Pemkab Malang Kembali Terima Plakat Penghargaan WTP

Wtp
Pjs Bupati Malang, Sjaichul Ghulam (Kanan) saat membawa plakat Penghargaan WTP. (Istimewa/Humas Pemkab Malang)
Article top ad

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kembali mendapat penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Penghargaan tersebut diterima langsung Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Malang Sjaichul Ghulam dari Kementerian Keuangan yang diberikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Selasa (19/10).

Dalam rilisnya, Pjs Bupati Malang, Sjaichaul Ghulam menyampaikan, penghargaan WTP ini diterima ke-enam kalinya secara berturut-turut.

“Karena menerima lima kali ke atas secara berturut-turut, penghargaan WTP itu dalam bentuk plakat yang ditandatangani Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu-RI),” ungkapnya.

Menurut pria yang akrab disapa Abi ini menjelaskan, dengan adanya prestasi ini menunjukkan Pemkab Malang telah menyelenggarakan prinsip akuntansi keuangan dengan baik oleh BPK RI, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Malang tahun 2019.

“Selamat kepada teman-teman ASN dari seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkab Malang yang bekerja dengan bagus. Mudah-mudahan prestasi ini menjadi tolak ukur teman-teman OPD untuk bekerja lebih baik dan tertib serta akuntabilitas,” tegasnya.

Sebagai informasi, Indikator OPINI WTP diberikan oleh BPK RI jika laporan keuangan telah disajikan memadahi dan handal atas Pengungangkapan, Kecukupan Bukti, Kepatuhan terhadap Peraturan Perundangan disajikan memadahi dan secara material memberikan keyakinan yang dapat dipertanggung-jawabkan.

Dengan demikian, LKPD Pemkab Malang yang setiap tahun diaudit oleh BPK, dan hasilnya dituangkan dalam LHP telah meraih penghargaan dengan predikat OPINI WTP sebanyak enam kali berturut-turut sejak tahun 2014 silam.(der)