31 January 2023
31 January 2023
22.2 C
Malang
ad space

BI Perkirakan Kegiatan Usaha Triwulan II Tumbuh Positif

MALANGVOICE – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Malang memperkirakan kegiatan usaha tetap tumbuh positif pada triwulan II tahun 2021 kali ini.

Hal tersebut berdasarkan Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) KPw BI Malang yang tercermin dari SBT prakiraan kegiatan usaha sebesar 11,53 persen lebih tinggi dibandingkan triwulan I -29,08 persen.

“Responden menyampaikan pertumbuhan positif kinerja usaha terutama didorong oleh permintaan yang mulai membaik,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subhan A, melalui pesan tertulis, Senin (3/5).

Terlihat dari Industri pengolahan yang masih mencatat kinerja usaha positif terindikasi dari SBT prakiraan sebesar 6,10 persen. Diikuti juga dari sektor konstruksi dengan SBT prakiraan sebesar 2,26 persen.

Selain itu, kegiatan usaha juga direspon dari sektor perdagangan, Hotel dan Restoran dengan SBT prakiraan sebesar 1,66 persen.

Menurut Azka, optimisme pelaku usaha mulai muncul sejak pandemi covid-19 mulai mereda dan didukung perluasan vaksinasi itu menjadi salah satu alasan kegiatan usaha diperkirakan tumbuh positif di triwulan II tahun ini.

Sementara itu, untuk Prompt Manufacturing Index (PMI) – Bank Indonesia (BI), kinerja industri pengolahan pada triwulan I mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dimana indeks PMI-BI triwulan I tahun 2021 sebesar 30,00 persen dan 30,19 persen pada triwulan yang sama tahun lalu.

“Perbaikan terjadi pada hampir seluruh komponen pembentuk PMI-BI, terutama volume produksi dengan indeks 14,30% ditopang oleh volume total pesanan dengan indeks 13,06%, serta jumlah tenaga kerja dengan indeks 8,62%,” terangnya.

Untuk PMI-BI triwulan II tahun ini diprakirakan sebesar 35,35 persen, lebih rendah dari pada triwulan I-2021. Sejalan dengan siklus normal kinerja industri pengolahan.(der)

- Advertisement -

Berita Terkini

Arikel Terkait