Atap Ambrol SDN Bunulrejo III

Atap Ambrol SDN Bunulrejo III, Ini Kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang

Ruang kelas SDN Bunulrejo III. (Deny Rahmawan)

MALANGVOICE – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, Zubaidah, mengaku kondisi SDN Bunulrejo III memang memprihatinkan. Ia sudah mendapat laporan dari petugas yang diterjunkan mengecek kondisi ruang kelas yang atapnya ambrol tersebut.

Menurut Ida, sapaan akrabnya, pihak sekolah memang mengajukan perbaikan tiga ruang kelas pada 2016 silam. Namun, pada saat bersamaan, SDN Bunulrejo III di berada di Jalan Sebuku, Blimbing, Kota Malang itu sudah mendapat ruang kelas baru.

Sehingga sesuai aturan, pada 2016 sekolah tersebut tidak bisa mendapat bantuan lagi. “Karena sudah dapat RKB jadi tidak bisa lagi. Kemudian untuk pengajuan perbaikan kelas memang ada, tapi saat itu kondisinya tidak parah, sehingga diprioritaskan ke sekolah lain yang membutuhkan,” katanya saat ditemui MVoice di ruang kerjanya, Jumat (29/9).

Dengan melihat kondisi kelas yang atapnya ambrol terutama di ruang kelas 4, Ida, mengaku akan segera mengalokasikan dana untuk pembenahan. “Kami akan alihkan dana dengan skala prioritas kalau seperti ini. Tapi harus ada prosesnya,” ujarnya.

Kondisi atap ambrol itu diketahui parah sejak April 2017 lalu. Saat ini, ruang kelas 4 itu tidak bisa digunakan dan ditutup untuk siswa. Sementara proses mengajar dialihkan ke kelas lain dan laboratorium.

Kondisi tersebut akan semakin parah apabila hujan tiba. Betapa tidak, air sangat mudah membasahi ruangan karena atapnya ambrol dan terbuka lebar dengan panjang sekitar 3 meter.(Der/Yei)