Gaet Wisatawan, Dua Bus Macito “Reborn” Tahun Depan

Bus Macito
Bus Macito
Article top ad

MALANGVOICE – Pemkot Malang bakal menambah dua bus Macito atau Malang City Tour pada 2021 mendatang. Tujuannya untuk menggaet lebih banyak wisatawan.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, dua bus baru tersebut, akan berbeda konsep dengan dua bus Macito sebelumnya. Lantaran bus lama tidak sesuai standar dan harus dihentikan operasionalnya sejak 2019 lalu.

“Bus tidak setinggi yang sebelumnya, kemudian tidak terbuka karena faktor keamanan. Nanti akan terbuka di bagian samping saja,” urai Sutiaji kepada awak media.

Sutiaji melanjutkan, dua bus Macito yang lama akan desain ulang dan disesuaikan dengan standar aturan spesifikasi keselamatan. Perubahan tersebut, sesuai dengan rekomendasi Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas).

“Dua bus lain mengupayakan yang kemarin (dilakukan desain ulang). Perubahan itu atas rekomendasi Dirlantas. Sebab, yang terdahulu dievaluasi, suratnya tidak dikeluarkan karena faktor keselamatan,” bebernya.

Seperti diketahui, bus Macito melayani perjalanan rute khusus menjelajahi beberapa kawasan heritage Kota Malang. Setiap destinasi akan dipandu oleh guide dan menjelaskan sejarah serta seluk beluknya. Bus ini dirancang terbuka pada bagian atasnya. Namun, setelah dievaluasi, bus tersebut tak sesuai standar operasional prosedur dan tidak mengantongi dokumen perizinan resmi.(der)