Validasi Data Usaha Mikro

Tingkatkan Kompetensi, Usaha Mikro Dipetakan

Suasana acara bertajuk 'Validasi Data Usaha Mikro' di Hotel Montana.
Suasana acara bertajuk 'Validasi Data Usaha Mikro' di Hotel Montana.

MALANGVOICE – Program bertajuk ‘Validasi Data Usaha Mikro’ yang terselenggara di Hotel Montana, 14-16 Maret 2017 ini merupakan usaha yang dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Malang menjalankan pemetaan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Malang, Tri Widyani, menyebut, pemetaan itu meliputi data berbagai hal, seperti persebaran dan jenis usaha. Dengan terpetakannya data itu, Pemkot lebih mudah menyuntikkan berbagai formula agar usaha mikro bisa lebih maju dan berkembang.

“Setelah terpetakan, kami bisa memberikan hal-hal yang dibutuhkan seperti standarisasi produk, peningkatan kompetensi, dan sebagainya. Harapannya tentu agar pelaku usaha bisa menghadapi persaingan global,” kata Yani, sapaan akrabnya.

Menurut mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ini, kian berkembangnya Kota Malang merupakan peluang besar. Pelaku usaha mikro, lanjut Yani, memiliki akses lebih dalam memasarkan produk, minimal dalam jangkauan dalam kota.

Hal ini tak lepas dari banyaknya wisatawan dan jumlah mahasiswa dari sekitar 50 perguruan tinggi yang tersebar di lima kecamatan. “Kenyataan itu merupakan pangsa pasar tersendiri untuk dimaksimalkan,” pungkasnya.