Dua Hercules Abd Saleh Kirim Bantuan ke Rohingya

Dua pesawat Hercules Abdulrachman Saleh diberangkatkan ke Myanmar untuk misi kemanusiaan.(ist)
Dua pesawat Hercules Abdulrachman Saleh diberangkatkan ke Myanmar untuk misi kemanusiaan.(ist)
Article top ad

MALANGVOICE – Lanud Abd Saleh mengirimkan bantuan ke Rohingya, Myanmar, Senin (11/9). Bantuan itu dikirimkan lewat dua pesawat Herkules dengan nomor A-1333 dan A-1312.

Kepala Penerangan Lanud Abd Saleh, Mayor Hamdi Londong Allo, mengatakan, dua pesawat tersebut rencananya akan menuju ke Lanud Hasanuddin, Makassar dan kembali ke Lanud Abd Saleh. Selanjutnya ke Halim Perdana Kusuma untuk bergabung dengan pesawat dari Skadron 31 dan berangkat menuju Myanmar.

Untuk pesawat A-1333, kata dia, menurut rencana akan menempuh rute Abd Saleh-Hasanuddin-Halim Perdana Kusuma.

“Pilot Letkol Subhan dan didukung 13 crew termasuk Nav, RTU, JMU, LM. Untuk pesawat A-1315 dikomandoi oleh Mayor Ari dan dibantu 13 crew,” katanya.

Bantuan yang dibawa berupa obat-obatan, pakaian, makanan, air bersih dan perlengkapan tenda dan kebutuhan sehari-hari.

Misi kemanusian ini, lanjutnya, akan berlangsung dalam satu minggu. “Menurut informasi, bantuan dari Indonesia bisa melalui Bangladesh atay Myanmar, jika mendapatkan lampu hijau,” ungkap dia.

Sekadar informasi, PBB mencatat 164 ribu pengungsi Rohingya berada di Bangladesh. Sebelumnya, ratusan ribu pengungsi Rohingya lainnya lebih dulu berada di Bangladesh.

Indonesia juga telah membangun sekolah di Rakhine dan rencananya melalui UHCR akan membantu membangun rumah sakit untuk pengungsi Rohingya.(Der/Ak)