Tingkatkan Disiplin Kesehatan, Koramil Sumawe Pasang Wastafel di Tempat Umum

Pemasangan wastafel. (istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Kodim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu, serius ikut berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang semakin masif menyebar di wilayah Kabupaten Malang.

Keseriusan tersebut dilakukan dengan mengintruksikan jajarannya untuk melakukan pemasangan tempat cuci tangan (wastafel, red) di beberapa titik pusat berkumpulnya orang.

Danramil 0818/16 Sumbermanjing Wetan (Sumawe, red) Kapten Inf Suwondo mengatakan, mendukung upaya itu, pihaknya memasang wastafel di beberapa titik tempat kerumunan warga.

“Pemasangan wastafel dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19, juga untuk membiasakan masyarakat agar hidup sehat,” ucapnya, Selasa (7/7).

Menurut Suwondo, pemasangan wastafel tersebut selain untuk mencegah penyebaran Covid-19, juga dalam rangka Program Karya Bakti TNI-AD, yang harus dilakukan oleh seluruh jajaran Koramil di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu.

“Program Karya Bakti TNI-AD ini dari pusat. Setiap Koramil masing-masing harus memasang 8 tempat cuci tangan di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Suwondo, di wilayah Sumawe, dirinya telah berhasil memasang sedikitnya 8 wastafel di 5 desa yakni Desa Druju, Argotirto, Sitiarjo, Harjokuncaran, dan Desa Tambakrejo.

“Ada desa yang kami pasang wastafel lebih dari satu. Bahkan ada yang kami pasang di kampung tangguh. Selain itu, Babinsa Tambakrejo Sertu Sunarto juga terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya hidup bersih dan sehat,” terangnya.

Selain itu, tambah Suwondo, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat agar mau dan bersedia untuk menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih di manapun berada. Sebab, hanya dengan penerapan pola hidup sehat dan bersih merupakan salah satu cara untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Ya dengan pemasangan wastafel ini diharapkan dapat mendisiplinkan masyarakat untuk hidup bersih. Apalagi, di masa transisi new normal ini, masyarakat diperbolehkan kembali beraktifitas namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan ataupun menyiapkan hand sanitizer,” pungkasnya.(der)