Gelaran AUG 2024 Catat Sejarah, Indonesia Juara Umum

Closing Ceremony AUG 2024. (Deny/MVoice)

MALANGVOICE – ASEAN University Games (AUG) XXI 2024 resmi berakhir. Tuan rumah Indonesia menjadi juara umum dengan mendominasi raihan medali.

Indonesia berhasil mengoleksi 126 medali
emas, 97 perak, dan 71 perunggu.
Pada posisi kedua, disusul delegasi Gajah Putih, Thailand dengan perolehan 52 keping emas, 49 perak, dan 29 perunggu. Posisi ketiga, tim Negeri Jiran Malaysia dengan perolehan 37 emas, 47 perak, dan 61 perunggu.

Gelaran AUG 2024 dimulai pada 25 Juni dan berakhir pada 6 Juni. Akhir kompetisi yang diikuti delegasi dari 11 negara anggota ASEAN itu ditandai dengan closing ceremony yang berlangsung di Graha Cakrawala,
Universitas Negeri Malang (UM).

Baca Juga: Meriahkan Porwakot 2024, SIWO Batu-PWI Malang Raya Gelar Kejuaraan Catur dan Tenis

Soft Opening DeKata Eatery and Barrel di Kayutangan Tawarkan Fasilitas Lengkap

Konferensi pers closing ceremony AUG 2024. (Deny/MVoice)

Adapun 11 negara itu adalah Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Filipina

Presiden ASEAN University Sport Council (AUSC), Prof Mohd Ruslim Mohammed, mengatakan, AUG 2024 mencatatkan banyak sejarah.

“AUG kali ini mencatatkan sejarah, setiap cabor diikuti delegasi dari 11 negara. Sebelumnya, setiap cabor hanya diikuti beberapa delegasi saja, tetapi sekarang banyak yang berpartisipasi. Artinya,
dari aspek partisipasi terjadi peningkatan keterlibatan atlet, pelatih atau official,” katanya.

Selain itu, kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan AUG 2024 menjadi benchmark sendiri di gelaran tahun selanjutnya. Ia mengatakan baru pertama ini tuan rumah AUG 2024 diadakan di 9 kampus dalam 2 kota.

“Selama 44 tahun dalam sejarah AUG sudah pasti di Indonesia jadi benchmark yang baru. Biasanya AUG digelar di hanya satu lokasi saja,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua pelaksana atau PIC AUG, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., atau yang akrab disapa Cak Hasan mengatakan, semua cabor dan nomor lomba tersebut sukses dilaksanakan di sejumlah venue yang ada di Surabaya dan Malang.

AUG 2024 ini memperlombakan sebanyak 21 cabang olahraga (cabor) yang meliputi, Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Swimming, Sport Climbing, 3X3 Basketball, Judo, Handball, Wushu, Bridge, Chess, Athletics, Basketball, Badminton, Archery, Beach Volleyball, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate.

Kompetisi olahraga ini berjalan lancar, aman, dan sukses dari awal hingga akhir. Semua itu, tidak lepas dari komitmen semua pihak yang terlibat dalam AUG, baik sebagai penyelenggara, panitia, atlet, pelatih, volunteer, dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Berkat dukungan dan komitmen kita bersama, AUG ini bisa terlaksana dengan sukses. Meskipun di atas lapangan sempat sengit dan kompetitif, tetapi semua keren, sudah menjunjung tinggi sportivitas dan ada rasa kekeluargaan yang tercipta sesuai semangat yang tercermin dalam tema AUG kali ini
yaitu Unity in Diversity,” beber Cak Hasan.

Cak Hasan menambahkan, ada sekitar 1.380 atlet dan 497 official serta pelatih yang terlibat dalam pekan olahraga mahasiswa negara ASEAN itu. Cak Hasan menegaskan, AUG ini terbilang sangat sukses, selain semua cabor berjalan lancar di semua venue, juga dilihat dari aspek partisipasi delegasi
negara ASEAN.

Selain itu, kesuksesan juga didasarkan pada empat aspek penting lainnya yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan sukses dari aspek kolaborasi antar perguruan tinggi antar negara anggota ASEAN.

Cak Hasan menekankan, sepanjang sejarah penyelenggaraan AUG, baru kali ini melibatkan perguruan tinggi sebagai venue cabor. Bahkan, perguruan tinggi yang dilibatkan berada di dua tempat sekaligus yaitu di Surabaya dan Malang. Hal ini menunjukkan aspek kolaborasi yang baik seluruh pihak yang terlibat, juga menjadi wujud dari Unity in Diversity atau bersama dalam keberagaman itu sendiri.(der)