Sembilan OPD Pemkot Malang Teken Lelang Kinerja, Sutiaji: Ini Memudahkan Pembangunan

Sembilan OPD dan lima kecamatan tanda tangan Lelang Kinerja di Ruang NCC Balai Kota Malang, Sabtu (8/12). (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Proses Lelang Kinerja Pemkot Malang berjalan sesuai harapan, Sabtu (8/12). Ada sembilan OPD sah menandatangani kontrak program kerja untuk lima tahun kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang Sutiaji – Sofyan Edi Jarwoko.

Selain sembilan OPD, lima kecamatan juga sudah taken kontrak sebagai wujud komitmen untuk membangun dan merealisasikan program kerja sesuai visi -misi pimpinan daerah. Ada empat misi pembangunan Malang Kota Bermartabat.

Misi pertama, menjamin akses dan kualitas pendidikan, kesehatan dan layanan dasar. Kedua, mewujudkan kota produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif, keberlanjutan dan keterpaduan. Ketiga, mewujudkan kota yang rukun dan toleran berazaskan keberagaman dan keberpihakan kepada masyarakat rentan dan gender. Keempat, memastikan kepuasan masyarakat atas layanan Pemerintahan yang tertib hukum profesional dan akuntabel.

“Sebenarnya hampir semua OPD sudah menyelesaikan kontraknya. Karena semuanya melalui beberapa tahapan dan yang lain akan segera dirampungkan dalam waktu dekat,” kata Wali Kota Malang Sutiaji ditemui awak media.

Sejumlah sembilan OPD yang melakukan penandatanganan kontrak Lelang Kinerja itu diantaranya, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Saru Pintu, Dinas Perindustrian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, dan Dinas Perumahan dan Pemukiman.

Sutiaji melanjutkan, Lelang Kinerja memang diakui terbilang sangat berat di awal. Namun, menurutnya jika beban berat di permulaan itu akan sangat mudah diuraikan melalui berbagai inovasi terbaru. Sehingga, pembangunan lima tahun ke depan telah terpetakan pasti dan pembangunan dapat direalisasikan secara terstruktur, terencana, dan berkelanjutan.

“Ini akan memudahkan proses pembangunan lima tahun ke depan. Memang harus berdarah-darah di awal, tapi kan ini memang sebuah perjuangan yang harus dituntaskan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Lelang Kinerja merupakan program terbaru yang dicetuskan Wali Kota Malang, Sutiaji. Melalui Lelang Kinerja tersebut, setiap OPD diminta untuk membuat inovasi baru dengan capaian target berdasarkan misi Malang Kota Bermartabat.

Dalam proses Lelang Kinerja tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto serta tim ahli atau pakar.