Mengenal Kanker Darah, Apa Saja?

ilustrasi. (www.ufmcpueblo.com)
ilustrasi. (www.ufmcpueblo.com)

MALANGVOICE – Indonesia baru saja berduka. Ya, Ibu Negara yakni istri dari Presiden RI ke-6, Ani Yudhoyono meninggal dunia yang disebabkan oleh kanker darah.

Kanker hematologi atau yang dikenal sebagai kanker darah adalah kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang di mana darah diproduksi.

Kanker berawal ketika sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh tidak terkendali. Kanker darah adalah jenis kanker yang menyerang produksi dan fungsi sel darah normal dalam tubuh.

Dilansir dari laman Healtyline, jenis kanker darah yang paling umum adalah leukimia, limfoma, dan myeloma.

Namun ternyata, jenis kanker ini menyerang bagian darah, memunculkan gejala serta membutuhkan pengobatan yang berbeda.

1. Leukimia

Leukimia merupakan kanker darah yang menyerang sumsum tulang. Sehingga tidak lagi mampu untuk memproduksi cukup sel darah putih leukosit untuk melawan infeksi.

Bahkan, sel kanker leukimia juga merusak dan menghancurkan leukosit yang sudah ada dalam tubuh. Penderitanya akan lebih rentan kena infeksi dan peradangan yang sangat sulit sembuhnya.

Kemudian, jenis kanker ini dibedakan menjadi dua sesuai dengan perkembangannya yang cepat serta jenis sel darah putih yang diserang. Perbedaannya yakni akut dan kronis. Leukemia kronis jauh lebih berbahaya dan sulit diobati.

Perlu diwaspadai, kanker darah satu ini sulit dideteksi karena tidak memiliki ciri khas. Namun, pada umumnya dapat diwaspadai dengan tanda-tanda ini:

  • Anemia
  • Sering perdarahan seperti memar, mimisan, atau gusi berdarah karena darah sulit membeku
  • Mudah jatuh sakit karena infeksi
  • Nyeri sendi atau di area tulang belakang
  • Nafsu makan dan berat badan menurun drastis
  • Berkeringat berlebih di malam hari

2. Myeloma

Myeloma adalah jenis kanker yang terbentuk oleh sel plasma ganas. Sel plasma menghasilkan antibodi (immunoglobulin) yang membantu tubuh menyerang dan membunuh kuman. Sel plasma normal ditemukan di dalam sumsum tulang dan merupakan bagian sistem imun yang penting.

Beberapa gejala kanker darah myeloma di antaranya:

  • Anemia
  • Sering mengalami perdarahan dan memar
  • Gangguan tulang dan kalsium
  • Rentan mengalami infeksi
  • Gangguan atau kerusakan ginjal
  • Kaki bengkak

3. Limfoma

Kanker darah limfoma berkembang pada limfosit, tipe sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi. Kanker jenis ini juga memengaruhi kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian lain dari tubuh. Limfosit yang tidak normal dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda.

Kanker darah limfoma dibagi lagi menjadi dua, yakni limfoma non-Hodgkins dan limfoma Hodgkins. Berikut gejala kanker Limfoma:

  • Adanya tonjolan di bawah kulit, selangkangan, leher, atau ketiak
  • Demam disertai menggigil
  • Batuk terus menerus
  • Sesak napas dan nyeri dada
  • Gatal-gatal di seluruh tubuh
  • Keringat berlebih di malam hari
  • Sakit perut, punggung, atau nyeri tulang
  • Selalu merasa lemah, lesu, dan tidak bersemangat
  • Berat badan turun drastis tanpa alasan jelas hingga nafsu makan menurun
  • Muncul darah dalam tinja atau muntah
  • Haid dengan volume darah yang berlebihan

Bahkan penyakit ini terbilang sangat berbahaya dan jarang terjadi. Risiko manusia yang mengidap penyakit ini dapat meningkat pada pria berusia 60 tahun atau lebih yang kelebihan berat badan atau punya daya tahan tubuh lemah karena penyakit seperti rematik, lupus, HIV/AIDS, atau hepatitis C.

Risiko seseorang juga dapat meningkat jika ada riwayat kanker yang sama dalam silsilah keluarganya.

Setiap pengobatan untuk kanker darah tergantung pada jenis kanker, penyebaran kanker, usia dan kesehatan pasien secara keseluruhan, serta resepon pasien terhadap pengobatan.

Apabila Anda terdeteksi kanker darah, Anda dapat mengobatinya di rumah dengan cara Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kanker darah adalah:

  • Olahraga teratur
  • Gaya hidup sehat
  • Hindari herbisida, pestisida, dan insektisida
  • Hindari paparan radiasi
  • Makan makanan sehat dan minum banyak air
  • Minum obat sesuai anjuran dokter

(Hmz/Aka)

Deadpool Muncul di Spider-Man 3?

ilustrasi. (Twitter @RealScreenGeek)

MALANGVOICE – Baru-baru ini muncul rumor sekuel ketiga film Spider-Man. Padahal, film yang diperankan oleh Tom Holland ini belum dirilis.

Ya, bahkan ada rumor lain, yakni terkait munculnya Deadpool di film Spider-Man 3. Hal ini tentunya menimbulkan banyak diskusi diantara para fans, tapi faktanya bahwa tidak akan ada Deadpool di film tersebut.

Kabar munculnya Deadpool datang dari pengguna Twitter bernama Roger Wardell. Roger Wardell@RogerWardell on Twitter.

“There are no plans to add Deadpool in an MCU Spider-Man 3, but Sony desperately wants Tom Hardy’s Venom in this movie. Deadpool had his own movies but never showed up in the main X-Men films, it will be the same for the MCU,” tulisnya.

Bahkan, dalam akun Twitternya, ia juga sempat membocorkan beberapa rumor terkait film Avengers: Endgame dan hasilnya tepat. Jadi ada kemungkinan jika dia merupakan informan yang akurat.

Dilansir dari ScreenGeek, padahal pihak studio saat ini tengah berusaha untuk memasukan Venom versi Tom Hardy ke film Spider-Man. Memasukan Venom versi Tom Hardy dalam universe Spider-Man versi Tom Holland dirasa tepat. Terlebih banyak bahan diskusi tentang Venom yang harus muncul di film Spider-Man saat film Venom pertama rilis.(Hmz/Aka)

3 Monster Bakal Bertarung di Godzilla: King of the Monster

ilustrasi. (Dread Central)

MALANGVOICE – Godzilla: King of the Monster bakal menjadi pertarungan monster terhebat di tahun 2019. Nantinya, akan ada tiga monster lain yang akan bertarung.

Monster tersebut adalah Rodan, Mothra dan musuh bebuyutan Godzilla, King Ghidorah. Pertarungan mereka untuk merebutkan tahta Raja Para Monster penguasa bumi.

Dilansir dari berbagai sumber, meski Warner Bross telah merilis trailer film ini beberapa waktu, tetapi pihak studio kemudian kembali merilis teaser terbaru yang menampilkan seluruh monster yang akan muncul di filmnya.

Film Godzilla: King of the Monsters menceritakan bagaimana manusia bertahan hidup dari serangan kaiju (monster) King Ghidoran, yang dihidupkan kembali oleh sebuah kelompok teroris.

Mereka beranggapan jika bumi merupakan tempat para Kaiju dan bukan milik manusia. Untuk menghentikan apa yang dilakukan oleh Ghidorah, sekelompok peneliti kemudian membangkitkan kaiju lainnya.

Di Indonesia, film ini akan tayang pada 29 Mei mendatang.(Der/Aka)

Brightburn Kisahkan Dark Superhero dari Planet Lain

ilustrasi. (Common Sense Media)

MALANGVOICE – Film Brightburn ceritakan kisah dark superhero yang merusak dan mengancam bumi. Film ini diproduksi oleh James Gunn (Direktur Guardian of Galaxy) dan Kenneth Huang.

Film bergenre horor ini, dibintangi oleh Jackson A. Dunn, Elizabeth Banks, dan David Denman.

Dilansir dari io9, film ini menceritakan sepasang suami istri (Elizabeth Banks dan David Denman) yang belum dikaruniai anak, menemukan bayi (Jackson) saat bintang jatuh di sekitar rumahnya.

Bayi tersebut berasal dari planet lain. Ketika beranjak remaja, Jackson ternyata memiliki kekuatan super yang tidak dimiliki oleh anak normal lainnya. Perlahan, ia menyadari tentang kekuatan super yang dimilikinya yang membuatnya takut dengan masyarakat sekitar. Suatu ketika ia menjadi tidak terkontrol dan menggunakan kekuatannya untuk mengganggu masyarakat sekitar.

Elizabeth Banks dan David Denman berjuang agar si Anak dapat menggunakan kekuatannya untuk kebaikan, namun sayangnya kekuatan yang dimiliki sang Anak menjadi tidak terkontrol dan berubah menjadi kejahatan.

Film ini akan tayang pada 23 Mei mendatang.(Hmz/Aka)

Trailer Spider-Man: Far From Home Selipkan Pesan Spoiler hingga Perubahan MCU

: ilustrasi. (Empire)

MALANGVOICE – Trailer Spider-Man: Far From Home baru saja dirilis oleh Sony Picture, Senin (6/5).

Dalam trailer tersebut, Peter Parker (Tom Holland) mengingatkan kepada para penggemar untuk menonton Avengers: Endgame. Sebab, dalam trailer tersebut ada spoiler tentang saga superhero.

“Jika Anda belum melihat Avengers: Endgame, jangan melanjutkan menonton trailer ini,” kata Peter dalam pembuka trailer berdurasi 2:59 menit tersebut.

Dilansir dari Screenrant, Spider-Man: Far From Home akan menjadi film terakhir dari Marvel Cinematic Universe (MCU) di tahun 2019.

Film ini akan menampilkan perubahan besar bagi keseluruhan MCU, yakni mulai hadirnya konsep multiverse atau alam semesta alternatif.

Dengan kehadiran konsep multiverse ini, bisa dipastikan masa depan MCU akan benar-benar semakin meluas dan menarik. Kemungkinan besar, konsep ini sebagai salah satu cara Marvel perkenalkan karakter baru, salah satunya X-Men yang akan bergabung dengan superhero Marvel.

Dalam trailer, Peter masih merasakan kehilangan Tony Stark (Iron Man). Selain itu, ia merasa dilema apakah harus menyelamatkan dunia atau mengejar gadis yang disukainya.

Far From Home bakal tayang di bioskop pada 2 Juli mendatang. (Der/Aka)

Paramount Rilis Trailer Live Action Sonic The Hedgehog, Cek Videonya

ilustrasi. (geek.com)

MALANGVOICE – Apakah kalian ingat Sonic? Ya, video game yang diterbitkan oleh Sega pada dua dekade lalu, tepatnya pada 23 Juni 1991 kini diadaptasi menjadi film live action loh.

Nah, Paramount Picture baru saja merilis trailer perdana Sonic The Hedgehog pada Selasa (30/4).

Dilansir dari BuzzFeed News, film landak tersebut disutradarai oleh Jeff Fowler, dan naskah ditulis oleh Patrick Casey, Josh Miller, dan Oren Uziel.

Sedangkan untuk pemerannya, Ben Schwartz menjadi pengisi suara Sonic. Selain itu, Tika Sumpter, Neal McDonough, dan Adam Pally semuanya telah dikonfirmasi menjadi bagian dari para pemeran.

Dalam trailer, digambarkan Sonic memiliki kekuatan berlari dengan cepat hingga bulunya yang berwarna biru bisa menghasilkan listrik.

Di film ini, Sonic diceritakan akan mengalahkan Dr. Robotnik yang diperankan oleh Jim Carrey yang bisa menduplikasi kemampuan Sonic tersebut.

“Aku ingin menyelamatkan planet ini,” kata Sonic dalam trailer tersebut.

Bahkan, Sonic juga dapat melakukan adegan slow motion yang bisa menghalang tembakan.

Sonic the Hedgehog akan rilis secara worldwide pada 7 November 2019 mendatang.(Der/Aka)

Pemeran Thor: Ragnarok, Reunian di Film MIB: International

ilustrasi. (bloody-disgusting)

MALANGVOICE – Franchise Men in Black (MIB) jadi salah satu franchise populer di industri perfilman Hollywood sepanjang masa. Ya, Sony akhirnya merilis kembali seri MIB: International pada Kamis (25/4) di akun Twitter nya @MenInBlack.

Dilansir dari laman Variety, bintang waralaba Marvel Studios, Chris Hemsworth reuni kembali dengan aktris Thor: Ragnarok, Tessa Thompson untuk menjadi peran utama dalam film ini.

Dalam trailer terbaru ini, dilihatkan terkait backstory Agent M untuk bisa bergabung dengan organisasi Men in Black. Selain itu, trailer ini juga memperlihatkan akting Liam Neeson sebagai High T, kepala MIB cabang Inggris.

Namun, dalam akun Twitter @MenInBlack, film ini menjadi perbincangan hangat. Sebab, film ini di gadang-gadang menjadi reunian para pemeran Thor: Ragnarok. Berikut komentar warganet di akun Twitter @MenInBlack.

“Jelas sekali begitu mereka keluar dari asgard, orang asgardian akan mengambil pekerjaan di bumi. Bijaksana,” tulis akun @shweta2018

“Is this another episode of a #MarvelStudios movies???,” tulis akun @th3gent

Franchise keempat ini rencananya bakal tayang pada 14 Juni mendatang.

Rampung Produksi 100 Persen, Film Tiga 13elas Dilaunching

Launching film Tiga 13elas. (Ahmad)

MALANGVOICE – Film Tiga 13elas “The Continues Terror dilaunching secara esklusif di Ruang Workspace, Sengkaling, Kamis (18/4). Film yang mengisahkan teror dari makhluk halus bernama Ningsih ini diputar dengan durasi 15 menit.

Sebelumnya, film garapan Dark House Film ini sudah diputar secara internal di Universitas Merdeka (Unmer) Malang pada awal Januari lalu. Namun, saat itu film ini masih belum rampung produksinya atau masih selesai 80 persen.

Sutradara film Tiga 13elas, M Iqbal Syah Lubis, mengatakan, launching film ini sengaja dilakukan setelah produksi benar-benar selesai 100 persen.

“Dulu kan mewakili mahasiswa broadcast, sekarang murni dari PH Dark House Film. Kemarin bisa dilihat filmnya sudah full karena sudah 100 persen selesai,” ujarnya kepada MVoice.

Film yang memakan waktu produksi lima bulan ini diakui Iqbal, digarap tak mudah. Film dengan sosok Ningsih ini bahkan sempat berhenti produksi pada 2013 dan 2015. Sampai akhirnya Iqbal berniat mengangkat kisah Ningsih ini dengan sosok baru.

“Saya combine film Tiga 13elas dan Ningsih. Ide awalnya itu 2018 lalu. Akhirnya jadi sekarang ini,” jelasnya.

ke depan, Iqbal berniat mengikutkan karyanya ini dalam festival di Universitas Gajahahmada (UGM). “Rencananya bulan September mendatang,” tutup mahasiswa semester enam ini.

Dalam launching film tersebut juga dihadiri komunitas film. Selesai penayangan film Tiga 13elas ada juga diskusi terkait cara-cara produksi film dan langkah-langkahnya.

Diketahui, film ini menghabiskan dana 9 juta. Dua pemeran film itu diperankan Angga (Rivaldi Anjar) yang dihantui sosok makhluk halus, Ningsih (Amelia Miranda).

Teror Ningsih pun lama kelamaan diketahui ada hubungan dengan angka 13. Angka yang sama di hari Ningsih memutuskan bunuh diri, yakni 13 Februari 2009.(Der/Aka)

Resmi Tutup Bulan Depan, Goodbye BBM Jadi Trending Topik Warganet

ilustrasi. (Twitter @BBM)

MALANGVOICE – Layanan messaging yang sempat popular beberapa tahun lalu, BlackBerry Messenger (BBM) akan tutup pada 31 Mei 2019. Keputusan tersebut diketahui dari blog BBM, serta pengumuman resmi kepada pengguna.

“Time to Say GOOD BYE. BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia.”

Pihak BBM pun menyebutkan, salah satu alasan BBM tutup dikarenakan persaingan teknologi, serta para pengguna yang mulai beralih.

“Industri teknologi sangat dinamis, meski dengan usaha substansial kami, pengguna telah beralih ke platform lain dan pengguna baru sulit digaet,” kata BBM.

Mereka juga mengucapkan terima kasih pada semua pengguna, mitra dan para karyawan yang pernah menjadi bagian dari BBM.

Perlu diketahui, sebenarnya BBM tidak benar-benar berakhir semua layanannya. Pihak yang dinaungi oleh Emtek ini akan menyediakan layanan baru bernama BBM Enterprise (BBMe). Hanya saja layanan ini berbayar dan lebih ditujukan untuk kalangan enterprise.

Dengan kepergian BBM, membuat sejumlah pengguna merasa sedih. Mereka pun flashback semasa menggunakan platform messaging yang menggunakan “nomor pin” tersebut. Berikut komentar warganet dengan hastag Goodbye BBM hingga trending topik ketiga di Twitter.

“No more “PING!!!” No more “Bc in pin gua dong” No more “Pin bbnya berapa?” Thanks for all ur sweet memories btw. #GoodbyeBBM,” tulis akun @anandaputriiayu

“bom PING! wkwk. trus dengerin lagu biar muncul di RU plus biar orang orang tau w denger lagu itu eh uujungnya mah pasti ada aja tuh yg bilang “bagi lagunya dong Rin !! eaaaaaaakkkksss wkwk #GoodbyeBBM,” tulis akun @SwyRin

“Dulu yang punya BBM Merasa keren banget, apalagi yang punya Hp Balackberry, pasti ujung kanan atas Hp mereka, kelap-kelip merah 😂😂, tanda ada yg nge-PING, ehhh tau2nya minta promote. #GoodbyeBBM” tulis akun @Mardatillahumar.(Der/Aka)

Terobosan Baru Kontrasepsi Pria Menggunakan Gel

Www.ark21.com

MALANGVOICE – Pada umumnya orang lebih mengenal kondom sebagai alat kontrasepsi untuk pria dengan bentuk seperti karet. Namun, baru-baru ini telah dikembangkan gel kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Seperti apa sih gel kontrasepsi dan bagaimana cara kerjanya?

Melansir dari laman Healthline, MVoice akan memperkenalkan terobosan terbaru untuk mencegah kehamilan berikut ini.

Apa itu gel kontrasepsi?

Wanita bisa memilih minum pil KB, suntik KB, memasang IUD, kondom wanita, bahkan menjalani tubektomi atau memakai gel spermisida untuk mencegah kehamilan. Sangat banyak pilihan, jika dibandingkan dengan pria yang hanya bisa menggunakan kondom atau menjalani prosedur vasektomi.

Namun, baru-baru ini National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) mengembangkan alat kontrasepsi baru untuk pria, yaitu gel kontrasepsi. Metode yang dikenal juga dengan NEST ini mengandung progestin sintesis yang disebut segesteron asetat (nestorone), testosteron sintesis, dan hormon estradiol.

Cara kerja dari progestin dan estradiol akan memblokir produksi testosteron alami di testis, mengurangi produksi sperma ke level sangat rendah. Meski testosteron diblokir, akan ada testosteron pengganti dari gel yang akan menjaga kadar testosteron dalam darah tetap berfungsi. Salah satunya mempertahankan gairah seks.

Berikut cara menggunakan gel kontrasepsi ini:

Ada alasan kenapa nestorone tidak dibuat dalam bentuk pil layaknya pil KB yang diminum wanita. Peneliti menjelaskan jika nestorone tidak diserap dengan baik oleh tubuh ketika dikonsumsi seperti obat. Campuran testosteron buatan dalam nesteron tidak akan bertahan efeknya selama satu hari penuh.

Akan tetapi sebaliknya, nesteron dapat bekerja dengan baik dan bertahan lebih lama jika dioleskan ke kulit. Itulah sebabnya nesteron dibuat dalam bentuk gel sama seperti pelumas seks. Meski bentuknya sama, cara penggunaanya tidak dioleskan pada penis. Jadi, jangan sembarangan menggunakan alat kontrasepsi pria ini.

Cara mengaplikasikan gel dengan benar, antara lain:

1) Pastikan Anda mencuci tangan dulu sebelum menggunakan gel ini.

2) Keluarkan gel dari wadahnya sebanyak setengah sendok teh dan oleskan pada bahu dan punggung secara merata.

3) Mengoleskan gel sebaiknya tidak perlu dibantu dengan pasangan wanita. Pasalnya, dikhawatirkan paparan hormon-hormon dalam gel juga akan meresap ke kulit pasangan.

4) Jika terlanjur terkena gel, wanita harus segera mencuci tangan hingga bersih untuk menghindari paparan yang lebih besar.

5) Gel dapat menekan jumlah sperma hingga 72 jam saja. Jika di hari ketiga, keempat, dan seterusnya gel tidak digunakan, maka fungsi gel tidak akan efektif. (Der/Ulm)

Komunitas