Tekao, Camilan Hasil Perkawinan Kedelai dan Biji Kakao

Olahan makanan tekao yang dibuat dari bahan kedelai dan biji kakao. (MVoice/Moodco)

MALANGVOICE– Tekao (tempe kakao), sebuah olahan makanan yang mengawinkan bahan dasar biji kakao dan kedelai. Inovasi ini diluncurkan PT Kakao Bhineka Indonesia yang meluncurkan brand Moodco Fine Chocolate dengan memproduksi olahan coklat murni dengan beragam variant.

Tekao diolah dalam bentuk dua jenis kudapan, berupa nugget dan bitterballen. Untuk rasa Nugget, cita rasa tempe pada umumnya lebih mendominasi. Hanya saja di tengah kunyahan, terselip sensasi aroma dari biji kakao. Nugget ini direkomendasikan dinikmati dengan cocolan sambal kecap dengan irisan bawang merah.

Untuk bitterballen, rasanya tidak jauh beda seperti anda menikmati kroket atau risoles. Hanya saja, cita rasa perpaduan tempe dan kakao yang lebih mendominasi. Lebih enak lagi jika dipadu dengan segigit cabe rawit atau saus sambal.

”Awalnya ikut lomba tapi keterusan kita kembangin sampai sekarang. Sejauh saya kenalkan, animonya juga bagus. Banyak yang order lewat pasar online,” ungkap Founder Moodco Fine Chocolate, Merry Sujiati.

Baca juga:
Manfaatkan Ramadan, Pertamina Lubricants Bagi Kebahagiaan Bareng Duafa dan Yatim Piatu

Olahan Kripik Buah Surya Mas Kota Batu Petik Hasil Manis Gara-gara Ini

Warung Bamboe Kota Batu, Hadirkan Ketenangan Sembari Menikmati Olahan Ikan yang Menggoyang Lidah

Jajanan tekao ini bisa didapat di gerai Moodco Fine Chocolate yang berlokasi di Jalan Sultan Agung Kota Batu. Hasil olahan tekao ini juga dirupakan dalam bentuk brownies dan cupcake. Selain itu, disana anda juga bisa menikmati hasil olahan fine chocolate seperti coklat bar, coklat 100 persen dan masih banyak lagi.

Menurut Merry, inovasi tekao ini menjadi jawaban bagi para petani di Indonesia untuk mengolah bahan baku biji kakao, selain hanya disetor untuk produsen coklat. Rata-rata, petani saat ini hanya tahu kakao adalah bahan baku utama pembuatan coklat. Saat ini, Merry sedang dalam tahap menguji nutrisi hingga mengurus hak paten. Dengan begitu, jajanan ini bisa lebih diperkenalkan ke khalayak luas.

”Belum pernah ada yang bikin kayak gini. Ya bisa dibilang ini tempe kakao pertama di Indonesia,” ujarnya.

Baca juga:
DeDuWa Andalkan Olahan Keripik Buah

Penanganan Sampah 85,04 Persen, Skor IKLH Kota Batu Peringkat Pertama Tingkat Regional

Kudapan Ladu, Simbol Perekat Persaudaran Kala Hari Raya

Tekao ini adalah tempe sehat karena biji kakao mengandung kandungan polifenol yang kaya manfaat. Antara lain, bisa menjaga tekanan darah, baik untuk kesehatan jantung hingga penambah energi. Merry menuturkan, cara membuat tekao ini cukup mudah. Hanya diperlukan tiga bahan yakni kedelai, kakao, dan ragi. Prosesnya seperti membuat tempe pada umumnya. Hanya saja bahan baku ditambah biji kakao.

“Rasanya juga gurih seperti tempe pada umumnya. Bahkan ini juga bisa jadi solusi nutrisi makanan bagi kalangan vegan,” imbuh artisan coklat kelahiran Kelurahan Ngaglik Kota Batu ini.(der)