Dianggap Tanaman Penganggu, Padahal Daun Balakacida Banyak Manfaatnya

Daun balakacida sering dianggap gulma. (Herbpathy)

MALANGVOICE – Tanaman yang memiliki nama ilmiah Chromolaena Odorata ini memang tak seterkenal daun-daun lainnya. Chromolaena Odorata atau sering disebut dengan balakacida ini adalah salah satu jenis tanaman gulma atau pengganggu yang berasal dari family asteraceae.

Karena pertumbuhannya yang sangat cepat, tanaman balakacida ini dapat merusak tanaman budidaya, sehingga dapat merugikan para petani. Maka tak heran, daun balakacida sering dibuang begitu saja.

Meskipun begitu, ternyata tanaman balakacida memiliki manfaat yang luar biasa di dunia pertanian. Menurut informasi yang dirangkum MVoice dari laman Herbpathy, Rabu (18/4) ada 5 manfaat utama daun ini untuk kesehatan. Apa saja?

BNN Kota Malang

1. Obat Kista

Kista adalah salah satu jenis penyakit berupa benjolan yang umumnya menyerang bagia organ reproduksi. Salah satu obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi atau mengobati kista adalah dengan menggunakan daun balakacida.

2 Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan bagi wanita berbeda dengan manfaat terigu untuk luka bakar, untuk mencegahnya anda bisa meminum teh balakacida.

3. Menjaga kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan alat reproduksi merupakan satu hal penting yang harus diperhatikan, untuk menjaga kesehatannya anda bisa meminum air rebusan dau balakacida.

4. Mencegah Diabetes

Tidak hanya dapat menjaga kesehatan alat reproduksi wanita saja, daun balakacida pun dapat mengontrol kadar gula yang masuk pada tubuh sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

4 Obat Vertigo

Vertigo merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disepelekan, penyakit ini tidak hanya dapat berujung di rumah sakit saja tetapi juga kematian. Anda dapat mengobatinya dengan meminum air rebusan daun balakacida saat vertigo anda kambuh.

5. Obat Maag

Tidak hanya mampu mencegah kambuhnya penyakit maag berbeda dengan manfaat kunyit putih, dipercaya daun balakacida dapat mengobati maag jika dikonsumsi secara berkala. (Der/Ery)