Sambut Porprov Jatim 2025, Kota Batu Bakal Bangun Trek BMX

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai didampingi sejumlah kepala OPD Pemkot Batu meninjau lahan di Kelurahan Songgokerto. Kecamatan Batu yang akan dijadikan lintasan olahraga BMX. (MVoice/Pemkot Batu).

MALANGVOICE– Kota Batu bakal memiliki trek lintasan BMX yang bakal dibangun pada awal tahun 2025 di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Proyek ini disiapkan dalam rangka menyambut Porprov Jatim IX tahun 2025 yang dihelat di Malang Raya, termasuk Kota Batu.

Dari 16 cabor yang dipertandingkan, satu di antaranya ialah olahraga BMX. KONI Kota Batu juga mengusulkan sejumlah venue pertandingan kepada KONI Jatim. Meliputi Gunung Banyak untuk paralayang, tenis meja di GOR Ganesha, tarung derajat di Hotel Ciptaningati, gulat dan anggar di GOR Gajah Mada, bridge di Hotel Selecta.

Kemudian, tinju di halaman Balai Kota Among Tani, MMA di Pasar Among Tani, E-Spot di Lippo Plaza, Sepak Bola dan Gate Ball di Kusuma Agrowisata, Arung Jeram di Dadaprejo dan Downhill di Toyomerto.

Baca juga:
Jadi Tuan Rumah, KONI Batu Targetkan Perolehan Medali Meningkat di Porprov Jatim 2025

Ajukan 12 Venue Cabor, Demam Porprov Jatim 2025 Dimulai dari Kota Batu

Berkaitan dengan pembangunan lintasan olahraga BMX, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menuturkan, anggaran proyek itu sudah disiapkan tahun ini. Dia pun meminta agar detail enginering design (DED) segera dituntaskan.

“Saya telah meninjau lahan lokasi rencana pembangunan track BMX di Kelurahan Songgokerto. Dan juga berkomunikasi dengan Ketua KONI (Sentot Ari Wahyudi), beliau setuju track BMX akan dibangun tahun 2025 yang diawali DED dan perencanaan di tahun 2024 ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, Pj Aries bersama Sekretaris Daerah dan OPD terkait akan secara intensif mempersiapkan lahan sesuai zonasi rencana tata ruang wilayah (RTRW) untuk membangun lintasan olahraga BMX.

“Track BMX bersifat semi permanen, tidak semua beton karena ada yang dibuat crack down. Juga anggaran telah disiapkan di tahun 2024 jadi, saya pikir agar dilakukan segera mungkin,” tambahnya.

Selanjutnya, pria asal Makassar ini menegaskan akan mewujudkan keinginan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) agar Kota Batu memiliki tempat latihan sendiri untuk cabang olahraga BMX. Terutama untuk menyiapkan mental tanding atlet-atlet sepeda sport Kota Batu yang penuh prestasi agar tampil gemilang pada Porprov IX 2025 dengan Malang Raya termasuk Kota Batu sebagai tuan rumah.

Ajang olahraga tingkat regional yang digelar dua tahun sekali itu jadi momen sarana promosi kunjungan wisata Kota Batu, utamanya sport tourism. Karena itu Aries berharap semua pimpinan OPD serius mempersiapkan venue cabang olahraga yang ada di Kota Batu.

“Selain mempersiapkan diri sebagai tuan rumah, even Porprov IX nanti juga sebagai sarana promosi Kota Wisata Batu,” pungkasnya.(Der)