Tiga Laga Dua Sanksi, Manajemen Arema FC Ingin Berbenah Kumpulkan Aremania

Suporter Aremania. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Tim Arema FC kembali harus menerima sanksi dari Komdis PSSI akibat ulah suporter. Dari tiga laga di kompetisi Liga 1, dua pertandingan berbuah sanksi dengan total Rp 125 juta.

Media Officer Arema FC, Sudarmaji, mengatakan, sanksi berupa denda ini dirasa sangat merugikan tim. “Bagi klub yang sangat mandiri ini sangat berpengaruh terhadap keuangan,” katanya melalui keterangan tertulis.

Langkah demi langkah bukannya tak dilakukan manajemen agar sanksi tak kembali turun di pertandingan selanjutnya. Apalagi kompetisi masih belum separuh jalan. Manajemen ingin adanya perubahan sikap dan kerja sama apik dari berbagai pihak.

“Kita butuh kerja sama yang baik antara semua pihak termasuk penonton dan Aremania. Kita tidak boleh putus asa untuk bersosialisasi. Bahwa flare dan sejenisnya tidak hanya dilarang di laga resmi senior tapi juga semua kompetisi kelompok umur di Elite Pro Academy,” Sudarmaji menjelaskan.

Dalam waktu dekat, manajemen akan mengajak perwakilan Aremania untuk membahas hal tersebut agar lebih disadari dan dijaga selama pertandingan Arema FC di manapun.

“Jadikan sanksi ini menjadi momentum bersama dalam berbenah. Tidak ada yang patut disalahkan. Yang patut disalahkan jika kita tidak bergerak bertemu dan berdiskusi dan bersolusi,” tegasnya.

Diketahui, Arema FC terkahir mendapat sanksi ketika menjamu Persela Lamongan pada 27 Mei lalu di Stadion Kanjuruhan. Saat itu Komdis menilai ada penyalaan flare di tribun timur dan utara. Kejadian itu membuat Arema FC harus menbayar denda Rp 50 juta karena melanggar pasal 70 lampiran 1 Kode Disiplin PSSI.

Sementara itu sanksi pertama diterima Arema FC saat kericuhan di laga pembuka kompetisi Liga 1 melawan PSS Sleman pada 15 Mei. Kejadian itu membuat turun denda sebesar Rp 75 juta.(Der/Aka)

Laga Lawan PSM Resmi Ditunda, Pelatih Arema FC Tak Mau Komentar

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Laga pekan ke-5 Liga 1 2019 antara PSM Makassar menjamu Arema FC resmi ditunda. PT LIB menunda pertandingan tersebut lantaran berdekatan dengan ajang AFC Cup 2019.

PSM Makassar menjamu Arema FC seharusnya digelar pada 23 Juni. Jadwal terbaru akan diumumkan selambat-lambatnya pada 30 Juni mendatang.

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, mengaku pasrah dengan perubahan jadwal tersebut. Dengan itu berarti Arema sudah dua kali mengalami penundaan, pertama saat menjamu Persib Bandung pada 14 Juni lalu.

“Saya tak mau komentar banyak soal penundaan jadwal. Itu semua wewenang PSSI, yang jelas kami sudah banyak persiapan,” katanya.

Selanjutnya lawan terdekat Arema FC adalah PS Tira pada 29 Juni di Stadion Kanjuruhan.(Der/Aka)

Jadwal Liga 1 Tak Jelas, Ini Komentar Pelatih Arema FC

Milomir Seslija. (Deny Rahmawan)

MALANGVOICE – Pelatih Arema FC, Milomir Seslija berkomentar soal jadwal tak jelas di kompetisi Liga 1.

Arema FC harus menunda laga home melawan Persib Bandung pada 14 Juni lalu lantaran ada jadwal match day Timnas. Selanjutnya tim Singo Edan akan menjalani laga tandang melawan PSM Makassar pada 23 Juni, namun belakangan laga tersebut juga akan ditunda karena PSM akan melakoni jadwal Piala AFC 2019.

Milomir Seslija mengatakan, hal itu sangat biasa di Indonesia. “Bagi saya itu merupakan kerugian untuk Arema FC. Sekarang kami sudah banyak lakukan persiapan, tapi ternyata pertandingan diundur,” kata Milo, sapaan akrabnya.

Meski Milo belum mendapatkan surat resmi terkait lawan PSM Makassar, namun Milo tak ingin ambil pusing dan menyerahkan semua keputusan kepada PSSI.

“Semua terserah PSSI sekarang. Seaindainya Arema berada di posisi seperti itu harusnya bisa mengubah jadwal,” ujarnya.

“Kalau pertandingan dicancel lagi, maka kami akan banyak pertandingan dan jadwal semakin padat. Belum lagi nanti ada Piala indonesia dan agenda lain,” keluhnya.

Apabila laga melawan PSM Makassar resmi ditunda, laga terdekat Arema FC adalah melawan PS Tira pada 29 Juni mendatang.(Der/Aka)

Hadapi Jadwal Padat, Pelatih Arema FC Tak Inginkan Ada Pemain Cedera

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Jadwal padat akan dijalani Arema FC di bulan Agustus. Di kompetisi Liga 1, ada setidaknya tujuh jadwal yang menanti, termasuk rencana laga tunda melawan Persib Bandung.

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, mengatakan, selalu ada momen seperti itu di kompetisi. Ia sedikit menyayangkan ketika timnya sudah mulai stabil dan bermain apik, namun kemudian liga harus dihentikan dan membuat Arema harus memulai memadukan tim mulai awal.

“Ini memang sangat sulit. Tapi kami tak ingin komplain,” katanya.

Pelatih asal Bosnia ini menyatakan, strategi jitu agar mengatasi padatnya jadwal adalah pintar melakukan rotasi. Beruntung kata dia saat ini Arema dihuni pemain yang kualitasnya merata di setiap lini.

“Kami harus terus berbenah dan merotasi pemain karena Agustus banyak jadwal. Yang penting jangan sampai ada pemain cedera, kalau ada itu pasti akan sulit,” ujarnya.

Saat ini, Hamka Hamzah dkk sudah melakukan latihan yang dimulai usai libur panjang lebaran. Pertama yang dilakukan Milo, sapaan akrabnya adalah pembenahan fisik. Kemudian, Milo menginginkan perubahan pada taktik.

“Meski jadwal padat, tapi saya tidak khawatir dengan lawan. Yang saya khawatirkan adalah tim saya sendiri (Arema). Di tiga pertandingan kebobolan tujuh gol, saya tidak senang dengan itu. Beruntung lawan Persela kami bisa menang meski kebobolan lebih dulu,” tandasnya. (Der/Ulm)

Arema FC Coba Perbaiki Kesalahan dan Pakai Taktik Baru Lawan PSM

Skuat Arema FC. (deny rahmawan)
Skuat Arema FC. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Pelatih Arema FC mempersiapkan timnya jelang menghadapi PSM Makassar di lanjutan Liga 1, 23 Juni mendatang.

Langkah awal yang disiapkan Milomir Seslija ini adalah mengembalikan kondisi kebugaran pemain usai libur lebaran.

“Usai libur ini pemain bisa lebih fit. Tapi kondisinya harus dikembalikan. Karena itu dalam sepekan ini ada latihan dengan jadwal padat bagi pemain,” kata Milo.

Selanjutnya, pelatih asal Bosnia ini akan memperbaiki permainan Singo Edan dengan taktik baru. Hal itu dilakukan karena selama tiga pertandingan di Liga 1, gawang Arema FC kebobolan tujuh gol.

“Permainan itu bukan gaya Arema. Saya tentu tidak senang dengan kebobolan tujuh gol di tiga laga,” ujarnya.

Baginya, soal penyelesaian akhir tetap menjadi masalah sehingga mempengaruhi produktivitas gol tim. “Kami harus baik soal krosing dan finishing. Tentu kalau Arema FC punya fighting spirit, tidak ada yang bisa kalahkan kami,” ia menambahkan.

Saat ini Arema FC bertahan di posisi 11 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan tiga poin dari dua kali kalah dan sekali menang.(Der/Aka)

Pelatih Arema FC Yakin Dedik Bisa Cetak Gol di Timnas Indonesia

Dedik Setiawan merayakan gol. (Twitter Arema FC)

MALANGVOICE – Pelatih Arema FC, Milomir Seslija yakin Dedik Setiawan bisa menyumbangkan gol saat membela Timnas Indonesia melawan Yordania, Selasa (11/6).

Dedik dipercaya pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy masuk skuat Garuda di laga uji coba FIFA Match Day tersebut.

“Dedik memang pantas main di Timnas,” kata Milo.

Selain itu, pelatih berkebangsaan Bosnia ini menilai Dedik adalah striker muda penuh bakat. Di klub, Dedik mencetak dua gol di pertandingan terakhir Liga 1 saat melawan Persela Lamongan. Hal itu yang membuat Milo sangat yakin pemain asal Malang ini bisa bersinar di Timnas.

“Dedik selalu tak menyerah, dia selalu menunjukkan kelasnya. Makanya saya percaya dia pasti cetak gol di Timnas nanti,” ujarnya.(Der/Aka)

Milo Beri Porsi Latihan Padat Penggawa Arema FC Sepekan ini

Skuat Arema FC. (deny rahmawan)
Skuat Arema FC. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Tim Arema FC sudah kembali aktif pasca libur lebaran dengan menggelar latihan rutin. Latihan itu merupakan persiapan kembali jelang bergulirnya Liga 1.

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, mengatakan, dalam waktu sepekan ke depan ini akan ada sesi latihan padat untuk para pemain. Pasalnya, setelah libur panjang, pemain harus segera mengembalikan kondisi fisik agar tetap prima.

Milo sapaan akrabnya mengatakan saat ini ia tak bisa menilai kondisi fisik pemain karena di latihan perdana usai liburan kemarin masih ada pemain absen.

“Hari ini ada dua sesi latihan dan sepekan ini dipastikan ada intensitas tinggi di latihan,” ujarnya.

Milo menambahkan, sebelum meladeni PSM Makassar di pekan ke-5 Liga 1 pada 23 Juni, skuat Singo Edan berencana menjalani beberapa tahap. Seperti uji coba pada 16 Juni dan pemusatan pelatihan dua hari setelahnya.

“Kami akan latihan keras karena waktu pertandingan semakin dekat,” tegasnya.(Der/Aka)

Di Arema FC, Posisi M Rafli Tak Berubah

Pelatih Arema FC Milomir Seslija. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Moncernya M Rafli di Timnas U-23 sebagai striker dengan mencetak tiga gol di pertandingan terakhir lawan Filipina tak membuat posisinya di Arema FC berubah.

Di klub Singo Edan, pemain muda itu tetap diposisikan sebagai gelandang serang sebagai pengatur serangan.

“Di lini depan Arema punya Dedik Setiawan dan Comvalius. Saya akan mainkan satu striker, kami bukan tipikal yang bermain dengan 4-3-3,” ujar pelatih Arema FC, Milomir Seslija.

Sebagai pemain tengah, M Rafli juga harus bersaing dengan Makan Konate dan Hanif Sjahbandi. Menurut Milo, sapaan akrab Milomir Seslija, Rafli sangat kuat berada di lini tengah.

“Dia memang punya hasrat mencetak gol, tapi dia lebih berbahaya di lini tengah,” katanya.

Milo Sanjung Penampilan M Rafli Usai Cetak Hat-Trick di Timnas U-23

M Rafli saat membela Timnas U-23.
M Rafli saat membela Timnas U-23. (dok. PSSI)

MALANGVOICE – Penampilan ciamik M Rafli di skuat Timnas U-23 mendapat apresiasi dari pelatih Arema FC, Milomir Seslija.

Rafli membayar kepercayaan pelatih Indra Sjafri saat dimainkan menjadi striker dan mencetak hat-trick di Merlion Cup 2019, Minggu (9/6) kemarin.

Tiga gol disarangkan pemain Singo Edan itu saat memperebutkan peringkat ketiga melawan Filipina. “Saya saat itu kontak Indra Sjafri jika mengambil pemain Arema harus bisa dimainkan, dan ternyata benar. Saya percaya itu karena mereka berkualitas, tak hanya Rafli, Hanif Sjahbandi juga,” kata Milomir Seslija.

“Saya tak mau mereka hanya duduk di bangku cadangan dan kembali ke tim dalam kondisi tak fit. Paling tidak mereka sudah membuktikan kemampuannya. Saya sangat bangga,” lanjut pelatih asal Bosnia.

Meski begitu, Rafli dan Hanif diharapkan terus menjaga kondisi ketika kembali membela tim. Milo punya petuah agar pemain muda masa depan itu bisa terus bugar dan berprestasi, salah satunya dengan meniru Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi.

“Kerja keras setiap hari harus dilakukan. Karena saat bermain sepak bola selalu menggunakan teknik dan taktik sampai akhir, seperti Ronaldo dan Messi, mereka selalu tampil baik. Itu kuncinya,” jelasnya.

“Tak hanya bagi Rafli dan Hanif, tapi semua pemain muda yang ada,” tandas Milo.(Der/Aka)

Usai Liburan, Arema FC Tancap Gas Gelar Latihan

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Arema FC langsung tancap gas setelah libur lebaran dengan menggelar latihan di Stadion Gajayana, Senin (10/6) sore nanti.

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, mengatakan, latihan kali ini mengutamakan agar pemain lebih enjoy dan mengembalikan motivasi setelah libur panjang.

“Banyak keuntungan setelah libur panjang. Pemain bisa lebih fit, penuh energi dan banyak motivasi melanjutkan kompetisi,” kata Milo, sapaan akrabnya.

Pelatih asal Bosnia ini menambahkan, di sesi latihan sore nanti sekaligus akan ada halalbihalal antar pemain dan tim pelatih. “Tak masalah, setelah Ramadan kami berharap ada kehidupan baru, menjadi orang yang bijaksana dan tim yang lebih baik,” ujarnya.

Lawan terdekat Arema FC adalah PSM Makassar pada 23 Juni. Meski masih lama, namun Milo menginginkan tim harus kembali kompak. Pasalnya, dikatakan Milo, setelah libur lama ada fase tim harus memulai persiapan dari awal.

“Kami akan siap kembali berlaga. Biasanya memang sulit setelah liburan, tapi saya harap ada solusi untuk itu,” tandasnya. (Der/Ulm)

Komunitas