Ikhtiar Atasi Krisis Ekonomi, ACT Malang Global Wakaf Inisiasi Gerobak Dermawan

Gerobak dermawan ACT Malang. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Pandemi corona menjelma menjadi musibah multi dimensi yang berdampak kepada semua lapisan kehidupan, baik kesehatan masyarakat covid maupun sektor ekonomi masyarakat yang mulai hancur akibat resesi.

Hal itu diperparah lagi banyak karyawan yang ter PHK dan dirumahkan sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Bahkan pengangguran meningkat tajam akibat pandemi selama 7 bulan terakhir, di Malang sendiri angka kemiskinan mencapai 35 ribu orang. Melihat latar belakang ekonomi yang makin terpuruk, ACT Malang – Global Wakaf bersama Coach Askan Setiabudi pemiliki kedai motivator menginisasi program untuk memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya di Malang Raya.

Program tersebut diberi nama Gerobak Dermawan, yaitu memberikan lapangan kerja kepada para calon penerima manfaat berbentuk sebuah gerobak dan menjual produk olahan cokelat menjadi minuman berbagai rasa dengan nama produk cokelat sokelat.

Gerobak Dermawan disediakan kedai motivator lengkap beserta dengan peralatan dan kebutuhan penjualan, seperti bahan dasar cokelat, belender, cup atau gelas dan tools marketing.

Status dari Gerobak Dermawan sendiri adalah gerobak wakaf yang didanai dari kedermawanan masyarakat Indonesia dengan akad wakaf, sehingga tidak ada kepemilikan atas gerobak dermawan tersebut, akan tetapi calon penerima manfaat bisa mengelola dan menjual semua penjualan produk pada gerobak dermawan yang sudah disediakan.

“Nantinya penerima manfaat mendapatkan hak menggunakan gerobak ini, menjalankan usahanya sehingga memiliki pendapatan dari berjualan,” ucap Askan Setiabudi.

ACT – Global Wakaf menyediakan penerima manfaat yang benar – benar membutuhkan, khususnya kepada masyarakat yang belum memiliki pendapatan untuk pemenuhan kebutuhan dasar mereka. Harapannya penemira manfaat yang mndapatkan amanah untuk mengelola gerobak dermawan dapat mandiri ekonominya.

“ejatinya gerobak dermawan ini memang untuk memberikan pemberdayaan ekonomi kepada para penerima manfaat ” ucap Diki Taufik Sidiq selaku branch manager ACT Malang.

Selain mendapatkan manfaat ekonomi dari gerobak dermawan, calon penerima manfaat mendapatkan pelatihan tekning marketing, pembinaan spiritual dan pengembangan diri sehingga kapasitas dan kemampuannya dapat meningkat.

“Kami tidak hanya fokus pada ekonomi saja, tetapi aspek potensi dan kemampuan diri harus ikut ditingkatkan,” tambah diki.

Peluncuran Gerobak Dermawan sendiri dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan MoU Kerjasama ACT – Global Wakaf dengan Coach Askan Setiabudi selaku pemilik Kedai Motivator pada tanggal 25 september 2020 bertempat di Kedai Motivator, Tologomas Kota Malang.

Bagi sahabat dermawan yang ingin berpartisipasi dalam patungan untuk penyediaan gerobak dermawan bisa melalui link berikut: https://malang.indonesiadermawan.id/GerobakDermawan