Pemkot Dorong Dua Wisata Baru jadi Desa Wisata di Kota Batu

Warga saat mengambil air di Sumber air panas Nyi Sindu yang terletak di Desa Sumberejo, Kota Batu (Foto: Ayun/MVoice)
Warga saat mengambil air di Sumber air panas Nyi Sindu yang terletak di Desa Sumberejo, Kota Batu (Foto: Ayun/MVoice)

MALANGVOICE – Pesona desa wisata yang mulai tumbuh di Desa Sumberejo dengan Sumber Nyi Sindu dan Bulukerto dengan wisata kopi mendapat dukungan penuh dari Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Imam Suryono mengatakan dengan adanya dua desa wisata ini dapat mempercepat cita-cita Kota Batu sebagai Kota Wisata yang menjadi jujugan wisatawan lokal maupun mancanegara

“Ya, itu merupakan destinasi sangat bagus.Yang diharapkan kami kan seperti itu. Jadi warga ikut serta dalam pengembangan masyarakat. Kalau itu berkembang jadi sebuah destinasi wisata, ya nanti akan kami bantu dari segi sarana dan prasarana,” ujarnya.

BNN Kota Malang

Lebih lanjut ia mengayakan bila Pemkot juga tidak akan tinggal diam ketika desa wisata telah berdiri.

“Kami mendukung penuh. Tentunya dengan mengikut sertakan desa dalam lomba skala besar serta mempromosikan desa tersebut,” imbuhnya.

Menurut dia, wisata kopi di Desa Bulukerto sebenarnya bukan hal baru lagi. Tapi karena jarang terekspose sehingga tak banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut.

“Nah, sekarang ini kan semakin pesat perkembangan zaman. Sehingga kopi mulai banyak peminatnya dan membuat desa Bulukerto kembali dilirik wisatawan,” ungkapnya.

Sementara untuk Sumber Nyi Sindu yang berada di kawasan Desa Sumberejo masih didalami konsepnya oleh Disparta Kota Batu.

“Kita akan terus memonitor konsep dari pengelolanya akan diapakan temuan sumber tersebut,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Sumber Nyi Sindu rencananya akan dibuat sebagai tempat pemandian air hangat. Diketahui sumber tersebut memiliki tiga rasa dan diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan.(Hmz/Aka)