Kelurahan Ngaglik Akan Dijadikan Disparta Kota Batu Pusat Ekonomi Kreatif

Pelaku UMKM Ngaglik tunjukan produknya kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Aan)

MALANGVOICE – Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu merupakan kelurahan yang tak miliki potensi wisata alam. Padahal wisata alam di berbagai desa/kelurahan di Kota Batu menjadi andalan wisata.

Menanggapi hal itu Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu mengambil langkah jitu menjadikan Kelurahan Ngaglik sebagai pusat ekonomi kreatif. Terutama oleh-oleh batik khas Kota Batu.

Hal itu disampaikan Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq pada acara Jagongan Ngaglik, di Pendopo Lurah Ngaglik, Rabu (24/03). Ia mengatakan pelaku wisata ekonomi krearif di Kelurahan Ngaglik memiliki semangat yang luar biasa untuk mengangkat potensi wisatanya.

“Kami punya program secara khusus agar Kelurahan Ngaglik ini menjadi jujukan wisatawan untuk mendapatkan produk ekonomi kreatif khususnya batik. Tidak hanya itu mereka juga menyediakan layanan wisata untuk membuat batik,” jelasnya.

Ia melanjutkan, pihaknya akan mendukung fasilitas yang dibutuhkan untuk mewujudkan potensi wisata Keluragan Ngaglik. Rencananya beberapa rumah akan dijadikan gallery batik di mana wisatawan bisa berbelanja dan membuat batik.

Selain itu, Kelurahan Ngaglik juga akan membuat wisata kampung jawa. Nantinya akan ada tempat di mana wisatawan belajar aksara jawa, permainan tradisional jawa, dan budaya Jawa.

“Kami ada program fasilitasi di samping sarana dan prasarana yang diperlukan. Nanti tenaga pengajar seperti guru-guru bahasa jawa akan kami siapkan,” lanjutnya

Kemudian, pihaknya akan membantu mempromosikan dan memasarkan juga. Arief melanjutkan Disparta akan terlibat untuk mengajak masyarakat agar terlibat dan berpartisipasi dalam program ini.

Sementara itu, Lurah Ngaglik Edwin Yogaspatra Harahap mengatakan andalan wisata di Kelurahan Ngaglik adalah sumber daya manusianya. Hal ini karena Kelurahan Ngaglik tidak punya sumber daya alam.

“Kami berfokus untuk mengangkat potensi ekonomi kreatif berbasis masyarakat untuk dijadikan wisata. Semuanya sudah semangat untuk menyongsong mimpi ini, semoga bisa terwujud,” harapnya.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan pihaknya mendukung rencana ini. Ia menegaskan pada kualitas yang harus bagus dan mempunyai daya tarik yang kuat.

“Kegiatan ini cukup bagus saya minta secara kualitas ditingkatkan agar bisa jadi daya tarik orang luar kota,” tandasnya.(end)

article bottom ad