BPOM dan DPR RI Edukasi Soal Memilih Makanan di Bumiaji Batu

Masyarakat terlihat antusias menyimak pemaparan materi. (Anja a)
Masyarakat terlihat antusias menyimak pemaparan materi. (Anja a)

MALANGVOICE – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pusat bersama DPR RI memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Batu terkait cara memilih makanan aman dan sehat, di Desa Gunungsari, Bumiaji, Batu, Rabu (14/11).

Ratusan warga datang untuk menyimak pemaaran tiga pemateri, dua di antaranya pemateri dari BPOM pusat. Anggota DPR RI Fraksi PAN Dapil Malang Raya, Totok Daryanto juga hadir untuk memberikan imbauan agar masyarakat tidak membeli atau mengkonsumsi makanan sembarangan.

Menurut Totok Daryanto, masalah pangan ini sebenarnya urusan yang besar, tetapi masih sering disepelekan masyarakat. Sosialisasi dan dialog di masyarakat seperti ini selain menjadi sarana silaturahmi, juga memberikan sebuah pesan penting untuk memerhatikan keamanan pangan.

Sementara itu, Direktur Standarisasi Olahan Pangan BPOM, Muizati Purba, mengatakan, pihaknya gencar bersosialisasi terutama pada masyarakat untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Muizati menyebut, ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi makanan, yaitu makanan itu harus higienis bebas kuman, kemasan aman, dan makanan bebas bahan kimia seperti pewarna buatan dan pengawet berlebihan.

“Selain itu peran masyarakat perlu ditingkatkan. Itulah kenapa BPOM bersama DPR RI sudah menyosialisasikan ini di Kota Malang, saat ini di Kota Batu, dan selanjutnya di Kabupaten Malang. Masyarakat turut andil mengawasi keberadaan makanan di lingkungannya. Semisal jajanan sekolah,” paparnya.

Muizati berharap, setelah sosialisasi ini masyarakat bisa mendidik putera-puteri, mengedukasi anggota keluarga, teman dan tetangga agar lebih jeli, dan waspada akan makanan di lingkungan sekitar.(Der/Aka)