Mata Lelah Gara-gara Gadget, Coba Lakukan Ini Agar Sembuh

Istimewa
Istimewa

MALANGVOICE – Terus menerus menatap layar handphone (HP) kesehatan mata mudah sekali terganggu. Akibatnya fungsi penglihatan dapat berkurang.

Penglihatan mata yang terganggu mempengaruhi 50 persen fungsi otak. Bahkan, jika terus menerus menatap layar gadget dapat mengacaukan penglihatan.

Beberapa dampaknya yaitu mata jadi cepat lelah, tegang, atau berat karena digunakan secara intens. Mata yang lelah bisa terlihat merah atau iritasi, kering, pandangan kabut, dan berair.

BNN Kota Malang

Namun, berbeda sebaliknya. Indera penglihatan yang sehat dapat meningkatkan kinerja otak sebanyak 50%. Sehingga aktivitas lainnya tidak akan terganggu.

Oleh karena itu, perlu melakukan excercise ringan untuk membuat mata kembali fit. Terutama yang aktivitasnya tidak bisa lepas dari handphone.

Melansir dari laman Boldsky, ada beberapa tips mengatasi mata. Terutama yang lelah akibat terlalu banyak menatap layar gadget.

1. Tutup Mata

Langkah pertama yang Anda lakukan yakni, duduk tegak, pejamkan mata dan tutup dengan kedua telapak tangan.

Anda tak perlu menekannya. Cukup diamkan dalam posisi itu hingga kelopak mata terasa hangat dan lebih rileks.

2. Tekan dengan Lembut

Selanjutnya, Anda dapat menekan dengan lembut kelopak mata sembari mememjamkan selama 10 detik. Dan lakukan beberapa kali.

Langkah ini diyakini dapat membantu meregangkan otot mata yang kencang karena stres.

3. Fokus Jauh Dekat

Langkah terakhir yang Anda lakukan yakni latih fokusmu dengan menatap dua benda berbeda. Satu di jarak dekat, satu di tempat yang jauh, masing-masing selama 15 detik. Ini akan membantu mengembalikan fokus penglihatanmu.

Nah, itu beberapa langkah simpel yang dapat Anda praktikan di rumah ketika mengalami mata lelah. Semoga bermanfaat ya!
(Hmz/Ulm)