Validasi Data Usaha Mikro

Usaha Mikro di Kota Malang Harus Naik Kelas!

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Tri Widyani (dua dari kanan)
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Tri Widyani (dua dari kanan)

MALANGVOICE – Para pelaku usaha mikro harus ‘naik kelas’, tidak sekadar menjalankan program usaha kecil-kecilan. Hal ini terus didorong Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Malang.

“Kami sekarang dorong dengan program ‘Usaha Mikro Naik Kelas’, harus ada semangat pelaku usaha dan pemerintah memberikan stimulus yang baik agar tumbuh jiwa-jiwa entrepreneur tangguh,” kata Kepala DKUM, Tri Widyani.

Atas dasar itulah, pihaknya menggelar acara bertajuk ‘Validasi Data Usaha Mikro’ selama tiga hari, sejak Selasa (14/3) hingga Kamis (16/3) lusa. Dipaparkan, acara ini berlangsung untuk memetakan potensi usaha mikro sekaligus memberikan pelatihan dan arahan bagi pengusaha pemula utamanya di bidang start up.

Perempuan yang akrab disapa Yani ini kembali menegaskan, para entreprenur harus bermimpi membuka usaha besar dan mampu menyerap banyak tenaga kerja. Dia mengklaim, DKUM terus menggelontorkan berbagai program guna mendorong tumbuh kembangnya usaha kecil dan menengah agar bisa bersaing di era persaingan global seperti saat ini.

Dia juga mengimbau pelaku usaha mikro tidak perlu gentar menghadapi persaingan pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pasalnya, jika dicermati, produk hasil kreasi anak negeri, khususnya produk dari pelaku usaha mikro, tidak kalah kualitasnya dan bahkan mengungguli produk dari negara tetangga.

“Kalau kita bisa manfaatkan dengan menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tidak perlu takut hadapi MEA. Meskipun nanti ada barang dari luar negeri yang harganya murah, kita tetap bisa bersaing karena kualitas produk lebih baik dan unggul,” tuturnya.