04 December 2022
04 December 2022
22.6 C
Malang
ad space

DP3A Kabupaten Malang: Hampir 50 Persen Korban Tragedi Kanjuruhan Anak-anak

Kepala DP3A Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo. (MVoice/Toski D)

MALANGVOICE – Tercatat 600 korban tragedi Kanjuruan yang menewaskan 135 orang ditangani Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang.

“Dari 600 korban tersebut, 265 merupakan anak-anak,” ucap Kepala DP3A Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (30/11).

Menurut Arbani, para korban tersebut telah mendapatkan pendampingan psikologis secara intensif.

Baca juga:
Ubah Program Latihan, Arema Pastikan Siap Kapanpun Liga 1 Dilanjutkan

Tampilan Honda Scoopy dari Masa ke Masa

Maxone Gila Bola! Berikan Giveaway Setiap Minggu Selama Pertandingan Piala Dunia 2022

“Mereka telah ditangani secara maksimal dengan melakukan kunjungan dan pendampingan psikologis secara komunal,” jelasnya.

“Selain itu, para psikolog juga menggali keterangan yang dialami korban. Korban dapat menceritakan keluh kesah mereka,” tambahnya.

Arbani menjelaskan, dari kegiatan pendampingan secara komunal tersebut kemudian dipetakan tingkat keparahan gangguan psikologis korban. Jika korban mengalami gangguan psikologis berat, tim psikolog DP3A akan mengunjungi rumah korban dengan melanjutkan pendampingan secara intensif.

“Diagnosa sementara masih pada trauma ringan dan sedang. Meski demikian (DP3A) juga mengalami kendala di lapangan, karena tidak semua korban dapat menceritakan keluhan,” tegasnya.

“Tidak semua korban menceritakan yang mereka alami. Bisa jadi dipendam sendiri. Padahal seharusnya jangan menjadi pikiran sendiri. Efeknya jika tidak mencurahkan isi hati maka akan menjadi traumatis seumur hidup,” imbuhnya.(end)

Ubah Program Latihan, Arema Pastikan Siap Kapanpun Liga 1 Dilanjutkan

Pelatih Arema FC, Javier Roca. (Dok. Liga1)

MALANGVOICE – Arema FC fokus kelanjutan kompetisi Liga 1 2022 dengan menggelar latihan normal secara rutin.

Pelatih Arema FC, Javier Roca mengatakan, program latihan sudah disesuaikan dengan kebutuhan tim, yakni membangun team work.

“Program-program yang sifatnya individu sudah mulai kita kurangi. Kita saat ini fokus pada latihan secara tim dan permainan di lapangan,” ungkap pelatih asal Chile ini pada Selasa (29/11).

Baca Juga: Tampilan Honda Scoopy dari Masa ke Masa

Maxone Gila Bola! Berikan Giveaway Setiap Minggu Selama Pertandingan Piala Dunia 2022

Fokus latihan ini dipilih karena mempersiapkan kelanjutan Liga 1 2022. Sebelumnya Singo Edan sudah fokus pemulihan mental pemain Pasca-tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022.

Upaya pemulihan itu merupakan bentuk gerak cepat manajemen Arema FC untuk mengembalikan kondisi psikis pemain yang terguncang setelah tragedi.

“Latihan individu yang terakhir kita berikan adalah sesi latihan fisik, kita juga ada gym untuk pemain. Tapi saat ini kita sudah latihan normal, fokus pada permainan,” tambah pelatih berusia 45 tahun ini.

Pelatih asal Chile mengungkapkan, pemainnya saat ini memang dipersiapkan untuk menghadapi lanjutan kompetisi.

Mengenai kapan liga dilanjutkan, Roca memastikan tim sudah siap. “Secara umum kami siap,” ungkap pelatih berlisensi Pro UEFA ini.

Sebelum melangkah kembali di kompetisi, Roca mengakui bahwa timnya membutuhkan beberapa sesi latihan bersama dengan tim lain. “Suasana permainan mungkin bisa didapatkan di pertandingan uji coba,” jelasnya.(der)

Puluhan Santri di Malang Raya Ramaikan LBKK VI 2022

Ketua Bidang Pembinaan Daerah 5 PKS Jawa Timur, Syaiful Rosyid, saat memberikan sambutan. (MVoice/Ist).

MALANGVOICE – Puluhan santri di wilayah Malang Raya ikuti Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Malang Raya VI tahun 2022.

Kegiatan ini digelar di Kantor Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD) PKS Kabupaten Malang, Jalan Kapi Minda Raya, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, pada Ahad (27/11).

“Kegiatan itu rutin digelar setiap tahun untuk menjaga tradisi keilmuan Islam. Sebanyak 68 santri yang telah mendaftar,” ucap Ketua Bidang Pembinaan Daerah 5 PKS Jawa Timur, Syaiful Rosyid, Senin (28/11).

Baca juga:
Jalur Penghubung Batu-Malang Ambles, Perbaikan Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

Linmas di Kota Malang Diminta Aktif Laporkan Peredaran Rokok Ilegal

Stadion Kanjuruhan Dibagi Sistem Zona, Wajib Single Seat

Menurut Rosyid, LBKK VI 2022 kali ini membedah kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malibary yang umum menjadi rujukan di pesantren-pesantren di Indonesia.

“Dengan LBKK ini diharapkan bisa memunculkan perwakilan santri-santri Malang Raya yang terpilih menjadi juara nasional,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima MVoice, Senin (28/11).

“Kalau tahun 2021 lalu, LBKK V, santri asal Madura bernama Sholihan menjadi juara pertama tingkat nasional. Semoga tradisi juara dari Jawa Timur bisa berlanjut, dan kali ini berasal dari Malang Raya,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Rosyid, santri merupakan salah satu garda terdepan dalam merebut kemerdekaan. Karena itu diperlukan ruang lebih luas untuk para santri.

“Kita juga mengingatkan mereka untuk memanfaatkan lima perkara sebelum datang lima perkara, yakni waktu mudamu sebelum datang masa tuamu, kemudian waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu. Ketiga, masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, selanjutnya nasa luangmu sebelum datang masa sibukmu. Terakhir, hidupmu sebelum datang matimu,” terangnya.

Sementara itu, ketua pelaksana yang juga anggota DPRD Kota Malang, Rokhmad mengatakan, kegiatan ini bisa terus menjaga dan merawat tradisi keilmuan dan sanad ilmu agama dari ulama terdahulu.

“Saya berharap santri-santri dari Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu yang lolos tingkat Jawa Timur, kelak terpilih menjadi juara pertama di tingkat nasional atau pusat,” harapnya.

“Selanjutnya peserta yang lolos menjadi juara 1,2 dan 3 akan ikut LBKK tingkat Jawa Timur, pada tanggal 6 Desember 2022 mendatang,” imbuhnya.(end)

Stadion Kanjuruhan Dibagi Sistem Zona, Wajib Single Seat

Kondisi Stadion Kanjuruhan dari Luar. (Mvoice/Toski D).

MALANGVOICE – Kementerian PUPR mengaudit Stadion Kanjuruhan dan 22 stadion di Indonesia Pasca-tragedi Kanjuruhan.

Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Essy Asiah, mengatakan, audit dilakukan sesuai dengan arahan Presiden RI. PUPR berkordinasi dengan Sport Ground Safety Authority (SGSA).

Selain Kanjuruhan, ungkap Essy, evaluasi dilakukan di stadion yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 Tahun 2023, baik digunakan sebagai arena pertandingan maupun tempat latihan.

“Kedua, stadion yang memiliki resiko tinggi yakni memiliki jumlah suporter atau penonton terbanyak selama pertandingan Liga 1 dan Liga 2 berlangsung, serta ketiga memiliki kapasitas besar,” ujarnya.

Baca Juga: Pertama Kali Binus Gelar Wisuda di Malang

Karang Taruna Diwajibkan Menjaga Moral dan Bentuk Wirausahawan Berjiwa Sosial

Dalam beberapa hasil evaluasi, lanjut Essy Asiah, hal utama yang perlu diperhatikan adalah pada kawasan stadion dipastikan memiliki pembagian zonasi yang jelas antara perimeter luar dan perimeter dalam yang difungsikan untuk menyaring penonton yang akan masuk ke dalam kawasan stadion.

“Tribun penonton dipastikan memiliki zonasi kategori penonton VVIP, VIP dan Reguler dan jenis kursi yang digunakan harus berupa single seat untuk meningkatkan kenyamanan penonton,” ujarnya.

Essy memaparkan pula bahwa dalam pengaturan perimeter di setiap stadion akan diatur sistem Zona 1 yakni kawasan area di dalam stadion, Zona 2 kawasan area penyangga atau buffer zone dimana area penonton bertiket akan masuk di stadion, serta Zona 3 kawasan paling luar area penonton bagi mereka yang telah bertiket dan tidak bertiket serta masyarakat umum.

Dalam evaluasi, juga disinggung tentang pelaksanaan operasional dan pemeliharaan stadion, dimana harus dikelola dengan SDM yang kompeten. Pengelola, imbuh Essy perlu diperkuat dengan Pertama, manajer keamanan dan keselamatan atau safety manager yang bertugas mengatur SOP keselamatan dan keamanan. Kedua, manajer pemeliharaan dan pengelolaan stadion yang bertugas mengatur SOP pemeliharaan dan pengelolaan stadion. Ketiga, peralatan dan perlengkapan perawatan rumput lapangan sesuai dengan standar PSSI dan FIFA.

“Pada saat pelaksanaan pertandingan, terutama yang berskala besar dan memiliki resiko tinggi, tim pengelola perlu bekerja sama dengan panitia penyelenggara dan pihak terkait lainnya untuk mengoperasikan perangkat stadion. Setiap pengelola perlu menyampaikan dengan jelas dan detil terkait perangkat yang tersedia di bangunan stadion dan cara pengoperasiannya kepada pihak penyelenggara dan pihak terkait lainnya,” paparnya.

Sementara Komisaris Arema FC, Tatang Dwi Arifianto, mengapresiasi sosialisasi tersebut dikarenakan banyak materi yang dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi sekaligus masuk dalam kerangka program pemulihan Arema FC.

“Tentu yang disampaikan pemerintah untuk kebaikan kedepan. Dan Arema FC siap untuk bersinergi dengan pemerintah daerah yang memiliki insfrastruktur stadion. Sosialisasi tentunya juga perlu untuk pelaksana pertandingan, juga untuk para suporter dan masyarakat umum, agar kedepan menikmati sepakbola sebagai hiburan yang aman dan nyaman,” tandasnya.(der)

Khofifah: AMN Akan Dibangun di Malang

Tampak Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN). (MVoice/Ist).

MALANGVOICE – Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) akan dibangun di Malang.

Asrama ini merupakan wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan, dan agama.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, setelah diresmikan pada 29 November 2022 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), gedung AMN yang merupakan salah satu upaya dari Badan Intelijen Negara (BIN) akan dibangun di Malang.

“Setelah Surabaya, kami juga sudah menyiapkan lahan di Kota Malang. Ada opsi juga dari Pemkot di Malang lahan dari pemprov, luasnya 1,5 hektare yang sama di Malang,” ucapnya, dalam keterangan tertulisnya, Ahad (27/11).

Baca juga:
Giliran di Malang “Selalu Ada Cerita” Diserbu Anak-Anak
Entrepreneurs Festival 2022, Siapkan Generasi Muda Hadapi Tantangan Masa Depan

Ratusan Prajurit Remaja Korps Marinir TNI AL Ikuti Pembaretan

Selain Malang, berdasarkan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan membangun AMN di beberapa daerah yakni Manado, Makassar, Jakarta, dan Yogyakarta.

“AMN itu akan menampung mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta bersifat multi perguruan tinggi, diproyeksikan sebagai candradimuka calon oemimoin bangsa yang berkarakter kebhinekaan dan berwawasan kenusantaraan,” jelasnya.

Khofifah menjelaskan, selain sebagai katalisator, AMN juga digunakan oleh BIN untuk melakukan pembinaan pada beberapa kegiatan mahasiswa, agar dapat meningkatkan kompetensi dan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan, kewarganegaraan, karakter pelajar Pancasila, bela negara, kewirausahaan, kepemimpinan, dan kepeloporan.

“Untuk katalisator pembangunan AMN di Surabaya, Presiden Jokowi telah menunjuk BIN,” tegasnya.

Sementara itu, Konsultan pembangunan AMN yang berasal dari Universitas Indonesia (UI), Gumilar menegaskan, gedung tersebut memiliki kapasitas bisa menampung sekitar 500 mahasiswa.

“AMN itu bisa menampung 500 an mahasiswa, di dalamnya tidak hanya kamar saja, tapi juga ada perpustakaan dan ruang pembinaan,” katanya

“Juga ada ruang pembinaan entrepreneurship, di situ mereka akan dibina nilai kebangsaan, diajak berintegrasi satu sama lain untuk membangun tradisi multikultur, dan nilai-nilai multi kultur serta menanamkan komitmen pada NKRI,” tukasnya.(der)

Ratusan Prajurit Remaja Korps Marinir TNI AL Ikuti Pembaretan

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, saat menyematkan baret secara simbolis. (MVoice/Ist).

MALANGVOICE – Sejumlah 499 prajurit bintara dan tamtama Korps Marinir menempuh prosesi pembaretan, Jumat (24/11). Pembaretan di Pantai Baruna, Kecamatan Donomulyo, ini untuk prajurit Angkatan XLI gelombang II Jumat (24/11) kemarin.

Pembaretan ini merupakan bagian dari implementasi pewarisan nilai-nilai luhur yang diturunkan dari generasi ke generasi sehingga memiliki nilai historis perjalanan karir dan kehidupan bagi seorang prajurit Korps Marinir.

Prosesi pembaretan dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.

Baca juga:
Rayakan Milad ke-29 Yayasan Kharisma Hidayatul Mubtadi-in Gelar Family Gathering

Ngebut, Mahasiswa Nyemplung ke Jurang Jembatan Suhat

Pengungsi Cianjur Mengeluh Sembelit, Tagana Kota Batu Berangkat Membawa Sayur-mayur

Ratusan prajurit Remaja Korps Marinir tersebut, sebelumnya telah lulus dari Komando Pendidikan (Dikko) Korps Marinir Kodiklatal, yang dilanjutkan dengan menyelesaikan kursus di Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) selama satu bulan di Puslatpurmar-4 Purboyo untuk Tamtama Remaja dan Puslatpurmar 3 Grati untuk Bintara Remaja.

Dalam amanatnya Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto dalam keterangan tertulis yang diterima MVoice menyampaikan, upacara pembaretan tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan tradisi Korps Marinir.

Menurutnya, pemakaian baret ungu Korps Marinir tidak hanya sebagai simbol identitas prajurit namun mengamanahkan tuntutan untuk selalu menjaga kehormatan dan kebanggaan Korps dalam rangka pengabdian kepada negara dan bangsa.

“Pembaretan ini merupakan tradisi prajurit Korps Marinir. Tujuannya agar selalu berkonsekuensi dan berkewajiban, serta bertanggung jawab mutlak untuk berperilaku dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai luhur dan kehormatan Korps Marinir. Sebagai pasukan pendarat dibutuhkan prajurit yang tangguh dan terlatih,” ucapnya.

“Mulai saat ini kalian tumbuhkan dan dipupuk kesadaran bahwa kalian semua adalah prajurit-prajurit profesional yang memiliki karakter dengan menjunjung nilai-nilai luhur kebenaran dan kejujuran serta rela untuk berkorban demi kepentingan bangsa dan negara,” imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam acara pembaretan prajurit Bintara dan Tamtama Remaja Korps Marinir Angkatan XLI gelombang II tersebut, juga dihadiri oleh para Mantan Dankormar, para mantan pejabat Kormar, Danpasmar 2, Danpasmar 3, Dankodikmar, para Asisten Danpasmar 2, para Dankolak Pasmar 2 serta para Dansatlak Kolak Pasmar 2.(end)

Renshi Optimistis Jepang Terus Bikin Kejutan di Piala Dunia 2022

Japan team. (FIFA Official)

MALANGVOICE – Kemenangan Jepang atas Jerman di fase grup Piala Dunia 2022 menghebohkan pecinta sepak bola.

Tim berjuluk Samurai Biru ini secara mengejutkan mampu menaklukkan Der Panzer dengan skor 1-2 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Rabu (23/11).

Renshi mengatakan, kemenangan Jepang menjadi kejutan besar dari perwakilan tim Asia.

“Tentu saja saya gembira dengan kemenangan Jepang atas Jerman. Ini menjadi kejutan,” ungkap pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pada Kamis (24/11).

Baca Juga: MPM Honda Jatim Gencarkan Cari_Aman di Jalur Rawan Blackspot

Polresta Malang Kota Musnahkan BB Narkoba Hasil Operasi Mulai Agustus hingga November

Di sisi lain, bisa jadi saat ini kemenangan Jepang atas Jerman tersebut bisa menjadi motivasi tersendiri baginya untuk bangkit usai Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 lalu.

“Sebagai pemain asal Jepang, ini juga sangat memotivasi saya untuk lebih baik,” urainya.

Pemain Arema FC saat ini memang dalam fase pemulihan pasca Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 lalu, pemain membutuhkan motivasi lebih untuk kembali ke lapangan.

Sementara itu melihat kekuatan Jepang di Piala Dunia, Renshi cukup optimis Jepang mampu bicara banyak di laga-laga selanjutnya. “Saya optimistis akan hal itu,” tambahnya.

Setelah menghadapi Jerman, Jepang akan bertemu dengan Kosta Rika pada (27/11/2022) dan menghadapi Spanyol pada (2/12/2022).(der)

MPM Honda Jatim Gencarkan Cari_Aman di Jalur Rawan Blackspot

Pemasangan imbauan rawan kecelakaan atau blackspot. (istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT terus sosialisasikan keselamatan berkendara. Apalagi saat melintasi kawasan blackspot atau daerah rawan kecelakaan.

Diketahui setiap wilayah memiliki blackspot, termasuk di Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Batu.

Seperti kegiatan sosialisasi yang dilakukan bersinergi dengan Unit kamsel dan Unit Laka di masing – masing area melakukan pemasangan plang imbauan keselamatan. Seperti Jalan S Supriadi Kota Malang, Jalan Raya Pakisaji km 97 Kabupaten Malang, wisata Cangar Kota Wisata Batu, Jiwut Kota Blitar dan Jalan Raya Nglegok Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Polresta Malang Kota Musnahkan BB Narkoba Hasil Operasi Mulai Agustus hingga November

Beri Catatan Merah, MCW Ingatkan Mendagri dalam Penunjukkan Pj Wali Kota Batu

Sosialisasi kali ini bertujuan untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara dengan memasang imbauan keselamatan memasuki daerah rawan kecelakaan yang dipasang di lokasi yang mudah terlihat pengendara khusunya pengendara motor.

Pemasangan plang imbauan itu sendiri bertujuan untuk mengingatkan para pengendara agar tetap mengutamakan keselamatan, menjaga etika berkendara, dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Karena rawan kecelakaan, bekerja sama dengan kepolisian setempat dengan memasang sejumlah himbauan peringatan di lokasi. Tujuannya, agar masyarakat bisa lebih berhati-hati dan tetepa waspada saat melewati jalur tersebut. Melalui kegiatan ini kami sosialisasikan kembali keselamatan berkendara sesuai dengan slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_Aman,“ kata Mizidianto selaku Instruktus Safety Riding MPM Honda Jatim.

Sementara itu Kasatlantas Batu AKP Lya Ambarwati SIK berharap dengan adanya rambu rambu peringatan ini, masyarakat pengguna jalan semakin sadar area yang akan dilalui memiliki tingkat bahaya yang lebih sehingga dapat berkendara dengan hati hati.

Agar terhindar dari kecelakaan di jalan, berkendara yang aman wajib dilakukan setiap pengendara motor. Jangan sampai karena kehilangan fokus saat berkendara, bisa mencelakakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Seperti slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_Aman.(der)

Adu Tangkas di Ekshibisi Menembak Porwanas 2022 Jatim

Pelaksanaan lomba ekshibisi menembak. (MVoice/Toski D).

MALANGVOICE – Memeriahkan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII tahun 2022, Persatuan Wartawatan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar ekshibisi menembak.

Kegiatan ekshibisi menembak tersebut digelar di Lapangan Tembak MIT Brigif Para Raider 18/TRISULA, Jabung, Kabupaten Malang, Kamis (24/11).

“Ekshibisi ini merupakan kegiatan untuk memeriahkan Porwanas yang diinisiasi oleh PWI Malang Raya,” ucap Ketua PWI pusat, Atal Sembiring Depari.

Baca juga:
Mantan Manager Kompetisi AFC Beri Saran Arema Kelola Stadion Sendiri

Kepala PN Malang Kenalkan Aplikasi e-Berpadu
Selain Memilih Ketua Baru, Agenda Musorkot Bahas Persiapan Porprov 2023

Atal menjelaskan, lomba eksebisi menembak ini melibatkan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Malang Raya, dan para peserta Porwanas.

“Ini merupakan kegiatan yang luar biasa yang dilakukan oleh PWI Malang Raya, semoga dengan menembak ini bisa semakin mengakrabkan kita semua, para peserta bisa melawan saya,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Atal, dalam kegiatan menembak ini merupakan kegiatan menyenangkan. “Ini menyenangkan, tadi banyak anggota yang bilang ingin jadi anggota PWI, apalagi yang juara dari PWI,” pungkasnya.

Ketua PWI pusat, Atal Sembiring Depari saat memberikan sambutan. (MVoice/Toski D).

Sementara itu, Kepala Staf Divisi (Kasdiv) Brigadir Jenderal TNI Primadi Saiful Sulun, S.Sos., M.Si, menyampaikan, dalam kegiatan menembak ini menggunakan senjata laras panjang.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa terjalin kebersamaan, semoga dapat terjaga selamanya,” tandasnya.(der)

30 Guru Diajari Tingkatkan Keterampilan Daya Saing Digital

Pelatihan para guru di Malang Raya. (Istimewa)

MALANGVOICE – Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November 2022 mendatang, BEON Intermedia ingin memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga pendidikan.

Para guru diajak berkegiatan dengan tajuk ‘Side-Hustling for Teachers’, yang dilaksanakan di Thursina IIBS.

Dalam kegiatan ini, akan menghadirkan influencer guru, Amiroh, S.Kom., M.Kom selaku Ketua PGRI SLCC Kabupaten Jombang dan tokoh guru, yang memiliki 3.9K subscriber di YouTube.

Baca Juga: Ekonomi Kreatif Meningkat di Kota Malang

Temu Alumni, Ketua Pertama IKA Fakultas Vokasi UB Terpilih

Mengaku Bisa Gandakan Uang, Pria 61 Tahun Dihukum 2 Tahun Penjara

Pelatihan para guru. (istimewa)

“Program ini diselenggarakan sebagai upaya BEON Grup untuk mengakselerasi digitalisasi di Indonesia dengan meningkatkan keterampilan daya saing digital para talenta pendidik. Diharapkan dengan meningkatnya keterampilan dari talenta pendidik, mampu meningkatkan daya saing digital Indonesia,” kata Andina Paramitha, Corporate Communication BEON Intermedia.

Dalam kegiatan tersebut, akan ada 30 guru yang berasal dari Malang Raya untuk adaptif dengan perkembangan zaman.

“Tenaga pendidik dapat lebih meningkatkan skills mereka di dunia digital khususnya pemanfaatan media sebagai sarana pembelajaran. Besar harapannya setelah event berakhir mereka dapat mengadaptasi semangat mentor dalam menghasilkan karya,” papar dia.

Selain itu, para guru yang hadir menjadi peserta juga akan praktik langsung untuk membuat dan editing video.

“Sebab saat ini, editing video ini adalah skill dasar yang mendukung kreativitas dalam membuat konten di media sosial,” papar dia.

Perempuan yang akrab disapa Andien ini berharap, para guru bisa lebih bersemangat untuk menghasilkan karya.

“Tenaga pendidik dapat lebih meningkatkan skills mereka di dunia digital khususnya pemanfaatan media sebagai sarana pembelajaran. Besar harapannya setelah event berakhir tenaga pendidik dapat mengadaptasi semangat mentor dalam menghasilkan karya,” tandas dia.

Sebagai informasi, dalam waktu dekat, BEON Intermedia akan membagikan 3.000 domain gratis untuk sekolah-sekolah di Malang Raya.(der)