Kasus Dugaan Korupsi Dana DAK Kabupaten Malang

KPK Terus Dalami Aliran Dana DAK 2011 Melalui APBD

Kepala BPKAD Kabupaten Malang (Istimewa)

MALANGVOICE – Kepala Kepala Badan Perencanaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Malang, Willem Petrus Salamena telah menyerahkan dokumen berbentuk Compact Disc (CD) yang berisi tentang muatan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang lengkap tahun 2010 hingga tahun 2018.

Willem Petrus Salamena, saat ditemui wartawan, mengatakan dirinya kali ini datang hanya menyerahkan berkas tentang muatan APBD tersebut.

“Kali ini saya datang hanya memberikan berkas yang diminta oleh KPK. Didalam Disc itu data lengkap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ungkapnya.

Disc yang diserahkan tersebut, lanjut Willem, kini dalam penyitaan KPK. Akan tetapi, dirinya banyak ditanya dan diminta untuk menguraikan apa yang tertulis dalam data di disc itu.

“Ya ditanya, benar ndak yang kamu tulis ini,” tegasnya.

Namun, tambah Willem, untuk pencairan dana langsung (LS) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kegiatan proyek baik penunjukan langsung (PL) bahkan Lelang Umum tidak terdata di dalam disc tersebut.

“Tapi untuk LS, PL dan Lelang Umum tidak ada dalam Disc itu. Semuanya ada di masing-masing Dinas/OPD,” pungkasnya.

Perlu diketahui, pemeriksaan tim KPK dimulai pukul 10.00 pagi, dihadiri ASN, rekanan atau kontraktor dan swasta. Satu persatu-satu saksi keluar dari gedung Rupatama Polres Makota namun enggan memberikan keterangan. (Hmz/Ulm)