MTQMN 2017

Menristekdikti: MTQMN Meningkatkan Rasa Spiritual dan Ajang Pemersatu Bangsa

Gelaran MTQMN 2017 di Universitas Brawijaya, Jumat (28/7). (Anja Arowana)

MALANGVOICE – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir resmi membuka ajang Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN), Jumat (28/7). Menurut Nasir, gelaran itu mampu menjadi ajang pemersatu mahasiswa se-Indonesia sekaligus meningkatkan nilai spiritual dan intelektual.

Nasir mengatakan, kegiatan MTQMN merupakan ajang besar untuk mahasiswa muslim se-Indonesia. Dalam kegiatan ini, tak hanya berlomba, namun semua mahasiswa makin kenal dengan mahasiswa lain dari seluruh daerah di Indonesia.

Setelah pembukaan, Opick hadir memeriahkan acara. (istimewa)

“MTQMN ini menjadi ajang memperbaiki mental dan bertujuan membangun silahturahmi dalam pempererat persatuan antar mahasiswa se-Indonesia,” tegas Nasir, saat membuka acara MTQMN XV 2017 yang digelar bersama oleh Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, di Kota Malang, Jumat (28/7).

Selain itu, Ia mengatakan berbeda dengan tahun sebelumnya, MTQMN tahun ini memiliki peserta terbesar dibandingkan sebelumnya. Ada sekitar 2453 peserta yang terdiri dari 252 Perguruan Tinggi se Indonesia. Jumlah itu bertambah dua kali lipat dari gelaran MTQMN dua tahun lalu.

Pembukaan MTQMN hari ini dilanjutkan dengan penampilan lagu-lagu dari penyanyi religi, Opick. Lagu-lagu terbaik Opick dibawakan dengan merdu dihadapan seluruh tamu dan juga kontingen peserta.


Reporter: Anja Arowana
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti