Sampah Medis Dibuang Sembarang di TPA Kota Batu, Pemulung Pernah Tertusuk Suntik

Pemulung saat memilah sampah di TPA Tlekung, Kota Batu, Kamis (26/9). (Foto: Ayun/MVoice)
Pemulung saat memilah sampah di TPA Tlekung, Kota Batu, Kamis (26/9). (Foto: Ayun/MVoice)

MALANGVOICE – Peralatan medis berupa jarum suntik dan selang infus masih ditemukan di tempat pembuangan akhir (TPA) Tlekung, Kota Batu.

Salah satu pemulung Rosidah, mengatakan bila masih menemukan sampah alat kesehatan dari sejumlah rumah sakit di Kota Batu.

Ia mengaku beberapa sampah alat kesehatan itu cukup berbahaya seperti jarum suntik. Bahkan saat memilah sampah ia pernah terkena jarum suntik.

BNN Kota Malang

“Kadang masih menemukan alat suntik, selang infus dan sebagainya. Jari saya pernah tertusuk jarum suntik, tapi apa boleh buat demi kelangsungan hidup,” ujar pemulung asal Dusun Gangsiran, Desa Tlekung, Kota Batu.

Hal senada juga diungkapkan beberapa petugas yang berada di TPA Tlekung tersebut.

“Memang benar ada sampah dari rumah sakit yang dibuang ke sini. Memang jumlahnya tidak begitu banyak,” ungkapnya saat ditemui MVoice.

Ia menuturkan jenis sampah tersebut bermacam-macam seperti bekas infus, jarum suntik, dan sebagainya.

Sementara, Kasi Pengolahan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Imron Suyudi mengatakan bila tidak mengetahui jika ada limbah rumah sakit yang dibuang ke TPA Tlekung.

Baca Juga: Tanggapi Keluhan Warga Soal TPA Tlekung, Ini Penjelasan DLH Kota Batu

“Saya tidak mengetahui bila ada sampah dari rumah sakit,” katanya saat diwawancarai di kantornya

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk limbah rumah sakit sebenarnya sudah disediakan sendiri di masing-masing tempat.

“Sedangkan, sampah yang dibuang dari rumah sakit ke TPA berupa limbah konsumsi bukan alat-alat kedokteran bekas pakai,” tutupnya.

Oleh sebab itu, pihaknya akan meninjau lokasi kemudian akan melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan Kota Batu.(Der/Aka)