Tak Hanya Kaesang, Staff Khusus Presiden Ikut Komentari Curhatan Viral Gaji 8 Juta

Staff Khusus Presiden, Achmad Erani Yustika. (Lisdya)
Staff Khusus Presiden, Achmad Erani Yustika. (Lisdya)

MALANGVOICE – Baru-baru ini dunia maya kembali dihebohkan dengan viralnya cuitan netizen yang diunggah ulang oleh akun Twitter @askmenfess.

Dalam cuitan yang pertama yang diposting di Instagram tersebut menuliskan “Jadi tadi gue di undang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello, meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, pak! Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate kampus lain dong ah. Level UI mah sudah perusahaan luar negeri. Kalau lokal mah oke saja asal harga cucok,” katanya.

Lantas, cuitan tersebut mendapat respon dari netizen, termasuk putra bungsu Presiden, Kaesang Pangarep. Dalam akun Twitternya @kaesangp mengatakan “Ya bisa minta #gaji8juta tapi gak saya kasih” cuitan ini menanggapi netizen lainya yang mengatakan “Mas kalau ngelamar jadi karyawan di warung mas nya bisa minta #gaji8juta gak yah…” tulis akun @onaycool

https://t.co/nZ8VdRqqZ8

Tak hanya Kaesang, bahkan Staff Khusus Presiden, Achmad Erani Yustika juga menanggapi hal ini. Menurutnya, cuitan tersebut bisa terjadi pada siapa saja.

“Misal sudah lulus kemudian ditawari pekerjaan tentu bisa menolak dan bisa menerima,” katanya saat ditemui di UB, Kamis (25/7).

Sebab, setiap individu mempunyai ekspektasinya sendiri-sendiri. Dan memilih suatu pekerjaan karena berbagai pertimbangan.

“Banyak kan yang dipertimbangkan, mulai lingkungan yang nyaman, ada yang karena pertimbangan gaji, ada yang karena pertimbangan dekat dengan rumah, dan hal-hal yang lain. Semua memiliki alasan untuk mengambil keputusan tadi,” tandasnya.(Hmz/Aka)

Deretan Film Disney yang Akan Tayang hingga Desember Setelah The Lion King

ilustrasi. (congnghe5giay.com)
ilustrasi. (congnghe5giay.com)

MALANGVOICE – Tahun ini, rupanya Walt Disney tak ingin berhenti untuk memikat penggemarnya, setelah sukses dengan live action Aladdin dan Toy Story 4.

Pihak studio terus rilis film-film baru hingga akhir tahun nanti, meski saat ini masih menayangkan live action The Lion King.

Berikut film Disney yang rilis himgga akhir tahun, yang berhasil MVoice rangkum dari berbagai sumber.

1. Artemis Fowl

Artemis Fowl mungkin belum pernah terdengar sebagai film Disney sebelumnya. Film Artemis Fowl ini berkisah tentang tokoh Artemis Fowl II, bos gangster muda yang menculik peri Holly Short sebagai cara untuk menemukan ayahnya yang hilang misterius di masa lalu.

Setelah sukses menyutradarai live-action Cinderella (2015), sutradara Kenneth Branagh kembali dikontrak Disney untuk mengarahkan film klasik Artemis Fowl. Film ini sejatinya merupakan adaptasi dari novel Eoin Colfer dengan judul yang sama.

Setelah mengalami beberapa halangan, film Artemis Fowl akhirnya memasuki masa produksi pada tahun 2017. Film ini sendiri mengakomodasi aktor-aktor pendatang baru seperti Ferdia Shaw, Lara McDonnell dan Tamara Smart. Selain itu, jajaran cast lainnya juga cukup mentereng seperti Judi Dench, Nonso Anozie dan Josh Gad.

Film ini rencananya akan tayang pada 9 Agustus mendatang.

2. Frozen 2

Apakah film Frozen 2 bakal sama suksesnya dengan filmnya yang pertama? Disney sendiri berniat untuk mengulangi kejayaan Frozen yang mampu menghipnotis dunia pada tahun 2013 silam. Bahkan mereka telah menyiapkan beberapa lagu yang diklaim bakal jadi sama ikoniknya dengan Let it Go.

Film ini akan tayang pada 22 November 2019.

3. Star Wars

Film ini merupakan edisi terakhir dari kisah yang diciptakan George Lucas dan dimulai lewat Star Wars pertama pada 1977. Episode XI ini juga diperkirakan akan menjadi film layar lebar Star Wars yang terakhir, entah sampai kapan.

Presiden Lucasfilm, Kathleen Kennedy, pun belum bisa memastikan seberapa lama para penggemar Star Wars akan menunggu hingga film selanjutnya rilis.

“Kami akan mengambil jeda selama beberapa tahun. Dan kami ingin meluangkan waktu untuk benar-benar melihat ke mana arahnya ini dari sudut pandang suatu saga,” kata Kennedy seperti yang dikutip dari Mashable Asia.

Film ini akan tayang pada 20 Desember 2019.(Der/Aka)

Debut Pertama di China, The Lion King Raup Rp 203 Miliar

ilustrasi. (Movie Quotes and More)

MALANGVOICE – The Lion King di hari pertama penayangannya di China sukses menarik perhatian penggemarnya. Ya, film live-action Disney ini meraup sekitar USD 14,5 juta atau sekitar Rp 203 miliar pada Jumat, 12 Juli 2019.

Memang, film The Lion King di China ditayangkan sepekan lebih awal daripada di Amerika Utara dan sebagian besar pasar internasional lainnya. Adapun di Indonesia, film The Lion King akan tayang di bioskop pada Kamis, (18/7).

Dikutip dari The Hollywood Reporter, film Disney lainnya, Aladdin menghasilkan USD 19 juta (sekitar Rp 266 miliar) pada debut pertamanya di China. Dan Toy Story 4 berhasil sukses besar di kalangan kritikus dan box office. Baru saja rilis, film ini sudah meraup USD 118 juta atau Rp 1,6 triliun.

Sedangkan film live-action anak gajah berkuping besar, Dumbo, gagal memikat penonton pada pekanperdananya.
Dumbo hanya berhasil meraup USD 45 juta di box office Amerika Utara. Padahal Dumbo menelan bujet hingga USD 170 juta itu pun harus cukup puas dengan USD 71 juta di box office luar negeri, termasuk kontribusi USD 10,7 juta dari China.(Der/Aka)

Pembalap AHRT Binaan AHM Kembali Raih Podium di Jepang

Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT). (Istimewa)

MALANGVOICE – Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) kembali meraih podium pada balapan pertama seri keempat ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 di Suzuka International Circuit, Jepang, Sabtu (29/6).

Pembalap tersebut yakni Irfan Ardiansyah yang turun di kelas AP250 mampu bersaing sengit dengan pebalap lainnya dan menyabet podium kedua.

Irfan mengawali jalannya balapan di posisi ketiga hasil kualifikasi dengan catatan waktu terbaik 2:29.685. Ia bahkan memulai start kurang mulus dan sempat terseok dengan menempati posisi ketujuh pada lap pertama. Perlahan pemuda asal Semarang ini pun mampu memperbaiki posisinya. Dalam perjuangan lap demi lap, Irfan secara konsisten memperpendek jarak dengan pebalap di depannya dan berhasil meraih podium kedua.

“Saya bersyukur atas hasil yang diraih pada race pertama ini. Di awal balapan saya sempat melakukan kesalahan sehingga membuat saya berada di belakang. Namun pelan-pelan saya berhasil memperbaiki posisi. Di race kedua besok saya akan tetap berusaha maksimal dan memperbaiki kesalahan di race pertama tadi. Mohon dukungannya,” ujar Irfan.

Sementara itu pembalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) lainnya, Awhin Sanjaya menunjukkan semangat yang tinggi. Memulai jalannya balapan di posisi kedelapan dengan catatan waktu terbaik 2:30.563 hasil kualifikasi di hari yang sama. Begitu lampu start menyala, Awhin langsung berusaha untuk bersaing dengan grup depan. Beberapa kali Awhin sempat berada di posisi kedua. Namun sayang saat di lap terakhir, ia sempat lengah sehingga finish di posisi keempat, terpaut 0,3 detik dengan pebalap yang finish di posisi tiga.

“Ini bukanlah hasil yang saya harapkan. Pada awal balapan, saya dapat melakukan start dengan baik dan langsung maju ke depan. Beberapa kali saya mencoba menyalip tetapi gagal. Pada lap terakhir di tikungan 17, saya sempat tesenggol pebalap lain yang membuat saya akhirnya menyelesaikan balapan di posisi empat. Untuk race kedua besok saya akan berusaha lebih keras, mohon dukungannya,” ujar Awhin.

Selain itu, Lucky Hendriansya memulai jalannya balapan di posisi ketujuh. Saat balapan dimulai, ia melakukan start dengan mulus hingga dapat bersaing di grup depan. Perjuangan Lucky pun tak kalah dengan kedua rekannya. Persaingan yang sengit dan aksi overtake yang tak terhindarkan antar pebalap membuat Lucky harus puas untuk finish di posisi keenam.

“Start dari posisi tujuh, saya memulai balapan dengan baik. Saya bisa langsung memperbaiki posisi dan bertarung dengan grup depan. Pertarungan sangat ketat dan akhirnya saya harus puas finish posisi 6. Saya yakin pada race kedua besok bisa lebih baik lagi,” ujar Lucky.

Supersports600

Di kelas Supersports 600 (SS600), Rheza Danica Ahrens menunjukkan performa yang semakin baik. Memulai jalannya balapan dari posisi ke-15, Rheza berusaha untuk berada di urutan 10 besar. Perlahan perjuangannya berbuah hasil, sehingga Rheza berhasil finish di posisi delapan. Sementara itu Andi Gilang yang memulai jalannya balapan pada posisi ke-12 dan sempat berada di posisi enam, harus berusaha keras memperbaiki posisinya saat hampir terjatuh di lap ke empat. Gilang pun harus finish di posisi 15.

“Balapan kali ini berjalan cukup sulit, namun saya berhasil maju ke depan dan menyalip beberapa pebalap lain. Akhirnya saya dapat finish posisi ke-8. Walaupun ini bukan hasil yang memuaskan untuk saya, semoga ini dapat menjadi modal saya untuk meraih hasil maksimal pada balapan kedua besok,” ujar Rheza.

“Saya kecewa dengan hasil balapan kali ini. Start posisi 12, saya sempat maju ke depan hingga posisi ke-6. Namun pada lap ke-4 saya hampir terjatuh sehingga harus kehilangan posisi. Saya berusaha memperbaiki waktu, namun saya harus puas finish di posisi 15. Saya akan berusaha lebih baik lagi pada race kedua besok,” ungkap Gilang.

Balapan kedua ARRC Suzuka akan kembali digelar pada Minggu (30/6) pada pukul 12:00 WIB untuk kelas AP250 dan 12:50 WIB untuk kelas SS600.(Hmz/Aka)

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Cup Menstruasi

Ilustrasi Menstruasi Cup (istimewa)

MALANGVOICE – Pembalut memang menjadi alternatif wanita ketika sedang menstruasi. Namun, pembalut dianggap sebagai sampah residu. Lantaran pembalut menggunakan bahan yang sulit diuraikan.

Diketahui, beberapa waktu belakangan ini produk kesehatan feminim yang dapat digunakan berkali-kali semakin populer. Ya, namanya cup menstruasi. Bentuknya pun menyerupai cangkir kecil dan terbuat dari silikon.

Melansir dari laman Healthline, alat ini merupakan penampung darah haid perempuan yang bisa digunakan hingga 12 jam sebelum diganti. Dan alat ini pun hadir dengan berbagai ukuran, menyesuaikan dengan ragam bentuk Miss V.

Nah, sebelum Anda mencoba berikut kenali kelebihan dan kekurangan dari cup menstruasi.

1. Kelebihan Cup Menstruasi

Begitu banyak kelebihan dari menggunakan cup menstruasi ini. Lantaran, metode ini dinilai dapat menghemat banyak uang, tidak perlu membeli pembalut atau tampon setiap kali haid.

Selain itu, cup menstruasi juga lebih ramah lingkungan, karena dapat digunakan kembali dan dapat bertahan lama. Dengan begitu, Anda membantu mengurangi limbah pada lingkungan.

2. Kekurangan Cup Menstruasi

Material dari silikon atau karet juga memiliki risiko alergi. Jadi, Anda perlu memperhatikan bahan sebelum memilih jenis cup menstruasi. Karena, alat ini merupakan produk kesehatan femini yang dapat digunakan berkali-kali. Artinya, Anda harus rutin dlmembersihkan dan menyimpannya dengan cara higenis.

Jika Anda tidak membersihkannya dengan benar alat ini bisa menyebabkan iritasi pada area kewanitaan Anda.(Hmz/Aka)

Segera Digarap, A Quiet Place 2 Ungkap Asal Usul Monster

ilustrasi. (Inverse)

MALANGVOICE – Film sekuel pasangan selebriti Blunt dan John Krasinski, A Quiet Place bakal segera digarap pada musim panas ini.

Setelah mendulang kesuksesan pada cerita pertama, Brian Tyree Henry yang akan bergabung dengan para pemeran lain di film A Quiet Place 2, menjelaskan bagaimana dunia menjadi berantakan karena para monster yang menyerang.

“Nanti kita akan mendapatkan beberapa jawaban tentang asal dan bagaimana semua ini terjadi. Saya pikir orang juga ingin tahu hal itu,” katanya seperti dikutip dari Screenrant.

Ia pun mengungkapkan bahwa cerita di filmnya nanti akan kembali melibatkan keluarga Abbott dari film pertama, dan mereka bukanlah satu-satunya keluarga yang tersisa.

Film horror-thriller tersebut rencananya bakal dirilis pada 2020 mendatang.(Der/Aka)

MPM Berbagi Tips Rawat Motor yang Digunakan Mudik

Illustrasi teknisi bengkel motor servis kendaraan pelanggan (istimewa)

MALANGVOICE – Saat mudik Lebaran tahun ini, tak sedikit masyarakat yang memilih menggunakan sepeda motor. Dan setelah mudik, alangkah baiknya jika melakukan perawatan agar kondisi sepeda motor khususnya Honda tetap prima.

Berikut tips – tips perawatan motor setelah melakukan perjalanan mudik Lebaran oleh PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM).

1. Ganti Oli

Pada umumnya pergantian oli pada sepeda motor dianjurkan setelah 4 ribu km, nah jika mudik di luar daerah atau provinsi otomatis jarak semakin jauh, itu sebabnya oli mesin harus diganti.

2. Filter Udara

Saringan udara saat ini biasanya adalah tipe viscous elemen, di mana filter udara mengandung semacam olie untuk memaksimalkan menyaring debu.

Filter udara tipe viscous tidak perlu di semprot udara maupun dibersihkan secara berkala. Penggantian filter udara diperlukan guna memaksimalkan kinerja motor adalah tiap 16 ribu km atau bisa lebih cepat (SDH menghitam sebelum 16 ribu km) bila kondisi lingkungan atau jalan yang dilalui sangat berdebu.

3. Rantai atau CVT

Rantai juga membutuhkan perhatian khusus, karena komponen ini sebagai penyalur tenaga dari mesin roda. Rantai jika aus segera ganti dengan yang baru berikut gear depan dan belakang (gear set). Rantai sebaiknya dilumasi setiap 500 km atau seminggu sekali (lebih sering dilumasi saat musim hujan) dan untuk
CVT dibersihkan setiap 8 ribu km serta penggantianya setiap 24 ribu km.

4.Cek Kampas Rem

Pengencekan bagian ini merupakan yang paling utama. Ganti Kampas rem jika telah tipis. Untuk disc brake, bila tabung reservoir olie di dekat handel rem dan sudah di posisi low maka waktunya ganti pad set atau kampas cakram. Untuk kampas rem belakang atau rem tromol dapat melihat indikator di bagian tromol rem.

5. Cek Kondisi Busi

Periksa kondisi busi dari keausan pada elektroda busi, meskipun penggantian busi menurut anjuran setiap 8 ribu km (pada CBR 150R setiap 24 ribu km), alangkah lebih baik sebelum dan sesudah perjalanan mudik untuk memeriksa kondisi busi motor agar tenaga mesin selalu terjaga dengan baik.

6. Pengecekan Ban

Tak kalah penting dari bagian – bagian motor adalah keausan ban. Ada tanda dengan nama tire wear index, berupa segitiga kecil di dinding samping ban, bila ditarik ke tengah maka pada bagian alur tengah ban ada yang sedikit lebih tinggi dari alur yang lain. Apabila bagian yang sedikit atau sekitar 1mm, lebih tinggi di bagian alur tengah dari tanda segitiga SDH rata dengan permukaan ban, maka saat itu ban luar SDH harus diganti.

“Kami menyediakan pit express bagi konsumen yang tidak mempunyai waktu dan ingin melakukan perawatan motor kesayangannya. Dengan Pit Express maka konsumen yang hanya ganti part fast moving seperti kampas rem, filter ataupun olie mesin dapat menghemat waktu karena ada disediakan jalur khusus untuk layanan ganti part tersebut. Konsumen dapat menghubungi AHASS terdekat,” kata TSD Division Head MPM, Satyo Prahnowo.(Hmz/Aka)

Awas! Jenis Hewan ini Bisa Muncul dari Toilet Anda

Ilustrasi ular di toilet (istimewa)

MALANGVOICE – Jika Anda berpikir ular di toilet merupakan satu-satunya hewan menakutkan di kamar mandi, maka Anda salah. Pasalnya, penelitian telah menemukan bahwa ada lebih banyak hewan yang bersembunyi di toilet Anda.

Meski ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya bagaimana semua makhluk ini bisa berada di kamar mandi Anda. Tetapi kenyataannya beberapa hewan ini sebagian besar mencari jalan keluar. Lantaran mereka terjebak di selokan dan mereka secara naluriah mengikuti pipa ledeng untuk mencari kebebasan.

Jadi, lain kali jika Anda hendak menggunakan kamar kecil sebaiknya perhatikan dulu sebelum Anda duduki.

Kecoak

Kecoak sering masuk melalui dinding atau retak bukannya pipa flush. Jika Anda memiliki kecoak di rumah, maka menemukannya di bawah pot bukanlah sesuatu yang baru.

Lipan (Chilopoda)

Lipan tidak muncul melalui pipa seperti kecoak. Sebaliknya, mereka masuk melalui celah-celah di dinding dan lantai di mana pipa-pipa memasuki kamar mandi Anda. Sebagian besar waktu mereka berakhir di toilet Anda saat mereka mencari tempat yang lembab.

Laba-laba

Banyak laba-laba dapat melakukan perjalanan di bawah air. Laba-laba berbahaya diyakini sebagai bahaya toilet di beberapa negara. Penelitian telah menemukan bahwa laba-laba dapat tetap hidup di dalam air hingga 30 jam.

Ular

Ular dikenal karena menciptakan habitat mereka di pipa-pipa rumah perumahan. Reptil ini suka bepergian melalui pipa ke toilet penghuni tempat mereka akhirnya menakuti orang-orang. (Hmz/Ulm)

4 Menu Makanan yang Wajib Ada di Meja Makan saat Lebaran

Ilustrasi menu wajib saat Hari Raya Idul Fitri
Ilustrasi menu wajib saat Hari Raya Idul Fitri (istimewa).

MALANGVOICE – Tak terasa sebentar lagi umat muslim bakal merayakan hari kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan lamanya.

Nah, Hari Raya Idul Fitri juga tak kalah menariknya lho dengan ramadan. Pasalnya saat lebaran pasti banyak tersaji kuliner yang wajib ada di meja makan saat perayaan Idul Fitri.

Berikut MVoice sajikan beberapa masakan yang wajib ada saat perayaan hari kemenangan.

1. Opor Ayam

Opor ayam selalu menjadi masakan andalan Indonesia yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri. Pasalnya, opor ayam seolah menjadi menu yang tak boleh terlewatkan saat Hari Raya. Dan terkesan kurang afdol jika lebaran tanpa opor ayam.

2. Ketupat

Ketupat memang tak pernah terlewatkan saat perayaan Hari Raya dan hampir semua rumah akan menyediakannya. Baik itu di Hari Raya pertama maupun Hari Raya Ketupat setelah puasa syawal selama enam hari.

Ketupat ini akan disajikan bersama berbagai masakan lezat lainnya seperti opor ayam.

3. Rendang

Bagi beberapa orang, memang menjadikan rendang sebagai menu wajib saat Hari Raya. Karena rendang dinilai sebagai masakan mewah yang tak hanya memberikan kenikmatan tersendiri, namun juga bisa memberikan kehangatan saat disantap bersama keluarga tercinta di hari kemenangan Idul Fitri.

4. Semur Daging

Tak hanya rendang saja, masakan selanjutnya yang wajib ada di meja makan Anda saat lebaran yakni semur daging. Itu menjadi menu yang sangat menggugah selera apalagi ketika menu ini disantap bersama keluarga besar tercinta.(Hmz/Aka)

Mengenal Kanker Darah, Apa Saja?

ilustrasi. (www.ufmcpueblo.com)
ilustrasi. (www.ufmcpueblo.com)

MALANGVOICE – Indonesia baru saja berduka. Ya, Ibu Negara yakni istri dari Presiden RI ke-6, Ani Yudhoyono meninggal dunia yang disebabkan oleh kanker darah.

Kanker hematologi atau yang dikenal sebagai kanker darah adalah kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang di mana darah diproduksi.

Kanker berawal ketika sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh tidak terkendali. Kanker darah adalah jenis kanker yang menyerang produksi dan fungsi sel darah normal dalam tubuh.

Dilansir dari laman Healtyline, jenis kanker darah yang paling umum adalah leukimia, limfoma, dan myeloma.

Namun ternyata, jenis kanker ini menyerang bagian darah, memunculkan gejala serta membutuhkan pengobatan yang berbeda.

1. Leukimia

Leukimia merupakan kanker darah yang menyerang sumsum tulang. Sehingga tidak lagi mampu untuk memproduksi cukup sel darah putih leukosit untuk melawan infeksi.

Bahkan, sel kanker leukimia juga merusak dan menghancurkan leukosit yang sudah ada dalam tubuh. Penderitanya akan lebih rentan kena infeksi dan peradangan yang sangat sulit sembuhnya.

Kemudian, jenis kanker ini dibedakan menjadi dua sesuai dengan perkembangannya yang cepat serta jenis sel darah putih yang diserang. Perbedaannya yakni akut dan kronis. Leukemia kronis jauh lebih berbahaya dan sulit diobati.

Perlu diwaspadai, kanker darah satu ini sulit dideteksi karena tidak memiliki ciri khas. Namun, pada umumnya dapat diwaspadai dengan tanda-tanda ini:

  • Anemia
  • Sering perdarahan seperti memar, mimisan, atau gusi berdarah karena darah sulit membeku
  • Mudah jatuh sakit karena infeksi
  • Nyeri sendi atau di area tulang belakang
  • Nafsu makan dan berat badan menurun drastis
  • Berkeringat berlebih di malam hari

2. Myeloma

Myeloma adalah jenis kanker yang terbentuk oleh sel plasma ganas. Sel plasma menghasilkan antibodi (immunoglobulin) yang membantu tubuh menyerang dan membunuh kuman. Sel plasma normal ditemukan di dalam sumsum tulang dan merupakan bagian sistem imun yang penting.

Beberapa gejala kanker darah myeloma di antaranya:

  • Anemia
  • Sering mengalami perdarahan dan memar
  • Gangguan tulang dan kalsium
  • Rentan mengalami infeksi
  • Gangguan atau kerusakan ginjal
  • Kaki bengkak

3. Limfoma

Kanker darah limfoma berkembang pada limfosit, tipe sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi. Kanker jenis ini juga memengaruhi kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian lain dari tubuh. Limfosit yang tidak normal dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda.

Kanker darah limfoma dibagi lagi menjadi dua, yakni limfoma non-Hodgkins dan limfoma Hodgkins. Berikut gejala kanker Limfoma:

  • Adanya tonjolan di bawah kulit, selangkangan, leher, atau ketiak
  • Demam disertai menggigil
  • Batuk terus menerus
  • Sesak napas dan nyeri dada
  • Gatal-gatal di seluruh tubuh
  • Keringat berlebih di malam hari
  • Sakit perut, punggung, atau nyeri tulang
  • Selalu merasa lemah, lesu, dan tidak bersemangat
  • Berat badan turun drastis tanpa alasan jelas hingga nafsu makan menurun
  • Muncul darah dalam tinja atau muntah
  • Haid dengan volume darah yang berlebihan

Bahkan penyakit ini terbilang sangat berbahaya dan jarang terjadi. Risiko manusia yang mengidap penyakit ini dapat meningkat pada pria berusia 60 tahun atau lebih yang kelebihan berat badan atau punya daya tahan tubuh lemah karena penyakit seperti rematik, lupus, HIV/AIDS, atau hepatitis C.

Risiko seseorang juga dapat meningkat jika ada riwayat kanker yang sama dalam silsilah keluarganya.

Setiap pengobatan untuk kanker darah tergantung pada jenis kanker, penyebaran kanker, usia dan kesehatan pasien secara keseluruhan, serta resepon pasien terhadap pengobatan.

Apabila Anda terdeteksi kanker darah, Anda dapat mengobatinya di rumah dengan cara Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kanker darah adalah:

  • Olahraga teratur
  • Gaya hidup sehat
  • Hindari herbisida, pestisida, dan insektisida
  • Hindari paparan radiasi
  • Makan makanan sehat dan minum banyak air
  • Minum obat sesuai anjuran dokter

(Hmz/Aka)

Komunitas