05 February 2023
05 February 2023
28.7 C
Malang
ad space

Ratusan Prajurit Remaja Korps Marinir TNI AL Ikuti Pembaretan

MALANGVOICE – Sejumlah 499 prajurit bintara dan tamtama Korps Marinir menempuh prosesi pembaretan, Jumat (24/11). Pembaretan di Pantai Baruna, Kecamatan Donomulyo, ini untuk prajurit Angkatan XLI gelombang II Jumat (24/11) kemarin.

Pembaretan ini merupakan bagian dari implementasi pewarisan nilai-nilai luhur yang diturunkan dari generasi ke generasi sehingga memiliki nilai historis perjalanan karir dan kehidupan bagi seorang prajurit Korps Marinir.

Prosesi pembaretan dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.

Baca juga:
Rayakan Milad ke-29 Yayasan Kharisma Hidayatul Mubtadi-in Gelar Family Gathering

Ngebut, Mahasiswa Nyemplung ke Jurang Jembatan Suhat

Pengungsi Cianjur Mengeluh Sembelit, Tagana Kota Batu Berangkat Membawa Sayur-mayur

Ratusan prajurit Remaja Korps Marinir tersebut, sebelumnya telah lulus dari Komando Pendidikan (Dikko) Korps Marinir Kodiklatal, yang dilanjutkan dengan menyelesaikan kursus di Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) selama satu bulan di Puslatpurmar-4 Purboyo untuk Tamtama Remaja dan Puslatpurmar 3 Grati untuk Bintara Remaja.

Dalam amanatnya Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto dalam keterangan tertulis yang diterima MVoice menyampaikan, upacara pembaretan tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan tradisi Korps Marinir.

Menurutnya, pemakaian baret ungu Korps Marinir tidak hanya sebagai simbol identitas prajurit namun mengamanahkan tuntutan untuk selalu menjaga kehormatan dan kebanggaan Korps dalam rangka pengabdian kepada negara dan bangsa.

“Pembaretan ini merupakan tradisi prajurit Korps Marinir. Tujuannya agar selalu berkonsekuensi dan berkewajiban, serta bertanggung jawab mutlak untuk berperilaku dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai luhur dan kehormatan Korps Marinir. Sebagai pasukan pendarat dibutuhkan prajurit yang tangguh dan terlatih,” ucapnya.

“Mulai saat ini kalian tumbuhkan dan dipupuk kesadaran bahwa kalian semua adalah prajurit-prajurit profesional yang memiliki karakter dengan menjunjung nilai-nilai luhur kebenaran dan kejujuran serta rela untuk berkorban demi kepentingan bangsa dan negara,” imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam acara pembaretan prajurit Bintara dan Tamtama Remaja Korps Marinir Angkatan XLI gelombang II tersebut, juga dihadiri oleh para Mantan Dankormar, para mantan pejabat Kormar, Danpasmar 2, Danpasmar 3, Dankodikmar, para Asisten Danpasmar 2, para Dankolak Pasmar 2 serta para Dansatlak Kolak Pasmar 2.(end)

Berita Terkini

Arikel Terkait