Revitalisasi Alun-Alun Malang Dipercepat dan Pertimbangkan Kualitas

Taman Alun-alun Merdeka Kota Malang, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Pemkot Malang ingin segera mempercepat revitalisasi Alun-Alun Merdeka. Rencananya proyek dari CSR Bank Jatim ini dimaksimalkan dimulai akhir 2024.

Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan, mengatakan, pembangunan dilaksanakan secepatnya dan dapat diselesaikan pada akhir tahun 2024. Sehingga, masyarakat tak perlu menunggu lama lagi untuk menikmati wajah baru Alun-alun Merdeka Malang.

“Revitalisasi Alun-Alun Merdeka ini merupakan bentuk kepedulian dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Maka dari itu besar harapan kami agar proses pembangunan bisa dipercepat,” ujar Pj Wali Kota Malang.

Baca Juga: AHM Best Student 2024: Hadirkan Inovasi Beragam Kreatif Anak Bangsa

Majelis Hakim Menangkan Gugatan Sengketa Tanah di Sumbermanjing Wetan, Tergugat Wajib Bayar Rp7,6 Miliar

Lebih lanjut, Iwan juga menyampaikan ada hal yang perlu diperhatikan terkait revitalisasi Alun-Alun Merdeka, yakni tersedianya sarana dan prasarana mumpuni yang mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Maka dari itu, Iwan menegaskan walaupun diharapkan dapat selesai lebih cepat, namun kualitas pembangunan juga harus menjadi perhatian prioritas.

“Sekaligus saya tekankan dalam pemilihan material pembangunan seperti paving dan fasilitas umum lainnya termasuk toilet, untuk tetap mengedepankan kualitas materialnya agar kebermanfaatannya dapat terasa hingga jangka waktu yang panjang,” tambahnya.

Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya, menjelaskan, percepatan itu berkenaan untuk menyambut Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Revitalisasi Pasar Besar hingga Parkir Kayutangan Jadi 11 Program Prioritas Pj Wali Kota Malang

3.496 Pelamar Berebut 50 Formasi CPNS Pemkot Batu

“Begitu padat, ada solat Tarawih, ada solat Hari Raya Idul Fitri itu kan padat-padatnya Alun-Alun Merdeka. Sehingga kan sangat tidak etis dan sangat tidak baik, nanti kelihatan kalau masih di dalam masa pembangunan,” jelasnya.

Beberapa fasilitas yang dibenahi adalah area bermain, air mancur, dan fasilitas lain.

“Ya memang harapannya sih memang kualitas-kualitas, kalau Pak Pj Walikota harusnya kualitas-kualitas yang terdepan. Kualitas yang lebih baik lah paling tidak,” katanya.

Terpisah, Yudi Eko dari Divisi Umum Bank Jatim menyampaikan akan berupaya untuk berkomunikasi terkait percepatan.

“Terkait dengan timeline, kami akan mencoba adanya percepatan. Untuk itu akan kami koordinasikan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait,” tandasnya.(der)