Sosok Kartun Wanita di Google Doodle Hari Ini

Katy Jurado (Google)
Katy Jurado (Google)

MALANGVOICE – Google hari ini memunculkan sosok seorang wanita yang menghiasi Google Doodle. Tepatnya di atas kolom pecarian. Sosok menawan dengan tangan kiri memegang bunga mawar tersebut bernama Katy Jurado.

Dari berbagai sumber, Katy Jurado merupakan artis film asal Meksiko. Sejak remaja dia mulai terjun dalam dunia akting. Produser sekaligus sutradara, Emilio Fernández yang menawarinya pertama kali berperan dalam film The Isle of Passion pada 1941.

Produser film lain bernama Mauricio de la Serna, tertarik dengan bakat yang dimiliki Jurado dan menawari dirinya untuk berperan dalam film No matarás pada 1943.

Katy Jurado (Google)
Katy Jurado (Google)

Rupanya, aktivitas artisnya ini tanpa restu orangtua. Bahkan menandatangani kontrak sebuah film tanpa sepengetahuan orangtuanya tersebut. ketika mereka mengetahui, Katy Jurado diancam disekolahkan di asrama Monterrey.

Meskipun ayah angkatnya adalah aktor Meksiko, Pedro Armendáriz , orangtuanya tidak pernah merestui Jurado terjun di dunia akting.

Karier Hollywoodnya dimulai pada 1951. Produser film Budd Boetticher yang membawanya dari Meksiko untuk berperan dalam film The Bullfighter & the Lady. Tahun-tahun selanjutnya, banyak produser memanfaatkan talentanya, yakni mulai 1950-an dan 1960an, termasuk Hig Noon (1952), Arrowhead (1953), Broken Lance (1954) , Jacks One-Eyed (1960), dan Pat Garrett dan Billy the Kid (1973).

Berkat kerja kerasnya tersebut, dia lantas dinobatkan sebagai aktris Amerika Latin pertama yang dinominasikan untuk Academy Award, sebagai ‘Aktris Pendukung Terbaik’ untuk perannya di Broken Lance, dan merupakan orang pertama yang memenangkan Golden Globe Award atas penampilannya di High Noon. Tercatat Jurado membintangi 71 judul film selama hidupnya.

Menjelang akhir hayatnya, Jurado menderita penyakit jantung dan paru-paru. Dia meninggal karena gagal ginjal dan penyakit paru pada tanggal 5 Juli 2002, pada usia 78, di rumahnya di Cuernavaca, Morelos, Meksiko

Dia dimakamkan di Cuernavaca di pemakaman Panteón de la Paz. Katy Jurado bahkan mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame di 7065 Hollywood Boulevard atas kontribusinya terhadap dunia perfilman.(Der/Aka)