Polisi Jelaskan Kericuhan di Dinoyo dan Segera Agendakan Mediasi

Kericuhan di Dinoyo. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Kawasan Dinoyo, tepatnya di Jalan MT Haryono, Lowokwaru, Kota Malang, pada Minggu (1/7) malam sempat terjadi ketegangan antara warga dan mahasiswa Papua. Akibatnya kericuhan tak bisa dihindari.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri, menjelaskan awal mula kejadian tersebut. Awalnya warga setempat datang ke sebuah rumah kontrakan di gang VIII/C RT 03/RW 04 Jalan MT Haryono sekitar pukul 19.00 WIB.

“Kedatangan warga ingin menanyakan masalah kontrakan yang habis, sekaligus menanyakan terkait pemutaran film tentang kemerdekaan Papua,” kata Asfuri kepada awak media.

BNN Kota Malang

Karena terjadi adu mulut, warga dan kelompok mahasiswa sehingga kericuhan tak bisa dihindari.

Mendengar adanya kericuhan, Asfuri langsung mengerahkan anggota untuk meredam massa agar tidak melebar. Malam itu juga, polisi memfasilitasi kelompok mahasiswa di Polres Malang Kota untuk mediasi.

“Situasi langsung kami kendalikan. Siang nanti (2/7) kami agendakan mediasi lagi antara mahasiswa Papua, warga, DPRD dan Pemkot serta seluruh elemen Kota Malang untuk membahas masalah ini,” lanjutnya.

Sekadar diketahui, malam kemarin, Minggu (1/7) kericuhan sempat melebar ke jalan dan berakibat terjadi kemacetan di kawasan Dinoyo.(Der/Aka)