Peringatan Idul Adha 1438 H

RW 19 Bunulrejo Bagi Ribuan Kantong Daging Kurban

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Ar Rahman, Bunulrejo. (Deny Rahmawan)

MALANGVOICE – RW 19 Kelurahan Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang membagikan ribuan paket daging hewan kurban, Sabtu (2/8). Hewan kurban yang disembelih itu berasal dari saluran warga sekitar, yakni 10 sapi dan 11 kambing.

Setiap tahun dalam perayaan Hari Raya Idul Adha, warga RW 19 selalu menyembelih hewan kurban. Tepatnya di depan Masjid Ar Rahman. Warga sekitar ikut membantu menjadi panitia dalam proses penyembelihan hingga penyaluran daging kurban.

“Daging akan disalurkan kepada seluruh panitia, ke desa-desa sebanyak kurang lebih 2 ribu kantong,” kata ketua panitia, Untung Supriono, kepada MVoice.

Pria yang juga selaku ketua takmir Masjid Ar Rahman ini, menyatakan, daging akan disalurkan ke penerima yang sudah diberi kupon. “Ada 200 kupon yang bisa ditukar daging. Kebanyakan orang dari Kebalen dan sekitaran kawasan Bunul sini,” ujarnya lagi.

Selama penyembelihan, panitia didampingi perwakilan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (UB). Dalam pemeriksaan terhadap daging kurban, ditemukan tiga sapi yang mengidap cacing hati.

“Ada tiga yang kena cacing hati. Itu sudah dibuang dan tidak bisa dimakan. Lain-lainnya tidak masalah,” tandas Seruni Umi korwil Fakultas Kedokteran Hewan UB.

Hingga saat ini, penyaluran daging kurban masih berlangsung. Setiap warga juga terlihat tertib mengantre jatah daging.(Der/Yei)