Peduli HAM, Vokalis Efek Rumah Kaca Gabung Aksi Kamisan di Malang

Article top ad

MALANGVOICE – Vokalis band Efek Rumah Kaca, Cholil Mahmud turut serta dalam aksi Kamisan di depan Balai Kota Malang, Kamis (16/8). Aksi itu merupakan bentuk menyuarakan dukungan terhadap HAM.

Cholil Mahmud sebelumnya biasa mengikuti aksi Kamisan di Jakarta, karena aksi tersebut dianggapnya merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap pelanggaran HAM di Indonesia.

“Sebelumnya beberapa kali kami mengikuti aksi Kamisan ini di Jakarta, dan kebetulan di Malang mengadakan aksi juga, kami coba bergabung,” tuturnya.

Cholil juga berharap dari aksi Kamisan tersebut, masyarakat dapat mengetahui masih banyak pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia. Sehingga masyarakat bisa turut menyuarakan dan berada di barisan depan untuk menuntut keadilan HAM.

“Semoga aksi ini juga bisa menghadirkan orang-orang yang peduli dengan HAM, untuk memperkuat proses penuntutan atas pelanggaran yang belum selesai di Indonesia ini,” harapnya.

Sementa itu salah satu peserta aksi Kamisan, Fajar Ariffandhi mengatakan sejauh ini kasus-kasus pelanggaran HAM banyak yang tidak tuntas, maka isu mengenai pelanggaran HAM menurutnya harus terus disuarakan agar masyarakat mengetahui.

“Aksi ini juga bertepatan dengan kemerdekaan, tapi selama Indonesia merdeka, kasus-kasus pelanggaran HAM banyak yang tidak tuntas, artinya Indonesia belum merdeka sepenuhnya,” tegasnya.

Selain Cholil, seluruh anggota band ERK juga ikut dalam aksi Kamisan tersebut. Ditambah lagi istri almahrhum Munir, Suciwati.(Der/Aka)