Dinas Pendidikan Kota Malang Rehabilitasi Bertahap Gedung Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah. (Lisdya/MVoice)

MALANGVOICE – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang akan merehabilitasi gedung sekolah, baik negeri maupun swasta. Hal ini diperuntukkan guna terciptanya kesetaraan pendidikan khususnya dalam sarana prasarana.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, memaparkan, bahwa tahun ini pihaknya akan merehab 54 ruang di sekolah-sekolah.

“Rencananya tahun ini, insha Allah kurang lebih 54 ruang yang akan kami betulkan. Ada rehab, ada pembuatan ruang, ada paving, ada pagar. Kurang lebih fisik itu hanya sekitar 50 sekian atau 60. Berapa jumlahnya saya lupa tapi ada datanya,” ujar Zubaidah.

BNN Kota Malang

Perlu diketahui, dari jumlah sekolah baik negeri maupun swasta yang akan direhab mulai SD negeri sejumlah 195 dan swastanya sekitar 78. Sedangkan untuk SMP negeri jumlahnya 27, ditambah SMP terbuka dan SMP swasta jumlahnya semua menjadi 111. Untuk jumlah PAUD yang terdiri atas TK maupun PAUD nonformal jumlahnya sekitar 600.

Ia pun menambahkan untuk jumlah kelas yang akan direhab mencapai ribuan. Zubaidah juga menghitung, jumlah ruang kelas SD dan SMP saja kurang lebih 2000 lebih.

banner

“Yang ditangani itu banyak jumlahnya. Belum sampai berputar ke titik satu lagi. 10 tahun sudah rusak. Belum nanti kalau ada bencana alam, misalnya dekat sungai, pagernya ambruk meskipun baru saja tiga tahun. Maka komite masih tetap diperlukan dalam rangka perbaikan-perbaikan yang ada di sekolah. Kalau pemerintah belum bisa menyelesaikan maka komite lah yang akan berperan,” tandasnya. (Der/Ulm)