Pekan Depan, DKM ‘Wajah Baru’ Bakal Lahir

Kadisbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni. (Aziz Ramadani/MVoice)
Kadisbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni. (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Selangkah lagi Kota Malang miliki Dewan Kebudayaan Malang (DKM). Wadah bagi para seniman hingga budayawan ini sangat dinanti setelah organisasi sebelumnya lama vakum.

Baca juga: Seniman, Budayawan dan Akademisi Bahas Percepatan “Kelahiran” DKM

Kepala Dinas Kabudayaan dan Pariwisata (Disbudpar ) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan, pasca Wali Kota Malang Sutiaji menunjuk tim untuk merumuskan format DKM yang baru, pihaknya terus mengawal dan memfasilitasi proses tersebut. Dapat dipastikan dalam waktu dekat akan digelar musyawarah menetapkan pimpinan dan struktur DKM.

BNN Kota Malang

“Iya, sudah kami fasilitasi, terakhir ada FGD (focus group disscusion). Nanti sekitar 23-26 November, sudah didapatkan hasil siapa yang akan dilantik melalui musyawarah,” kata perempuan akrab disapa Dayu ini, Senin (12/11).

DKM, lanjut Dayu, yang disusun oleh inisiatif seniman dan budayawan ini sangat diapresiasinya. Sebab, organisasi sebelumnya, telah lama vakum, proker tidak jelas bahkan ditinggal pengurus lama. Visi dan misi DKM yang baru ini diyakininya lebih baik daripada sebelumnya.

“Sebab, berbicara kebudayaan pastinya kompleks sekali. Dengan adanya DKM diharapkan mampu mengorganisir seniman dan budayawan di Kota Malang, sehingga setiap kegiatan harus terpadu,” urainya.

DKM yang baru, masih kata Dayu, diharapkan mampu jadi referensi utama.

“Kalau perlu dibuatkan aturan misal mau tampil di balai kota referensinya ya dari DKM. Dinas tidak boleh intervensi DKM karena mereka independen,” pungkasnya.(Der/Aka)