200 Pengemudi Ojek Online Diedukasi Safety Riding

Edukasi ojek online. (Istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT terus melakukan kampanye keselamatan berkendara.

Bekerja sama dengan PT Gojek Malang memberikan edukasi pentingnya keselamatan berkendara dan protokol kesehatan ketika mengendarai motor Ahad (22/03).

Edukasi safety riding dikemas secara online bertema Kenyamanan Postur Berkendara & Selamat Berkendara. Edukasi ini guna menularkan kebiasaan #Cari_Aman yang diikuti oleh 200 para pengemudi Gojek yang dibagi menjadi 5 batch.

Pada webinar disampaikan pentingnya keselamatan berkendara dengan aman menggunakan perlengkapan berkendara yang benar, seperti helm SNI, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Selain perlengkapan berkendara juga harus menjaga kebersihan perlengkapan berkendara.

Selain perlengkapan berkendara para pengemudi Go-Jek juga harus menjaga kebersihan perlengkapan berkendara agar konsumen merasa nyaman.

“Kami berikan edukasi terkait keselamatan berkendara ini selain untuk keselamatan diri sendiri juga baik untuk perusahaan sehingga konsumen pengguna Gojek lebih nyaman dan aman. Cari_Aman juga bisa dari faktor manusia seperti kebiasaan yang dalah dan pengetahuan, tehknik, etika saat berkendara masih belum banyak diketahui secara benar,” kata Dionizius Mizidianto selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

Selain edukasi dalam webinar ini, peserta diberikan kuis sebelum dan setelah edukasi yang berisi materi yang diberikan. Peserta yang berhasil menjawab dengan benar dan cepat akan mendapatkan hadiah berupa hadiah yang menarik.(der)

Smartphone LG Pilih Gulung Tikar, Ini Penyebabnya

Kantor LG. (Livemint.com)

MALANGVOICE – LG dilaporkan bakal mengakhiri bisnis telepon pintarnya. Laporan ini pertama kali dimuat oleh media lokal Korea Selatan DongA Ilbo yang mengutip dari internal perusahaan LG yang tidak mau disebut namanya.

Sebagaimana dihimpun Malangvoice.com dari Bloomberg, perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini mulanya LG sempat akan menjual smartphone dengan layar gulung. Rencananya smartphone itu akan dijual pada akhir 2021 ini.

Rencana itu kemudia dibatalkan oleh LG dan memilih untuk menjual bisnis smartphonenya ke perusahaan asal Vietnam, Vingroup JSC. Selain Vingroup JSC, LG juga menjual ke perusahaan raksasa asal Jerman, Volkswagen AG.

Usaha menjual bisnis smartphone LG itu menemui ujung pangkal kegagalan. Akhirnya daripada menjual bisnis smartphonenya, LG lebih memilih menutupnya.

DongA Ilbo menyebutkan, LG berkemungkinam mengumumkan kabar gulung tikar ini kepada karyawannya pada awal april.

Wisatawan Mulai Berdatangan ke Kota Batu, Perajin Gerabah Buka Puasa Penghasilan

Alat-alat dapur dari gerabah di Dadaprejo. (Aan)

MALANGVOICE – Para perajin gerabah Kota Batu mulai dapatkan banyak pelanggan. Setelah puasa penghasilan akibat pandemi Covid-19, saat ini mulai berbuka dengan kedatangan wisatawan dan membeli gerabah sebagai oleh-oleh.

Seperti pengakuan salah satu perajin gerabah, Samsul Riyanto, memang ada peningkatan penjualan. Jika biasanya hanya ada lima orang yang berkunjung setiap hari, kini konsumennya bisa mencapai 15 orang dalam sehari.

“Biasanya hanya menunggu dan hanya duduk. Alhamdulillah sekarang sudah mulai naik, wisatawan sudah beranjak ramai,” ucapnya saat ditemui di kiosnya yang berada di Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Jumat (12/03).

Produksi yang sempat dihentikan karena stok barang menumpuk kini sudah dilakukan lagi. Berbagai kerajinan dibuatnya, mulai dari bahan baku kayu hingga batu.

Olahannya, jelas Samsul, meliputi berbagai macam alat dapur. Seperti cobek batu, sendok kayu hingga tudung saji. .

Samsul menjelaskan sudah jarang ditemui perajin gerabah di era modern yang masih bertahan.
Padahal produk yang dihasilkan sudah pasti lebih aman, karena bahan baku yang alami.

“Patokan harga juga murah. Berkisar dari Rp8 ribu sampai Rp350 ribu per item. Tergantung dari jenis, bahan baku dan ukuran barang,” jelasnya.

Gemuruh wisata Kota Batu pasti sudah lama dinantikan, mengingat mayoritas masyarakat yang bergantung pada sektor wisata. Salah satu konsumen, Wiwik Utami asal Surabaya juga membenarkan keunikan olahan asli Batu.

“Cobek batu seperti ini sangat jarang ditemui. Tapi di Batu masih sangat banyak,” tuturnya.

Perempuan yang berlibur ke salah satu destinasi wisata buatan Batu ini, menyempatkan diri untuk belanja buah tangan. Ia mengakui sangat menyukai kerajinan tangan yang masih menggunakan bahan alam. Salah satu alasannya karena mengingatkannya pada zaman mudanya.

“Semoga bisa tetap bertahan dan tidak kalah dengan barang modern. Ini merupakan warisan leluhur, jadi harus dilestarikan,” tutupnya.(end)

Smartfren Luncurkan e-SIM untuk Ponsel Flagship

Regional Head South East Java, Mohammad Cahyadi, saat menjelaskan program baru. (Toski D).

MALANGVOICE – PT Smartfren Telecom tbk, luncurkan e-Sim (Embeded Sim Card) pada smartphone flagship tertentu.

Regional Head South East Java Smartfren, Mohammad Cahyadi mengatakan, e-SIM Smartfren ini merupakan teknologi sim card yang sudah tertanam di perangkat handphone, sehingga pengguna yang ingin menggunakan jaringan Smartfren tidak perlu menggunakan sim card fisik.

“e-SIM ini hanya bisa digunakan beberapa smartphone canggih, seperti IPhone tipe XR, XS, XS Max, 11 Series, 12 Series serta SE 2020, sedangkan untuk perangkat Android pada ponsel yakni Samsung Galaxy Fold, Samsung Galaxy Z-Flip, Galaxy S20 Series, Galaxy S21 Series,” ungkapnya, Kamis (25/2).

Menurut Cahyadi, untuk memanjakan pelanggan, Smartfren tetap berkomitmen memberikan paket unlimited dan kuota nonstop. Kedua paket ini dapat dinikmati semua pelanggan untuk mendapatkan extra unlimited malam full speed tanpa mengurangi benefit yang sudah ada.

“Diharapkan, kedua paket ini dapat membantu mereka yang sedang berjuang membuka peluang, hingga malam-malam berkarya, bekerja, belajar dan melakukan berbagai kegiatan digital yang bermanfaat,” ucapnya.

Penambahan benefit ini, lanjut Cahyadi, secara otomatis akan aktif ketika memasuki pukul 01.00 WIB dan akan berhenti pada pukul 05.00 WIB, dan setelah waktu tersebut pelanggan akan memakai batas pemakaian wajar (FUP) dari paket unlimited yang sedang aktif.

“FUP akan direset begitu memasuki pukul 00.00, dan kembali memasuki Unlimited Full Speed Malam pada jam 01.00 — 05.00 WIB,” jelasnya.(der)

Pasarsedekah.com, Bangkitkan Ekonomi Umat dengan Pasar Digital Syariah

Peluncuran pasarsedekah.com. (istimewa)

MALANGVOICE – Bisnis e-commerce diyakini bakal tetap tumbuh pesat pada 2021 sebab didorong oleh bergesernya pola belanja konsumen selama pandemi.

Migrasi ke kanal daring pun diperkirakan banyak dilakukan usaha mikro, kecil dan menengah. Namun, belum banyak e-commerce yang mengusung sedekah untuk aksi kemanusiaan dalam setiap transaksi. Hal ini mendorong Aksi Cepat Tanggap (ACT) menginisiasi situs jual-beli digital yang mengakomodir kebutuhan berbelanja yang mendatangkan berkah melalui sedekah karena turut membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Pasarsedekah.com diluncurkan pada Selasa (22/12) mengajak para pengusaha mikro, kecil, dan menengah untuk memaksimalkan profit dan meluaskan jaringan pemasarannya dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai ekonomi syariah dan asas kebermanfaatan. Setiap transaksi memiliki nilai sedekah yang tentunya mendatangkan kebermanfaatan dan keberkahan.

Puti Halimah selaku CEO Pasarsedekah.com menjelaskan bahwa tujuan dari dibentuknya Pasar Sedekah adalah menciptakan pasar sebagaimana menciptakan peradaban.

”Pasar sedekah tidak hanya sebuah situs jual beli digital pada umumnya, namun memiliki tujuan besar, yaitu melepaskan manusia dari riba, gharar dan kezaliman, merutinkan amal dari hulu ke hilir, serta menyelamatkan dan memandirikan umat. Hal ini dapat diwujudkan karena keberkahan di setiap transaksi sebagai nilai utama dan melibatkan Allah dalam setiap transaksi yang terjadi dalam situs jual-beli digital ini,” ungkapnya.

Tujuan utama membangun peradaban sedekah menuju peradaban Islam terbaik sesuai dengan misi Aksi Cepat Tanggap, yaitu menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik.

Dengan mempertemukan para wakif, penjual, dan pembeli, harapannya Pasar Sedekah dapat  membentuk ekosistem kebermanfaatan secara masif.

Ke depannya, terdapat tiga target yang akan dilakukan Pasar Sedekah agar ekosistem tersebut semakin berkembang. Pertama, target entrepreuner; melihat keuntungan yang didapat dari platform ini. Kedua, target socialpreneur; melihat benefit dari transaksi bernilai sosial. Artinya, aktivitas yang dilakukan selain memiliki profit, juga memerhatikan tanggung jawab sosial kepada masyarakat luas. Terakhir, target celestialpreneur; melihat setiap transaksi yang dilakukan bernilai keberkahan. Artinya, aktivitas yang dilakukan berdampak pada program-program implementasi kepada para penerima manfaat, yaitu kaum prasejahtera.

Dalam menciptakan ekosistem kebermanfaatan, tentunya benefit juga akan dirasakan oleh para pelanggan setia.

“Pasar Sedekah dapat menjadi platform belanja alternatif yang aman, mudah, dan nyaman, yang insyaallah sarat manfaat perniagaan. Para pelanggan akan menjadi support system yang hadir dalam upaya membangkitkan ekonomi umat dan menumbuh-suburkan keberkahan,” tambah Puti.

Dengan memanfaatkan teknologi sebagai penggerak keberkahan melalui sedekah setiap saat, Pasarsedekah.com berikhtiar di tahun 2021, akan ada 1 juta orang penerima manfaat dengan jumlah sedekah yang terkumpul adalah sebanyak 10 miliar dari para wakif. “Sebagai sebuah social digital platform, fungsi Pasar Sedekah tidak hanya sebagai sebuah e-commerce, namun juga ladang dakwah, ladang amal, dan ladang ukhuwah. Insyaallah, Pasar Sedekah menjadi medium untuk menciptakan peradaban Islam yang Rahmatan Lil A’lamin,” pungkas Puti.(der)

Launching Virtual All New Honda Scoopy, MPM Honda Jatim Bagikan Voucher Belanja Jutaan Rupiah

Launching virtual Honda Scoopy. (istimewa)

MALANGVOICE – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT resmi melaunching sepeda motor skutik berkarakter unik dan fashionable generasi terbaru, All New Honda Scoopy secara virtual.

All New Scoopy Virtual Launching ini di tayangkan live melalui sosial media Instagram dan Facebook @mpmhondajatim, Sabtu (21/11).

“Kontribusi penjualan Scoopy merupakan yang terbanyak di kelas motor matik, disusul Honda Beat, dan Vario dan lainnya. Khusus kontribusi penjualan motor matik, kontribusinya mencapai 91 persen,” kata Suwito M selaku Presiden Direktur MPM Honda Jatim.

Berbagai aktivitas yang diberikan selama All New Scoopy Virtual Launching antara lain live talkshow bersama Fashion Designer Alben Ayub yang akan memberikan tips Outfit Of The Day (OOTD) sesuai dengan karakter All New Honda Scoopy yang unik dan fashionable. Honda Scoopy telah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda Indonesia yang fashionable, ingin tampil unik dan berbeda dengan gaya yang modern

Selain itu juga ada Virtual Photo Contest bertema Look Uniquely You melalui zoom meeting berhadiah jutaan rupiah dengan menghadirkan Yuyung Abdi, Fotografer Profesional sebagai juri.

Selama acara berlangsung akan ada Live Quiz yang berhadiah voucher belanja hingga jutaan rupiah. Bagi konsumen yang melakukan pembelian All New Honda Scoopy secara kredit selama acara berlangsung akan mendapatkan tambahan hadiah voucher belanja online senilai Rp250 ribu.

Dalam rangkaian launching All New Honda Scoopy juga ada pameran Virtual Honda. Pada pameran Virtual Honda ini pembelian motor dilakukan melalaui website ‘www.pameranvirtualhonda-jatim-ntt.com. Dapatkan promo dan tambahan hadiah berupa jaket dan sling bag yang akan di undi pada tanggal 5 Desember 2020. Dan selama Pameran Virtual Honda berlangsung akan ada undian voucher BBM khusus untuk 10 pendaftar setiap harinya. Pameran Virtual Honda ini berlangsung selama periode 21 – 23 November 2020 dan berlaku di wilayah Jatim & NTT.

Spesifikasi All New Honda Scoopy

All New Honda Scoopy diluncurkan dengan mengadopsi perubahan menyeluruh pada desain, mesin, rangka, dan fitur canggihnya. Model yang diproduksi PT Astra Honda Motor (AHM) ini siap menjadi trendsetter yang menjawab kebutuhan pecinta skutik di Tanah Air.

All New Honda Scoopy hadir dengan desain terbaru dan garis bodi S (shape) serta desain lekukan modern yang semakin menguatkan kesan unik dan berbeda. Desain lampu depan dan belakang juga mengalami perubahan yang semakin memperkuat simbol khas dari Honda Scoopy. Model ini juga kini disematkan mesin generasi terbaru 110cc dengan pengaplikasian teknologi frame(rangka) baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

Fitur unggulan lain menjadi andalan generasi terbaru Scoopy ini seperti pengisi daya baterai ponsel jenis USB (USB charger), serta pilihan tipe baru dengan penyematan fitur Smart Key.

Sejak diluncurkan pada 2010, lebih dari 4,5 juta pengguna sepeda motor selama satu dekade kehadirannya di Tanah Air. Honda Scoopy memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta skutik unik dan fashionable Hal ini mengantarkan Honda Scoopy menjadi salah satu model skutik terfavorit di Indonesia.

All New Honda Scoopy ini merupakan generasi yang kelima . diharapkan pecinta skutik unik dan fashionable melalui penyematan mesin dan rangka baru pada All New Honda Scoopy untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, serta beragam fitur baru yang menunjang gaya hidup penggunanya. Kehadiran generasi terbarunya melalui All New Honda Scoopy dapat semakin memberikan rasa bangga bagi pengendara yang menyukai gaya hidup sebagai trendsetter

All New Honda Scoopy dibekali generasi terbaru mesin 110cc eSP (enhanced Smart Power) yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Hal tersebut didukung oleh penggunaan rangka baru eSAF. Teknologi frame baru Honda yang membuat skutik ini lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Model ini hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 4,2L dan mampu menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3 menjadikan skutik popular ini semakin efisien, lebih responsif, dan juga ramah lingkungan.

Beragam fitur teranyar turut dihadirkan pada All New Honda Scoopy untuk semakin memberikan kenyamanan bagi pengendara. Penyematan lampu depan dan belakang dengan desain terbaru berbentuk oval sempurna sebagai simbol dari Honda Scoopy hadir dengan kombinasi sistem pencahayaan LED projector yang semakin menonjolkan kesan unik dari tampilan depan dan belakang Honda Scoopy.

Penyematan Smart Key Sistem untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) hadir terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm sehingga semakin menunjang keamanan serta kemudahan. USB Charger model terbaru pada console box dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel secara lebih praktis tanpa perlu menggunakan tambahan adapter. Skutik popular ini menjadi trendsetter di kelasnya untuk penyematan fitur charging model ini.

Kombinasi terbaru panel meter digital kini hadir dengan layar LCD yang lebih besar dan mampu menyajikan informasi lebih beragam termasuk penunjuk waktu digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, tripmeter, indikator Smart Key dan penggunaan baterai (khusus untuk tipe Smart Key), serta mempertahankan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Fitur baru lainya adalah Multi Function Hook yang bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan secara praktis dengan desain dapat ditutup apabila tidak digunakan.

Fitur unggulan lain pada All New Honda Scoopy juga dipertahankankan seperti desain pijakan kaki terbaru untuk pembonceng yang terintegrasi dengan bodi, memudahkan pengendara membonceng dengan tetap nyaman dan stylish. Model baru ini juga mengaplikasikan velg baru dual 5 spokes, 12 inch dan ban tubeless untuk menghadirkan kenyamanan dan rasa aman pengendara. Kapasitas bagasi terbesar di kelasnya yaitu sebesar 15,4 liter dapat menyimpan helm Scoopy. All New Honda Scoopy memiliki standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock yang mudah dioperasikan saat berhenti di tanjakan.

All New Honda Scoopy ditawarkan dengan 4 varian dan 8 pilihan warna yang menjadikan model ini semakin atraktif dengan hadirnya desain dan warna terbaru yang telah disesuaikan dengan karakter pengendara yang beragam sekaligus menjadikan model ini trendsetter dikelasnya. Varian Sporty hadir dengan dua pilihan warna yaitu Sporty Red dan Sporty Black. Sedangkan varian Fashion hadir dengan warna Fashion Blue dan Fashion Cream dengan harga On The Road (OTR) Surabaya Rp20.645.500

Sementara itu, model ini juga memiliki varian Stylish dan Prestige, yang merupakan varian teranyar bagi para pengendara yang menyukai kesan unik dan berkelas yang telah dilengkapi Smart Key sistem. Kedua varian tersebut memiliki pilihan warna Stylish Brown dan Stylish Red untuk varian Stylish dan Prestige White dan Prestige Black untuk varian Prestige dengan harga OTR Surabaya Rp 21.444.500.(der)

Pelaku Usaha Homestay Kota Batu Jamin Taat Hukum

Situasi Pelatihan Peningkatan SDM Hotel Non Bintang (Achmad Sulchan An Nauri)

MALANGVOICE – Para pelaku usaha penginapan atau homestay di Kota Batu membentuk paguyuban. Paguyuban ini diberi nama Batu Homestay Assosiation (Bahas).

Diungkapkan Dyah Prastiwi, Humas Bahas pada penutupan Pelatihan Peningkatan SDM Hotel Non Bintang oleh Dinas Pariwisata (Disparta). Ia mengatakan bahwa saat ini Bahas masih berjuang untuk mendapat badan hukum dan butuh dukungan pemerintah.

“Bahas ini tujuannya untuk membantu pemerintah agar para pelaku usaha homestay taat membayar PAD,” jelas Tiwi sapaan akrabnya. Ia mengatakan sudah sekitar 3000 homestay yang terdaftar dan membayar pajak.

Selain pemantauan pembayar pajak, Bahas juga melakukan standardisasi harga pasar. Sehingga antara hotel dan homestay terjadi sinergi terkait penetapan harga sehingga tidak ada harga yang merusak pasar.

Dalam masa pandemi ini Tiwi mengatakan bahwa selama dua sampai tiga bulan kebelakang sudah berangsur-angsur kembali normal. Saat ini Tiwi mengatakan bahwa homestay-homestay di Kota Batu sudah menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Jadi para wisatawan yang mau ke Kota Batu tidak perlu takut karena kita sudah patuh protokol keshatan covid-19,” imbuh Tiwi. Ia berharap wisata Kota Batu segera pulih dan Bahas segera berbadan hukum.

“Karena kita memang membantu pemerintah di sini,” tegas Tiwi. Maka pihaknya sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah.(der)

Gubernur Jatim Tetapkan UMP 2021 Sebesar Rp 1.868.777

Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat konferensi pers tentang penetapan UMP 2021 di kantor Bakorwil III Malang, Minggu (1/11). (Aziz Ramadani MVoice)

MALANGVOICE – Pemprov Jatim resmi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021, naik Rp 100 ribu atau sebesar 5,6 persen. Kenaikan tak signifikan ini juga mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19.

Kenaikan UMP tertuang pada Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/498/KPTS/013/2020 tentang UMP Jatim Tahun 2021. Bahwa UMP 2021 sebesar Rp 1.868.777,08.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, kenaikan tersebut tetap mewadahi aspirasi para pekerja atau buruh yang belum lama ini berunjuk rasa. Namun, tak sebesar tuntutan pengunjuk rasa yang berharap Rp 600 ribu kenaikan. Sebab ada beberapa pertimbangan, termasuk tentang sektor yang terdampak dan tidak akibat wabah corona.

Ia melanjutkan, penetapan upah minimum melalui proses yang panjang melibatkan serikat pekerja atau buruh dan dewan pengupahan. Usai penetapan ini, setiap kabupaten/kota dapat menindaklanjuti menetapkan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota).

“Kemudian akan melakukan koordinasi dengan bupati atau wali kota untuk segera memusyawarahkan keputusan terkait dengan UMK. Kalau UMK sudah diputuskan, maka UMP ini sudah tidak berlaku,” jelasnya saat konferensi pers di Kantor Bakorwil III Malang, Minggu (1/11).

Sementara itu, Ketua SPSI Jatim Ahmad Fauzi mengatakan, keputusan gubernur tentang UMP 2021 dianggap sangat realistis. Mengingat hampir seluruh sektor usaha terdampak pandemi.

“Untuk itu, bapak ibu sekalian maka SPSI Jatim, bersama-sama dewan pengupah Jatim mengambil langkah tegas dan jelas bahwa kenaikan UMP tahun ini tidak boleh didasarkan emosional,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut dia, kenaikan UMP sebesar 5,6 persen telah menjawab keresahan semua pihak bahwa kehidupan industri harus tetap jalan.

“Untuk itu, bersama Bu Gubernur, kami hampir dua Minggu, membicarakan UMP ini,” sambung dia.

Fauzi mengimbau agar seluruh pekerja di wilayah Jatim berbesar hati dan menerima kenaikan UMP, meskipun kecil.

“Kepada seluruh serikat pekerja, tokoh buruh, ini harus kita syukuri. Tidak perlu meratapi bahwa ini kenaikan kecil,” sambung dia.

“Nilainya menurut kita sudah cukup fantastis, tapi saya mengamini keputusan ini adalah keputusan yg terbaik, dunia usaha masih tetap bisa kita selamatkan,” tutupnya.(der)

Edukasi Solusi Finansial di Masa Pandemi, Waspada Fintech Ilegal

MALANGVOICE – Pesatnya perkembangan industri keuangan digital, khususnya kehadiran teknologi finansial atau financial technology (fintech), memaksa perbankan kelas menengah dan kecil untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Kini, sejumlah bank kecil dan menengah mulai mengembangkan produk kredit melalui digital agar dapat bersaing dengan fintech. Arah pengembangan digital tersebut sudah sejalan dengan upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong bank kecil dan menengah.

OJK merilis data terbaru terkait jumlah penyelenggara jasa keuangan berbasis digital atau financial technology (fintech) yang sudah mengantongi izin dan terdaftar di OJK. Sampai dengan 5 Agustus 2020, total jumlah penyelenggara fintech peer to peer lending terdaftar dan berizin adalah sebanyak 158 perusahaan.

Selaras dengan perkembangan industri fintech P2P lending, PT Mapan Global Reksa (Findaya) dan PT Digital Yinshan Indonesia (CrediNex) menyelenggarakan talkshow dengan mahasiswa Universitas Brawijaya pada hari Senin (26/10) secara daring melalui aplikasi komunikasi video untuk mengenalkan industri fintech peer-to-peer lending serta pemahaman inovasi yang dilakukan fintech untuk tetap mendorong inklusi keuangan selama masa pandemi.

Ageng Aji Panggayuh – Compliance Head Findaya mengatakan, kehadiran inovasi produk fintech P2P lending diharap mampu membuka solusi alternatif finansial untuk masyarakat.

“Semoga ini menjadi solusi masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Data yang telah diterima oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI), terkait bisnis pinjaman fintech peer to peer (P2P) lending telah mencapai Rp 113,46 triliun hingga Juni 2020.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dirilis pada Rabu (12/8), nilai itu tumbuh 153,23% year on year (yoy) dari posisi yang sama tahun lalu hanya Rp 44,8 triliun. Hal ini membuktikan bahwa industri P2P lending turut mendorong dan menggerakkan perekonomian negara seiring dengan pertumbuhannya yang signifikan.

Dannis Joseph – VP Business Development CrediNex menambahkan, dengan adanya edukasi daring ini, diharap mampu menyadarkan masyarakat bagaimana fintech legal.

“Kami juga berharap masyarakat Malang dapat memanfaatkan layanan produk P2P lending untuk kebutuhan dan tetap waspada terhadap fintech ilegal,” katanya.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa Universitas Brawijaya ini menjadi bukti nyata bahwa masyarakat antusisas menyambut inovasi yang terus diberikan industri fintech.(der)

Daging Ayam hingga Cabai, Penyumbang Deflasi Kota Malang September 2020

Ilustrasi daging ayam ras
Ilustrasi daging ayam ras

MALANGVOICE – Kota Malang kembali mengalami deflasi pada September 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang mencatat deflasi sebesar 0,05 persen.

Kepala BPS Kota Malang Sunaryo mengatakan bahwa, deflasi didorong adanya penurunan pada kelompok pengeluaran transportasi, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau, masing-masing sebesar 0,30 persen, dan 0,22 persen.

Sunaryo merinci, komoditas penyumbang deflasi Kota Malang adalah penurunan harga tiket pesawat yang mencapai 3,71 persen, daging ayam ras 2,0 persen, telur ayam ras, 4,29 persen, cabai rawit 12,89 persen, dan emas perhiasan turun 0,69 persen.

kelompok pengeluaran lain yang menyumbang deflasi Kota Malang adalah penurunan pada kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, yang tercatat sebesar 0,01 persen.

“Dua kelompok itu (transportasi dan makanan minuman) yang memberikan andil besar terhadap deflasi Kota Malang,” katanya saat konferensi pers, Kamis (1/10).

Sementara, lanjut dia, untuk komoditas penghambat deflasi, diantaranya kenaikan harga bawang putih sebesar 8,43 persen, sepeda motor naik 0,85 persen, bawang merah 3,37 persen, dan minyak goreng naik sebesar 0,66 persen.

Ia menambahkan, bahwa kelompok pengeluaran yang menjadi penghambat deflasi diantaranya kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga naik atau mengalami inflasi sebesar 0,33 persen.

Kemudian, ada kelompok perawatan pribadi, dan jasa lainnya naik sebesar 0,16 persen, kesehatan naik 0,13 persen, pakaian, dan alas kaki naik 0,03 persen, rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,03 persen, dan penyedia makanan, dan minuman restoran naik 0,01 persen.

Sedangkan, ada dua kelompok pengeluaran yang tercatat stabil tersebut, yakni kelompok pengeluaran air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga, serta kelompok pengeluaran pendidikan.

“Deflasi pada September ini merupakan yang keempat kalinya. Sebelumnya deflasi juga terjadi pada bulan Maret, April, Agustus 2020,” sambung dia.

Tercatat, inflasi tahun kalender Kota Malang pada periode Januari hingga September 2020 sebesar 0,83 persen, sementara untuk inflasi Years on Years (YoY) sebesar 1,22 persen. Untuk inflasi tahun ke tahun, pada 2020 ini merupakan yang terendah selama 10 tahun terakhir.

“Inflasi tahun ke tahun Kota Malang pada 2020, merupakan yang terendah dalam sepuluh tahun terakhir,” pungkasnya.

Perlu diketahui, untuk wilayah lain di Jawa Timur, sebagian besar mengalami deflasi, dan hanya Kota Kediri yang mengalami inflasi sebesar 0,15 persen.(der)