 debitur, sedangkan untuk perusahaan pembiayaan telah mencapai Rp2,49 triliun yang telah diberikan kepada 76.063
debitur.

Untuk perusahaan pembiayaan, per 26 Juni 2020, OJK Malang mencatat sebanyak
71 perusahaan pembiayaan telah memberikan fasilitas restrukturisasi pinjaman. Dari 90.382 permohonan restrukturisasi yang diajukan kepada perusahaan pembiayaan, terdapat 76.063 permohonan yang telah disetujui atau sekitar 84,16%.

Kepala OJK Malang juga mengimbau kepada seluruh jajaran industri perbankan di
wilayah Malang Raya, Pasuruan dan Probolinggo agar dalam melaksanakan kegiatan operasional dan pemasaran produk bank, wajib mengedepankan dan menjunjung tinggi integritas dan menjauhkan diri informasi hoax apalagi menggunakan informasi tersebut untuk kepentingan marketing gimmick.

“Siapapun pelakunya akan berhadapan dengan UU ITE dan aparat penegak hukum.
OJK Malang mengharapkan kerja sama rekan-rekan media untuk melakukan konfirmasi kepada OJK jika terdapat informasi yang berkaitan dengan sektor jasa keuangan sehingga tidak menimbulkan rumor negatif yang memiliki dampak kepercayaan terhadap sektor jasa keuangan,” tegasnya.

Masyarakat diimbau untuk senantiasa
memastikan informasi tentang keuangan yang diterima adalah informasi yang benar dan valid dengan menghubungi Kontak OJK Malang 089516499688.(der)

Polres Batu Serahkan Hadiah Juara Kampung Tangguh dan SIM Gratis

Pemenang lomba kampung tangguh. (Sabinus)

MALANGVOICE – Polres Batu bagikan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis dan serahkan hadiah pemenangan lomba kampung tangguh. Momen ini dilakukan pada peringatkan HUT ke-74 Bhayangkara setelah diselenggarakan secara virtual Polres Batu dipimpin oleh presiden Joko Widodo, Rabu (1/7).

“Hari ini kita rangkaian dengan pemberian SIM gratis, kita siapkan kemarin untuk 20 orang yang berulang tahun 1 Juli,” ujar Kapolres Kota Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama.

Lebih lanjut, kata Harviadhi, SIM ini diberikan kepada 10 orang yang bisa lulus ujian teori maupun praktik. SIM tersebut diserahkan secara simbolik kepada 3 orang.

Selain itu, kata Harviadhi, juga melakukan pemberian penghargaan kepada kampung tangguh. Juara 1 dari Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon. Juara 2 dari Desa Pendem, Kecamatan Junrejo. Juara 3 dari Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Juara 4 dari Desa Bayem, Kecamatan Kasembon.

“Kebetulan, wilayah hukum Polres Batu bukan hanya di Kota Batu tetapi ada 3 kecamatan yang di Kabupaten Malang, yakni Pujon, Ngantang, dan Kasembon,” lanjutnya.

Sementara itu, ia mengatakan akan mempersiapkan yang sudah juara untuk mengikuti pertandingan kampung tangguh di tingkat provinsi dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia Agustus mendatang.

“Nantinya akan memperebutkan hadiah dari gubernur, pangdam, dan kapolda,” tutupnya.(der)

Pemkot Kota Batu Berencana Pemekaran Dua Kecamatan

Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso. (Istimewa)

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Batu berencana memekarkan Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Batu. Sehingga kalau terjadi pemekaran Kota Batu akan memiliki 5 kecamatan.

“Tahun 2012 kalau gak salah itu sudah dilakukan pembahasan di Bappeda, perencanaan untuk pemecahan kecamatan Bumiaji menjadi dua kecamatan,” ujar Wakil Walikota, Punjul Santoso, Sabtu (27/6).

Lebih lanjut, Punjul mengatakan karena tidak sempat dibahas, maka oleh tim dari peneliti Universitas Brawijaya (UB) memperbaharui dengan menambahkan Desa Tulungrejo yang akan dimekarkan menjadi dua desa dan juga membahas pemekaran Kecamatan Batu.

“Berikutnya juga kita membahas Sisir, Sisir dipecah karena penduduknya sudah 23 ribu,” tambahnya.

Selain itu, kata Punjul, Kelurahan Temas sudah mencapai 19 ribu orang penduduk. Ia mengungkapkan bersama tim peneliti UB dengan dua camat, beberapa Lurah dan Kepala Desa membahas akan membagi Kelurahan Temas dan Sisir.

“Mulai Temas ya, Temas mulai dari perbatasan Hotplate sampai dengan alun-alun, sebelah kanan menjadi Temas A, yang sebelah barat Temas B,” lanjutnya.

Sedangkan Kelurahan Sisir mulai RW 1, RW 2, RW 3, RW 4, RW 13 direncanakan menjadi Kelurahan Sisir A dengan rata-rata jumlah penduduk lebih dari 19 ribu dengan jumlah 1200 KK, sementara untuk RW 5, RW 6, RW, 7, RW 8, RW 11, RW 12 menjadi Sisir B.

“Makam Sisir masih ada yang di jalan Hasanuddin bisa dipakai untuk Sisir maupun Sisir B,” tandasnya.

Dengan demikian, kata Punjul, sesuai dengan rencana dari 5 kecamatan itu masing-masing kecamatan memiliki 5 desa/kelurahan kecuali Kecamatan Junrejo yang sudah memiliki 6 desa.

“Ini kajian kita dalam waktu yang tidak lama kita lemparkan ke DPRD untuk dibahas bersama-sama,” terangnya.

Sementara itu, kata Punjul, untuk Kecamatan Bumiaji pecah menjadi dua kecamatan, sedangkan Kecamatan Batu masih dalam kajian. Sesuai dengan perencanaan Kelurahan Sisir, Desa Oro-oro Ombo, Desa Torongrejo, dan Kelurahan Temas dibagi lagi menjadi 2 Kelurahan yakni Temas A dan Temas B maka bisa menjadi Kecamatan Batu l. Dengan begitu nantinya rata-rata 1 kecamatan menjadi 5 desa/kelurahan.

Punjul dengan mantap menjelaskan dari jumlah penduduk sangat memungkinkan untuk membagi Kecamatan Batu menjadi 2 kecamatan. Karena dengan peraturan yang berlaku untuk menjadi 1 kelurahan minimal 1600 KK atau 8 ribu jiwa.

“Pelayanan menjadi dasar utama, contoh Sisir 23 ribu orang, untuk pelayanan sangat repot sekali, mulai pelayanan KTP sampai dana pembangunan saya itu nunggu sampai 1 tahun,” kata Punjul yang juga bertempat tinggal di Kelurahan Sisir.

Punjul mencontohkan RT tempat tinggalnya mendapatkan dana pembangunan mesti menunggu satu tahun. Oleh karena itu, Punjul mengaku dengan pemekaran menjadi solusi, lagi pula Dana Alokasi Umum (DAU) dan dana desa akan bertambah kalau terjadi pemekaran. (der)

Edukasi Masyarakat, Kapolres Batu Bagikan 5 Ribu Masker

Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama saat membagikan masker. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kapolres Batu membagikan 5 ribu masker kepada masyarakat. Langkah edukatif ini dilakukan Polres Batu di tiga tempat, yakni alun-alun, terminal, dan pasar besar Kota Batu secara serentak, Senin (29/6).

“Kurang lebih kita sudah bagikan 5 ribu lembar masker kepada masyarakat yang ada di Kota Batu,” ujar Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama.

Lebih lanjut, kata Harviadhi, aksi ini sebagai rangkaian acara HUT ke-74 Bhayangkara akan dirayakan pada tanggal (1/7) mendatang.

“Mudah-mudahan dengan upaya kita ini, masyarakat semakin disiplin menggunakan masker di manapun beraktivitas,” tambahnya.

Langkah tersebut, kata Harviadhi, merupakan cara untuk sama-sama melawan virus corona. Baik melindungi kesehatan sendiri maupun maupun kesehatan orang lain.

“Intinya, masker ku untuk kesehatan mu, masker mu untuk kesehatan ku,” tandasnya.

Sementara itu, Harviadhi mengatakan bagi masyarakat yang tidak pakai masker akan memberikan peringatan dan himbauan. Masyarakat yang tidak memiliki masker akan diberikan masker dan mendidik masyarakat dengan cara humanis agar mempunyai kesadaran.

“Untuk mendisiplinkan masyarakat kita gunakan cara-cara yang humanis, persuasif, dan edukatif sehingga masyarakat dengan kesadaran sendiri mau menggunakan masker,” tutupnya.(der)

Wisatawan dari Zona Merah Harus Sertakan Swab

Wali Kota Kota Batu, Dewanti Rumpoko (Sabinus).

MALANGVOICE – Salah satu destinasi wisata Jatim park 2 kembali resmi dibuka, Sabtu (27/6) oleh Forkopimda Kota Batu. Dengan dibuka destinasi wisata, akan berdampak pada berdatangannya pengunjung.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko kembali mengingatkan pengunjung yang datang dari zona merah wajib menyertakan hasil test swab.

“Ketika menginap, pengunjung dari daerah-daerah merah harus menyertakan swab,” tegas Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, Sabtu (27/6).

Lebih lanjut, Dewanti juga menegaskan destinasi wisata itu sendiri yang harus menjaga karyawannya. Begitu pun dengan pengunjung yang datang tetap menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, untuk pengunjung yang datang akan dibatasi 50 persen dari sebelumnya. Oleh karena itu, Jatim Park 2 yang biasanya menampung 6 ribu pengunjung hanya akan menerima 3 ribu.

Dewanti juga mengatakan tim gugus tugas covid-19 akan terus memantau bersama Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, Polres, dan TNI pada objek-objek wisata agar memenuhi protokol kesehatan.

Selain itu, Dewanti mengatakan ketika ada pengajuan pembukaan destinasi, tim akan turun memverifikasi layak dan tidaknya. Pihaknya menegaskan ketika tidak ada verifikasi bisa jadi bumerang bagi Kota Batu khususnya di bidang pariwisata.

Senada dengan Dewanti, Kapolres Kota Batu, AKBP Harviadhi mengatakan memerintahkan pasukannya untuk patroli mobiling kedalam area wisata untuk mengingatkan pengunjung yang ada didalam. misalnya kadang-kadang maskernya dilepas atau untuk mengingat masyarakat cuci tangan dan jaga jarak.

Sementara itu, Harviadhi menegaskan secara keseluruhan akan menurunkan kurang lebih 100 personil untuk mengawal pembukaan destinasi wisata yang juga bergabung dengan personil Kodim, dari gugus tugas yang diwakili Sat Pol PP.(der)

Yayasan Immanuel Kota Batu Buka Pendaftaran Gratis DPP bagi Terdampak Covid-19

Sekolah Yayasan Immanuel. (istimewa)

MALANGVOICE – Yayasan Pendidikan Immanuel Kota Batu membebaskan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) bagi masyarakat terdampak covid-19 secara ekonomi.

Hal tersebut dibenarkan oleh bagian Administrasi dan Kepegawaian Yayasan Pendidikan Immanuel Kota Batu, Dhian Natalia. Ia mengatakan membebaskan DPP bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

“Memang kami membebaskan uang pangkal atau DPP, dana pendidikan awal supaya orang-orang yang terdampak itu bisa tetap sekolah,” ujar Dhian kepada MVoice, Jumat (26/6).

Lebih lanjut, kata Dhian, DPP merupakan pembayaran awal maka kebanyakan orang tua kesulitan membayar. Apalagi memasuki semester awal dengan kondisi ekonomi akibat covid-19.

“Kalau SPP-nya tidak, tapi nanti kalau kesulitan bisa mengajukan juga. Ada keringanan walaupun tidak semua,” tambahnya.

Selanjutnya, kata Dhian DPP bisa diurus dengan persyaratan meminta keterangan RT/RW atau gembala gereja bahwa yang bersangkutan betul-betul terdampak covid-19. Yang terdampak yang dimaksud adalah misalnya sebelum bekerja namun dirumahkan dan tidak mempunyai penghasilan.

“Dirumahkan dan tidak penghasilan bisa mengajukan ke RT/RW tidak perlu ke Kelurahan,” tandasnya.

Sementara itu, kata Dhian sudah 15 orang yang mengajukan pembebasan SPP dan akan diurus. Sedangkan tidak semua yang mengajukan mau digratiskan sepenuhnya, karena pihaknya mengaku tidak mau berpikir mengambil kesempatan dalam situasi pandemi.

“Program ini sudah lama kami jalankan, apabila ada yang kurang mampu bisa mengajukan, tapi karena corona ini pasti yang kesulitan lebih banyak jadi kami memberikan pemberitahuan itu (Banner gratis DPP),” jelasnya.

Di tahun-tahun sebelumnya ungkap Dhian juga memberikan bagi membutuhkan keringanan biaya, karena pihaknya mengaku jangan sampai orang tidak bersekolah karena tidak punya uang. Dhian beralasan bahwa Sekolah Immanuel merupakan sekolah sosial dan bukan sekolah yang mencari profit atau keuntungan.

Untuk diketahui, Yayasan Pendidikan Immanuel sendiri memiliki TK, SD, SMP, dan juga SMA.(der)

Kawal Objek Wisata, Polres Batu Siagakan 100 Personel

Peninjauan salah satu destinasi oleh Wakil Wali Kota Kota Batu, Kapolres Batu dan Pabung Kodim 0818. (Sabinus)

MALANGVOICE – Destinasi Wisata akan kembali dibuka untuk umum dalam waktu dekat. Untuk mengawal objek wisata tersebut Polres Kota Batu siagakan 100 personel.

Kapolres Kota Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan untuk personel pengamanan dari TNI Polri akan menyiapkan yang turun ke lapangan untuk mengawal transisi new normal terutama pada saat sudah dibukanya tempat-tempat wisata.

“Untuk fase pertama. Karena ada perpanjangan masa transisi yang kemarin disepakati pada saat rapat Bakorwil antara gubernur dengan pejabat semalang raya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Harviadhi menegaskan bahwa secara keseluruhan nanti bergabung juga dengan personel Kodim, juga dari gugus tugas yang diwakili Sat Pol PP.

“Khususnya di Jatim Park 2 kita tetapkan kalau dari Polres Batu kurang lebih 12 orang secara keseluruhan, nanti akan membantu pintu masuk untuk membantu mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan baik si eco green park maupun di Jatim park 2 nya batu Secret Zoo maupun di museum satwa,” tandasnya.

Selain itu, Harviadhi juga nanti memerintahkan pasukannya untuk patroli mobiling kedalam area untuk mengingatkan masyarakat yang didalam area wisata. misalnya kadang-kadang maskernya dilepas atau untuk mengingat masyarakat cuci tangan dan jaga jarak.

“Nanti teknisnya kita akan turunkan personil gabungan dengan Kodim juga dengan Pemkot juga,” pungkasnya.

Sementara itu, ketika ditanyai wartawan terkait buka dan tutupnya objek wisata, Harviadhi menjelaskan akan mengikuti berdasarkan peraturan Wali Kota Batu. Yakni akan dibuka pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB.

Sebagai informasi, untuk hotel yang sudah lolos tahap administrasi untuk dibuka sebanyak 39 dan 2 destinasi wisata. Sedangkan destinasi wisata Jatim Park akan menyusul dibuka pada (27/6).(der)

2 Destinasi Wisata dan 30 Hotel Kota Batu Siap Beroperasi

Alun-alun
Pembenahan alun-alun oleh staf dinas kesehatan Kota Batu. (Sabinus)

MALANGVOICE – Tim verifikasi satgas covid-19 Kota Batu melakukan survei dan edukasi terkait rencana pembukaan sektor wisata. Terdapat 2 destinasi wisata dan 30 hotel yang menurut Pemerintah Kota Batu layak untuk dibuka kembali karena sudah memenuhi standar protokol kesehatan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori membenarkan hal tersebut lewat keterangan tertulis bahwa 30 hotel dan 2 destinasi sudah lolos pada tahapan administrasi saat diverifikasi oleh tim verifikasi.

“Sampai tanggal 22 Juni 2020 sudah 30 hotel dan 2 tempat destinasi wisata yg telah di survey dan diedukasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Chori mengatakan dalam survei dan edukasi tersebut membentuk tim verifikasi. Tim yang diketuai oleh kepala dinas pariwisata dengan anggota staf ahli walikota bidang pariwisata, kepala dinas DPMPTSP dan naker, kepala dinas kesehatan, plt. Kasatpol PP, Plt. Kasatlak BPBD dan unsur dari Polresta Batu serta Kodim 0818 Malang-Batu.

“Hampir semua memenuhi syarat protokol kesehatan, hanya 4 hotel yg belum diijinkan karena masih belum memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kata Chori, 2 destinasi wisata yang sudah di survei oleh tim adalah Batu Flower Garden dan Kaliwatu Rafting.(der)