Hujan Guyur Singosari, Genangan Air Muncul

Kondisi banjir di Singosari, tampak Sebuah truk terperosok. (Istimewa/PMI)
Kondisi banjir di Singosari, tampak Sebuah truk terperosok. (Istimewa/PMI)

MALANGVOICE – Hujan yang mengguyur Dusun Morotanjek RT 01 RW 07, Desa Purwoasri, Singosari, menyebabkan genangan air di kawasan tersebut, Minggu (2/12).

Kepala Sub Seksi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo mengatakan, air mulai menggenang sejak pukul 14.30 WIB. Hal itu lantaran hujan deras yang terjadi selama kurang lebih satu jam sejak pukul 13.30 WIB.

“Kejadian ini akibat luberan air sungai yang tidak mampu menampung air hujan, dan akhirnya masuk ke rumah warga,” ungkapnya.

BNN Kota Malang

Dalam kejadian ini, lanjut Mudji Utomo yang akrab disapa Mbah Tomo, air hingga menggenangi rumah bahkan jalan desa yang menyebabkan laju kendaraan yang melintas sempat terhambat. Bahkan, ada satu unit truk yang terperosok di selokan saat mencoba menembus genangan air.

“Warga mulai panik untuk menyelamatkan barang-barang berharga. Untuk ketinggian air mencapai hampir selutut orang dewasa,” jelasnya.

Walau tidak ada korban jiwa, tambah Mbah Tomo, pihaknya bersama tim gabungan dari Tagana Kabupaten Malang, Muspika Kecamatan Singosari dan perangkat desa langsung meninjau lokasi banjir.

“Pukul 16.45 WIB, air sudah mulai surut. Sementara, relawan PMI melakukan rapid asessment untuk pelaporan,” pungkasnya.(Der/Aka)