Pengendara Wajib Tahu Cari_Aman Berkendara saat Hujan

Berkendara saat hujan. (istimewa)

MALANGVOICE – Musim hujan masih turun di beberapa area Kota Malang. Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk memahami dan menerapkan tips berkendara yang #Cari_aman dalam cuaca hujan.

1. Perlengkapan berkendara:
Pastikan Anda menggunakan perlengkapan berkendara. Akan lebih baik jika memakai pelindung anti air seperti jaket anti air, celana hujan, sepatu tahan air, dan sarung tangan agar tetap kering selama perjalanan.

2. Periksa dan pastikan seluruh sistem kendaraan dalam kondisi baik
Pastikan motor Anda dalam kondisi baik sebelum perjalanan. Periksa rem, lampu, dan ban untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik, sehingga Anda dapat menghadapi kondisi hujan dengan lebih percaya diri.

Baca Juga: Pemkot Malang Target 100 Ribu Anak Bebas Polio

Pemkot Malang Dapat Bantuan Renovasi Pasar Besar dari Kementerian PUPR

3.Lihat kondisi cuaca
Sebelum berangkat, periksa perkiraan cuaca dan siapkan diri Anda sesuai. Jika memungkinkan, tunda perjalanan jika kondisi cuaca terlalu buruk atau hujan sangat lebat.

4. Kurangi kecepatan
Berkendara lebih lambat dari biasanya saat hujan lebat. Kecepatan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena jalan yang licin.

5. Jaga jarak aman
Pertahankan jarak yang aman antara motor Anda dengan kendaraan di depan. Ini memberi Anda lebih banyak waktu untuk bereaksi jika ada kejadian tak terduga.

6. Hindari genangan air
Hindari melintasi genangan air yang dalam atau tidak diketahui. Genangan air dapat menyebabkan hilangnya kendali atau merusak komponen motor.

7. Gunakan lampu kendaraan dengan bijak
Nyalakan lampu utama dan lampu rem sehingga Anda lebih terlihat oleh pengendara lain di jalan. Ini juga membantu meningkatkan visibilitas Anda sendiri.

8. Hati-hati pada Pengereman:
Kurangi kecepatan secara perlahan dan hindari pengereman tiba-tiba. Jalan yang basah cenderung licin, dan pengereman tiba-tiba dapat menyebabkan selip atau kehilangan kendali.

9. Pilih Jalur yang Aman
Jika memungkinkan, pilih jalur yang lebih aman, misalnya yang memiliki permukaan jalan yang lebih baik atau kurang kemungkinan tergenang air.

10. Simpan Barang Berharga:
Pastikan barang berharga seperti ponsel, dompet, dan dokumen penting disimpan dalam wadah anti air atau plastik agar tetap kering.

‚ÄúTetap berhati-hati saat berkendara dalam kondisi hujan, pastikan motor dan fisik prima. Bila terjadi hujan lebat jangan lupa untuk menyalakan lampu jauh dan kurangi kecepatan, Jika kondisi cuaca terlalu buruk, lebih baik berteduh atau pertimbangkan untuk menunda perjalanan. Tetap #Cari_aman dalam berkendara,” kata Mizidianto, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

MPM Honda Jatim membuka pendaftaran pelatihan safety riding untuk pelajar, pemerintahan ataupun perusahaan swasta yang membutuhkan edukasi terkait safety riding. Untuk informasi terkait pendaftaran webinar ini bisa mengunjungi website https://mpmsafetyridingacademy.com/ dan menghubungi kontak yang tertera di alamat webiste tersebut.(der)